EXECUTIVE SUMMARY 
Kajian Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa 



Sejak diberlakukannya Undang‐undang Nomor 32 tahun 2004, titik berat 
otonomi daerah berada pada level pemerintah kabupaten/kota sehingga sumber 
daya (keuangan, manusia, dll) lebih terkonsentrasi pada pemerintah kabupaten/kota. 
Hal ini menyebabkan pembinaan pemerintahan kabupaten/kota terhadap desa 
menjadi tidak optimal. Pengaturan yang demikian juga akan dapat menghilangkan 
otonomi adat yang dalam kapasitas
 tertentu dapat mengarahkan pemerintahan desa 
menjadi satuan pemerintah administratif, yang bertugas melayani pemerintah 
kabupaten/kota.  
Dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah yang terpenting adalah 
bagaimana pemerintahan desa mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, 
mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat desa, dan mampu meningkatkan 
daya saing desanya. Hal tersebut hanya mungkin terwujud apabila urusan yang 
menjadi 
kewenangan desa dapat terlaksana dengan baik. Tidak dapat dipungkiri, 
bahwa dalam implementasinya terdapat berbagai permasalahan yang langsung 
maupun tidak langsung menghambat pelaksanaan urusan‐urusan pemerintahan 
tersebut. 
Kapasitas yang masih rendah merupakan bagian dari permasalahan yang 
ditunjukkan di lapangan. Diantaranya masih belum optimalnya aspek kelembagaan, 
sumberdaya manusia, maupun manajemen pemerintahan desa. Pada
 tahun 2008 
Pusat Kajian  Kinerja Otonomi Daerah, telah melaksanakan Kajian Peningkatan 
Kapasitas Pemerintahan Desa, kajian ini telah menghasilkan cetak biru (blueprint) 
yang memuat strategi‐strategi penyelesaian masalah (problem solving) 
penyelenggaraan pemerintahan desa dan menyusun modul‐modul peningkatan 
kapasitas pemerintahan desa. Lebih lanjut modul‐modul tersebut merupakan hasil 
identifikasi aspek
 kapasitas yang perlu ditingkatkan yaitu Perencanaan & 
Penganggaran Desa, Keuangan Desa, Penyusunan Kebijakan Desa, Kepemimpinan 
Kepala Desa dan  Manajemen Pelayanan Desa.  
Sebagai tindak lanjut dari kajian tentang pemerintahan desa, maka Lembaga 
Administrasi Negara c.q. Pusat Kajian Kinerja Otonomi Daerah, pada tahun 2009 telah 
melaksanakan kegiatan kajian tentang Peningkatan Kapasitas Aparatur
 Desa, dimana 
tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan strategi peningkatan kapasitas 
aparatur desa dan menyempurnakan modul peningkatan yang telah disusun pada 
kajian tahun 2008. Jenis kajian yang digunakan dalam kajian ini adalah 
pengembangan (development) dengan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data 
yang dilakukan adalah workshop  dengan para kepala desa dan
 wawancara dengan 

ii 

narasumber di daerah kajian. Kegiatan kajian ini dilakukan pada 7 (tujuh) daerah 
provinsi, dimana dari masing‐masing provinsi, diambil 2 (dua) kabupaten sebagai 
lokus  kegiatan ini yaitu Provinsi Bengkulu, Jambi, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara 
Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. 
Berdasarkan analisis data lapangan, dapat disimpulkan beberapa hal
 sebagai 
berikut : 
1. Perencanaan dan Penganggaran Desa. Belum semua desa menyusun dokumen‐
dokumen perencanaan, hanya beberapa desa yang telah menyusun RKP Desa 
(tahunan), akan tetapi tidak memiliki RPJM Desa (lima tahunan). Hal ini ‘aneh’ 
karena dokumen RKP Desa seharusnya mengacu kepada dokumen RPJM Desa. 
Selain itu pelaksanaan Musrenbang Desa
 di beberapa daerah kajian tidak 
berlangsung secara optimal. Adanya keterbatasan anggaran juga berpengaruh 
besar pada penyusunan anggaran pendapatan dan belanja desa (APB Desa).  
2. Keuangan Desa.  Pelaksanaan manajemen keuangan dan kekayaan desa dapat 
dikatakan belum dapat terselenggara dengan baik . Dalam pelaksanaan 
perencanaan keuangan daerah, banyak desa belum menerapkan anggaran
 APBD 
Desa serta belum dapat menentukan skala prioritas serta distribusi sumber daya 
dengan baik. Dalam pelaksanaan dan penatausahaan keuangan desa,  
administrasi desa belum terselenggara dengan baik, pelaporan dan 
pertanggungjawaban keuangan desa juga belum dilakukan dengan baik. Dalam 
manajemen kekayaan desa, banyak dijumpai barang‐barang kekayaan desa yang 
belum terpelihara dengan 
baik serta masih adanya persoalan dalam pembagian 
kekayaan desa sebagi akibat dari pemekaran desa. Pengelolaan potensi desa 
untuk menambah pendapatan desa dapat dikatakan juga masih belum optimal. 
Badan Usaha Milik Desa yang diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli 
desa cenderung belum terkelola dengan baik.  Akhirnya, dari sisi penerimaan 
keuangan desa masih sangat
 bergantung dari transfer pemerintah yang ada di 
atasnya. 
3. Kebijakan Desa. Berdasarkan temuan lapangan kapasitas aparatur desa dalam 
penyusunan kebijaksanaan desa masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari jumlah 
kebijakan desa yang disusun masih minim. Penyusunan kebijakan desa belum 
mencerminkan tahapan dari proses penyusunan peraturan desa. Sosialisasi, 
pelatihan dan simulasi 
tentang penyusunan kebijakan desa yang diselenggarakan 
oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Propinsi dan 
Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten masih 
sangat terbatas, karena keterbatasan sumber‐sumber daya  yang dimiliki oleh 
institusi tersebut. 
4. Kepemimpinan Kepala Desa. Pembuatan keputusan oleh kepala desa belum 
berdasar pada azas manajemen modern. 
Pemilihan kepala desa oleh masyarakat 
di beberapa daerah lebih didasari oleh faktor tradisional atau pertalian 
kekeluargaan. Kondisi sosial, ekonomi dan kultur termasuk tingkat pendidikan 

iii 

yang rendah dari  masyararakat juga mempengaruhi pelaksanaan program‐
program pembangunan. 
5. Manajemen Pelayanan Desa.  Dalam hal pelayanan desa diperlukan political will 
dari pemerintah daerah setempat,  political will terkait dengan penyerahan 
urusan sesuai dengan kebutuhan desa.  Sementara itu, sebagai unit pelayanan 
publik, pemerintahan desa menghadapi keterbatasan kapasitas manajemen‐
administratif (kualitas dan kuantitas
 sumber daya manusia aparatur desa yang 
berpengaruh pada produktifitas dan kreatifitas aparatur desa). Sebagai unit 
representasi negara, pemerintahan desa menghadapi keterbatasan kemandirian 
dalam pendanaan untuk memelihara eksistensi pemerintahan di wilayahnya. 
Kurangnya sarana dan prasarana perkantoran menjadi penghambat dalam 
menunjang pelaksanaan pelayanan administrasi di desa, disamping masih 
minimnya pengetahuan masyarakat dalam 
mengurus kelengkapan administratif 
sesuai ketentuan yang ada. Yang tak kalah penting berpengaruh terhadap 
aksesibilitas  dan kualitas pelayanan adalah medan (geografis) yang  sulit 
dijangkau dan pola hidup masyarakatnya yang masih tradisional terhadap 
informasi dan pelayanan yang disiapkan pemerintah. 
Dari uraian tersebut di atas  dan uraian pada bab‐bab dalam laporan ini, kiranya
 
dapat direkomendasikan hal‐hal sebagai berikut : 
1. Perencanaan dan Penganggaran, perlunya upaya peningkatan 
kemampuan/kompetensi aparatur desa dalam hal: (a) metode perencanaan 
partisipatif, (b) analisis masalah dan potensi desa, (c) metode pemilihan skala 
prioritas kegiatan, (d) penyusunan anggaran dan belanja desa, dan (e) 
berkomunikasi/berdiskusi/presentasi.  Upaya yang dapat ditempuh: pelatihan 
(bimbingan
 teknis, pembekalan, penataran, dll) dan non‐pelatihan (studi banding, 
magang, dst). 
2. Keuangan Desa, pada level sistem strategi yang dapat dikembangkan adalah : 
Penguatan kapasitas keuangan aparatur desa dengan kewenangan desa dan 
memperbaiki metode pengalokasian dana desa dan perbaikan sumber daya 
aparatur desa melalui perbaikan rekuitmen dan manajemen aparatur desa.
  Pada 
level organisasi adalah Peningkatan kapasitas manajemen keuangan desa melalui 
penguatan BUMDes sebagai sumber penerimaan dan pengembangan ekonomi 
masyarakat desa dan kapasitas manajemen keuangan desa melalui penguatan 
kerjasama antar desa dalam bidang ekonomi dan berbagai pelayanan publik, 
peningkatan sarana dan prasarana pemerintahan desa, dan mekanisme 
akuntabilitas desa. Pada level individu
, strategi yang dapat dikembangkan 
adalah, peningkatan melalui bimbingan teknis manajemen keuangan desa yang 
mencakup penyusunan APBDesa, Pengelolaan ADD, Pengelolaan Kekayaan Desa, 
Pengelolan BUMDes. Selain itu perlunya sosialisasi peraturan kebijakan keuangan 
desa melalui pendampingan maupun fasilitasi, misalnya dalam pendirian 
BUMDes, dan sebagainya. 

iv 

3. Kebijakan Desa, strategi utama peningkatan kapasitas dalam kelembagaan 
meliputi : aspek keuangan, dan aspek sumberdaya manusia aparatur perangkat 
desa, aspek sumberdaya aparatur BPMPD yakni tersedianya pejabat fungsional 
widyaiswara yang mampu untuk mengampu materi Kebijakan Desa. Strategi lain 
adalah perumusan wewenang yang jelas antara antar lembaga dalam kebijakan 
desa. Terprogramnya 
kegiatan pelatihan dan sosialisasi berkesinambungan  
tentang Penyusunan Kebijakan Desa yang dilaksanakan oleh Badan 
Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten serta tersusunnya 
modul‐modul yang berkaitan dengan Perumusan Kebijakan.  
4. Kepemimpinan Kepala Desa, strategi yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan 
dalam penguasaan seni dan teori kepemimpinan, selain itu kemampuan dalam 
menyusunan peraturan 
desa; kemampuan dalam pengambilan keputusan 
Kemampuan dalam negosiasi; dan  Kemampuan dalam manajemen konflik.  
5. Manajemen Pelayanan Desa, sebagai strategi untuk meningkatkan kapasitas 
aparatur desa dalam bidang pelayanan kepada masyarakat diantaranya adalah 
perlu adanya peningkatan kemampuan aparat desa dalam merumuskan program‐
program pelayanan. Selain itu peningkatan kemampuan dalam mengelola 
pelayanan termasuk 
pengetahuan teknis administratif (format‐format pelayanan 
administrasi dsb) dan kemampuan memahami petunjuk maupun peraturan 
undang‐undang yang mendukung aparatur desa dalam memberikan pelayanan, 
selain kemampuan teknis  penunjang(mengoperasikan komputer dll). 
Kemampuan mengambil keputusan, Kemampuan dalam melakukan kerjasama 
(LSM, masyarakat, instansi terkait, pemerintah daerah) dalam  pelayanan terkait 
juga perlu ditingkatkan.