RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PARASITOLOGI DASAR

DOSEN :



dr. Teuku Romi Imansyah Putra, M.KT, Dra. Tjut Mariam Zanaria, M.S. dr. Maryatun, M.Kes, Sp.PD, Dr. dr. Muhsin, dr. Safarianti,M.Ked.Trop.,
dr. Rachmat Hidayat, M.Si, dr. RM. Agung Pranata Kusuma Atmaja, M. Biomed, T. Maulana, S.K.M., M.Kes., Ph.D, dr. Teuku Renaldi, M.K.M, dr.
Maryatun, M.Kes., Sp.PD, dr. Tita Menawati Liansyah, M.Kes., Sp.A, dr. Zulfa Zahra, Sp.KJ, dr. Fitri Dewi Ismida, M.Ked (PA)., SpPA, dr. Teuku
Romi Imansyah Putra, M.K.T, dr. Ika Waraztuty, M. Biomed, dr. Zahratul Aini, M. Biomed., Sp.KKLP, dr. Meilya Silvalila, Sp., EM, dr. Teuku
Muhammad Reza Tandi, Sp.PD, dr. Syahrizal, M.Si.,Sp.KKLP, dr. Novi Maulina, M.Sc, drh. Baidillah Zulkifli, M.Si, dr. Darma Satria, M.Si.,
Sp.BTKV








PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
2021

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)



Mata Kuliah : Parasitologi Dasar Semester : 3 Kode : PPD217 SKS : 3 (2-1)
Program Studi : Pendidikan Dokter
Dosen : dr. Teuku Romi Imansyah Putra, M.KT, Dra. Tjut Mariam Zanaria, M.S. dr. Maryatun, M.Kes, Sp.PD, Dr. dr. Muhsin, dr. Safarianti,M.Ked.Trop., dr.
Rachmat Hidayat, M.Si, dr. RM. Agung Pranata Kusuma Atmaja, M. Biomed, T. Maulana, S.K.M., M.Kes., Ph.D, dr. Teuku Renaldi, M.K.M, dr.
Maryatun, M.Kes., Sp.PD, dr. Tita Menawati Liansyah, M.Kes., Sp.A, dr. Zulfa Zahra, Sp.KJ, dr. Fitri Dewi Ismida, M.Ked (PA)., SpPA, dr. Teuku
Romi Imansyah Putra, M.K.T, dr. Ika Waraztuty, M. Biomed, dr. Zahratul Aini, M. Biomed., Sp.KKLP, dr. Meilya Silvalila, Sp., EM, dr. Teuku
Muhammad Reza Tandi, Sp.PD, dr. Syahrizal, M.Si.,Sp.KKLP, dr. Novi Maulina, M.Sc, drh. Baidillah Zulkifli, M.Si, dr. Darma Satria, M.Si.,
Sp.BTKV

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO/ CPL) :

1. Komponen Sikap
a. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika.
b. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
c. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
d. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
e. Mempraktikkan belajar sepanjang hayat, mengembangkan pengetahuan, dan berperilaku profesional.
f. Menjunjung tinggi kejujuran, moral dan akhlak terpuji.
g. Optimis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki kemauan belajar yang besar, serta mawas diri.
2. Komponen Pengetahuan
a. Menguasai konsep ilmu biomedik terkini untuk mengelola masalah kesehatan secara holistik dan komprehensif
3. Komponen Keterampilan Umum
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
c. Mampu mengambil keputusan secara tepat dan akurat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan
data;
d. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
e. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan
kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
f. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara
mandiri;
4. Komponen Keterampilan Khusus
a. Berperilaku sesuai dengan nilai kemanusiaan, agama, moral dan etika akademik sesuai perannya sebagai mahasiswa kedokteran.
b. Menerima dan merespons positif umpan balik dari pihak lain untuk pengembangan diri dan profesionalisme
c. Melakukan refleksi diri, mawas diri dan evaluasi diri untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri, identifikasi kebutuhan belajar secara terus
menerus dikaitkan dengan peran sebagai mahasiswa kedokteran.
d. Mengatasi tantangan dan tekanan tugas sebagai mahasiswa kedokteran dan menunjukkan ketangguhan dalam mengatasi tantangan dan tekanan.
e. Menerapkan pembelajaran kolaboratif sesuai dengan prinsip, nilai dan etika yang berlaku.

CapaianPembelajaran Mata Kuliah ( CPMK/CLO ) :


1. Mampu menjelaskan dan memahami dengan baik tentang konsep interaksi parasit dan pejamu, serta memahami dan menjelaskan istilah dan ruang lingkup
Parasitologi. (S2,S7,S11,S12, P1, KK11, KK13, KK61, KK64)
2. Mampu menjelaskan tentang nama lain, habitat, distribusi, morfologi, siklus hidup, patogenesis dan pencegahan penyakit dari agen parasitik. (S2,S8,S11,S12,
P1,KK51,KK52, KK53, KK54)
3. Mampu menjelaskan tentang nama lain, habitat, distribusi, morfologi, siklus hidup dari vektor pembawa agen parasitik, serta peranannya pada patogenesis
dan pencegahan penyakit. (S2, S9, P1, KK51, KK53)
4. Mampu menjelaskan dasar-dasar konsep imunologi, dan respon imun pada manifestasi parasit. (S8, S9, P1, KK61, KK64)
5. Mampu memahami dan menjelaskan manajemen penyakit parasitik, pencegahan dan pengendalian infeksi. (S2, S7, S8, S10, P1, K24, KK61, KK64, KK76)
6. Mampu memahami dan menjelaskan prosedur laboratorium pada pemeriksaan parasit. (S2, S7, S8, S10, P1, KK22,KK23, KK24)


Kriteria Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi Sedang


Nomor Nilai Konversi
1 ≥ 87 A
2 78 - 86 AB
3 69 - 77 B
4 60 - 68 BC
5 51 - 59 C
6 41 - 50 D
7 < 41 E


Item Penilaian :

Nilai akhir terdiri atas :
Nilai Proses (20%),terdiri atas nilai :
• Kehadiran (50%)
• Kuis / Tugas (50%) Nilai Ujian
Praktikum (20%) Nilai UTS (30%)
Nilai UAS (30%

JADWAL, URAIAN MATERI DAN KEGIATAN PERKULIAHAN

Minggu
Ke-
Kemampuan Akhir
Yang Diharapkan
Bahan Kajian
(Materi
Pelajaran)
Strategi Pembela
jaran/Metode
Pembelajaran
Waktu
Belajar
Pengalaman
Belajar Mahasiswa
Kriteria Penilaian
(Indikator)
Kode
Dosen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

1

Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan tentang definisi
parasitologi dan parasit
2. Menjelaskan tentang pembagian
parasit
3. Menjelaskan tentang istilah-
istilah penting dalam parasitologi
4. Mengenal ruang lingkup
parasitologi baik agent maupun
vektor



Introduksi
Parasitologi Dan
Ruang Lingkup
Parasitologi
Kedokteran
(Protozoology,
Helmintology,
Entomology)
Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

1x160
praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok
Mahasiswa Mengkaji
pengertian
dan peran
parasitologi
dalam
kerangka ilmu
kedokteran

TRI

2

1. Menjelaskan tentang contoh
nematoda usus yang termasuk soil
transmitted helmint
2. Menjelaskan tentang nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup, patogenesis dan
pencegahan penyakit akibat
Ascaris lumbricoides, Trichuris
trichiura dan cacing tambang
Soil Transmitted
Helminths
Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

1x160
Praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


TMZ

3


1. Menjelaskan tentang contoh
nematoda yang termasuk non-soil
transmitted helmint
2. Menjelaskan tentang nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup, patogenesis dan
pencegahan penyakit akibat
Non-Soil
Transmitted
Helminths
Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka
2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

1x160
Praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


TMZ
4

Menjelaskan tentang . nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup, patogenesis dan
pencegahan penyakit akibat
Wuchereria bancrofti, Brugia
malayi, Brugria timori dan Loa-
loa

Nematoda
Jaringan

Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

1x160
praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


MHS
5

1. Menjelaskan tentang macam-
macam trematoda dan contoh
spesiesnya
2. Menjelaskantentang nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup, patogenesis dan
pencegahan penyakit akibat
Fasciliopsis buski, Fasciola
hepatica, Paragonimus
westermani dan Scistosoma
mansoni serta Scistosoma
japonicum

Trematoda (Usus,
Hati, Paru Dan
Darah)

Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas
Mandiri

1x160
praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


TMZ

6
1. Menjelaskan tentang cestoda dan
contoh spesiesnya
2. Menjelaskan tentang nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup, patogenesis dan
pencegahan penyakit akibat
Taenia saginata, Taenia solium,
Diphillobotrium latum dan
Hymenolopis nana
Cestoda Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka
2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri
1x160
praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


SFY
7
UTS dan Ujian Praktikum I Tes tertulis:
Mampu
Menjelaskan
Kembali arti dan
Peran parasitologi
-Mampu
menguraika
n fenomena hidup
keparasitan
Ketrampilan:
Mampu melakukan
pengamatan dengan
baik menggunakan
mikroskop
Afektif: tepat
waktu, tanggung
jawab, kerjasama
AGP
8
1. Menjelaskan tentang macam-
macam protozoa dan contoh
spesiesnya
2. Menjelaskan tentang
nama lain, habitat, distribusi,
morfologi, siklus hidup,
patogenesis dan pencegahan
penyakit akibat Toxoplasma
gondii, E. hystolitica, E. coli,
Giardia lamblia, Trichomonas
vaginalis, dan Balantidium coli
3. Mengamati dan menjelaskan
morfologi spesies dari protozoa
Protozoa Usus
dan Jaringan
Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

1x160
praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


SFY

9
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan tentang nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup, patogenesis dan
pencegahan penyakit akibat
Plasmodium sp
Malaria Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

1x160
praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


MRY
10
1. Menjelaskan tentang nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup, patogenesis dan
pencegahan penyakit akibat
anthropoda
2. Menjelaskan tentang nama lain,
habitat, distribusi, morfologi,
siklus hidup vektor penyakit
parasitik
Anthropoda
Agent Penyakit
dan
Entomologi
Vektor
Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

1x160
praktikum
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


RHD
11
1. Menjelaskan tentang respon
imun dan mekanisme limitasi
infeksi oleh imunitas innate dan
adaptif
Pengantar Respon
Imun dan
Pengantar
Respon Imun
terhadap Parasit
Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
Tugas mandiri

Seminar
2x50

Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


AGP

12
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1. Memahami pentingnya
pemeriksaan laboratorium yang
terkait dengan penegan diagnostic
penyakit parsitik
2. Memahami handling sampel dan
specimen pada suspek infeksi
parasitilk
3. Memahami Teknik pemeriksaan
feses, pemeriksaan darah tepi,
pemeriksaan RDT dan prosedur
lainnya
Pengantar
Prosedur
Laboratorium
pada Pemeriksaan
Parasit


Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka

2x50
tugas
terstruktur

2x50
tugas
mandiri

Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


TRI
13
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan tentang strategi-
strategi kontrol penyakit parsitik
2. Menjelaskan tentang pemilihan
pengobatan pada infeksi parasitik
Tatalaksana dan
Kontrol Infeksi
Parasit
Pendekatan:
ketrampilan proses.
Metode : Ceramah
Model :
Discovery Learning
2x50
Tatap muka
2x50
tugas
terstruktur
2x50
Tugas mandiri
Seminar
2x50
Mahasiswa
mendengarkan
penjelasan dosen
tentang kerangka
materi, kemudian
berdiskusi kelompok


MRY
14
UAS Tes tertulis:
Mampu
Menjelaskan
Kembali arti dan
Peran parasitologi
-Mampu
menguraika
n fenomena hidup
keparasitan
Ketrampilan:
Mampu melakukan
pengamatan dengan
baik menggunakan
mikroskop
Afektif: tepat
waktu, tanggung
jawab, kerjasama
TRI
TOTAL 100%

Sumber Belajar/ Referensi

1. Gandahusada, Srisasi. 2002. Parasitologi Kedokteran edisi ketiga. Jakarta: Badan Penerbit FKUI
2. Garcia, LS., 2001. Diagnostic Medical Parasitology. 4
th
Ed.
3. World Health Organiation. Guidelines for The Treatment of Malaria- 3
rd
Edition. Geneva: 2015.
4. Soedarto. 2011. Helmintologi Kedokteran. Jakarta : EGC
5. Prianto LA., Juni. 2006. Atlas Parasitologi Kedokteran, Jakarta : Gramedia
6. Playfair, J.H.L, Chain, B.M. (2012). Immunology at a glance. bahasa Indonesia. (Ed. 9.). Jakarta: Crown publishers.
7. Abbas, Abul K., Lichtman, Andrew H., Pillai, Shiv. (2018). Cellular and Molecular Immunology (9th.Ed). Philadelphia: Elsevier.
8. Bratawidjaja, Karnen, Rengganis, Iris. 2012. Imunologi Dasar., Jakarta : Badan Penerbit FKUI
9. John, David T., Petri, William A.. (2006). Markell and Voge's Medical Parasitology (9th.Ed). St. Louise, Missouri: Elsevier.
10. Zaman, Vigar, Ng Mah-Lee, Mary. (2008). Atlas of Medical Parasitology (4th ed). Yogyakarta: Graha Ilmu.
11. Natadisastra, Djaenudin, Agoes, Ridad. 2009. Parasitologi Kedokteran, ditinjau dari organ yang diserang. Jakarta : EGC



Mengetahui, Banda Aceh, 16 Agustus 2021
Koordinator Prodi Pendidikan Dokter, Koordinator/ Penanggungjawab,
Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

(dr. Rima Novirianthy, Sp.Onk.Rad.) (dr. Teuku Romi Imansyah Putra, M.K.T.)
NIP. 198111232008012016 NIP. 198305272006041002