Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Manajemen Pendidikan
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
FILSAFAT MANAJEMEN
PENDIDIKAN
8620402142 Mata Kuliah Wajib
Program Studi
T=2P=0ECTS=3.18 1 5 Mei 2022
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Dr. Mufarrihul Hazin, S.Pd.I., M.Pd. ;
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd. ;
Dr. Ima Widiyanah, M.Pd. ;
Supriyanto, S.Pd., M.Pd.
Dr. Erny Roesminingsih, M.PdSyunu Trihantoyo, S.Pd.,
M.Pd.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam
melaksanakan tugasnya
CPL-8 Mampu menerapkan dan memanfaatkan penelitian di bidang manajemen pendidikan secara mandiri
atau kelompok untuk memberikan solusi alternatif permasalahan bidang manajemen pendidikan
CPL-10 Mampu berkomunikasi baik secara tulis dan oral sesuai dengan nilai, norma, dan etika akademik
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Memanfaatkan sumber belajar dan teknologi informasi dalam mengaplikasikan bidang keahlian analisa
dan penyelesaian masalah yang berbasis pada konsep sistem informasi, kewirausahaan dan substansi
manajemen pendidikan.
CPMK - 2 Menguasai teori/konsep filsafat pendidikan secara mendalam dan mampu mengaplikasikannya sesuai
kebutuhan dalam bidang pendidikan.
CPMK - 3 Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pengorganisasian, analisis dan pengolahan data, serta
mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
CPMK - 4 Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dengan
menerapkan kajian bidang filsafat manajemen pendidikan yang relevan
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-1 CPL-8 CPL-10
CPMK-1 ✔ ✔
CPMK-2 ✔ ✔
CPMK-3 ✔
CPMK-4 ✔ ✔
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
CPMK-1 ✔
CPMK-2 ✔✔✔✔
CPMK-3 ✔ ✔ ✔✔ ✔
CPMK-4 ✔ ✔ ✔✔✔ ✔

Deskripsi
Singkat MK
matakuliah filsafat manajemen pendidikan mempelajari tentang filosfi manajemen pendidikan, pengorganisasian,
pengambilan kebijakan dan pengelolaan lembaga pendidikan secara teori dan praktek.
Pustaka Utama :
1.Asy’ari, Musa, Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam,
1992. Bawani, Imam, Segi-Segi Pendidikan Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1987. Boas Boangmanalau, Singkop,
Marx, Dostoievsky, Nietzsche: Menggugat Teodisi dan Merekonstruksi Antropodisi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
2008. D. Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif, 1980. Daien Indrakusuma,
Amir, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1973. Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan
Terjemahnya, Semarang: CV. Toha Putra, 1971. Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, Jakarta:
Ichtiar Baru Van Hoeve, 1993. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1999. Hadikusumo,
Kunaryo, dkk., Pengantar Pendidikan, Semarang: IKIP Semarang Press, 1995. Hamka, Tafsir Al-Azhar, Jakarta:
PT. Pustaka Panjimas, 1983, Juz VII. Hardiman, F. Budi, Filsafat Modern; Dari Machiavelli Sampai Nietzsche,
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.Mudhofir, 2005. Pengenalan Filsafat - Filsafat Ilmu, Yogyakarta:
Liberty, Cetakan ketiga
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd.
Dr. Nuphanudin, S.IP., M.Pd.
Dr. Ima Widiyanah, M.Pd.
Supriyanto, S.Pd., M.Pd.
Dr. Mufarrihul Hazin, S.Pd.I., M.Pd.
Poltjes Pattipeilohy, S.Pd., M.Pd.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
IndikatorKriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Menguasai konsep
dasar filsafat
Kriteria:
akttif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
2
Minggu ke 2
Antologi Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
akttif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
3
Minggu ke 3
Epistomologi dan
Aksiologi Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi,
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
4
Minggu ke 4
Filosofi Perencanaan
dalam Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Ceramah,
diskusi,
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
5
Minggu ke 5
Filosofi
Pengorganisasian
dalam Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Ceramah,
diskusi,
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
6
Minggu ke 6
Filosofi Penggerakan
dalam Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah,
diskusi,
dan tanya
jawab
2 X 50
5%

7
Minggu ke 7
Filosofi Pengendalian
dan Evaluasi dalam
Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah,
tanya
jawab, dan
penugasan
2 X 50
5%
8
Minggu ke 8
UTS Kriteria:
Nilai penuh diperoleh
apabila mengerjakan
seluruh soal dengan
benar.Nilai penuh
jika mahasiswa
mampu menjawab
pertanyaan dengan
uraian yang
deskriptif, jelas, dan
sistematis serta
sesuai dengan teori
dan kebijakan yang
digunakan
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk,
Penilaian Portofolio
2 X 50
15%
9
Minggu ke 9
Filosofi Manajemen
SDM dalam
Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab,
latihan,
dan
penugasan
2 X 50
5%
10
Minggu ke 10
Filosofi Manajemen
Kurikulum dalam
Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Ceramah,
diskusi,
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
11
Minggu ke 11
Filosofi Manajemen
Keuangan dalam
Manajemen
Pendidikan
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk,
Penilaian Portofolio
Ceramah,
tanya
jawab, dan
penugasan
2 X 50
5%
12
Minggu ke 12
Filosofi Manajemen
Sarana dan Inovasi
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk
Penugasan
dan
observasi
2 X 50
5%
13
Minggu ke 13
Filosofi Manajemen
Pendidikan Ki Hajar
Dewantara
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk,
Penilaian Portofolio
Diskusi
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
14
Minggu ke 14
Filosofi Manajemen
Pendidikan Abad 21
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk,
Penilaian Portofolio
Diskusi
dan tanya
jawab
2 X 50
5%
15
Minggu ke 15
Mampu memahami
filsafat ilmu
pendidikan secara
komprehensif Era
PostHumanisme
Kriteria:
aktif dalam kegiatan
diskusi/presentasi
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk,
Penilaian Portofolio
Diskusi
dan tanya
jawab
2 X 50
5%

16
Minggu ke 16
Kriteria:
Nilai penuh diperoleh
apabila mengerjakan
seluruh soal dengan
benar.Nilai penuh
jika mahasiswa
mampu menjawab
pertanyaan dengan
uraian yang
deskriptif, jelas, dan
sistematis serta
sesuai dengan teori
dan kebijakan yang
digunakan
Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project
/ Penilaian Produk,
Penilaian Portofolio
penugasan
luring
2 X 50
mengerjakan tugas 15%
Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 20%
2.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 50%
3.Penilaian Portofolio 30%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi
yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang
prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-
Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap,
ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada
mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat
diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan
bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan
terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran
dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi
penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik
Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang
setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed
Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode
lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa
pokok dan sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional
dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 18:45 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa