INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER

Kode Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT ( sks ) SEMESTER Tgl Penyusunan
Metode Numerik CEA3123 Matematika Lanjut
T = 3 P = 0 5 1 Maret 2018
OTORISASI Pengembang RP S Koordinator RMK Ketua PRODI



Helmy Widyantara, S.Kom., M.Eng







Helmy Widyantara, S.Kom., M.Eng
Capaian
Pembelajaran (CP)
CPL - PRODI
[ P - 04 ]

[ KU - 02 ]
[KK - 0 1 ]



Me nguasa i pe nget ahua n t ent ang co mput ing sc ie nc e ya ng d iper luka n u nt uk me nga na lis is da n mera nc ang pera ngkat
at au sist e m ya ng ko mp leks.
Ma mpu me nu njukka n k iner ja ma nd ir i, ber mut u, dan t erukur
Ma mpu me nerapka n mat e mat ika, sa ins, dan pr insip reka yasa (e ng ineer ing pr inc ip les) unt uk me nye le s a ika n ma sa la h
reka ya sa ko mp lek s pada sist e m t eleko mu nika si
CP MK
CPMK - 1 M ahasiswa m a mpu me nje lask a n t ent ang Met o de Numer ik secara u mu m [P - 04,KU - 02,KK - 01 ]
CPMK - 2 Mahasiswa ma mpu me nje lask a n ko nsep erro r dan Pengguna a nnya [P - 04,KU - 02,KK - 01 ]
CPMK - 3 M ahasiswa m a mpu me nje lask a n ko nsep da la m me ncar i so lu si per sa maa n no nline ar [P - 04,KU - 02,KK - 01 ]
CPMK - 4 Mahasiswa m a mpu me nje lask a n ko nsep da la m me ncar i so lu si sist e m persa maa n linear [P - 04,KU - 02,KK - 01 ]
CPMK - 5 M ahasiwa m a mpu me nje la ska n ko nsep p enco co kan kurv a [P - 04,KU - 02,KK - 01 ]
CPMK - 6 M ahasiswa m a mpu me nje lask a n ko nsep t urunan nu mer ik dan pe nggu na a nnya [P - 04,KU - 02,KK - 01 ]
CPMK - 7 Mahasiswa ma mpu me nje lask a n ko nsep Int egrasi nu mer ik da n penggu naa nnya [P - 04,KU - 02,KK - 01 ]

Diskripsi Singkat MK Tujuan mata kuliah ini adalah membahas konsep­konsep metode numerik untuk
memenyelesaikan persoalan matematis yang tidak dapat diselesaikan secara analitis.

2

Bahan Kajian /
Materi
Pembelajaran
1. Ma mpu menjelaskan t entang metode nu mer ik s ecar a u mu m.
2. Ma mpu menjelaskan kons ep er r or dan p enggu naannya.
3. Ma mpu menjelaskan kons ep dala m mencar i solusi p er sa maan n onlinear .
4. Ma mpu menjelaskan kons ep d ala m mencar i solusi sist em p er sa maan l inear .
5. Ma mpu menjelaskan kons ep p encocoka n k ur va.
6. Ma mpu menjelaskan k ons ep t ur una n nu mer ik da n p enggu naannya.
7. Ma mpu menjelaskan kons ep int egr asi nu mer ik dan p enggu naannya.
Pustaka Utama :
1. Steven C. Ch apr a, Raymon d P.Canale, Numerical Meth ods For Engin eer s, McGr aw­Hill Intern ation al Edition, 2010.
2. Rin aldi Munir , Metode Numer ik, Pen er bit In for matika Ban dung, 2015.
Pendukung :

Dosen Pengampu -
Matakuliah s yarat
1. Kalkulus IA
2. Kalkulus IIA
3. Pr obabilitas & Statistika A
M g Ke -



Sub - CPMK
(Kemampuan akhir tiap
tahapan belajar)



Indikator Penilaian



Kriteria & Bentuk
Penilaian


Bentuk, Metode
Pembelajaran , dan
Penugasan Mahasiswa
[Media & Sumber belajar]
[ Esti masi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]


Bobot Penilai
an (%)

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
( 1 ,2 ) [C2,A2] Mahasiswa
memahami kegunaan
metode numerik secara
umum
Mahasiswa dapat
menjelaskan kegunaan
metode numerik dalam
bidang rekayasa

Resume

Ceramah &
Diskusi Kelompok
[TM: 2 x ( 3x50”)]
[BT+BM: (2+2 ) x( 3 x 60”)]

[U1] 5%
( 3,4 ) [C2,A2] Mahasiswa
mampu memahami
konsep error dan
penggunaannya
Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep error
dan enggunaan nya.
Resume

Ceramah &
Diskusi Kelompok
[TM: 2 x ( 3x50”)]
[BT+BM: (2+2 ) x( 3 x 60”)]

[U1] & [U2] 5%
(5,6 ) [C3,A2] Mahasiswa
mampu menggunakan
metode untuk mencari
Mahasiswa dapat
menggunakan metode
Tugas 1 Ceramah &
Diskusi Kelompok
[TM: 2 x ( 3x50”)]
[U1] & [U2] 30%

3

solusi persamaan
nonlinear.
untuk mencari akar
persamaan nonlinear.
[BT+BM: (2+2 ) x( 3 x 60”)]

(7 ) [C3,A2] Mahasiswa
mampu menggunakan
metode untuk
menyelesaikan
persamaan linier.
Mahasiswa dapat
menggunakan berbaggai
metode untuk
menyelesiakan
persamaann linier.
Resume

Ceramah &
Diskusi Kelompok
[TM: 1x ( 3x50”)]
[BT+BM: (1+1) x( 3 x 60”)]
[U1] & [U2] 10%
(8) Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester
(9,10 ) [C2,A2] Mampu
menjelaskan konsep
pencocokan kurva
Dapat membedakan
interpolasi dengan regresi.
Resume

Ceramah &
Diskusi Kelompok
[TM: 2 x ( 3x50”)]
[BT+BM: (2+2 ) x( 3 x 60”)]
[U2] 10%
(11 ,12,
13 )
[C3,A2] Mahasiwa
mampu menjelaskan
konsep turunan
numerik dan
penggunaannya
Ketepatan dalam
menggunakan pendekatan
dalam menghitung turunan
numerik
Resume

Ceramah &
Diskusi Kelompok
[TM: 3 x ( 3x50”)]
[BT+BM: (3+3 ) x( 3 x 60”)]
[U1] & [U2] 10%
(14,15 ) [C3,A2] Mampu
menjelaskan konsep
Integrasi numerik dan
penggunaannya
Mampu menggunakan
metode dalam
menyelesaikan persoalan
integrasi numeris
Tugas Ceramah &
Diskusi Kelompok
[TM: 2 x ( 3x50”)]
[BT+BM: (2+2 ) x( 3 x 60”)]
[U1] & [U2] 30%
16 Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semeste r
Catatan :
1. Capaian PembelajaranLulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap,
penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap
bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan
kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-
indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa
kuantitatif ataupun kualitatif.

4

6. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi
kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

Catatan tambahan:
(1). Bobot SKS (P = Praktek; T= Teori).
(2). TM: Tatap Muka; BT: Beban Tugas; BM: Belajar Mandiri.
(3). 1 sks = (50’ TM + 50’ PT + 60’ BM)/Minggu
(4). Simbol-simbol elemen KKNI pada CPL-Prodi: S = Sikap; KU = Ketrampilan Umum; KK = Ketrampilan Khusus; P = Pengetahuan



INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER
RENCANA TUGAS MAHASISWA
MATA KULIAH Metode Numerik
KODE
T K31T 04 sks 3 SEMESTER 5
DOSEN PEN GAMPU -
BENTUK TUGAS WAKTU PENGERJAAN TUGAS
Laporan Tertulis Minggu 5
JUDUL TUGAS
Membuat program untuk menyelesaikan akar dari fungsi f(x)
SUB CAPAIAN PEMBEL AJARAN MATA KULIAH
 Mempelajari dan menjelaskan konsep dalam mencari solusi persamaan nonlinear [C3, P3, A2].
DISKRIPSI TUGAS
1. Membuat pr ogram un tuk men car i akar dari fun gsi f(x)
2. Tugas dilaksan akan secara ber kelompok, tiap kelompok ter diri dari dua mah asiswa .
3. Tugas didemokan dan dibuat lapor an secar a ter tulis

METODE PENGERJAAN TUGAS
Materi tugas adalah seperti yang telah dibahas dalam kuliah-kuliah sebelumnya.
a. Metode/cara mengerjakan, acuan yang digunakan: Gunakan materi perkuliahan yang telah diberikan.

5

b. Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan/dikerjakan: Jawaban dituliskan dalam kertas bergaris double folio, ditulis
tangan; jawaban diserahkan pada awal kuliah ke-6
BENTUK DAN FORMAT LUARAN
a. Obyek Garapan: Mencari akar dari f(x)=x^3+2x^2+10x-20 pada selang [1,1,5] dengan menggunakan
metode Regula Falsi
b. Bentuk Luaran: Laporan program komputer


INDIKATOR, KRETERIA DAN BOBOT PENI LAIAN
Penilaian didasarkan pada ketepatan jawaban atas soal-soal yang diberikan
JADWAL PELAKSANAAN
1. Aktivitas:
2. Minggu 6
3.
Tanggal:
-
LAIN - LAIN

INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KOMPUTER
RENCANA TUGAS MAHASISWA
MATA KULIAH Metode Numerik
KODE T K31T 04 sks 3 SEMESTER 5
DOSEN PEN GAMPU -
BENTUK TUGAS WAKTU PENGERJAAN TUGAS
Laporan Tertulis Minggu 14
JUDUL TUGAS
Membuat program Integrasi numeris
SUB CAPAIAN PEMBEL AJARAN MATA KULIAH
 Mempelajari dan menjelaskan konsep dalam mencari solusi dengan integrasi numeris [C3, P3, A2].
DISKRIPSI TUGAS
1. Membuat pr ogram un tuk men gh itun g integr al

6

2. Tugas dilaksan akan secara ber kelompok, tiap kelompok ter diri dari dua mah asiswa .
3. Tugas didemokan dan dibuat lapor an secar a ter tulis

METODE PENGERJAAN TUGAS
Materi tugas adalah seperti yang telah dibahas dalam kuliah-kuliah sebelumnya.
a. Metode/cara mengerjakan, acuan yang digunakan: Gunakan materi perkuliahan yang telah diberikan.
b. Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan/dikerjakan: Jawaban dituliskan dalam kertas bergaris double folio,
ditulis tangan; jawaban diserahkan pada awal kuliah ke-15
BENTUK DAN FORMAT LUARAN
a. Obyek Garapan: Hitung integral ∫e
ax
dx
3,4
1,8
menggunakan metode trapesium dan simpson 1/3, dimana a=dua
digit terakhir NIM anda
b. Bentuk Luaran: Laporan program komputer


INDIKATOR, KRETERIA DAN BOBOT PENI LAIAN
Penilaian didasarkan pada ketepatan jawaban atas soal-soal yang diberikan
JADWAL PELAKSANAAN
4. Aktivitas:
5. Minggu 15
6.
Tanggal:
-
LAIN - LAIN