NPSN: 053045
Status Prodi: Aktif
Nama PT: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta
Kode Prodi: 14901
Nama Lembaga: Profesi Ners
Nama Jenjang: Profesi
Tanggal Berdiri: 2017-08-16T00:00:00Z
SK Selenggara: 440/KPT/I/2017
Tanggal SK Selenggara: 2017-08-16T00:00:00Z
Alamat: Jalan Tantular 401 Pringwulung Condongcatur
Kode Pos:
No Tel: 0274 518977
No Fax: 0274 587143
Email: [email protected]
Website: www.stikespantirapih.ac.id
Deskripsi: Prodi
Profesi Ners STIKes Panti Rapih adalah
salah satu program studi yang berada
dalam naungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Panti Rapih diselenggarakan oleh Yayasan Panti Rapih, berkedudukan di Yogyakarta sebagai hasil konversi dari Akademi Keperawatan Panti Rapih dengan berdasarkan Keputusan Menteri
Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor
440/KPT/I/2017 tentang Ijin Perubahan
Bentuk Akademi Keperawatan Panti Rapih Yogyakarta menjadi Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Panti Rapih Yogyakarta di Yogyakarta yang diselenggarakan Oleh
Yayasan panti Rapih yang ditetapkan pada tanggal 16 Agustus 2017.
Prodi Profesi Ners STIKes Panti Rapih menyelenggarakan
pendidikan untuk menghasilkan ners profesional yang
inovatif dan peka budaya dalam keperawatan medikal bedah, yang senantiasa mengembangkan diri dan profesi, berperilaku
didasarkan pada aspek legal-etik serta nilai nilai I-CARE (Integrity, Compassion, Assurance,
Respect, Embrace Inovation).
Kurikulum pendidikan
Prodi
Profesi Ners STIKes Panti Rapih disusun atas
kualifikasi kemampuan lulusan
yang mencakup sikap,
pengetahuan,
keterampilan
umum dan
keterampilan
khusus
yang
dinyatakan dalam
rumusan capaian
pembelajaran
lulusan berdasarkan KKNI level 7. Setelah
mahasiswa mencapai capaian
pembelajaran
dengan melewati seluruh mata kuliah teori dan praktik (144 sks) yang berada di tahap akademik level
6 (enam) KKNI, selanjutnya mahasiswa tersebut akan menyelesaikan semua pembelajaran
yang ada di tahap profesi untuk mencapai
level 7 (tujuh) KKNI dengan 36
SKS mata kuliah praktik klinik keperawatan.
Tahap akademik akan dijalankan di semester 1 sd semester 8 dan tahap profesi akan dijalankan semester 9 dan semester 10.
Visi: Pada tahun 2041 menjadi program studi Profesi Ners dengan tata kelola yang berstandar internasional untuk menghasilkan perawat profesional yang unggul, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral kristiani dan berdaya saing internasional.
Misi: a. Memberikan krontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang keperawatan untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat
b. Mendidik calon tenaga perawat profesional melalui pendidikan paripurna
c. Menghasilkan tenaga perawat profesional yang unggul, humanis, berjiwa mengabdi pada kehidupan, sesuai moral kristiani dan berdaya saing internasional
d. Menyelenggarakan program studi Profesi Ners dengan tata kelola yang baik
e. Menyelenggarakan program studi profesi Ners melalui proses pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang humanis dan holistik serta terbuka bagi semua lapisan masyarakat yang dijiwai, nilai-nilai kristiani dan spiritualitas konggregasi Suster-suster kristiani dan spriritualitas konggresi suster-suster Cinta Kasih Santo Carolus Boromesu.
Kompetensi: Prodi
Profesi Ners STIKes Panti Rapih meluluskan Ners profesional yang inovatif dan peka budaya dalam
keperawatan medikal bedah, yang
senantiasa mengembangkan diri dan
profesi, berperilaku didasarkan pada aspek legal-etik serta nilai nilai I-CARE (Integrity, Compassion, Assurance,
Respect, Embrace Inovation) dalam
menjalankan perannya sebagai:
1. Care provider (Pemberi
asuhan keperawatan secara profesional) : lulusan Profesi Ners STIKES Panti
Rapih adalah seorang perawat profesional yang
memiliki wawasan global, mampu memberikan asuhan keperawatan prima kepada
pasien dan keluarga di segala umur secara profesional (holistik dan
komprehensif serta mengutamakan aspek atau nilai-nilai kemanusiaan) baik dalam
kondisi sehat maupun sakit melalui pendekatan proses keperawatan berdasarkan evidence based practice in nursing terkini berdasarkan nilai nilai I-CARE (Integrity, Compassion, Assurance,
Respect, Embrace Inovation).
2. Educator (Pendidik klien dan keluarga yang menjadi tanggung
jawabnya): lulusan Profesi Ners STIKES Panti Rapih adalah seorang perawat profesional yang mampu
memberikan pendidikan kesehatan dalam
upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif kepada klien dan keluarga
berdasarkan ilmu dan kemampuan komunikasi terapeutik yang efektif. Profil ini
merupakan perwujudan peran perawat untuk berperan
serta dalam mendidik dan melatih klien dan
keluarga dalam kemandirian untuk hidup
sehat
3. Comunity leader
(Pelaku pengembangan diri pada komunitas profesi dan sosial) : lulusan Profesi
Ners STIKES Panti Rapih adalah seorang perawat profesional yang mampu mengembangkan diri dan
profesi secara berkesinambungan, menjadi panutan/teladan dan menjadi
motivator hidup sehat dalam keluarga dan
masyarakat. Profil ini merupakan perwujudan peran perawat dalam fungsinya sebagai anggota masyarakat yang kreatif produktif,
terbuka menerima perubahan dan berorientasi ke masa depan yang berwawasan
global. Lulusan juga diharapkan mampu mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan
kemampuan profesional
4. Researcher
(peneliti mandiri): lulusan Profesi Ners
STIKES Panti Rapih adalah seorang perawat profesional
yang mampu melakukan penelitian dan menggunakan
hasil penelitian (evidence based practice) bidang
keperawatan/kesehatan dalam praktik keperawatan untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan.
Profil ini merupakan perwujudan peran perawat untuk berperan serta sebagai peneliti pemula.
5. Manager dan leader (manajer dan leader asuhan keperawatan)
: lulusan Profesi Ners STIKES Panti Rapih adalah seorang perawat profesional yang mampu berperan sebagai ketua
tim dalam memberikan asuhan keperawatan, menjadi pemimpin dalam organisasi di
masyarakat, menjadi pengelola kegiatan yang mengembangkan profesionalisme
perawat dalam pelayanan asuhan keperawatan pada pasien. Dalam
melaksanakan perannya lulusan diharapkan memiliki
kemampuan kepemimpinan, memelihara dan mengembangkan kepribadian sesuai dengan
etika keperawatan dalam melaksanakan profesi.