Detail Umum Program Studi

Pendidikan Matematika

AKREDITASI: B

NPSN: 061013
Status Prodi: Aktif
Nama PT: Universitas Pancasakti Tegal
Kode Prodi: 84202
Nama Lembaga: Pendidikan Matematika
Nama Jenjang: S1
Tanggal Berdiri: 1992-09-04T00:00:00Z
SK Selenggara: 11718/D/T/K-VI/2012
Tanggal SK Selenggara:
Alamat: Jl. Halmahera KM. 1 Kota Tegal
Kode Pos: 52121
No Tel: 0283357122
No Fax: 0283-351082
Email: [email protected]
Website:
Deskripsi:

Program Studi Pendidikan Matematika merupakan salah satu prodi yang cukup lama di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPS Tegal. Keberadaan Prodi Matematika tidak terlepas dari keinginan untuk menciptakan guru-guru Matematika yang mempunyai wawasan keilmuan matematika serta terampil dalam membelajarkan Matematika. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0311/0/1982 tanggal 20 Oktober 1982, Prodi Pendidikan Matematika FKIP UPS tegal memperoleh Status Terdaftar. Kemudian pada tanggal 29 Agustus 1984 keluarlah izin penyelenggaraan Prodi Pendidikan Matematika didasarkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud Nomor 0395/0/1984. Selanjutnya pada tanggal 9 April 1992 Prodi PMTK memperoleh status Diakui berdasarkan Surat Keputusan dari DIKTI Depdikbud Nomor 104/DIKTI/Kep/1992. Perkembangan saat ini program studi Pendidikan Matematika telah mendapatkan Sertifikasi Akreditasi BAN-PT No. 2413/SK/BAN-PT/Ak-PPj/S/IV/2020 dengan peringkat B. 



Visi:

Mewujudkan Program Studi yang Andal dalam Pembelajaran Matematika, Menguasai Literasi Matematika dan Berwawasan Global pada Tahun 2028


Misi:
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran guna menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang memiliki kompetensi dalam penguasaan matematika dan pembelajarannya, unggul dalam penelitian pendidikan, berwawasan kewirausahaan dan berkepribadian Pancasila. 
  2. Melaksanakan penelitian di bidang matematika dan pembelajarannya yang berkualitas. 
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis pada pembelajaran matematika di sekolah dan masyarakat. 
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama untuk meningkatkan kapasitas program studi.

Kompetensi:
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang memiliki kompetensi dalam penguasaan matematika dan pembelajarannya, unggul dalam penelitian pendidikan, berwawasan kewirausahaan dan berkepribadian Pancasila. 
  2. Menghasilkan karya penelitian dibidang matematika dan pembelajarannya serta dapat meningkatkan kompetensi keilmuan maupun pembelajaran. 
  3. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pada pembelajaran matematika di sekolah dan masyarakat. 
  4. Menguatnya eksistensi program studi sebagai pusat kajian pendidikan matematika di tingkat regional. 

Rasio DOsen
Semester Jumlah Dosen Jumlah Mahasiswa
20181 17 314
20191 16 276

Data Mahasiswa

Semester 20091 20092 20101 20102 20111 20112 20121 20122 20131 20132 20141 20142 20151 20152 20161 20162 20171 20172 20181 20182 20191 20192 20201 20202 20211 20212 20221 20222 20231 20232 20241
Jumlah Mahasiswa 650 579 701 576 645 518 570 472 577 469 517 384 434 401 414 404 295 363 314 308 276 271 254 227 190 184 157 136 123 102 17