RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR




Koordinator : Hasbi Ali, S.Pd, M.Si
Dosen Pengampu : Tim ISBD






PROGRAM STUDI SEMUA JURUSAN
FAKULTAS UNIT PELAKSANA TEKNIS MATA KULIAH UMUM
UNIVERSITAS SYIAH KUALA

2023

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah : Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Semester : 1 Kode : MKS 104 SKS : 2
Program Studi : Semua Jurusan Dosen : Hasbi Ali, S.Pd, M.Si

Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO) :
Agar mahasiswa sebagai warganegara mampu memahami dan menyadari bahwa matakuliah ISBD merupakan bagian
integral dari kurikulum pendidikan tinggi.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CLO) :
Matakuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar menghargai keberagaman
dan kederajatan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; bersikap kritis dalam memecahkan
berbagai permasalahan sosial budaya yang ada di sekitarnya secara arif dan bijaksana; sebagai pendampi ng mahasiswa
dalam menerapkan disiplin ilmunya dalam berbagai bidang kehidupan sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya
selama di bangku kuliah.
Kriteria Penilaian : Penilaian Acuan Patokan Kompetensi Sedang
Nomor

Nilai Angka Nilai Huruf
1 ≥ 87 A 2 ≤ 78,< 87 AB 3 ≤ 69,< 78 B 4 ≤ 60,< 69 BC 5 ≤ 51,< 60 C 6 ≤ 41,< 51 D 7 < 41 E

Item Penilaian : Quis 10%
Tugas 25%
UTS 25%
UAS 40 %
Total 100

JADWAL, URAIAN MATERI, DAN KEGIATAN PERKULIAHAN Minggu
Ke-
Kemampuan Akhir
Yang Diharapkan
Bahan Kajian
(Materi Perkuliahan)
Strategi
Perkuliahan
Waktu Belajar

Kriteria Penilaian
(Indikator)
Bobot Nilai
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
I
1. Menjelaskan hakekat Ilmu Sosial
dan Budaya Dasar
2. Menjelaskan tujuan mempelajari
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
3. Menjelaskan materi kajian Ilmu
Sosial dan Budaya Dasar
4. Menjelaskan sistem perkuliahan
secara umum
5. Menjelaskan kriteria dan standar
penilaian perkuliahan


1. Hakekat Ilmu Sosial dan
Budaya Dasar
2. Tujuan mempelajari
Ilmu Sosial dan Budaya
Dasar
3. Materi kajian Ilmu Sosial
dan Budaya Dasar
4. Sistem perkuliahan
secara umum
5. Kriteria dan standar
penilaian perkuliahan


Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat Ilmu Sosial
dan Budaya Dasar,
tujuan mempelajari
Ilmu Sosial dan
Budaya Dasar, materi
kajian Ilmu Sosial dan
Budaya Dasar, Sistem
perkuliahan secara
umum, serta kriteria
dan standar penilaian
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

5 %
II
1. Memahami Hakekat Manusia
sebagai Makhluk Budaya
2. Memberikan Apresiasi terhadap
Kemanusian dan Kebudayaan
3. Memahami Konsep Etika dan
Estetika Berbudaya
4. Menjelaskan Konsep
Memanusiakan Manusia
5. Mampu menyikapi Berbagai
Problematika Budaya yang
berkembang dalam Masyarakat
dan Mencari Solusinya.

1. Hakekat Manusia
sebagai Makhluk
Budaya
2. Apresiasi terhadap
Kemanusian dan
Kebudayaan
3. Konsep Etika dan
Estetika Berbudaya
4. Konsep
memanusiakan
manusia
5. Problematika Budaya
yang berkembang
dalam Masyarakat dan
Mencari Solusinya.

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat manusia
sebagai makhluk
buudaya, apresiasi
terhadap kemanusiaan
dan kebudayaan,
konsep etika dan
estetika, konsep
memanusiakan
manusia, dan
problematika budaya
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
5 %

tanggung jawab,
kerjasama

III
1. Mampu memahami Hakekat
Manusia sebagai Makhluk
Individu dan Sosial
2. Mampu melaksanakan Peranan
Manusia sebagai Makhluk
Individu dan Sosial

1. Hakekat Manusia
sebagai Makhluk
Individu dan Sosial
2. Peranan Manusia
sebagai Makhluk
Individu dan Sosial

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat manusia
sebagai makhluk
individu dan sosial
serta peranan manusia
sebsgai makhluk
individu dan sosial
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

5 %
IV
1. Mampu menyikapi Dinamika
Interaksi Sosial
2. Mampu menyelesaikan Dilema
antara Kepentingan Individu dan
Kepentingan Masyarakat

1. Dinamika Interaksi
Sosial
2. Dilema antara
Kepentingan Individu
dan Kepentingan
Masyarakat

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
dinamika interaksi
sosial dan dilemma
antara kepentingan
individu dengan
kepentingan
masyarakat
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

10 %
V
1. Memahami Hakekat Peradaban
2. Menyadari bahwa Manusia
sebagai Makhluk Beradab dan
Masyarakat Adab

1. Hakekat Peradaban
2. Manusia sebagai
Makhluk Beradab dan
Masyarakat Adab

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat peradaban
dan manusia sebagai
makhluk beradab dan
masyarakat adab
Ketrampilan:
Mengemukakan
5 %

pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

VI
1. Menyikapi Evolusi Budaya dan
Wujud Peradaban dalam
Kehidupan Sosial Budaya
2. Memakna Dinamika Peradaban
Global.

1. Evolusi Budaya dan
Wujud Peradaban
dalam Kehidupan
Sosial Budaya
2.i Dinamika Peradaban
Global.

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
evolusi budaya dan
wujud peradan dalam
kehidupan sosial
budaya dan dinamika
peradaban global
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

10
VII
1. Memahami Hakekat
Keberagaman
2. Memahami Kesederajatan
Manusia


1. Hakekat
Keberagaman
2. Kesederajatan
Manusia


Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat keberagaman
dan kesederajatan
manusia
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

5 %
VIII
1. Menyadari Kemajemukan
2. Menjelaskan Dinamika Sosial
Budaya.

1. Kemajemukan
2. Dinamika Sosial
Budaya.

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat
kemanjemukan dan
dinamika sosial
budaya
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
10 %

diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

IX UTS 2 x 50’ 5 % X
1. Menjelaskan Hakekat, Fungsi,
dan Perwujudan Nilai, Moral, dan
Hukum
2. Melaksanakan Keadilan,
Ketertiban, dan Kesejahteraan.

1. Hakekat, Fungsi, dan
Perwujudan Nilai,
Moral, dan Hukum
2. Keadilan, Ketertiban,
dan Kesejahteraan.

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw
2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat, fungsi, dan
perwujudan nilai;
keadilan, ketertiban,
dan kesejahteraan
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

5 %
XI
1. Memahami Problema Nilai,
Moral, dan Hukum dalam
Masyarakat dan Negara.
2. Menjelaskan upaya penegakan
nilai, moral, dan hukum dalam
masyarakat.

1. Problema Nilai, Moral,
dan Hukum dalam
Masyarakat dan
Negara.
2. Upaya penegakan
nilai, moral, dan
hukum dalam
masyarakat.

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
problema nilai, moral,
dan hukum dalam
masyarakat dan
negara; upaya
penegakan nilai moral
dan hukum dalam
masyarakat
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

5 %
XII
1. Menjelaskan Hakekat dan Makna
Sains, Teknologi, dan Seni bagi
Manusia
2. Menyadari Dampak Penggunaan
IPTEK bagi Kehidupan.
1. Hakekat dan Makna
Sains, Teknologi, dan
Seni bagi Manusia
2. Dampak Penggunaan
IPTEK bagi
Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakekat dan sains,
teknologi, dan seni
bagi manusia; dampak
penggunaan IPTEKS
10 %

Kehidupan.

Model
: Jig Saw

bagi kehidupan
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

XIII
1. Menyikapi Problematika
Pemanfaatan IPTEK di
Indonesia.
2. Menjelaskan upaya
meminimalisir dampak negatif
pemanfaatan IPTEKS.

1. Problematika
Pemanfaatan IPTEK
di Indonesia.
2. Upaya meminimalisir
dampak negatif
pemanfaatan IPTEKS.

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
problema
pemanfaatan IPTEKS
di Indonnesia dan
upaya meminimalisisr
dampat negative
pemanfaatan IPTEKS
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

5 %
XIV
1. Menjelaskan Hakekat dan Makna
Lingkungan bagi Manusia
2. Menjaga Kualitas Lingkungan
dan Penduduk terhadap
Kesejaahteraan.

1. Hakekat dan Makna
Lingkungan bagi
Manusia
2. Kualitas Lingkungan
dan Penduduk
terhadap
Kesejaahteraan.

Pendekatan
:
Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan
hakkekat dan makna
lingkungan bagi
manusia; kualitas
lingkungan dan
penduduk terhadap
kesejahteraan
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

5 %
XV 1. Menjelaskan dampak 1. Dampak pencemaran
Pendekatan
: 2 x 50’
Tes tertulis:

Jelaskan 5 %

pencemaran lingkungan
terhadap kehidupan
2. Menjelaskan upaya
meminimalisir pencemaran dan
kerusakan lingkungan


lingkungan terhadap
kehidupan
2. Upaya meminimalisir
pencemaran dan
kerusakan lingkungan


Cooperative
Learning
Metode: Ceramah
bervariasi
Model: Jig Saw

dampak pencemaran
lingkungan terhadap
kehidupan dan upaya
meminimalisisr
pencemaran dan
kerusakan lingkungan
Ketrampilan:
Mengemukakan
pendapat dalam
diskusi
Afektif: Tepat waktu,
tanggung jawab,
kerjasama

XVI UAS 2 x 50’ 5 %
TOTAL


100%


Sumber Belajar/ Referensi
1. The Realism of Meaning (Philip H. Phoenik, 1964),
2. The Cultural Background of Personality (Ralph Linton, 1978),
3. Modul Acuan Pembelajaran Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (Dirjendikti, 2003),
4. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (M. Setiadi, Elly et.al., 2002),
5. Memanusiakan Manusia Muda (Nursyid Sumaatmadja, 2002)
6. Manusia, Mentalitet, dan Pembangunan (Koentjaraningrat, 1997),
7. lmu Budaya Dasar (Djoko Widagdo, 1986),
8. Ilmu Budaya Dasar (Sulaiman, 1998).
9. Manusia dalam konteks Sosial, Budaya, Lingkungan Hidup (Nursyid Sumaatmadja, 2000),
10. Individu, Keluarga, dan Masyarakat (AW Widjaja, 1986),
11. Etika Sosial (Jenny Teichman, 2001),
12. The Third Way (Anthony Giddens, 1998),
13. The Clash of Civilization and the Remaking of the w orld (Samuel Huntington, 1996),
14. The Good Society (Robert Bellah, 1999),
15. Membangun Masyarakat Sipil Jakarta dalam Demokrasi, Kekerasan, dan Disintegrasi (Paulus Wirutomo, 2001).
16. Manusia Indonesia (AW Widjaja, 1985),
17. Sosiologi suatu Pengantar (Soerjono Soekanto, 1988).

18.
Introduction
dalam
Ethnic Groups and Bundaries
(Barth F, 1969),
19.
State Violence and Ethnicity
(Berghe P. Van Den, 1990),
20.
Colonial Policy and Practice
(Furnival J.S, 1948).
21.
Tata Hukum Indonesia
(Ahmad Ali, 2000),
22.
Sosiologi

Hukum
(Satjipto Rahardjo, 1998).
23.
Filsafat Nilai
(Risieri Frondizi, 2001),
24.
Dialektika Hukum dan Moral
(Gunawan Setiaardja, 2000),
25.
Moral dan Permasalahannya
(Purwo Hadiwardoyo, 1990)
26.
Etika
(Kess Bartens, 2000),
27.
Estetika dan Seni dalam Kehidupan Manusia di Era Gl
obal
(RM. Soedarsono dan I Wayan Rai, 2008),
28.
Perkembangan Ipteks dalam Perspektif Filsafat
(Kunto Wibisono Siswomihardjo, 2008),
29.
Wawasan Etika dalam Pengembangan Ipteks
(Paul Suparno, 2008),
30.
Perspektif dari Perkembangan Ilmu dan Teknologi
(TB. Bachtiar Rifai, 1986),
31.
Tekonologi dan Dampak Kebudayaannya
(IB. Mangunwijaya, 1985),
32.
Mencermati Misteri Globalisasi
(Martani Huseini, 1999).
33.
Undang Undang Lingkungan Hidup
(Depdagri, 2005).
34.
Buku Ajar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar serta Kawasa
n Ekosistem Leuser Berbasis General Education
(Teuku
Muttaqin, Adli Abdullah, Sulaiman Tripa, Hasbi Ali,
2020)





Mengetahui,
Banda Aceh, 20 Agustus 2023
Kepala UPT MKU Unsyiah
Koordinator/ Penanggungjawab,



Dr. Teuku Muttaqin Mansur, M.H. Hasbi Ali, S.P
d, M.Si
NIP.197909052008121002 NIP.19701122200501100
2