Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Pengantar Bisnis Digital 6120903001 Mata Kuliah Wajib
Program Studi
T=3P=0ECTS=4.77 1 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.Achmad Kautsar, S.E., M.M. Hujjatullah Fazlurrahman,
S.E., MBA.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang
keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh
CPL-6 Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik
CPL-7 Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif
CPL-8 Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat
CPL-9 Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan
CPL-10 Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif
CPL-11 Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Mahasiswa mampu menelaah dengan baik teori-teori bisnis.
CPMK - 2 Mahasiswa mampu merumuskan rencana bisnis secara komprehensif untuk mengembangkan jiwa entrepreneurial
leadership.
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-2CPL-3CPL-4CPL-5CPL-6CPL-7CPL-8CPL-9CPL-10CPL-11
CPMK-1 ✔ ✔ ✔ ✔ ✔
CPMK-2 ✔ ✔ ✔ ✔ ✔
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10111213141516
CPMK-1 ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔
CPMK-2 ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa bisnis digital dengan beberapa pengetahuan untuk membantu menavigasi organisasi
menuju bisnis digital. Mata kuliah ini mengidentifikasi dan meninjau keputusan manajemen dalam bisnis digital. Mata kuliah ini
mennggunakan pendekatan integratif yang mengacu pada pendekatan dan model baru termasuk sistem informasi, strategi, pemasaran,
keuangan, manajemen rantai pasokan, operasi, dan manajemen sumber daya manusia
Pustaka Utama :
1.Dave Chaffey. 2019. Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson
2.McHugh Nickels. 2014. Understanding Business 8th Edition. McGraw-Hill
3.Kenneth C. Loudon & Jane P Ludon. 2014. Management Information System: Managing Digital Firm. Pearson
4.Suryana & Yoga Perdana. 2020. Bisnis Digital: Cara Mudah Bisnis di Era Industri 4.0. Salemba
Pendukung :

Dosen
Pengampu
Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si.
Dr. Purwohandoko, M.M.
Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.
Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.
Achmad Kautsar, S.E., M.M.
Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM.
Fresha Kharisma, S.E., M.SM.
Muhammad Rizky Ramadhan, BBus., MITHM.
Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik bisnis digital dan
e-commerce
1.Ketepatan menelaah
pengertian bisnis
digital dan e-
commerce
2.Ketepatan
membedakan bisnis
digital dengan bisnis
konvensional
3.Ketepatan dalam
menelaah bentuk-
bentuk kepemilikan
bisnis digital
Kriteria:
1. Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
2.Meringkas
materi kuliah
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Business
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
2%
2
Minggu ke 2
Mahasiswa mampu
menelaah
markertplace analysis
untuk e-commerce
1.Ketepatan menelaah
pengertian bisnis
digital dan e-
commerce
2.Ketepatan
membedakan bisnis
digital dengan bisnis
konvensional.
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Business
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
2%
3
Minggu ke 3
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik infrastruktur
bisnis digital
1.Ketepatan menelaah
pengertian
infrastruktur bisnis
digital
2.Ketepatan menelaah
elemen infrastruktur
bisnis digital
3.Ketepatan menelaah
fungsi layanan web
(web services), cloud
computing dan
service-oriented
architecture (SOA)
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Ownership
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Business
Pustaka:
McHugh
Nickels. 2014.
Understanding
Business 8th
Edition.
McGraw-Hill
4%
4
Minggu ke 4
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik strategi bisnis
digital
1.Ketepatan menelaah
pengertian dan
tahapan strategi bisnis
digital
2.Ketepatan menelaah
strategi saluran digital
(digital channel
strategies)
3.Ketepatan menelaah
analisis strategis
dengan SWOT
4.Ketepatan menelaah
strategi bisnis digital
untuk usaha kecil dan
menengah/SMEs
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Business
Strategic
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Business
Strategic
Pustaka:
McHugh
Nickels. 2014.
Understanding
Business 8th
Edition.
McGraw-Hill
5%

5
Minggu ke 5
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik etika bisnis
digital
1.Ketepatan menelaah
prinsp-prinsip etika
bisnis digital
2.Ketepatan menelaah
bentuk-bentuk (digital
business social
responsibility)
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Business ethic
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Business and
ethics
Pustaka:
McHugh
Nickels. 2014.
Understanding
Business 8th
Edition.
McGraw-Hill
4%
6
Minggu ke 6
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik manajemen
perubahan dalam
bisnis digital
1.Ketepatan menelaah
pengertian dan
tantang transformasi
bisnis digital
2.Ketepatan menelaah
jenis-jenis perubahan
dalam bisnis digital
3.Ketepatan menelaah
penggunaan
knowledge
management untuk
menciptakan
perubahan dalam
organisasi/perusahaan
berbasis digital
Kriteria:
1.Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
2.Membuat video
tentang topik
manajemen
perubahan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Tranformation
business
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Challange of
business
Pustaka:
McHugh
Nickels. 2014.
Understanding
Business 8th
Edition.
McGraw-Hill
4%
7
Minggu ke 7
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik manajemen
perubahan dalam
bisnis digital
1.Ketepatan menelaah
pengertian dan
tantang transformasi
bisnis digital
2.Ketepatan menelaah
jenis-jenis perubahan
dalam bisnis digital
3.Ketepatan menelaah
penggunaan
knowledge
management untuk
menciptakan
perubahan dalam
organisasi/perusahaan
berbasis digital
Kriteria:
1.Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
2.Membuat video
tentang topik
manajemen
perubahan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Tranformation
business
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Challange of
business
Pustaka:
McHugh
Nickels. 2014.
Understanding
Business 8th
Edition.
McGraw-Hill
4%
8
Minggu ke 8
Dapat Mengerjakan
Ujian Tengah
Semester
Mampu Mengerjakan
Soal Ujian Tengah
Semester
Kriteria:
Mampu
Mengerjakan Soal
Ujian Tengah
Semester
Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan
Ujian
Tengah
Semester
2 X 50
Mengerjakan Ujian
Tengah Semester
2 X 50
Materi:
Pertemuan 1-
7
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
20%

9
Minggu ke 9
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik manajemen
supply chain bisnis
digital
1.Ketepatan menelaah
pengertian supply
chain management
2.Ketepatan menelaah
model supply chain
management di B2B
3.Ketepatan menelaah
value chain di bisnis
digital
4.Ketepatan menelaah
e-SCM
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
Materi:
Manajemen
operasi dalam
bisnis digital
Pustaka:
Suryana &
Yoga
Perdana.
2020. Bisnis
Digital: Cara
Mudah Bisnis
di Era Industri
4.0. Salemba
Materi:
Developing
sistem supply
chain
Pustaka:
Kenneth C.
Loudon &
Jane P Ludon.
2014.
Management
Information
System:
Managing
Digital Firm.
Pearson
2%
10
Minggu ke 10
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik manajemen
supply chain bisnis
digital
1.Ketepatan menelaah
pengertian supply
chain management
2.Ketepatan menelaah
model supply chain
management di B2B
3.Ketepatan menelaah
value chain di bisnis
digital
4.Ketepatan menelaah
e-SCM
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi:
Manajemen
operasi dalam
bisnis digital
Pustaka:
Suryana &
Yoga
Perdana.
2020. Bisnis
Digital: Cara
Mudah Bisnis
di Era Industri
4.0. Salemba
Materi:
Developing
sistem supply
chain
Pustaka:
Kenneth C.
Loudon &
Jane P Ludon.
2014.
Management
Information
System:
Managing
Digital Firm.
Pearson
3%
11
Minggu ke 11
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik pemasaran dan
customer relationship
management bisnis
digital
1.Ketepatan menelaah
strategi pemasaran
digital
2.Ketepatan menelaah
jenis-jenis customer
relationship
management di bisnis
digital
Kriteria:
1.Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
2.Membuat
visualisasi
stategi digital
marketing
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi: How
to get a loyal
customer
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Strategi
pemasaran
Pustaka:
Suryana &
Yoga
Perdana.
2020. Bisnis
Digital: Cara
Mudah Bisnis
di Era Industri
4.0. Salemba
2%

12
Minggu ke 12
Mahasiswa mampu
menelaah dengan
baik pemasaran dan
customer relationship
management bisnis
digital
1.Ketepatan menelaah
strategi pemasaran
digital
2.Ketepatan menelaah
jenis-jenis customer
relationship
management di bisnis
digital
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau
google meet
3 X 50
Materi: How
to get a loyal
customer
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Strategi
pemasaran
Pustaka:
Suryana &
Yoga
Perdana.
2020. Bisnis
Digital: Cara
Mudah Bisnis
di Era Industri
4.0. Salemba
3%
13
Minggu ke 13
Mahasiswa mampu
menelaah aspek
keuangan bisnis
digital
1.Ketepatan menelaah
aspek keuangan
bisnis digital
2.Ketepatan menelaah
proses pencatatan
hingga pelaporan
keuangan bisnis
digital
Kriteria:
1.Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
2.Merangkum
aspek keuangan
bisnis digital
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom meeting, google
meet atau vilearning
3 X 50
Materi:
Financial
aspect
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi: Aspek
Keuangan
dalam bisnis
Pustaka:
Suryana &
Yoga
Perdana.
2020. Bisnis
Digital: Cara
Mudah Bisnis
di Era Industri
4.0. Salemba
10%
14
Minggu ke 14
Mahasiswa mampu
melakukan analisis
desain bisnis digital
1.Ketepatan menelaah
aspek desain bisnis
digital
2.Ketepatan menelaah
process modelling dan
data modelling
3.Ketepatan menelaah
user-centered design
dan manajemen
pengalaman
pelanggan
4.Ketepatan menelaah
security design
Kriteria:
1.Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
2.Menyusun draft
rencana bisnis
digital
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom Meeting/Google
Meet/Vilearning
3 X 50
Materi:
Business
design
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
Materi:
Membangun
sebuah bisnis
Pustaka:
McHugh
Nickels. 2014.
Understanding
Business 8th
Edition.
McGraw-Hill
5%
15
Minggu ke 15
Mahasiswa mampu
mempresentasikan
rencana bisnis digital
Ketepatan menyusun
rencana bisnis digital
(business plan)
Kriteria:
Ketepatan,
kesesuaian dan
penguasaan
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah
dan
presentasi
3 X 50
Zoom Meeting/Google
Meet/Vilearning
3 X 50
Materi:
Pertemuan 9-
15
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
5%

16
Minggu ke 16
Dapat Mengerjakan
Soal Ujian Akhir
Semester
Mampu Mengerjakan
Soal Ujian Akhir Semester
Kriteria:
Mampu
Mengerjakan Soal
Ujian Akhir
Semester
Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan
Ujian Akhir
Semester
2 X 50
Mengerjakan Ujian
Akhir Semester
2 X 50
Materi:
Pertemuan 9-
15
Pustaka:
Dave Chaffey.
2019. Digital
Business and
E-Commerce
Management.
New York:
Pearson
25%
Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 55%
2.Tes 45%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan
internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses
pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan
khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan
bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi
pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten
dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative
Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok
bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
RPS ini telah divalidasi pada tanggal 16 Agustus 2024
Koordinator Program Studi S1
Bisnis Digital
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E.,
MBA.
NIDN 0723108603
UPM Program Studi S1 Bisnis
Digital
Muhammad Fajar Wahyudi
Rahman, S.E., M.M.
NIDN 0029109601
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 18:33 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa