69
IltizamJournalofShariahEconomicResearch
Vol.5,No.2(2020)December2020,pp.69-84
E-ISSN:2598-2540P-ISSN:2598-2222
SejarahPerkembanganAkuntansiSyariah:Tinjauan
LiteraturIslam
Zuwardi
1
danHardiansyahPadli
2
1
InstitutAgamaIslamNegeriBukittinggi,[email protected]
2
InstitutAgamaIslamNegeriBukittinggi,[email protected]
ABSTRACT
ThisstudyaimstoeaminethedevelopmentofIslamicaccountingsincethe
issuanceoftheletteralbaqoroh282tothepresentpracticeofIslamicfinancial
institutions.QualitativeapproachwithcontentanalysisinIslamicliteratureis
carriedouttodescribethehistoricalportraitofIslamicaccounting.theresultis
thedevelopmentofaccountingintheIslamiceraalongwiththetradecultureof
theArabnation,whichisincreasinglydevelopingwiththeconceptof
accountabilityinIslamandincreasinglyhasmanyvariantsaccordingtothe
times.Thisresearchalsoprovesthatthecurrentshariaaccountingpracticesdo
notcopywesternaccountingbuthaveascientifichistoricalbasisinpracticein
thegoldenageofIslam.
Keywords:Islamicaccounting,Albaqoroh282,IslamicFinancialInstitution,history
PENDAHULUAN
PerkembanganbankdanlembagakeuanganIslambelakanganini
menimbulkantantanganbagiparapakarsyariahdanakuntansi.Paraahli
dituntutuntukmengembangkanstandarakuntansiyangberbedadengan
standarakuntansiyangditerapkanolehlembagakeuangansecara
konvensional.Karenasecaraprinsiplembagakeuangansyariahberbeda
denganlembagakeuangankonvensional.Halinitentuberimplikasijuga
padapenyajianlaporankeuangan.Akuntansisebagaisebuahilmu
dibutuhkanuntukmerancanglaporankuanganyangnotabenenya
dibutuhkanolehpihakberkepentinganuntukmembuatsebuah
keputusandalakegiatannya.KetikafrasaakuntansiIslamdiungkapkan
olehparaahlitentuharusdijustifikasiolehkonsepyangjelassertaakar

70
historisyangkuat.Sehinggakonstrukargumentasiyangditawarkansulit
untukdibantah.
WacanaakuntansiIslamtidaklahirdalamsuasanayangvakum
(vacuumcondition),tetapidistimulasiolehbanyakfaktoryang
berinteraksibegitukompleks,non-linear,dinamisdanberkembang.
Faktor-faktorsepertikondisiperubahansistempolitik,ekonomi,sosial
danbudaya,peningkatankesadarankeagamaan,semangatrevival,
perkembanganilmupengetahuan,semuanyaberinteraksisecara
kompleksdanakhirnyamelahirkanparadigmaIslamdalamdunia
perakuntansian.
Selamainiterminologiakuntansiselaludiidentikkandengan
peradabanbarat.Akuntansiatausistempembukuan“doubleentry”
berdasarkanhistoris,disinyalirpertamakalimunculdiItaliapadaabad
ke-13.LucaPacioliseorangpendetadisebutsebagaipenemuilmuini.
BeliaumenulisbukuSummadeArithmeticaGeometriaetPropotionalita
denganmemuatsatubabmengenai“doubleentryaccountingsystem”.Oleh
parailmuwanbarat,beliaudidaulatsebagaithefatherofaccounting.
Benarkahdemikian?
Lebihlanjuttulisaninisecarakhususakanmencobamengurai
kembalifakta-faktaempirisdarisejarahakuntansisyariahperspektif
literaturIslam.Prosesuraianinidiharapkanmampumedekonstruksi
paradigmayangtelahtertanamdipikirankitayangmenganggapbahwa
akuntansisebagaisebuahilmuyanglahirdariperadabanbarat.
TINJAUANPUSTAKA
KontroversiSejarahAkuntasi
Dalamsejarahakuntansimodern,LucaPaciolidianggapsebagai
orangpertamayangmenggagaassistembukuberpasangan(doubleentry
bookeping)sehinggaiadijulukisebagaithefatherofaccounting.Sistemyang
ditemukanolehLucaPacioliinidianggapsebagairevolusiseni
pencatatandalamekonomidanbisnis.Namun,klaimyangmengatakan
bahwaPaciolimerupakanbapakakuntansijustrumenimbulkan
pertentangandikalanganpenelititentangsejarahakuntansi,diantaranya
adalah:
1.Have(1976)beranggapanbahwaperkembanganakuntansi
sebagaimanayangditulisolehLucaPaciolitidaklahterjadidi

71
RepublikItaliakuno.Italiamengetahuitentangakuntansidanilmu
daribangsalain.dengandemikian,LucaPaciolibukanlahpenemu,
melainkanpencatatterhadapapayangberedarsaatitu.
2.Wolf(1912)mengemukakanbahwapadaakhirabadke-15,Eropa
tengahmengalamirenaissancesehinggatidakadaindikasikemajuan
yagberartidalammetodeakuntansi.
3.Heaps(1895)mengemukakanbahwabookkeepingpastilah
dipraktikkanpertamakaliolehparapedagangdaniaberanggapan
bahwamerekaberasaldariMesir.
4.Ball(1960)menyatakanbahwabukuPaciolididasarkanpadatulisan
LeonardofPiza,orangeropapertamayangmenerjemahkanbuku
aljabaryangditulisdalambahasaarab,yangberisikandasar-dasar
bookkeeping.
PernyataandarisalahsatugurubesarakuntansiyaituHendriksen,
yangberkebangsaanAmerikamenuliskandalambukunya,bahwa
penemuanangkaArabsangatmembantuperkembanganAkuntansi
Islam.Kutipanpernyataaninimenandaibahwa,parailmuwanmuslim
telahmemberikankontribusiyangbesar,terutamaadanyapenemuan
angkanoldankonsepperhitungandesimal.Mengingatorang-orang
Eropabisamengertialjabardenganmenerjemahkantulisandaribangsa
Arab,tidakmustahilbahwabangsaArablahyangpertamakali
melakukanbookkeeping.DaripengenalanangkaArabinilah,tekniktata
bukuberpasangandiEropaitusendiridimulaipadatahun1135Mdi
Palermo,Sicilia,Italiayangmenunjukkandominasipengaruhpencatatan
pembukuanArab.Halinimenjadisangatlogis,mengingatpadamasaitu
masyarakatEropa,khususnyabangsaRomawidalamkehidupansehari-
harinyamenggunakanangkaRomawi,dimanaangkaRomawidalam
urutanperhitungannyatidakmengenalangka0ataushifrmelainkan
perhitunganangkaromawidimulaidariangkaI,II,IIIdanseterusnya
(Khadafi,2016).
Bahkanlebihmenariklagiketikaditemukanpadasalahsatubab
bukunyaPacioliyangternyatamemilikikemiripandenganapayang
telahdisusunolehpemikirmuslimpadaabad8-10M.kemiripantsb
antaralainsebagaiberikut:

72
Tabel1:PerbandinganbukuPaciolidenganpemikirmuslim
Sumber:(NurhayatidanWasilah,2011)
Sejumlahbuktiempirisdiatasmerupakansatuhalyangharus
diperhatikanbahwaIslamtelahmencapaipuncakkejayaannyadibidang
ilmupengetahuanterutamadalamhalpencatatan(akuntansi),beberapa
abadsebelumterbitnyabukuPacioliyanghidupdiakhirabadke13.
SedangkanEropayangnotabenenyapadasaatitumasihberadadalam
masa-masakegelapan(darkage),sehinggaperkembanganilmu
pengetahuanberjalanstatisdantidakadakemajuanberarti.Jadi,
bukanlahhalyangmengada-adakiranyabiladikatakanbahwaakuntansi,
bukanlahlahirdariBarat,melainkanhasilpemikirandariparailmuwan
muslimdansudahdipraktikkansecaraumumolehparapedagang
muslimyangmelakukanekspedisidagangjauhsampaikenegara-negara
Eropapadamasaitu.
PenelitianTerdahulu
MenurutAdnandanLabatjo(2006)praktikakuntansipada
BaitulmaaldizamanRasulullahSAW,baruditahappenyiapanpersonal
yangmenanganifungsilembagakeuangannegara.Dimasaitu,harta
kekayaannegara,didistribusikankepadamasyarakatyang
memebutuhkannya.Olehkarenaitu,laporanincomedanoutcometidak
terlalaudibutuhkan,danhalyangsamaterjadidimasapemertintahan
AbuBakar.Said2004dalamTrokic(2015)menyebutkanpengenalan
konsepdanprosedurakuntansiformalterjadidimasaKhalifahUmar
binKhattab(634-644M).DenganmeningkatnyaKekayaannegaradi
Baitulmaal.Parasahabatmerekomendasikanperlunyapencatatan
penerimaandanpengeluarannegara.KhalifahUmarmendirikanDiwan

73
(darikatadawwana=tulisan),yangbertugaskhususmembuatlaporan
keuangan,danmenjagaakuntabilitasbaitulmaal.
SabrinaI(2013),mengkajitafsiralbaqoroh282dalam
hubungannyadenganpraktikakuntansiIslam,konsepdoubleentrydalam
surahal-Baqarah[2]282sangatdekatdengankonsepneraca
keseimbangan,yaitu(1)antaraaktivadanpasivayangharusseimbang,
(2)dalamaktiva(hartalancardanhartatetap),(3)dalampasivaadadua
pencatatan(utangdanmodal).Namasurahal-Baqarah(sapibetina)yang
merupakannamakomoditiperdagangan,darisegiangkaayatnyaadalah
282menggambarkankeseimbanganataumîzânatauneraca(angka8
diapitangkayangsama)hanyaTuhanmengetahuimaksudnya.
METODEPENELITIAN
Penelitianiniadlahpenelitiankualitatif,menngunakantinajaun
historismelalauimetodeanalisisisi(contentanalysis)danlibraryresearch
padaliteraturyangterkaitdengantemapenelitian.Sumberdatadalam
penelitianiniadalahdatasekunder.Datayangdiperolehdiolahdengan
tigatahapyaitureduksidata,penyajiandatadankesimpulan.
HASILDANPEMBAHASAN
SejarahAkuntansiSyariahdiMasaRasulullahdanKhulafaurrasyidin
Potretsejarahakuntansisyariahiniadalahdimasahijrahnya
Rasulullahsaw,dariMakkahkeMadinahtahun622M/1H.Padamasa
sebelumberdirinyanegaraIslam,bangsaArabterpecah-pecah,tidak
disatukanolehsatusistempolitik,kecualitradisikesukuanyang
dominan.Kendatidemikian,merekamemilikipasardantempataktivitas
perdagangandidalamnegerimaupundiluarnegeri,yangtercermin
dalamduaperjalanandimusimdingindandimusimpanas,yaituke
negeriYamandankenegeriSyam(sekarangdikenalsebagaiSuriah,
Lebanon,Yordania,Palestina,danIsrael).
Perdagangan"konvensional"dariMekahkeYamandanAsh-
Shamberlanjutsetelah622,tetapimulaimengambiljaluryangberbeda
padatahun10Hijri'iah(H)(632).Halinidipicuolehperistiwafathul
Mekahpadatahun8H(630),dimanaorang-orangArabyangmemeluk
IslammulaisibukdenganpenyebaranIslamdiluarsemenanjungArab,
sembarimelebarkanperdaganganmerekajauhdiluarTimurTengah.

74
MenurutcatatanHave(1976)sejakabadke-8orang-orangArab"berlayar
disepanjangpantaiArabdanIndia,dantibadiItaliadenganbarang-
barangmewahyangtidakdikenaldiEropa".Meningkatnyaaktivitas
komersialpedagangMuslimtentumengharuskanpengumpulandana
untukmembiayaipermintaanEropayangmeningkatuntukbarang-
barangmereka.Ekspansiyangdihasilkandalamlingkupperdagangan
menyebabkanmunculnyakemitraandankebutuhanuntukmemelihara
catatanakuntansiyangtepatdanmenyiapkanlaporanyangmemadai
sepertiyangdipersyaratkanolehAl-Qur'an(Al-Baqarah,2:282).
Laporantertulissebagaimanadisampaikanolehal-Qurandiatas
tentudiperlukansebagaibentukpertanggungjawabanparapedagang
terhadapmitra.Selainituperlunyacatatanakuntansiyangtepatdan
laporanjugadidorongolehpersyaratanuntukpembayaranZakat
sebagaimanadiperintahkanolehajaranIslam.Olehkarenaitu,untuk
mengerjakanpembukuanataulaporantersebut,adayangdilakukanoleh
pedagangnyasendiri,danadajugayangmenyewaakuntankhusus.Pada
masaituseorangakuntandisebutsebagaikatibulamwaalatau
penanggungjawabkeuangan.Terminologiinidiambildarifungsi
akuntanitusendiri,yaknimenjagakeuangan.SetelahmasuknyaIslam,
kewajibanakanzakatberdampakpadadidirikannyainstitusibaitulmal
olehRasulullahSAW,yangberfungsisebagailembagapenyimpanzakat
bersertapendapatanlainyangditerimaolehnegara
ZaidmengungkapkanbahwaRasulullahmemiliki42pejabatyang
digajiyangmemilikispesialisasiperandantugassendiri.Praktik
akuntansipadalembagabaitulmaldizamanRasulullahSAW,barupada
tahappenyiapanpersonalyangmenanganifungsi-fungsilembaga
keuangannegara.Padamasatersebut,hartakekayaanyangdiperoleh
negara,langsungdidistribusikankepadaorang-orangyangberhak.Oleh
sebabitu,tidakdiperlukanpelaporanataspenerimaandanpengeluaran
baitulmal,danhalyangsamaberlanjutsampaipadamasakekhalifahan
AbuBakar(537-643M).(Zaid,2000)
Pengenalankonsepdanprosedurakuntansiformalterjadipada
masaKhalifahUmarbinKhattab,yangmemerintahantara633-644M
(TrokicA,2015).HalinidipicuolehwilayahpemerintahanIslamsemakin
meluasyakniseluruhtimurtengah,AfrikaUtara,Asia.Perluasan

75
wilayahiniberbandinglurusdenganmeningkatnyapenerimaannegara.
Dengandemikian,kekayaannegarayangtersimpandibaitulmal
semakinbesar.ParasahabatdiantaranyaAl-WalidbinHisyamal-
Mughirahmerekomendasikanpencatatansebagaibentuktanggung
jawabpenerimaandanpengeluarannegara.OlehkhalifahUmar
membentukunitkhususyangdiberinamaDiwan(asalkatadawwana
yangartinyatulisan)yangbertugaskhususuntukmembuatlaporan
keuanganbaitulmaalsebagaibentukakuntabilitaskhalifahatasdana
baitulmaalyangmenjaditanggungjawabnya(Khadafi,2016).
Berikutduakasusyangmencerminkankeefektifanpengendalian
internalmelaluiDiwanyangdibentukolehKhalifahUmarPertama
adalahpenemuandefisitsatuDirhamdiBaitulMal(Perbendaharaan
Publik).IniadalahpenemuanyangdilakukanolehAmrBinAl-Jarrah
yangmenulissuratkepadaKhalifahkedua,UmarbinKhattab,yang
memberikabartentangdefisit..Kasuskeduaadalahpenemuanbiaya
yangtidaktercatatsehinggamenimbulkandefisit.Defisitini
menyebabkanakuntanmembayar1.300dinarsebagaiakibatdaritidak
mencatattransaksi.Biayayangdihilangkaninikemudianditemukan
ketikasaldobukudibandingkandenganjadwalyangsesuaidansaldo
lainnyadiDewanutamapadaakhirtahunkeuangan.Halinijuga
menunjukkanbahwabentukauditdipraktekkansetelahpembentukan
negaraIslampadamasakekhalifahanUmar(Zaid,2004).
DimasakekhalifahanUtsmanbinAffan(644-656M),beliaumasih
melanjutkanpolapencatatanhartakekayaannegarasebagaimanayang
dilakukanpadamasakekhalifahansebelumnya.Selanjutnyadimasa
kekhalifahanAlibinAbiThalib(656-661M),baitulmalmengalami
perkembanganyangsangatpesat.Perkembanganiniditandaidengan:
pertama,sistemadministrasibaitulmalberjalandenganbaikdaritingkat
pusatdanlocal,dankeduabaitulmaalmengalamisurplus.Surplusini
tentumerupakankonsekuensilogisdariprosespencatatandan
pelaporanyangtransparandanakuntabel(Khadafi,2016).
SejarahAkuntansiSyariahdiMasaBaniUmayyah
PadamasaKhalifahWalidbinAbdulMalik(705-715M)diera
Umayyahmulaidiperkenalkancatatanatauregisteryangterjiliddan

76
tidakterpisahsepertisebelumnya.Evolusipengelolaanbukuakuntansi,
mencapaitingkattertinggipadamasaKhalifahUmarbinAbdulAziz
(681-720M).Padamasaitu,sistempembukuantelahmenggunakan
modelJaridah(journal),Daftaral-Yawmiah(dailybook),DaftarAttawjihat
(bookofdirections),danDaftarAttahwilat(bookoftransfer)(Zain,2000).
Jaridah(jurnal)disinggungdalammanuskripMazindarani767
H/1363danIbnuKhaldun779H/1378.Jaridahadalahbukuyang
diregisterpenggunaannyasertadistempeldarisultan.Jaridahini
dimulaidenganmenuliskan“Bismillahhirrahmanirrahim”.Penggunaan
namaAllahpadaawalmencatatiniadalahsuatuyangdisinggungoleh
Paciolipadabuku“SummaTheAritmatica…”.Kata“Journal”
sebelumnyaberasaldari“Zornal”digunakandiVenice,yang
kemungkinanadalahterjemahandari“Jaridah”.BukuPacioliadalah
informasitentangpraktekAkuntansiyangsudahberlakuditengah
masyarakat,jadibukanpengakuanbahwaPaciolipenciptadoubleentry
system.Adapunjaridahterdapatdalambentukjurnalkhususituadalah:
a)Jaridahal-Kharaj,bukukhususinidigunakanuntukmencatatjenis
Zakattertentuyangdikenakanpadapendapatandaritanah,
tanaman,danhewan.Lavoutnyamiripdenganbukubesarpembantu
piutangusahamodern.
b)JaridahAnnafakat(jurnalpengeluaran):Jaridahinidikelolaoleh
DiwanAn-Nafakat(DepartemenPengeluaran)untukbiayakhalifah
(negarabagian).Itudiindeksdalamurutanabjadsesuaidengansifat
pengeluaranyangdikeluarkanolehDiwan.Semuabiayayang
berkaitandengannegaradicatatdalamJaridahinidandidukung
olehbuktiyangrelevan.
c)JaridahAl-Mal(jurnalkeuangan):JaridahinidikelolaolehDiwanAl-
Mal(DepartemenKeuangan)yangbertanggungjawabatas
penerimaanZakatdanpembayarannya.Itujugasebuahbukurahasia
yangseharusnyadiklasifikasikanmenurutberbagaijeniszakatyang
diterimadanpenerapannyasesuaidenganpersyaratanAl-Quran.
d)JaridahAl-Musadareen(confiscatedfundsjournal):Jaridahinidikelola
olehDiwanAl-Musadareen.Jurnalinidigunakanuntukmencatat
danayangdisitadariindividu-individuyangmelanggaraturan

77
syariah,sepertipejabatpemerintahyangmenyalahgunakanposisi
danwewenangmereka.
Sedangkanuntukpelaporanmasadulunya,telahdikembangkan
berbagailaporanakuntansi,antaralain:
a)AlKhitmah,menunjukkantotalincomedanoutcomesetiapbulan.
b)Al-KhitmahAl-Jameah,yaitulaporankomprehensifyangberisikan
gabunganantaralaporanlabarugi,neracayangdilaporkandiakhir
tahun.Dalamperhitungandanpenerimaanzakat,utangzakat
diklasifikasikandalamlaporankeuanganmenjaditigakategoriyaitu
ar-ra’ejmenalmal(collectabledebts),al-munkasermenalmal
(uncollectabledebts),danal-muta’adhdherwaal-mutahayyerwaal-
muta’akked(difficult,doubtful,andcomplicateddebts).
SejarahAkuntansiSyariahdiMasaBaniAbbasiyah
PuncakperkembanganAkuntansiterjadipadamasaDaulah
Abbasiyah(750-847M),dimanaterdapatpengklasifikasiancatatandalam
rangkapelaporan(AccountingforLivestock),ConstructionAccounting,Rice-
FarmAccounting,(TreasuryAccounting).SelainitudimasabaniAbbasiyah
telahmenerapkansistemAuditing.Kalkashandymencatatbahwa
AuditorditunjukolehDiwan.Auditorbertanggungjawabmereview
kecocokancatatan.Untukjabatansebagaireviewer(Auditor)disyaratkan
memilikikemampuanbahasayangtinggi,hafalAlquran,cerdas,
bijaksanadapatdipercaya.Apabilaauditorpuasdenganpenyajian
laporankeuangan,makaauditorakanmembubuhkantandatangannya.
PadamasadaulahBaniAbbasiyahtercatatM.KhalidbinBurmuk
padatahun750MterpilihmenjadikepalaDiwanKharajdanDiwan
tentara.Khalidmelakukanreformasisistemkeduadiwandan
mengembangkanakuntansi(Zaid,2000).PadamasadinastiAbbasiyah
yangkedua,AbuJa’faralMansuryangmemerintahtahun754-775M,
dikenaladanyaKhitabatal-Rasulwas-Sir,yaitupencatatanrahasia.
Untukmenjamindilaksanakannyaberbagaiaturanmakadibentukshahib
al-Shurta.Salahsatupejabatshahibal-shurtadisebutdenganmuhtasib
yangfokustugasnyamelakukanpengawasanagamadanmoral,
misalnyatimbangan,kecurangandalampenjualan,orangyangtidak
bayarhutangdlsb.KhlaifahAbuJa’faral-Mansurtelahmeletakkan

78
dasar-dasarekonomidankeuangannegaradenganbaikdanterkendali.
Ketikakhalifahmeninggaldunia,hartakekayaannegaratercatatsebesar
810.000.000dirham(NurhayatidanWasilah,2011).
IbnuKhaldun(1332-1406M)yanghiduppadamasaDaulah
Abbasiyahadalahsalahsatucendekiawanmuslimyangmenyaksikan
penemuandanperkembanganpentingdalambeberapabidang
pengetahuantermasukakuntansi.Beliausecarapribadiikut
berkontribusidalammencatatprosesperkembanganakuntansi.Ibnu
Khaldunmencatatbahwaseorangakuntanharusmemakaibuku-buku
akuntansiyangsesuaidanmencatatnamanyadiakhirbuku,serta
menstempelnyadenganstempelsultan(ZaidOA,2011).
LasyinmenemukanbahwamasyarakatIslampadamasaDaulah
Abbasiyahtelahmenggunakan12bukuakuntansikhusus(specialized
accountingbooks),sesuaidenganfungsinyaketikaitu.Diantarabuku
yangdimaksudadalah:
a.DaftarunNafaqat(bukupengeluaran),bukuinidisimpanoleh
DiwanNafaqatyangbertanggungjawabataspencatatanpengeluaran
khalifahsebagaipengeluarannegara.
b.DaftarunNafaqatwaliradat(bukupengeluarandanpemasukan),
disimpanolehDiwanulMal.Bukuinimerupakanbukutentang
pencatatanhartayangmasukdankeluardariBaitulMaal.
c.Daftarul-Amwalil-Musadareen(bukuhartasitaan),digunakanoleh
DiwanulMusadareen.Bukuinimencatathartasitaanparamenteri
danpejabatsenior(Muhammad,2013).
Perkembangansistemakuntansididukungolehkarya-karyatulis
yangmenegaskanpenggunaanakuntansidanpengembangannyadi
negaraIslam.JauhsebelummunculnyabukuPacioli,sudahadakitab
MafatiehAl-Uluum(KunciIlmuPengetahuan)yangditulisolehAl-
Khawarizmi365H(976M).Kitabinimembahasjeniscatatanyang
tersimpandalamDiwansertabukuyangdigunakandalammencatat
akun(ZaidOA,2011).
Bosworth(1963)menganggapkitabinisebagai'Ensiklopedisains
Arabpeloporilmupengetahuan'.Padabab4daribukuinikhusus

79
membahastentangtugassekretarisdanjugamenggambarkansistem
akuntansiyangditerapkan.Bukuinijugadilengkapidenganbukti
dokumenterdanliteraturlainnya.Deskripsial-Khawarizmimenawarkan
wawasantentangtingkatkecanggihanakuntansiyangdipraktikkanoleh
umatIslamdanhaliniberpotensidalammempengaruhipraktik
akuntansidinegara-negarabarat(CraigdanClarke,1995).
AlKhawarizmimendaftarduapuluhenamjenisregisterresmi
(daftar)yangdigunakanuntukmencatattransaksikeuangandanmiliter.
Sembilandaridaftarinidisimpanuntukdepartemenpajak(Diwanal-
kharaj)dansepuluhuntukdepartemenurusanmiliter(Diwanal-jaish).
BukuKhawarizmidiyakinimenggambarkansistemakuntansiyang
beroperasidikantor-kantorpemerintahprovinsiSumanid(Lewis,1965)
ataupraktik-praktikdibeberapabagianKekhalifahanAbbasiyah(750-
945M(AD750-945(Bosworth,1969).Selanjutnya,fragmendariregister
aktualmengungkapkanbahwasistemregisterakuntansijugadigunakan
secarabersamaandiMesir,bagianbarat“alifate”.Haliniberartisistem
registeryangdipraktikkandiSamanidadalahstandarbagidaerahlain.
(Hamidetal.,1995).Sistemregisterakuntansidaridepartemenpajak
(Diwanal-kharaj)adalahbuktiempiriskuatnyapengelolaankeuangan
yangdipraktikkanolehkantoradministrasiMuslim.Adapunkonstituen
utamadaridaftarresmiadalahdaftarberikut(Hamidetal.,1995):
1.Kanunal-Kharaj(daftarsurveitanah);
2.AI-Awaraj(daftarpiutangpajak);
3.Ar-Ruznamaj(bukuharian);
4.Al-Khatma(akunbulananbersertifikat);
5.AI-Khatmaal-Jamia(akuntahunanbersertifikat);
6.At-Tarij(akunbukubesar);
7.Al-Arida(pernyataanperbandingan);
8.Al-Baraa(tandaterima);
9.AI-Muwafakawal-Jarnaa(akunkomprehensifyangditerima).
Berdasarkangayadanfungsinya,sebagianbesarregisterinimirip
dengansistemyangdipraktikkandieramodernsaaatini.
SejarahAkuntansiSyariahPadaManuskripnyaal-Mazindarani
Salahsatukitabyangberisitentangakuntansiadalahkitabyang
ditulisolehAbdullahbinMuhammadbinKayahAlMazindarani,dan

80
diberijudul“RisalahFalakiyahKitabAsSiyaqat”.Tulisaninidisimpandi
perpustakaanSultanSulaimanAl-QanunidiIstambulTurki,tercatatdi
bagianmanuskripdengannomor2756,danmemuattentangakuntansi
dansistemakuntansidinegaraIslam.Hurufyangdigunakandalam
tulisaniniadalahhurufArab,tetapibahasayangdigunakanterkadang
bahasaArab,terkadangbahasaParsidanterkadangpulabahasaTurki
yangpopulerdiDaulatUtsmaniyah.Bukuinitelahdituliskuranglebih
131tahunsebelummunculnyabukuPacioli.Memang,bukuPacioli
termasukbukuyangpertamakalidicetaktentangsistempencatatansisi-
sisitransaksi(doubleentry),danbukuAlMazindaranimasihdalam
bentukmanuskrip,belumdicetakdanbelumditerbitkan.(Zaid,2004).
SolasdanOtar(1994)mengidentifikasisistemAkuntansidalam
manuskrifMazindaraniitudipraktekkandiIrandansekitartimur
tengahtahun1220-1350M,padamasaDinastiMongoldibawah
pemerintahanRajaKhanII.RisalahFalakiyahadalahbukutentang
AkuntansiKeuanganPublik,tetapisubstansinyameliputiprinsipdan
prosedurAkuntansiPemerintahan.Bukuinimenyajikancontohpraktek
yangberlangsungpadamasaitudanjugamerepresentasikanpraktek
aktualakuntansipemerintahanKhan-II(SolasdanOtar,1994).Sistem
akuntansidinastiMongolpadamasaKhanIIdigambarkanolehSolas
danOtar(1994)sebagaiberikut:
Gambar2:SistemAkuntansiDinastiMongolpadamasaKhanII
(SolasdanOtar,2014)

81
SistemakuntansidizamanKhanIIpadatabel2tersebutterdiri
dariasaldokumen,buku-buku,danlaporan.Dokumenutamauntuk
mencatattransaksikeuanganterbagidua.Pertamatandaterima(receipt)
yangdigunakanuntukmencatatjumlahpajakyangditerima.Kedua,
dokumenacquittal(pelunasan)digunakanuntukmencatattransferpajak
daripemerintahdaerahkepemerintahpusat.Setelahpenerimaanpajak
yangditransferdaripemerintahdaerah,makapertanggungjawaban
beralihkeDiwansebagaiadministratorpusat.Untukmenyiapkan
doukumen,makaitem-itemyangharusdisiapkanantaralain:Tanggal
transaksi,Tempattransaksi,Namapembayar,Namapenerima,Alokasi
yangtepatuntukitemtransaksi,Spesifikasipembayaran,Jumlahuang
atauequivalensesuaijenis,Bahagiandaripembayaranuntuk
memverifikasijumlahtotalpembayarandanSegelresmi.
Jadiketentuandalamprosespenyiapandokumendiatas
menunjukkanbahwasisteminternalcontrolbegitukuatdan
merefleksikankepentinganuntukmenghasilkancatatanyangmudah
diverifikasi.Kemudianbukuakuntansiyangdipakaidimasadinasti
KhanIIdibagimenjadiduakelompokyaitubukuyangterkaitdengan
akuntansikeuangan(financingaccountingbooks)danbukujurnalkhusus
(specialjournal).Bukujurnalkeuanganterdiridari:bukujurnalumum,
bukupusatpenerimaan,bukupengeluaran,transferdanpiutang,item-
itempemerintahdaerah,bukurekeningtahunandanregisterfiskal.
Sedangkanbukujurnalkhususterdiridari:konstruksi,pertambangan,
perbendaharaan,produksiberasyangrusak,pemeliharaanbinatang,
pergudanganpertanian,danternakdomba(SolasdanOtar,1994).
SejarahPerkembanganAkuntansiSyariahdieraModern
Perkembanganakuntansisyariahdieramoderndidorongolehberbagai
halsebagaimanadijelaskanolehHarahapdidalambukunyayaitu:
a)Meningkatnyareligiousityditengahkomunitasmasyarakatmuslim
sehiggaberdampakpadatimbulnyakesadaranmasyarakatmuslim
untukkembalikepadaajaranIslamdalamsetiapmodeltransaksi
yangakandilakukan.

82
b)Meningkatnyatuntutankepadaetikadantanggungjawabsosial
yangselamainiterkesandiabaikandalampencatatanakuntansi
konvensional.
c)Semakinlambannyaakuntansikonvensionalmengantisipasi
tuntutanmasyarakatyangmeninginkanpenerapannilaikeadilan,
kebenaran,dankejujurandalamsetiappencatatan.
KebangkitanumatIslamdenganmenguatnyagerakanneo
revivalismedikalanganpemikirIslamsehinggamelahirkansemangat
khususnyakaumterpelajaryangmerasakankekuranganyangterdapat
dalamkapitalismeBarat.KebangkitanIslambaruterasasetelahbeberapa
negarayangpenduduknyaberagamaIslam,merdekalimapuluhtahun
yanglalusepertiMesir,ArabSaudi,India(PakistandanBangladesh),
Iran,Irak,Indonesia,Malaysiadanlainsebagainya.Negarainitentusiap
denganpembangunanSDMnyadanlahirlahpendudukmuslimyang
terpelajardanmendapatkanilmudariBarat.Dalamakulturasiilmuini
makapastiadabeberapakontradiksidandisinilahiabersikap.Danmulai
merasakanperlunyadigalikeyakinanakanagamanyayangdianggapnya
komprehensif.SehinggadalamakuntansilahirlahilmuAkuntansiislam.
a)Perkembanganatauanatomidisiplinakuntansiitusendiri.
b)Kebutuhanakansistemakuntansidalamlembagabisnissyariah
sepertiBank,Asuransi,pasarmodal,trading,danlain-lain.
c)Kebutuhanyangsemakinbesarpadanormaperhitunganzakat
denganmenggunakannormaakuntansiyangsudahmapansebagai
dasarperhitungan.
d)Kebutuhanakanpencatatan,pertanggungjawaban,danpengawasan
hartaumatmisalnyadalamBaitulMaalataukekayaanmilikumat
Islamatauorganisasinya(Harahap,2004).
KaitanAkuntansiIslamterhadapPerbankanSyariah
PemahamanatasrekonstruksisejarahakuntansiIslam
berimplikasipadajustifikasibagiparailmuwanIslamdalam
merekonstruksibangunankeilmuanakuntansi.Sehinggaungkapanyang
menyebutkanbahwaakuntansiIslamadalahplagiasidariakuntansi

83
baratdapatterbantahkan.Makaamatperlubagiparailmuwanmuslim
untukmemahamifase-fasesejarahakuntansi.
Kemunculanbank-bankdanlembagakeuanganIslamsebagai
organisasiyangrelatifbarumenimbulkandoronganbagiparapakar
akuntansiuntukmencaridasarbagipenerapandanpengembangan
standarakuntansiyangberbedadenganstandarakuntansibankdan
lembagakeuangankonvensionalsepertiyangdikenalselamaini.
LangkahpengembanganstandarakuntansikeuanganbankIslamdimulai
padatahun1987.Sedikitnyalimavolumepengembanganstandar
akuntansikeuanganbankIslamtelahterkumpuldantersimpandi
perpustakaanIslamicResearchandTrainingInstitute,Islamic
DevelopmentBank(IDB).Studitersebutakhirnyamendorong
pembentukanAccountingandAuditingOrganizationforIslamicFinancial
InstitutionyangdidaftarkansebagaiorganisasinirlabadiBahrainpada
tahun1991.Sejakdidirikan,organisasiiniterusmengembangkanstandar
keuanganmelaluipertemuanperiodikKomitePelaksanauntuk
PerencanaandanTindakLanjut.Melaluiforuministandarakuntansi
berbasiskanIslamdisusun.Karenabagaimanapunstandarakuntansi
tersebutmenjadikuncisuksesbanksyariahdalammelayanimasyarakat
disekitarnyasehinggadapatmenyajikaninformasiyangcukup,dapat
dipercaya,relevanbagiparapenggunanya,namuntetapdalamkonteks
syariahIslam.Karenapenyajianinformasisemacamituperludilakukan
sebagaiprosespengambilankeputusanekonomibagipihak-pihakyang
berhubungandenganbanksyariah.
SIMPULAN
Ilmuakuntansimerupakanwarisanilmupengetahuanyang
ditinggalkanolehperadabanIslamsebelumnya.Jadimenjagadan
memeliharawarisaniniadalahdenganmempelajarinya.Sehingga
menjadikonstrukargumenbagiparapemikirmuslimuntukmenepis
tuduhanbahwaakuntansiIslammerupakanhasilplagiasidariakuntansi
barat.Selainituperkembanganbank-bankdanlembagakeuanganIslam
sebagaiorganisasiyangrelatifbarumenimbulkantantanganbesar.Para
pakarsyariahIslamdanakuntansiharusmencaridasarbagipenerapan
danpengembanganstandarakuntansiyangberbedadenganstandar
akuntansibankdanlembagakeuangankonvensionalsepertitelah

84
dikenalselamaini.Karenasecaraprinsipbankdanlembagakeuangan
Islamberbedadenganbankdanlembagakeuangankonvensional.
DAFTARPUSTAKA
AdnanA,LabatjoI,2006.SejarahAkuntanisDalamPerspektifIslam:
BenarkahLucaPacioliBapakAkuntansiModern.Matan,Yogyakarta
Hamid,Shaari,Russel,Craig,&Clarke,F.(1995).Bookkeepingand
accountingcontrolsystemsinatenth-centuryMuslimadministrative
office.Accounting,Business&FinancialHistory,5(3),321–333.
https://doi.org/10.1080/09585209500000049
Harahap,SofyanSyafri.(2004).AkuntansiIslam.Jakarta:BumiAksara.
Khadafi,Muammar.dkk.(2016).AKUNTANSISYARIAH.Medan:
Madenatera.
Muhammad.(2013).AkuntansiSyariah:Teori&Praktekuntuk
PerbankanSyariah.Jakarta:UPPSTIMYPKN.
Nurhayati,Sri;W.(2011).AkuntansiSyari’ahdiIndonesia.Jakarta:
SalembaEmpat.
Solas,Cigdem;Otar,Ismail.(1994).TheAccountingSystemPracticedin
TheNearEastDuringThePeriod1220-1350BasedonTheBook
Risale-IFelekiyye.TheAccountingHistorianJournal,21,117–134.
Trokic,Amela.(2015).IslamicAccounting;History,Developmentand
Prospects.EuropeanJournalofIslamicFinance,(3),1–6.
https://doi.org/10.13135/2421-2172/1043
Zaid,OmarAbdullah.(2000).WereIslamicRecordsPrecursorsTo
AcoountingBooksBasedOnTheItalianMethod?Accounting
HistorianJournal,27,73–90.
Zaid,OmarAbdullah.(2004).Accountingsystemsandrecording
proceduresintheearlyIslamicstate.AccountingHistoriansJournal,
31(2),149–170.https://doi.org/10.2308/0148-4184.31.2.149
SabrinaI(2013),KontribusiIslamTerhadapAkuntansi.Al-Iqtishad:Vol.
V,No.1,pp289-304