INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER

Kode Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl Penyusunan
Pemrograman Perangkat Bergerak CEA40G3 Teknik Komputer Lanjut T=3 P=0 8 26 Maret 2018
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua PRODI



Dwi Edi Setyawan S.T., M.T.







Helmy Widyantara S.T., M.Eng.
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL-PRODI
[P-07] Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang sistem telekomunikasi
khususnya yang mengarah ke pengembangan IoT
CPMK
1. Memberikan pengetahuan tentang teori dan dasar pembuatan aplikasi bergerak beserta arsitektur Android Studio sebagai
tool untuk membuat aplikasi berbasis Android. [P-07]
2. Memberikan keahlian mahasiswa tentang kemampuan merekayasa dan menganalisis proses dan parameter komputasi dalam
aplikasi bergerak berbasis Android. [P-07]
3. Memberikan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan software Android Studio, SQlite, PHP, dan MySQL dengan
aplikasi tidak hanya berbasis client namun juga berbasis server. [P-07]
Diskripsi Singkat MK Mata Kuliah ini mempelajari sejarah dan teknologi aplikasi mobile, overview Android, Persiapan Pemrograman Android,
Konsep Dasar Pemrograman Android yang terdiri dari : User Interface, Activity, Widget, Debugging, Array, Matriks, Akses
File Data, Image, Audio. Target pada Mata Kuliah ini adalah Pembuatan Pemrograman Aplikasi Android yang terdiri dari :
Akses Database Lokal (SQLite), dan Database Server (MySQL) via bahasa Pemrograman PHP dengan studi kasus Pengiriman
data teks dan file baik dari Client ke Server (Upload) maupun Server ke Client (Download) yang ditengahi dengan proses di
server sebelum hasilnya dikirimkan ke client, baik berupa teks maupun file.

2

Bahan Kajian /
Materi
Pembelajaran
1. Overview Teknologi dan Aplikasi Mobile
2. Overview Teknologi Android dan Persiapan Android Programming
3. Program Android Sederhana
4. User Interface & Activity
5. Widget
6. Debugging Intent dan Fragment
7. Intent dan Fragment
8. Akses File dan Direktori Database SQLite
9. Database SQLite Aplikasi Server, My SQL dan PHP
10. Aplikasi Server, My SQL dan PHP
11. Kasus Aplikasi Database dengan PHP
12. Kasus Aplikasi Database Android Yang Akses MySQL dengan PHP
Pustaka Utama :

[1] Nazruddin Safaat, Android : pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc berbasis android.
[2] Arif Akbarul Huda, 24 Jam Pintar Pemrograman Android.
[3] Siregar,Ivan Michael, Membongkar source code berbagai aplikasi android .
[4] Donn Felker, Android Application Development For Dummies

Pendukung :

Dosen Pengampu Dwi Edi Setyawan S.T., M.T.
Matakuliah Syarat Algoritma dan Dasar Pemrograman, Rekayasa Perangkat Lunak
Mg Ke-



Sub-CPMK
(Kemampuan akhir tiap
tahapan belajar)



Indikator Penilaian



Kriteria & Bentuk
Penilaian


Bentuk, Metode
Pembelajaran, dan
Penugasan Mahasiswa
[Media & Sumber belajar]
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]


Bobot
Penilaia
n (%)

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1 Mahasiswa mampu
menjelaskan konsep dasar
desain aplikasi bergerak
Ketepatan dalam
memahami konsep
pemrograman mobile.
Tulisan ( UTS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 1 x (3x50’)]
Nazruddin Safaat,
Android : pemrograman
aplikasi mobile
5 %

3

dan arsitekturnya yang
berbasis Android. (C2,A3)
[BT+BM =
(1 + 1) x (3 x 60)]
smartphone dan tablet
pc berbasis android.

2 Mahasiswa mampu
mendesain Aplikasi
Bergerak dengan Interface
untuk Local and Client-
Server Based Android
Application. (C2, A3)


Ketepatan dalam
merancang user
interface.
Tulisan ( UTS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 1 x (3x50’)]
[BT+BM =
(1 + 1) x (3 x 60)]
Nazruddin Safaat,
Android : pemrograman
aplikasi mobile
smartphone dan tablet
pc berbasis android.
5 %
3 Mahasiswa mengenal dan
memahami widget dan
debuging. (C2, A3)
Ketepatan dalam
pencarian solusi pada
debugging.
Tulisan ( UTS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 1 x (3x50’)]
[BT+BM =
(1 + 1) x (3 x 60)]
Arif Akbarul Huda, 24
Jam Pintar
Pemrograman Android.
5 %
4 Mahasiswa mampu
mengenal dan memahami
intent dan fragment (C2,
A3)

Ketepatan dalam
membedakan intent dan
fragment.
Tulisan ( UTS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 1 x (3x50’)]
[BT+BM =
(1 + 1) x (3 x 60)]
Arif Akbarul Huda, 24
Jam Pintar
Pemrograman Android.
10 %
5 Mahasiswa mampu
mengenal dan memahami
akses file direktory.
(C2, A3)
Ketepatan dalam
menentukan file
direktori.
Tulisan ( UTS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 1 x (3x50’)]
[BT+BM = (1 + 1) x
(3 x 60)]
Siregar,Ivan Michael,
Membongkar source
code berbagai aplikasi
android .
10 %
6,7 Mahasiswa mengenal dan
memahami database
SQLite. (C2, A3)

Ketepatan dalam
memahami database
SQLite.

Tulisan ( UTS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 1 x (3x50’)]
[BT+BM = (2 + 2) x
(3 x 60)]
Siregar,Ivan Michael,
Membongkar source
code berbagai aplikasi
android .
15 %
8 Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester

4

9,10 Mahasiswa mengenal dan
memahami aplikasi
server, My SQL dan PHP.
(C2, A3)
Ketepatan dalam
menunjukan contoh
aplikasi server.
Tulisan ( UAS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 2 x (3x50’)]
[BT+BM = (2 + 2) x
(3 x 60)]
Siregar,Ivan Michael,
Membongkar source
code berbagai aplikasi
android .
15 %
11,12 Mahasiswa mengenal
contoh kasus aplikasi
database dengan My SQL.
(C2, A3)

Ketepatan dalam
menunjukan contoh
kesalahan yang terjadi
pada database.
Tulisan ( UAS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 2 x (3x50’)]
[BT+BM = (2 + 2) x
(3 x 60)]
c) Tugas Mata Kuliah

Donn Felker, Android
Application
Development For
Dummies


15 %
13,14,
15
Mahasiswa mengenal
contoh kasus aplikasi
database dengan My SQL.
Yang diakses menggunakan
PHP (C2, A3).

Ketepatan dalam
menunjukan contoh
kesalahan saat
melakukan akses
database.
Tulisan ( UAS) a) Tatap Muka
b) Discovery Learning
[TM: 3 x (3x50’)]
[BT+BM =
(3 + 3) x (3 x 60)]
Donn Felker, Android
Application
Development For
Dummies

20 %
16 Evaluasi Akhir Semester / Ujian Tengah Semester
Catatan :
1. Capaian PembelajaranLulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap,
penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap
bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan
kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-
indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa
kuantitatif ataupun kualitatif.
6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi
kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

5

Catatan tambahan:
(1). Bobot SKS (P = Praktek; T= Teori).
(2). TM: Tatap Muka; BT: Beban Tugas; BM: Belajar Mandiri.
(3). 1 sks = (50’ TM + 50’ PT + 60’ BM)/Minggu
(4). Simbol-simbol elemen KKNI pada CPL-Prodi: S = Sikap; KU = Ketrampilan Umum; KK = Ketrampilan Khusus; P = Pengetahuan

6



INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
PRODI STUDI TEKNIK KOMPUTER
SILABUS SINGKAT
MATA KULIAH
Nama Pemrograman Perangkat Bergerak
Kode TK40T16
Kredit 3 SKS
Semester 8
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata Kuliah ini mempelajari sejarah dan teknologi aplikasi mobile, overview Android, Persiapan Pemrograman Android, Konsep
Dasar Pemrograman Android yang terdiri dari : User Interface, Activity, Widget, Debugging, Array, Matriks, Akses File Data,
Image, Audio. Target pada Mata Kuliah ini adalah Pembuatan Pemrograman Aplikasi Android yang terdiri dari : Akses Database
Lokal (SQLite), dan Database Server (MySQL) via bahasa Pemrograman PHP dengan studi kasus Pengiriman data teks dan file baik
dari Client ke Server (Upload) maupun Server ke Client (Download) yang ditengahi dengan proses di server sebelum hasilnya
dikirimkan ke client, baik berupa teks maupun file.

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
[SI-09]

[KU-01]



[KU-05]


[KK-01]




Mampu menunjukkan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,
berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan prinsip rekayasa untuk
menyelesaikan masalah rekayasa pada sistem komputer.

7

SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (Sub-CPMK)


1. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar desain aplikasi bergerak dan arsitekturnya yang berbasis
Android.(C2,A3)
2. Mahasiswa mampu mendesain Aplikasi Bergerak dengan Interface untuk Local and Client-Server Based
Android Application.(C2, A3)
3. Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi Bergerak dengan Interface untuk Local and Client-Server
Based Android Application.(C2, A3)
4. Mahasiswa mampu mengenal dan memahami intent dan fragment.(C2, A3)
5. Mahasiswa mampu mengenal dan memahami akses file direktory.(C2, A3)
6. Mahasiswa mengenal dan memahami database SQLite.(C2, A3)
7. Mahasiswa mengenal dan memahami aplikasi server, My SQL dan PHP.(C2, A3)
8. Mahasiswa mengenal contoh kasus aplikasi database dengan My SQL.(C2, A3)
9. Mahasiswa mengenal contoh kasus aplikasi database dengan My SQL yang diakses menggunakan PHP.
(C2, A3)

MATERI PEMBELAJARAN
.....


1. Overview Teknologi dan Aplikasi Mobile
2. Overview Teknologi Android dan Persiapan Android Programming
3. Program Android Sederhana
4. User Interface & Activity
5. Widget
6. Debugging Intent dan Fragment
7. Intent dan Fragment
8. Akses File dan Direktori Database SQLite
9. Database SQLite Aplikasi Server, My SQL dan PHP
10. Aplikasi Server, My SQL dan PHP
11. Kasus Aplikasi Database dengan PHP
12. Kasus Aplikasi Database Android Yang Akses MySQL dengan PHP

PUSTAKA
PUSTAKA UTAMA

8

[1] Nazruddin Safaat, Android : pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc berbasis android.
[2] Arif Akbarul Huda, 24 Jam Pintar Pemrograman Android.
[3] Siregar,Ivan Michael, Membongkar source code berbagai aplikasi android .
[4] Donn Felker, Android Application Development For Dummies

PUSTAKA PENDUKUNG



PRASYARAT (Jika ada)
Algoritma dan Dasar Pemrograman, Rekayasa Perangkat Lunak

9



INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
PRODI STUDI TEKNIK KOMPUTER
RENCANA TUGAS MAHASISWA
MATA KULIAH Pemrograman Perangkat Bergerak
KODE TK40T16 sks 3 SEMESTER 8
DOSEN PENGAMPU Dwi Edi Setyawan S.T., M.T.
BENTUK TUGAS WAKTU PENGERJAAN TUGAS
Tugas Mata Kuliah 5 Minggu
JUDUL TUGAS
Membuat Program Aplikasi Sederhana
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Mahasiswa mampu membuat aplikasi android sederhana. (C6, A3)

DISKRIPSI TUGAS
Mahasiswa mampu membuat membuat aplikasi android sederhana secara berkelompok.
METODE PENGERJAAN TUGAS
1. Membentuk kelompok.
2. Menyusun rencana aplikasi.
3. Proses pembuatan.
4. Demo di kelas

BENTUK DAN FORMAT LUARAN
a. Obyek Garapan: Driver Motor DC
b. Bentuk Luaran: Hardware


INDIKATOR, KRETERIA DAN BOBOT PENILAIAN
Driver motor sudah direncanakan (bobot 20 %)

10

Driver motor sudah dirakit (bobot 30 %)
Driver motor sudah didemokan (bobot 40 %)
Faktor kerapian (bobot 10 %)
JADWAL PELAKSANAAN
Aktivitas:
1. Membentuk kelompok.
2. Menyusun rencana aplikasi.
3. Proses pembuatan.
4. Demo di kelas.
1.

Tanggal:

1. Minggu ke - 11
2. Minggu ke- 12
3. Minggu ke- 13
4. Minggu ke- 14,15



LAIN-LAIN
.....
DAFTAR RUJUKAN
…..

11



INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
PRODI STUDI TEKNIK KOMPUTER
LEMBAR SOAL UJIAN
ETS SEMESTER GASAL Tahun 2017
Mata Kuliah Kode/sks
Hari/Tanggal/jam Kelas
Dosen Pengampu Ruang
Waktu Ujian TTG Dosen Pengampu TTG Prodi
Sifat Ujian
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
1. ......
Soal Bobot(%)
1.1
1.2
1....
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
2. .......
Soal Bobot(%)
2.1 apakah termasuk rumusan masalah deskriptif, komparatif, ataukah asosiatif).
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
3. ........
Soal Bobot(%)
3.1
3...
Selamat mengikuti ujian, dan berusahalah sekuat-kuat nya untuk MELAWAN KEINGINAN BERBUAT CURANG,
ini adalah saat yg tepat berlatih berbuat JUJUR, kalau tidak sekarang kapan lagi !!!,
semoga Anda semua sukses, salam.

12