RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
MAKRO EKONOMI SYARIAH












Oleh:
NURAENI, M.E


SEKOLAH TINGGI EKONOMI SYARIAH TUNAS PALAPA
2019

YAYASAN TUNAS PALAPA
SEKOLAH TINGGI EKONOMI SYARIAH TUNAS PALAPA
PROGRAM STUDY EKONOMI SYARIAH
Jl. Pangeran Diponegoro Linkungan V, RT 002 RW 002 Kelurahan Dayamurni Kecamatan Tumijajar
Kabupaten Tulang Bawang Barat www.tunaspalapa.ac.id
Formulir :
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
No. Dokumen No Revisi Tanggal Terbit
…………………………………….
Mata Kuliah
(Kode MK)
Makro Ekonomi Syariah SKS : 3 Semester : 4
Program Studi Ekonomi Syariah Dosen: Nuraeni, M.E
Deskripsi Mata
kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep dasar ekonomi makro Islam. pembahasan meliputi dasar pengetahuan perekonomian
Islam dan pengantar teori makroekonomi Islam. Untuk memberi gambaran yang jelas tentang makroekonomi Islam, materi
kuliah diperkaya dengan pembahasan tentang perbedaan konsep makroekonomi Islam dan non-Islam, kaidah fiqh yang
digunakan dalam kegiatan ekonomi secara makro terutama riba dan zakat, peran masing-masing pelaku pasar secara
menyeluruh (aggregate), factor-faktor yang menentukan kegiatan suatu negara secara Islami, permasalahan ekonomi
nasional seperti inflasi dan pengangguran, serta mengkaji peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan ekonomi
berdasarkan prinsip syariah sesuai maqashid syariah.
Capaian
Pembelajaran
Sikap: 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat danlingkungan;
4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
5. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
Pengetahuan: 1. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus, dalam hal jenis plagiarism,
dan konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya;
2. Menguasai konsep teoritis ekonomi syariah dan mainstream, nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar ekonomi syariah untuk
secara konseptual menganalisis fenomena ekonomi tingkat dasar: peran negara dalam perekonomian (kebijakan fiscal,
moneter, serta peranan lembaga hizbah untuk mengatasi ketidaksesmpurnaan pasar dalam proses distribusi menurut
tingkat hajatnya;

3. Menguasai metode penelitian dan teknik analisis data dalam bidang ekonomi dan keuangan dalam paradigma ekonomi
syari’ah sesuai dengan etika penelitian;
Keterampilan
Umum:
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya;
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk
skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
3. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
Keterampilan
Khusus:
1. Mampu menganalisis fenomena ekonomi dengan mingintegrasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar ekonomi
syariah terintegrasi;
2. Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah, mengusulkan berbagai alternatif solusi dari
permasalahan bisnis untuk entitas mikro kecil dan menengah.


Minggu
Ke-
Kemampuan Akhir
Yang Diharapkan
(Kah)
Bahan Kajian (Materi
Pembelajaran)
Pengalaman
Belajar
Metode
Pembelajarn
Waktu
Belajar
(Menit)
Kriteria Penilaian
(Indicator)
Bobot
Nilai
Referensi
1 2 3 4 5 6 7 8 9

1 Mahasiswa memiliki
wawasan dasar dan
mampu menjelaskan
tentang konsep
ekonomi makro islam
Orientasi dan Sosialisasi
RPS
• Menjelaskan konsep
dasar ekonomi makro
• Menjelaskan konsep
dasar ekonomi makro
Islam
• Menjelaskan ruang
lingkup ekonomi
makro islam
1. Braninstroaming
2. Ceramah
3. Diskusi
4. Tanya jawab
Penugasan
1x
APK150’ BM
180’ TS180’
Umpan Balik

2 Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Uang dalam Ilmu
Makro Ekonomi
Islami

Konsep Uang dalam
Ilmu Makro Ekonomi
Islami
• Menjelaskan Uang
sebagai public goods,
modal sebagai private
goods
• Menjelaskan Uang
sebagai flow concept
• Menjelaskan Fungsi
uang
• Menjelaskan Teori
konvensional tentang
uang
• Belajar mandiri
• Belajar
berkelompok dan
berdiskusi
(interpersonal
skills) dalam
kelas
• Berlatih
berpresentasi
dalam kelas
• Berlatih mengkaji
literature dan
melaporkan
hasilnya secara
berkelompok
1. Pembelajaran
ekspositori:
gabungan Metode
Pembelajaran
2. Ceramah, Tanya
jawab dan diskusi
3. serta penugasan
1x
APK 150’ BM
180’ TS 180’
Kebenaran pemahaman Uang
dalam Ilmu Makro Ekonomi
Islami
Instrumen:
Tugas, Tes Lisan, Quis, Porto
Folio
%
3 Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Uang dalam Ilmu
Makro Ekonomi
Islami

Konsep Uang dalam
Ilmu Makro Ekonomi
Islami
• Menjelaskan Nilai
waktu dari uang (time
value of money)
• Menjelaskan Nilai
ekonomi dari waktu
(economic value of
time)
• Belajar mandiri
• Belajar
berkelompok dan
berdiskusi
(interpersonal
skills) dalam
kelas
• Berlatih
berpresentasi
dalam kelas
• Berlatih mengkaji
literature dan
melaporkan
hasilnya secara
berkelompok
Gabungan metode
ceramah, Discovery
Learning, dan Small
Group
Discussion,
1x
APK 150’
BM 180’ TS
180’
Kriteria: Minimal mampu
mencapai 2 indikator dengan
baik.
Indikator:
1. Mampu menjelaskan
Prinsip-prinsip Akhlak
dalam Islam
2. Mampu menjelaskan
faoktor-faktor internal
dalam pembentukan
akhlaq
3. manusia
4. Mampu menyebutkan dan
menjelaskan Faktor-faktor
eksternal pembentukan
akhlaq manusia.
Instrumen:
• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
• Tugas Mandiri dan
Kelompok,
• Rubrik Holistik
• Porto Folio
%
4 Menjelaskan Nilai
ekonomi dari waktu
(economic value of
time)
Konsep Nilai Ekonomi
dari waktu
• Menjelaskan Teori
Inflasi al-Maqrizi
• Menjelaskan Natural
Inflation
• Belajar mandiri
Belajar
berkelompok,
berdiskusi dan
presentasi
(interpersonal
• Observasi Unjuk
kerja:
• Kerja
kelompok,
• Critical review
• Tugas
pembuatan
1x
APK 150’ BM
180’ TS 180’
Kriteria: Minimal mampu
mencapai 5 indikator dengan
baik.
1. Indikator:
2. Mampu menjelaskan teori
Inflasi al-Maqrizi
5%

• Menjelaskan Tax
Push Inflation
• Menjelaskan
Corruption push
Inflation
• Menjelaskan
Monetary Inflation
• skills) dalam
kelas
• Melakukan
Literasi
analisis kasus
real di
masyarakat.
3. Mampu menjelaskan Tax
Push Inflation
4. Mampu menjelaskan
Corruption push Inflation
5. Mampu menjelaskan
Monetary Inflation
Instrumen:
• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
• Porto Folio
• Tugas Mandiri dan
Kelompok, Rubrik
Holistik
5 Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Nilai Inflasi dalam
Perspektif Islam

Nilai Inflansi dalam
perspektif Islam:
• Menjelaskan Teori
nilai tukar
konvensional
• Menjelaskan
Purcasing Power
Parity
• Menjelaskan
Permintaan &
penawaran uang
dalam negri
• Menjelaskan
Equiblirium in
exchange rate
Belajar mandiri
Belajar
berkelompok,
berdiskusi dan
presentasi
(interpersonal skills)
dalam kelas
Melakukan Literasi
• Observasi Unjuk
kerja:
• Kerja
kelompok,
• Critical review
• Tugas
pembuatan
analisis kasus
real di
masyarakat.
1x
APK 150’ BM
180’ TS 180’
Kriteria: Minimal mampu
mencapai 4 indikator dengan
baik.
Indikator:
• Mampu menjelaskan
Teori nilai tukar
konvensional
• Mampu menjelaskan
Purcasing Power Parity
• Mampu menjelaskan
Permintaan & penawaran
uang dalam negri
• Mampu menjelaskan
Equiblirium in exchange
rate Instrumen:
• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
• Porto Folio
• Tugas Mandiri dan
Kelompok, Rubrik
Holistik

6 Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Nilai Inflasi dalam
Perspektif Islam

Nilai Inflansi dalam
perspektif Islam:
• Menjelaskan
Equiblirium in
floating exchange
rate
• Menjelaskan
Penawaran uang
• Belajar mandiri
• Belajar
berkelompok,
berdiskusi dan
presentasi
(interpersonal
• skills) dalam
kelas
• Observasi
• Unjuk kerja:
• Kerja
kelompok,
• Critical review
Tugas
• Pembuatan
Catatan Literasi
2x
APK 150’ BM
180’ TS 180’
Kriteria: Minimal mampu
memahami konsep Kebijakan
Moneter Islam
Instrumen:
• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
• Tugas Mandiri dan
Kelompok,
%

dengan nilai tukar
mata uang jangka
pendek
• Menjelaskan Teori
nilai tukar Islami
• Menjelaskan
Perubahan harga
terjadi didalam negeri
• Berlatih
mengkritisi
secara individual
dan berkelompok
dari tema materi.
• Membuat Kosep
Mapsecara
berkelompok
perbandingan dari
masong-masing
periode/masa.
• Rubrik Holistik
• Porto Folio
Penilaian Tengah Semester (Tugas Mini Research/Tugas Review/ Resume buku)
8,9,10,
11, 12
(Lima
Kelompok)
Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Kebijakan Moneter
Islam, kebijakan fiscal
islami
Menjelaskan apa saja
yang ada dalam kebijakan
Moneter dan Fiscal Islami

• Belajar mandiri
• Belajar
berkelompok,
berdiskusi dan
presentasi
(interpersonal
skills) dalam
kelas Berlatih
mengkritisi
Konsp Pemiiran
secara indivdu
dan berkelompok
terhadap tema
pokok/materi
yang dikaji..
• Pembelajaran
ekspositori:
• Gabungan
metode
ceramah,
• Tanya jawab
• diskusi

5x
APK 150’
BM 180’
TS 180’
Kriteria: Minimal mampu
memahami dan menjelaskan
masing-masing kebijakan
dengan baik dan benar
Instrumen:
• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
Tugas Mandiri dan
Kelompok,
• Rubrik Holistik.
• PortoFolio
%
13 Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Islamic General
Equilibrium
(Mazhab Mainstream)

Islamic General
Equilibrium
(Mazhab Mainstream)
• Menjelaskan
Keseimbangan di
pasaruang
• Menjelaskan
Keseimbangan dlm
fungsi saving,
investmen, dan
income.
• Menjelaskan Uang
dan perekonomian
• Belajar mandiri
• Belajar
berkelompok,
berdiskusi dan
presentasi
(interpersonal
skills) dalam
kelas

Pembelajaran
ekspositori;
gabungan Metode
Pembelajaran
Ceramah, Tanya
jawab dan diskusi
serta penugasan
Terkait tema
materi
1x
APK 150’ BM
180’ TS 180’
Kriteria: Minimal mampu
mencapai 3 indikator dengan
baik.
Indikator:
• Mampu Menjelaskan
Keseimbangan di
pasaruang
• Mampu Menjelaskan
Keseimbangan dlm fungsi
saving, investmen, dan
income
• Mampu Menjelaskan
Uang dan perekonomian
Instrumen:
%

• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
• Tugas Mandiri dan
Kelompok,
• Rubrik Holistik
14 Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Islamic General
Equilibrium
(Mazhab Mainstream)
Islamic General
Equilibrium
(Mazhab Mainstream)
• Menjelaskan
Agregate Supply
• Menjelaskan
Agregate demand
• Menjelaskan
Aggregate
equilibrium
• Belajar mandiri
• Belajar
berkelompok,
berdiskusi dan
presentasi
(interpersonal
skills) dalam
kelas

Gabungan metode
ceramah, Discovery
Learning, dan Small
Group
Discussion,
Kriteria: memiliki wawasan
dan mampu menjelaskan
tentang Islamic General
Equilibrium (Mazhab
Mainstream)
hInstrumen:
• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
• Tugas Mandiri dan
• Kelompok,
• Rubrik Holistik

15 Mahasiswa memiliki
wawasan dan mampu
menjelaskan tentang
Model Analisa IS-LM
dalam Perspektif
Islam
Model Analisa IS-LM
dalam Perspektif Islam:
• Pasar Barang Dan
Kurva IS
• Pasar Barang Dan
Kurva IS Dalam
Persfektif Islam
• Pasar Uang dan Kurva
LM
• Pasar Uang dan Kurva
LM dalam persfektif
Islam
• Keseimbangan di
Pasar Uang dalam
Ekonomi Islam

• Belajar mandiri
• Belajar
berkelompok,
berdiskusi dan
presentasi
(interpersonal
skills) dalam
kelas
• Berlatih
melakukan
analisis peta jalan
Sejarah Tasawuf
di Indonesia
secara individual
atau berkelompok
melalui proses
kajian mendalam.
Gabungan metode
ceramah, Discovery
Learning, dan Small
Group
Discussion. Tugas
Literasi
2x
APK 150’ BM
180’ TS 180’
Kriteria: Minimal mampu
mampu menjelaskan tentang
Model Analisa IS-LM dalam
Perspektif Islam
hInstrumen:
• Q/A dalam kelas
• Rubrik penilaian sejawat
• Tugas Mandiri dan
Kelompok, Rubrik
Holistik
%
Penilaian Akhir Semester %


Bobot Nilai
Kehadiran 15
Tugas 25
UTS 25

UAS 35
Total
Catatan Beban Waktu Pembelajaran:
1 sks = 170 menit (50 menit aktivitas pembelajaran di kelas (APK), 60 menit belajar mandiri (BM), 60 menit tugas terstruktur (TS) (literature review)

REFERENSI:
1. AdiwarmanKarim,EkonomiMakroIslami.Jakarta:RajaGrafindoPersada,2015.
2. Ika Yunia Fauzia dan Abdul Kadir Riyadi, Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Jakarta: Prenamedia, 2014.
3. NurulHudadkk,EkonomiMakroIslamPendekatanTeoritis.Jakarta:Prenamedia,2008.
4. Vinna Sri Yuniarti, Ekonomi Makro Syariah, Jakarta: Pustaka Setia, 2016.
5. Mohammad Hidayat, The Sharia Economic, Zikrul Hakim, 2010.
6. Sukirno, Sadono , 999,Pengantar Teori Makro Ekonomi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
7. Gregory Mankiw. 2000, Teori Makro Ekonomi, edisi IV, Alih Bahasa: Imam Nurmawan, Jakarta: Erlangga.


Disusun Oleh: Diperiksa Oleh: Disahkan Oleh:
Dosen Pengampu



NURAENI, M.E
Ketua Program Studi







Immawan Azhar Ben Atasoge, M.E
Lembaga Penjaminan Mutu







Fani Monada Essa Putri, M.E
Waket 1 Akademik







SUGANDI, M.Pd