RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

SEJARAH SOSIAL INDONESIA
SEJ 352




Dosen

Drs. Syafizal, M.Hum.
Yudhi Andoni, S.S, M.A
Drs. Sabar, M.Hum.


FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS ANDALAS
SEMESTER GENAP 2018/2019

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM STUDI SEJARAH
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS ANDALAS
MATA KULIAH KODE RUMPUN MK BOBOT SKS SEMESTER PENYUSUNAN
SEJARAH SOSIAL
INDONESIA
SEJ 352
MATA KULIAH
PRODI SEJARAH
3 12 Januari 2019
OTORISASI
DOSEN PENGEMBANG RPS KOORDINATOR RUMPUN KAPRODI

DRS. SYAFRIZAL, M.HUM.

DRS. SYAFRIZAL,M.HUM.

DR. ANATONA, M.HUM.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
CP PRODI
S Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
P Mampu menganalisis dan melakukan pengembangan nilai kesejarahan Indonesia.
KU1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan innovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora
sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2
Mampu menunjukkan kerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KK Mampu melakukan analisis secara logis terhadap perkembangan sejarah di Indonesia.
CP MK
M1
Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik corak kehidupan sosial di Indonesia pada periode tertentu dari
realitas masa lampau Indonesia sejak dari zaman pra-Islam hingga era kontemporer.
M2
Mahasiswa mampu mempresentasikan corak perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa
lampau mulai dari periode pra-Islam sampai dengan zaman kontemporer.

M3
Mahasiswa mampu menjelaskan dimensi prosessual (kontinuitas) yang melatar-belakangi corak perubahan
dan perkembangan masyarakat Indonesia pada masa lampau mulai dari periode pra-Islam sampai dengan
zaman kontemporer.
DESKRIPSI MATA
KULIAH
Mata kulaih “Sejarah Sosial Indonesia” ini membicarakan perkembangan dan perubahan dalam kehidupan masyarakat
Indonesia pada masa lampau mulai dari peeriode pra-Islam hingga periode kontemporer. Perkembangan dan perubahan
dalam kehidupan masyarakat itu dilihat dari sudut sosial yaitu dengan menggunakan konsep-konsep sosiologi seperti
interaksi sosial, status sosial, mobilitas sosial, dan konflik sosial.

MATA KULIAH
SYARAT
Tidak ada
MATERI / POKOK
BAHASAN
1. Pengantar
2. Hindu dan Kehidupan Sosial di Indonesia
3. Kehidupan Sosial Masa Islam di Indonesia
4. Indonesia Masa Kolonialisme Belanda: Interaksi Sosial dalam Eksploitasi Ekonomi Kolonial, Gerakan Sosial
Menentang Belanda, dan Terbentuknya Elite Sosial Terdidik di Indonesia
5. Revolusi Sosial Pada Awal Kemerdekaan RI
6. Pergolakan Politik 1950-an dan Mobilitas Sosial
7. Tragedi Kemanusiaan Menjelang Orde Baru: Konflik Kaum Merah dan NU di Jawa, dan Pembantaian Massal PKI
8. Konflik Pusat-Daerah Masa Orde Baru: Aceh dan Papua
9. Reformasi dan Konflik Sosial: Insiden Mei 1998, dan fenomena Ambon/Sambas
REFERENSI Ali Nuryasin, et al., Amarah Tasikmalaya: Konflik Di Basis Islam. Jakarta: Institut Studi Arus Informasi, 1988.

Anderson, Benedict R.O’G, “Gagasan Tentang Kekuasaan Dalam Kebudayaan Jawa”, dalam Miriam Budiardjo, ed., Aneka
Pemikiran Tentang Kuasa Dan Wibawa. Jakarta: Sinar Harapan, 1984.

Dobbin, Christine, terj., Kebangkitan Islam Dalam Ekonomi Petani Yang Sedang Berubah: Sumatra Tengah 1784-1847.
Jakarta: INIS, 1992.

Hermawan Sulistiyo, Palu Arit Di Ladang Tebu: Sejarah Pembantaian Massal Yang Terlupakan (1965-1966). Jakarta:

Kepustakaan Populer Gramedia, 2000.

I.Wibowo, ed., Harga Yang Harus Dibayar: Sketsa Pergulatan Etnis Cina Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama & Pusat Studi Cina, 2001.

Jamal Bake, et al., Netralitas Yang Semu: Mengungkap Keberadaan Aparat Keamanan Dalam Berbagai Konflik Etnik Di
Indonesia. Jakarta: Pusat Studi Pengembangan Kawasan, 2000.

Kahin, Audrey R., terj., Pergolakan Daerah Pada Awal Kemerdekaan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1990.

Mochtar Naim, terj., Merantau: Pola Migrasi Suku Minangkabau. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1979.

Niel, Robert Van., terj., Munculnya Elite Moderen Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya, 1984.

Sartono Kartodirdjo, Ratu Adil. Jakarta: Sinar Harapan, 1984.

Sri Mastuti, et al., Menggeliat Dan Bangkit. Jakarta: Pusat Studi Pengembangan Kawasan, 2000.

Uka Tjandrasasmita, Pertumbuhan Dan Perkembangan Kota-Kota Muslim Di Indonesia: Dari Abad XIII Sampai XVIII
Masehi. Kudus: Menara Kudus, 2000.

Wertheim, W.F., terj., Masyarakat Indonesia Dalam Transisi: Studi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1999.

Young, Kenneth R., “Pengaruh-Pengaruh Lokal Dan Nasional Dalam Aksi Kekerasan Tahun 1965”, dalam Robert Cribb,
ed., terj., Pembantaian PKI Di Jawa Dan Bali 1965-1966. Yogyakarta: Mata Bangsa, 2003.

Zainuddin Fananie, Perlawanan Rakyat Terhadap Hegemoni Kekuasaan: Dari Putihisasi Sampai Reformasi Kekuasaan.
Surakarta: Muhammadiyah University Press, 1999.

MEDIA
PEMBELAJARAN
Papan dan Slide
TUGAS  Membuat Makalah individual
PENILAIAN ASPEK BOBOT

UTS 20
UAS 20
KUIS 20
PRESENTASI 15
AKTIVITAS DI KELAS 20
KEHADIRAN PERKULIAHAN 5
TIM Drs. Syafrizal, M.Hum.
Yudhi Andoni, S.S., M.A
Drs. Sabar, M. Hum
RENCANA PELAKSANAAN PERKULIAHAN
MATA KULIAH Sejarah Indonesia Kontemporer
KODE SEJ 309 SKS 3 SEMESTER
TIM Drs. Syafrizal, M.Hum.
Yudhi Andoni, S.S.,M.A.
Drs. Sabar, M. Hum
MINGGU
KE-
KEMAMPUAN
AKHIR YANG
DIHARAPKAN
MATERI AJAR
METODE DAN
ALOKASI WAKTU
MAHASISWA
KRITERIA
PENILAIAN
BOBOT
PENILAIAN
(%)
1
Mahasiswamampu
menjelaskan ruang
lingkup perkuliahan
dan konsep sejarah
sosial
Pengantar
Perkuliahan: konsep
sejarah sosial

Pemberian materi
tentang pengertian
dan ruang lingkup,
serta konsep sejarah
sosial
Topik diskusi:
mahasiswa
menentukan tema
yang akan ditulis
menjadi makalah
Pemahaman
tentang tema
yang dipilih


5
2
Mahasiswa mampu
menjelaskan kondisi
Indonesia pada masa
pendudukan Jepang
Kehidupan sosial
masa Hindu di
Indonesia (Jawa)
- Pemberian
materi tentang
kehidupan sosial
masa Hindu di
Indonesia
- Penyajian tugas
Topik diskusi:
hubungan sosial
priyayi dan wong
cilik di Jawa
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi


5

mahasiswa
3
Mahasiswa mampu
menjelaskan proses
terbentuknya komunitas
muslim di Indonesia
Islam dan masyarakat
Indonesia: terbentuknya
komunitas muslim
 Diskusi kelas dan
diskusi kelompok
 Pemberian materi
tentang kehidupan
sosial dalam
komunitas muslim
Topik diskusi:
status sosial dalam
komunitas muslim
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi


10
4
Mahasiswa mampu
menjelaskan bentuk
sinkretisme Islam dan
Gerakan Paderi di
Sumatera Barat
Lanjutan: fenomena
sinkretisme dalam
kehidupan sosial di
Jawa, dan Gerakan
Paderi di Sumatera
Barat
 Diskusi kelas dan
diskusi kelompok
 Pemberian materi
tentang sinkretisme
Islam, dan Gerakan
Paderi di Sumatera
Barat
Topik diskusi:
kiprah ulama dalam
Gerakan Paderi di
Sumatera Barat
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi



10
5
Mahasiswa mampu
menjelaskan bentuk
interaksi sosial dalam
Sistem Tanam Paksa
dan Ekonomi Liberal
Indonesia masa
kolonialisme Belanda:
bentuk interaksi sosial
masa Sistem Tanam
Paksa dan Ekonomi
Liberal
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang bentuk
interaksi sosial
dalam Sistem Tanam
Paksa dan Ekonomi
Liberal
Topik diskusi:
hubungan buruh
dan tuan kebun di
Sumatera Utara
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi



5
6
Mahasiswa mampu
menjelaskan corak
gerakan sosial
menentang
kolonialisme Belanda
Lanjutan: gerakan sosial
menentang kolonialisme
Belanda
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang corak
gerakan sosial
menentang
kolonialisme
Belanda
Topik diskusi:
gerakan sosial
menentang
kolonialisme
Belanda
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi


10
7
Mahasiswa mampu
menjelaskan hubungan
Pendidikan kolonial
dengan munculnya elite
 Diskusi kelas
Topik diskusi:
hubungan
Kelengkapan
tugas dan

pendidikan kolonial
dengan munculnya elite
sosial modern di
Indonesia pada awal
abad ke-20
sosial modern di
Indonesia pada awal
abad ke-20
 Pemberian materi
tentang hubungan
pendidikan kolonial
dengan munculnya
elite sosial modern di
Indonesia pada awal
abad ke-20
pendidikan
kolonial dengan
munculnya elite
sosial modern di
Indonesia pada
awal abad ke-20
kemampuan
presentasi
10
8 UTS TES
9
Mahasiswa mampu
menjelaskan corak
revolusi sosial di
Indonesia pada awal
kemerdekaan
Revolusi sosial di
Indonesia pada awal
kemerdekaan
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang corak
revolusi sosial di
Indonesia pada awal
kemerdekaan
Topik diskusi:
revolusi sosial di
Aceh
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi


5
10
Mahasiswa mampu
menjelaskan tentang
pergolakan politik
tahun 1950-an dan
terjadinya mobilitas
sosial
Pergolakan politik
tahun 1950-an dan
terjadinya mobilitas
sosial
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang pergolakan
politik tahun 1950-an
dan terjadinya
mobilitas sosial
Topik diskusi:
PRRI dan
merantaunya orang
Minangkabau
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi


5
11
Mahasiswa mampu
menjelaskan tragedi
kemanusiaan menjelang
Orde Baru: Konflik
Kaum Merah dan NU
di Jawa
Tragedi kemanusiaan
menjelang Orde Baru:
Konflik Kaum Merah
dan NU di Jawa
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang tragedi
kemanusiaan
menjelang Orde
Baru: Konflik Kaum
Merah dan NU di
Jawa
Topik diskusi:
konflik PKI dan
NU di Jawa
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi


5
12
Mahasiswa mampu
menjelaskan tentang
Lanjutan: pembantaian
massal PKI di Jawa
 Diskusi kelas Topik diskusi:
Kelengkapan
tugas dan

pembantaian massal
PKI di Jawa
 Pemberian materi
tentang pembantaian
massal PKI di Jawa
pembantaian
massal PKI di Jawa
kemampuan
presentasi


10

13

Mahasiswa mampu
menjelaskan tentang
konflik daerah dan
pusat pada masa Orde
Baru: pengalaman
Aceh dan Papua
Konflik daerah dan
pusat pada masa Orde
Baru: pengalaman Aceh
dan Papua
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang konflik
daerah dan pusat
pada masa Orde
Baru: pengalaman
Aceh dan Papua
Topik diskusi:
masyarakat Aceh di
bawah Orde Baru
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi



5
14
Mahasiswa mampu
menjelaskan tentang
insiden Mei 1998
Reformasi: insiden Mei
1998
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang suasana
sosial pada awal
reformasi dengan
kasus insiden Mei
1998
Topik diskusi:
insiden Mei 1998
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi



10
15
Mahasiswa mampu
menjelaskan corak
konflik sosial di
Ambon dan Kalimantan
Barat
Lanjutan: konflik sosial
di Ambon dan
Kalimantan Barat
 Diskusi kelas
 Pemberian materi
tentang konflik sosial
di Ambon dan
Kalimantan Barat
Topik diskusi:
konflik sosial di
Ambon dan
Kalimantan Barat
Kelengkapan
tugas dan
kemampuan
presentasi



5
16 UAS TES

PROGRAM STUDI SEJARAH
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS ANDALAS
RENCANA TUGAS MAHASISWA 1
MATA KULIAH SEJARAH SOSIAL INDONESIA
KODE SEJ 352 SKS 3 SEMESTER
TIM Drs. Syafrizal, M.Hum.
Yudhi Andoni, S.S., M.A.
Drs. Sabar, M. Hum
BENTUK TUGAS Makalah
JUDUL TUGAS Membuat Makalah tentang Sejarah Sosial Indonesia
SUB CAPAIAN
PEMBELAJARAN
MK
Mahasiswa mampu membuat makalah

DESKRIPSI Buatlah sebuah makalah tentang sejarah Sosial Indonesia
METODE
PENGERJAAN
1. Penentuan material
2. Pembacaan
3. Penyusunan
FORMAT
LUARAN
Makalah
KRITERIA
PENILAIAN
Pemilihan dan penguasaan objek 25 %
Penentuan dan kesesuaian teori 25 %
Ketajaman 30 %
Bahan bacaan dan referensi 20 %
WAKTU
PELAKSANAAN
Dari pertemuan ke-2 hingga ke-15
CATATAN Mencari literatur di luar referensi sangat dihargai
RUJUKAN Literatur perkuliahan