RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGAM STUDI SOSIOLOGI AGAMA
FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO
MATA KULIAH KODE RUMPUN BOBOT (SKS) SEMESTER TANGGAL PENGESAHAN
Psikologi Agama MKSOS228 2 4



OTORISASI
Dosen Pengembang RPS Koordinator RMK Ka PRODI
1. Hamdani Thaha., S.Ag., M.Pd Hamdani Thaha., S.Ag., M.Pd Dr. Hj. Nuryani., M.A
CAPAIAN
PEMBELAJARAN

CP-Prodi/ CPL
1. Mampu memahami arti psikologi agama
2. Mampu memahami psikografi agama
3. Mampu memahami obyek kajian dan metodologi penelitian psikologi agama
4. Mampu memahami sumber kejiwaan agama
5. Mempu mehami jiwa keagamaan pada anak-anak, remaja
6. Mampu memahami jiwa keagamaan pada orang dewasa, dan usia lanjut
7. Mampu memahami gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan
8. Mampu memahami agama dan kesehatan mental
9. Mampu memahami gangguan dalam perkembangan jiwa keagamaan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
1. (N1) Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
2. (P2) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
3. (P5) Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
Deskripsi Singkat
MK
Mata kuliah Psikologi Agama ini membahas tentang: 1) Pengertian psikologi agama; 2) Psikografi agama; 3) Obyek kajian dan metodologi
penelitian psikologi agama; 4) Sumber kejiwaan agama; 5) Jiwa keagamaan pada anak-anak; 6) Jiwa keagamaan pada remaja; 7) Jiwa keagamaan
pada orang dewasa; 8) Jiwa keagamaan pada manusia usia lanjut; 9) Agama dan kesehatan mental; 10) Gangguan dalam perkembangan jiwa
keagamaan; 11) Psikologi doa; 12) Konversi agama; 13) Psikologi mistik.
Bahan Kajian
Pustaka Utama :
Jalaludin, Prof. Dr., Psikologi Agama, Raja Grafindo Persada. 2005.
Pendukung :
1. Darajat, Zakiah, Prof. Dr. , Ilmu Jiwa Agama, Bulan Bintang, Jakarta, 1970.
2. James, Williams, The Varietis of Religious Experience: A Study in Human Nature, New York, Moden Library.

3. Larry Dossey. Healing Words, terj. T. Hermaya, PT.Gramedia Pustaka Utama, 1996.
4. Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Agama: Sebuah Pengantar, Mizan, Bandung, 2003.
5. Ramayulis, Prof. Dr. Psikologi Agama. Kalam Mulia. Jakarta, 2002.
6. Thouless, Robert H., Pengantar Psikologi Agama, terj. Machnun Husen, Rajawalipress. Jakarta. 1992.
Media
Pembelajaran
Perangkat Lunak: Perangkat Keras:
Modul Spidol, Penghapus, Papan Tulis, Proyektor, Laptop

Tim Teaching Sabaruddin, S.Sos., M.Si
Mata Kuliah
Syarat


Mg
Ke-
Sub CP-MK
(Kemampuan Akhir yang
Diharapkan)
Indikator Kriteria dan
Bentuk Penilaian
Metode Pembelajaran
[Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[Pustaka]
Bobot
Penilaian
(%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
Ke-1 Mahasiswa memahami dan
mengerti kontrak perkuliahan
serta mematuhinya
1. Ketepatan dan kelengkapan
dalam penjelasan
konsep/materi
2. Menunjukkan sikap yang
baik selama proses
pembelajaran
3. Keaktifan selama
pembelajaran
1. Kehadiran

1. Struktur penilaian utama dibahas
oleh Dosen. Dipertajam dengan
sesi tanya jawab dan diskusi.
2. Mahasiswa pun dituntut untuk
memenuhi semua kriteria penilaian
yang telah ditentukan dosen hingga
mendapatkan nilai yang maksimal
Kontrak Kuliah
Ke -2 Mahasiswa memahami
pengertian psikologi agama dan
psikografi agama
1. Mahasiswa mampu
memahami pengertian
psikologi
2. Mahasiswa mampu
psikografi

1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah
(Jurnal, Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -3 Mahasiswa mampu
memahami obyek kajian dan
metodologi penelitian
psikologi agama
Mahasiswa mampu
menjelaskan objek kajian dan
metodologi penelitian psikologi
agama
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -4 Mahasiswa memahami
sumber kejiwaan agama
Mahasiswa mampu
menjelaskan sumber kejiwaan
agama
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
1. Buku
2. Karya Ilmiah
(Jurnal, Skripsi,dll)

4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
3. Internet
Ke -5 Mahasiswa memahami
sumber jiwa agama pada
anak-anak
Mahasiswa mampu
menjelaskan sumber
jiwakeagamaan pada anak-
anak
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah
(Jurnal, Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -6 Mahasiswa memahami
jiwa keagamaan pada
remaja
Mahasiwa mampu menjelaskan
jiwa keagamaan pada remaja
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah
(Jurnal, Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -7 Mahasiswa memahami
jiwa keagamaan pada
orang dewasa
Mahasiswa mampu
menjelaskan jiwa keagamaan
pada orang dewasa
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan setelah
diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -8 MID Semester Ujian Tulisan 1. Kehadiran
2. Jawaban Ujian
Tulisan
1. Mahasiswa dibagi kedalam
beberapa kelompok.
2. Ujian dilakukan persesi
3. Soal dibagikan dan dijawab
langsung
-

Ke-9 Mahasiswa mampu
memahami jiwa
keagamaan pada manusia
usia lanjut
Mahasiswa mampu
menjelaskan jiwa keagamaan
pada usia lanjut
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan setelah
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
Ke -10 Mahasiswa memahami
agama dan kesehatan
mental
Mahasiswa mampu
menjelaskan agama dan
kesehatan mental
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -11 Mahasiswa memahami
gangguan dalam
perkembangan jiwa
keagamaan
Mahasiwa mampu menjelaskan
gangguan dalam perkembangan
jiwa keagamaan
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -12 Mahasiswa mampu
memahami konversi
agama
Mahasiswa mampu
menjelaskan konversi agama
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -13 Mahasiswa memahami
psikologi agama
Mahasiswa mampu
menjelaskan psikologi agama
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

Ke -14 Mahasiswa memahami
konversi agama
Mahasiswa mampu
menjelaskan konversi agama
dan psikologi mistik
1. Kehadiran
2. Penguasaan materi
3. Penguasaan kelas
4. Peserta aktif
5. Tugas kelompok
1. Materi dipresentasikan oleh
mahasiswa (pemateri)
2. Materi Dipertajam dengan sesi
tanya jawab dan diskusi antara
pemateri dan peserta.
3. Tugas kelompok diserahkan
1. Buku
2. Karya Ilmiah (Jurnal,
Skripsi,dll)
3. Internet

Catatan :
 Mahasiswa yang belum ada namanya di atas, silahkan tambahkan dengan koordinasi ke ket.kelas > ket.kelas lapor ke Dosen
 Mahasiswa di dalam mengikuti perkuliahan diharuskan bersepatu dan tidak memakai kaos oblong
 Terlambat maximal 10 menit, diatas itu dianggap tidak hadir
 Ketentuan Resume:
a. Dikerjakan secara Individu/kelompok
b. Pengumpulan resume pada saat setelah diskusi berlangsung dengan melengekapi kekurangan pada saat diskusi
c. Dapat diketik atau tulis tangan
e. Halaman resume maksimal 5 halaman
f. Referensi boleh buku, browsing, televisi, diskusi ilmiah, dan lain-lain

Penilaian








Mengetahui Palopo,
Ketua Prodi Sosiologi Agama Dosen Pengampuh

Dr.Hj. Nuryani., M.A Hamdani Thaha., S.Ag., M.Pd

setelah diskusi berakhir
4. Materi disimpulkan oleh dosen
penyaji
Ke-15 Ujian Akhir Semester/Final Ujian Lisan 1. Kehadiran
2. Jawaban Lisan
1. Mahasiswa menghadap per
kelompok
2. Ujian dilakukan dengan pertanyaan
berbeda dari setiap mahasiswa
-
NO Jenis Tagihan Bobot (%)
1 Partisipasi Aktif Dikelas 20 %
2 Tugas 20 %
3 Ujian Tengah Semester 20%
4 Ujian Akhir Semester 20 %
5 Kehadiran 20 %
Jumlah 100%