i


RPS (RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER)
RENCANA EVALUASI PROSES BELAJAR MENGAJAR



MATA KULIAH
Pemrograman Aplikasi Mobile























PRODI TEKNIK INFORMATIKA



STMIK HANDAYANI MAKASSAR
TAHUN 2017

ii


SILABUS PEMBELAJARAN
Fakultas / Program Studi : Teknik Informatika
Mata Kuliah : Pemrograman Aplikasi Mobile
Kode Mata Kuliah : KB02297
Semester : VII
SKS : 2

Capaian Pemb. Mt.Kuliah :
Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu:
1. Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pemrograman Mobile
2. Mahasiswa dapat memahami tentang konsep Dasar Sistem Operasi Perangkat
Bergerak
3. Mahasiswa dapat memahami tentang lingkungan pengembangan pemrograman pada
perangkat bergerak
4. Mahasiswa dapat membangun basis antarmuka dengan desain Layout XML
5. Mahasiswa dapat menggunakan widget View
6. Mahasiswa dapat menggunakan Layout Manager
7. Mahasiswa dapat menggunakan Dialog
8. Mahasiswa mampu menerapkan Pembuatan Menu
9. Mahasiswa dapat menerapkan Penyimpanan Data

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah Pemrograman Mobile membahas tentang dasar-dasar pengembangan aplikasi
android, meliputi meyiapkan lingkungan development aplikasi android, membuat, menguji
dan men-debug aplikasi; membuat antarmuka pengguna responsive serta adaptif yang bekerja
pada berbagai perangkat; melakukan tugas yang berjalan-lama dan pekerjaan latar belakang
dalam aplikasi Android; menyimpan, berbagi dan mengambil data dalam aplikasi Android;
mempelajari bagaimana perizinan, keamanan dan kinerja memengaruhi aplikasi, mempelajari
cara monetisasi aplikasi, mempelajari cara mempublikasikan aplikasi.


FORMULIR No. Dokumen
No. Revisi
SILABUS
Tanggal Berlaku


Maret 2017

iii


Bahan Kajian :
Pengantar Awal Pemrograman Mobile
Pengenalan Dasar Sistem Operasi perangkat bergerak
Lingkup Pengembangan Pemrograman Mobile
XML Based Layout
Pengenalan Widget View
Layout Manager
Dialog
Teknik Pembuatan Menu
Penyimpanan Data
Membangun Aplikasi Database pada Perangkat Mobile (Rancangan Aplikasi Database
SQLite & MySQL)
Pembahasan evaluasi proyek

Referensi :
1. Developers, Android. "Kursus Dasar-Dasar Developer Android : Konsep" Android
2. Developer,[Online]. Available: https://google-developer-
training.gitbooks.io/androiddeveloper-fundamentals-course-
concepts/content/idn/.[Accessed 10 Januari 2018] (2017).
3. Developers, Android. "Kursus Dasar-Dasar Developer Android : Praktik" Android
4. Developer,[Online]. Available: https://google-developer-
training.gitbooks.io/androiddeveloper-fundamentals-course-
concepts/content/idn/.[Accessed 10 Januari 2018] (2017)



Mengetahui,

Ketua Prodi Teknik Informatika




Billy Eden William Asrul, S.Kom.,MT

1








RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
TEKNIK INFORMATIKA
STMIK HANDAYANI
MATA KULIAH KODE RUMPUN MK BOBOT (sks) SEMESTER
Pemrograman Aplikasi Mobile KB02297 TEKNIK
INFORMATIKA
T=3 P=0 VII
CAPAIAN PEMBELAJARAN
(CP)
Program
Studi
1. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan permasalahan kebutuhan informasi dari suatu
organisasi. 2. Mampu mengintegrasikan solusi berbasis teknologi informasi secara efektif pada suatu organisasi. 3.
Mampu menerapkan konsep-konsep dasar komputer yang dibutuhkan dalam merancang dan mengimplementasikan
solusi teknologi informasi. 4. Dapat berkarya dengan perilaku etika sesuai bidang keprofesian teknologi informasi.

Mata Kuliah 1. Mahasiswa dapat menyiapkan lingkungan development aplikasi android, membuat, menguji dan men-debug
aplikasi
2. Mahasiswa dapat membuat antarmuka pengguna responsive serta adaptif yang bekerja pada berbagai perangkat
3. Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara melakukan tugas yang berjalan-lama dan pekerjaan latar
belakang dalam aplikasi android
4. Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara menyimpan, berbagi dan mengambil data dalam aplikasi android
5. Mahasiswa dapat mempelajari bagaimana perizinan, keamanan dan kinerja memengaruhi aplikasi
6. Mahasiswa dapat mempelajari Firebase bisa membantu untuk membangun dan menguji aplikasi android
7. Mahasiswa dapat mempelajari cara memasukkan strategi monetisasi aplikasi android
8. Mahasiswa dapat mempelajari cara mempublikasikan aplikasi android

DISKRIPSI
SINGKAT
MK
Mata kuliah Pemrograman Mobile membahas tentang dasar-dasar pengembangan aplikasi android, meliputi meyiapkan lingkungan
development aplikasi android, membuat, menguji dan men-debug aplikasi; membuat antarmuka pengguna responsive serta adaptif
yang bekerja pada berbagai perangkat; melakukan tugas yang berjalan-lama dan pekerjaan latar belakang dalam aplikasi Android;
menyimpan, berbagi dan mengambil data dalam aplikasi Android; mempelajari bagaimana perizinan, keamanan dan kinerja
memengaruhi aplikasi, mempelajari cara monetisasi aplikasi, mempelajari cara mempublikasikan aplikasi..

2


PUSTAKA Utama : Developers, Android. "Kursus Dasar-Dasar Developer Android : Konsep" Android
Developer,[Online]. Available: https://google-developer-training.gitbooks.io/androiddeveloper-fundamentals-course-
concepts/content/idn/.[Accessed 10 Januari
2018] (2017).
2. Developers, Android. "Kursus Dasar-Dasar Developer Android : Praktik" Android
Developer,[Online]. Available: https://google-developer-training.gitbooks.io/androiddeveloper-fundamentals-course-
concepts/content/idn/.[Accessed 10 Januari 2018] (2017)



MEDIA PEMBELAJARAN Software Hardware
Android Studio, Eclipse, Xamp,
Navicat
laptop, dan LCD projector.
TEAM
TEACHING
Billy Eden William Asrul, S.Kom., M.T
Supriadi Syam, S.Kom., M.Kom.
MATAKULIA
H SYARAT

MG Ke- CP-MK
(SESUAI
TAHAPAN
BELAJAR)
MATERI
PEMBELAJARA
N (PUSTAKA)
METODE STRATEGI
PEMBELAJARAN
(ESTIMASI WAKTU)
ASSESSMENT
INDIKATOR BENTUK BOBOT
1 Mahasiswa
mampu
Menjelaskan,
menunjukkan
Dan Menyatakan
pendapat
TeknologiTeknolo
gi Mobile,
Perkembangan
Teknologi
Mobile dan
Komunikasi
Perangkat Mobile
Pengantar
Teknologi
Mobile

Sistem Operasi
perangkat
bergerak

Lingkungan
Pengembangan

Software
Development
150 mnit Menjelaskan dan
menyatakan
pendapat
Perkembangan
Teknologi Mobile dan
Komunikasi
Perangkat Mobile
dengan bahasa
sendiri.
Menjelaskan
teknologi-teknologi
mobile
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab

3

Pengembangan
Aplikasi

2 Memahami
lingkungan
pengembangan
aplikasi Android
dengan Android-
SDK, Emulator,
dan IDE Eclipse.
Mahasiswa dapat
memahami,
mengerti, dan
menjelaskan
Android ADT
•Download Android-
SDK
•Download Eclipse
•Proses Instalasi dan
Setting
•Pembuatan Aplikasi
Hello Word
•Emulator Android
•Proses Debugging
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab
10%
3 Mahasiswa
mampu
Memahami
struktur project
Android
Mahasiswa
mampu membuat
Struktur Project
Aplikasi Android
1. Pembuatan project
Android
2. Struktur file
Android-Manifest
3. Struktur folder src
4. Struktur folder gen
5. Struktur folder
assets
6. Struktur folder res



Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab
10%
4 Mahasiswa
mampu
Memahami jenis-
jenis resource,
dan akses
resource.

Mahasiswa
mampu
menjelaskan dan
mampu
memahami
Pembuatan
Resources

Mahasiswa mampu
menjelaskan dan
Mampu
Menggunakan
•Jenis-jenis resource
dan penempatannya
•Pembuatan
resource
•Akses resource
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab 10%

4

5 - 6 Mahasiswa
memahami
pembuatan View
dengan berbagai
layout
Mahasiswa
mampu
Memahami
Pembuatan View
Mahasiswa mampu
membuat
• Frame Layout
• Linear Layout
• Relative Layout
• Table Layout
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab 10%
7 Mahasiswa
mampu
menjelaskan dan
menggunakan
Mahasiswa
mengerti
pembuatan
Activity dan
Siklus hidup
Activity
Mahasiswa
mampu
menjelaskan dan
menggunakan
Pembuatan
Activity
Mahasiswa mampu
menjelaskan dan
menggunakan
• Pembuatan
Activity Class
• Pendaftaran
Activity ke
Android-Manifest
• Siklus hidup
Activity
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab 10%
8 UTS

5

9,10 Mahasiswa
mengerti Event-
event pada suatu
Activity dan
Penanganannya
Mahasiswa
mengerti Event
pada Activity
Mahasiswa mampu
Menampilkan
• Event pada
Activity
• Event Handler
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab 10%
11 Mahasiswa
mengerti
pertukaran data
antar Activity
Mahasiswa
mampu membuat
operasi
Pertukaran data
antar Activity
•Menulis data pada
Intent
•Mambaca data dari
Intent
•Mengembalikan data
melalui Intent
•Mengambil data
kembalian
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab 10%
12 Mahasiswa
mengerti
pengaktifan
Activity pada
aplikasi Eksternal
Broadcast dan
Intent Receivers
•Intent dan Intent-filter
•Broadcast Receiver
•Mengirim data melalui
URI
•Mengambil data dari
URI
•Permission
•Melakukan Panggilan
•Mengirim SMS
•Menampilkan Website
•Mengirim Email
•Akses Google Map

6

13-14 Mahasiswa
mengerti
penyimpanan data
pada aplikasi
Android dengan
SQLite

Mahasiswa
Mampu
Mengintegrasikan
antara
PHP, MySql
dengan Android


Mahasiswa
mengetahui
mambuat
Database dan
pengelolaannya

Aplikasi Integrasi
Android, Php dan
MySql.
Aplikasi berbasis
mobile.


• SQLite
• Class Database
Helper
• Proses CRUD
• Query Data


• MySQL
• Class Database
Helper
• Proses CRUD
• Query Data
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab 10%
15-16 Mahasiswa mampu
Mahasiswa
mengerti
pembuatan aplikasi
Android yang
mendukung
lokalisasi pemakai
Mahasiswa
mengetahui dan
mampu membuat
Pembuatan
Service

Lokalisasi
Aplikasi

•Perbedaan Activity
dengan Service
•Siklus Hidup
Service
•Pembuatan Service
•Pendaftaran
Service
•Menjalankan
Service
•Menjalankan
External Service

 Pembuatan Resource
Pembuatan
Lokalisasi
Praktikum, Ceramah, Tanya Jawab 20%
16 EVALUASI AKHIR SEMESTER (EVALUASI YANG DIMAKSUDKAN UNTUK MENGETAHUI CAPAIAN AKHIR HASIL B ELAJAR
MAHASISWA)
Catatan : 1 sks = (50' TM + 50' PT + 60' BM)/
Minggu
BM =
Belajar
Mandiri
T = Teori (aspek ilmu pengetahuan)
TM = Tatap PS = Praktikum P = Praktek (aspek keterampilan kerja)

7

Muka
(Kuliah)
Simulasi (160
menit/minggu)






PT =
Penugasan
Terstruktur.
PL = Praktikum laboratorium
(160 menit/minggu)

8

FORMAT RANCANGAN TUGAS QUIS dan PR

Nama Mata Kuliah : Pemrograman Aplikasi Mobile SKS : 3 sks
Program Studi : Teknik Informatika Pertemuan ke :,2,3,5,6,9,10,13,14,15


A.TUJUAN TUGAS:


B. URAIAN TUGAS:

a. Obyek Garapan :

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat memahami, mengerti, dan menjelaskan fungsi dan kegunaan dari
- Mahasiswa dapat memahami konsep dasar pemrograman Mobile
- Mahasiswa dapat memahami tentang konsep Dasar Sistem Operasi Perangkat Bergerak
- Mahasiswa dapat memahami tentang lingkungan pengembangan pemrograman pada perangkat bergerak
- Mahasiswa dapat membangun basis antarmuka dengan desain Layout XML
- Mahasiswa dapat menggunakan widget View
- Mahasiswa dapat menggunakan Layout Manager
- Mahasiswa dapat menggunakan Dialog
- Mahasiswa mampu menerapkan Pembuatan Menu
- Mahasiswa dapat menerapkan Penyimpanan Data

Pokok Bahasan:
- Pengantar Awal Pemrograman Mobile
- Pengenalan Dasar Sistem Operasi perangkat bergerak
- Lingkup Pengembangan Pemrograman Mobile
- XML Based Layout
- Pengenalan Widget View
- Layout Manager
- Dialog

9

- Teknik Pembuatan Menu
- Penyimpanan Data
- Membangun Aplikasi Database pada Perangkat Mobile (Rancangan Aplikasi Database SQLite & MySQL)
- Pembahasan evaluasi proyek

b. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan

1. Discovery Teoritis (Quis)

Spesifikasi Tugas Keterkaitan Tugas
1 Membaca literatur materi kuliah yang akan diberikan Kesiapan Mhs Untuk meneirma materi baru
2 Mengingat materi kuliah minggu lalu Pemahaman mahasiswa dari materi minggu lalu

2. Discovery Analisis (Mengerjakan soal pemahaman) PR
Spesifikasi Tugas Keterkaitan Tugas
1 Membaca literatur materi kuliah yang Sudah diberikan Melengkapi materi yang belum diberikan di kelas
2 Memahami materi kuliah minggu lalu Mengerjakan Soal pemahaman yang diberikan


c. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara/langkah pengerjaan)

1. Discovery Teoritis (Quis)

Spesifikasi Tugas Batasan Tugas
1 Dosen Menyampaikan Pertanyaan Quiz di awal pertemuan Dapat Diselesaikan 20 menit
2 Mahasisa Menjawab Pertanyaan Dapat menjawab 80 %
3 Menerima hasil koreksi dari dosen Disimpan oleh Mahasiswa

2. Discovery Analisis (Mengerjakan soal pemahaman - PR)

Spesifikasi Tugas Batasan Tugas
1 Diberikan pada setiap pokok bahasan Maksimal 30 soal
2 Cara Pengerjaan Mandiri
3 Cara pelaporan hasil Tugas Mandiri, ditulis di buku kertas folio

10



d. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:

Pemahaman mahasiswa dari konsep teori dan analisis minimal 80 %

C.KRITERIA PENILAIAN


POLA PENILAIAN KOMPETENSI : Quis dan PR Soal

KRITERIA : Pemahaman Teori dan Analisis
DIMENSI Sangat Memuaskan Memuaskan Batas Kurang Memuaskan Di bawah standard SKOR
Skor (Skor 100) (Skor 80) (Skor 60) (Skor 40) (Skor20)
Quis Mengerjakan seluruh
soal dengan benar
Mengerjakan 80%
soal dengan benar
Mengerjakan 60%
soal dengan benar
Mengerjakan 40%
soal dengan benar
Mengerjakan 20%
soal dengan benar
30%
Tugas PR Mengerjakan seluruh
soal dengan benar
Mengerjakan 80%
soal dengan benar
Mengerjakan60% soal
dengan benar
Mengerjakan 40%
soal dengan benar
Mengerjakan 20%
soal dengan benar
70%

11

1. D. Rubrik Penilaian
Jenjang/Grade Angka/Skor Deskripsi/Indikator Kerja
E <=45 Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak
memahami materi.
D 45-51 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas
seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C 51.01-61 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha
memahami materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian
dari masalah / tugas dengan akurasi yang kurang.
C+ 61.01-66 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha
memahami materi namun baru mampu menyeleseaikan sebagian masalah / tugas dengan
akurasi cukup.
B- 66.01-71 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami
materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B 71.01-76 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami
materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
B+ 76.01-81 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami
materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
A- 81.01-85 Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami
materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari
informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi sangat baik.
A 85.01-100 Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan
sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih
jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi,

12




Mengetahui
Kaprodi Teknik Informatika



Billy Eden William Asrul,S.Kom,MT

mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah
nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.