RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATEMATIKA EKONOMI I
PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATEMATIKA EKONOMI I

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
NAMA MATA KULIAH KODE MK RUMPUN MK BOBOT (SKS) SEMESTER TGL PENYUSUNAN
MATEMATIKA EKONOMI I BW6023107 EKONOMI PEMBANGUNAN 3 SKS I
UPM FAKULTAS NAMA PENYUSUN RPS KOORDINATOR RMK KA PRODI

Asri Jaya, SE., MM



Team Teaching

Hj. Naidah, SE., M. Si

Asdar, SE., M. Si
CAPAIAN
PEMBELAJARAN
(CPL – CPMK –
Sub CPMK)
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN YANG DIBEBANKAN PADA MK (CPL)
CPL1 (S1)
(S9)
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan Ahklak Kemuhammadiyahan.
2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
CPL2 (PP1)
(PP3)
1. Mampu memahami teori dan model ekonomi
2. Mampu memahami konsep dan metode mikroekonomi untuk mengkaji isu kebijakan publik, seperti
persaingan usaha , pembangunan berwawasan lingkungan, regulasi sektor keuangan, bisnis,
ketenagakerjaan, dan evaluasi proyek
CPL3 (KU1)
(KU3)
1. Mampu menganalisis teori dan model ekonomi
2. Mampu menganalisis konsep dan metode mikroekonomi untuk mengkaji isu kebijakan publik, seperti
persaingan usaha , pembangunan berwawasan lingkungan, regulasi sektor keuangan, bisnis,
ketenagakerjaan, dan evaluasi proyek
CPL4 (KK1)
(KK3)
1. Mampu menerapkan teori dan model ekonomi
2. Mampu menerapkan konsep dan metode mikroekonomi untuk mengkaji isu kebijakan publik, seperti
persaingan usaha , pembangunan berwawasan lingkungan, regulasi sektor keuangan, bisnis,
ketenagakerjaan, dan evaluasi proyek

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
CAPAIN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
CPMK1 Menjelaskan Bentuk dan Konsep Deret dan Penerapannya Dalam Bidang Ekonomi
CPMK2 Menjelaskan Bentuk dan Konsep Fungsi Linier dan Penerapannya Dalam Bidang Ekonomi
CPMK3 Menjelaskan Bentuk dan Konsep Fungsi Non Linier dan Penerapannya Dalam Bidang Ekonomi
CPMK4 Menjelaskan Bentuk dan Konsep Fungsi Diferensial dan Penerapannya Dalam Bidang Ekonomi
KEMAMPUAN AKHIR TIAP TAHAPAN BELAJAR (Sub -CPMK)
Sub-CPMK1 Mahasiswa dapat memahami dan menguasai konsep matematika ekonomi dan penerapannya
Sub-CPMK2 Menjelaskan Bentuk dan Konsep Deret Aritmatika dan Deret Ukur
Sub-CPMK3
Menjelaskan Tentang Bunga Sederhana, Model Perkembangan Usaha, Bunga Majemuk, dan Model Pertumbuhan
Penduduk
Sub-CPMK4
Menjelaskan tentang Kemiringan Titik Potong Sumbu, Pembentukan Persamaan Linier, Hubungan Dua Garis
Lurus, Pencarian Akar – akar Persamaan Linier
Sub-CPMK5
Menjelaskan dan menghitung tentang Fungsi Permintaan, Fungsi Penawaran, Fungsi Keseimbangan Pasar, dan
Analisis Pulang Pokok
Sub-CPMK6 Menjelaskan tentang Fungsi Kuadrat dan Fungsi Pangkat Tiga
Sub-CPMK7 Menjelaskan tentang Fungsi Permintaan, Fungsi Penawaran, Fungsi Keseimbangan Pasar,Fungsi Produksi
Sub-CPMK8
Menjelaskan tentang Pengertian Limit, Dalil – Dalil Limit, Kontinuitas
Sub-CPMK9 Menjelaskan tentang konsep derivatif turunan pertama, Dalil – dalil Diferensiasi
KORELASI Sub-CPMK1-2 Sub-CPMK3-4 Sub-CPMK5-6 Sub-CPMK7-8 Sub-CPMK9-10
Sub-CPMK11-
12
CPMK1      

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
CPMK2    
CPMK3    
CPMK4    

DESKRIPSI
MATA KULIAH
Matematika Ekonomi merupakan mata kuliah yang membahas atau menyelesaikan persoalan ekonomi dengan menggunakan
konsep/dalil matematika melalui simbol – simbol matematika. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan menyelesaikan
permasalahan – permasalahan ekonomi dengan menggunakan konsep deret, fungsi linier dan non linier, fungsi diferensial dan
integral.
BAHAN KAJIAN
(TOPIK)
1. Konsep Matematika Ekonomi
2. Deret Aritmatika dan Deret Ukur
3. Penerapan Deret Aritmatika dan Deret Ukur Dalam Bidang Ekonomi
4. Fungsi Linier
5. Penerapan Fungsi Linier Dalam Bidang Ekonomi
6. Analisis Peluang Pokok
7. Fungsi Non Linier
8. Penerapan Fungsi Non Linier Dalam Bidang Ekonomi
9. Fungsi Diferensial Sederhana
10. Penerapan Fungsi Diferensial dalam Bidang Ekonomi
11. Konsep Limit
12. Konsep Integral
13. Penerapan Integral dalam Bidang Ekonomi
REFERENSI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Assauri, Sofjan. Matematika Ekonomi. Jakarta : Rajawali Pers. 2009.
Chiang,C.Alpha.Fundamental Methods of Mathematical Economics. Ed.ke- 3.New York: Mc Graw-Hill,1984.
D. Kasmir. Pengantar Manajemen Keuangan.
Daus, Paul h. & william m. introduction to mathematical anaylsis with apllicattion to problems of ecoomic. Reading
massachusetts.usa: addison welsey publishing company inc. hlm.64 Paul h. Daus & william m. introduction to mathematical
anaylsis with apllicattion to problems of ecoomic. Reading massachusetts.usa: addison welsey publishing company inc.
Dumairy. Matematika Terapan Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.2012.
Handoko, T.Hani. Dasar Dasar Manajemen Dan Operasi. Edisi Ke 7. Yogjakarta : BPFE. 1999.
Josep Bintang Kalangi. Matematika Ekonomi dan Bisnis, edisi 4 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat, 2018.
Schroeder, Roger. Pengambilan Keputusan Dalam Suatu Oprasi. Edisi Ke 3. Jakarta : Erlangga.2001.
Weber J. E. (1982). Mathematical analysis : business and economic applications (4th ed.). Harper & Row.
Zahri, Syahriman Yusi Imron. Matematika Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Jakarta : Mitra Wacana Media. 2017.

NAMA DOSEN Team Teaching
MATA KULIAH
PRSYARAT

1. TOPIK 1 / PERTEMUAN 1
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 1
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
1. Pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan
2. Mahasiswa mampu menganalisis konsep matematika ekonomi

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 1
ASPEK DARING LURING
INDIKATOR
Setelah mempelajari konsep-konsep matematika ekonomi mahasiswa dapat:
1. Memahami tentang variabel, konstanta, koefisien, dan parameter
2. Memahami tentang persamaan dan pertidaksamaan
3. Memahami tentang konsep dan teori himpunan
4. Memahami tentang sistem bilangan nyata
5. Memahami tentang aturan pangkat, pengakaran dan pemfaktoran
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

2. PERTEMUAN 2
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 2
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang defisini deret, konsep deret aritmatika, konsep deret geometri, dan menyelesaikan
perhitungan – perhitungan yang berkaitan dengan konsep deret aritmatika dan konsep deret geometri.
INDIKATOR
1. Memahami dan menjelaskan tentang definisi Deret
2. Memahami dan menjelaskan tentang konsep deret aritmatika
3. Memahami dan menjelaskan tentang konsep deret geometri
4. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep deret aritmatika dan konsep deret geometri.
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 2
ASPEK DARING LURING
Bobot: 3,5%

3. PERTEMUAN 3
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 3
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang defisini deret, konsep deret aritmatika, konsep deret geometri, dan menyelesaikan
perhitungan – perhitungan yang berkaitan dengan konsep deret aritmatika dan konsep deret geometri.
INDIKATOR
1. Memahami dan menjelaskan tentang definisi Deret
2. Memahami dan menjelaskan tentang konsep deret aritmatika
3. Memahami dan menjelaskan tentang konsep deret geometri
4. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep deret aritmatika dan konsep deret geometri.
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 3
ASPEK DARING LURING
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

4. PERTEMUAN 4
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 4
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa dapat menjelaskan bunga sederhana, model perkembangan usaha, bunga majemuk dan model pertumbuhan
penduduk. Mahasiswa juga diharapkan mampu menghitung bunga sederhana,model perkembangan usaha, bunga
majemuk, dan model pertumbuhan penduduk.
INDIKATOR
1. Menjelaskan dan menghitung konsep bunga sederhana
2. Menjelaskan dan menghitung model perkembangan usaha
3. Menjelaskan dan menghitung konsep bunga majemuk
4. Menjelaskan dan menghitung model pertumbungan penduduk
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis
Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 4
ASPEK DARING LURING
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

5. PERTEMUAN 5
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 5
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pengertian fungsi linear, penyajian fungsi dan grafik, pembentukan persamaan
linear dan hubungan dua garis lurus.
INDIKATOR
1. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian fungsi linear
2. Memahami dan menjelaskan tentang penyajian fungsi dan grafik
3. Memahami dan menjelaskan tentang pembentukan persamaan linear
4. Memahami dan menjelaskan tentang hubungan dua garis lurus
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 5
ASPEK DARING LURING
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

6. PERTEMUAN 6
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 6
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pengertian pengertian fungsi permintaan, fungsi penawaran, keseimbangan pasar,
pengaruh pajak dan subsidi terhadap kesimbangan pasar dan menyelesaikan perhitingan=perhitungan yang berkaitan
dengan penerapan fungsi linear dalam ilmu ekonomi
INDIKATOR
1. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian fungsi permintaan
2. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian fungsi penawaran

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 6
ASPEK DARING LURING
3. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian keseimbangan pasar
4. Memahami dan menjelaskan tentang penerapan fungsi linear dalam ilmu ekonomi
5. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penerapan fungsi linear dalam ilmu ekonomi
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

7. PERTEMUAN 7
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 7

ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pengertian fungsi biaya, fungsi penerimaan, keuntungan/profit, pulang pokok
(BEP) dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan analisis pulang pokok
INDIKATOR
1. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian fungsi biaya
2. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian fungsi penerimaan
3. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian keuntungan/profit
4. Memahami dan menjelaskan tentang analisis pulang pokok
5. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Analisis pulang pokok
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

8. PERTEMUAN 8
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 8
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
1. Pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan
2. Ujian Tengah Semester (UTS) dilakukan untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa atas materi yang sudah
disampaikan. UTS dilaksanakan untuk menilai keberhasilan studi mahasiswa khusus nya pada materi kuliah yang
diprogramkan. Pencapaian atas keberhasilan materi kuliah selama 7 pertemuan sebelumnya dilihat dari
ketercapaiaan mulai dari kebenaran dan ketepatan dalam menjawab pertanyaan, ketepatan waktu pengerjaan dst.
INDIKATOR
1. Mengukur pemahaman mahasiswa tentang konsep barisan dan deret
2. Mengukur kemampuan mahasiswa dan ketepatan menentukan deret aritmatika dan deret geometri
3. Mengukur pemahaman dan ketepatan dalam membuat fungsi linear
4. Mengukur pemahaman dan ketepatan dalam membuat grafik linear
5. Mengukur pemahaman dan ketepatan dalam menganalisis pulang pokok

BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 8
ASPEK DARING LURING
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 30%

9. PERTEMUAN 9
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 9
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Capaian pada pembelajaran topik ini yaitu diharapkan Para Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi kuadrat, fungsi pangkat
tiga, dan fungsi rasional.
INDIKATOR
1. Memahami dan menjelaskan tentang pengertian fungsi kuadrat
2. Memahami dan menjelaskan tentang fungsi pangkat tiga
3. Memahami dan menjelaskan tentang rasional
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 9
ASPEK DARING LURING
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

10. PERTEMUAN 10
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 10
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penerapan fungsi non linear berupa fungsi kuadrat dalam ekonomi, yaitu dalam
fungsi permintaan, penawaran dan keseimbangan pasar.
INDIKATOR
Setelah mempelajari materi pada pertemuan ini, mahasiswa mampu menggambarkan fungsi permintaan,
penawaran dan keseimbangan pasar non linear.
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis
Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 10
ASPEK DARING LURING
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%


11. PERTEMUAN 11
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 11
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
Mahasiswa mampu menganalisis diferensial fungsi sederhana
INDIKATOR
Memahami diferensial fungsi sederhana merupakan cara atau pola pikir ilmu ekonomi dan bisnis dengan analisis yang
bersifat kuantitatif. Diferensial fungsi sederhana sebagai cabang yang membahas tentang kuosien dan dirivatif, kaidah kaidah
deferensiasi, derevatif dengan tingkat yang lebih tinggi.
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 11
ASPEK DARING LURING
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

12. PERTEMUAN 12
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 12
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
1. Mahasiswa mampu menganalisis elastisitas
2. Mahasiswa mampu menganalisis biaya
3. Mahasiswa mampu menganalisis biaya marjinal
INDIKATOR 1. Ketepatan menganalisis elastisitas.

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 12
ASPEK DARING LURING
2. Ketepatan menganalisis biaya.
3. Ketepatan menganalisis biaya marjinal
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

13. PERTEMUAN 13
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 13
ASPEK DARING LURING

RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 13
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
1. Mampu mampu menganalisis integral tak tentu
2. Mampu mampu menganalisis integral tentu
INDIKATOR
1. Ketepatan menganalisis integral tak tentu
2. Ketepatan menganalisis integral tentu.
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

14. PERTEMUAN 14
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 14
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
1. Mampu mampu menganalisis integral tak tentu
2. Mampu mampu menganalisis integral tentu
INDIKATOR
1. Ketepatan menganalisis integral tak tentu
2. Ketepatan menganalisis integral tentu.
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

15. PERTEMUAN 15
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 15
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
1. Mahasiswa mampu menerapkan ekonomi integral tak tentu.
2. Mahasiswa mampu menerapkan ekonomi integral tentu.
INDIKATOR
1. Ketepatan menerapkan ekonomi integral tak tentu.
2. Ketepatan menerapkan ekonomi integral tentu.
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 3,5%

16. PERTEMUAN 16
RENCANA PEMBELAJARAN: PERTEMUAN 16
ASPEK DARING LURING
SUB-CPMK
1. Pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan
2. Final Semester
INDIKATOR - Mampu menyelesaikan soal yang diberikan terkait topik pertemuan 9-15
BAHAN KAJIAN
- Teks
- Slide PPT
- Video terkait matematika ekonomi
MEDIA
PEMBELAJARAN
URL SPADA -
Pembelajaran dikelas: Laptop, LCD Projector, dan Alat Tulis Fitur LMS
Page  Lesson Slide 
URL  Forum  Quiz 
Dok  Tugas  Meeting
Video Survei Lainnya
Media Lain Video, Zoom, Google Meet, dan Youtube
MODEL
PEMBELAJARAN
Skenario & Fitur LMS Skenario

BEBAN WAKTU
PEMBELAJARAN
▪ Belajar Mandiri: 3 x 50 menit
▪ Tugas Terstruktur: 3 x 50 menit
▪ Tatap Muka: 3 x 50 menit
PENGALAMAN
BELAJAR
- Kegiatan Mandiri
- Dikusi

ASESSMENT
PEMBELAJARAN
Fitur LMS Instrument Jenis Instrument
Assigment
Literature Review
Forum = Feedback
Presentasi (Group Work)
Diskusi Kelompok
Rubrik Penilaian Holistik
Bobot: 30%

RENCANA TUGAS PROYEK

PERGURUAN TINGGI
FAKULTAS
PROGRAM STUDI
RENCANA TUGAS MAHASISWA
IDENTITAS
MATA
KULIAH
Nama MK Kode Semester SKS
MATEMATIKA
EKONOMI
KK 70307 I 3
DESAIN
TUGAS
Bentuk Tugas Waktu Pengerjaan Tugas
Makalah dan Soal Latihan
Disesuaikan dengan waktu yang
digunakan untuk membahas atau
mengerjakan tugas, atau besarnya
sumbangan suatu kemampuan
terhadap pencapaian kompetensi
mata kuliah ini.
JUDUL
TUGAS
Menjelaskan konsep, mengestimasi dan memproyeksi berdasarkan topik kajian
pada pertemuan 1-7 dan 9-15
URL Tugas di LMS:
Sub-CPMK
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar matematika, gambar dan fungsi;
persamaan linier dan kuadrat, persamaan dinamik dan diferens, fungsi
eksponensial, pertumbuhan dan persamaan diferensial aljabar matriks dan
matematika keuangan.
DESKRIPSI
Menjelaskan konsep dasar matematika dan menyelesaikan persoalan ekonomi
dengan pendekatan matematika
METODE
PENGERJAAN
TUGAS
Tugas dikerjakan sesuai dengan arahan dosen pengampu
OBJEK
TUGAS
Makalah dan soal latihan menghitung persamaan linier dan kuadrat
OUTPUT
TUGAS
Makalah dan hasil perhitungan
PENILAIAN
Kriteria & Indikator
Teknik
Penilaian
Bobot (%)
- Pemahaman Materi
- Kuis/ Latihan Soal
- Tugas Mandiri
Rubrik Holistik - 40%
- 30%
- 30%

JADWAL
Tahapan Waktu
- -
LAIN-LAIN
DAFTAR
RUJUKAN

PENILAIAN DAN KETERCAPAIAN CPL
TOPIK MINGGU CPL CPMK Sub-CPMK ASSESSMEN
BOBOT
(%)
KATEGORI
I 1 1,2,3,4 1 1
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group)

3,5% Daring
II 2 1,2,3,4 1 2
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
3,5% Daring
III 3 1,2,3,4 1,2 3
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
3,5% Daring
IV 4 1,2,3,4 1,2 4
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
3,5% Daring
V 5 – 7 1,2,3,4 1,2 5-7
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
6,5% Daring
VI 8 1,2,3,4 1,2 1,2,3,4,5,6,7 Assigment 30% Daring
VII 9 – 11 1,2,3,4 1 9,10,11
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
6,5% Daring
IX 12 – 13 1,2,3,4 1 12,13
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
6% Daring

TOPIK MINGGU CPL CPMK Sub-CPMK ASSESSMEN
BOBOT
(%)
KATEGORI
X 14 1,2,3,4 1 14
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
3,5% Daring
XI 15 1,2,3,4 1 15
Assigment,
Presentasi
Kelompok (
Work Group
3,5% Daring
XI 16 1,2,3,4 1 9,10,11,12,13,14,15 Assigment 30% Daring

PENILAIAN DAN SKALA PENILAIAN
PENILAIAN SKALA PENILAIAN
ASPEK JENIS
PROPORSI
(%)
INTERVAL HURUF
Absensi - 5 80 – 100 A
Activity
completion
- 10 65 – < 80 B
Formatif
Asesmen
Quiz 5 50 – <65 C
Tugas 1 5 40 – <50 D
Tugas lainnya 5 0 – <40 E
Sumatif
Asesmen
Tugas proyek 40
UTS 15
UAS 15
DAFTAR PUSTAKA
1. Rosser, Mike. 2003. ”Basic Mathematics for Economicts” 2
ed, Routledge. Taylor & Francis
Group. London and New York.
2. Chiang, Alpha C. And Kevin Wainwright. 2005. “Fundamental Methods of Mathematical
Economics” 4
th mcgraw-Hill. Inc.
3. Hoy, Michael et al. 2001. “Mathematics for Economics” 2nd, MIT Press. Cambridge.
Massachusetts.


Penelaah Penyusun RPS
Penjamin Mutu Program Studi Koordinator Mata Kuliah




Asri Jaya, SE., MM Hj. Naidah, SE., M. Si
Disahkan oleh:
Ketua Program Studi




Asdar, SE., M. Si