SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  1 (satu) 
 
 
A.    Kompetensi 
 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  memahami  secara  umum  proses 
pengadaan  energi  listrik  sampai  kekonsumen,  garduinduk  serta  komponen  utamanya  dan 
perbedaan peralatan tegangan tinggi dan tegangan rendah. 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  pengetahuan  dasar  tentang peralatan  tegangan  tinggi  yang 
ada pada sistem tenaga listrik terutama pada Gardu Induk dan transmisi serta penepatan dari 
masing-masing perlatan tegangan tinggi  
 
B.    Pokok Bahasan 
 Pendahuluan 
 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Proses Pengadaan energi listrik 
2. Gardu Induk 
3. Komponen gardu Induk 
4. Perbedaan Peralatan Tegangan Tinggi dengan Tegangan Rendah 
 
D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media dan alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Perkenalan dan penjelasan 
kontrak perkuliahan 
 
2.   Menjelaskan cakupan materi 
umum yang akan dibahas 
untuk satu semester  
 
 
- Memperhatikan identitas 
dosen dan isi kontrak 
perkuliahan  
 
- Memperhatikan cakupan 
materi yang diberikan 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan tujuan 
instruksional khusus tentang 
materi yang akan dibahas 
 
2. Menjelaskan bagaimana 
proses pengadaan energi 
listrik hingga sampai 
kekonsumen 
 
3. Menjelaskan tentang gardu 
Induk serta komponen 
uatama pada GI 
 
 
- Memperhatikan tujuan 
instruksional khusus 
 
 
- Memperhatikan dan mecatat 
materi penting yang diberikan 
dosen 
 
 
- Memperhatikan dan 
merangkum materi yang 
diberikan dosen dan 
mengomenatrinya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 

 
4. Menjelaskan apa perbedaan 
peralatan TT dengan TR 
 
- Memahami penjelasan  yang 
diberikan dosen dan 
mencacat. 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
1. Meminta komentar atau 
pertanyaan dari mahasiswa 
mengenai materi yang baru 
saja dibahas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan 
materi yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran 
umum tentang materi 
perkuliahan yang akan 
datang 
- Memberikan pendapat dan 
argumen tentang apa yang 
dipertanyakan oleh dosen 
 
 
- Memperhatikan, memahami 
dan mencatat jawaban yang 
diberikan dosen 
 
- Mencatat tugas  
 
 
 
- Memperhatikan gambaran 
materi kuliah yang akan 
datang 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya (ke-2) 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
   
   
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  2 (dua) 
 
 
A.    Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  mengetahui  prinsip  kerja  PMT  dan 
hubungannya dengan rele proteksi, jenis-jenis pemutus daya serta kemampuan hantar arus 
dari pemutus daya dan bagaimana proses terjadinya busur api saat pemutus daya bekerja. 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa dapat memahami bagaimana peranan suatu pemutus tenaga pada sistem tenaga 
listrik apa akibat dari proses pensaklaran dari pemutus tenaga tersebut. 
 
B.    Pokok Bahasan 
Pemutus Daya (Circuit Breaker) 
 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Pendahuluan 
2. Hubungan Rele dan Pemutus daya 
3. Proses Pemutusan Rangkaian Suatu Sistem 
4. Proses ionisasi, Deionisasi, dan Emisi 
5. Proses terjadinya Busur api 
6. Tegangan pemulihan kontak 
7. Jenis-jenis Pemutus Daya 
8. Pertimbangan dalam memilih Pemutus daya 
9. Kemampuan Hantar Arus pemutus daya  
 
D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
- Bertanya dan mengomentari 
penjelasan yang diberikan 
dosen serta merangkum atau 
mencatat hal-hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan 
materi yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan tentang prinsip 
kerja PMT dan hubungan 
kerjanya dengan rele proteksi 
serta proses terjadinya busur api 
 
2. Menjelaskan proses ionisasi, 
deionisasi, emisi dan tegangan 
pemulihan kontak.  
 
- Memberikan pendapat tentang  
hal-hal yang berkaitan dengan 
operasi penskalaran (switcing 
operation) dari PMT  
 
- Memperhatikan, memahami 
dan mencatat hal-hal yang 
dirasa perlu 
 
Note Book & 
LCD 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 

3. Menjelaskan jenis-jenis pemutus 
daya yang digunakan pada STL.  
 
 
4. Menjelaskan apa pertimbangan 
dalam memilih PMT dan 
bagaimana kemampuan hantar 
arus daru pemutus daya 
- Memperhatikan dan bertanya 
tentang hal yang berkaitan 
dengan jenis-jenis PMT 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
serta menanyakan tentang hal 
yang belum dimengerti dengan 
sajian dari dosen 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat  
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  3 (tiga) 
 
A.  Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui bagaimana prinsip kerja , 
konstruksi , data pengenal, pengujian, dan spesifikasi dari suatu alat pemisah (PMS) yang 
dipasang pada suatu sistem tenaga listrik 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  bagaimana  peranan  PMS  pada  suatu  STL  dan  bagaimana 
hubungan kerja (interlok) antara PMS , PMT dan PMSB ketika sistem ON (menutup jaringan) 
dan saat sistem OFF (membuka jaringan) jika terjadi gangguan. 
 
B.    Pokok Bahasan 
Saklar Pemisah (Disconecting Switch) 
 
E. Sub Pokok Bahasan 
1. Pendahuluan 
2. Interlok saklar pemisah 
3. Konstruksi Saklar Pemisah 
4. Data pengenal saklar pemisah 
5. Pengujian saklar pemisah 
6. Spesifikasi Saklar pemisah 
 
F. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan 
instruksional khusus tentang 
materi yang akan dibahas 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan peranan PMS 
pada suatu sistem tenaga listrik 
dan jenis-jenis PMS 
berdasarkan penempatannya 
2. Menjelaskan bagaimana 
hubungan kerja antara PMS 
dan PMT , data pengenal dan 
spesifikasi serta pengujuan 
yang dilakukan pada pemisah 
(PMS) 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan 
materi yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat  
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  4 (empat) 
 
 
A.  Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  mengetahui  penghantar  (  kawat  dan 
kabel ) yang digunakan pada tegangan tinggi dan transmisi , parameter konduktor tegangan 
tinggi , pemilihan konduktor dan rel daya  
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  penggunaan  kawat  dan  kabel  pada  tegangan  tinggi  serta 
terjadi korona akibat dari penerapan tegangan tinggi pada suatu penghantar.  
 
B. Pokok Bahasan 
Konduktor (Penghantar ) Tegangan Tinggi 
 
B. Sub Pokok Bahasan 
1. Kawat telanjang 
2. Kabel daya 
3. Parameter konduktor tegangan tinggi 
4. Pemilihan konduktor 
5. Rel daya 
 
C. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan 
instruksional khusus tentang 
materi yang akan dibahas 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan perbedaan kawat 
telanjang dengan kabel 
tegangan tinggi serta 
penggunaan dari masing 
penghantar tersebut. 
 
2. Menjelaskan parameter suatu 
penghantar dan bagaimana 
cara pemilihan konduktor yang 
sesuai dengan penerapannya 
serta penggunaan konduktor 
pada rel daya 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan 
materi yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi   
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
   
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  5 (lima) 
 
 
A.  Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tenteng seluk beluk isolator 
pada  saluran  udara  yang  berkaitan  dengan  :  konstruksi,  jenis-jenis  ,bahan  yang  yang 
digunakan, karateristik, polusi pada isolator, distribusi tegangan dan bushing. 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  bagaimana  karakteristik  , peranan  dan  penempatan  isolator 
pada hantaran udara tegangan tinggi dan apa fungsi isolator secara umum 
 
B. Pokok Bahasan 
Isolator  
 
B. Sub Pokok Bahasan 
1. Umum 
2. Konstruksi dan Jenis isolator hantaran Udara 
3. Parameter geometris isolator 
4. Bahan isolator 
5. Karakteristik elektrik isolator 
6. Karakteristik mekanik isolator 
7. Isolator terpolusi 
8. Distribusi tegangan pada isolator rantai 
9. Bushing 
 
D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan fungsi , konstruksi 
dan jenis isolator yang digunakan 
pada saluran udara tegangan 
tinggi atau transmisi tegangan 
tinggi dan bagaimana aplikasi 
dilapangan 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 

2. Menjelaskan tentang 
karakteristik(listrik, mekanik) dari 
isolator dan parameter geometris 
pada isolator serta bahan yang 
digunakan untuk isolator. 
  
3. Menjelaskan bagaimana 
distribusi tegangan pada suatu 
isolator , polusi isolator dan 
Bushing   
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang  yang dirasa perlu 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  6 (enam) 
 
 
A.  Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang alat pelindung bila 
terjadi tegangan lebih pada sistem tenaga listrik terutama pada tegangan tinggi yakni arrester 
serta  mengetahui  jenis-jenis  arrester  yang  digunakan  ,  data-data  pengenal,  tegangan 
pengenal dan dimana lokasi penempatan arrester yang optimal. 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa dapat memahami peranan arrester pada STL dan penempatan arrester sesuai 
dengan jenis dan kemampuannya dalam melindungi sistem dari gangguan surja petir 
 
B. Pokok Bahasan 
Pelindung Tegangan Lebih (Arrester) 
 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Pendahuluan 
2. Sela batang 
3. Arrester Ekspulsi 
4. Arrester Katup 
5. Data pengenal Arrester 
6. Tegangan pengenal Arrester 
7. Lokasi penempatan arrester 
 
E. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan bagaimana peranan 
arrester dalam melindungi 
peralatan-peralatan listrik pada 
gardu induk maupun pada 
jaringan tegangan tinggi dari 
gangguan surja petir. 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 

 
2. Menjelaskan tentang jenis-jenis 
arrester yang digunakan pada 
sistem sesuai dengan kemampuan 
dan penempatannya 
 
3.  Menjelaskan tentang data 
pengenal dan tegangan 
pengenal dari arrester agar 
dalam penggunaannya tidak 
terjadi kesalahan. 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang  yang dirasa perlu 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  7 (tujuh) 
 
 
A.  Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  mengetahui  tentang  penggunaan 
kapasitor  pada  tegangan  tinggi  dan  mengetahui  bentuk/konstruksi,  daya  dan  energi  yang 
tersimpan pada kapasitor, jenis-jenis kapasitor dan bagaimana merancang suatu kapasitor 
tegangan tinggi. 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa dapat memahami peranan kapasitor pada suatu STL terutama pada tegangan 
tinggi dan bagaimana penempatannya sesuai dengan jenis dan kemampuannya  
 
C. Pokok Bahasan 
Kapasitor Tegangan Tinggi 
 
D. Sub Pokok Bahasan 
1. Pendahuluan 
2. Konstruksi kapasitor Tegangan Tinggi 
3. Daya dan Energi suatu Kapasitor 
4. Kapasitor Gulung 
5. Rancangan suatu Kapasitor Gulung 
6. Jenis rangcangan Kapasitor 
 
E. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan jenis-jenis 
kapasitor,  bagaimana peranan 
kapasitor pada sistem tenaga 
listrik, konstruksi kapasitor yang 
digunakan pada tegangan tinggi 
 
2. Menjelaskan bagaimana 
merencanakan suatu kapasitor 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal penting 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 

gulung dan jenis-jenis rancangan 
kapasitor. 
 
3. Menjelaskan tentang daya dan 
energi yang tersimpan pada 
suatu kapasitor tegangan tinggi  
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang  yang dirasa perlu 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  9 (Sembilan) 
 
 
A.  Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  mengetahui  tentang  susunan  dan 
penyambungan  kumparan  trafo  daya  yang  digunakan  pada  tegangan  tinggi,  komponen 
isolasi  belitan  tegangan  tinggi,  konstruksi  isolasi  ,  bagaimana  distribusi  tegangan  pada 
belitan, metode pendinginan dan pengujian dari trafo daya  
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  fungsi  transformator  daya pada  suatu  STL  terutama  pada 
tegangan  tinggi  dan  bagaimana  penempatannya  sesuai dengan  metode  pendinginan  dan 
kapasitas trafo daya tersebut.  
 
B. Pokok Bahasan 
Trasformator  Daya 
 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Pendahuluan 
2. Susunan dan penyambungan Kumparan 
3. Komponen Isolasi Belitan Tegangan Tinggi 
4. Konstruksi Isolasi Trafo Daya 
5. Distribusi tegangan pada Belitan 
6. Metode pendinginan pada Trafo Daya 
7. Pengujian Trafo daya 
 
D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan prinsip kerja  dan 
fungsi trafo daya pada STL 
terutama untuk meniakkan dan 
menurunkan tegangan pada 
gardu induk 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 

2. Menjelaskan jenis-jenis susunan 
dan penyambungan kumparan 
trafo daya serta komponen 
isolasi trafo daya 
 
3. Menjelaskan tentang konstruksi 
isolasi serta distribusi tegangan 
pada belitan trafo daya 
 
4. Menjelaskan cara pendinginan 
dan cara pengujian trafo daya 
yang digunakan pada tegangan 
tinggi 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal penting, 
menyakan hal yang belum 
jelas 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang  yang dirasa perlu 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang  yang dirasa perlu 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  10 (sepuluh) 
 
 
A.  Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  mengetahui  tujuan  pembangkitan 
tegangan  tinggi,  penggunaan  trafo  uji  dan  kosntruksinya,  terpaan  elektrik  pada  trafo  uji, 
rangkaian ekifalen trafo uji, trafo susunan kaskade dan trafo Tesla. 
  
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  fungsi trafo  uji  dalam membangkitkan  tegangan  tinggi  untuk 
pengujian  peralatan  dilaborratorium  tegangan  tinggi  sebelum  peralatan  diterapkan  pada 
sistem tenaga listrik 
 
B.    Pokok Bahasan 
        Pembangkit Tegangan Tinggi Bolak Balik 
 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Trafo Uji (Testing Transformator) 
2. Terpaan elektrik pada trafo Uji 
3. Konstruksi trafo uji 
4. Rangkaian Ekifalen Trafo Uji 
5. Trafo susuna kaskade dan Tesla  
 
Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan kegunaan , prinsip 
kerja  dan fungsi trafo uji yang 
digunakan untuk pembangkitan 
tegangan tinggi bolak-balik.  
 
2. Menjelaskan bagaimana 
konstruksi trafo uji dan rangkaian 
ekifalen serta terpaan elektrik 
pada trafo uji tersebut. 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal penting, 
menyakan hal yang belum jelas 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 

 
3. Menjelaskan penggunaan trafo 
uji dengan susunan secara 
kaskade dan tesla, bagaimana 
perbedaannya dengan 
menggunakan satu trafo uji saja. 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang  yang dirasa perlu 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
 
-  Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  11 (sebelas) 
 
 
A. Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  mengetahui  tentang  Tujuan 
pembangkitan tegangan tinggi DC, Dioda tegangan tinggi, penyearah setengah gelombang, 
penyearah Villard dan penyearah Greinacher 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  cara  pengujian  peralatan  tegangan  tinggi  DC(arus  searah) 
dengan  menggunakan  dioda  tegangan  tinggi  serta  penyearah  yang  digunakan  dalam 
pembangkitan ini.  
 
B. Pokok Bahasan 
Pembangkit Tegangan Tinggi Searah 
 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Tujuan pembangkitan Tegangan Tinggi Searah 
2. Dioda tegangan tinggi 
3. Penyearah Setengah Gelombang 
4. Penyearah Villard 
5. Penyearah Greinacher   
 
D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan tujuan 
pembangkitan tegangan tinggi 
DC dan peralatan yang 
digunakan untuk pembangkitan 
tegangan tinggi DC ( Dioda 
tegangan tinggi)  
 
2. Menjelaskan jenis-jenis 
penyearah yang digunakan 
dalam pembangkitan tegangan 
arus searah yakni penyearah 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal penting, 
menyakan hal yang belum jelas 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 

setengah gelombang, Villard dan 
Greinacher. 
   
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  12 (Dua belas) 
 
 
A. Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang kegunaan dan tujuan 
pembangkitan tegangan tinggi Impuls, bentuk tegangan impuls standar, sela picu, generator 
impuls RLC, generator impuls RC dan generator impuls Rangkaian Mrax. 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  cara  pengujian  peralatan  tegangan  tinggi  DC(arus  searah) 
dengan  menggunakan  dioda  tegangan  tinggi  serta  penyearah  yang  digunakan  dalam 
pembangkitan ini.  
 
B. Pokok Bahasan 
Pembangkit Tegangan Tinggi Impuls 
 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Kegunaan tegangan tinggi impuls 
2. Tegangan Impuls standart 
3. Sela Picu (Starting Gap) 
4. Genarator Impuls RLC 
5. Generator Impuls RC 
6. Generator Impuls Rangkaian Marx 
 
D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan materi 
yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan tujuan 
pembangkitan tegangan tinggi 
Impuls  dan bentuk tegangan 
impuls standar untuk surja petir 
dan surja hubung 
 
2. Menjelaskan peralatan 
pembangkit tegangan tinggi 
impuls seperti generator RLC, 
generator RC dan generator 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal penting, 
menyakan hal yang belum jelas 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 

rangakian Marx     
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 2 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  13 dan 14 (tiga belas dan empat belas) 
 
 
A. Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui tentang tujuan pengukuran 
tegangan tinggi, jenis alat ukur (elektroda standar, alat ukur tegangan, alat ukur Chubb & 
Fortesque,  alat  ukur  elektrostatis)  ,  tujuan  pengujian  tegangan  tinggi,  jenis  pengujian,  ( 
tembus listrik isolasi padat, waktu singkat, bertangga,kenaikan tegangan perlahan). 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  memahami  tujuan  serta  cara  pengukuran  dan  pengujian  peralatan 
tegangan tinggi dengan menggunakan beberapa alat ukur dalam melakukan beberapa jenis 
pengujian  
 
B. Pokok Bahasan 
Pengukuran dan  Pengujian Tegangan Tinggi 
C. Sub Pokok Bahasan 
a) Pengukuran Tegangan Tinggi 
- Jenis Alat Ukur Tegangan Tinggi   
- Alat ukur elektroda bola standar 
- Alat ukur Tegangan 
- Alat ukur Chubb & Fortesque 
- Alat ukur Elektrostatik 
- Tujuan pengujian 
- Jenis Pengujian 
 
b. Pengujian Tegangan Tinggi 
- Pengukuran & pengujian Tegangan Tinggi AC 
- Pengukuran & pengujian Tegangan Tinggi DC 
- Pengukuran & pengujian Tegangan Tinggi Impuls 
- Penetuan Efek polaritas Tegangan pada elektroda TerhadapTegangan Tembus 
- Distribusi Tegangan pada Isolator Rantai 
- Tujuan pengujian tegangan Tinggi 
- Jenis-jenis Pengujian 
- Pengujian Tembus Listrik Dielektrik Padat 
- Kondisi Pengujian 
- Evaluasi Hasi Pengujian Peluahan 
- Pengujian Tembus Listrik Dielektrik Padat 
- Pengujian waktu singkat 
- Pengujian bertangga 
- Pengujian dengan Kenaikan Tegangan perlahan 
 
 

D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
- Memperhatikan cakupan 
materi yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan tujuan dan jenis 
pengukuran tegangan tinggi serta 
alat-alat ukur yang digunakan 
seperti dalam pengukuran 
antaranya :  
- Alat ukur elektroda bola standar 
- Alat ukur Tegangan 
- Alat ukur Chubb & Fortesque 
- Alat ukur Elektrostatik 
 
2. Menjelaskan tujuan Pengujian 
tegangan tinggi (AC,DC,Impuls) , 
Penentuan Efek polaritas 
Tegangan pada elektroda 
TerhadapTegangan Tembus, 
Distribusi Tegangan pada Isolator 
Rantai serta jenis-jenis pengujian 
yang dilakukan diantaranya 
adalah :  
- Pengujian Tembus Listrik 
Dielektrik Padat 
- Pengujian waktu singkat 
- Pengujian bertangga 
- Pengujian dengan Kenaikan 
Tegangan perlahan 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
 
 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal penting, 
menyakan hal yang belum 
jelas 
 
 
 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
- Memperhatikan dan mencata 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
Note Book & 
LCD 
 

 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
F.    Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

SATUAN ACARA PENGAJARAN 
 
Nama Mata Kuliah  :  Peralatan Tegangan Tinggi 
Kode . MK/ SKS    :  EPS 6422 / 2 SKS 
Waktu Pertemuan  :  2 x 1 x 50 menit 
Pertemuan ke    :  15 ( lima belas) 
 
 
A. Kompetensi 
1.    Utama 
    Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  mengetahui  tentang  pengujian  isolasi 
yang  tidak  merusak  anatranya  ;  pengukuran  faktor  rugi  dielektrik  (Tg SATUPengukuran 
konduktifitas cair, pengukuran peluahan parsial dan pengujian kerak isolasi. 
 
2.    Pendukung 
Mahasiswa  dapat  membedakan  pengujian  isolasi  yang  merusak  dan  tidak  merusak  pada 
saat melakukann pengujian.  
 
B. Pokok Bahasan 
Pengujian Isolasi Tidak Merusak 
C. Sub Pokok Bahasan 
1. Pengukuran faktor Rugi Dielektrik (Tg S) 
2. Pengukuran Tahanan Dielektrik Padat Lansung dan Tak lansung 
3. Pengukuran Koduktifitas Cair 
4. Pengukuran Peluahan parsial  
5. Pengujian Kerak Isolasi 

 
D. Kegiatan Belajar Mengajar 
Tahap 
Kegiatan 
Kegiatan Pengajar  Kegiatan Mahasiswa  Media & alat 
pengajaran  
 
 
 
 
Pendahuluan 
 
1. Merevew materi kuliah 
sebelumnya dan menjelaskan 
hubungannya dengan materi 
berikutnya 
 
2. Menjelaskan tujuan instruksional 
khusus tentang materi yang akan 
dibahas 
 
- Memperhatikan penjelasan 
yang diberikan dosen serta 
merangkum atau mencatat hal-
hal penting 
 
- Memperhatikan cakupan 
materi yang diberikan dan 
mencatatnya 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penyajian 
 
 
1. Menjelaskan pengujian isolasi 
yang tidak merusak berkaitan 
dengan pengukuran faktor rugi –
rugi dielektrik dengan 
menggunakan jembatan 
Sschering 
 
2. Menjelaskan bagaimana cara 
pengukuran tahanan dielektrik 
padat dengan metode lansung 
dan tak lansung 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal penting, 
menyakan hal yang belum 
jelas 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 

 
3. Menjelaskan bagaimana cara 
melakukan pengukuran terhadap 
konduktivitas dielektrik cair 
 
4. Menjelaskan bagaimana cara 
pengukuran peluahan parsial baik 
secara lansung maupun tak 
lansung  
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
tentang hal-hal yang dirasa 
perlu 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
 
 
 
 
Penutup 
 
1. Memberikan penjelasan secara 
umum tentang materi yang baru 
diberikan dan menanyakan ke 
mahasiswa apakah ada hal-hal 
yang belum jelas 
 
2. Memberikan jawaban dari 
pertanyaan mahasiswa 
 
3. Memberikan tugas kepada 
mahasiswa sesuai dengan materi 
yang telah dibahas 
 
4. Memberikan gambaran umum 
tentang materi perkuliahan yang 
akan datang 
 
- Menanyakan hal yang kurang 
dimengerti dan mencatat 
rangkuman yan diberika dosen 
 
 
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat  
 
- Memperhatikan , bertanya dan 
mencatat 
 
 
- Memperhatikan dan mencatat 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
Note Book & 
LCD 
 
 
E.   Evaluasi 
Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa yang ditunjuk secara 
langsung, dilakukan di awal setiap pertemuan berikutnya 
 
E. Referensi 
1. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi”, Jakarta : Pradnya Paramita, 1984 
2. Arismunandar,A.,”Teknik Tegangan Tinggi Suplemen ”, Ghalia Indonesia, Jakarta  1983 
3. Bonggas L. Tobing, “Peralatan Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 
2003 
4. Bonggas L. Tobing, “Dasar  Teknik Pengujian Tegangan Tinggi” Jakarta: PT. Gramedia  
Pustaka Utama, 2003 
5. Kind, D., Pengantar Teknik Eksprimental Tegangan Tinggi, Penerbit ITB Bandung , 1993 
6. Boehle, Benhard dkk,” Swithgear Manual” , Mannheim : Asea Brouwn Bpveri, 1988 
7. Kuffel,E & zeangl W.S., “High Voltage Engginering”. Oxford : Pergamon Press, 1984 
G.    Soal dan Pembahasan