1

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
1. IDENTIFIKASI MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Writing, Editing dan Reporting
Kode : KPI17048/01/19/3/04
SKS : 3 SKS
Semester : Ganjil
Jurusan/ Prodi : Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Dosen : Arif Ramdan Sulaeman, S.Sos,I, MA
Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu memahami secara teoritis dan teknik membuat laporan berita, menulis, dan
menyunting atau mengedit menjadi laporan berita.

2. DESKRIPSI MATA KULIAH
Dalam mata kuliah ini, materi topik meliputi hal-hal sebagai berikut: pengertian reporting, editing, writing, konsep dasar berita, teknik mencari
berita, Reportase jurnalistik dan teknik wawancara, pengantar bahasa Indonesia ragam jurnalsitik, teknik menulis berita kisah (feature), teknik
penulisan kolom dan pojok, proses editing berita, langkah-langkah dan teknik evaluasi terhadap akurasi dan substansi berita, editing subtansi
TRUTH, editing subtansi netralitas editing tatabahasa, pengenalan editing audiovisual untuk media elektronik, dan praktik editing

3. RINCIAN MATERI


TM Kompetensi Dasar Indikator Pokok Bahasan Kegiatan
Pembelajaran
Waktu Sumber Belajar Penilaian
1 Mahasiswa memperoleh
gambaran umum tentang
ruang lingkup
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan arti
penting
Pengantar:
Ruang Lingkup
Perkuliahan
 Membahas ttg
silabus, teknik
perkuliahan, hak
2 x50
menit
 Review mengenai
lingkungan sosial
masing2.
 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat.

2

perkuliahan Reporting,
Editing, dan writing
sebagai landasan untuk
memahami dan
mendalami dunia
jurnalistik

Matakuliah Reporting,
Editing, dan writing
sebagai landasan untuk
memahami dan
mendalami dunia
jurnalistik
.
1. Arti penting
matakuliah
Reporting,
Editing, dan
writing sebagai
landasan untuk
memahami dan
mendalami dunia
jurnalistik
dan kwjban mhs
serta teknik
evaluasi
perkuliahan.
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
ttg matakuliah
reporting, editing,
writing.
 Sumadiria, AS Haris.
2005. Jurnalistik
Indonesia: Bandung:
Simbiosa.
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.


2 Mahasiswa memahami
Konsep Dasar Berita
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan:
Pengertian Berita; Nilai
berita; Jenis- Jenis
Berita; Unsur-Unsur
Berita; Struktur Berita;
dan Sumber Berita
2. Konsep Dasar
Berita
a. Pengertian Berita
b. Nilai berita
c. Jenis-Jenis
Berita
d. Unsur-Unsur
Beriita
e. Struktur Berita
d. Sumber Berita
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50
menit
 Sumadiria, AS Haris.
2005. Jurnalistik
Indonesia: Bandung:
Simbiosa.
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.

 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan.

3 Mahasiswa Dapat
Mempraktikkan
Mahasiswa Mengetahui
dan Dapat
3. Teknik Mencari
Berita.
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50
menit
 Sumadiria, AS Haris.
2005. Jurnalistik
 Kemampuan
mengeluarkan

3

Berbagai Teknik
Mencari Berita
Mempraktikkan Teknik
Observasi, Wawancara,
Konferensi Press, Press
release, serta Mengutip
Media Lain
a. Observasi
b. Wawancara
c. Konferensi Press
d. Press release
e. Mengutip Media
Lain

Indonesia: Bandung:
Simbiosa.
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.

pendapat dan
menjelaskan.

4 Mahasiswa Dapat
Mempraktikkan
Teknik Wawancara
Mahasiswa Dapat
Mempersiapkan
Wawancara,
Menyususn
Outline, Daftar
Pertanyaan, dan
Mengatasi Kendala
dalam Reportase
4. Reportase
Jurnalistik dan
Teknik
Wawancara
a. Jenis-jenis
Reportase
(Interpretatif,
Investigative)
b. Kendala-
Kendala
dalamReportase
dan Alternatif
Solusinya
c. Mempersiapkan
Wawancara
d. Menyusun
Pertanyaan
Wawancara
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan
praktek lapangan
2x50
menit
 Ermanto. 2005.
Wawasan Jurnalistik
Praktis. Yogyakarta:
Cinta Pena..
 Kusumaningrat, Hikmat
dan Purnama
Kusumaningrat. 2005.
Jurnalistik Teori dan
Praktik. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Siregar, Ashadi, dkk.
1998. Bagaimana
Meliput dan Menulis
Berita untuk Media
Massa. Yogyakarta:
Kanisius dan LP3Y.


 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan.

4


5 Mahasiswa memahami
konsep- konsep dasar
Bahasa Indonesia
Ragam Jurnalsitik
Mahasiswa mampu
menjelaskan Pengertian
Bahasa Indonesia
Ragam Jurnalistik
dengan Bahasa serta
mampu menerapkan
Melakukan Analisis
Kesalahan Berbahasa)
5. Pengantar
Bahasa
Indonesia
Ragam
Jurnalsitik .
a. Pengertain
Bahasa Indonesia
Ragam
Jurnalistik
dengan Bahasa
b. Operasionalisasi
(Praktik dan
Analisis
Kesalahan
Berbahasa)
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50
menit
 Kunjana Rahardi,
Bahasa Jurnalisik
 AS Haris Sumadiria,
Bahasa Jurnalisik.
 R.Siregar, Bahasa
Indonesia Jurnalistik
 Aktivitas kelas
termasuk
Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan.
.
6 6. Midt Test
7 Mahasiswa mampu
menulis Berita
Kisah (Feature)
Mahasiswa mampu
Menulis Berita Kisah
(Feature) mulai dari
teknik penulisan judul,
penyusunan lead, body,
dan Penutup (closing)
7. Teknik
MenulisBerita
Kisah (Feature)
a. Pengertian Berita
Kisah
b. Penulisan Judul
c. Penyusunan
Lead
d. Penyusunan
Body Berita
e. Latihan dan
Praktik Menulis
Berita Ringan
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan
praktek menulis
berita kisah
2x50  Sumadiria, AS Haris.
2005. Jurnalistik
Indonesia: Bandung:
Simbiosa.
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.

 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat atau
menjelaskan, dan
tugas praktek
menulis

8 Mahasiswa memahami
konsepkonsep dasar
Penulisan Kolom dan
Mahasiswa mampu
menjelaskan teknik
penulisan Kolom dan
8. Teknik
Penulisan
Kolom dan
Ceramah, Tanya
jawab, diskusi, dan
praktek.
2x50
menit
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat atau

5

Pojok Pojok, meliputi
Pengertian, struktur,
dan tahapan penulisan.
Pojok
a. Pengertian
Tulisan Kolom
dan Pojok
b. Fungsi Kolom
dan Pojok
c. Karakteristik
Tulisan Kolom
dan Pojok
d. Tahapan
Menulis Kolom
dan Pojok
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.

menjelaskan, dan
tugas praktek
menulis

9 Mahasiswa memahami
gambaran umum proses
kerja editing berita
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan proses
editing berita mulai dari
kerja reporter di
lapangan hingga di
tangan editor
9. Proses Editing
Berita
a. Editing bagi
reporter
b. Editing bagi
editor
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50  Sumadiria, AS Haris.
2005. Jurnalistik
Indonesia: Bandung:
Simbiosa.
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.

 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan.

10 Mahasiswa memahami
fungsi dasar editing
terhadap akurasi dan
substansi berita
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan
Langkahlangkah
dan teknik evaluasi
terhadap akurasi
dan substansi berita
10. Langkah-
langkah dan
teknik evaluasi
Terhadap
akurasi dan
substansi berita

a. Editing materi
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50
menit
 Sudirman Tebba,
Jurnalistik Baru.
 Dan
 Abdul Chaer, Linguistik
Umum
 Arthur J. Horoni,
Pedoman Dasar
Penulisan
 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan

6

tulisan
b. Editing teknik
tatabahasa
 Kunjana Rahardi,
Bahasa Jurnalisik
 AS Haris Sumadiria,
Bahasa Jurnalisik.
R.Siregar, Bahasa
Indonesia Jurnalistik
11 Mahasiswa Mengenal
dan Memahami
Editing terhadap
Subtansi Berita
(bagian pertama)
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan TRUTH
Criteria yang meilputi
aspek
a. Factualness
b. Accuracy
c. Completeness
d. Relevance
11. Editing
Subtansi
TRUTH
Criteria
a. Factualness
b. Accuracy
c.Completeness
d. Relevance
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50  Sumadiria, AS Haris.
2005. Jurnalistik
Indonesia: Bandung:
Simbiosa.
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.

Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan
12 Mahasiswa Mengenal
dan Memahami Editing
terhadap Subtansi Berita
(bagian kedua)
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan editing
berita dari aspek
Netralitas dengan
menghindari
a. Sensationalism
b. Stereotype
c. Juxtaposition
d. Linkages
12. Editing Subtansi
Netralitas:
a. Sensationalism
b. Stereotype
c. Juxtaposition
d. Linkages
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50
menit
 Sumadiria, AS Haris.
2005. Jurnalistik
Indonesia: Bandung:
Simbiosa.
 Santana K, Septiawan.
2005. Jurnalisme
Kontemporer. Jakarta:
Yayasan Obor
Indonesia..
 Muhtadi, Asep Saeful.
1999.Jurnalistik:
Pendekatan Teori dan
Praktik. Jakarta: Logos.
 Ishwara, Luwi. 2005.
 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan

7

Catatan-catatan
Jurnalisme Dasar.
Jakarta: Kompas.

13

Mahasiswa Mengenal
dan Memahami Editing
terhadap tatabahasa
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan Editing
tatabahasa yang
berkaitan dengan EYD,
dsb.
13. Editing
Tatabahasa
a. EYD
b. Ritme
c. Judul
d. Paragraf
e. Topic Sentence
f. Detail
g. Pengulangan
h. Tabel/Grafik
Ceramah, Tanya
jawab, dan diskusi
2x50  R.Siregar, Bahasa
Indonesia Jurnalistik
 Kunjana Rahardi,
Bahasa Jurnalisik
 AS Haris Sumadiria,
Bahasa Jurnalisik
 Friedrich Ebert Stiftung,
Pelanggaran Etika Pers

 Kemampuan
mengeluarkan
pendapat dan
menjelaskan
14 Mahasiswa
memahami
konsepkonsep
dasar editing
audio-visual untuk
media elektronik
Mahasiswa Mampu
Menjelaskan Definisi,
Konsepsi, dan
Problematika dalam
Proses editing
audiovisual
untuk media
elektronik
14. Pengenalan
Editing
audiovisual
untuk media
elektronik
a. Editing Gambar
b. Editing Suara
c. Editing Suara
dan Gambar

15 Mahasiswa
mempraktikkan
editing berita
Mahasiswa mampu
mengerjakan tugas yang
diberikan dosen terkait
dengan proses editing
berita
15. Praktik
editing
Tanya jawab,
diskusi, dan
praktek editing
2X50  Kunjana Rahardi,
Bahasa Jurnalisik
 AS Haris Sumadiria,
Bahasa Jurnalisik.
R.Siregar, Bahasa
Indonesia Jurnalistik
 Hasil Tugas
16 7. Ujian Akhir
Semester

8

4. DAFTAR RUJUKAN
1. Referensi
a. AS Haris Sumadiria, 2010. Bahasa Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
b. Kunjana Rahardi, 2005. Bahasa Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.
c. Sumadiria, AS Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia: Bandung: Simbiosa.
d. Santana K, Septiawan. 2005. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
e. Muhtadi, Asep Saeful. 1999.Jurnalistik: Pendekatan Teori dan Praktik. Jakarta: Logos.
f. Friedrich Ebert Stiftung, Pelanggaran Etika Pers
g. Ishwara, Luwi. 2005. Catatan-catatan Jurnalisme Dasar.


.