RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)
MATA KULIAH
Algoritma dan Pemrograman I
( TIF16076 )
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MEDAN AREA
2021

Mahasiswa Memahami pendahuluan perkuliahan tentang konsep dasar algoritma, hubungan logika & algoritma, paradigma pemrograman, dan skema dasar algoritma (minggu ke 1)
Mahasiswa Mampu menuliskan algoritma dalam struktur teks algoritma yang standard dalam penggunaan tipe dasar dan tipe bentukan (minggu ke 2)
Mahasiswa mampu menggunakan konsep tipe assignment, input/output, dan ekspresi (minggu ke 3)
Mahasiswa mampu merancang algoritma pemilihan kondisi (kasus) dengan tepat. (minggu ke 4 dan 5)
Mahasiswa mampu menggunakan skema algoritma pengulangan dengan tepat (minggu ke 6 dan 7)
UTS (Ujian Tengah Semester) (minggu ke 8)
Mahasiswa dapat mengggunakan fungsi dan procedure (minggu ke 9 dan 10)
Mahasiswa dapat mengoperasikan Larik (minggu ke 11 dan 12)
Mahasiswa dapat menjelaskan Operasi matrik (minggu ke 13)
Mahasiswa dapat menjelaskan pemrosesan arsip dalam algoritma (minggu ke 14)
Mahasiswa dapat menjelaskan proses rekursif (minggu ke 15)
UAS (Ujian Akhir Semester) (minggu ke 16)
CPMK
1.
Memiliki kemampuan menjelaskan Konsep dan Struktur Dasar Algoritma
2.
Mahasiswa mampu Menuliskan notasi Algoritma
3.
Mampu memahami dan menggunakan tipe data, nilai dan ekspresi dalam algoritma
4.
Mampu merancang Konstruksi Dasar Algoritma (Runtunan,Pemilihan dan Pengulangan)
Gambar : Analisis Instruksional mata kuliah Algoritma dan Pemrograman I

UNIVERSITAS MEDAN AREA
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Nama Matakuliah Kode Matakuliah Bobot
(sks)
Semester Tgl Penyusunan
Algoritma dan Pemrograman I TIF16076 2 I 10-09-2021
Otorisasi / Pengesahan Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua Program Studi
Tim KDBK MK Prodi Informatika Zulfikar Sembiring, S.Kom, M.Kom Rizki Muliono, S.Kom, M.Kom
Capaian Pembelajaran (CP) CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
1.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; (S10) .
2.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) .
3.
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; (KU5) .
4.
Mampu mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi komputasional bagi permasalahan sistem informasi dan sistem cerdas. (KK3) .
5.
Mampu menerapkan metode Komputasi secara efektif dan efisien. (P2) .
6.
Mampu menguasai konsep teoritis di bidang Informatika, khususnya di bidang teori komputasi, jaringan komputer, teknologi web, teknologi mobile, sistem informasi,
dan basis data; (P4) .
7.
Memiliki pengetahuan yang memadai terkait dengan cara kerja sistem komputer dan mampu menerapkan berbagai algoritma/metode untuk memecahkan masalah. (P6) .
S10,KU1,KU5,KK3,P2,P4,P6
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1.
Memiliki kemampuan menjelaskan Konsep dan Struktur Dasar Algoritma
2.
Mahasiswa mampu Menuliskan notasi Algoritma
3.
Mampu memahami dan menggunakan tipe data, nilai dan ekspresi dalam algoritma
4.
Mampu merancang Konstruksi Dasar Algoritma (Runtunan,Pemilihan dan Pengulangan)
  Korelasi CPMK Terhadap Sub-CPMK
 
Sub-CPMK1 Sub-CPMK2 Sub-CPMK3 Sub-CPMK4 Sub-CPMK5 Sub-CPMK6 Sub-CPMK7 Sub-CPMK8 Sub-CPMK9 Sub-
CPMK10
CPMK 1 V V
CPMK 2 V V V
CPMK 3 V V V V V
CPMK 4 V V V V V
Deskripsi Singkat MK Mata kuliah ini mempelajari struktur dasar algoritma, notasi algoritmik, tipe, harga & ekspresi, struktur kontrol algoritmik, pemilihan (analisa kasus), fungsi, prosedur,
pengulangan.

Bahan Kajian /Materi Pembelajaran
1.
Algoritma dan Flowchart
2.
Tipe data, Assigment, ekspresi boolean, ekspresi numerik, ekspresi character dan string Sequence
3.
Statement-statement untuk penyeleksian kondisi
4.
Function
5.
Prosedure
6.
Pengulangan: Struktur pengulangan, Pernyataan FOR, Pernyataan WHILE, REPEAT
Daftar Referensi/Pustaka
1.
Liem, Inggriani, 2007, Diktat kuliah Algoritma Pemrograman Prosedural, Bandung : Institut Teknologi Bandung.
2.
Munir, Rinaldi, 2016, Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C edisi Bandung : Informatika
3.
Kadir, Abdul, 2012, “Algoritma & Pemrograman Menggunakan C & C++”, Andi Offset
4.
Schaum’s Outline of Programming with Pascal, Byron S. Gottfried, McGraw Hill.
5.
Programming with Pascal, John Konvalina and Stanley Wileman, McGraw Hill.
6.
Chaudhary, Harry H. , 2014, Introduction to C Programming :: Step By Step Beginner's To Experts Edition, USA : First MIT-Createspace Inc. O-D-Publishing
7.
Kochan, Stephen G., 2014, Programming in C Fourth Edition, Addison-Wesley Professional
Dosen Pengampuh Zulfikar Sembiring, S.Kom, M.Kom
Mata kuliah prasyarat (Jika ada)

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Mahasiswa Memahami
pendahuluan perkuliahan
tentang konsep dasar
algoritma, hubungan logika &
algoritma, paradigma
pemrograman, dan skema
dasar algoritma
Mamahami konsep algoritma Penguasan materi Ceramah tutorial diskusi PBL
-
[3 x 50 menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Pendahuluan: kontrak
kuliah dan silabus
Konsep dasar algoritma
Paradigma Pemrograman
Notasi dan teks
Algoritma(skema)
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
5

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
2 Mahasiswa Mampu
menuliskan algoritma dalam
struktur teks algoritma yang
standard dalam penggunaan
tipe dasar dan tipe bentukan
Indikator:ketepatan
sistematika &kesesuaian
dlaam menuliskan algoritma.
Kriteria penilaian: ketepatan,
kesesuaian, dan sistematika
bentuk penilaian : test tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 1: membuat algoritma
sesuai dengan strukturnya
(2x60 mt)
[3 x 50 menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Struktur teks algoritma
(judul/deklarasi/ deskripsi)
Tipe data dasar dan
bentukan
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
5

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
3 Mahasiswa mampu
menggunakan konsep tipe
assignment, input/output, dan
ekspresi
Indikator: ketepatan dan
kesseuaian dalam
menuliskan/menyusun
algoritma
Kriteria penilaian: ketepatan
dan kesesuaian Bentuk
Penilaian: test tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 2 : membuat dan
menuliskan algoritma dalam
pemberian nila (assignment)
dan ekpresi (2x60 menit)
[3 x 50 menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Assignment (langsung dan
pembacaan
Penulisan nama informasi
(output)
Ekspresi : ekspresi
Boolean
Ekspresi numerik,
character dan string
sequence
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
10

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
4 dan 5 Mahasiswa mampu merancang
algoritma pemilihan kondisi
(kasus) dengan tepat.
Indikator: ketepatan Dan
kesesuaian dalam merancang
algoritma
Kriteria penilaian : Ketepatan
dan kesesuaian bentuk
penilaian: test tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 3: membuat algoritma
dalam penggunaan analisa
kondisi dalam kasus
algoritma.(2x60 mt)
[2 x (3 x 50 menit)]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Analisa Kasus :
Pengertian
pemilihan/analisa
(kondisi) kasus
pemilihan1 kasus
pemilihan 2 kasus
pemilihan 3 kasus
pemilihan lebih dari 3
kasus
case
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
15

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
6 dan 7 Mahasiswa mampu
menggunakan skema
algoritma pengulangan dengan
tepat
Indikator: ketepatan dan
kesuaian dalam menuliskan
algoritma perulangan
Kriteria penilaian : ketepatan
dan kesesuaian Penilaian: test
tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 4: membuat algoritma
dalam penggunaan
perulangan. (2x60 mt)
[2 x (3 x 50 menit)]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Pengulangan
Struktur pengulangan
Pernyataan for
Pernyataan while
REPEAT
Struktur perulangan
bersarang
Perulangan kombinasi
dengan IF (kondisi)
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
15
8 UTS (Ujian Tengah Semester)
[90 Menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
9 dan 10 Mahasiswa dapat
mengggunakan fungsi dan
procedure
Indikator: ketepatan dan
kesuaian dalam menuliskan
algoritma fungsi dan prosedure
Kriteria penilaian : ketepatan
dan kesesuaian Penilaian: test
tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 5: Membuat algoritma
dalam penggunaan fungsi dan
prsedure (2x60 menit)
[2 x (3 x 50 menit)]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Function and Procedure
definisi fungsi dan
prosedur 
pemanggilan fungsi dan
prosedur
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
10

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
11 dan 12 Mahasiswa dapat
mengoperasikan Larik
Indikator: ketepatan dan
kesuaian dalam menuliskan
algoritma larik
Kriteria penilaian : ketepatan
dan kesesuaian Penilaian: test
tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 6: Membuat algoritma
dalam penggunaan larik (2x60
menit)
[2 x (3 x 50 menit)]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Larik
Pengertian Larik
Deklarasi Larik
Larik satu dimensi
Larik dua dimensi
Larik multidimensi
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
10

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
13 Mahasiswa dapat menjelaskan
Operasi matrik
Indikator: ketepatan dan
kesuaian dalam menuliskan
algoritma matrik
Kriteria penilaian : ketepatan
dan kesesuaian Penilaian: test
tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 7: Membuat algoritma
dalam penggunaan matrik (60
menit)
[3 x 50 menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Matrik
Inisialisasi Matrik
Membaca elemen matrik
Penjumlahan dua buah
matrik
Matrik Transpose
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
10

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
14 Mahasiswa dapat menjelaskan
pemrosesan arsip dalam
algoritma
Indikator: ketepatan dan
kesuaian dalam menuliskan
algoritma pemrosesan matrik
Kriteria penilaian : ketepatan
dan kesesuaian Penilaian: test
tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 8: Membuat algoritma
dalam pemrosesan arsip (60
menit)
[3 x 50 menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Arsip
Definisi arsip
Deklarasi arsip
Membuat arsip
Membaca arsip
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
10

Minggu
ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir yg
direncanakan)
Penilaian Bentuk Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Penugasan
[Estimasi Waktu]
Materi Ajar Bobot
Penilaian
%
Indikator Kriteria Teknik Metode Luring Metode Daring
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
15 Mahasiswa dapat menjelaskan
proses rekursif
Indikator: ketepatan dan
kesuaian dalam menuliskan
algoritma rekursif
Kriteria penilaian : ketepatan
dan kesesuaian Penilaian: test
tertulis
Ceramah tutorial diskusi PBL
Tugas 9: Membuat algoritma
dalam pemrosesan rekursif (60
menit)
[3 x 50 menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0
Rekursif
Definis rekursif
Proses rekursif
Skema umum prosedur
dan fungsi rekursif
[PUSTAKA:]
1.
Diktat kuliah Algoritma
Pemrograman Prosedural,
Inggriani Liem, ITB,
1999. 
2.
Algoritma &
Pemrograman dalam
Bahasa Pascal dan C,
Edisi keenam, Rinaldi
Munir, Penerbit
Informatika, 2016.
3.
Schaum’s Outline of
Programming with C,
Byron S. Gottfried,
McGraw Hill.
4.
Programming with
Pascal, John Konvalina
and Stanley Wileman,
McGraw Hill.
5.
Sim, A. X. (2018,). Dasar
Algoritma dan
Pemrograman.
10
16 UAS (Ujian Akhir Semester)
[90 Menit]
https://elearning.uma.ac.id/cou
rse/index.php?categoryid=442
0

Catatan :
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap,
penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk
pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap
bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan
kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan
atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator
yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun
kualitatif.
7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara,Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian,
Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative
Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya ygsetara. SCL (pilih dari 10 atau lebih bentuk SCL yg akan digunakan), dalam 1
CPMK dapat lebih dari 1 metod.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub- CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-
CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri, P=Proses Belajar, KM=kegiatan Mandiri.