SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 1 (satu)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami secara umum proses
pengadaan energi listrik sampai kekonsumen, garduinduk serta komponen utamanya dan
perbedaan peralatan tegangan tinggi dan tegangan rendah.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami pengetahuan dasar tentang peralatan tegangan tinggi yang
ada pada sistem tenaga listrik terutama pada Gardu Induk dan transmisi serta penepatan dari
masing-masing perlatan tegangan tinggi
B. Pokok Bahasan
Pendahuluan
C. Sub Pokok Bahasan
1. Proses Pengadaan energi listrik
2. Gardu Induk
3. Komponen gardu Induk
4. Perbedaan Peralatan Tegangan Tinggi dengan Tegangan Rendah
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media dan alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Perkenalan dan penjelasan
kontrak perkuliahan
2. Menjelaskan cakupan materi
umum yang akan dibahas
untuk satu semester
- Memperhatikan identitas
dosen dan isi kontrak
perkuliahan
- Memperhatikan cakupan
materi yang diberikan
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan tujuan
instruksional khusus tentang
materi yang akan dibahas
2. Menjelaskan bagaimana
proses pengadaan energi
listrik hingga sampai
kekonsumen
3. Menjelaskan tentang gardu
Induk serta komponen
uatama pada GI
- Memperhatikan tujuan
instruksional khusus
- Memperhatikan dan mecatat
materi penting yang diberikan
dosen
- Memperhatikan dan
merangkum materi yang
diberikan dosen dan
mengomenatrinya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
4. Menjelaskan apa perbedaan
peralatan TT dengan TR
- Memahami penjelasan yang
diberikan dosen dan
mencacat.
Note Book &
LCD
Penutup
1. Meminta komentar atau
pertanyaan dari mahasiswa
mengenai materi yang baru
saja dibahas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan
materi yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran
umum tentang materi
perkuliahan yang akan
datang
- Memberikan pendapat dan
argumen tentang apa yang
dipertanyakan oleh dosen
- Memperhatikan, memahami
dan mencatat jawaban yang
diberikan dosen
- Mencatat tugas
- Memperhatikan gambaran
materi kuliah yang akan
datang
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya (ke-2)
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 2 (dua)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui prinsip kerja PMT dan
hubungannya dengan rele proteksi, jenis-jenis pemutus daya serta kemampuan hantar arus
dari pemutus daya dan bagaimana proses terjadinya busur api saat pemutus daya bekerja.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami bagaimana peranan suatu pemutus tenaga pada sistem tenaga
listrik apa akibat dari proses pensaklaran dari pemutus tenaga tersebut.
B. Pokok Bahasan
Pemutus Daya (Circuit Breaker)
C. Sub Pokok Bahasan
1. Pendahuluan
2. Hubungan Rele dan Pemutus daya
3. Proses Pemutusan Rangkaian Suatu Sistem
4. Proses ionisasi, Deionisasi, dan Emisi
5. Proses terjadinya Busur api
6. Tegangan pemulihan kontak
7. Jenis-jenis Pemutus Daya
8. Pertimbangan dalam memilih Pemutus daya
9. Kemampuan Hantar Arus pemutus daya
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Bertanya dan mengomentari
penjelasan yang diberikan
dosen serta merangkum atau
mencatat hal-hal penting
- Memperhatikan cakupan
materi yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan tentang prinsip
kerja PMT dan hubungan
kerjanya dengan rele proteksi
serta proses terjadinya busur api
2. Menjelaskan proses ionisasi,
deionisasi, emisi dan tegangan
pemulihan kontak.
- Memberikan pendapat tentang
hal-hal yang berkaitan dengan
operasi penskalaran (switcing
operation) dari PMT
- Memperhatikan, memahami
dan mencatat hal-hal yang
dirasa perlu
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
3. Menjelaskan jenis-jenis pemutus
daya yang digunakan pada STL.
4. Menjelaskan apa pertimbangan
dalam memilih PMT dan
bagaimana kemampuan hantar
arus daru pemutus daya
- Memperhatikan dan bertanya
tentang hal yang berkaitan
dengan jenis-jenis PMT
- Memperhatikan dan mencatat
serta menanyakan tentang hal
yang belum dimengerti dengan
sajian dari dosen
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan dan mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 3 (tiga)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui bagaimana prinsip kerja ,
konstruksi , data pengenal, pengujian, dan spesifikasi dari suatu alat pemisah (PMS) yang
dipasang pada suatu sistem tenaga listrik
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami bagaimana peranan PMS pada suatu STL dan bagaimana
hubungan kerja (interlok) antara PMS , PMT dan PMSB ketika sistem ON (menutup jaringan)
dan saat sistem OFF (membuka jaringan) jika terjadi gangguan.
B. Pokok Bahasan
Saklar Pemisah (Disconecting Switch)
E. Sub Pokok Bahasan
1. Pendahuluan
2. Interlok saklar pemisah
3. Konstruksi Saklar Pemisah
4. Data pengenal saklar pemisah
5. Pengujian saklar pemisah
6. Spesifikasi Saklar pemisah
F. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan
instruksional khusus tentang
materi yang akan dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan peranan PMS
pada suatu sistem tenaga listrik
dan jenis-jenis PMS
berdasarkan penempatannya
2. Menjelaskan bagaimana
hubungan kerja antara PMS
dan PMT , data pengenal dan
spesifikasi serta pengujuan
yang dilakukan pada pemisah
(PMS)
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan
materi yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan dan mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 4 (empat)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui penghantar ( kawat dan
kabel ) yang digunakan pada tegangan tinggi dan transmisi , parameter konduktor tegangan
tinggi , pemilihan konduktor dan rel daya
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami penggunaan kawat dan kabel pada tegangan tinggi serta
terjadi korona akibat dari penerapan tegangan tinggi pada suatu penghantar.
B. Pokok Bahasan
Konduktor (Penghantar ) Tegangan Tinggi
B. Sub Pokok Bahasan
1. Kawat telanjang
2. Kabel daya
3. Parameter konduktor tegangan tinggi
4. Pemilihan konduktor
5. Rel daya
C. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan
instruksional khusus tentang
materi yang akan dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan perbedaan kawat
telanjang dengan kabel
tegangan tinggi serta
penggunaan dari masing
penghantar tersebut.
2. Menjelaskan parameter suatu
penghantar dan bagaimana
cara pemilihan konduktor yang
sesuai dengan penerapannya
serta penggunaan konduktor
pada rel daya
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan
materi yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 5 (lima)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tenteng seluk beluk isolator
pada saluran udara yang berkaitan dengan : konstruksi, jenis-jenis ,bahan yang yang
digunakan, karateristik, polusi pada isolator, distribusi tegangan dan bushing.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami bagaimana karakteristik , peranan dan penempatan isolator
pada hantaran udara tegangan tinggi dan apa fungsi isolator secara umum
B. Pokok Bahasan
Isolator
B. Sub Pokok Bahasan
1. Umum
2. Konstruksi dan Jenis isolator hantaran Udara
3. Parameter geometris isolator
4. Bahan isolator
5. Karakteristik elektrik isolator
6. Karakteristik mekanik isolator
7. Isolator terpolusi
8. Distribusi tegangan pada isolator rantai
9. Bushing
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan fungsi , konstruksi
dan jenis isolator yang digunakan
pada saluran udara tegangan
tinggi atau transmisi tegangan
tinggi dan bagaimana aplikasi
dilapangan
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
Note Book &
LCD
2. Menjelaskan tentang
karakteristik(listrik, mekanik) dari
isolator dan parameter geometris
pada isolator serta bahan yang
digunakan untuk isolator.
3. Menjelaskan bagaimana
distribusi tegangan pada suatu
isolator , polusi isolator dan
Bushing
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang yang dirasa perlu
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 6 (enam)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang alat pelindung bila
terjadi tegangan lebih pada sistem tenaga listrik terutama pada tegangan tinggi yakni arrester
serta mengetahui jenis-jenis arrester yang digunakan , data-data pengenal, tegangan
pengenal dan dimana lokasi penempatan arrester yang optimal.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami peranan arrester pada STL dan penempatan arrester sesuai
dengan jenis dan kemampuannya dalam melindungi sistem dari gangguan surja petir
B. Pokok Bahasan
Pelindung Tegangan Lebih (Arrester)
C. Sub Pokok Bahasan
1. Pendahuluan
2. Sela batang
3. Arrester Ekspulsi
4. Arrester Katup
5. Data pengenal Arrester
6. Tegangan pengenal Arrester
7. Lokasi penempatan arrester
E. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan bagaimana peranan
arrester dalam melindungi
peralatan-peralatan listrik pada
gardu induk maupun pada
jaringan tegangan tinggi dari
gangguan surja petir.
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
Note Book &
LCD
2. Menjelaskan tentang jenis-jenis
arrester yang digunakan pada
sistem sesuai dengan kemampuan
dan penempatannya
3. Menjelaskan tentang data
pengenal dan tegangan
pengenal dari arrester agar
dalam penggunaannya tidak
terjadi kesalahan.
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang yang dirasa perlu
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 7 (tujuh)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang penggunaan
kapasitor pada tegangan tinggi dan mengetahui bentuk/konstruksi, daya dan energi yang
tersimpan pada kapasitor, jenis-jenis kapasitor dan bagaimana merancang suatu kapasitor
tegangan tinggi.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami peranan kapasitor pada suatu STL terutama pada tegangan
tinggi dan bagaimana penempatannya sesuai dengan jenis dan kemampuannya
C. Pokok Bahasan
Kapasitor Tegangan Tinggi
D. Sub Pokok Bahasan
1. Pendahuluan
2. Konstruksi kapasitor Tegangan Tinggi
3. Daya dan Energi suatu Kapasitor
4. Kapasitor Gulung
5. Rancangan suatu Kapasitor Gulung
6. Jenis rangcangan Kapasitor
E. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan jenis-jenis
kapasitor, bagaimana peranan
kapasitor pada sistem tenaga
listrik, konstruksi kapasitor yang
digunakan pada tegangan tinggi
2. Menjelaskan bagaimana
merencanakan suatu kapasitor
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal penting
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
gulung dan jenis-jenis rancangan
kapasitor.
3. Menjelaskan tentang daya dan
energi yang tersimpan pada
suatu kapasitor tegangan tinggi
- Memperhatikan dan mencatat
tentang yang dirasa perlu
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 9 (Sembilan)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang susunan dan
penyambungan kumparan trafo daya yang digunakan pada tegangan tinggi, komponen
isolasi belitan tegangan tinggi, konstruksi isolasi , bagaimana distribusi tegangan pada
belitan, metode pendinginan dan pengujian dari trafo daya
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami fungsi transformator daya pada suatu STL terutama pada
tegangan tinggi dan bagaimana penempatannya sesuai dengan metode pendinginan dan
kapasitas trafo daya tersebut.
B. Pokok Bahasan
Trasformator Daya
C. Sub Pokok Bahasan
1. Pendahuluan
2. Susunan dan penyambungan Kumparan
3. Komponen Isolasi Belitan Tegangan Tinggi
4. Konstruksi Isolasi Trafo Daya
5. Distribusi tegangan pada Belitan
6. Metode pendinginan pada Trafo Daya
7. Pengujian Trafo daya
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan prinsip kerja dan
fungsi trafo daya pada STL
terutama untuk meniakkan dan
menurunkan tegangan pada
gardu induk
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
Note Book &
LCD
2. Menjelaskan jenis-jenis susunan
dan penyambungan kumparan
trafo daya serta komponen
isolasi trafo daya
3. Menjelaskan tentang konstruksi
isolasi serta distribusi tegangan
pada belitan trafo daya
4. Menjelaskan cara pendinginan
dan cara pengujian trafo daya
yang digunakan pada tegangan
tinggi
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal penting,
menyakan hal yang belum
jelas
- Memperhatikan dan mencatat
tentang yang dirasa perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang yang dirasa perlu
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 10 (sepuluh)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tujuan pembangkitan
tegangan tinggi, penggunaan trafo uji dan kosntruksinya, terpaan elektrik pada trafo uji,
rangkaian ekifalen trafo uji, trafo susunan kaskade dan trafo Tesla.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami fungsi trafo uji dalam membangkitkan tegangan tinggi untuk
pengujian peralatan dilaborratorium tegangan tinggi sebelum peralatan diterapkan pada
sistem tenaga listrik
B. Pokok Bahasan
Pembangkit Tegangan Tinggi Bolak Balik
C. Sub Pokok Bahasan
1. Trafo Uji (Testing Transformator)
2. Terpaan elektrik pada trafo Uji
3. Konstruksi trafo uji
4. Rangkaian Ekifalen Trafo Uji
5. Trafo susuna kaskade dan Tesla
Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan kegunaan , prinsip
kerja dan fungsi trafo uji yang
digunakan untuk pembangkitan
tegangan tinggi bolak-balik.
2. Menjelaskan bagaimana
konstruksi trafo uji dan rangkaian
ekifalen serta terpaan elektrik
pada trafo uji tersebut.
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal penting,
menyakan hal yang belum jelas
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
3. Menjelaskan penggunaan trafo
uji dengan susunan secara
kaskade dan tesla, bagaimana
perbedaannya dengan
menggunakan satu trafo uji saja.
- Memperhatikan dan mencatat
tentang yang dirasa perlu
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 11 (sebelas)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang Tujuan
pembangkitan tegangan tinggi DC, Dioda tegangan tinggi, penyearah setengah gelombang,
penyearah Villard dan penyearah Greinacher
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami cara pengujian peralatan tegangan tinggi DC(arus searah)
dengan menggunakan dioda tegangan tinggi serta penyearah yang digunakan dalam
pembangkitan ini.
B. Pokok Bahasan
Pembangkit Tegangan Tinggi Searah
C. Sub Pokok Bahasan
1. Tujuan pembangkitan Tegangan Tinggi Searah
2. Dioda tegangan tinggi
3. Penyearah Setengah Gelombang
4. Penyearah Villard
5. Penyearah Greinacher
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan tujuan
pembangkitan tegangan tinggi
DC dan peralatan yang
digunakan untuk pembangkitan
tegangan tinggi DC ( Dioda
tegangan tinggi)
2. Menjelaskan jenis-jenis
penyearah yang digunakan
dalam pembangkitan tegangan
arus searah yakni penyearah
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal penting,
menyakan hal yang belum jelas
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
setengah gelombang, Villard dan
Greinacher.
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 12 (Dua belas)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang kegunaan dan tujuan
pembangkitan tegangan tinggi Impuls, bentuk tegangan impuls standar, sela picu, generator
impuls RLC, generator impuls RC dan generator impuls Rangkaian Mrax.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami cara pengujian peralatan tegangan tinggi DC(arus searah)
dengan menggunakan dioda tegangan tinggi serta penyearah yang digunakan dalam
pembangkitan ini.
B. Pokok Bahasan
Pembangkit Tegangan Tinggi Impuls
C. Sub Pokok Bahasan
1. Kegunaan tegangan tinggi impuls
2. Tegangan Impuls standart
3. Sela Picu (Starting Gap)
4. Genarator Impuls RLC
5. Generator Impuls RC
6. Generator Impuls Rangkaian Marx
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan materi
yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan tujuan
pembangkitan tegangan tinggi
Impuls dan bentuk tegangan
impuls standar untuk surja petir
dan surja hubung
2. Menjelaskan peralatan
pembangkit tegangan tinggi
impuls seperti generator RLC,
generator RC dan generator
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal penting,
menyakan hal yang belum jelas
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
rangakian Marx
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 2 x 50 menit
Pertemuan ke : 13 dan 14 (tiga belas dan empat belas)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang tujuan pengukuran
tegangan tinggi, jenis alat ukur (elektroda standar, alat ukur tegangan, alat ukur Chubb &
Fortesque, alat ukur elektrostatis) , tujuan pengujian tegangan tinggi, jenis pengujian, (
tembus listrik isolasi padat, waktu singkat, bertangga,kenaikan tegangan perlahan).
2. Pendukung
Mahasiswa dapat memahami tujuan serta cara pengukuran dan pengujian peralatan
tegangan tinggi dengan menggunakan beberapa alat ukur dalam melakukan beberapa jenis
pengujian
B. Pokok Bahasan
Pengukuran dan Pengujian Tegangan Tinggi
C. Sub Pokok Bahasan
a) Pengukuran Tegangan Tinggi
- Jenis Alat Ukur Tegangan Tinggi
- Alat ukur elektroda bola standar
- Alat ukur Tegangan
- Alat ukur Chubb & Fortesque
- Alat ukur Elektrostatik
- Tujuan pengujian
- Jenis Pengujian
b. Pengujian Tegangan Tinggi
- Pengukuran & pengujian Tegangan Tinggi AC
- Pengukuran & pengujian Tegangan Tinggi DC
- Pengukuran & pengujian Tegangan Tinggi Impuls
- Penetuan Efek polaritas Tegangan pada elektroda TerhadapTegangan Tembus
- Distribusi Tegangan pada Isolator Rantai
- Tujuan pengujian tegangan Tinggi
- Jenis-jenis Pengujian
- Pengujian Tembus Listrik Dielektrik Padat
- Kondisi Pengujian
- Evaluasi Hasi Pengujian Peluahan
- Pengujian Tembus Listrik Dielektrik Padat
- Pengujian waktu singkat
- Pengujian bertangga
- Pengujian dengan Kenaikan Tegangan perlahan
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan
materi yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan tujuan dan jenis
pengukuran tegangan tinggi serta
alat-alat ukur yang digunakan
seperti dalam pengukuran
antaranya :
- Alat ukur elektroda bola standar
- Alat ukur Tegangan
- Alat ukur Chubb & Fortesque
- Alat ukur Elektrostatik
2. Menjelaskan tujuan Pengujian
tegangan tinggi (AC,DC,Impuls) ,
Penentuan Efek polaritas
Tegangan pada elektroda
TerhadapTegangan Tembus,
Distribusi Tegangan pada Isolator
Rantai serta jenis-jenis pengujian
yang dilakukan diantaranya
adalah :
- Pengujian Tembus Listrik
Dielektrik Padat
- Pengujian waktu singkat
- Pengujian bertangga
- Pengujian dengan Kenaikan
Tegangan perlahan
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal penting,
menyakan hal yang belum
jelas
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencata
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
F. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Nama Mata Kuliah : Peralatan Tegangan Tinggi
Kode . MK/ SKS : EPS 6422 / 2 SKS
Waktu Pertemuan : 2 x 1 x 50 menit
Pertemuan ke : 15 ( lima belas)
A. Kompetensi
1. Utama
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang pengujian isolasi
yang tidak merusak anatranya ; pengukuran faktor rugi dielektrik (Tg SATUPengukuran
konduktifitas cair, pengukuran peluahan parsial dan pengujian kerak isolasi.
2. Pendukung
Mahasiswa dapat membedakan pengujian isolasi yang merusak dan tidak merusak pada
saat melakukann pengujian.
B. Pokok Bahasan
Pengujian Isolasi Tidak Merusak
C. Sub Pokok Bahasan
1. Pengukuran faktor Rugi Dielektrik (Tg S)
2. Pengukuran Tahanan Dielektrik Padat Lansung dan Tak lansung
3. Pengukuran Koduktifitas Cair
4. Pengukuran Peluahan parsial
5. Pengujian Kerak Isolasi
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Pengajar Kegiatan Mahasiswa Media & alat
pengajaran
Pendahuluan
1. Merevew materi kuliah
sebelumnya dan menjelaskan
hubungannya dengan materi
berikutnya
2. Menjelaskan tujuan instruksional
khusus tentang materi yang akan
dibahas
- Memperhatikan penjelasan
yang diberikan dosen serta
merangkum atau mencatat hal-
hal penting
- Memperhatikan cakupan
materi yang diberikan dan
mencatatnya
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penyajian
1. Menjelaskan pengujian isolasi
yang tidak merusak berkaitan
dengan pengukuran faktor rugi –
rugi dielektrik dengan
menggunakan jembatan
Sschering
2. Menjelaskan bagaimana cara
pengukuran tahanan dielektrik
padat dengan metode lansung
dan tak lansung
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal penting,
menyakan hal yang belum
jelas
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
3. Menjelaskan bagaimana cara
melakukan pengukuran terhadap
konduktivitas dielektrik cair
4. Menjelaskan bagaimana cara
pengukuran peluahan parsial baik
secara lansung maupun tak
lansung
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
- Memperhatikan dan mencatat
tentang hal-hal yang dirasa
perlu
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Penutup
1. Memberikan penjelasan secara
umum tentang materi yang baru
diberikan dan menanyakan ke
mahasiswa apakah ada hal-hal
yang belum jelas
2. Memberikan jawaban dari
pertanyaan mahasiswa
3. Memberikan tugas kepada
mahasiswa sesuai dengan materi
yang telah dibahas
4. Memberikan gambaran umum
tentang materi perkuliahan yang
akan datang
- Menanyakan hal yang kurang
dimengerti dan mencatat
rangkuman yan diberika dosen
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan , bertanya dan
mencatat
- Memperhatikan dan mencatat
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
Note Book &
LCD
E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya
E. Referensi
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta 1983
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,
2003
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2003
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984
G. Soal dan Pembahasan