RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH
SEMESTER 2






KEPEMIMPINAN
PTP 1202


Disusun oleh :
Dr.Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
Ir. Oentoeng Eddy Djatmiko, MP
Ir. Alief Einstein, M.Hum
Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D



PROGRAM STUDI PETERNAKAN
FAKULTAS PETERNAKAN





UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
PURWOKERTO
2021

1

RENCANA PEMBELAJARAN
KEPEMIMPINAN

I. Karakteristik Mata Kuliah
Mata Kuliah : Kepemimpinan
Kode Mata Kuliah/SKS : PTP 1202 / 2(1.1)
Program Studi : Peternakan
Semester : 2 (dua)
Koordinator MK/Blok
Nama Lengkap : Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
NIP : 19640219 198903 2002
Fakultas//Prodi : Peternakan/Peternakan
Tim Teaching : 1. Ir. Oentoeng Eddy Djatmiko, MP
2. Ir. Alief Einstein, M.Hum
3. Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D

II. Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada semester genap yang membahas teori-teori
kepemimpinan, gaya-gaya kepemimpinan serta syarat-syarat yang harus dimiliki seorang
pemimpin untuk menjalankan fungsi dan peranannya sebagai pemberi motivasi, penyelesai
konflik, negosiator yang ulung juga memiliki sifat yang baik serta mampu penempatan bawahan
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga tercipta pemimpin yang berkarakter
III. Capaian Pembelajaran Umum Mata Kuliah
Mahasiswa mampu mengukur secara obyektif kemampuan pemimpin dalam menjalankan
tugas kepemimpinan
IV. Kompetensi Mata Kuliah
1. Menyetujui dan menjelaskan ulang ruang lingkup pembelajaran mata kuliah
kepemimpinan
2. Menjelaskan secara detail tentang teori-teori kepemimpinan
3. Menguraikan tentang Tugas, peran, fungsi dan syarat Pemimpin
4. Menjelaskan fungsi pemimpin dalam kelompok dan proses pencarian pemimpin
5. Membedakan pemimpin sukses dan efektif
6. Menjelaskan jenis konflik, penyebab dan cara mengendalikan konflik.

2

7. Memahami cara-cara bernegosiasi
8. Menyebutkan kembali upaya pemimpin dalam membangun kinerja anggota dengan
memotivasi diri
9. Menjelaskan uapaya pemimpin dalam membangun kinerja anggota melalui hubungan
yang efektif
10. Menjelaskan uapaya pemimpin dalam membangun kinerja anggota/karyawan melalui
perubahan dalam organisasi
V. Outcome
1. Mahasiswa mampu bertanggung jawab, disiplin, tekun dan teliti
2. Mahasiswa mampu berpikir kritis dan rasional
3. Mahasiswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim
4. Mahasiswa mampu mengembangkan skils melalui pengalaman belajar
VI. Kontribusi Mata Kuliah Terhadap Kompetensi Lulusan
Sikap
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
agama,moral, dan etika;
2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,
dan kemajuan.
3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan;
4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri
Pengetahuan
1. Mampu menerapkan kaidah-kaidah ilmiah
2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Kemampuan Umum
1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan
dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

3

Kemampuan Khusus
1. Mampu mengembangkan diri
2. Mampu memahami dinamika sosial masyarakat

4

5





UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
PROGRAM STUDI PETERNAKAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) / BLOK (RPB)
Nama Mata Kuliah/Blok Kode
MK/Blok
Bobot (sks) Semester Tgl Penyusunan
KEPEMIMPINAN PTP 1202

2 (1.1) II 5 Oktober 2021
Otorisasi Nama Koordinator Pengembang
RPS
Koordinator Bidang Ketua
Prodi/Jurusan
Dr.Ir. Krismiwati Muatip, M.Si



Dr.Ir. Krismiwati Muatip,
M.Si .

Imbang Haryoko
S.Pt, MP
Capaian Pembelajaran (CP)
Sikap 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
agama,moral, dan etika;

6

2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan.
3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat
dan lingkungan;
4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara
mandiri
Pengetahuan 1. Mampu menerapkan kaidah-kaidah ilmiah
2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Kemampuan Umum 1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya.
Kemampuan Khusus 1. Mampu mengembangkan diri
2. Mampu memahami dinamika sosial masyarakat
CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)
CPMK1 Mahasiswa mampu mengukur secara obyektif kemampuan pemimpin dalam
menjalankan tugas kepemimpinan
Diskripsi Singkat MK Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada semester genap yang membahas teori-teori
kepemimpinan, gaya-gaya kepemimpinan serta syarat-syarat yang harus dimiliki seorang
pemimpin untuk menjalankan fungsi dan peranannya sebagai pemberi motivasi, penyelesai

7

konflik, negosiator yang ulung juga memiliki sifat yang baik serta mampu penempatan bawahan
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga tercipta pemimpin yang berkarakter.
Bahan Kajian / Materi
Pembelajaran
1. Kontrak Pembelajaran dan Pendahuluan
2. Teori-teori kepemimpinan
3. Tugas, peran, fungsi dan syarat Pemimpin
4. Kepemimpinan dalam kelompok
5. Pemimpin sukses Versus efektif
6. Kemampuan pemimpin dalam menyelesaikan konflik.
7. Kemampuan pemimpin dalam bernegosiasi
8. Membangun kinerja anggota dengan memotivasi diri
9. Membangun kinerja anggota melalui hubungan yang efektif
10. Membangun kinerja anggota/karyawan melalui perubahan dalam organisasi
Daftar Referensi Utama:
As-Suwaidan, T.M., 2005. Melahirkan pemimpin masa depan. Gema Insani. Jakarta

Danim, S. 2004. Motivasi, Kepemimpinan, dan Efektivitas Kelompok. Renika Cipta. Jakarta.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Jakarta.

Margono, S. 2003. Kelompok, Organisasi dan Kepemimpinan. IPB press.

8

Mualldin, I., IP, S. and PA, M., 2019. Kepemimpinan Transformasional: Dalan Kajian Terotik
Dan Empiris (pp. 6-13). Working Papers hasil penelitian Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Brawijaya tahun 2013.

Nawawi . 2006. “Kepemimpinan yang efektif”. UGM Press. Yogyakarta

Putri, F. I 2014. Hubungan Motivasi Kerja dengan Komitmen Kerja Karyawan di Balai Pendidikan
dan Pelatihan Sosial. Jurnal Administrasi Pendidikan. 2 (1).

Rivai, V. 2002. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Rivai, V. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktek,
Grafindo Persada. Jakarta

Robbins, Stephen P, dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi ke-12, Salemba Empat.
Jakarta.

Siagian, T.S. and Khair, H., 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja
Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel
Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), pp.59-70.

Sunarta dan Endah P. 2009 . memilih-pemimpin-dalam-praktik-kepemimpi.
https://media.neliti.com/media/publications/113581-ID.

Yuniarti, D. and Suprianto, E., 2020. Pengaruh gaya kepemimpinan dan tingkat Pendidikan
terhadap kinerja karyawan pada direktoreat operasi/produksi PT. X. Jurnal Industri Elektro
dan Penerbangan, 4(2).

9




Yudiaatmaja, F., 2013. Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya. Media Komunikasi
FPIPS, 12(2).
Pendukung

Nama Dosen Pengampu 1. Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
2. Ir. Oentoeng Eddy Djatmiko, MP
3. Ir. Alief Einstein, M.Hum
4. Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D

10


Mg
ke
Sub-CPMK
(Kemampua
n akhir yang
direncanaka
n)

Bahan kajian
(Materi
Pembelajaran
)

Bentuk dan
Metode
pembelajara
n
(Media &
Sumber
Belajar)
Estimasi
Waktu
(Menit)
Pengalaman
belajar
mahasiswa
Penilaian
Kriteria & Bentuk Indikator Bobot
(%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
I Mahasiswa
dapat
menyetujui dan
menjelaskan
ulang ruang
lingkup
pembelajaran
mata kuliah
Kepemimpinan
Kontrak
Pembelajaran
dan Pendahuluan
Ceramah dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet
50
 Menyusun
Strategi Belajar
 Menyusun
kontrak
pembelajaran
 Sharing
pengetahuan
dan
mengemukakan
pendapat
Kriteria:
 Kesepakatan belajar
 Mengemukakan
pendapat
Bentuk: Mahasiswa
diminta untuk
membaca &
memahami materi
sebelum pembelajaran
dimulai
 Partisipasi
aktif
berargumen
dalam diskusi
 Penguasaan
literatur dan
arah
pembelajaran
5%
II - III Menjelaskan
secara detail
tentang teori-
teori
kepemimpinan

Teori-teori
kepemimpinan

Ceramah dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet
50
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Sharing
pengetahuan
dan
mengemukakan
pendapat
 Tanya jawab
tentang teori-
teori
Kepemimpinan

Kriteria:
 Menjawab
pertanyaan lisan
 Mengemukakan
pendapat
 Mendeskripsikan
dengan detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif, berar-
gumen dalam
diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
mendiskripsik
an tentang
teori-teori
kepemimpinan
10%
50

11

IV -
V
Menguraikan
tentang Tugas,
peran, fungsi
dan syarat
Pemimpin

Tugas, peran,
fungsi dan syarat
Pemimpin

Ceramah dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet

50
 Melakukan
wawan-cara
dgan pemimpin
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Sharing penge-
tahuan dan
mengemukakan
pendapat
 Paparan
 Kerjasama Tim
 Mendapatkan
gambaran tugas,
peran dan
fungsi
pemimpin
Kriteria:
 Merangkum hasil
wawancara
 Menulis laporan
 Mempresentasikan
hasil praktikum
Bentuk:
 Power point paparan
 Diskusi kelompok
 Praktikum

 Partisipasi
aktif berargu-
men dalam
diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
menjawab
pertanyaan
dan berargu-
mentasi
 Kemampuan
mendiskripsik
an Tugas,
peran, fungsi
pemimpin
15%

50
VI -
VII
Menjelaskan
fungsi
pemimpin
dalam
kelompok dan
proses
pencarian
pemimpin

Kepemimpinan
dalam kelompok
Ceramah dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet
50
 Melakukan
wawancara
dengan
pemimpin
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Sharing penge-
tahuan dan
kemukakan
pendapat
 Paparan
 Kerjasama Tim
 Mendapatkan
gambaran
munculnya
pemimpin
Kriteria:
 Merangkum hasil
wawancara
 Menulis laporan
 Mempresentasikan
hasil praktikum
Bentuk:
 Power point paparan
 Diskusi kelompok
 Praktikum
 Partisipasi aktif
berargumen
dalam diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
menjawab
pertanyaan dan
berargumentasi
 Kemampuan
menjabarkan
tentang proses
munculnya
seorang
pemimpin

20
%
50

12

UJIAN TENGAH SEMESTER
VIII Membedakan
pemimpin
sukses dan
efektif
Pemimpin
sukses Versus
efektif
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
power point
mahasiswa
Paparan dan
diskusi: Google
meet
50
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Sharing
pengetahuan
dan mengemu-
kakan pendapat
 Tanya jawab
tentang
pemimpin
sukses Vs
efektif
Kriteria:
 Menjawab
pertanyaan lisan
 Mengemukakan
pendapat
 Mendeskripsikan
dengan detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif
berargumen
dalam diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
mendiskripsik
an pemimpin
sukses Vs
efektif
5%
50
IX Menjelaskan
jenis konflik,
penyebab dan
cara
mengendalikan
konflik
Kemampuan
pemimpin dalam
menyelesaikan
konflik
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
power point
mahasiswa
Paparan dan
diskusi:
Google meet
50
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Penyusunan
materi belajar
 Sharing
pengetahuan dan
mengemukakan
pendapat
 Pemaparan
 Kerjasama Tim
 Mendapatkan
gambaran
penyelesaian
konflik
Kriteria:
 Menjawab
pertanyaan
langsung
 Mengemukakan
pendapat
 Memaparkan
dengan jelas dan
benar
Bentuk:
 Tugas terstruktur
 Power point paparan
 Kerjasama tim
 Diskusi kelompok
 Partisipasi
aktif
berargumen
dalam diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
menjawab
pertanyaan
 Kemampuan
menjelaskan
secara runut
dan benar
10%
X Memahami
cara-cara
bernegosiasi

Kemampuan
pemimpin dalam
bernegosiasi
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
50
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Penyusunan
materi belajar
Kriteria:
 Menjawab
pertanyaan
langsung
 Partisipasi
aktif
berargumen
dalam diskusi
10%

13

power point
mahasiswa
Paparan dan
diskusi:
Google meet
 Sharing
pengetahuan dan
mengemukakan
pendapat
 Mendapatkan
gambaran cara-
cara
bernegoisasi
 Mengemukakan
pendapat
 Memaparkan
dengan jelas dan
benar
Bentuk:
kuis
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
menja-wab
pertanyaan

XI Menyebutkan
kembali upaya
pemimpin
dalam
membangun
kinerja anggota
dengan
memotivasi
diri

Membangun
kinerja anggota
dengan
memotivasi diri
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
power point
mahasiswa
Paparan dan
diskusi:
Google meet
50
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Penyusunan
materi belajar
 Sharing
pengetahuan dan
mengemukakan
pendapat
 Mendapatkan
gambaran
memotivasi diri
anggota
Kriteria:
 Menjawab
pertanyaan lisan
 Mengemukakan
pendapat
 Mendeskripsikan
dengan detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif
berargumen
dalam diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
menjawab
pertanyaan
 Kemampuan
menjelaskan
secara runut
dan benar
10%
XII Menjelaskan
uapaya
pemimpin
dalam
membangun
kinerja anggota
melalui
hubungan yang
efektif

Membangun
kinerja anggota
melalui
hubungan yang
efektif
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
power point
mahasiswa
Paparan dan
diskusi:
Google meet
50
 internet
 Penyusunan
materi belajar
 Sharing
pengetahuan dan
mengemukakan
pendapat
 Mendapatkan
gambaran
tentanghubunga
n yang efektif
Kriteria:
 Menjawab
pertanyaan lisan
 Mengemukakan
pendapat
 Mendeskripsikan
dengan detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif
berargumen
dalam diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
men-jawab
pertanyaan
 Kemampuan
menjelaskan
5%

14

secara runut
dan benar
XIII
-
XIV
Menjelaskan
uapaya
pemimpin
dalam
membangun
kinerja
anggota/karya
wan melalui
perubahan
dalam
organisasi

Membangun
kinerja
anggota/karyawa
n melalui
perubahan
dalam organisasi

Ceramah dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
Penjelasan
dan diskusi:
Google meet
50
 Telusur ilmiah
melalui internet
 Sharing
pengetahuan
 dan
mengemukakan
pendapat
 kemampuan
membangun
kinerja
anggota/karyaw
an melalui
perubahan
dalam organisasi
Kriteria:
 Menjawab
pertanyaan
 Mengemukakan
pendapat
 Medeskripsikan
scr jelas dan benar
Bentuk:
 Tugas terstruktur
 Power point paparan
 Diskusi kelompok

 Partisipasi
aktif
berargumen
dalam
diskusi
 Penguasaan
literature
 Kemampuan
menjawab
pertanyaan
 Kemampuan
menjelaskan
secara detail
10%
50
UIJAN AKHIR SEMESTER

15

VII. Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi prestasi mahasiswa dilakukan melalui beberapa komponen yaitu kehadiran,
tugas terstruktur, praktikum, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).
Soal ujian baik kuis, UTS maupun UAS dibuat dengan memperhatikan proporsi
pemahaman mahasiswa yaitu rendah/sedang/pandai.
Adapun perhitungan nilai akhir mahasiswa dilakukan dengan ketentuan sebagai
berikut:
 Case Based Learning (CBL) : 50%
 Praktikum : 10%
 Kuis : 5%
 Tugas Terstruktur : 5%
 UTS : 15%
 UAS : 15%
Penilaian seluruh hasil belajar dilakukan berdasarkan Penilaian Acuan Patokan
(PAP) dengan ketentuan sebagai berikut :
 Nilai Mutu A untuk nilai ≥ 80
 Nilai Mutu AB untuk nilai antara 75,00 - 79,99
 Nilai Mutu B untuk nilai antara 70,00 - 74,99
 Nilai Mutu BC untuk nilai antara 65,00 - 69,99
 Nilai Mutu C untuk nilai antara 60,00 - 64,99
 Nilai Mutu CD untuk nilai antara 56,00 - 59,99
 Nilai Mutu D untuk nilai antara 46,00 – 55,99
 Nilai Mutu E untuk nilai < 46

16

VIII. Lembar Kegiatan Mahasiswa Pembelajaran Berbasis Kasus


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN -PROGRAM STUDI PETERNAKAN
Alamat: Jl. Dr. Soeparno Utar 60, Grendeng, Purwokerto Utara 53123.
(0281) 638792
Webiste: www.fapet.unsoed.ac.id
LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA
MATA KULIAH KEPEMIMPINAN
KODE PTP 1202 SKS 2 (1.1) Semester II
DOSEN PENGAMPU 1. Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
2. Ir. Oentoeng Eddy Djatmiko, MP
3. Ir. Alief Einstein, M.Hum
4. Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D
BENTUK Studi Kasus (Kelompok)
WAKTU KEGIATAN 1 Maret- 11 April 2022
JUDUL STUDI KASUS
Menilai kemampuan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas, fungsi dan peran serta
menjelaskan proses munculnya seorang pemimpin
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
 Mahasiswa mampu menggali informasi tentang kepemimpinan melalui wawancara
dengan pemimpin
 Mahasiswa mampu menjelaskan secara detail teori munculnya seorang pemimpin yang
diwawancarai
 Mahasiswa mampu menilai kemampuan pemimpin dalam menjalankan tugas, fungsi,
dan peran yang dijalankan pemimpin
 Mahasiswa mampu menyusun laporan praktikum
 Mahasiswa mampu melakukan presentasi, diskusi dan berargumentasi
POKOK BAHASAN YANG HARUS DIPELAJARI
 Teori-teori kepemimpinan
 Tugas, fungsi, peran dan syarat kepemimpinan

17

 Kepemimpinan dalam kelompok

DISKRIPSI KERJA
Kasus:
- Kepemimpinan dapat muncul karena keturunan, bakat, pendidikan, kesempatan, dipilih
atau kombinasi dari seluruhnya. Setelah memimpin, seorang pemimpin memiliki gaya
untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi karena pemimpin memiliki tugas, peran dan
fungsi sesuai dengan organisasi atau kelompok yang dipimpinnya
Pokok Permasalahan yang harus dipecahkan:
 Tentukan teori yang sesuai dengan kemunculan pemimpin yang diwanwancarai
 Tentukan gaya kepemimpinan untuk menyelesaikan masalah yang timbul.
 Lakukan identifikasi tugas, fungsi dan peran yang telah dijalankan pemimpin
 Lakukan presentasi

METODE PENGERJAAN
1. Ketua kelas mengkoordinir pembagian kelompok dalam kelas, 1 kelompok beranggotakan
8-10 mahasiswa
2. Masing-masing kelompok diberikan waktu 2 minggu (Minggu ke 10 dan 11) untuk:
 Mendiskusikan tokoh-tokoh/pemimpin yang akan diwawancarai
 Melakukan wawancara
 Mencari literatur pendukung
 Menyimpulkan hasil wawancara dengan dukungan yang logis analitis berdasarkan
literatur yang ada
 Menyusun makalah
3. Masing-masing kelompok membuat power point untuk dipresentasikan berdasarkan
makalah yang disusun dari hasil diskusi kelompok atas kasus yang diberikan pada minggu
ke 12 - 13
4. Minggu ke 14 akan dilakukan presentasi.
5. Presentasi dilakukan dengan kelompok dari kelas yang berbeda, yaitu grup 1 terdiri atas
kelompok 1 dari masing-masing kelas (A,B,C, dan D).
6. Masing-masing group melakukan presentasi dan diskusi didampingi oleh dosen
pengampu melalui google meet.
BENTUK DAN FORMAT LUARAN

18

a. Objek Garapan
Wawancara dilakukan pada pemimpin di lingkungan mahasiswa atau tokoh masyarakat
b. Bentuk Luaran
1. Makalah
Struktur makalah terdiri atas: Pendahuluan, Analisis masalah, kesimpulan dan daftar
pustaka; Makalah di ketik dalam Ms. Word dengan margin 2,5 all, Font Times new
romat 12, spasi 1,5; soft file tugas dikirimkan ke [email protected] paling
lambat Tanggal 1 Juni 2022
2. File Paparan
File paparan dapat berupa power point, video animasi, prezi atau lainnya.
INDIKATOR, KRITERIA DAN BOBOT PENILAIAN
a. Kinerja Kelompok (bobot 20%)
(form self-assesment ada dalam lembar terlampir)
b. MAKALAH HASIL DISKUSI KASUS (30%)
1. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan/kasus
2. Kedalaman analisis, keluasan referensi.
3. Kesesuaian hasil kajian kasus dengan teori;
4. Kerapian format sajian makalah hasil studi kasus yang dikumpulkan;
c. Penyusunan Slide Presentasi (bobot 20%)
Jelas dan konsisten, Sedehana & inovative, menampilkan gambar & blok sistem,tulisan
menggunakan font yang mudah dibaca, jika diperlukan didukung dengan gambar dan video
clip yang relevant.
d. Presentasi (bobot 30%)
Bahasa komunikatif, penguasaan materi, penguasaan audiensi, pengendalian waktu (15
menit presentasi + 5 menit diskusi), kejelasan & ketajaman paparan, penguasaan media
presentasi.
JADWAL PELAKSANAAN
Pembagian Kelompok Minggu ke 10
Pengumpulan makalah dan media paparan Minggu ke 13

19

Diskusi grup (Masing-masing) Minggu ke 14
Pemaparan Minggu ke 14
DAFTAR RUJUKAN
As-Suwaidan, T.M., 2005. Melahirkan pemimpin masa depan. Gema Insani. Jakarta

Danim, S. 2004. Motivasi, Kepemimpinan, dan Efektivitas Kelompok. Renika Cipta. Jakarta.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Jakarta.

Margono, S. 2003. Kelompok, Organisasi dan Kepemimpinan. IPB press.

20

Evaluasi Proses Pembelajaran Berbasis Kasus

EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS
Mata kuliah : Kepemimpinan
Sks : 2(1.1)
Nama Dosen : Dr.Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
Tahun akademik : 2021/2022
Semester : II
Hari/tgl :

Identitas Responden
NAMA/NIM :
KELOMPOK :
# Beri tanda √ pada nilai yang sesuai pendapat Anda #
No PERNYATAAN
Jawaban
Sangat
Tidak Setuju
(bobot= 1)
Tidak
Setuju
(bobot=2)
Setuju

(bobot=3)
Sangat
Setuju
(bobot =4)
Penilaian Terhadap Persiapan dan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kasus
1 Dosen menyiapkan kasus yang akan
dibahas dengan didasarkan pada CP
yang akan dicapai.

2 Dosen memberi penekanan kepada
mahasiswa keterkaitan pembelajaran
kasus dengan Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah .

3 KASUS sudah dideskripsikan dalam
lembar kegiatan mahasiswa dengan
jelas dan mudah dipahami

4 Dosen menjelaskan jenis
pembelajaran berbasis STUDI
KASUS apakah kasus yang faktual
atau by designed.

5 Dosen sudah menjelaskan prosedur
pembahasan studi kasus, apakah akan
dianalisis secara individual atau
dalam kelompok, dan waktu yang
disediakan untuk membahas kasus
dalam kelompok.

6 Kuliah didukung oleh fasilitas/ sarana
prasana penunjang yang memadai
(referensi pendukung, bahan ajar-
handout, modul, copy chapter ,
jaringan internet)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
PROGRAM STUDI PRODUKSI TERNAK
Jl.dr Soeparno no.60 TELP (0281) 638792 PURWOKERTO
website:www.fapet.unsoed.ac.id

21

Penilaian Terhadap Proses Pembelajaran Berbasis Kasus
7 Dosen telah memperlakukan
mahasiswa dan gagasan mahasiswa
dengan hormat,sehingga mahasiswa
merasa aman untuk menyuarakan
gagasannya

8 Dosen mengelola periode diskusi
sedemikian rupa sehingga mampu
mendorong analisis kritis mahasiswa
terhadap masalah kehidupan nyata
dengan membiarkan mahasiswa
membuat maknanya sendiri.






9 Dosen memperjelas apa yang telah
dipelajari kelompok dan bertanya
kepada kelompok tentang kesannya
terhadap proses dan hasil belajar

10 Dosen merangkum dan
menyimpulkan hasil belajar.

11 Makalah hasil kegiatan pembelajaran
kasus dievaluasi & dikembalikan oleh
dosen.

12 Terdapat kejelasan sistem penilaian
hasil belajar (komposisi nilai dan
bobot nilai)

13 Pada akhir kegiatan pembelajaran
kasus dosen memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk
mengevaluasi pembelajaran dengan
form yang tersedia




Kuesioner ini tidak akan mempengaruhi penilaian pembelajaran mahasiswa; apabila terdapat hal-hal yang
ingin disampaikan demi penyempurnaan pembelajaran berbasis kasus ini bisa ditulis dalam kolom berikut:
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................

Terimakasih atas partisipasi anda.


Tim teaching
Tim Gugus Kendali Mutu Program Studi Peternakan

22

Form Penilaian Kinerja Individu Dalam Kelompok
Pembelajaran Berbasis Kasus


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
PROGRAM STUDI PETERNAKAN
Jl. Dr. Suparno No 60 TELP (0281)638792 PURWOKERTO
Website : www.fapet.unsoed.ac.id
FORM PENILAIAN KINERJA INDIVIDU DALAM KELOMPOK
PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS
Nama :
NIM :
Kelompok :
Judul Studi Kasus :
Mata Kuliah/kode/sks :
Dosen Pengampu :
Waktu Kegiatan :


No


Nama Anggota
Kelompok

NIM
Komponen Penilaian (Beri Nilai 1s.d.5)

Makalah
Individu
Penguasaan Materi Penggunaan
Keterampilan
Komitmen
dan
tanggung
Jawab
Keikutsertaan
kerja
kelompok
Prakarsa
/Inisitaif
Pengambilan
Keputusan
1
2
3
4
5
6
7
8

23


Form Penilaian Presentasi Kegiatan Kelompok Dalam Pembelajaran Berbasis Kasus
FORM PENILAIAN PRESENTASI KEGIATAN KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS


Fakultas : PETERNAKAN
Program studi : PETERNAKAN
Tahun akademik : 2021/2022
Semester : 2
Mata kuliah/ Kode : Kepemimpinan/ PTP 1202
SKS : 3 (2.1)
Pengampu : Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
Ir. Oentoeng Eddy Djatmiko, MP
Ir. Alief Einstein, M.Hum
Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D
Waktu Kegiatan :

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SODIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
PROGRAM STUDI PRODUKSI TERNAK
PURWOKERTO
2021

24



FORM PENILAIAN PRESENTASI HASIL STUDI KASUS KELOMPOK:...............


MATA KULIAH :......................................(1)

SEMESTER :.......................................(2)


KELOMPOK :...........................................(3)


STANDAR MUTU
HASIL PENILAIAN

CATATAN PERBAIKAN
BAIK SEDANG KURANG
No (4) (5) (6) (7) (8)
1 Kemampuan mendiskripsi tugas,
fungsi dan peran pemimpin

2 Teori yang digunakan untuk
membahas kemunculan seorang
pemimpina


3



Kolompok hadir pada saat
dipanggil/mendapat giliran presentasi




4



Kelengkapan dan kesiapan presentasi



5


Kekompakan kelompok dalam
presentasi ( saling mendukung, ada
pembagian peran dan adil dalam
pembagian peran)

25

6



Kualitas isi materi presentasi
(ketepatan jawaban, kedalaman
analisis, kelengkapan referensi )


7 Kemampuan menjelaskan materi
presentasi


8

Kemampuan menjawab pertanyaan
audiens


9



Kualitas panyajian presentasi

10 Etika di dalam pengelolaan presentasi
11 Kecakapan dalam mengoperasikan
media penyuluhan

12 Kesiapan di dalam meng-handle
situasi kritis ( listrik mati, laptop
error,Ppt.ngadat dll.)

Purwokerto, ..........................(9)

Dosen ...........................(10)

Td. Tg. ketua kelas/wakil:.....................(11)

26

Rencana Kegiatan Praktikum

TM
mgg ke
Acara Substansi Metode
pembelajaran
Waktu Media
pemebelajaran
Kriteria penilaian Proporsi
nilai
1
Persiapan
Kuesioner
Menyiapkan
kuesioner untuk
wawancara
- 1 mgg - -
-
1
Pendaftaran
praktikum dan
Pembuatan
Group Online
Praktikum
Mengetahui jumlah
peserta serta
mengkoordinasi
kegiatan praktikum
- 1 mgg -
Kedisiplinan dalam
pendaftaran praktikum
-
2
Asistensi

Penjelasan dan tata
cara praktikum
Arahan
asisten
1 jam Google Meet
Kedisiplinan dalam
kehadiran dan
pemahaman
-
3
Wawancara
Melakukan
wawancara dengan
pemimpin
berdasarkan kuesioner
dan pengamatan
langsung di lapangan
Wawancara
dan
pengamatan
Pemimpin
8 jam Kuesioner
Kedisiplinan,
partisipasi aktif, dan
ketelitian pengamatan
15%
Diskusi
Kelompok
Merangkum hasil
wawancara
Diskusi
kelompok
dibawah
bimbingan
asisten
3 jam
Isian
kuesioner
Kreatifitas, partisipasi
aktif dan kelengkapan
informasi
15%

27

4
Menyusun
laporan
Mencari referensi
untuk menyusun
laporan
Mencari
referensi
diberbagai
sumber
3 jam Google meet
Kedisiplinan,
partisipasi aktif, dan
keterlibatan
15%
5
Membuat
Power poin
Membuat power poin
Kerja
kelompok
dan
partisipatif
6 jam Google meet
Kedisiplinan,
partisipasi aktif, dan
keterlibatan
10%
6 Presentasi Melakukan presentasi
Kerja
kelompok
dan diskusi
aktif,
partsisipatif
3 jam Google meet
Kedisiplinan,
partisipasi aktif, dan
keterlibatan
25%
8 Responsi
Mengetahui
pemahaman
mahasiswa tentang
semua aspek
praktikum yang telah
diterima
Mengerjakan
soal
3 jam
Form soal dan
LJU
Disiplin, tertib, dan
mampu menjawab
pertanyaan
20%

28

Evaluasi/Monitoring Pembelajaran
Kegiatan monitoring proses pembelajaran dimaksudkan untuk mengetahui apakah
proses belajar berlangsung dengan baik. Monitoring dilakukan oleh dosen pengampu,program
Studi ataupun fakultas. Monitoring yang dilakukan dosen hanya menyangkut aspek utama
yang dilakukan ketika pelaksanaan kuis pada setiap sesi pertemuan, sedangkan monitoring
yang dilakukan Program Studi, selain aspek utama juga menyangkut beberapa aspek tambahan.
Monitoring Program Studi dilaksanakan pada pertengahan dan akhir perkuliahan, sedangkan
monitoring yang dilakukan oleh akultas dilaksanakan pada akhir masa perkuliahan. Adapun
bentuk kuisioner monitoring yang dilakukan dosen pengampu adalah sebagai berikut:

29





















FORMULIR PENILAIAN
KINERJA DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN (KULIAH)

(Diisi oleh mahasiswa pada kelas bersangkutan)
Fakultas
Program Studi
Nama Dosen
Matakuliah
Kelas
Gunakan skor penilaian berikut dan beri tanda √
4. Sangat Setuju 3. Setuju 2. Tidak Setuju 1.Sangat Tidak Setuju
TENTANG DOSEN
1 Dosen menguasai materi matakuliah sesuai isi SAP 1 2 3 4
2
Dosen menyediakan buku teks, bahan ajar, hand out atau
sejenisnya
1 2 3 4
3
Dosen mengajarkan materi dengan metode yang efektif dengan
memberi contoh konkrit
1 2 3 4
4
Dosen sangat komunikatif dan mampu menciptakan suasana
yang menyenangkan
1 2 3 4
5
Dosen memperlihatkan sikap menghormati mahasiswa dan
mendorong/memotivasi mahasiswa
1 2 3 4
6 Dosen memberi penilaian yang objektif 1 2 3 4
7
Dosen selalu mengembalikan hasil tes / tugas dengan catatan /
komentar
1 2 3 4
8
Dosen menyediakan waktu untuk mendiskusikan materi kuliah
di luar kelas
1 2 3 4
9
Dosen terampil menggunakan sarana teknologi modern dalam
memberi kuliah
1 2 3 4
10
Dosen memberikan pesan nilai moral dan etika selain tentang
materi matakuliah
1 2 3 4
TENTANG MATAKULIAH DAN BAHAN AJAR
1
Materi matakuliah telah sesuai dengan perkembangan IPTEKS
terbaru
1 2 3 4
2 Isi SAP sangat jelas dan membantu anda memahami matakuliah 1 2 3 4
3
Materi tugas tes, dan ujian sesuai dengan materi matakuliah dan
selaras dengan isi SAP
1 2 3 4
4 Materi bahan ajar mudah dipahami 1 2 3 4
5
Materi bahan ajar memuat hasil penelitian dosen yang
bersangkutan
1 2 3 4

Berikan komentar untuk dosen yang bersangkutan
..………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………

30

Butir Soal

SOAL UTS
MATA KULIAH KEPEMIMPINAN (PTP1202/PTP1203)
Waktu: 60 menit

I. Bacalah pernyataan di bawah ini, kemudian berilah TANDA SILANG huruf B jika
pernyataan BETUL dan TANDA SILANG pada huruf S jika pernyataan SALAH

1. B – S Salah satu sifat pemimpin yang baik adalah ambisius.
Jawaban: S
2. B – S Salah satu teori kepemimpinan adalah teori sifat atau teori genetik. Teori ini
menjelaskan bahwa eksistensi seorang pemimpin dapat diwariskan berdasarkan
sifat- sifat sejak lahir.
Jawaban: B
3. B – S Pemimpin tidak perlu mempunyai kapasitas moral yang lebih tinggi dalam mengatasi
berbagai dilema.
Jawaban:S
4. B – S Teori yang menunjukkan bahwa kedudukan dan kesempatan yang sama dimiliki oleh
semua orang adalah teori kejiwaan.
Jawaban: S
5. B – S Teori kepemimpinan yang merupakan hasil dari kombinasi waktu, situasi, tempat,
dan kondisi tertentu merupakan teori sosial.
Jawaban: S
6. B – S Setiap orang bisa menjadi pemimpin melalui proses pendidikan dan pengalaman.
Jawaban: B
7. B – S Teori yang merupakan perpaduan antara teori sosial dan teori genetis adalah teori
kontingensi yaitu jika Ia dilahirkan sebagai pemimpin dan memperoleh pendidikan
dan pengalaman akan menjadi pemimpin.
Jawaban: S
8. B – S Teori tiga dimensi dipengaruhi oleh dua faktor saja yaitu bakat kepemimpinan dan
Pengalaman, pendidikan.
Jawaban: S
9. B – S Seseorang dapat menjadi pemimpin jika memiliki bakat, lingkungan yg
Membentuknya, kesempatan dan kepribadian, motivasi dan minat, merupakan
pengertian teori serba kemungkinan.
Jawaban: B
10. B – S Menurut Ordway Tead munculnya seorang pemimpin ditunjuk dari atas artinya yang
menjadi pemimpin karena dipercaya dan disetujui pihak atasannya.
Jawaban: B

31


11. B. - S Pemimpin yang mampu menjalin kerjasama dg baik memberikan manfaat positif,
dimana setiap karyawan akan saling bekerjasama menyelesaikan pekerjaan dengan
lancar dan merasa nyaman.
Jawaban : B
12. B. - S Pemimpin adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mewujudkan
banyak hal bagi yang dipimpinnya.
Jawaban : B
13. B. - S Prestasi seseorang pemimpin dalam mencapai suatu keberhasilan merupakan
prestasi yang diperoleh atas kerjanya sendiri tanpa campur tangan orang lain
Jawaban : S
14. B - .S Perilaku yang memiliki keperdulian pada anggotanya, maka tugas seseorang
pemimpin harus bersikap hangat dan mendukung terhadap para pengikutnya.
Jawaban : B
15. B. - S Peran utama kepemimpinan adalah memusatkan perhatian orang-orang
pada sesuatu yang terbaik bagi pelanggan dan bagi organisasi.
Jawaban : B

II. Pilihlah SATU jawaban yang anda anggap paling tepat

1). Perbedaan antara teori Genetis dan teori sifat adalah
A. Penggagasnya (penemunya)
B. Sosialisasi
C. Keturunan
D. Sifat Pemimpin
Jawaban: B

2) Menurut Teori Sosial, lahirnya pemimpin perlu didukung dengan
A. Pelatihan
B. Kekayaan
C. Kewibawaan
D. Kecerdasan
Jawaban: A

3) Bung Karno seorang orator ulung yang bisa mengobarkan semangat pemuda Indonesia,
sehingga sangat pas munculnya Kepemimpinan Bung Karno di era perjuangan, merupakan
contoh teori:
A. Sifat
B. Kewibawaan
C. Lingkungan

32

D. Kelompok
Jawaban: C

4) Seorang anak pemimpin yang memiliki pendidikan tinggi dan menjadi pemimpin di beberapa
berorganisasi, merupakan contoh lahirnya teori:
A. Kewibawaan
B. Ekologis
C. Sifat
D. Genetik
Jawaban: B

5) Pemimpin yang menerapkan perilaku taat prosedur bukan hanya untuk dirinya tapi juga
Bawahannya,
A. Otokatrif
B. Birokratif
C. Direktif
D. Instruktif
Jawaban: B

6) Atasan meminta pendapat kepada bawahan mengenai keputusan yang akan diambilnya,
Namun, keputusan tetap berada di tangan pemimpin
A. Gaya Kepemimpinan Otokratif
B. Gaya Kepemimpinan Situasional
C. Gaya Kepemimpinan Egaliter
D. Gaya Kepemimpinan Konsultatif
Jawaban: D

7) Kecendrungan perilaku seorang pemimpin yg menggambarkan hubungan akrab dengan
bawahan
A. Struktur Inisiasi
B. Konsiderasi
C. Egaliter
D. Parternalistis
Jawaban: B

8) Pemimpin visioner yang mengajak sumber daya manusia organisasi bergerak menuju visi
kelompok/organisasi
A. Transaksional
B. Birokrasi
C. Transformasional

33

D. Konsultatif
Jawaban: C

9) Menurut Blanchard, Pemimpin melimpahkan seluruh wewenang dan tanggung jawabnya
kepada bawahan saat menjadi delegasi kelompok/organisasi
A. Gaya Kepemimpinan Delegating
B. Gaya Kepemimpinan Supporting
C. Gaya Kepemimpinan Konsultatif
D. Gaya Kepemimpinan Konsiderasi
Jawaban: A

10) Ciri-ciri Teori Kelompok, kecuali:
A. Ketika anggota tidak mampu melaksanakan pekerjaan secara baik, pemimpin
cenderung menekankan pada struktur pengambil inisiatif
B. Ketika anggota mampu melaksanakan pekerjaan secara baik maka pemimpin
menaikkan penekanannya
C. Hubungannya harmonis
D. Menghasilkan pemimpin baru
Jawaban: C

11) Tugas-tugas Kepemimpinan yang harus dikerjakan berikut ini, kecuali:
A. Membangkitkan kepercayaan dan loyalitas bawahan
B. Mengkomunikasikan gagasan kepada perusahaan lain.
C. Mempengaruhi orang lain
D Mampu mengejawantahkan tujuan organisasi
Jawaban : B.

12) Menyalakan semangat pekerjaan dengan tujuan individunya disebut
A. Allowing
B. Aligning
C. Alighting
D. Alright.
Jawaban : C.

13) Pernyataan mana yang tidak benar
A. Pemimpin dapat menjalankan roda organisasi dengan mengefektifkan
manajemen kepemimpinan
B. Memimpin adalah kemampuan berempati dan simpati kpd pihak yg kurang
beruntung .
C. Salah satu kriteria menilai efektifitas kepemimpinan adalah kemampuan dalam

34

mengambil keputusan
D. Salah satu karakter pemimpin yang luhur adalah mampu meniliai diri sendiri
secara jujur
Jawaban : B.

14) Yang termasuk dalam Peran Kepemimpinan dalam Manajemen Mutu adalah?
A. Pengukuran mutu
B. Ada ukuran baku
C. Bangkitkan kesadaran mutu
D. Menghitung biaya.
Jawaban : B.

15) Dasar konpetensi pemimpin, kecuali:
A. Memiliki Visi
B. Berpendidikan formal.
C. Percaya diri
D Memiliki keterampilan membuat rencana
Jawaban : B.

16). Memiliki rasa empati dan toleransi adalah salah satu...
A. Dasar kompetensi pimpinan (jawaban)
B. Syarat pemimpin ideal
C. Syarat pemimpin
D. Penyebab hilangnya kekuatan
Jawaban : A.

17. Membangkitkan kepercayaan dan loyalitas bawahan, termasuk
A. Peran pemimpin
B.Tugas pemimpin
C. Kewajiban pemimpin
D. Fungsi pemimpin
Jawaban : B.

III. Isilah titik-titik dengan jawaban yang tepat dan singkat (Bobot 40)
1. Teori garis keturunan adalah ………………………….………………………..…………..
……………………..……………………………………………………………………………
……………………………..……………………………………………………………………
2. Apakah teori garis keturunan masih relevan pada saat ini? Jelaskan ......................................
...............................................................................................................................................

35

.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………….
3. Pemimpin karismatik ……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
4. Ada beberapa gaya kepemimpinan. Pada saat mana gaya kepemimpinan tersebut diterapkan.
Otokratis digunaan saat ………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
Demokratis digunakan saat ……………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………
Kendali bebas digunakan saat …………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
M.K. KEPEMIMPINAN
Waktu: 75 Menit

1. Kepemimpinan merupakan seni untuk menciptakan kesesuaian paham. Jelaskan (Bobot 5)
2. Apakah perlu seorang pemimpin memiliki kemampuan teknik berkaitan dengan komunitas
yang dipimpinnya? Jelaskan jawaban anda (Bobot 5)
3. Kapan sebaiknya pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan (Bobot 10)
- Konsiderasi
- Inisiasi
4. Bagaimana kepemimpinan menurut Teori Situasi? (Bobot 5)
5. Apa kelemahan dan kelebihan pemimpin yang positif dan negatif (Bobot 10)
6. Jelaskan fungsi pemimpin sebagai Alighting, Aligning, dan Allowing (Bobot 10)
7. Sebut dan jelaskan dasar-dasar pertimbangan memilih seorang pemimpin (Bobot 15)
8. Bagaimana proses pencarian pemimpin yang baik menurut anda? (Bobot 10)
9. Sebutkan 5 indikator/ukuran pemimpin yang sukses (Bobot 10)

36

10. Ada 3 keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer. Keterampilan apa yang paling
sulit anda kuasai, bagaimana cara anda mengatasi kekurangan anda tersebut (Bobot 10)
11. Bagaimana cara anda memotivasi bawahan/anggota/karyawan anda dengan Model
Hubungan Antar Manusia (Bobot 10)