ANALISIS PROBLEM GURU DALAM MEMBIMBING SISWA
PADA PROSES PEM BELAJARAN MATEMATIKA KELAS
RENDAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 99
KOTA BENGKULU


SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat
Guna Memperoleh Gelar Sarjana (S.Pd)
Dalam Bidang Ilmu Tarbiyah









Oleh:
WAHYU JULIAN
NIM 1911240197


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO
BENGKULU
2023

ii

iii

iv

v

vi

MOTTO

ااهاعْسُو الَِّا اًسْفان ُهاللّٰ ُفِّ
لاكُي الَ
“Allah tidak membebani Seseorang melainkan sesuai dengan
kesanggupannya”
( QS. Al-Baqarah 2:286 )
هاراي اًرْياخ ٍةاراذ الااقْثِّم ْلامْعاي ناماف ُۥ
“ Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apapun,
niscaya dia akan melihat (balasan)nya ”
( Q.S Al-Zalzalah: 7 )

vii

HALAMAN PERSEMBAHAN
Sebagai rasa syukur dan ucapan terima kasih yang tidak
terkira, maka skripsi ini saya persembahkan kepada:
1. Kepada ayahanda Titis sutrisno dan ibunda tercinta Sarima
yang selalu menjadi sosok kedua orang tua yang tak
tergantikan, yang selalu memberikan do’a, dukungan,
semangat, dan memberikan biaya kuliah sampai selesai dan
rela mengorbankan jerih payah kalian demi kebahagian dan
cita-cita anakmu, semoga kalian selalu dalam lindungan Allah
SWT.
2. Kepada ketiga saudaraku Dwi utomo, Mardina dan Damar
purnama yang selalu memberikan dukungan, semangat yang
selalu memberikan nasehat kepada adek kalian sampai bisa
menyelesaikan skripsi ini.
3. Dosen pembimbing yang terhormat Dr. H. M. Nasron, HK.
M.Pd. I dan Adam Nasution, M.Pd. I yang dengan ikhlas
membimbing dan memberikan motivasi dalam menyelesaikan
skripsi ini, saya ucapkan terima kasih yang sedalam-
dalamnya.
4. Kepada seluruh dosen UINFAS yang selalu memberikan
dukungan, ilmu, motivasi sampai skripsi ini selesai.
5. Kepada keluarga besar yang selalu memberikan dukungan
sampai skripsi ini selesai. Kepada kawan seperjuangan: Indra
firnando, ridwan putra, Ando Cancerio, Shidqi Rahmatullah,
Rizki Apriliansyah, Dioba Azhar , Raden Purbaya, Junian

viii

falepi, Tegu, Egik dan yopi. yang selalu ada dalam keadaan
suka maupun duka serta teman-teman PGMI angkatan 2019
yang tidak bisa disebutkan satu persatu, terima kasih semangat
dan motivasi yang kalian berikan.
6. Teman-teman KKN dan Ma gang, terima kasih telah
memberikan semangat dan pengalaman yang diberikan.
7. Kepada Almamaterku, dan seluruh nama yang tertera diatas
saya ucapkan terimakasih dan semoga Allah selalu
memberikan kebahagiaan yang tiada tara.

ix

ABSTRAK

Nama : Wahyu Julian,
Nim : 1911240197
Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Analisis Problem Guru Dalam Membimbing
Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika
Kelas Rendah Di Sekolah Dasar Negeri 99 Kota
Bengkulu

Skripsi ini membahas tentang analisis problem guru dalam
membimbing siswa pada proses pembelajaran matematika kelas
rendah di sekolah dasar negeri 99 kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tektik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan:
dalam membimbing siswa pada pembebelajaran matematika
guru menggunakan tiga tahap dalam bimbingan belajar yaitu:
bimbingan belajarn, bimbingan kelompok dan bimbingan
individu. Berdasarkan hasil penelitian peneliti bahwa problem
guru dalam bimbingan adalah kesulitan siswa dalam belajar atau
memahami pembelajaran matematika, siswa sering rebut dan
diskakkulia ketidak mampuan berhitung siswa lemah dalam
Pelajaran matematika. Dimana guru kelas II berusaah dengan
metode-motede yang tepat untuk memudakan siswa dalam
memahami Pelajaran matematika. Kendala yang di alami siswa
yakni: Kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran matematika
dikarnakan sulit Pelajaran begi mereka mengakibatakan siswa
manjadi kurang minat dalam Pelajaran matematika Guru
memahami dan mengerti bahwa minat anak apa pembelajran
matematika rendah. Oleh karna itu, guru sudah merancang
kegiatan pembelajaran sedemikian rupa agar anak menyukai
matematika.

Kata Kunci: Probelem Guru membimbing siswa, matematika

x

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Segala Puji Dan Syukur Kami Ucapkan
Kehadirat Allah SWT Karena Atas Limpahan Rahmat Dan
Bimbingannya Penulis Meyelesaikan Proposal Dengan Judul
“Analisis Problem Guru Dalam Membimbing Siswa Pada
Proses Pembelajaran Matematika Kelas Rendah Di
Sekolah Dasar Negeri 99 Kota Bengkulu.” Shalawat Dan
Salam Semoga Selalu Tercurahkan Kepada Junjungan dan
Uswatun Hasanah Kita, Rasulullah Muhamad SAW, Juga Untuk
Keluarga Dan Para Sahabat. Ucapan Terima Kasih Penulis
Sampaikan Kepada:
1. Bapak Prof. Dr. KH. Zulkarnain, M.Pd., Selaku Rektor UIN
Fatmawati Sukarno Bengkulu Yang Telah Memfasilitasi
Penulis Dalam Menimba Ilmu Dan Menyelesaikan Studi di
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
2. Bapak Dr. Mus Mulyadi, M.Pd., Selaku Dekan Fakultas
Tarbiyah Dan Tadris, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Yang
Telah Memberikan Dukungan Dalam Menyelesaikan Studi Ini.
3. Ibu Dr. Aziza Aryati, M.Ag., Selaku Ketua Jurusan Tarbiyah,
Fakultas Tarbiyah Dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno
Bengkulu, Yang Telah Memberikan Dukungan Dalam
Menyelesaikan Studi Ini.
4. Bapak Abdul Aziz Mustamin, M.Pd. I., Selaku Koordinator
Program Studi PGMI, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah

xi

Dan Tadris UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Yang Telah
Memberikan Dukungan Dalam Menyelesaikan Studi Ini.
5. Bapak Dr. H. M. Nasron, HK. M.Pd. I., Selaku Dosen
Pembimbing I Dan Bapak Adam Nasution, M.Pd. I., Selaku
Dosen Pembimbing II Yang Senantiasa Meluangkan Waktu
Dan Pemikiran Dalam Membimbing Penulis Untuk
Menyelesaikan Skripsi Ini.
6. Bapak Dr. Syahril, S.Sos.I. M.Ag Selaku Kepala Perpustakaan
UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Yang Telah Menyediakan
Fasilitas Buku Sebagai Referensi Penulis.
7. Bapak Dan Ibu Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Yang Selalu Mendukung Dan Memberikan Arahan Dalam
Menyelesaikan Studi Penulis.
8. Semua Pihak Yang Telah Membantu Penulis Dalam
Menyelesaikan Penelitian ini.
Penulis Menyadari Bahwa Penulisan Proposal Ini Masih
Banyak Kekurangan. Oleh Karena Itu Kritik Dan Saran Sangat
Penulis Harapkan.Semoga Skripsi Ini Bermanfaat Bagi Penulis
Khususnya Dan Bagi Pembaca Pada Umumnya.

Bengkulu, September 2023
Penulis


Wahyu Julian
NIM. 1911240183

xii

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ............................................................... i
PERYATAAN KEASLIAN .................................................... ii
PENGESAHAN ....................................................................... iii
NOTA PEMBIMBING ........................................................... iv
PENGESAHAN PEMBIMBING ........................................... v
MOTTO ................................................................................... vi
HALAMAN PERSEMBAHAN ............................................. vii
ABSTRAK ............................................................................... ix
KATA PENGANTAR ............................................................. x
DAFTAR ISI ............................................................................ xii

A. BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ......................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................. 12
C. Tujuan Penelitian.................................................... 12
D. Manfaat Penelitian ................................................. 12
B. BAB II LANDASAN TEORI
A. Deskripsi Teori ....................................................... 14
1. Pengertian Problem ......................................... 14
2. Problem Pembelajaran .................................... 15
3. Problem Bimbingan ....................................... 17
4. Pengertian Guru ............................................. 21
5. Bimbingan ...................................................... 27
6. Pembelajaran Matematika ............................... 39
B. Kajian Pustaka ........................................................ 43
C. Kerangka Berpikir .................................................. 47

xiii

C. BAB III METODE PENELITIAN
A. Metode dan Jenis Penelitian ................................... 49
B. Tempat dan Waktu ................................................. 50
C. Sumber Data ........................................................... 50
D. Subjek dan Informan ............................................. 51
E. Teknik Pengumpulan data ...................................... 52
F. Teknik Keabsahan Data .......................................... 56
G. Teknik Analisis Data ............................................. 57

BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data ........................................................ 61
B. Hasil Penelitian ...................................................... 65
C. Pembahasan ............................................................ 77

BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................. 99
B. Saran ....................................................................... 101

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN