1



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
(Sejarah Afrika/KKM44222 )









PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2022/2023

2

HALAMAN PENGESAHAN

1. Judul RPS : Sejarah Afrika
2. Pelaksana/Penulis
a. Nama Lengkap & Gelar : Darsono, M.Pd.
b. Jenis Kelamin : Pria
c. Pangkat/Golongan : Lektor/IIIb
d. NIP/NIS : 196711051994121002
e. Program Studir/Fakultas : Pendidikan Sejarah/FKIP
f. Telepon/Faks/E-mail/HP : 081328792059


.



Mengetahui,
Ketua Program Studi

Dr. M. Iqbal Bisyada, M.Pd.
NIS/NIDN
Yogyakarta, 10 Maret 2023

Penyusun





Darsono, M.Pd.
NIS. 196711051994121002





1. Deskripsi RPS Terintegrasi Penelitian dan atau Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

3

dan atau Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
Nama Mata Kuliah (MK) dan Kode MK Sejarah Afrika (KKM44222)
Nama Dosen dan NIDN Darsono (0505116701)
Pembelajaran Terintegrasi dengan Kegiatan Penelitian
a Judul Penelitian

b Tim Peneliti

c Waktu Penelitian
Hasil penelitian dipublikasikan di...

d Hasil penelitian dibelajarkan pada
pertemuan ke-

e Untuk mencapai CPL MK
Pembelajaran Terintegrasi dengan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat
a Judul Pengabdian Masyarakat

b Tim Pengabdi
c Waktu Pengabdian
d Hasil PkM dibelajarkan pada
pertemuan ke-

e Untuk mencapai CPL MK
Sifat RPS ini adalah sebagai berikut :
No Sifat RPS Keterangan

4

1 Interaktif
2 Holistik
3 Integratif
4 Saintifik
5 Kontekstual
6 Tematik
7 efektif
8 Kolaboratif
9 Berpusat Pada Mahasiswa
Pembelajaran Terkonversi MBKM
Bentuk Kegiatan Pembelajaran
MBKM
Lingkari No. BKP yang dibutuhkan.
1 Pertukaran Pelajar 6 KKN Desa
2 KKN Tematik 7 Program Kemanusiaan
3 Magang 8 Asistensi Mengajar
4 KKN Desa 9
5 Study Independen 10

Mata Kuliah ini untuk Mencapai
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Prodi
1. S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap
religius;
2. S3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
3. P2 Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan;
4. P3 Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran sejarah;
5. KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam
konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi
yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang

5

pembelajaran sejarah;
6. KK1 Mampu menyelenggarkan pembelajarn sejarah dengan teknologi informasi
Mitra Tuliskan nama mitra



UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kode Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMEST
ER
Tgl Penyusunan
Sejarah Afrika KKM44222 MPK T=2 P= 2 Maret 2023
OTORISASI / PENGESAHAN Dosen Pengembang RPS Koordinator RMK Ka PRODI




(Darsono)




(Darsono) Dr. Muh. Iqbal Birsyada, M.Pd.
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI
S1
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S3
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

P1 Menguasai konsep-konsep dasar Sejarah, materi sejarah Indonesia, Sejarah kawasan, pembelajaran sejarah, penelitian sejarah, serta
penelitian pendidikan sejarah;
P3
Menguasai konsep teori pengembangan pembelajaran sejarah;
KU 1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
sesuai dengan bidang pembelajaran sejarah;

6


KK 1 Mampu menyelenggarkan pembelajarn sejarah dengan teknologi informasi

CPMK
CPMK Mahasiswa mampu :
1. Memahami kontruksi sejarah Afrika dari jaman pra sejarah sampai kemerdekaan (P1,P3)
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan kurikulumi
melalui kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban
berdasarkan Pancasila secara ilmiah dan melaporkan sert amempublikasikan (S1, S3, KU1, KK1)

Diskripsi Singkat
MK
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan mahasiswa tentang sejarah Afrika dari jaman prasejarah sampai
kemerdekaan , memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam mengembangkan historiografi. Mata kuliah ini difokuskan pada materi yang berkaitan penerapan kurikulum
beserta lingkngannya.

Minggu
Ke-
Sub-CPMK

Indikator
Penilaian
Kriteria &
Bentuk Penilaian
Bentuk Pembelajaran, Metode
Pembelajaran, Penugasan,
[Media & Sumber Belajar] [
Estimasi Waktu]

Materi
Pembelajaran
[Pustaka]
Bobot
Penilaian
(%)
1-3 Mahasiswa mampu
menjelaaskan
kondisi geografi dan
demografi Afrika
Kebenaran dan
ketepatan dalam
menyampakan
informasi berdasar
data
Kreteria:
Kebenaran dalam
menjawab

Bentuk test:essay

Diskusi, Inquiry learning, tugas
kelompok
Tugas Mandiri :
Menganalisis masalah
historiografi Indonesia (5JP/500’)
20
4-6 Mahasiswa mampu
menganalisis state
formation di Afrika
Kebenaran dan
ketepatan dalam
menyampakan
informasi berdasar
data
Kreteria:
Kebenaran dalam
menjawab

Bentuk test:essay

Diskusi, Inquiry learning, tugas
kelompok
Tugas Mandiri :
Menganalisis masalah
hisotriografi Eropa (2JP/200’)
15
7-8 Mahasiswa mampu Kebenaran dan Kreteria: Diskusi, Inquiry learning, tugas 10

7

merekontruksi
peradaban kuno di
Afrika
ketepatan dalam
menyampakan
informasi berdasar
data
Kebenaran dalam
menjawab

Bentuk test:essay

kelompok
Tugas Mandiri :
Menganalisis masalah
historiografi Asia Selatan
(2JP/200’)
9-10 Mahasiswa mampu
menganalisis
scramble for Africa
Kebenaran dan
ketepatan dalam
menyampakan
informasi berdasar
data
Kreteria:
Kebenaran dalam
menjawab

Bentuk test:essay

Diskusi, Inquiry learning, tugas
kelompok
Tugas Mandiri :
Mengananalisis masalah
historiografi China (2JP/200’)
10
11-12 Mahasiswa mampu
menganalisis
aneksasi Afrika
Kebenaran dan
ketepatan dalam
menyampakan
informasi berdasar
data
Kreteria:
Kebenaran dalam
menjawab

Bentuk test:essay

Diskusi, Inquiry learning, tugas
kelompok
Tugas Mandiri :
Menganalisis masalah
historiografi Jepang (1JP/100’)
10
13-15 Mahasiswa mampu
mengevaluasi
penerapan pola
politik kolonial di
Afrika
Kebenaran dan
ketepatan dalam
menyampakan
informasi berdasar
data
Kreteria:
Kebenaran dalam
menjawab

Bentuk test:essay

Diskusi, Inquiry learning, tugas
kelompok
Tugas Mandiri :
Menganalisis masalah
Historiografi Islam (1JP/100’)
10
16 UAS 15

Catatan:
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan
internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui prosespembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus danpengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik
terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliahtersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan
kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliahtersebut.
5. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan

8

indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias.
Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi
kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertaibukti-bukti.

9

RENCANA TUGAS 1


UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
PASCASARJANA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS
RENCANA TUGAS 1
MATA KULIAH Historiografi
KODE KKM44245 sks 2 SEMESTER VI
DOSEN
PENGAMPU
Darsono, M.Pd.
BENTUK TUGAS WAKTU PENGERJAAN TUGAS
Analisis Maslah 1 Minggu
JUDUL TUGAS
Tugas 1
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

Mahasiswa dapat menganalisis perkembangan penulisan sejarah (historiografi) Indonesia
DISKRIPSI TUGAS

Buatlah analisis mengapa bangsa Indonesia perlu membuat historiografi yang bersifat Indonesia sentris
METODE PENGERJAAN TUGAS

Mandiri dan individu


BENTUK DAN FORMAT LUARAN

Bebas

10



INDIKATOR, KRETERIA DAN BOBOT PENILAIAN

Ketajaman analisis/ 15% (skor 1-100)
JADWAL PELAKSANAAN

Pertemuan ke 5


LAIN-LAIN

11

FORMAT PENILAIAN TUGAS 1

KRITERIA 1: KETEPATAN KONSEP
Dimensi Sangat
Memuaskan

Memuaskan

Kurang
Memuaskan

Di bawah
standard

Skor
Ketepatan
dan
ketajaman
analisis

12

13