174 JllrnalPelldidikallMatematikadallSains.Edisi3TahunVlll,2003
PENINGKATAN MUTUGURUDALAMKETERAMPILAN BERPIKIR
TINGKATTINGGIMELALUIMODELPEMBELAJARAN KAPITASELEKTA
KIMIASEKOLAHLANJUTAN
THEIMPROVEMENT OFTEACHERQUALITYONHIGHERORDERTHINKINGSKILLS
THROUGH MODELSOFTEACHINGINSELECTEDTOPICSOFCHEMISTRY FOR
SENIORHIGHSCHOOL
Oleh:Liliasari
JurusanPendidikanKimiaFPMIPAUPI
Abstrak
Kualitasgurukimiaperluditingkatkanmelaluipelatihanguruin-service.KapitaSelektaKimiaSekolah
Lanjutanmerupakanmatakuliahyangstrategisdalamprogramtersebut.ModelPembelajaranTatanama,Reaksi-
reaksiKimiadanStoikiometridikembangkanuntukmeningkatkankompetensiguru,terutamadalampenguasaan
materisubjek.Model-modelinijugaditujukanuntukmemperbaikiketerampilanberpiI9r'kritis,keterampilan
prosessainsdanketerampilanbertanyaguru.Implementasimodelmelaluipeneliiiantindakankelasbagi
mahasiswayangberstatusgurukimia,menunjukkanpeningkatanyangsignifikan(t=1,875)dalamkonsep-konsep
TatanamadanReaksi-reaksiKimia,tetapitidakmeningkatkankonsepStoikiometri(t=1,154).Keterampilan
bertanyamahasiswajugameningkatdaritahaphafalanmenujupemahamandanaplikasi(7%ke78%).Kegagalan
mahasiswapadamodelStoikiometriyaitudalammemecahkanmasalah,menganalisis,mendeduksidan
mempertimbangkanhasildeduksi,menginduksidanmempertimbangkanhasilinduksi.Model-modelpembelajaran
initersebutdapatdigunakanuntukmemperbaikimutugurumelaluiprogrampelatihanin-service.
Katakunci:Modelpembelajaran,keterampilanberpikirtingkattinggi.
Abstract
Thequalityofchemistryteachersneedstobeimprovedthroughin-serviceteachertrainingprogram.
SelectedTopicsofChemistryforSeniorHighSchoolisastrategiccourseintheprogram.Nomenclature,Chemical
ReactionsandStoichiometryModelsofTeachinghavebeendevelopedtoimproveteacher'scompetencies
especiallyinmasteringthesubjectmatter.Thesemodelsarealsointendedtoimproveteacher'sskillsincritical
thinking.scienceprocessandquestioning.Implementationofthemodelsbyactionresearchforchemistrystudent
teachers.showssignificantlytheimprovementonNomenclatureandChemicalReactionsconcept(t=1.875).but
IIQtonStoichiometryconcepts(t
=J,J54).Student'squestioningskillsalsoincreasedfromrecalllevelto
comprehensionandapplicationlevel(7%to78%).Student'sfailuresinStoichiometrymodelareonproblem
solving,analysing.deducingandjudgingdeduction.inducingandjudginginduction.Itissuggestedtousethese
modelsofteachingtoimproveteacher'squalitythroughin-servicetrainingprogram.
Keywords:modelsofteaching.higherorderthinkingskills
PENDAHULUAN lenggaraprogrampenyetaraangurudalam
waktu1-2tahun.Salahsatuperkuliahanyang
dirasakanberperanstrategisdalammening-
katkanprofesionalismeguruadalahKapita
SclektaKimiaSL.Melaluiperkuliahanini
mahasiswadibekalikemampuanmcngolah
materisubjekkimia,agardapatdibelajarkan
Pembinaangurudalamjabatan(iI/-
service)dapatmelaluijalurnir-gelaryaitu
programMGMP/PPPG danjalurgelaryaitu
programp~l1yetaraanS-1diLPTK.UPIsebagai
LPTK,termasukdidalamnyaJurusan
Pendidika.,Kimia.merupai\.ansalahsatupe!1ye-

PeningkatanMutuGUI1i,..(Li/iasari)
denganbaikkepadasiswasekolahlanjutan.
Dalammemasukieraglobalisasiabadke
21ini,semuainsanIndonesiadiharapkansudah
siapterlibatdidalamnya.Untukdapat
memenangkanpersainganbebaspadaera
globalisasiinisetiapinsandituntutmemiliki
keterampilanberpikirtingkattinggi.Makinbaik
keterampilanberpikirtingkattinggises~orang,
makinbaikpulakemampuannyadalam
menyusunstrategidantaktikmemengangkan
persainganbebastersebut.Olehkarenaitupara
gurusebagaipembinagenerasimuda,perlupula
dibekaliketerampilanberpikirtingkattinggi.
Berpikirkritissebagaisalahsatu
komponendalamprosesberpikirtingkattinggi,
menggunakandasarmenganalisisargumendan
memunculkanwawasanterhadaptiap-tiap
maknadaninterpretasi,untukmengembangkan
polapenalaranyangkohesifdanlogis.Bilapola
berpikirinidikembangkanmelaluipengolahan
materisubjekkimiaagardapatdibelajarkan
denganbaikkepadasiswasekolahlanjutan,
makaparagurusekaligusakanmemperoleh
pembinaandalamketerampilanberpikirtingkat
tinggimaupundalampenguasaanmaterisubjek.
Kemampuaninidiharapkandapatditularkan
kepadaparasiswanyadilapangan.
Berdasarkanlatarbelakangtersebut,
makamasalahutamadalampenelitianinidapat
dirumuskansebagaiberikut:
"BagaimanabentukmodelpembelajaranKapita
SelektaKimiaSekolahLa1ljuta1l,yangdapat
dikembangkan untuk meningkatkan
keterampilanberpikirkritismahasiswaprogram
in-service,agarprofesionaldalampelaksanaan
pembelajaranKimiadisekolah?"
PerlunyaPe1lelitia1lKajiTi1ldak
Komunikasidankemitraan,LPTK
dengansekolahmerupakanpra-kondisibagi
teIjadinyapengembanganprofesionalitasdosen
LPTKdanguru,sertaprofesionalismeproses
pendidikandisekolahdanLPTK(Firman,
2000).Melaluiprogrampembinaangurudalam
jabatan(in-serviceteachertraining)komunikasi
tersebutdiharapkanlebiherat.Berdasarkan
analisisterhadapkelemahangurusertaprogram
in-service,LPTKdapatsekaligusmemperbaiki
mutugurumaupunmutupembelajarandi
sekolah(McDermott,1990).
Padapendidikantinggipenelitiankaji
/75
tindakmenjadipentingkarenameningkatkan
CRASP:Criticalattitude,Researchtoteaching,
Accou1ltability,Self-evaluationand
Professionalism (Zuber-Skerritt,,1992).
Bertolakdaripendapatinidilakukanpenelitian
kajitindakdalammatakuliahKapitaSelekta
KimiaSekolahLanjutan.
DalampembelajaranKapitaSelekta
KimiaSekolahLanjutanpadaprogram"in-
service"yangpalingpentingdikembangkan
adalahkemampuangurusebagaipeserta
programdalamaspekanalisisd?rtevaluasi,agar
kualitasgurukimiadilapanganmeningkat.
Untukmencapaitujuantersebutdikembangkan
kegiatanidentifikasidananalisiskonsep-konsep
kimia,analisisLKSyangdikembangkanguru,
dananalisiskecenderunganmiskonsepsisiswa
sertacarapenanggulangannya.Untuk
pemantapanpengetahuankimiayangdimiliki
gurudanpeningkatanluasnyawawasanguru
kimiatentangmaterisubjekkimia,makaperlu
diberikanlatihimpenerapankonsepsertabahan
pengayaannya.Sebagaigambaranpenguasaan
konsepkimiayangutuhsertabahandasar
pengembanganprogrampembelajaranuntuk
siswaSMU,makapemetaaankonsepperlu
dikuasaigurukimia.Sejalandenganhalitu,
paragurudilapanganharusmemiliki
keterampilanberpikirtingkattinggidan
keterampilanprosessainsdisamping
penguasaanmaterisubjekkimadenganbaik.
METODE
Desai1ldanSubjekPe1lelitian
Penelitianinidirancangsebagai
penelitiankajitindakuntukmeningkatkanmutu
pembelajaranKapitaSelektaKimiaSLdj
JurusanPendidikanKimiaUPI.Sesuaidengan
misipenelitiankajitindakuntuk
mengembangkanketerampilanataupendekatau
barudanuntukmemecahkanmasalahdengan
aplikasilangsungdikelas(IsaacandMichael,
1982),makapadapenelitianinidisusunmodel
pembelajaranbaru,sebagaiupayaterobosan
untukmeningkatkanmutugurubaikdalam
penguasaanmaterisubjekkimiamaupun
keterampilanberpikirtingkattinggi
Pemecahanmasalahyangmelibatkan
pulapembuatankeputusantelahbanyakditeliti,

/76
diantaranyapadapenelitianPenerapan
PedagogiMateriSubjekterhadapAnalisis
PemecahanMasalahuntukMeningkatkan
KeterampilanMahasiswa(Siregardkk.1994),
makapenelitianiniakanberfokuspada
pengembanganberpikirkritis,keterampilan
prosessainsdanteknikbertanya.Upayaini
dilakukanmelaluipenelitiantindakankelas
yangdalampelaksanaannyadalamduasiklus.
Siklus1meliputiperencanaandengan
kegiatan-kegiatanzalisiskesulitangurukimia
(kesulitandalampenguasaanmaterisubjekdan
kesulitandalampengembanganberpikirtingkat
tinggi),analisissilabiKapitaSelektaKimiaSL,
studiliteraturuntukmenganalisisaspek-aspek
keterampilanberpikirkritisyangdapat
dikembangkandananalisisketerampilanproses
sainsyangdapatdikembangkanbagi
peningkatanmutuguru.Selanjutnyahasil
kegiatantersebutdigunakanuntukmerumuskan
modelpembelajaranKapitaSelektaKimiaSL.
Tindakan(action)meliputiimplementasimodel
pembelajaranyangdisusunkepadapara
mahasiswaprogramin-serviceselamalebih
kurangIbulan.Titikberatmodelpadaanalisis
konsep(Herron,1977)danpemetaankonsep
(Novak,1984)olehmahasiswa.Padaproses
implementasidilakukanobservasiterhadap
berlangsungnyaprosesmaupunperubahan
keterampilanprosessains,kemampuan
penguasaanmaterisubjek,keterampilan
bertanyaparamahasiswa,sertapolapenalaran
mereka.Sebagairefleksidigunakanevaluasi
hasilbelajarmahasiswabaikselamaproses
pembelajaranberlangsungmaupunhasilbelajar
mahasiswa,sertadampaknyaterhadappola
penalaranmahasiswa.Hasilinimerupakan
umpanbaliksebagaimasukanuntukperbaikan
rumusanmodelpembelajaranawal,sehingga
rnenghasilkanmodifikasimodelyangakan
digunakanpadasiklusselanjutnya.SiklusI
berlangsungselama6minggu.UntuksiklusI
digunakanModelPembelajaranTatanama
SenyawaAnorganikdanPersamaanReaksi.
Siklus2meliputiperencanaanyang
telahdirevisiberupamodelp~mbelajaranyang
telahdimodifikasidandilengkapidengan
pcrangkatnyasesuaidenganmasukanpadaakhir
siklusI.Untuksiklus2digunakanModel
PembelajaranHitunganKimia.
JllmalPendidikanMatematikadanSains.Edisi3TahunVIII.2003
Tindakan(action)meliputiimplementasi
modelpembelajaranyangtelahdimodifikasi
kepadamahasiswa.Dalamhalinimodifikasi
dapatterjadipadabahankajianmaterisubjek
kimiayangdibahasdanpengembangan
keterampilanberpikirkritisyangsesuai,
dilengkapidenganpengembanganketerampilan
prosessainsyangcocokdenganmaterisubjek
kimiayangdibahas.Selamaproses
implementasidikumpulkanpulamasukan
prosesdanprodukhasilimplementasisebagai
hasilobservasitanggapanmahasiswaterhadap
hasilmodifikasimodeltersebut.Padaakhir
siklus2dilakukankembalie..-aluasiterhadap
hasilbelajarmahasiswadandampaknya
terhadappolapenalaranmahasiswayang
merupakanreflcksiuntukpenyempumaan
modellebihlanjut.Siklus2berlangsungselama
6minggu.Darihasilretleksitersebut
dirumuskankarakteristikmodelpembelajaran
yangpalingefektifbagimahasiswaprogramin-
service,sehinggaditemukansuatumodel
pembelajaranKapitaSelektaKimiaSekolah
Lanjutanyangtelahdisempumakan.Padasiklus
initerbatasnyawaktudiatasidengantugas-tugas
mandirimahasiswa.Desainstudidapatdilihat
padaGambarI.
Sebagaisubjekpenelitiandipilih
mahasiswaprogramin-seT'\;cediJurusan
PendidikanKimiaUniversitasPendidikan
Indonesiapadasemestergasaltahunajaran
2000/2001,sejumlah28orang.
/IlstrumelldallAllalisisData
Untukmengetahuikeberhasilanmodel
pembelajarandigunakaninstrumenberupates
pemahamankonsepyangterintegrasidengan
keterampilanberpikirkiritsdantespenalaran
modelLongeot(Herron..1981)untuk
mengetahuidampakimplementasimodel
pembelajaranterhadappolapenalaran
mahasiswa.Lembarkegiatanmahasiswadan
hand-outjugadigunakanuntukmengoperasikan
modelpembelajaranyangdisusun.Selainitu
digunakankuesioneruntukmengetahui
tanggapanmahasiswaterhadapmodel
pembelajaran.Untukmengolahdatahasil
penelitianyangberupaskor,digunakanprogram
komputerpengolahdata.

PeningkatanMutuGuru...(Liliasari) 177
Analisissilabi
KapitaSelekta
KimiaSL
Analisis
keterampilan
prosessams
penguasaan
Analisis
kesulitanguru
kimia
Analisis
keterampilan
berpikirkritis
Kesulitandalam
pengembangan
berpikirtingkat
tinggi
Siklus2
UMPANBALIK
ModelpembelajaranKapita
SelektaKimiaSLyang
isemoumakan
Gambar1.DesainStudiKajiTindakPenyusunanModelPembelajaranKapitaSelektaKimiaSL.
Observasidilakukanolehrekan
matakuliahKapitaSelektaKimia
hasilnyadianalisisbersama
penyempumaanprogrampenelitian.
Analisisterhadapdatakualitatifyang
diperolehdilakukanme1aluipersentasedan
pengaJar
SLdan
untuk
analisismatriksketerkaitanantardatakualitatif,
sedangkanterhadapdatakuantitati[dilakukan
denganmenggunakanujiperbedaanduarata-
rata.Analisisdatadilakukanpadasetiapsiklus
penelitian.HasilanalisisdatapadasiklusI
merupakanreOeksipenyempumaanmodel

178
pembelajaranuntuksiklus 2.Hasilanalisis data
padasiklus2akanmenghasilkanrefleksiuntuk
penyusunanmodellebihlanjut.Sebagaihasil2
sikluspenelitianinidiharapkandiperolehsatu
rangkaianmodelpembelajaranuntuk
meningkatkanmutuperkuliahanKapitaSelekta
KimiaSekolahLanjutan
HASILDANDISKUSI
Hasi/AllalisisKesulitallGuruKimia
Kesulitangurukimiameliputidalam
penguasaanmaterisubjek,pengembangan
keterampilanberpikirkritis(KBK)dan
pengembanganketerampilanprosessains
(KPS).Berdasarkanhasilwawancaradengan
guru-gurupesertaprogrampenyetaraanS-I
DikmenumyangmengikutiperkuliahanKapita
SelektaKimiaSekolahLanjutanditemukan
bahwakesulitanpenguasaanmaterisubjekyang
terbanyakadalahpadabahankajianTatanama
SenyawaAnorganikdanPersamaanReaksi
sertaHitunganKimia.Berdasarkananalisis
terhadapsilabiKapitaSelektaKimiaSekolah
Lanjutan,makakeduabahankajiantersebut
dibahaspadaawalperkuliahan.Temuan
tersebutmengarahkanpadapenyusunanmodel
pebelajaranKapitaSelektaKimiaSekolah
LanjutanyangpertamayaituModel
Pembelajaran Tatanama Senyawa
AnorganikdanPersamaanReaksi.Modelini
diimplementasikanpadasiklusIpenelitianini.
Berdasarkanobservasiterhadapproses
pembelajarandanrefleksidarievaluasihasil
belajarmahasiswadisusunmodelpembelajaran
yangkeduayaituModelPembel~jaran
HitunganKimia(Stoikiometri).
Hasi/AllalisisKeterampi/allBerpikirKritisdall
Keterampi/allProsesSa;lls
JUrl/afPendidikanMatematikadanSains,Edisi3TahunVIII,2003
Berdasarkanmaterisubjekyangdipilih
makaketerampilanberpikirkritisyang
dikembangkanpadaModelPemb~lajaran
Tatanama Senyawa Anorganikdan
PersamaanReaksimeliputi:merumuskan
pertanyaan,memahami struktursuatu
pemyataan,menemukanpersamaandan
perbedaan,danmenggunakanproseduryang
mapan.
Keterampilanprosessainsyang
dikembangkanyaitu:berkomunikasi,menge-
lompokkan, mengajukan pertanyaan,
meramalkan,danmenyimpulkan.
PadaModelPembelajaranHitungan
Kimiaketerampilanberpikirkritisyang
dikembangkanadalah:
Kemampuanmemberikanalasan,mendeduksi
danmempertimbangkanhasildeduksi,
menggunakanproseduryangmapan,
menginduksidanmempertimbangkanhasil
induksi.
Keterampilanprosessainsyang
dikembangkanpadapembelajaranhitungan
kimia:menyimpulkan,menerapkankonsep,
berkomunikasi,danmengajukanpertanyaan.
Kemudian untuk mengetahui
kemampuanpenalaranmahasiswadilakukantes
Longeot.
Hasi/Tes
S~belum implementasi model
pembelajaranpadasiklusIdilakukantes
Longeotterhadapmahasiswa.Padaawalsiklus
IdiadakanpretesdanpadaakhirsiklusI
dilakukanpostes.Demikianpuladilakukantes
padaawaldanakhirsiklus2.Padaakhirsiklus2
dilakukanlagitesLongeot.
Hasiltesdiolahdeganmenggunakan
programSPSSversi9,0dandialurkandalam
bentukgrafikbatang.Hasilanalisisdapatdilihat
padaTabelI .
TabelI.HasilAnalisisHasilTesMahasiswaProgramIn-Service
POSLONG PRELONG POSTNRE PRETNRE POSHK PREHK
N 28 28 28 28 28 28
Mean 24.1786 23.4643 12.2143 10.7500 6.38465.4286
SD 6.1225 5.1170 4.0676 2.4133 1.91992.6726
Kolmogorov-
0.893 0.601 1.212 0.772 0.837 0.606
SmirnovZ

PeningkatanMutuGuru...(Liliasari) /79
Rata-ratanilaitesdapatdilihatpadagrafik1.
3
o
PRELONG POSLONG PRETNREPOSTh'REPREHK POSHK
Grafik1.Rata-rataHasHTesMahasiswaProgramIn-Service
Perbedaanduarata-rataantarapretesdanpostesdilakukanmelaluiujitdenganmenggunakanprogram
yangsarnadandiperolehdatasepertipadaTabel2.
Tabel2.HasilUjitPretes-PostesMahasiswaProgramIn-Service
Pasangan Mean SD t df ttabe.
Poslong-Prelong 0,7143 5,9557 0,635 27 1,700
PosTNRE-PreTNRE 1,4643 4,1319 1,875 27 1,700
PosHK-PreHK 0,8462 3,7384 1,154 25 1,710

180
HasiltesLongeotmenunjukkanbahwa
polapenalaranmahasiswatidakterlalubanyak
berkembang;halinisejalandengan
pengembanganketerampilanberpikirkritis
khususnyakemampuanmemecahkanmasalah,
menganalisis,mendeduksidanmempertim-
bangkanhasildeduksi,menginduksidan
mempertimbangkanhasilinduksipadasikluske2
yanggagaldikuasaimahasiswa.
PertanyaanMahasiswa
Pertanyaanyangdirumuskanmahasiswa
padasiklusImempunyaikomposlsi86%bersifat
hafalan(R),7%bersifataplikasi(A),sedangkan
7%mahasiswabelumdapatmerumuskan
pertanyaan.
Padasiklus2pertanyaanyangdirumuskan
mahasiswaII%bersifathafalan(R),35%bersifat
pemahaman(C),43%bersifataplikasi(A),
sedangkanII%mahasiswabelumdapat
merumuskanpertanyaan.
SIMPULAN
.Untukmenjawabmasalahutama
penelitianmengenaibagaimanabentukmodel
pembelajaranKapitaSelektaKimiaSekolah
Lanjutan,dansebagaihasilimplementasimodel
pembelajarantersebutdapatdisimpulkan
beberapahaldibawahini.
Karakteristikmodelpembelajaranyang
dikembangkanialahmengenaiTatanama
SenyawaAnorgani.k,PersamaanReaksidan
HitunganKimia,yangmengembangkanKBK
(memberikanpenjelasansederhana,memba-ngun
keterampilandasar,menyimpulkan)dan
mengembangkanKPS(berkomunikasi,menga-
jukanpertanyaan,menerapkankonsep:
menyimpulkan,mengelompokkan,meramal-kan).
Bahankajiankimiayangperlu
dikembangkanmodelpembelajaranuntukguru
danmahasiswain-serviceharusmerupakanbahan
kajianyangmendasarisebanyakmungkinkonsep
lain.Keterampilanbertanyajugaperludilatihkan
padagurudanmahasiswain-service.
Jenisketerampilanprosessainsdantahap-
tahapketerampilanberpikirkritisyang
JurnalPendidikanMatematikadanSains.Edisi3TahunVlll,2(,
dikembangkanditentukanberdasarkanmat,
subjekyangdipilih,makinsulitmaterisuby
makintinggipulatahapketerampilanprosessai
danketerampilanberpikirkritisya
dikembangkan.
Pendekatan,metodedanevaluasiya
diperlukanuntukpembelajaranmahasiswai
serviceperludititikberatkanpadatugas-tug
individuyangbersifatmenemukanpolad
pemecahanmasalahdandiskusiyangmengar
padakemampuananalisis,deduksidaninduk
sertamendorongpembentukansikapmandiri.
Sebagaisaranapenunjangunt!
mengoperasionalkanmodel pembelajar:
diperlukanhandout,alat-alatpraktikumsetar
sekolahlanjutandantransparansi.
Kelemahanmodelyangdisusunadalahperlun:
waktuyangcukuppanjanguntukmencap
pemahamanyangdiharapkandanwaktuterseb
hanyadapatdikurangimelaluipenambahantuga
tugasmandirimahasiswa.Kemampu:
merumuskanpertanyaanmahasiswain-servil
perluditingkatkan.
Untukmeningkatkanmutugurumal
programpenataranataupunperkuliahanin-servi.
perluberorientasievaluasi,agarpesertaleb
merasakanperlunyaupayauntukmeningkatk~
pengetahuannyasecaramandiri.Kegiatananalis
konsepdanpemetaankonsepperludikembangk~
padasetiapperkuliahan,sehinggapenguas~
konsepmahasiswalebihmantapde
komprehensif.Peningkatanmutuperkuliahan
LPTKperlubertolakdaripermasalahande
kebutuhangurudilapangan.
DaftarPustaka
Firman,H.,(2000).Permasalahankomunika
dankemitraanantaraLPTKdenge
sekolah,Makalah,SeminarNasion
PendidikanScience,Malang:UM.
Herron,J.D.(1977).Problemassociatedwi
conceptanalysis,ScienceEducation, (
(2),185-199.

PeninglwtanMutuGuru...(Liliasari)
Herron,J.D.(1981).EvaluationoftheLongeot
testofcognitivedevelopment,Journalof
ResearchinScienceTeaching,18(2)123-
130.
Isaac,SandMichael,W.B.(1982).Handbookin
ResearchandEvaluation,California:
EdITSPublishes.
McDennott,L.C.(1990).Aperspectiveon
teacherpreparationinphysicsandother
sciences:theneedforspecialscience
coursesforteachers,AmericanJournalof
Physics,58(8),734-742.
181
Novak,J.D.andGowin,D.B.(1984)Learning
HowtoLearn,Cambridge:Cambridge
UniversityPress.
Zuber-Skerritt,0.,(1992).ActionResearchin
HigherEducation,Examplesand
Reflections,London:KoganPageLtd.