Detail Umum Program Studi

Pendidikan Bahasa Inggris

AKREDITASI: Unggul

NPSN: 001011
Status Prodi: Aktif
Nama PT: Universitas Syiah Kuala
Kode Prodi: 88103
Nama Lembaga: Pendidikan Bahasa Inggris
Nama Jenjang: S2
Tanggal Berdiri: 2003-07-09T00:00:00Z
SK Selenggara: 9439/D/T/K-N/2011
Tanggal SK Selenggara:
Alamat: Universitas Syiah Kuala Jln. Teuku Nyak Arief Darussalam, Banda Aceh, Aceh, 2
Kode Pos:
No Tel: 085218734082
No Fax: -
Email: [email protected]
Website:
Deskripsi: Pada awal berdirinya program studi ini bernama Program Studi Pendidikan Bahasa sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.1436/D/T/2003. Dalam perkembangan selanjutnnya, Program Studi Pendidikan Bahasa telah dipisahkan menjadi dua Program Studi yaitu: Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris  dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No.163/Dikti/KEP/2007. Dalam usia yang telah mencapai 10 tahun ini Program Studi telah mendapat pengakuan Nasional tentang kualitas penyelenggaraan Program Magister (S2) yaitu dengan diperolehnya nilai Akreditasi Ã??â?????BÃ??â?????. Pengakuan ini tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 259/SK/BAN-PT/Ak-XII/2013 tanggal 26 Desember 2013.
Visi: Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris yang inovatif, mandiri, dan terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang menjunjung tinggi nilai etika dan moral.
Misi: 1. Menyelengarakan program pendidikan Bahasa Inggris yang menghasilkan lulusan berkualitas akademik tinggi, bermoral terpuji, beretika, dan berintegritas tinggi.
2. 
Menyelenggarakan program penelitian  pendidikan, khususnya pendidikan bahasa Inggris.
3. Menghasilkan  karya  akademik  dan  temuan-temuan  yang bermakna dan berkualitas, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris serta mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah bereputasi
4.  Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan, workshop, dan penataran lainnya untuk mendukung pembangunan sumber daya guru dan dosen bahasa Inggris.
5. Menyelenggarakan pendidikan bahasa Inggris sebagai upaya penguasaan suatu alat komunikasi global untuk mengakses, menggali dan mentransformasi ilmu pengetahuan yang menjunjung tinggi nilai etika dan moral.
6. 
Meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan instansi terkait, baik di tingkat daerah, nasional, dan regional dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Kompetensi: 1.     Kompetensi pedagogik;  memiliki pemahaman terhadap peserta didik dan mampu mengelola pembelajaran bahasa Inggris secara inovatif dan menyenangkan.
2.     Kompetensi professional; menguasai materi pembelajaran bidang studi bahasa Inggris secara luas dan mendalam dan mampu menggunakan teknologi komunikasi dan mengembangkan kualitas pembelajaran melalui penelitian.
3.     Kompetensi kepribadian; memiliki  kewibawan, komitmen,  adil  dan arif dalam bertindak dan berperilaku dan mampu mengendalikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi yang sedang dihadapi.
4.     Kompetensi sosial; memiliki kemampuan menyampaikan pendapat, terbuka menerima kritik, saran, mudah dalam bergaul, bekerjasama, toleran  terhadap  perbedaan,  dan  mengenal  dengan  baik  mahasiswa yang mengikuti kuliah.
5.     Memiliki keahlian berbahasa Inggris plus; di samping sebagai guru bahasa  Inggris  juga  memiliki  kemampuan  dan  keahlian  tambahan berhubungan dengan life skills sehingga siap di segala bentuk aktivitas masyarakat.

Rasio DOsen
Semester Jumlah Dosen Jumlah Mahasiswa
20181 14 231
20191 16 183

Data Mahasiswa

Semester 20091 20092 20101 20102 20111 20112 20121 20122 20131 20132 20141 20142 20151 20152 20161 20162 20171 20172 20181 20182 20191 20192 20201 20202 20211 20212 20221 20222 20231 20232
Jumlah Mahasiswa 117 105 143 129 189 187 227 221 276 248 283 281 289 270 307 254 266 257 231 187 183 161 161 130 143 110 117 85 74 54