Detail Umum Program Studi

Pendidikan Bahasa Arab

AKREDITASI: Unggul

NPSN: 071085
Status Prodi: Aktif
Nama PT: Universitas Darussalam Gontor
Kode Prodi: 88204
Nama Lembaga: Pendidikan Bahasa Arab
Nama Jenjang: S1
Tanggal Berdiri: 2012-05-24T00:00:00Z
SK Selenggara: 3548 Tahun 2016
Tanggal SK Selenggara:
Alamat: Jl. Raya Siman Km. 5, Siman, Ponorogo, Jawa Timur
Kode Pos:
No Tel: +62 352 3574562
No Fax: +62 352 488182
Email: [email protected]
Website:
Deskripsi:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARABProgram Studi Pendidikan Bahasa Arab merupakan bagian dari Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor sebagai wadah pengembangan ilmu bahasa Arab dan pengajarannya. Penyelenggaraan program studi didasarkan pada Surat Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: Dj. II/281/03. Sejak saat itu program studi ini sudah melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Dan saat ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK No.197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013 dengan predikat A.Penyelenggaraan program studi ini berawal dari keinginan Pondok Modern Darussalam Gontor yang kuat untuk membumikan bahasa Arab di Indonesia dan membentuk pengajar bahasa Arab yang kompeten dalam pengajaran bahasa Arab. Untuk itu program studi ini memprioritaskan penguasaan materi-materi bahasa Arab dan pengajaran bahasa Arab yang dipadukan dengan materi-materi pendidikan dan Dirasah Islamiyah secara seimbang dan komprehensif.Pelaksanaan pendidikan yang seimbang dan komprehensif inilah yang di atas dapat menghasilkan lulusan yang memiliki integeritas keislaman dan kependidikan yang luas, memiliki kemampuan dalam bahasa Arab secara teoritis dan praktis, memiliki wawasan dan keterampilan mengajarkan bahasa Arab, serta mampu merancang, mendesain, dan mengembangkan pengajaran bahasa Arab yang efektif bagi non-Arab.Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab membentuk lingkungan akademik yang kondusif untuk pelaksanaan kegiatan akademik belajar dan mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sarana dan prasarana yang memadai baik dari ruang perkuliahan, laboratorium bahasa, laboratorium microteaching, dan perpustakaan diadakan guna mendukung proses kegiatan akademik. Di samping itu, mahasiswa / i program studi PBA Universitas Darussalam Gontor diberi kesempatan untuk melakukan praktik mengajar bahasa Arab di lembaga pendidikan, lembaga bahasa, dan pusat pelatihan yang ada di lingkungan univesitas untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab.Tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi dan kompetensi juga menjadi salah satu aspek penting yang mendukung program studi PBA Universitas Darussalam Gontor


Visi:

Menjadi pusat kajian dan pengembangan Pendidikan Bahasa Arab yang unggul dengan sistem perguruan tinggi pesantren yang sesuai dengan perkembangan zaman pada tahun 2030.


Misi:
  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Arab yang mampu merespon tantangan global.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Menginternalisasikan nilai-nilai kepesantrenan dalam sistem Perguruan Tinggi Pesantren.
  4. Memperluas jaringan kerja (network) dengan berbagai lembaga Islam di dalam dan luar negeri.

Kompetensi:

Kurikulum prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor memiliki cakupan yang cukup luas dimana mata kuliah yang diajarkan pada prodi ini mencakup tujuh kategori mata kuliah kompetensi. Pertama adalah Mata Kuliah Umum (MKU) yang merupakan mata kuliah wajib perguruan tinggi di Indonesia. Selanjutnya adalah Mata Kuliah Dirasah Islamiyah seperti Al Qur’an, Tafsir, Hadits, Worldview Islam dan lain sebagainya. Adapun yang ketiga adalah Mata Kuliah Pendidikan Islam seperti Manajemen Pendidikan, Profil Pendidik, Ilmu Jiwa Belajar, dan lain sebagainya. Keempat adalah Mata Kuliah Kebahasa Arab seperti Nahwu, Sharaf, Tarkibul Jumal, dan lain sebagainya. Kelima adalah Mata Kuliah Keterampilan Bahasa Arab seperti Maharatul Istima’, Kalam, Qiro’ah, Kitabah, Tarjamah dan lain sebagainya. Keenam adalah Mata Kuliah Metodologi pembelajaran bahasa Arab dan yang ketujuh adalah Mata Kuliah Sastra Arab seperti sejarah sastra Arab, Balaghah dan lain sebagainya.Prodi PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor telah menerapkan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) mulai tahun 2017 dengan jumlah SKS yang harus diselesaikan dalam waktu empat semester adalah 146 SKS. Terdiri dari mata kuliah teoritis dan juga praktikum di lembaga praktek. Berikut Kurikulum KKNI PBA Fakultas Tarbiyah UNIDA Gontor berdasarkan kompetensiKompetensi utama lulusan PBA, adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menguraikan kaedah-kaedah bahasa Arab dalam pembelajaran.
  2. Mampu menguraikan materi bahasa Arab di tingkat sekolah dasar, menengah dan atas.
  3. Mampu menguraikan teori-teori pembelajaran keterampilan berbahasa Arab.
  4. Mampu menguraikan teori strategi pembelajaran Bahasa Arab
  5. Mampu menguraikan teori-teori metodologi pembelajaran Bahasa Arab
  6. Mampu menguraikan teori sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab
  7. Mampu menguraikan teori pendekatan pembelajaran Bahasa Arab
  8. Mampu menguraikan tehnik strategi pembelajaran Bahasa Arab
  9. Mampu berbahasa Arab aktif dan pasif
  10. Mampu mengelola kelas secara professional
  11. Mampu mengajarkan materi Bahasa Arab secara professional
  12. Mampu mengajarkan keterampilan berbahasa Arab.
  13. Mampu menguasai teknik pembelajaran Bahasa Arab.
  14. Mampu menguasai strategi pembelajaran Bahasa Arab
  15. Mampu menguasai metodologi pembelajaran Bahasa Arab
  16. Mampu menguasai sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab
  17. Mampu menguasai pendekatan pembelajaran Bahasa Arab
  18. Mampu mendesain media pembelajaran (audio /visual/audiovisual) dalam pembelajaran bahasa Arab.
  19. Mampu mengembangkan strategi pembelajaran PBA
  20. Mampu mengembangkan metodologi pembelajaran PBA
  21. Mampu mengembangkan desain pembelajaran Bahasa Arab
  22. Mampu mengembangkan sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab.
  23. Mampu mengevaluasi proses dan hasil belajar pembelajaran Bahasa Arab.
  24. Mampu membuat karya ilmiah berbahasa Arab
  25. Mampu menghasilkan penelitian terkait dengan tindakan kelas (PTK) pada materi bahasa Arab

Kompetensi pendukung lulusan PBA, adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menghafal al-Qur’an sekurang-kurangnya 4 juz.
  2. Mampu menguraikan teori-teori membaca dalam bahasa Inggris.
  3. Mampu menguraikan teori-teori menulis dalam bahasa Inggris.
  4. Mampu menguraikan kaedah berbahasa dalam bahasa Inggris
  5. Mampu berbahasa Inggris aktif dan pasif
  6. Mampu membuat karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Inggris
  7. Mampu menganalisis teori-teori penelitian.
  8. Mampu melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran dan literatur bahasa Arab

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan PBA, adalah sebagai berikut

  1. Mampu menguraikan teori-teori penerjemahan
  2. Mampu menganalisis metode-metode penerjemahan bahasa Arab dari dan ke bahasa Indonesia
  3. Mampu menerjemahkan buku-buku berbahasa Arab ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  4. Mampu menjadi interpreteur (penerjemah langsung)
  5. Mampu menguraikan teori-teori penerjemahan
  6. Mampu menganalisis metode-metode penerjemahan bahasa Arab dari dan ke bahasa Indonesia

Data Mahasiswa

Semester 20091 20092 20121 20122 20131 20132 20141 20142 20151 20152 20161 20162 20171 20172 20181 20182 20191 20192 20201 20202 20211 20212 20221 20222 20231 20232 20241
Jumlah Mahasiswa 1 1 3 4 5 3 56 55 97 101 182 183 283 277 332 321 447 445 476 453 427 424 424 390 439 414 13