FM-UAD-PBM-08-04/R2

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH INSTITUSIONAL



A. Identitas
1. Program Studi : Semua Prodi
2. Fakultas : Semua Fakultas
3. Nama Matakuliah : Al-Qur’an dan Al-Hadits
4. Kode : 0010720
5. Bobot (Teori/ Praktek) : 2 sks
6. Semester : Gasal/Genap
7. Rumpun Mata Kuliah : Mata Kuliah Institusional
8. Alokasi waktu total : 14 x 100 menit

B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
SIKAP
1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
3 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang
lain
4 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
5 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
6 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
7 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
PENGUASAAN PENGETAHUAN
1 Menguasai dasar-dasar ulum al-Qur’an (ilmu-ilmu al-Qur’an) dan ulum al-Hadis (ilmu-ilmu Hadis) dan cukup terampil
mengaplikasikannya dalam memahami atau menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah SAW.

KETERAMPILAN KHUSUS
1 Mampu mengimplementasikan metode-metode pemahaman al-Qur’an dan al-Hadis dalam menyelesaikan masalah kontekstual sebagai
sarjana strata satu dan peneliti pemula
KETERAMPILAN UMUM
1 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah kontektual yang berkaitan dengan ulumul Qur’an dan
Ulumul Hadis

FM-UAD-PBM-08-04/R2

C. Deskripsi singkat mata kuliah
Ulumul Qur’an dan Hadis sebagai kelompok Mata kuliah Instutusional berfungsi menyajikan pengetahuan tentang dasar-dasar
ulum al-Qur’an (ilmu-ilmu al-Qur’an) dan ulum al-Hadis (ilmu-ilmu Hadis), serta melatih mahasiswa agar memiliki keterampilan
dalam memahami atau menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah SAW
D. Mata kuliah Prasyarat :-
E. Team Teaching :
1. Koordinator : H. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag.
2. Anggota :
Tim Dosen Mata Kuliah Ulumul Qur’an dan Hadis
F. Matrik RPS :
Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
1 Memahami maksud,
tujuan, dan
mekanisme
perkuliahan
Pendahuluan
tentang Mata
Kuliah Institusional
Pendidikan
Kewarganegaraan
Curah
pendapat
Mahasiswa diajak untuk
mencermati Pendahuluan
RPS - -
-
2 menjelaskan
definisi dan urgensi
Al-Qur'an
pengertian al-
Qur'an, kedudukan
dan fungsi Al-
Qur'an.
- Kajian
literatur
- Cooperative
Learning
- Problem
Solving
1. Mahasiswa melakukan
kajian materi melalui
bahan yang ditelah
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri
dari berbagai literatur,
baik tertulis maupun
elektronik.
2. Memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
mengungkapkan
pengalaman mereka
selama melakukan
kajian literatur dari
materi yang dibahas.
3. memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
menyampaikan hasil
temuan dari materi
yang dibahas.
4. Membantu
Al-Qur’an dan
Terjemahnya,
pada
Muqaddimah
Bab I
(Sejarah Al-
Qur’an).
Departemen
Agama RI.
Yunahar
Ilyas, Ulumul
Qur’an
1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan
objektif
pengertian al-
Qur'an,
kedudukan dan
fungsi Al-
Qur'an.
2. Ketelitian
dalam
menganalisis
pengertian al-
Qur'an,
kedudukan dan
fungsi Al-
Qur'an.
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
5%

FM-UAD-PBM-08-04/R2

Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
mengidentifikasi
masalah-masalah
yang terkandung di
dalam materi yang
dibahas.
5. menginformasikan
manfaat dari materi
yang dibahasa
3 Mahasiswa
mampu
menjelaskan
sejarah
perkembangan
al-Qur'an sejak
pewahyuan
sampai studi
Qur'an di era
kontemporer
Sejarah al-
Qur’an: proses
pewahyuan al-
Qur'an, sejarah
penghimpunan
dan pembukuan
al-Qur'an, sketsa
perkembangan
studi al-Qur'an
- Kajian
literatur
- Cooperative
Learning
- Problem
Solving
1. Mahasiswa melakukan
kajian materi melalui
bahan yang ditelah
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri
dari berbagai literatur,
baik tertulis maupun
elektronik.
2. Memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
mengungkapkan
pengalaman mereka
selama melakukan
kajian literatur dari
materi yang dibahas.
3. memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
menyampaikan hasil
temuan dari materi
yang dibahas.
4. Membantu
mengidentifikasi
masalah-masalah
yang terkandung di
dalam materi yang
dibahas.
5. menginformasikan
manfaat dari materi
yang dibahasa
Yunahar
Ilyas, Ulumul
Qur’an

Shihab, M.
Quraish, dkk.
Sejarah &
‘Ulum al-
Qur’an,
Jakarta:
Pustaka
Firdaus,
2001, hlm. 4-
38
1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan
objektif
pengertian al-
Qur'an,
kedudukan dan
fungsi Al-
Qur'an.
2. Ketelitian dalam
menganalisis
pengertian al-
Qur'an,
kedudukan dan
fungsi Al-
Qur'an.
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan

5%
4 Mahasiswa
menunjukkan bukti-
bukti kemukjizatan
dalam al-Qur'an
Kemukjizatan al-
Qur'an
Info search,
The power of
two, snow
balling
Mahasiswa melakukan
diskusi secara
berpasangan, kemudian
hasil diskusi dielisitasi
Yunahar
Ilyas, Ulumul
Qur’an

1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan
objektif
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
5%

FM-UAD-PBM-08-04/R2

Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
dari segi bahasa
dan isi
kandungannya, dan
mengorelasikan
kemukjizatan
tersebut dengan
konteks saat ini.
oleh dosen, kemudian
dilanjutkan dengan
diskusi klasikal
M. Quraish
Shihab, dkk.
Sejarah &
‘Ulum al-
Qur’an, hlm.
104-171.

Shihab, M.
Quraish,
Mukjizat al-
Qur’an, 2003,
Bandung:
Mizan
menunjukkan
bukti-bukti
kemukjizatan
dalam al-
Qur'an dari
segi bahasa
dan isi
kandunganny
2. Ketelitian dalam
mengorelasika
n kemukjizatan
tersebut
dengan
konteks saat
ini.
5 mampu
menjelaskan pokok-
pokok kajian 'ulum
al-Qur'an
(kronologi, asbāb
an-nuzūl, dan
penulisan) serta
mahir
mengaplikasikannya
Pokok-pokok
‘Ulum al- Qur’an
- Kajian
literatur
- Cooperative
Learning
- Problem
Solving
- Mahasiswa
melakukan kajian
materi melalui bahan
yang ditelah
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri
dari berbagai
literatur, baik tertulis
maupun elektronik.
- Memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
mengungkapkan
pengalaman mereka
selama melakukan
kajian literatur dari
materi yang dibahas.
- memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
menyampaikan hasil
temuan dari materi
yang dibahas.
- Membantu
mengidentifikasi
masalah-masalah
yang terkandung di
dalam materi yang
M. Quraish
Shihab, dkk.
Sejarah &
‘Ulum al-
Qur’an, hlm.
39-103
1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan
objektif
menunjukkan
pokok-pokok
kajian 'ulum al-
Qur'an
(kronologi,
asbāb an-
nuzūl, dan
penulisan)
2. Ketelitian dalam
mengorelasika
n pokok-pokok
kajian 'ulum al-
Qur'an
(kronologi,
asbāb an-
nuzūl, dan
penulisan)
dengan
konteks saat
ini.
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
10 %

FM-UAD-PBM-08-04/R2

Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
dibahas.
- menginformasikan
manfaat dari materi
yang dibahasa
6 Mahasiswa
menjelaskan
metode penafsiran
al-Qur'an (tahlĭlĭ,
ijmālĭ, muqāran,
dan maudhū'ĭ) serta
menerapkannya
dalam konteks
tema-tema kekinian

metode
penafsiran al-
Qur'an (tahlĭlĭ,
ijmālĭ, muqāran,
dan maudhū'ĭ)
Info search,
The power of
two, snow
balling
Mahasiswa melakukan
diskusi secara
berpasangan, kemudian
hasil diskusi dielisitasi
oleh dosen, kemudian
dilanjutkan dengan
diskusi klasikal
Yunahar
Ilyas, Ulumul
Qur’an

M. Quraish
Shihab, dkk.
Sejarah &
‘Ulum al-
Qur’an, hlm.
172-197

1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan
objektif
metode
penafsiran al-
Qur'an (tahlĭlĭ,
ijmālĭ,
muqāran, dan
maudhū'ĭ)
2. Ketelitian dalam
serta
menerapkanny
a dalam
konteks tema-
tema kekinian
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
10 %
7 Mahasiswa mampu
menafsirkan ayat
dengan metode
tematik (maudhū'ĭ)
meskipun secara
sederhana
Praktek
menafsirkan ayat
dengan metode
tematik
(maudhū'ĭ)
meskipun secara
sederhana
Diskusi
kelompok,
Problem
solving
,Current
Issues
Mahasiswa mengkaji
dalam letaratur tentang
langkah-langkah teknik
menafsirkan al-Qur’an
dengan metode
maudhu’I dalam diskusi
kelompok, kemudian
dosen menentukan
tema-tema kontemporer
untuk dibahas dalam
diskusi kelompok,
mahasiswa
membahasnya dengan
menggunakan metode
maudhu’I, kemudian
dipresentasikan hasilnya,
dosen membantu untuk
menyempurnakan hasil
temuan dari mahasiswa
M. Quraish
Shihab,
Wawasan Al-
Qur’an,
Bandung:
Mizan, 1996
Kesesuaian
penerapan
metode tafsir
maudhu’i
dalam kasus-
kasus
kontemporer
1. Presentasi
2. Resume
Materi

15%
UJIAN TENGAH SEMESTER
8 Mahasiswa
menjelaskan
pengertian hadis,
Pengantar studi
hadis
- Kajian
literatur
- Cooperative
1. Mahasiswa melakukan
kajian materi melalui
bahan yang ditelah
Nur Kholis,
Ulumul Hadis
1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan

1. Presentasi
2. Laporan
5 %

FM-UAD-PBM-08-04/R2

Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
kedudukan dan
kehujjahan hadis
dalam Islam,
fungsi dan
hubungan hadis
dengan al-Qur’an
dan Islam pada
umumnya, dan
term-term yang
pokok dalam
‘ulumul hadis
Learning
- Problem
Solving
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri dari
berbagai literatur, baik
tertulis maupun
elektronik.
2. Memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
mengungkapkan
pengalaman mereka
selama melakukan
kajian literatur dari
materi yang dibahas.
3. memberikan
kesempatan kepada
mahasiswa untuk
menyampaikan hasil
temuan dari materi
yang dibahas.
4. Membantu
mengidentifikasi
masalah-masalah yang
terkandung di dalam
materi yang dibahas.
5. menginformasikan
manfaat dari materi
yang dibahasa
objektif
pengertian
hadis,
kedudukan dan
kehujjahan
hadis dalam
Islam, fungsi
dan hubungan
hadis dengan
al-Qur’an dan
Islam pada
umumnya, dan
term-term
yang pokok
dalam ‘ulumul
hadis
2. menganalisis
pengertian
hadis,
kedudukan dan
kehujjahan
hadis dalam
Islam, fungsi
dan hubungan
hadis dengan
al-Qur’an dan
Islam pada
umumnya, dan
term-term
yang pokok
dalam ‘ulumul
hadis.
tulisan
9 Mahasiswa
menjelaskan
sejarah
periwayatan hadis
pada Masa Nabi
Muhammad saw.,
sejarah
periwayatan dan
pembukuan hadis
sejak periode
sahabat Nabi
Sejarah dan
perkembangan
hadis
Info search,
The power of
two, snow
balling
Mahasiswa melakukan
kajian materi melalui
bahan yang ditelah
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri dari
berbagai literatur, baik
tertulis maupun
elektronik.
Kemudian didiskusikan
dalam kelompok, hasil
diskusi dielisitasi oleh
Nur Kholis,
Ulumul Hadis
1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan
objektif
Sejarah dan
perkembangan
hadis
2. menganalisis
sejarah
periwayatan
hadis pada
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
5%

FM-UAD-PBM-08-04/R2

Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
hingga periode
modern,
perkembangan
studi hadis
kontemporer
dosen, kemudian
dilanjutkan dengan
diskusi klasikal
Masa Nabi
Muhammad
saw., sejarah
periwayatan
dan
pembukuan
hadis sejak
periode
sahabat Nabi
hingga periode
modern,
perkembangan
studi hadis
kontemporer
10 Mahasiswa
menjelaskan
pengertian dan
keberadaan sanad
dalam periwayatan
hadis, mekanisme
periwayatan hadis
dengan model
isnad, dan
memberikan
argumen terhadap
kritik tentang
sanad,
Teori Studi
Sanad Hadis
Info search,
The power of
two, snow
balling
Mahasiswa melakukan
kajian materi melalui
bahan yang ditelah
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri dari
berbagai literatur, baik
tertulis maupun
elektronik.
Kemudian didiskusikan
dalam kelompok, hasil
diskusi dielisitasi oleh
dosen, kemudian
dilanjutkan dengan
diskusi klasikal
Nur Kholis,
Ulumul Hadis
1. Ketepatan
mempresentasi
kan kritis dan
objektif Teori
Studi Sanad
Hadis
2. menganalisis
pengertian dan
keberadaan
sanad dalam
periwayatan
hadis,
mekanisme
periwayatan
hadis dengan
model isnad,
dan
memberikan
argumen
terhadap kritik
tentang sanad,
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
10%
11 secara sederhana
mampu
menjelaskan dan
mengaplikasikan
dasar-dasar ulumul
hadis dalam studi
sanad
Prosedur/metode
studi sanad
hadis
Info search,
The power of
two, snow
balling
Mahasiswa melakukan
kajian materi melalui
bahan yang ditelah
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri dari
berbagai literatur, baik
tertulis maupun
elektronik.
Nur Kholis,
Ulumul Hadis
1. Ketepatan
menerapkan
Prosedur/meto
de studi sanad
hadis
2. ketepatan
mengaplikasika
n dasar-dasar
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
5%

FM-UAD-PBM-08-04/R2

Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Kemudian didiskusikan
dalam kelompok, hasil
diskusi dielisitasi oleh
dosen, kemudian
dilanjutkan dengan
diskusi klasikal
ulumul hadis
dalam studi
sanad
periwayatan
hadis dengan
model isnad,
dan
memberikan
argumen
terhadap kritik
tentang sanad,
12 Mahasiswa
menjelaskan
prinsip-prinsip
dalam memahami
matan hadis,
berbagai problem
dan solusi dalam
memahami matan
hadis hasil aplikasi
studi sanad
Teori studi
matan hadis
Info search,
The power of
two, snow
balling
Mahasiswa melakukan
kajian materi melalui
bahan yang ditelah
ditentukan dan yang
mereka cari sendiri dari
berbagai literatur, baik
tertulis maupun
elektronik.
Kemudian didiskusikan
dalam kelompok, hasil
diskusi dielisitasi oleh
dosen, kemudian
dilanjutkan dengan
diskusi klasikal
Nur Kholis,
Ulumul Hadis
1. Ketepatan
menjelaskan
prinsip-prinsip
dalam
memahami
matan hadis,
berbagai
problem dan
solusi dalam
memahami
matan hadis
hasil aplikasi
studi sanad
2. ketepatan
mengaplikasika
n prinsip-
prinsip dalam
memahami
matan hadis,
berbagai
problem dan
solusi dalam
memahami
matan hadis
hasil aplikasi
studi sanad
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
5%
13 Mahasiswa secara
sederhana mampu
menjelaskan dan
mengaplikasikan
prinsip-prinsip
memahami (matan)
Aplikasi/praktik
memahami hadis
Diskusi
kelompok,
Problem
solving
,Current
Issues
Mahasiswa mengkaji
dalam letaratur tentang
langkah-langkah teknik
memahami hadis Nabi
dengan teori
pemahaman matan hadis
Nur Kholis,
Ulumul Hadis
Kesesuaian
penerapan
metode
pemahaman
mtan hadis
dalam kasus-
1. Presentasi
2. Laporan
tulisan
15%

FM-UAD-PBM-08-04/R2

Minggu/
Pertemuan
Ke
Capaian
Pembelajaran
Mingguan
Materi
Pembelajaran
Metode/
Strategi
Pembelajaran
Aktifitas Pembelajaran/
Pengalaman Mahasiswa
Sumber
Belajar dan
Bahan Ajar
PENILAIAN
Indikator Penilaian
Bentuk
Penilaian
Bobot
1 2 3 4 5 6 7 8 9
hadis Nabi dalam diskusi kelompok,
kemudian dosen
menentukan tema-tema
kontemporer untuk
dibahas dalam diskusi
kelompok, mahasiswa
dipresentasikan hasilnya,
dosen membantu untuk
menyempurnakan hasil
temuan dari mahasiswa
kasus
kontemporer
14 Mahasiswa
menghapalkan 10
hadis pilihan.
Hafalan 10
hadis-hadis
pilihan
hafalan Mahasiswa
mengahafalkan hadis
yang telah ditentukan
kepada dosen
pengampu, dosen
menyimak dan
mencatat serta
membanarkan
Hadis Arba’in
Nawawi
Hafal 10 hadis
pilihan dengan
lancar
Kelancaran
Hafalan
mahasiswa
5%
UJIAN AKHIR

G. Referensi

1. Yunahar Ilyas,
Kuliah Ulumul Qur’an, Yogyakarta: Itqan Publishing, 2016
2. Nur Kholis,
Kuliah Ulumul Hadis, Yogyakarta: LPSI UAD, Cet. 2, 2016
3. Shihab, M. Quraish, dkk.
Sejarah & ‘Ulum al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001
4. M. Syuhudi Ismail,
Pengantar Ilmu Hadis, Bandung: Angkasa, 1991
5. Yusuf Qardhawi
, Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw. Bandung: Karisma, 1993
6. Shihab, M. Quraish,
Mukjizat al-Qur’an , Bandung: Mizan,
2003,

H. Komponen Evaluasi (CP)





Aspek Penilaian Persentase
Ujian Akhir Semester 30%
Ujian Tengah Semester 25%
Tugas 20%
Seminar Kelas 20%
Kehadiran 5%
Total 100%

FM-UAD-PBM-08-04/R2



I. Kriteria Evaluasi

KONVERSI NILAI
Predikat Nilai Huruf Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Skala 100 Skala 4
80,00 – 100,00 3,68 – 4,00 A
76,25 – 79,99 3,34 – 3,67 A-
68,75 – 76,24 3,01 – 3,33 B+
65,00 – 68,74 2,68 – 3,00 B
62,50 – 64,99 2,34 – 2,67 B-
57,50 – 62,49 2,01 – 2,33 C+
55,00 – 57,49 1,68 – 2,00 C
51,25 – 54,99 1,34 – 1,67 C-
43,75 – 51,24 1,01 – 1,33 D+
40,00 – 43,74 0,00 – 1,00 D
00,00 – 39,99 0 E

Diverifikasi oleh : Diperiksa Oleh: Disiapkan oleh :
Kepala Badan Pengembangan Akademik





Drs. Ishafit, MSi
Kepala Unit Pengelolaan Mata Kuliah Institusi






Sartini, S.E., M.S.Acc, Pg.Cert.R.M., Ph.D, Ak, CA
Koordinator Mata Kuliah





H. Nur Kholis, S. Ag., M. Ag.