Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Manajemen Informatika
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Algoritma dan Pemrograman 5730102201 Algoritma dan
Pemrograman
T=2P=0ECTS=3.18 1 28 April 2023
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
I Gde Agung Sri Sidhimantra S.Kom., M.Kom. I Gde Agung Sri Sidhimantra
S.Kom., M.Kom.
Dodik Arwin Dermawan,
S.ST., S.T., M.T.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis bahasa pemrograman dan siklus pengembangan program komputer.
CPMK - 2 Mahasiswa mampu memahami algoritma dan pemodelan matematik
CPMK - 3 Mahasiswa mampu melakukan pengujian program dan penelusuran error
CPMK - 4 Mahasiswa mampu membuat program komputer sederhana
Matrik CPL - CPMK

CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah ini mengajarkan tentang konsep dasar pemrograman, pengetahuan dan pengalaman praktis serta teknis mengenai algoritma,
flowchart dan penerapannya dalam bahasa pemrograman C++. Materi-materi dasar pembuatan program yakni dasar-dasar pemrograman,
pengenalan bahasa pemrograman C++, struktur kontrol C++, penyelesaian kondisi, perulangan, array, string, pointer, fungsi, tipe data
abstrak/ struktur, dan operasi file.
Pustaka Utama :
1.Ekohariadi, Qoiriah, A. 2007.Bahasa Pemrograman C. Unipress UNESA.
2.Jeri R. Hanly and Eliiot B. Koffman. 2002.Problem Solving and Program Design in C.Addison Wesley Publishing.
3.Barton, John J., Nackman, Lee R. 1994.Scientific and Engineering C++: an introduction with advanced techniques and examples.
Addison Wesley Longman, Inc.
4.The Waite Group's. 1992. C++ Programming, Second Edition. SAMS a division of Prentice Hall Computer Publishing.
5.Kadir, A dan Heriyanto. 2005.Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta: Penerbit Andi.
6.Pranata, A. 2005.Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
7.Liberty, J., Rao, S., Jones, B. 2008.Sams teach yourself C++ in one hour a day. Sams.
Pendukung :

Dosen
Pengampu
Andi Iwan Nurhidayat, S.Kom., M.T.
Faris Abdi El Hakim, S.Kom., M.Tr.Kom.
I Gde Agung Sri Sidhimantra, S.Kom., M.Kom.
Binti Kholifah, S.Kom., M.Tr.Kom.
M Adamu Islam Mashuri, S.Tr.T., M.Tr.Kom.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & BentukLuring (offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Mahasiswa mampu
menerapkan
algoritma dan
flowchart dalam
pemecahan masalah
1.Menjelaskan konsep
dasar algoritma
2.Mengidentifikasi
notasi-notasi
flowchart
3.Menerapkan
algoritma dan
flowchart ke dalam
suatu penyelesaian
masalah
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
2
Minggu ke 2
Mahasiswa mampu
menjelaskan struktur
penulisan bahasa
pemrograman C
1.Mengidentifikasi
jenis-jenis tipe data
2.Menjelaskan aturan
pendefinisian
identifier
3.Mengidentifikasi
perbedaan variabel
dan konstanta
4.Mengidentifikasi
jenis-jenis operator
5.Menjelaskan
prioritas operator
aritmatika
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
KooperatifMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Mahasiswa mampu
menerapkan fungsi
input dan output
dalam pembuatan
program
1.Mengidentifikasi
jenis-jenis fungsi
input dan output
2.Menerapkan fungsi
input dan output
dalam program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
4
Minggu ke 4
Mahasiswa mampu
membuat program
dengan konsep
percabangan
1.Mengidentifikasi
perbedaan kondisi
dan aksi
2.Menjelaskan
percabangan
tunggal, majemuk
dan bertingkat
3.Menjelaskan
percabangan
menggunakan
selection case
4.Menerapkan konsep
percabangan ke
dalam program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Mahasiswa mampu
membuat program
dengan konsep
percabangan
1.Mengidentifikasi
perbedaan kondisi
dan aksi
2.Menjelaskan
percabangan
tunggal, majemuk
dan bertingkat
3.Menjelaskan
percabangan
menggunakan
selection case
4.Menerapkan konsep
percabangan ke
dalam program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Mahasiswa mampu
membuat program
dengan konsep
perulangan
1.Mengidentifikasi
jenis-jenis
perulangan
2.Menjelaskan struktur
perulangan
3.Menerapkan konsep
perulangan ke dalam
program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
7
Minggu ke 7
Mahasiswa mampu
membuat program
dengan konsep
perulangan
1.Mengidentifikasi
jenis-jenis
perulangan
2.Menjelaskan struktur
perulangan
3.Menerapkan konsep
perulangan ke dalam
program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%

8
Minggu ke 8
Ujian SubSumatif /
Ujian Tengah
Semester
Ujian SubSumatif / Ujian
Tengah Semester
Kriteria:
Ujian SubSumatif
/ Ujian Tengah
Semester
Ujian SubSumatif
/ Ujian Tengah
Semester
4 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Mahasiswa mampu
membuat program
dengan konsep array
1.Menjelaskan definisi
array
2.Mengidentifikasi
jenis-jenis array
3.Menjelaskan cara
mendeklarasikan
masing-masing array
4.Menerapkan array
dalam program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Mahasiswa mampu
membuat program
dengan konsep string
1.Menjelaskan definisi
string
2.Menjelaskan cara
mendeklarasikan
variabel string
3.Menjelaskan cara
memasukkan dan
menampilkan isi dari
variabel string
4.Menjelaskan cara
mengakses elemen
string
5.Menerapkan string
dalam program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
11
Minggu ke 11
Mahasiswa mampu
menggunakan fungsi
dalam pembuatan
program
1.Menjelaskan konsep
dasar fungsi
2.Menjelaskan cara
mendeklarasikan
fungsi
3.Menjelaskan cara
memanggil fungsi
4.Menerapkan fungsi
dalam program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
12
Minggu ke 12
Mahasiswa mampu
menggunakan fungsi
rekursif dalam
pembuatan program
1.Menjelaskan definisi
fungsi rekursif
2.Menjelaskan cara
mendeklarasikan
fungsi rekursif
3.Menjelaskan cara
memanggil fungsi
rekursif
4.Mengidentifikasi
persamaan dan
perbedaan fungsi
iteratif dan rekursif
5.Mengidentifikasi
kelebihan dan
kekurangan fungsi
rekursif
6.Menerapkan fungsi
rekursif dalam
program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
13
Minggu ke 13
Mahasiswa mampu
menggunakan
pointer dalam
pembuatan program
1.Menjelaskan konsep
dasar pointer
2.Menjelaskan cara
menggunakanpointer
3.Menerapkanpointer
dalam program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
14
Minggu ke 14
Mahasiswa mampu
membuat program
dengan konsep
struktur
1.Menjelaskan konsep
dasar struktur
2.Menjelaskan cara
mendeklarasikan
variabel struktur
3.Menerapkan variabel
struktur dalam
program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Mahasiswa mampu
membuat program
untuk operasi file
1.Mengidentifikasi
perbedaan file teks
dan file biner
2.Mengidentifikasi
jenis-jenis operasi
file dalam file teks
dan file biner
3.Menerapkan operasi
file dalam
pembuatan program
Kriteria:
Rubrik penilaian
(terlampir)
Pendekatan:
SaintifikModel:
Pembelajaran
berbasis
masalahMetode:
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
4 X 50
0%
16
Minggu ke 16
Ujian Sumatif / Ujian
Akhir Semester
Ujian Sumatif / Ujian
Akhir Semester
Kriteria:
Ujian Sumatif /
Ujian Akhir
Semester
Ujian Sumatif /
Ujian Akhir
Semester
4 X 50
0%

Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasiPersentase
0%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan
internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses
pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan
untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan
pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan
bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati
dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi
pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten
dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative
Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok
bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 21 September 2024 Jam 22:34 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa