PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL
UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN
KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

SKRIPSI

diajukan untuk memenuhi sebagian syarat dalam memperoleh gelar Sarjana
Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika






oleh

Jihan Miftahul Azmi
NIM 1705137





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN
ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG
2022

Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL
UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN
KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI


SKRIPSI


Oleh
Jihan Miftahul Azmi



Sebuah skripsi yang diajukan untuk memenuhi sebagian syarat memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam



© Jihan Miftahul Azmi 2022
Universitas Pendidikan Indonesia
Januari 2022




Hak Cipta dilindungi undang-undang.
Skripsi ini tidak boleh diperbanyak seluruhnya atau sebagian,
dengan dicetak ulang, difotokopi, atau cara lainnya tanpa izin dari penulis.

Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

i
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
PERNYATAAN ORISINALITAS

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi dengan judul "Pembelajaran STEM
Berbantuan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan
Kreativitas Siswa pada Materi Usaha dan Energi" ini beserta seluruh isinya adalah
benar-benar karya saya sendiri. Saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan
dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika ilmu yang berlaku dalam
masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini, saya siap menanggung risiko/sanksi
apabila di kemudian hari ditemukan adanya pelanggaran etika keilmuan atau ada
klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.

Bandung, Januari 2022
Yang Membuat Pernyataan



Jihan Miftahul Azmi
NIM. 1705137

ii
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
KATA PENGANTAR

Segala puji hanya milik Allah SWT, yang telah memberikan kepada penulis
berupa rahmat, karunia, kesempatan, dan kekuasaan untuk menyelesaikan skripsi
yang berjudul “Pembelajaran STEM Berbantuan Laboratorium Virtual untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kreativitas Siswa pada Materi Usaha dan
Energi”. Sholawat selalu tercurah kepada Rasulullah Muhammad saw. juga kepada
keluarga dan para sahabatnya. Semoga kita bisa mendapatkan syafaat darinya atas
izin Allah SWT.
Skripsi ini diajukan untuk memenuhi sebagian syarat dalam memperoleh gelar
Sarjana Pendidikan (S.Pd.) pada Program Studi Pendidikan Fisika Universitas
Pendidikan Indonesia.
Penulis mengakui banyak sekali kekurangan dan kesalahan selama penyusunan
skripsi, serta mengakui pada skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena
itu, penulis memohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan penulis, serta
penulis mengharapkan kritik dan saran agar penulis dapat berkembang menjadi
lebih baik lagi. Terima kasih dan semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi banyak
pihak. Aamiin.

Bandung, Januari 2022
Penulis,



Jihan Miftahul Azmi
NIM. 1705137

iii
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
UCAPAN TERIMA KASIH

Selama penyusunan skripsi ini, penulis tidak bekerja sendiri, melainkan banyak
sekali mendapatkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak baik bersifat moral
maupun materiil. Oleh karena itu, penulis bermaksud untuk mengucapkan terima
kasih kepada pihak-pihak di bawah atas segala bantuan dan dukungannya.
1. Allah SWT atas segala rahmat, kasih sayang, dan cinta-Nya, sehingga penulis
selalu diberikan kesehatan dan ketegaran dalam menghadapi berbagai
rintangan kehidupan dan menyelesaikan skripsi ini.
2. Ayah Sutoyo dan Ibu Farid Diana, S.Pd., selaku orang tua terhebat yang penulis
cintai dan banggakan yang dengan penuh kesabaran dan keikhlasannya tanpa
lelah dan tiada hentinya selalu memberikan doa, kasih sayang, cinta, dukungan,
semangat, motivasi, dan nasihat kepada penulis di segala kondisi.
3. Zahra Mufidah, selaku adik tercinta yang selalu memberikan doa, dukungan,
dan bantuan kepada penulis di segala kondisi.
4. Ibu Dr. Ida Kaniawati, M.Si., selaku dosen Pembimbing I sekaligus dosen
Pembimbing Akademik (PA) dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dalam
membantu, membimbing, mengarahkan, memotivasi, serta memberikan saran
dan nasihat kepada penulis selama perkuliahan dan penyusunan skripsi ini.
5. Ibu Irma Rahma Suwarma, S.Si., M.Pd., Ph.D., selaku dosen Pembimbing II
dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dalam membantu, membimbing,
mengarahkan, memotivasi, serta memberikan saran dan nasihat kepada penulis
selama penyusunan skripsi ini.
6. Bapak Dr. Unang Purwana, M.Pd., Bapak Drs. Dedi Sasmita, M.Si., dan Ibu
Dra. Hera Novia, M.T., selaku validator ahli yang telah membantu dalam
memberikan saran dan melakukan validasi terhadap salah satu instrumen
penelitian penulis.
7. Seluruh dosen dan staf Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI atas ilmu,
pelayanan, dan bimbingan yang telah diberikan kepada penulis selama
perkuliahan.
8. Ibu Firdha Kustini, S.Pd. dan Ibu Hj. Yusnim, S.Pd., selaku guru di salah satu
SMA Negeri kota Bandung yang selalu memberikan doa, bantuan, dukungan,

iv
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
dan bimbingan kepada penulis selama melakukan kegiatan PPLSP UPI dan
penelitian di sekolah tersebut.
9. Putri Ramadhanti Aisyah Fitri, Nur Zia Ilfani, Syahni Salsabila, Dafa Auda
Fasha, Faizal Aripin, Arlingga Yusuf Fadilla, Maurizka Chairunnissa, Vira
Dienul Islamiyyah, Frilda Alfi Fadilla, Ani Bondowati, Dewi Ratna Aprianti,
Maulina Nurriska Setiawati, Novia Wulandari, Diah Ayu Ratna Wulan,
Silvanti Fitria Anggraeni, Tiara Riyadi Eka Putri, Tia Kuraesin, Rana Mulyana,
Muhamad Nur Dandy, Muhammad Alimahdi, Athif Naufal Mufid, dan Adi
Perwira, selaku sahabat tercinta yang selalu memberikan warna, dukungan,
bantuan, energi positif, dan pembelajaran hidup semasa perkuliahan dan
penyusunan skripsi ini, serta selalu menjadi tempat berkeluh kesah penulis.
10. Wadidaw 17, selaku rekan-rekan seperjuangan Pendidikan Fisika Angkatan
2017 tercinta yang selalu membersamai serta memberikan semangat dan
pembelajaran hidup yang berharga dari awal hingga akhir perkuliahan ini.
11. Penguin (Pengurus Inti) HMF Periode 2019 dan elemen HMF FPMIPA UPI
lainnya yang telah memberikan penulis banyak pengalaman dan pembelajaran
dalam berorganisasi semasa perkuliahan.
12. Seluruh pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah
membantu dan memberikan semangat baik secara langsung maupun tidak
langsung selama penulis menyelesaikan perkuliahan dan skripsi ini.
Akhir kata, terima kasih dan semoga Allah SWT membalas atas semua
kebaikan yang telah diberikan kepada penulis, Aamiin.

Bandung, Januari 2022
Penulis,



Jihan Miftahul Azmi
NIM. 1705137

v
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL
UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN
KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

JIHAN MIFTAHUL AZMI
1705137
Pembimbing 1 : Dr. Ida Kaniawati, M.Si.
Pembimbing 2 : Irma Rahma Suwarma, S.Si., M.Pd., Ph.D.

ABSTRAK

Penelitian yang dilakukan dengan sampel 30 siswa kelas X pada salah satu SMA
Negeri di kota Bandung ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep
siswa, menganalisis profil kreativitas siswa, dan mengidentifikasi tanggapan siswa
terhadap pembelajaran STEM berbantuan laboratorium virtual pada materi usaha dan
energi. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Methods dengan desain penelitian
Sequential Explanatory. Penguasaan konsep siswa diukur menggunakan instrumen tes
(awal dan akhir) penguasaan konsep yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 butir soal.
Peningkatan penguasaan konsep pada materi usaha dan energi saat diterapkan
pembelajaran STEM berbantuan laboratorium virtual menunjukkan hasil dalam kategori
sedang dengan nilai N-gain Score sebesar 0,597 atau dalam persentase (nilai N-gain
Persen) sebesar 59,7%. Kreativitas siswa diukur berdasarkan proses kreativitas dan produk
kreativitas. Profil kreativitas siswa saat diterapkan pembelajaran STEM berbantuan
laboratorium virtual pada materi usaha dan energi adalah kreatif (3,15 atau 78,75%) dengan
skor 3,20 untuk aspek fluency; 3,10 untuk aspek flexibility; 3,00 untuk aspek originality;
dan 3,30 untuk aspek elaboration. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan
pembelajaran STEM berbantuan laboratorium virtual pada materi usaha dan energi dapat
meningkatkan penguasaan konsep siswa, dan profil kreativitas siswa adalah kreatif.

Kata kunci: Pembelajaran, Pendekatan STEM, Laboratorium Virtual, Penguasaan Konsep,
Kreativitas

vi
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
STEM LEARNING ASSISTED BY VIRTUAL LABORATORY TO
IMPROVE STUDENTS’ CONCEPT MASTER Y AND CREATIVITY ON
WORK AND ENERGY MATERIALS

JIHAN MIFTAHUL AZMI
1705137
Advisor 1 : Dr. Ida Kaniawati, M.Si.
Advisor 2 : Irma Rahma Suwarma, S.Si., M.Pd., Ph.D.

ABSTRACT

The research, conducted with a sample of thirty tenth-grade students at one of the
public high schools in Bandung, aims to analyze the improvement of students' concept
mastery, analyze the profile of students' creativity, and identify students' responses to
STEM learning assisted by the virtual laboratory on work and energy materials. This
research uses Mixed Methods with Sequential Explanatory research design. Students'
concept mastery is measured using a test instrument (beginning and end) in multiple
choices totaling ten questions. When applied to STEM learning assisted by a virtual
laboratory, the increased concept mastery in work and energy showed results in the medium
category with an N-gain score of 0,597 or a percentage (N-gain Percentage value) of 59,7%.
Students’ creativity is measured based on the creative process and creative products. The
profile of students’ creativity when applied STEM learning assisted by the virtual
laboratory on work and energy materials is creative (3,15 or 78,75%) with a score of 3,20
for the fluency aspect; 3,10 for the flexibility aspect; 3,00 for the originality aspect; and
3,30 for the elaboration aspect. This research concludes that STEM learning assisted by a
virtual laboratory on work and energy materials can increase students' concept mastery,
and the profile of students' creativity is creative.

Keywords: Learning, STEM Approach, Virtual Laboratory, Concept Mastery, Creativity

vii
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
DAFTAR ISI

PERNYATAAN ORISINALITAS .......................................................................... i
KATA PENGANTAR ............................................................................................ ii
UCAPAN TERIMA KASIH ................................................................................. iii
ABSTRAK .............................................................................................................. v
ABSTRACT .......................................................................................................... vi
DAFTAR ISI ........................................................................................................ vii
DAFTAR TABEL .................................................................................................. ix
DAFTAR GAMBAR .............................................................................................. x
DAFTAR LAMPIRAN .......................................................................................... xi
BAB I : PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang Penelitian ........................................................................ 1
1.2 Rumusan Masalah Penelitian ................................................................... 3
1.3 Tujuan Penelitian ..................................................................................... 3
1.4 Manfaat/Signifikansi Penelitian ............................................................... 4
1.4.1 Manfaat/Signifikansi Teoritis ........................................................... 4
1.4.2 Manfaat/Signifikansi Praktis ............................................................ 4
1.5 Definisi Operasional ................................................................................ 5
1.5.1 Pembelajaran STEM Berbantuan Laboratorium Virtual .................. 5
1.5.2 Penguasaan Konsep .......................................................................... 5
1.5.3 Kreativitas ........................................................................................ 5
1.6 Struktur Organisasi Skripsi ...................................................................... 6
BAB II : KAJIAN PUSTAKA ................................................................................ 8
2.1 Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and
Mathematics) ........................................................................................... 8
2.2 Laboratorium Virtual ............................................................................. 14
2.3 Penguasaan Konsep ............................................................................... 15
2.4 Kreativitas .............................................................................................. 17
2.5 Pembelajaran STEM Berbantuan Laboratorium Virtual ........................ 19
BAB III : METODE PENELITIAN ...................................................................... 24
3.1 Metode dan Desain Penelitian ................................................................ 24
3.2 Populasi dan Sampel .............................................................................. 24

viii
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
3.3 Partisipan ............................................................................................... 25
3.4 Instrumen Penelitian .............................................................................. 25
3.4.1 Tes Penguasaan Konsep ................................................................. 25
3.4.2 Lembar Penilaian Kreativitas ......................................................... 36
3.4.3 Wawancara Terstruktur .................................................................. 36
3.4.4 Observasi Pembelajaran ................................................................. 37
3.5 Prosedur Penelitian ................................................................................ 38
3.6 Teknik Analisis Data .............................................................................. 40
BAB IV : TEMUAN DAN PEMBAHASAN ...................................................... 44
4.1 Penguasaan Konsep Siswa ..................................................................... 44
4.1.1 Temuan Penelitian .......................................................................... 44
4.1.2 Pembahasan .................................................................................... 45
4.2 Profil Kreativitas Siswa ......................................................................... 48
4.2.1 Temuan Penelitian .......................................................................... 48
4.2.2 Pembahasan .................................................................................... 50
4.3 Tanggapan Siswa terhadap Pembelajaran STEM Berbantuan
Laboratorium Virtual ............................................................................. 56
4.3.1 Temuan Penelitian .......................................................................... 56
4.3.2 Pembahasan .................................................................................... 58
BAB V : SIMPULAN, IMPLIKASI, DAN REKOMENDASI ............................. 63
5.1 Simpulan ................................................................................................ 63
5.2 Implikasi ................................................................................................ 64
5.3 Rekomendasi ......................................................................................... 64
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................... 66

ix
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Kaitan antara Pembelajaran STEM Berbantuan Laboratorium Virtual
dengan Indikator Kemampuan yang akan Diteliti (Penguasaan Konsep dan
Kreativitas Siswa) ................................................................................................. 20
Tabel 3.1 Materi Pokok, Sub Materi Pokok, Indikator, Jumlah Soal dan Jenjang
Kognitif Tes Penguasaan Konsep .......................................................................... 26
Tabel 3.2 Hasil Rekapitulasi Validasi Tes Penguasaan Konsep ............................ 27
Tabel 3.3 Kriteria Interpretasi Validitas Instrumen ............................................... 31
Tabel 3.4 Hasil Perhitungan Nilai Validitas tiap Butir Soal .................................. 31
Tabel 3.5 Kriteria Interpretasi Reliabilitas Instrumen ........................................... 32
Tabel 3.6 Hasil Nilai Reliabilitas pada Instrumen Tes .......................................... 33
Tabel 3.7 Kriteria Interpretasi Daya Pembeda Instrumen ...................................... 34
Tabel 3.8 Hasil Nilai Daya Pembeda pada Instrumen Tes .................................... 34
Tabel 3.9 Kriteria Interpretasi Indeks Kesukaran Instrumen ................................. 35
Tabel 3.10 Hasil Nilai Indeks Kesukaran pada Instrumen Tes .............................. 35
Tabel 3.11 Kriteria Interpretasi Nilai N-gain Score ............................................... 41
Tabel 3.12 Kriteria Interpretasi Profil Kreativitas ................................................. 42
Tabel 4.1 Hasil Rekapitulasi Skor Rata-rata dan Nilai N-gain Penguasaan Konsep
Siswa ..................................................................................................................... 45
Tabel 4.2 Nilai N-gain pada tiap Aspek Kognitif Penguasaan Konsep ................. 46
Tabel 4.3 Hasil Rekapitulasi Skor Kreativitas ....................................................... 49
Tabel 4.4 Hasil Rekapitulasi Skor dan Persentase Profil Kreativitas .................... 50
Tabel 4.5 Rekapitulasi dan Interpretasi Profil Kreativitas berdasarkan Kelompok
Siswa ..................................................................................................................... 55
Tabel 4.6 Rekapitulasi Data Hasil Wawancara Terstruktur ................................... 56

x
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1 Skema Desain Sequential Explanatory .............................................. 24
Gambar 3.2 Skema Prosedur Penelitian ................................................................ 40
Gambar 4.1 Contoh Hasil Sketsa Rancangan Alat oleh Beberapa Kelompok Siswa
............................................................................................................................... 52
Gambar 4.2 Contoh Hasil Produk (Prototipe PLTA Sederhana) Kreativitas oleh
Beberapa Kelompok Siswa ................................................................................... 55
Gambar 4.3 Hasil Percakapan Beberapa Siswa pada Bagian Peningkatan
Penguasaan Konsep .............................................................................................. 60
Gambar 4.4 Hasil Percakapan Beberapa Siswa pada Bagian Menjadi Lebih Kreatif
............................................................................................................................... 61

xi
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Studi Pendahuluan ............................................................................ 70
Lampiran 2. Surat Pengantar Penelitian – Departemen ......................................... 73
Lampiran 3. Surat Permohonan Izin Penelitian – Fakultas .................................... 74
Lampiran 4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ....................................... 75
Lampiran 5. Lembar Kerja Siswa (LKS) ............................................................... 82
Lampiran 6. Lembar Validasi Ahli Tes Penguasaan Konsep ................................ 92
Lampiran 7. Hasil Validasi Ahli Tes Penguasaan Konsep ................................... 108
Lampiran 8. Kisi-kisi dan Soal Tes Penguasaan Konsep (Sebelum Validasi Ahli)
............................................................................................................................. 154
Lampiran 9. Kisi-kisi dan Soal Tes Penguasaan Konsep (Setelah Validasi dan Uji
Coba) ................................................................................................................... 164
Lampiran 10. Instrumen Penilaian Tes Penguasaan Konsep ............................... 174
Lampiran 11. Rekapitulasi Hasil Uji Coba Tes Penguasaan Konsep ................... 175
Lampiran 12. Rekapitulasi Hasil Penskoran Tes Penguasaan Konsep Siswa ...... 178
Lampiran 13. Instrumen Penilaian Kreativitas .................................................... 180
Lampiran 14. Rekapitulasi Hasil Penskoran Kreativitas Siswa ........................... 186
Lampiran 15. Wawancara Terstruktur (Akhir) – Pedoman dan Rekapitulasi Hasil
............................................................................................................................. 187
Lampiran 16. Pedoman Observasi Pembelajaran ................................................ 191
Lampiran 17. Hasil Observasi Pembelajaran ....................................................... 194

66
Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
DAFTAR PUSTAKA

Abdi, M. U., Mustafa, M., & Pada*, A. U. T. (2021). Penerapan Pendekatan STEM
Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika
Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 209–218.
https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21774
Afriana, dkk. (2016). Project Based Learning Integrated to STEM to Enhance
Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia, V (2): 261- 267.
Asmuniv, A. (2015). Pendekatan terpadu pendidikan STEM dalam upaya
mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang Memiliki pengetahuan
interdisipliner untuk menyosong kebutuhan bidang karir pekerjaan
masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). PPPPTK Boe Malang, 1-10.
Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL)
Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas
Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93.
https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915
Başer, M., & Durmuş, S. (2010). The Effectiveness of Computer Supported Versus
Real Laboratory Inquiry Learning Environments on the Understanding of
Direct Current Electricity among Pre-Service Elementary School Teachers.
Eurasia Journal of Mathematics, 6(1), 47–61.
Capraro, dkk. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science,
Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach (second ed).
Rotterdam: Sense Publishers.
Chen, M. (2001). A potential limitation of embedded-teaching for formal learning.
InJ.
English, L. D., & King, D. T. (2015). STEM learning through engineering design:
fourth-grade students’ investigations in aerospace. International Journal of
STEM Education, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40594-015-0027-7
Fatimah, L. U. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi
Distraktor.
Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1974). Principles of instructional design. Holt,
Rinehart & Winston.

67


Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., dan Sutrio. (2015). Penggunaan Multimedia
Interaktif Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep
Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA. Vol.IX Nomor 1 : 15-19.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi BLOOM – Revisi Ranah Kognitif:
Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian.
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02).
https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Gustiani, I. (2016). Learning Science through Science, Technology, Engineering,
And Mathematics (STEM) Based Instructional Material: Its Effectiveness in
Improving Student’s Conceptual Understanding and Its Effect Towards
Engineering Design Behaviors and Teamwork Skills (Doctoral dissertation,
Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung).
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-
thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics
courses. American Journal of Physics , 66(1), 64–74.
https://doi.org/10.1119/1.18809
Harjono, A., & Sahidu, H. (2015). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam
Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa.
Herga, N. R., Cagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual laboratory in the role of
dynamic visualisation for better understanding of chemistry in primary school.
Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3),
593–608. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1224a
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh penggunaan
laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir
kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika
dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Jauhariyyah, F. R. A., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2017). Science, Technology,
Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada
Pembelajaran Sains. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).
Khaerunnisak, K. (2018). Peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar
siswa melalui simulasi physic education technology (PhET). Jurnal Penelitian
Pendidikan IPA, 4(2).

68


Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
Laboy-Rush, D. (2010). Integrated STEM education through project-based
learning. (Online), (www.learning.com/stem/whitepaper/integrated-STEM-
throughProject-based-Learning), diakses pada 10 Maret 2017.
Larkin, T. L. (2015, September). Creativity in STEM Education: Reshaping the
Creative Project. In 2015 Internasional Conference on Interactive
Collaborative Learning (IC) (pp. 1184–1189). IEEE
Muid, A., Alfi, A., Buku, R., Evaluasi, A., Teknologi, P., Adlia, I., & Riani, A.
(2012). Evaluasi Pembelajaran (Z. Arifin, Ed.). www.diktis.kemenag.go.id
Mulhayatiah, D., Si, S., & Pd, M. (2020). Implementasi PjBL-STEM dalam
Pembelajaran Daring Content List.
Munandar, Utami. (1988). Laporan Penelitian Standarisasi Tes Kreativitas Figural.
Jakarta: Universitas Indonesia.
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen.
Nugroho, S. (2012). Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing
Menggunakan Laboratorium Riil Dan Virtuil Ditinjau dari Kemampuan
Memori Dan Gaya Belajar Siswa. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan
Fisika. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains.
Seminar Nasional Pendidikan Sains: “Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian dan Pengembangan dalam
Menghadapi Tantangan Abad 21”. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas
Maret.
Prakoso, A. S. (2016). Profil Kreativitas dan Peningkatan Penguasaan Konsep
Siswa SMP pada Materi Energi dalam Pembelajaran IPA berbasis STEM.
Prince, M. (2004). Does active learning work? A review of the research. In Journal
of Engineering Education (Vol. 93, Issue 3, pp. 223–231). Wiley-Blackwell
Publishing Ltd. https://doi.org/10.1002/j.2168-9830.2004.tb00809.x
Rais, M., & Ardhana, W. (2014). Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan
Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori
Perancangan Mesin.
Rustaman, N.Y. 2005. Strategi belajar mengajar biologi. Malang: Universitas
Negeri Malang.

69


Jihan Miftahul Azmi, 2022
PEMBELAJARAN STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN
PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
Santofani, A., & Rosana, D. (2016). Pengembangan tes kreativitas pada
pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri pada materi teori kinetik gas.
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA , 2(2), 134.
https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6373
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan
Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan
Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Fisika Al -Biruni, 5(1), 53–60.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA, cv
Tipani, A., Toto, & Yulisma, L. (2019). Implementasi Model PiBL Berbasis STEM
untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Analitis
Siswa. Jurnal Bio Education, 4, 70–76.
Toto, (2019). STEM-Based Science Design in the 2013 Curriculum. Jurnal of
Physics. IOP Conf. Series: 1233. 012094. DOI: 10.1088/1742-
65961233/1/012094.
Turrahmah, M., Susilawati, S., & Makhrus, M. (2019). Pengaruh Model Discovery
Learning Berbantuan Alat Praktikum Usaha Dan Energi Terhadap Penguasaan
Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 118.
https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1329
Winarni, J. Zubaidah, S. dan Koes, H. S. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan
Bagaimana. Prosiding Seminar Pendidikan IPA. Malang: Pascasarjana-
Universitas Malang Vol. 1. P. 976-984.