HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK
DENGAN GANGGUAN TIDUR PADA ANAK USIA
PRASEKOLAH DI KECAMATAN ILIR BARAT I


Skripsil
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar
Sarjana Kedokteran (S.Ked)






Oleh:
Anastashya Maharani Sekar Putril
04011181621029





F A K U L T A S K E D O K T E R A N
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2020

DAFTAR ISIl

HALAMANl JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN lPENGESAHAN............................................................................ ii
LEMBAR lPERNYATAAN ............................................................................... iii
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN lPUBLIKASI ......................... iv
ABSTRAK .......................................................................................................... v
ABSTRACT .......................................................................................................... vi
KATA lPENGANTAR ....................................................................................... vii
DAFTAR lISI ...................................................................................................... viii
DAFTAR lTABEL .............................................................................................. xi
DAFTAR lBAGAN ............................................................................................ xii
DAFTAR lLAMPIRAN ...................................................................................... xiii
DAFTAR lSINGKATANl .................................................................................. xiv

BAB IL PENDAHULUAN lll
1.1. Latar lBelakang ....................................................................... 1
1.2. Rumusan lMasalah .................................................................. 3
1.3. Tujuan lPenelitian ................................................................... 4
1.3.1. Tujuan iUmum .......................................................... 4
1.3.2. Tujuan lKhusus ......................................................... 4
1.4. Hipotesa .................................................................................. 4
1.5. Manfaat lPenelitian ................................................................. 4
1.5.1. Manfaat lTeoritis ...................................................... 4
1.5.2. Manfaat lPraktis ........................................................ 5

BAB IIL TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Media Elektronik .................................................................... 6
2.1.1. Definisi Media Elektronik ........................................ 6
2.1.2. Jenis Media Elektronik ............................................. 6
2.1.3. Dampak Penggunaan Media Elektronik ................... 7
2.2. Tidur........................................................................................ 9
2.2.1. Definisi Tidur ........................................................... 9
2.2.2. Fisiologi Tidur .......................................................... 9
2.2.3. Fase-fase Tidur ......................................................... 11
2.2.4. Pola Tidur Anak........................................................ 13
2.3. Gangguan Tidur pada Anak .................................................... 14
2.3.1. Definisi Gangguan Tidur .......................................... 14
2.3.2. Epidemiologi ............................................................ 14
2.3.3. Etiologi ..................................................................... 14
2.3.4. Jenis-jenis Gangguan Tidur ...................................... 15
2.3.5. Diagnosis .................................................................. 18
2.3.6. Dampak Gangguan lTidur ........................................ 20
2.3.7. Tatalaksana Gangguan iTidur ................................... 21
2.3.7. Pencegahan Gangguan iTidur ................................... 22
2.4. Media Elektronik dan Gangguan Tidur .................................. 22

2.5. Kerangka Teori ....................................................................... 24
2.6. Kerangka Konsep .................................................................... 25

BAB IIIl METODE PENELITIAN
3.1. Jenis Penelitian ....................................................................... 26
3.2. Waktu dan Tempat Penelitian ................................................. 26
3.2.1. Tempat Penelitian ..................................................... 26
3.2.2. Waktu Penelitian....................................................... 26
3.3. Populasi dan Sampel ............................................................... 26
3.3.1. Populasi .................................................................... 26
3.3.2. Sampel ...................................................................... 27
3.3.3. Besar Sampel ............................................................ 27
3.4. Kriteria Inklkusi dan Eksklusi ................................................ 29
3.4.1. Kriteria Inklusi .......................................................... 29
3.4.2. Kriteria Eksklusi ....................................................... 29
3.5. Variabel Penelitian .................................................................. 30
3.5.1. Variabel Dependen ................................................... 30
3.5.2. Variabel Independen ................................................. 30
3.6. Definisi Operasional ............................................................... 30
3.7. Cara Pengumpulan dan Jenis Data.......................................... 34
3.8. Cara Pengolahan dan Analisis Data ........................................ 34
3.8.1. Cara Pengolahan ....................................................... 34
3.8.2. Analisis Data............................................................. 34
3.9. Kerangka Operasional............................................................. 35

BAB IVllHASIL DAN PEMBAHASAN ll
4.1. Hasil Penelitian ....................................................................... 37
4.1.1. Karakteristik Dasar Subyek Penelitian ..................... 37
4.1.2. Karakteristik Responden Berdasarkan Penggunaan
Media Elektronik ...................................................... 38
4.1.3. Karakteristik Responden Berdasarkan Gangguan
Tidur dan Jenis Gangguan Tidur .............................. 38
4.1.4. Hubungan Karakteristik Dasar dan Penggunaan
Media Elektronik dengan Gangguan Tidur .............. 40
4.2. Pembahasan ............................................................................ 42
4.2.1. Karakteristik Penggunaan Media Elektronik pada
Anak Usia Prasekolah ............................................... 42
4.2.2. Karakteristik lGangguan Tidur ldan Jenis iGangguan
Tidur ......................................................................... 43
4.2.3. Hubungan Jenis Media Elektronik dengan Gangguan
Tidur ......................................................................... 44
4.2.4. Hubungan Onset Penggunaan Media Elektronik
dengan Gangguan Tidur ........................................... 44
4.2.5. Hubungan Durasi Penggunaan Media Elektronik
dengan Gangguan Tidur ........................................... 45
4.2.6. Hubungan Isi Program Media Elektronik dengan

Gangguan Tidur ........................................................ 45
4.3. Keterbatasan Penelitian........................................................... 46

BAB VLl lKESIMPULAN DAN SARAN l
6.1. lKesimpulan ............................................................................ 47
6.2. lSaran ...................................................................................... 48

DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................... 49
LAMPIRAN ...................................................................................................... 51
BIODATA ......................................................................................................... 81

DAFTARl TABELl

TabelilHalaman

1. Pola lTidur Anak Usia 018 Tahun ........................................................... 13
2. Jumlah Populasi ......................................................................................... 27
3. Jumlah Sampel ........................................................................................... 29
4. Definisi Operasional................................................................................... 31
5. Karakteristik Dasar Subyek Penelitian....................................................... 37
6. Karakteristik Penggunaan Media Elektronik ............................................. 38
7. Karakteristik Gangguan Tidur.................................................................... 38
8. Karakteristik Jenis Gangguan Tidur........................................................... 39
9. Hubungan Karakteristik Dasar dan Penggunaan Media Elektronik
dengan Gangguan Tidur ............................................................................. 40

xii

DAFTAR BAGAN


Bagan Halaman

1. Kerangka Teori........................................................................................... 24
2. Kerangka Konsep ....................................................................................... 25
3. Kerangka Operasional ................................................................................ 35

DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran Halaman

1. Hasil Pengolahan Data SPSS ..................................................................... 51
2. Sertifikat Kelayakan Etik ........................................................................... 72
3. Surat Izin Dekanat ...................................................................................... 73
4. Kuesioner Penggunaan Media Elektronik .................................................. 74
5. Kuesioner Gangguan Tidur ........................................................................ 77
6. Dokumentasi Kegiatan ............................................................................... 80

DAFTAR SINGKATAN


GH : Growth Hormone
SCN : Suprachi-asmatic nucleus
REM : Rapid Eye Movement
NREM : Non- Rapid Eye Movement
PSG : Polysomnography
SDSC : Sleep Disturbances Scale for Children

ABSTRAK

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK DENGAN
GANGGUAN TIDUR PADA ANAK USIA PRASEKOLAH
DI KECAMATAN ILIR BARAT I

(Anastashya Maharani Sekar Putri, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya,
2019, 95 halaman)

Latar Belakang:Gangguan tidur merupakan kumpulan gejala yang ditandai oleh
gangguan dalam jumlah, kualitas, atau waktu tidur seseorang. Beberapa teori
menyebutkan bahwa kebiasaan yang diterapkan seperti menonton televisi atau
penggunaan media elektronik diduga menjadi penyebab gangguan tidur pada
anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media
elektronik dengan gangguan tidur yang dialami oleh anak usia prasekolah.
Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan potong lintang,
dilakukan pada anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Ilir Barat I,
Palembang, yang di dapat secara simple random sampling berlangsung pada bulan
Agustus. Data penggunaan media dilakukan dengan pengisian kuesioner dan
gangguan tidur dengan menggunakan SDSC.
Hasil: Dari 120 subyek, usia terbanyak adalah 5–6 tahun (63,8%). Perempuan
lebih banyak dibandingkan laki-laki. Semua anak sudah menggunakan media,
mayoritas smartphone/tablet (62,5%).Terdapat 33,3% onset penggunaan media
kurang dari 2 tahun, durasi >2 jam (42,5%) dan isi program bukan untuk anak-
anak (5%). Terdapat hubungan antara jenis media (p= 0.023, PR= 2.531), onset
(p= 0.032, PR= 2.500 ) dan durasi (p= 0.010, PR= 2.679) dengan gangguan tidur .
Namun tidak terdapat hubungan bermakna antara isi program penggunaan media
elektronik dengan gangguan tidur pada anak.
Kesimpulan :Terdapat hubungan bermakna antara jenis, onset, durasi media
elektronik dengan gangguan tidur pada anak tetapi tidak terdapat hubungan
bermakna antara isi program dengan gangguan tidur pada anak.
Kata kunci: Gangguan tidur, Media elektronik, Prasekolah, SDSC


Mengetahui,
Pembimbing 1 Pembimbing II


Dr. Rismarini, Sp.A (K) Dra. Lusia Hayati, M.Sc
NIP.195801261985032001 NIP.195706301985032001

ABSTRACT

”THE ASSOCIATION BETWEEN ELECTRONIC MEDIA USE AND
SLEEP DISTURBANCE AMONG PRE -SCHOOL CHILDREN
IN KECAMATAN ILIR BARAT I ”


(Anastashya Maharani Sekar Putri, Medical Faculty of Sriwijaya University,
2019, 95 pages)

Introduction: Sleep disturbance is a symptoms that are characterized by a
disturbance in the amount, quality, or sleep time of a person. Some theories state
that habits that are applied such as watching television or using other electronic
media are thought to be one of the causes of sleep disorders in children. This
study aims to determine the association of electronic media use with sleep
disturbances in preschoolers.
Methods: An analytic observational study with a cross-sectional approach,
conducted on kindergartens (TK) in Ilir Barat I District, Palembang, which was
obtained by simple random sampling took place in August. Data on media use
was carried out by filling out questionnaires and sleep disorders using SDSC.
Result: Of the 120 subjects, the most age was 5-6 years (63.8%). More girls than
boys. All children have used media, the majority is smartphones/tablets (62.5%).
There were 33.3% of the onset of media use less than 2 years, duration> 2 hours
(42.5%) and the contents of the program were not for children (5%). The
prevalence of sleep disturbances in preschoolers was 41,67%. There was a
significant association between media types (p = 0.023, PR= 2.531), onset (p =
0.032, PR = 2.500) and duration (p = 0.010, PR= 2.679) with sleep disturbances.
The contents of media were not associated with sleep disturbances.
Conclusion :There was significant relationship between type , onset, duration
with sleep disturbances but there was no significant relationship between content
with sleep disturbances in preschoolers.
Keyword: Electronic media use, Presschoolers, SDSC, Sleep disturbance


Mengetahui,
Pembimbing 1 Pembimbing II


Dr. Rismarini, Sp.A (K) Dra. Lusia Hayati, M.Sc
NIP.195801261985032001 NIP.195706301985032001

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tidur merupakan aktivitas fisiologis pada setiap individu. Bagi anak-
anak, tidur sebagai salah satu faktor yang menunjang optimalnya tumbuh
dan kembang pada anak. Ketika anak tertidur sekitar 75% growth
hormonedilepaskan dengan jumlah 3 kali lipat dibandingkan dalam keadaan
terjaga. Growth hormone (GH) bekerja sebagai stimulator pertumbuhanyang
bertugas merangsang tumbuhnya ltulang dan jaringan, lmengatur
metabolisme tubuh, ltermasuk juga otak anak (Sekartini, 2011).
Sekitar 1530% anak mengalami masalah tidur pada periode bayi.
Beberapa ahli menyebutkan bahwa masalah pada tidur pada periode bayi
dapat berlanjut hingga usia balita dan usia sekolah (Sekartini and Adi,
2017). Prevalens gangguan tidur pada anak dan dewasa adalah sekitar 30%.
Sedangkan usia 218 tahun gangguan tidur sebesar 3545%. Menurut
survei yang dilakukan oleh Liu et al.,di Beijing didapatkan sebesar 21,2%
anak pada usia 212 tahun mengalami gangguan tidur. Hasil survei ini
hampir sama dengan hasil yang didapatkan di negara-negara lainnya
(Thermiany AS, 2013). The American Academy of Pediatrics
memperkirakan sekitar 10% anak-anak di Amerika memiliki masalah terkait
tidur. Persentase ini dapat meningkat 5075% pada anak-anak dengan
gangguanmental, neurologis dan atau gangguan perkembangan. Masalah
tidur umum dimiliki oleh anak usia prasekolah, diperkirakan setidaknya
21% anak usia prasekolah mengalami 2 masalah tidur dengan salah satu
penyebabnya yaitu penggunaan media elektronik (Mongelia, 2007;
Garrison, Liekweg and Christakis, 2011).
lGangguan tidurl merupakan kumpulan gejala yang ditandai oleh
gangguan dalam ljumlah, kualitas, atau waktu tidur seseorangl berupa

pendeknya durasi tidur, tingginya gerakan anggota tubuh selama tidur dan
seringnya terbangun pada malam hari (Mongelia, 2007). Penyebab
gangguan tidur pada anak dibagi menjadi penyebab organik dan non-
organik, parasomnia, dan gangguan jadwal tidur-bangun. Walaupunlada
banyak hal yang bisa menjadi penyebab berkurangnya. kualitas tidur anak,
penggunaan media elektronik seperti televisi,. komputer, dan
handphonelcukup sering dikaitkan dengan ldurasi tidur yang berkurang,
terbangun lebih lawal, mengantuk disiang hari, lmimpi buruk di malam hari,
dan berjalan dalam tidur (Arora et al.,2014). Kebiasaan seperti menonton
televisi atau penggunaan media elektronik lainnya diduga menjadi salah
satu penyebab gangguan tidur pada anak (Thermiany AS, 2013 ; Gahagan,
2017). Beberapa teori menyebutkan bahwa menonton televisi dapat
memperpendek durasi tidur disebabkan waktu yang terpakai untuk
menonton, anak menjadi lebih pasif atau kurang terlibat dalam kegiatan
olahraga sehingga kualitas tidur menjadi buruk.Sebagai contoh, dari data
retrospektif pasien di Pediatric Sleep Disorder Clinicsekitar 25% anak
mengalami gangguan tidur dan secara spesifik para orang tua menyebutkan
bahwa penggunaan media eletronik (televisi) berkontribusi dalam gangguan
tidur. Isi program yang ditonton oleh anak melalui media elektronik juga
berpengaruh pada tidur anak seperti isi program yang bersifat agresif
(kekerasan dan/ stimulasi berlebih), dapat menyebabkan penuruan kualitas
tidur anak berupa kesulitan memulai tidur dan sering kali terbangun pada
malam hari dikarenakan kecemasan sehingga anak tidak rileks dan tetap
terjaga. Kurangnya pengawasan orang tua terhadap penggunaan media
elektronikdan mudahnya pengaksesan media elektronik menjadi penyebab
anak secara berlebihan menggunakannya terutama pada malam hari (Owens
et al., 1999).
Gangguan tidur pada anak tentunya sangat berdampak terhadap
keadaaan fisik dan regulasi emosi anak. Setelah seharian beraktivitas
tentunya tubuh membutuhkan kesempatan untuk beristirahat. Saat anak
tertidur fungsi endokrin dari tubuh akan melepaskan beberapa hormon,

salah satunya adalah growth hormone. Hormon ini berkaitan dengan
pertumbuhan anak, salah satunya adalah pertumbuhan tulang. National
Study of Health and Growth di London menunjukkan bahwa gangguan tidur
menyebabkan rendahnya sekresi growth hormone memiliki hubungan
dengan kejadian perawakan pendek pada anak usia 5-11 tahun (M C
Gulliford, 1990). Pada studil longitudinali Emily K. Snell dkk didapatkan
lhubunganiantara gangguan tidur anak ldengan kejadian obesitas. Penelitian
oleh Dang Vu dkk menyatakan bahwa pola tidur yang baik menyebabkan
maturasi otak yang optimal (Snell E, 2007; Seegers V, 2011; Dang-Vu TT,
2006). Dampak lainnya berupa terjadinya gangguan kognitif dan regulasi
emosi pada anak. Gangguan ini berisiko membuat anak mengalami
kegagalan dalam bidang akademik dan masalah sosial (Gahagan, 2017).
Penelitian ini dilakukan karena data mengenai pengaruh penggunaan
media elektronik terhadap gangguan tidur anak usia prasekolah masih
sangat terbatas dan masalah gangguan tidur pada anak kurang dianggap
penting bagi orangtua. Anak usia prasekolah adalah anak-anak yang
memiliki rentang usia 36 tahun. Seiring dengan kemajuan teknologi dan
kurangnya kewaspadaan orangtua, banyak anak dengan rentang usia
tersebut telah kecanduaan media elektronik dan tanpa disadari berpengaruh
pada pola tidur anak. Kualitas tidur yang baik sangat diperlukan pada masa
ini, karena pada usia 3-6 tahun terlambatl tidur selamai 30 menitl saja dapat
mempengaruhil kurang terkontrolnya emosi, penurunan motivasi,
kurangnya konsentrasi dan daya ingat anak. Hormon pertumbuhan juga
mencapai puncaknya saat anak tertidur, sehingga apabila tidak ditatalaksana
dengan baik dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan (Thermiany AS,
2013).
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana penggunaan media elektronik pada anak usia prasekolah?
2. Apa saja jenis gangguan tidur yang dialami anak usia prasekolah?

3. Apakah terdapat hubungan antara penggunaan media elektronik dengan
gangguan tidur anak usia prasekolah?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
penggunaan media elektronik terhadap gangguan tidur pada lanak usia
prasekolah.
1.3.2 Tujuanl Khusus
1. Mengidentifikasi jenis, isi program, onset dan durasi penggunaan media
elektronik pada anak usia prasekolah
2. Mengidentifikasi gangguan tidur dan jenis gangguan tidur pada anak
usia prasekolah
3. Menganalisis hubungan jenis, isi program, onset dan durasi penggunaan
media elektronik dengan gangguan tidur pada anak usia prasekolah.
1.4 Hipotesis
H1: Penggunaan media elektronik berpengaruh terhadap gangguan
tidurpada anak usia prasekolah.
H0: Penggunaan media elektronik tidak berpengaruh terhadap gangguan
tidurpada anak usia prasekolah.
1.5 Manfaat Penelitian
1.5.1 Manfaat Teoritis
1. Untuk mengetahui seberapa besar dampak penggunaan media
elektronik terhadap gangguan tidur yang dialami anak usia prasekolah.
2. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk
penelitian mendatang yang serupa, berhubungan atau lebih mendalam.

3. Hasil dari skripsi ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam
pengembangan ilmu mengenai gangguan tidur pada anak usia
prasekolah.

1.5.2 Manfaat Praktis
1. Mengedukasi orangtua agar lebih memperhatikan penggunaan media
elektronik pada anak.
2. Sebagai masukan agar orang tua lebih memperhatikan gangguan tidur
karena dapat mengganggu proses tumbuh kembang anak.
3. Anak dengan gangguan tidur dirujuk ke bagian Tumbuh Kembang
Anak di Rumah Sakit Mohammad Hoesin, Palembang.

DAFTAR PUSTAKA
American Academy of Pediatrics. 2016. American Academy of Pediatrics
Announces New Recommendations for Children’s Media Use. AAP
website.
Brown, A. 2011. Media Use by Children Younger Than 2 Years. Pediatrics.
128 (5): 1040-45.
Bruni, O. et al. 1996. The Sleep Disturbance Scale for Children (SDSC):
Construction and Validation of An Instrument To Evaluate Sleep
Disturbances in Childhood and Adolescence. J. Sleep Rrs. 5 (4): 251-61.
Christine, N. et al. 2011. Skala Gangguan Tidur untuk Anak (SDSC) sebagai
Instrumen Skrining Gangguan Tidur pada Anak Sekolah Lanjutan Tingkat
Pertama. Sari Perdiatri.12(6):365-72.
Dahlan, M. S. 2014. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan: “Deksriptif,
Bivariat, dan Multivariat Dilengkapi Aplikasi Menggunakan SPSS”.
Epidemiologi Indonesia, Jakarta, Indonesia.
Dang-Vu, T. T. et al. 2006. A Role For Sleep in Brain Plasticity. Pediatric
Rehabilitation. 9(2): 98-118.
Emily, K. S. et al. 2007. Sleep and The Body Mass Index and Overweight Status of
Children and Adolescents. Child Development. 78(1): 309-23.
Fuller, C. et al. 2017. Bedtime Use of Technology and Associated Sleep Problems in
Children. Global Pediatric Health. 4: 1-8.
Gahagan, S., 2017. Tidur Normal dan Gangguan Tidur pada Anak. Dalam: A,Suryawan.
(Editor). Nelson Ilmu Kesehatan Anak Esensial Edisi Keenam (halaman 63).
Elsevier, Singapore.
Garrison, M. M. et al. 2011. Media Use and Child Sleep: “The Impact of Content,
Timing, and Environment”. Pediatrics. 128(1): 29–35.

Gulliford, M. C. et al. 1990. Sleep Habits and Height at Ages 5 To 11. Archieve of
Disease in Childhood. 65(1): 119–22.
Hysing, M. et al. 2015. Sleep and Use of Electronic Devices in Adolescence:
Results from A Large Population-Based Study. BMJ Open. 5: 1-7
Irfanudin. 2019. Cara Sistematis Berlatih Meneliti: Merangkai Sistematika
Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Rayyana Komunikasindo, Jakarta,
Indonesia.
Kabali, H. K. et al. 2015. Exposure and Use of Mobile Media Devices by Young
Children. Pediatrics. 136 (6) 1044-50.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
Liu, X. et al. 2005. Brief report: An Epidemiologic Survey of The Prevalence of
Sleep Disorders Among Children 2 To 12 Years Old in Beijing, China.
Pediatrics. 115(1): 266-8.
Mongelia, P. 2007. The National Sleep Foundation. Journal of Consumer Health
On the Internet. 11(3): 85-90.
National Sleep Foundation. 2016. How Much Sleep Do We Really Need?.Sleep
Research.
Owens, J. et al. 1999. Television-viewing Habits and Sleep Disturbance in School
Children. Pediatrics. 104(3): 1-8.
Safitri, Ani. 2013. Hubungan Pola Menonton Televisi dengan Keterlambatan Bicara,
Studi pada Anak Usia 1-3 Tahun di Semarang. Skripsi. Jawa Tengah: Universitas
Diponegoro
Setianingsih, S. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah
Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan
Hiperaktivitas. Jurnal Ilmu Kesehatan. 16(2): 191-205.