PEDOMAN
OLIMPIADE NASIONAL MATEMATIKA DAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM –
PERGURUAN TINGGI
2024
BALAI PENGEMBANGAN TALENTA INDONESIA
PUSAT PRESTASI NASIONAL
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,
RISET, DAN TEKNOLOGI

Diterbitkan oleh:
Balai Pengembangan Talenta Indonesi, Pusat Prestasi Nasional
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Tim Pengarah:
Asep Sukmayadi
Sugeng Riyadi
Setiawan Witaradya
Tim Penyusun:
Miftahudin
M. Syamsu Rosid
Purwantiningsih
Siti Fatimah
Penyunting Bahasa:
Angger Pramono
Yusuf Budi Sartono
Badan Bahasa
Desain Sampul:
Tri Istiwahyuningsih
Tata Letak:
Deri Luthfi
©2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Hak cipta dilindungi Undang-Undang.
All rights reserved.

i
KATA PENGANTAR
Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) setiap tahun
menyelenggarakan berbagai kegiatan ajang talenta untuk mengembangkan
talenta dan prestasi mahasiswa di berbagai minat dan ketalentaan, diantaranya
dalam rumpun sains, riset, dan teknologi melalui ajang Olimpiade Nasional
bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ONMIPA -PT).
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat harus
menjadi peluang sekaligus tantangan untuk mahasiswa mengembangkan
keilmuannya secara utuh. Melalui ajang ONMIPA- PT, diharapkan dapat
ditumbuhkan kecintaan pada Matematika dan IPA sekaligus dapat ditemukan
talenta-talenta terbaik di bidang ini untuk dikurasi menjadi calon -calon
pemimpin bangsa masa depan. Dengan semangat Merdeka Belajar dan Merdeka
Berprestasi, ajang ONMIPA -PT juga diharapkan dapat ikut mendorong kualitas
pembelajaran dan prestasi perguruan tinggi secara sehat.
Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan ajang ONMIPA- PT tahun 2024,
maka disusunlah norma, prosedur, dan kriteria ajang ONMIPA- PT. Oleh karena itu
melalui pedoman ini seluruh rangkaian dan tahapan ajang ONMIPA -PT dapat
diikuti dengan seksama oleh para mahasiswa. Demikian juga dapat menjadi pedoman bagi kampus, dosen, pembina dan para pemangku lainnya untuk bersama mendukung para mahasiswa Indonesia untuk terus berprestasi. Semoga dengan pedoman ini, penyelenggaraan ajang O NMIPA-PT di tingkat
perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional dapat terlaksana
dengan baik.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu menyusun pedoman ini dan telah bekerja sama untuk membina
ONMIPA-PT sehingga dapat diselenggarakan dengan baik sampai hari ini.
Jakarta, Desember 2023
Kepala
Asep Sukmayadi,
NIP 19720606200604100 1

ii
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................................................ ii
BAB 1 PENDAHULUAN ........................................................................................................... 1
A.LATAR BELAKANG ............................................................................................................................................. 1
B.DASAR HUKUM ................................................................................................................................................. 2
C.TUJUAN ................................................................................................................................................................. 3
D.TEMA DAN TAGAR .......................................................................................................................................... 4
BAB 2 PENYELENGGARAAN ................................................................................................ 5
A.ASAS DAN PRINSIP ......................................................................................................................................... 5
B.SASARAN .............................................................................................................................................................6
C.BIDANG LOMBA ................................................................................................................................................6
D.PENANGGUNGJAWAB .................................................................................................................................6
E.UNSUR PENYELENGGARA ........................................................................................................................... 7
F.PESERTA DAN PERSYARATAN ................................................................................................................... 7
G.PENDAFTARAN .................................................................................................................................................. 8
H.MEKANISME DAN TEMPAT SELEKSI ........................................................................................................ 8
I.PENGHARGAAN PEMENANG ................................................................................................................... 10
J.MATERI LOMBA ............................................................................................................................................... 10
K.JADWAL KEGIATAN ...................................................................................................................................... 14
L.JURI ....................................................................................................................................................................... 16
M.PENDANAAN..................................................................................................................................................... 16
BAB 3 PERISTILAHAN DAN KETENTUAN KHUSUS ............................................................ 17
A. PERISTILAHAN .................................................................................................................................................. 17
B.KETENTUAN KHUSUS ................................................................................................................................... 18
BAB 4 PENUTUP .................................................................................................................. 19

1
BAB 1
PENDAHULUAN
A.LAT AR BELAKANG
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
membentuk Balai Pengembangan Talenta Indonesia yang memiliki tugas
diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik.
Pelaksanaan kompet isi ini diharapkan terintegrasi mulai d ari jenjang
pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Untu k memenuhi salah satu
kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknolog i terkait
dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM ). Dirjen Dikti
Kemendikbudristek telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang
harus dipenuhi oleh p erguruan tinggi. Salah satu IKU tersebut adalah
memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat pengalaman di luar kampus ,
seperti kegiatan mahasiswa untuk memperoleh prestasi pada berbagai
kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Olimpiade Nasional
Matematika dan IPA Pergu ruan Tinggi (ONMIPA-PT) adalah salah satu
kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi ma hasiswa
tersebut.
Secara universal, Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar
yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas
Pendidikan MIPA di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada
bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang
melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International
Mathematics and Scienc e Study (TIMSS) atau Program for International
Student Assessment (PISA). Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi,
MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat.
Pemerintah melakukan berbaga i upaya untuk meningkat kan
penguasaan MIPA baik bagi siswa maupun mahasiswa. Penguasaan MIPA
dapat mendorong daya s aing bangsa dalam pengembangan dan
pemanfaatan sains dan teknologi. Balai Pengembangan Talenta Indonesia
telah menyelenggarakan ONMIPA-PT bidang Matematika, Kimia, Fisika dan
Biologi sejak tahun 2009. ONMIPA-PT dilakukan dalam tiga tahap seleksi,

2

yaitu seleksi Tingkat Perguruan Tinggi, Tingkat Wilayah, dan T ingkat
Nasional.
B. DASAR HUKUM
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan
Lembaran Negara Nomor 4496);
2. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 166,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4916);
3. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587)
sebagaimana telah diubah dengan Undang- Undang 9 Tahun 2015
tentang Perubahan Kedua Atas Undang -Undang Nomor 23 Tahun 2015
tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor 5679);
4. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan
Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerin tah
Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah
Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112,
Tambahan Lembaran Negara Nomor 5157);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan
Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi (Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5500)
6. Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 156);
7. Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi
Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 tahun 2008 tentang
Pembinaan Kesiswaan

3
9.P

tentang Penguatan Pendidikan Karakter
10.Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 27
tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan
Talenta Indonesia
11.Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor
28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Berita Negara Republik
Indonesia Tahun 2021 Nomor 963);
12.Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Balai Pengembangan Talenta
Indonesia Tahun 2024
C.TUJUAN
Tujuan umum penyelenggaraan O NMIPA-PT:
1.Mendapatkan dan mengembangkan mahasiswa bertalenta dan
berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu
berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan
dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.
2.Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan
mahasiswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
3.Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta
mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di pendidikan
tinggi dan semua pemangku kepentingan.
4.Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta
Nasional (MTN) yang berkesinambungan.
Tujuan Khusus ONMIPA-PT:
1.Mempr omosikan dan meningkatkan daya tarik MIPA di kalangan
Masyarakat.
2.Meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang MIPA .

3.Meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan
mahasiswa bidan g MIPA.

4.Memberikan masukan untuk perbaika n pembelajaran di perguruan
tinggi, khususnya dalam bidang MIPA untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran di bidang MIP A
5.Mengapresiasi mahasiswa yang be rprestasi di bidang MIPA.

4

6. Membangun basis data nasional mahasiswa bertalenta dalam bidang
MIPA.
D. TEMA DAN TA GAR
ONMIPA-PT tahun 2024 mengusung tema: “Berprestasi Membangun
Kolaborasi’, dengan tagar sebagai berikut;


#berprestasimembangunkolaborasi
#MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Menginspirasi
#berprestasibersamaONMIPA

5
BAB 2
PENYELENGGARAAN
A.ASAS DAN PRINSIP
Asas dan prinsip mencakup nilai, norma, asas penyelenggaraan, dan
prinsip penyelenggaraan. Penyelenggaraan Olimpiade Nasional MIPA
Tahun 2024 harus mencerminkan dan menerapkan asas dan prinsip yang
sesuai dengan tujuan pendidikan.
1.Nilai
Nilai-nilai yang dikandung dalam pelaksanaan ajang talenta tidak
bertentangan dengan nilai -nilai pendidikan, seperti pembelajaran,
obyektivitas, produktivitas, estetika, keteladanan, kedisiplinan, kejujuran,
dan nilai-nilai karakter positif lainnya. Nilai-nilai tersebut perlu
disosialisasikan kepada seluruh komponen yang terlibat dalam
penyelenggaraan agar dipahami dan diaktualisasikan dalam berbagai
aspek kegiatan.
2.Norma
Norma ajang talenta mencakup norma etika yang tidak tertulis, yang
berlaku sesuai dengan kebudayaan setempat, serta norma tertulis
yang berwujud ketentuan atau peraturan, termasuk tata tertib acara
seremonial dan kegiatan ajang itu sendiri. Selain untuk mengatur
berlangsungnya kegiatan yang tertib, lancar, dan aman, penegakan
norma diharapkan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya
motivasi berprestasi para peserta, mengekspresikan kreativitas dan
keindahan, serta keterbukaan. S elain itu, penyelenggaraan ajang
talenta juga harus mengikuti asas dan prinsip penyelenggaraan yang
ditentukan dalam dokumen ini.
3.Asas penyelenggaraan.
a.Diselenggarakan dalam kerangka pembangunan pendidikan
Nasional;
b.menjadi bagian dari gerakan perubahan menuju kemajuan;
c.menjadi wadah bagi aktualisasi prestasi talenta mahasiswa;
d.terbuka bagi peserta didik dan mahasiswa dari semua jenjang dan
jenis pendidikan
4.Prinsip penyelenggaraan

6

Penyelenggaraan Ajang Talenta mengikuti prinsip Inclusive, Growth,
Participative dan Sustain, yang dimanifestasikan dengan upaya-
upaya berikut:
a. pemerataan kesempatan bagi seluruh mahasiswa Indonesia tanpa
membedakan suku, agama, rupa, dan ras;
b. pemberian kebebasan pengenalan diri dan kesempatan tumbuh -
kembang mahasiswa tanpa intervensi yang eksploitatif;
c. pembinaan yang membuka peluang mahasiwa untuk berprestasi
internasional dan berkarya sebagai pionir perubahan bangsa
meraih keunggulan kompetitif (competive advantage);
d. tata kelola penyelenggaraan yang obyektif, efisien, akuntabel dan
transparan;
e. intensifikasi pembinaan di perguruan tinggi dalam rangka
mengupayakan pemerataan prestasi melalui kegiatan pencarian
dan pemanduan bakat (talent scouti ng) yang melibatkan seluruh
pemangku kepentingan;
f. partisipasi seluruh pemangku kepentingan di semua aspek
penyelenggaraan;
g. perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang konsisten dan
berkesinambungan;
h. implementasi penjaminan mutu yang berkelanjutan.

B. SASARAN
Sasaran penyelenggaraan O NMIPA-PT Tahun 2024 adalah seluruh
mahasiswa dari Perguruan Tinggi baik yang berada dalam maupun di
luar lingkungan Kemendikbudristek dan terdaftar pada Pangkalan Data
Pendidikan Tinggi.

C. BIDANG LOMBA
ONMIPA-PT Tahun 2024 menyelenggarakan 4 Bidang Lomba, yaitu:
1. Matematika
2. Fisika
3. Kimia
4. Biologi

D. PENANGGUNGJAWAB
Penanggungjawab kegiatan ONMIPA-PT tahun 2024 adalah:

7
1.Ba
ai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
2.Perguruan Tinggi .
E.UNSUR PENYELENGGARA
ONMIPA-PT Tahun 2024 diselenggarakan atas kerjasama/kolaborasi antara
Balai Pengembangan Talenta Indonesia dengan Perguruan Tinggi. Unsur
penyelenggara ONMIPA-PT Tahun 2024 antara lain:
1.panitia pusat dan panitia perguruan tinggi
2.juri
3.penyedia aplikasi dan/atau platform lomba
4.tim pendukung (tim media dan publikasi, tim medis, dll.)
F.PESERTA DAN PERSYARATAN
1.Persyaratan Umum
a.Perguruan tinggi peserta ONMIPA-PT Tahun 2024 terdaftar pada
Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.
b.Calon peserta ON MIPA-PT Tahun 2024 berstatus mahasiswa S1/D4
aktif dari seluruh perguruan tinggi dan terdaftar pada Pangkalan
Data Pendidikan Tinggi (https://pddikti.kemdikbud.go.id/), yang
ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa masing -masing yang
masih berlaku.
c.Calon peserta ON MIPA-PT Tahun 2024 mendapat persetujuan dari
Pimpinan Perguruan Tinggi.
2.Persyaratan Khusus
a.Terdaftar aktif maksimal di semester 8;
b.Berasal dari bidang Ilmu MIPA atau yang relevan .
c.Belum pernah mendapatkan medali emas dalam ONMIPA-PT pada
bidang yang sama
d.Peserta seleksi tingkat wilayah adalah peserta terbaik hasil seleksi
tingkat Perguruan Tinggi dan mendapatkan rekomendasi dari
pimpi nan perguruan tinggi.

8

e. Khusus peserta matem atika, belum pernah meraih peringkat satu
atau dua pada kompetisi International Mathematics Competition for
University Students (IMC).

G. PENDAFTARAN
1. Seleksi tingkat perguruan tinggi: pendaftaran peserta dilakukan oleh
panitia penyelenggara seleksi di masing -masing perguruan tinggi.
2. Seleksi tingkat wilayah: pendaftaran peserta dilakukan secara online
oleh m asing-masing perguruan tinggi di https://daftar-
bpti.kemdikbud.go.id/. Pendaftaran akan dibuka d an disampaikan
jadwalnya pada saat sosialisasi ONMIPA-PT tahun 2024.
3. Seleksi tingkat nasional: pemenang seleksi tingkat wilayah akan
diundang oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia untuk mengikuti
seleksi tingkat nasional.

H. MEKANISME DAN TEMPAT SELEKSI
Seleksi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:
1. Tingkat Perguruan Tinggi
Perguruan Tinggi melaksanakan seleksi untuk menentukan maksimal 5
(lima) mahasiswa terbaik pada masing- masing bidang studi untuk
mengikuti seleksi tingkat wilayah.
2. Tingkat Wilay ah
Seleksi Tingkat Wilayah dilaksanakan serentak secara daring. Peserta
akan dikelompokkan ke dalam 16 (enam belas) wilayah LLDIKTI
/regional sebagai berikut:

Wilayah I Sumatera Utara
Wilayah II Sumatera Selatan
Bangka Belitung
Bengkulu
Lampung
Wilayah III Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta (termasuk UI)
Wilayah IV Jawa Barat (termasuk Depok, Bogor dan Bekasi) dan
Banten
Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

9
Wilayah VI Jawa Tengah
Wilayah VII Jawa Timur
Wilayah VIII Nusa Tenggara Barat
Bali
Wilayah IX Sulawesi Selatan
Sulawesi Barat
Sulawesi Tenggara
Wilayah X Sumatera Barat
Riau
Kepulauan Riau
Jambi
Wilayah XI Kalimantan Selatan
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara
Wilayah XIII Aceh
Wilayah XIV Papua dan Papua Barat
Wilayah XV Nusa Tenggara Timur
Wilayah XVI Sulawesi Tengah
Sulawesi Utara
Gorontalo
3.Tingkat Nasional
Peserta yang akan diundang untuk mengikuti Kompetisi Tingkat
Nasional berjumlah maksim al 65 orang untuk setiap bidang, yang
terdiri atas:
a.Juara I pada seleksi Tingkat Wilayah ONMIPA-PT dari masing-masing
wilayah;
b.Satu peserta dari PTS yang memperoleh nilai tertinggi pada seleksi
Tingkat Wilayah di masing-masing wilayah yang memenuhi standar
minimum yang ditetapkan oleh dewan juri.
c.Peserta peringkat atas pada seleksi Tingkat Wilayah (selain butir a
dan b) secara keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal (65
peserta).

10
I.PE

1.ONMIPA-PT tahun 2024 akan memberikan penghargaan kepada 20
peserta terbaik per bidang dengan perincian masing-masing sebagai
berikut:

3 peih medali emas

5 pe

7 pe

5 ho.
2.P
kat Nasional akan mendapat sertifikat dari Kepala
Balai Pengembangan Talenta Indonesia. Para peraih medali akan
memperoleh hadiah berupa dana pembinaan .
3.Khusus peraih medali pada bidang matematika akan diseleks i kembali
untuk mengikuti ajang International Mathematics Competition (IMC)
2024 di Bulgaria.
J.MAT ERI LOMBA
1.Materi
a. Materi Bidang Matematika
Materi bidang matematika mencakup: aljabar linear, struktur aljabar,
analisis real, analisis kompleks dan kombinatorika, de ngan deskripsi
masing-masing materi sebagai berikut:
1)Aljabar Linear

Operasi matriks dan sifat-sifatnya; determinan; ruang vektor real
dan kompleks: subruang, kebebaslinearan, basis dan dimensi, hasil
tambah langsung; transformasi linear: peta, inti, rank dan nolitas,
matriks representasi, kes erupaan, proyeksi; nilai dan vek tor
karakteristik: diagonalisasi, teorema Cayley -Hamilton; ruang hasil
kali dalam: norma, k eortogonalan, proses Gram -Schmidt,
komplemen ortogonal.

2)Struktur Aljabar

Grup, subgrup, subgrup normal, grup kuosien, homomorfi sma
grup, Teorema Lagrange; ring, integral domain, field, karakteristi k
ring, ideal, ring kuosien, daerah Euklid, ring polinomial.
3)Analisis Real

11
Bilan
fungsi, fungsi
kontinu, turunan fungsi, teorema Taylor, integral Riemann, deret
fungsi, dan topologi siste m bilangan real (him punan terbuka,
himpunan tertutup, titik limit, himpunan kompak, fungsi kontinu,
ruang metrik).
4)Analisis Kompleks

Bilangan kompleks, penggunaan bila ngan kompleks dalam
geometri,fungsi kompleks, transformasi elementer, fungsi analitik,
integral kompleks, ba risan dan deret bilangan kompleks, dan
residu dan kutub.
5)Kombinatorika

Koefisien binomial, graf dasar, Marriage Theorem, tiga prinsip
dasar (pigeon hole, inklusi-eksklusi, dan paritas), g raf Eulerian
dan graf Hamiltonian, dan rekurensi.
b. Materi Bidang Fisika
Materi bidang fisika mencakup: mekanika klasik, mekanika k uantum,
elektrodinamika, termodinamika dan fisika statistik, dan fisika modern
dengan deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:
1)Me kanika Klasik

Formalisme Newton; Lagrange, Ha milton; Osilasi; Gerak Gaya Sentral;
Gerak dalam kerangka Non Inersial; Dinamika sistem par tikel;
Dinamika benda tegar; Dinamika Fluida.
2)Elektrodinamika
Elektrostatika; Magnetostatika; Persamaan Maxwell; Persamaan
kontinuitas dan teorema Poynting; Gelombang EM; Radiasi multipole;
Relativitas khusus.
3)Termodinamika dan Fisika Statistik
Hukum-hukum Termodinamika; Prinsip Entropi Maksimum dan kriteri a
keseimbangan; Transformasi Legendre dan potensial termodinamika;
Relasi termodinamika dan campuran; Distribusi kanonik kecil; kanonik
dan kanonik besar; teori kinetik gas; Fungsi partisi; Transisi Fase.

12
4)F


Probabilitas dan per samaan Schrödinger; Potensial 1 Dimensi ; Osilator
harmonis sederhana; momentum angular; atom Hidrogen; Teori
Perturbasi; Sistem banyak partikel; Teori Hamburan.
Sifat dualisme partikel-gelombang; Model atom; Molekul dan

spektroskopi; insulator; Kond uktor d an s emikonduktor;
Superkonduktivitas dan kemagnetan; Model Nuklir; Peluruhan dan
Reaksi Nuklir; Partikel elementer.
c.M ateri Bidang Kimia
Materi bidang Kimia mencakup: Kimia Anorganik, Kimia Fisika, Kimia
Organik, dan Kimia Analitik dengan deskripsi masing-masing materi
sebagai beri kut:
1)Kimia Anorganik
Struktur atom dan Tabel Periodik model i onik, kimia logam
golongan utama, dan kimia padatan; stru ktur kristal logam dan
ionik; energi kisi; bentuk molekul, simetri, dan teori orbital molekul.
Konfigurasi elektronik atom dan ion; tren sifat kimia unsur
golongan utama dalam susunan berkala; Hitungan kimia; siklus
alami; blok s, blok p dan blok d; Sifat- sifat logam transisi dan
tingkat oksidasnya. Senyawa koordinasi: ion kompleks dan
molekul; tetapa n pembentukan kompleks, medan ligan, kompleks
spin rendah dan spin tinggi, energi penstabilan medan ligan,
deret spektrokimia dan efek Jahn-Teller, stereokimia, Spektrum
elektronik senyawa kompleks.
2)Kimia Fisika
Kesetimbangan kimia dan fasa; larutan dan koloid; kinetika reaksi
homogen dan heterogen; termodinamika (hukum I dan II); atom
hidrogen (fungsi gelombang, tingkat energi, kebolehjadian);
bilangan kuantum dan term symbol; persamaan Schrödinger
sederhana; konfigurasi orbital p, d, molekul diatomik (diagram
orbital, tingkat energi); orde ikatan; kestabilan; teori Huckel untuk
ikatan rangkap terkonjugasi; dasar-dasar spektroskopi atom dan
molekul diatomik (rotasi, vibrasi dan elektronik); elektrokimia.

13
3)K
ganik dan Biokimia
Gugus fungsi (alkana, alkena, alkuna, bensena, alkil halida,
alkohol, eter, tiol, tioeter, aldehida, keton, as am karboksilat dan
derivatnya, amina); struktur; reaksi dan mekanisme r eaksi
struktur sederhana dan kompleks; p olisiklik dan heterosiklik;
makromolekul (karbohi drat, asam lemak, asam amino dan
protein, asam nukleat), polimer; reaksi perisiklik; elusidasi struktur
dan sintesis bahan organik.
4)Kimia Analitik
Analisis kualitatif anion/kation; gravimetric; volumetric;
elektrometri (potensiometri; voltametri; amperom etri)
spektrometri (UV/VIS & IR, AAS dan ICP; NMR; MS); kromatografi
modern (HPLC dan GC/GCMS); analisis proksi mat
d. Materi Bidang Biologi
Materi bidang Biologi mencakup: Biologi sel; Biologi Molekular;
Bioinformatika; Bioteknologi; Genetika; Fisiologi dan Metabolisma;
Pertumbuhan, Perkembang an dan Reproduksi; Perilaku;
Keanekaragaman Hayati dan Evolusi; Ekologi. Deskripsi masing-
masing materi seb agai berikut:
1)Biologi Sel
Macam Sel; Organel; Memb ran Sel; Struktur dan Fungsi Sel;
Komunikasi Sel; Siklus Sel ; Mitosis dan Meiosis; Teknik Penelitian
dalam Biologi Sel.
2) Genetika, Biologi Molekuler, Bioinformatika, dan Bioteknologi
Material Genetik; Pewarisan Sifat; Genetika Populasi; Genetika
Terapan; Biologi Molekuler; Transduksi Sinyal; Teknologi DNA
Rekombinan da n Bioteknologi; Bioinformatika.
3)Fisiologi dan Metabolisme
Fotosintesis dan Fotorespirasi; Fotofisiologi; Respirasi dan Siste m
Respirasi; Unsur Hara dan Nutrisi; Sistem Saraf; Sistem Sirkulasi;

14
Sistem Pencernaan; Hormon dan Sistem Hormon; Sistem Ek
skresi
dan Respon Organisme terhadap Lingkungan.
4)Biologi Perkembangan, Reproduksi, dan Perilaku
Pertumbuhan dan p erkembangan serta aplikasin ya dalam
bidang pertanian, kesehatan, industri, dan lingkungan; Sistem
reproduksi dan penyebaran organisme; Perilaku organisme.
5)Keanekaragaman Hayati d an Evolusi
Keanekaragaman molek ul, anatomi, dan morfologi organisme;
Klasifikasi; Taksonomi; Biosistematika; Evolusi.
6)Ekologi
Populasi; Komunitas; Ekosistem; Biosfir; Pencemaran , dan
Konservasi.
2.Jenis Soal
Jenis soal ONMIPA-PT dapat berupa pilihan ganda, isian singkat, dan
uraian.
K.JADWAL KEGIATAN
Jadwal pelaksanaan ONMIPA-PT 2024 adalah:
No Kegiatan Waktu Keterangan
1. Publis P edoman
ONMIPA
1 Februari 2024 Website Balai Pengembangan
Talenta Indonesia
2. Sosialisasi ONMIPA-PT
2024
4-6 Februari 2024Daring (jadwal pas ti akan diinfo di
akun medsos BPTI )
-Secara Umum
-Tim IT
-Target : Wakil Rektor, LLDIKTI,
Operator Kemahasiswaan, Wakil
Dekan
3. Pendaftaran ONMIPA-
PT 2024
19 Februari - 27 Maret
2024
https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id/
4. Pengumuman Pesert a
Tingkat Wilayah
3 April 2024 Website Pusat Prestasi Nasional
Balai Pengembangan Talenta

15
Indonesia
5. Pengujian Sistem,
Technical Meeting, Try
Out Tingkat Wilayah
17-19 April 2024 Daring
-Pembagia n di masing2 zoom
(diikuti peserta).
6. Seleksi Tingkat Wilayah 23-26 April 2024 Daring
7. Pengumuman Peserta
Tingkat Nasional
6 Mei 2024 Website Balai Pengembangan
Talenta Indonesia
8. Pelaksanaan Final
ONMIPA-PT
12-17 Mei 2024 Perguruan Tinggi Pelaksana
9. Pengumuma n Juara
ONMIPA-PT
17 Mei 2024 Perguruan Tinggi Pelaksana
Seleksi Tingkat Wilayah diselenggarakan selama dua hari dengan alokasi
waktu sebagai berikut:
Hari Bidang Materi
Waktu
(Menit)
Pertama
Matematika
Komprehensif I: Analisis Real, Struktur
Aljabar, Kombinatorika
180
Fisika
Komprehensif: Mekanika Klasik , dan
Elektrodinamika.
180
Kimia
Kimia Organik-Biokimia dan Kimia
Analitik
120
Biologi
Biologi Sel; Genetika, Biologi Molekuler,
Bioinformatika, dan Bioteknologi; Fisiologi
dan Metabolisme
120
Kedua
Matematika
Komprehensif II: Aljabar Linear, Analisis
Kompleks dan Kombinatorika
180
Fisika
Komprehensif: Termodinamika & Fisika
Statistik, dan Fisika Modern & Mekanika
Kuantum
180
Kimia Kimia Anorganik dan Kimia Fisika 120
Biologi
Biologi Perkembangan, Reprodu ksi, dan
Perilaku; Keanekaragaman Hayati d an
Evolusi; Ekologi
120
Seleksi Nasional diselenggarakan selama dua hari dengan alokasi waktu
sebagai berikut:
Hari Bidang Materi
Waktu
(Menit)

16
Pertama
M
atematika
Komprehensif (menca kup 5
bidang)
240
Fisika
Komprehensif; Mekanika Klasik dan
Elektrodinamika
180
Kimia
Komprehensif I: Kimia Analitik dan
Kimia Organik-Biokimia
120
Biologi
Komprehensif (mencakup semua
bidang)
120
Kedua
Matematika
Komprehensif (mencaku p 5
bidang)
240
Fisika
Komprehensif: Termodinamika &
Fisika Statistik, dan Fisika Modern &
Mekanika Kuantum
180
Kimia
Komprehensif II: Kimia Anorganik;
Kimia Fisika
120
Biologi
Komprehensif (mencakup semua
bidang)
120
L.JUR I
1.Juri ONMIPA-PT Tahun 2024 adalah akademisi dari Perguruan Tinggi
yang ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.
2.Juri bertugas menyiapkan soal, mengawasi pelaksanaan, memeriksa
dan menilai jawaban peserta.
3.Juri berwenang menentukan peringkat capaian peserta berdasarkan
nilai peserta pada rapat dewan juri.
4.Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
M.PENDANAAN
1.Seleksi pada Tingkat Perguruan Tinggi dan pembinaan untuk mengikuti
seleksi Tingkat Wilayah, menjadi tanggung jawab perguruan tinggi
masing-masing.
2.Biaya keikutsertaan pada pelaksanaan Tingkat Nasional menjadi
tanggungjawab Perguruan Tin ggi masing- masing (penginapan,
transportasi).
3.Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

17
BAB 3
PERISTILAHAN DAN KETENTUAN KHUSUS
A.PERISTILAHAN
Berikut ini adalah istilah yang berlaku dalam buku pedoman ini, yang
disadur dari sumber-sumber yang otoritatif, atau dirumuskan kembali
dengan penyesuaian konteks dan tujuan pedoman.
1.Talenta mempunyai dua arti, sebagai kata sifat dan kata benda.
Sebagai kata sifat, talenta diartikan sebagai performa bakat yang
menghasilkan prestasi setelah mendapatkan pembinaan atau
pengembangan melalui program yang sistematis dan berkelanjutan.
Sebagai kata benda (menurut dokumen MTN), talenta diartikan sebag ai
individu yang memiliki kemampuan terbaik dari yang terbaik di
bidangnya pada tingkat nasional untuk bersaing di kancah
internasional, dengan misi untuk mengangkat kebanggaan nasional
2.Bakat adalah kemampuan istimewa yang bersifat bawaan sejak lahir
pada bidang talenta tertentu.
3.Manajemen Talenta Nasional adalah rangkaian upaya terstruktur dan
berkelanjutan dalam menghasilkan Talenta, melalui pendekatan makro
yang berfokus pada ekosistem pendukung di tingkat negara s erta
pendekatan mikro yang berfokus pada sinergi dan keberlanjutan proses
pembibitan, pengembangan potensi, dan penguatan ketalentaan
4.Prestasi talenta adalah capaian kemampuan peserta didik sesuai
dengan talentanya (minat dan bakat) pada tingkatan tertentu, melalui
ajang talenta/non-ajang yang diselenggarakan BPTI/Puspresnas atau
pihak lainnya yang diakui melalui proses kurasi talenta.
5.Bidang talenta adalah bidang-bidang yang diuraikan dari subyek ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan olah raga, yang digun akan untuk
pengorganisasian ajang talenta dan jenis prestasi talenta
6.Kelompok bidang talenta adalah hasil pengelompokan bidang-bidang
prestasi talenta BPTI/Puspresnas yang mengacu pada kebijakan
Manajemen Talenta Nasional (MTN) tentang bidang talenta sebagai
berikut,: (1) Bidang Riset dan Inovasi; (2) Bidang Seni dan Budaya; (3)
Bidang Olah Raga.
7.Ajang talenta merupakan kegiatan yang memberikan wadah
aktualisasi talenta peserta didik yang dapat bersifat kompetisi/lomba,
festival, dan eksibisi, untuk menghasilkan capaian prestasi dalam
berbagai bi dang sesuai minat dan bakat.

18
8.C

Cabang Lomba, adalah satuan di bawah cabang yang menjadi subyek
yang dikompetisikan /dilombakan.
9.Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Pergu ruan
Tinggi (ONMIPA-PT) adalah salah satu ajang talenta bidang Sains, Riset,
dan Inovasi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta
Indonesia (BPTI), Kemendikbudristek bagi mahasiswa (jenjang S1/D4 )
dalam bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi.
B.KETENTUAN KHUSUS
Semua hal yang menyangkut penyelenggaraan ajang talenta yang diatur
dalam pedoman ini dapat berubah sesuai dengan kondisi dan perkembangan kebijakan di masa yang akan datang. Untuk itu, BPTI akan memberitahukannya pada saat perubahan itu sudah ditetapkan, dan akan disampaikan secepatnya
melalui mekanisme tertentu atau dokumen tersendiri yang terpisah dari buku pedoman ini.

19
BAB 4
PENUTUP
Keberhasilan penyelenggaraan seleksi ONMIPA -PT tahun 2024 ditentukan
oleh semua unsur yang terlibat dalam melaksanakan kegiatan seleksi secara
jujur, tertib, teratur, penuh disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi.
Dengan memahami panduan ini, panitia pelaksana dan semua pihak yang
terkait melaksanakan tugas sebaik-baiknya dapat menjamin mutu pelaksanaan
ONMIPA-PT dan mencapai hasil secara optimal dan dapat
dipertanggungjawabkan. Sebagai bahan masukan, kami harapkan saran dan
kritik bagi penyelenggaraan seleksi di tahun mendatang.
Semoga panduan ini dapat dijadikan acuan sehingga kegiatan seleksi ini
dapat terlaksana dengan baik, efektif dan efisien.
Informasi lebih lanjut dapat diakses pada laman:
•https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
•http://bpti.kemdikbud.go.id/
•https://osn- onmipa-bpti.kemdikbud.go.id/
Atau dapat menghubungi admin di Whatshap : 851 -5646-7239 (chat only)

20
Lampiran 1
KOP SURAT PERGURUAN TINGGI
Kepada
Balai Pengembangan Talenta Indonesia
di tempat
Sehubungan dengan pelaksanaan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tahun 2024 . (nama
perguruan tinggi) men girimkan delegasi untuk mengikuti keg iatan ONMIPA-PT
dengan kuota yang telah ditentukan. D ata delegasi yang dikirimkan disajikan
pada tabel berikut:
A.Bidang Biologi
No Nama Prodi No Hp Email
1
2
3
4
5
B. Bidang Kimia
No Nama Prodi No Hp Email
1
2
3
4
5

21
C.Bidang Fisika
No Nama Prodi No Hp Email
1
2
3
4
5
D.Bida ng Matematika
No Nama Prodi No Hp Email
1
2
3
4
5
Demikianlah data delegasi yang kami kirimkan, terima kasih atas kerjasama yang
baik.
Lokasi kampus, tgl-bulan-tahun
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan
(……………………………………….)
NIP/NIDN.

22