MakalahIlmukalamUNTUKMEMENUHITUGASMATAKULIAHILMUKALAMDonespengampu:Mujiburrohman,M.Hum
Kelompok1DisusunOleh:1.IbnuFauzanazima 22.01.01.00812.manaratulmasyrofah 22.01.01.00763.paujiyah 22.01.01.00744.Usifadiyah 22.01.01.0045
PROGRAMSTUDIPENDIDIKANAGAMAISLAMSEKOLAHTINGGIAGAMAISLAMNIDAEL-ADABIJl.RayaKabasiranParungpanjangBogor

KATAPENGANTARBismillahirrahmanirrahiimPujisyukursenantiasapanjatkankehadiratAllahSWT,yangselalumemberirahmat,nikmat,karuniasertahidayah-Nya.Sehinggamakalahyangberjudulilmukalam.DalampenulisanmakalahinikamimenemuiberbagaihambatanyangdikarenakanterbatasnyaIlmuPengetahuankamimengenaihalyangberkenandenganpenulisanmakalahini.Olehkarenaitusudahsepatutnyakamiberterimakasihkepadadosenkamiyangtelahmemberikanlimpahanilmubergunakepadakami.Kamimenyadariakankemampuankamiyangmasihterbatas.Dalammakalahinikamisudahberusahasemaksimalmungkin.Harapankami,makalahinidapatmenjaditrackrecorddanmenjadireferensibagikamidanoranglaindalammengarungimasadepan.Kamijugaberharapagarmakalahinidapatbergunabagioranglainyangmembacanya.Parungpanjang,24September2022
Penyusun

KATAPENGANTAR..........................................................................................................iDAFTARISI.......................................................................................................................iiBABI..................................................................................................................................1PENDAHULUAN..............................................................................................................1A.LatarBelakangMasalah.............................................................................................2B.RumusanMasalah.......................................................................................................2C.TujuanMasalah............................................................................................................3BABII..................................................................................................................................4PEMBAHASAN..................................................................................................................41.PENGERTIANILMUKALAM.........................................................................................52.SEJARAHKEMUNCULANDANPERKEMBANGANNYA...............................................6BABIII..................................................................................................................................7PENUTUP...........................................................................................................................7A.Kesimpulan.....................................................................................................................7DAFTARPUSTAKA.............................................................................................................8

BABIPENDAHULUANA.LatarBelakangMasalahDalamperkembanganagamaislambanyakdipelajariberbagaiilmu-ilmukeagamaan,misalnyailmufiqih,ilmuaqidah,danilmutauhid.Ilmu-ilmutersebutmempunyaiperanantersendiridalammempelajariilmu-ilmutentangagamaislam.Ilmufiqihmempelajaritentanghukum-hukumdalamagamaislam.Ilmuaqidahmempelajaritentangtingkahlakubaikburukmanusiamenurutagamaislam.DanilmutauhidmempelajaritentangkeesaanTuhan.Ilmutauhidjugadisebutilmukalam,ilmukalamadalahilmuyangmembicarakantentangwujudnyaTuhan(Allah),sifat-sifatyangmestiadapadaNya,sifat-sifatyangtidakadapadaNya,dansifat-sifatyangmungkinadapadaNya.Danmembicarakantentangrasul-rasulTuhan,untukmenetapkankerasulannyadansifat-sifatyangmestiadapadanya,sifat-sifatyangmungkinadapadanyadansifat-sifatyangtidakmungkinterdapatpadadirinya.Dalamsejarahperkembangannya,dalammempelajariilmutauhid,munculbanyakmodel-modelpenelitianilmukalam,olehsebabitudalammakalahinipenulismembahastentang"penelitianilmukalam”.

B.RumusanMasalah1.Apapengertianilmukalam?2.Bagaimanasejarahkemunculanilmukalam?3.Bagaimanaperkembanganilmukalam?

BABIIPEMBAHASANA.PengertianIlmuKalamIlmuinidinamakanIlmuKalamkarena:1.Persoalanterpentingyangmenjadipembicaraanabad-abadpermulaanhijrahialah”FirmanTuhan”(KalamAllah)dannon-azalinyaQur’an(KhalqAl-Qur’an).2.DasarIlmuKalamialahdalil-dalilpikirandanpengaruhdalil-dalilininampakjelasdalampembicaraan-pembicaraanMutakallimin.Merekajarang-jarangkembalikepadadalilnaql(QurandanHadits),kecualisesudahmenetapkanbenarnyapokokpersoalanlebihdahulu.Karenacarapembuktiankepercayaan-kepercayaanagamamenyerupailogikadalamfisafat,makapembuktiandalamsoal-soalagamainidinamaiIlmuKalamuntukmembedakandenganlogikadalamfisafat.TeologiIslammerupakanistilahlaindariilmukalam.IstilahiniberasaldaribahasaInggris,theology.WilliamL.Reese(1.1921M)mendefinisikannyadaridengandiscourseorresonconceriningGod(diskursusataupemikirantentangTuhan).Denganmengutipkata-kataWilliamOckham(1287-1347),Reeselebihjauhmengatakan,Theologytobeadisciplinerestingonrevealedtruthandindependentofbothphilosophyandscience(Teologimerupakandisiplinilmuyangberbicaratentangkebenaranwahyusertaindepedensifilsafatdanilmupengetahuan).Sementaraitu,Govemenyatakanbahwateologiadalahpenjelasantentangkeimanan,perbutan,danpengalamanagamasecararasional.Secaraetimologis,kalamberartipembicaraan,yaknipembicaraanyangbernalardenganmenggunakanlogika.Olehkarenaitu,ciriutamadariilmukalamadalahrasionalitasataulogika.Katakalamsendirimulanyamemangdimaksudkansebagaiterjemahdarilogosyangdiadopsidaribahasayunaniyangberartipembicaraan.DarikatainilahmunculistilahlogikadanlogisyangditerjemahkankedalambahasaArabdenganistilahmantiq.Sehinggailmulogika,khususnyalogikaformal(silogisme)dinamakanMantiq.KarenadiadopsidaribahasaYunani,makakerangkadanisipemikiranYunanimemberikankontribusiyangbesaruntukmemperkayailmukalam.Kalammenurutbahasaialahilmuyangmembicarakan/membahastentangmasalahke-Tuhanan/ketauhidan(meng-EsakanTuhan),ataukalammenurutloghatnyaialah

omonganatauperkataan.SedangkanIlmuKalamsecaraterminologiadalahsuatuilmuyangmembahasberbagaimasalahketuhanandenganmenggunakanargumentasilogikadanfilsafat.Ilmukalambiasadisebutdenganbeberapanama,antaralainilmuushuluddin,ilmutauhid,Al-FiqhAl-Akbar,danteologiIslam.Disebutilmuushuluddinkarenailmuinimembahaspokok-pokokagama(ushuluddin).DisebutilmutauhidkarenailmuinimembahaskeesaanAllahSWT.Didalamnyadikajipulatentangasma’(nama-nama)danaf’al(perbuatan-perbuatan)Allahyangwajib,mustahil,danja’iz,jugasifatyangwajib,mustahil,danja’izbagiRasul-Nya.IlmutauhidsebenarnyailmuyangmembahastentangkeesaanAllahSWTdanhal-halyangberkaitandengan-Nya.Secaraobjektif,ilmukalamsamadenganilmutauhid,tetapiargumentasinyalebihdikonsentrasikanpadapenguasaanlogika.Olehkarenaitu,sebagianteologmenganggapbahwailmukalamberbedadengantauhid.Al-FiqhAl-AkbarmerupakanistilahbagiAbuHanifah(80-150H)dalammemberikannamailmuini.Menurutpersepsinya,hukumIslamyangdikenaldenganistilahfiqhterbagiatasduabagian.Pertama,Al-FiqhAl-Akbar,didalamnyadibahastentanghal-halyangberkaitandenganistilahkeyakinanataupokok-pokokagamaatauilmutahid.Kedua,Al-FiqhAl-Ashghar,didalamnyadibahastentanghal-halyangberkaitandenganmasalahmu’amalah,bukanpokok-pokokagama,tetapihanyacabang.Memerhatikandefinisiilmukalamdiatas,aituilmuyangmembahasmasalah-masalahketuhanandenganmenggunakanargumentasilogikaataufilsafat,secarateoretisaliranSalaftidakdapatdimasukkankedalamaliranilmukalamkarenaaliranini-dalampembahasanmasalah-masalahketuhanan-tidakmenggunakanargumentasifilsafatataulogika.Aliraninicukupdimasukkankedalamaliranilmutauhidatauilmuushuluddin,atauAl-FiqhAl-Akbar.

1.EsensiIlmuKalamSelainitu,definisiIlmuKalamjugamempunyaibanyakpendapat,antaralain:a.MushthafaAbdulRaziq:اﻋﺘﻤﺎدًا َﻣﻴَّﺔِﻼﺳﻻا ﺎﻟﻌﻘَﺎﺋﺪِ ﻓﯩ اﻟﺒﺤْﺚُ اﻳِّ ِﻳﻤَﺎﻧﻴّﺔ ﻻاﺋﺪِاﻟﻌَﻘﺎﺑِﺎﻳَﺘﻌﻠَّﻖُ ﻓﻴﻤَﺎ اﻟﻌَﻘﻠِﻴَّﺔ اﻟﺒﺮَاﻫِﻴْﻦَ ﻋﻠَﻰ ﻳﻌْﺘﻤﺪ اﻟﻌﻠﻢُﻫﺬَاانَّاﻟﻌَﻘْﻞِ ﻋﻠﻰ.Artinya:“Ilmuini(IlmuKalam)yangberkaitandenganakidahimaniinisesungguhnyadibangundiatasargumen-argumenrasionalatauilmuyangberkaitandenganakidahisamiinibertolakatasbantuannalar”.b.MenurutIbnukholdunilmukalamadalahilmuyangmemuatbeberapaalasanuntukmempertahankankeimananagamaIslamdenganmenggunakandalil-dalilaqli(pikiran),sertamemuatpulabantahanterhadaporangyangmengingkarinyadanberbedapandangandenganpemahamansalafdanahlisunah.B.KemunculanIlmuKalamdalamIslamberawaldariperistiwatahkimatauarbitraseantaraAlibinAbiThalibdanMuawiyahbinAbuSufyan.PerseteruanpolitikinitidakhanyamemecahbelahIslamdalamperkarapemerintahan,namunjugabergeserkepenafsiranteksagamayangmelahirkandisiplinIlmuKalam.Secaradefinitif,IlmuKalamadalahilmuyangmempelajarimasalahketuhananatauakidah.PadanankatapopulernyaadalahteologiIslam.HarunNasutiondalambukuMuhammadAbduhdanTeologiRasionalMu’tazilah(1987)menuliskanbahwaIlmuKalamadalah“ilmuyangmembahaswujudAllah,sifat-sifat-Nya,kenabian,alam,danhubunganTuhandenganmakhluk-makhluknya".Dimasakenabian,tidakadaperdebatanmengenaiperkaraakidahdanketuhanan.NabiMuhammadmerupakanrujukantunggal.Orang-orangyangberselisihmendatangibeliauSAWuntukmencaripencerahansehinggatidakadaperbedaanpendapatdikalangansahabatmengenaiperkaraketuhanan.Selainitu,NabiMuhammadjugasempatmelarangsahabatnyabertanyamengenai

qadaryangnantinyamenjadikontroversidikalanganahliIlmuKalam.SelepaswafatnyaRasulullah,barulahaliranpemikiranIslambermunculan.IlmuKalamkemudianlahirketikaterjadiperseteruanpolitikdimasaAlibinAbiTalibdanMuawiyahbinAbuSufyan.Sebenarnya,embrionyasudahtampakdimasakekhalifahanUsmanbinAffan.Dimasaitu,orang-orangyangmemilikipahamseragamsalingberdiskusimembincangkanpemikiranmereka.Lantas,ketikaterjadiperistiwaarbitrase,merekamunculmengungkapkanpandanganmerekamasing-masingdanmenentukansikapterhadapAlidanMuawiyah.Jadidalamperkembangannya,aliranIlmuKalammengadopsiprinsip-prinsipfilsafatYunaniuntukmemahamiakidahIslam.Namun,ahliIlmuKalam(Mutakallim)tidakpernahkeluardarikoridorIslamdantetapmemosisikanwahyu,yaituAl-Qurandanhadissebagaisumberprimernya.

BABIIIPENUTUPA.KESIMPULANIlmukalamadalahIlmuyangmembahastentangmasalahketuhanansertaberbagaimasalahyangberkaitandengannyaberdasarkandalil-dalilyangmeyakinkan.IlmuKalamjugadinamakanilmuaqaidatauilmuushuludin,karenapersoalankepercayaanyangmenjadipokokajaranagamaitulahyangmenjadipokokpembicaraannya.PokokpermasalahanIlmuKalamterletakpadatigapersoalan,yaituEsensiTuhanitusendiridengansegenapsifat-sifat-Nya,QismulNububiyah,hubunganyangmemperhatikanantaraKholikdenganmakhluk,PersoalanyangberkenaandengankehidupansesudahmatinantinyayangdisebutdenganQismulAl-Sam’iyat.Secaragarisbesar,penelitianilmukalamdapatdibagidalamduabagian.Pertama,penelitianyangbersifatdasardanpemula,dankedua,penelitianyangbersifatlanjutanataupengembangandaripenelitianmodelpertama.PenelitianmodelpertamainisifatnyabarupadatahapmembangunilmukalammenjadisuatudisiplinilmudenganmerujukpadaAl-Qur’andanhaditssertaberbagaipendapattentangkalamyangdikemukakanolehberbagaialiranteologi.Sedangkanpenelitianmodelkeduasifatnyahanyamendeskripsikantentangadanyakajianilmukalamdenganmenggunakanbahanrujukanyangdihasilkanolehpenelitianmodelpertama. 

DAFTARPUSTAKAhttp://duniapendidikan33.blogspot.com/2015/12/makalah-tentang-ilmu-kalam.html?m=1https://tirto.id/sejarah-ilmu-kalam-perkembangan-teologi-islam-berawal-dari-tahkim-ghgrDrs.H.BakriDusar.Tauhiddanilmukalam.AhmadHanafi,teologiislam(IlmuKalam),Jakarta:BulanBintang,1979SyaikhMohammadAbduh,RisalahTauhid,Jakarta:BulanBintang,1975HusainbinMuhammadAlJassar,Al-UshbunAlHamidiyahLiAl-Muhafadzah'AlaAl-'Aqo'idAl-Islamiyah(Bandung:SyirkahAl-Ma'arif)MustafaAbd.Razak.Tahmidlitarikhal-fasafahal-islamiyah,lajnahwaat-thalifwa-attarjamahwanasyir,1959AbudinNata,Dr,Metodologi