Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Sosiologi
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Pengantar Metodologi Penelitian Sosiologi 6920103145 T=3P=0ECTS=4.77 2 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Dr. Agus Machfud Fauzi,
M.Si.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
Deskripsi
Singkat MK
Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep-konsep dasar metodologi penelitian sosiologi mulai dari paradigma penelitian, penelitian sosial, jenis-jenis penelitian
sosial, karakteristik berbagai jenis penelitian social dan unsur-unsur berbagai jenis penelitian sosial. Mahasiswa mampu membuat presensi proposal penelitian sosiologi kontemporer baik
dengan metode kuantitatif ataupun metode kualitatif.
Pustaka Utama :
1.Singarimbun, MasridanSofian Effendi (Penyunting). 2002. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
2.Koentjaraningrat (Penyunting). 1985. Metode Penelitian Masyarakat . Jakarta: Gramedia
3.Denzin, N.K. dan Y.S. Lincoln (eds.). 2009. Handbook of Qualitative Research . (Penerjemah: Dariyatno, dkk). Yogyakarta: PustakaBelajar
4.Azwar, Saifudin. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5.Ritzer, George. 2000. Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda. Terjemahan. Jakarta: Rajawali Press
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Drs. Fransiscus Xaverius Sri Sadewo, M.Si.
Pambudi Handoyo, S.Sos., M.A.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring (offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
1.Menjelaskan pengertian metode penelitian
2.Menjelaskanjenis-jenispenelitian
Kriteria:
Mampu Memahami
defnisi metode
penelitian, sejarah
penelitian kualitatif,
sejarah penelitian
kuantitatif, etika
penelitian dan tradisi
penelitian mampu
Memahami jenis
penelitian
berdasarkan tujuan
dan tingkat
kealamiahan objek
yang diteliti
Pendekatan
Behavioristik/Ekspositori/Ceramah
3 X 50
0%
2
Minggu ke 2
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
1.Menjelaskan pengertian dan perbedaan metode
penelitian kuantitatif dan kualitatif
2.Menjelaskan paradigma penelitian
Kriteria:
Mampu
menjelaskan
pengertian metode
kualitatif dan
kuantitatif,
perbedaan
penelitian kualitatif
dan kuantitatif
(perbedaan secara
aksioma, proses
penelitian dan
karakteristik
penelitian). Mampu
memahami berbagai
paradigma
penelitian yang
bersaing dalam
penelitian sosiologi
Pendekatan
Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
3
Minggu ke 3
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti imasalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskan proses penelitian, variable dan paradigm
penelitian kuantitatif
Kriteria:
Mampu Memahami
proses penelitian
kuantitatif Mampu
Memahami masalah
penelitian Mampu
Memahami rumusan
masalahMampu
Memahami variable
penelitian Mampu
Memahami
paradigma
penelitian kuantitatif
Pendekatan
Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%

4
Minggu ke 4
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskanlandasan teori, kerangka berfikir dan
pengajuan hipotesis
Kriteria:
Mampu Memahami
fungsi teori dalam
penelitian Mampu
memahami focus
teori Mampu
memahami deskripsi
teori Mampu
memahami
kerangka berfikir
Mampu memahami
hipotesis penelitian
Pendekatan
Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
5
Minggu ke 5
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskanpopulasi dan pembuatan sample Kriteria:
Mampu memahami
pengertian
populasiMampu
memahami
pengertian sampel
Mampu memahami
teknik sampling
Mampu memahami
dalam menentukan
ukuran sampel
Mampu memahami
ukuran sampel dan
pengambilan
anggota sampel
Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
6
Minggu ke 6
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
1.
Menjelaskanskalapengukurandaninstrumenpenelitian
(pembuatankuesioner)
2.Menjelaskan teknik pengumpulan data
Kriteria:
1.Mampu
menjelaskan
Macam-macam
skala
pengukuran,
instrumen
penelitian,
2.Mampu
menjelaskan
validitas dan
reliabilitas
instrumen,
3.Mampu
menjelaskan
pengujian
validitas dan
reliabilitas
instrumen,
Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
7
Minggu ke 7
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskan analisis data Kriteria:
Mampu memahami
cara mengkode data
Mampu memahami
pengolahan
dataMampu
memahami prinsip-
prinsipanalisis data
Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
8
Minggu ke 8
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
UTS
3 X 50
0%
9
Minggu ke 9
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskan paradigma penelitian kualitatif Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
10
Minggu ke 10
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskan perumusan masalah dalam penelitian
kualitatif
Konstruktivistik/Cooperative
Learning/Diskusi
3 X 50
0%
11
Minggu ke 11
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskan tahap-tahap penelitian kualitatif Konstruktivistik/Cooperative
Learning/Diskusi
3 X 50
0%
12
Minggu ke 12
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskanteknik penelitian Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
13
Minggu ke 13
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskan analisis dan interpretasi data Behavioristik/Ekositori/Ceramah
3 X 50
0%
14
Minggu ke 14
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskan kriteria dan teknik pemeriksaan keabsahan
data
Behavioristik/Ekspositori/Ceramah
3 X 50
0%
15
Minggu ke 15
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
Menjelaskanteknik penulisan laporan penelitian Behavioristik/Ekspositori/Ceramah
3 X 50
0%
16
Minggu ke 16
Mengaplikasikan
metodologi penelitian
sosiologi untuk
menjadi analis dan
peneliti masalah
pembangunan dan
pendidikan
UAS Kriteria:
UAS
UAS
3 X 50
0%
Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasiPersentase
0%

Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan
ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata
kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi
pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang
direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar
mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan.
Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat
dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual
Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya
100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 02:59 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa