http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

http://repository.unimus.ac.id

11


Berdasarkan gambar 12 dapat
diketahui jika terdapat hubungan
yang signifikan antara kecerdasan
spasial terhadap hasil yang diperoleh
oleh siswa. hal tesebut dapat dilihat
dari grafik jika ketika kecerdasan
spasial siswa semakin tinggi,
semakinn tinggi pula hasil skor P ISA
konten ruang dan bentuk yang
diperoleh siswa.
D. Kesimpulan
a) Proses analisis kesalahan
pengerjaan soal P ISA konten
ruang dan bentuk dilakukan
dengan prosedur Newman dengan
5 tahap yaitu analisis kesalahan
membaca, kesalahan memahami,
kesalahan transformasi, kesalahan
keterampilan proses, dan
kesalahan penulisan jawaban.
Proses analisis dilakukan pada
tiap kategori kecerdasan spasial.
b) P engaruh kecerdasan spasial
siswa berpengaruh terhadap hasil
pekerjaan siswa pada soal P ISA
konten ruang dan bentuk.
c) Analisis kesalahan siswa dengan
kategori spasial rendah memiliki
kemampuan pemecahan masalah
lebih rendah dari pada siswa
dengan siswa denga n kecerdasan
spasial sedang dan tinggi. Siswa
dengan kecerdasan spasial
rendah, sedang, dan tinggi
memiliki jenis kesalahan paling
mendominasi yang sama yaitu
jenis kesalahan memahami.
d) Faktor pen yebab siswa
melakukan kesalahan dalam
mengerjakan soal P ISA konten
ruang dan bentuk dikarenakan
siswa melakukan kesalahan
dalam membaca kata, kesalahan
memahami informasi sehingga
melakukan kesalahan dalam
memahami apa yang diketahui
dan apa yang dit anyakan,
melakukan kesalahan
memberikan solusi, kesalahan
memprose s pen yelesaian, serta
kesalahan menuliskan jawaban
akhir. Faktor utama yang
memb u at siswa melakukan
kesalahan dalam mengerjakan
soal dikarenakan siswa tidak
melakukan pegerjaan dengan
langkah polya.

DAFTAR PUSTAKA
Afri yana, S., & Mampouw, H. L.
(2018). Profil Kemampuan
Spasial Matematis Siswa Kelas
Xi Sma Negeri 1 Tuntang Pada
Materi Bangun Ruang Sisi
Lengkung The. Math Didactic:
Jurnal Pendidikan Matematika ,
4 (32), 296 ± 309.
Argina, A. W., Mitra, D., Ijabah, N.,
& Setiawan, R. (2017).
,QGRQHVLD 3LVD 5HVXOW × :KDW
Faktors And What Should Be
Fixed? Educational And
Language International
Conference Proceedings Center
For International
Developmentof Unissula , 69 ± 79.
Basir, M. (2015). Evaluasi
Pendidikan . Retrieved From
Http://Weekly.Cnbnews.Com/N
ews/Article.Html? No=124000
Cahyanto, M. N. (2017). Kesala han
Siswa Kelas VIII Dalam
Memecahkan Soal Matematika
Model Pisa Konten Space And
Shape . Retrieved From
Http://Eprints.Ums.Ac.Id/53280
/11/Naskah Publikasi.Pdf
Faradhil a, N., Imam, S., & Yemi, K.
(2013). Eksperimentasi Model
Pembelajaran Missouri
Mathematics Project (MMP) http://repository.unimus.ac.id

12

Pada Materi Pokok Luas
Permukaan Serta Volume
Prisma Dan Limas Ditinjau Dari
Kemampuan Spasial Siswa
Kelas VIII Semester Genap
SMP Negeri 2 Kartasura T ahun
Ajaran 2011/2012. Jurnal
Pendidikan Matematika Solusi
UNS , 1 (1), 67 ± 74.
Nisa, M. K., & Rejeki, S. (2017).
An alisis Kesalahan Siswa Kelas
VII Dalam Memecahkan Soal
Matematika Model Pisa Konten
Quantity. Seminar Nasional
Pendidikan Matematika , 1 ± 8.
OECD . (2016). Program For
International Student
Assessment (PISA) Result PISA
2015. In OECD (Pp. 1 ± 8).
Retrieved From
Https://Www.Oecd.Org/Pisa/PI
SA - 2015 - Indonesia.Pdf
Prasetyo, E., Widyawati, S.,
Masykur, R., & Putra, F. G.
(2018). Pengaruh Pembelajaran
Picture And Picture (Pap)
Terhadap Hasil Belajar
Matematika Ditinjau Dari
Kecerdasan Spasial. Beta Jurnal
Tadris Matematika , 11 (1), 50 ±
61.
Purnomo, S., Dafik, & Kusno. (2015).
Analisis Kemampuan Siswa Smp
Dalam Menyelesaikan Soal Pisa
Konten Shape And Space
Berdasarkan Model Rasch .
Retrieved From
Https://Repository.Unej.Ac.Id/
Bitstream/Handle/123456789/6
2571/Artikel Semnas Suryo
%2B Sertifikat.Pdf?Sequence=1
Rahmawati, & Mahdiansyah. (2014).
Literasi Matematika S iswa
3HQGLGLNDQ 0HQHQJDK × $QDOLVLV
Menggunakan Desain Tes
Internasional Dengan Konteks
Indonesia 1 Mathematical
Literac y Of Students At
6HFRQGDU \(GXFDWLRQ /HYHO ×$Q
Analysis Using International
Test Design With Indonesian
Context. Jurnal Pendidikan Dan
Kebudayaan , 20 (4), 452 ± 469.
Setiawan, H., Diah, N., & Lestari, S.
(2014). Soal Matem atika Dalam
P ISA Kaitann ya Dengan Literasi
Matematika Dan Keterampilan
Berpikir Tingkat Tinggi.
Prosiding Seminar Nasional
Matematika , 244 ± 251.
White, A. L. (2010). Numerac y,
/LWHUDF \ $QG 1HZPDQ¶V (UURU
Analysis. Journal Of Science
And Mathematics Education In
Southeast Asia , 33 (2), 129 ± 148.





http://repository.unimus.ac.id