75
Universitas Kristen Indonesia

DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, A. (2017). Implementasi Kemampuan Pendidik Menyiapkan Perangkat
Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah DDI Pasang Desa Amola Kabupaten
Polewali Mandar. 15–16.
Bakhril, M. S., Kartonoa, & Dewi. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis
Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning.
Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(ISSN 2613-9189), 754–
758. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ ISSN
Belakang, A. L. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Penalaran, dan
Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Strategi Abduktif-Deduktif
(PSAD). 2000, 1–12.
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia:
Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64.
https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori Dalam Pelaksanan Bimbingan Dan
Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30.
https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098
Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan
Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang
Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika,
9(3), 463–474. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.830
Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir
Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata
Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 121–
127. http;//ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/issue/view/591
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan

76
Universitas Kristen Indonesia

Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based
Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17.
https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27
Kusuma, A. P. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
Menggunakan Metode Pembelajaran Matematika Realistik Dan Metode
Ekspositori Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas Viii Smpn 205 Jakarta.
Jurnal Buana Pendidikan, 13(24), 119–125.
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/
765%0Ahttps://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/arti
cle/download/765/641
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning
(PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional
Pendidikan, 924–932.
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Mohanty et al., 2005. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU
KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU
DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE
KERING, 15(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-
dasar Statistik Penelitian.
Pada, E., Pelajaran, M., Kelas, M., & Smp, V. (n.d.). 1) , 2) 1). 4, 152–163.
Rachmawati, T. K. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran
Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal
Pendidikan Edutama, 5(1), 51. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130
Rais, M. (n.d.). Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode
Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perancangan
Mesin. 33–44.

77
Universitas Kristen Indonesia

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Simanullang, B. (2017). Mengembangkan Kemandirian Belajar, Kepercayaan
Diri, dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika. Jurnal Ilmiah WIDYA Eksakta, 1(No.1), 62–69.
Sugiono 2016 dalam Fakhri. (2021). Metode Penelitian Purposive Sampling.
2021, 32–41.
Wenno, V. K. (2012). Universitas Kristen Indonesia Maluku. November 2020,
12–16.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di
Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2650