PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA 
NOMOR 71 TAHUN 2010 
TENTANG  
STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN 
 
 
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA 
 
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, 
 
 
Menimbang  :  bahwa  untuk  melaksanakan  ketentuan  Pasa l  32  ayat  (2) 
Undang-Undang  Nomor  17  Tahun  2003  tentang  Keuangan 
Negara  dan  Pasal  184  ayat  (3)  Undang-Undang  Nomor  32 
Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana  telah 
beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang  Nomor 
12  Tahun  2008  tentang  Perubahan  Kedua  atas  Undang-
Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Dae rah, 
perlu  menetapkan  Peraturan  Pemerintah  tentang  Standar 
Akuntansi Pemerintahan; 
 
Mengingat  :  1.  Pasal  5  ayat  (2)  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik 
Indonesia Tahun 1945; 
    2.  Undang-Undang  Nomor  17  Tahun  2003  tentang 
Keuangan Negara  (Lembaran Negara Republik Indonesi a 
Tahun  2003  Nomor  47,  Tambahan  Lembaran  Negara 
Republik Indonesia Nomor 4286); 
    3.  Undang-Undang  Nomor  32  Tahun  2004  tentang 
Pemerintahan  Daerah  (Lembaran  Negara  Republik 
Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran 
Negara  Republik  Indonesia  Nomor  4437)  sebagaimana 
telah  beberapa  kali  diubah  terakhir  dengan  Undang-
Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua 
atas  Undang-Undang  Nomor  32  Tahun  2004  tentang 
Pemerintahan  Daerah  (Lembaran  Negara  Republik 
Indonesia  Tahun  2008  Nomor  59,  Tambahan  Lembaran 
Negara Republik Indonesia Nomor 4844); 
 
MEMUTUSKAN: . . . 
 

- 2 -
MEMUTUSKAN: 
 
Menetapkan  :   PERATURAN  PEMERINTAH  TENTANG  STANDAR  AKUNTANSI 
PEMERINTAHAN. 
 
 
BAB I 
KETENTUAN UMUM 
 
 
Pasal 1 
 
Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan : 
1. Pemerintah  adalah  pemerintah  pusat  dan  pemerintah 
daerah. 
2. Akuntansi  adalah  proses  identifikasi,  pencatatan, 
pengukuran,  pengklasifikasian,  pengikhtisaran  transaksi 
dan  kejadian  keuangan,  penyajian  laporan,  serta 
penginterpretasian atas hasilnya. 
3. Standar  Akuntansi  Pemerintahan,  yang  selanjutnya 
disingkat  SAP,  adalah  prinsip-prinsip  akuntansi  yang 
diterapkan  dalam  menyusun  dan  menyajikan  laporan 
keuangan pemerintah. 
4. Pernyataan  Standar  Akuntansi  Pemerintahan,  yang 
selanjutnya disingkat PSAP, adalah SAP yang diberi judul, 
nomor, dan tanggal efektif. 
5. Kerangka  Konseptual  Akuntansi  Pemerintahan  adalah 
konsep  dasar  penyusunan  dan  pengembangan  Standar 
Akuntansi  Pemerintahan,  dan  merupakan  acuan  bagi 
Komite  Standar  Akuntansi  Pemerintahan,  penyusun 
laporan  keuangan,    pemeriksa,  dan  pengguna  laporan 
keuangan  dalam  mencari  pemecahan  atas  sesuatu 
masalah  yang  belum  diatur  dalam  Pernyataan  Standar 
Akuntansi Pemerintahan. 
6. Interpretasi  Pernyataan  Standar  Akuntansi 
Pemerintahan,  yang  selanjutnya  disingkat  IPSAP,  adalah 
penjelasan, klarifikasi, dan uraian lebih lanjut atas PSAP. 
 
 
7.  Buletin . . . 

- 3 -
7. Buletin  Teknis  SAP  adalah  informasi  yang  berisi 
penjelasan  teknis  akuntansi  sebagai  pedoman  bagi 
pengguna. 
8. SAP  Berbasis  Akrual  adalah  SAP  yang  mengakui 
pendapatan,  beban,  aset,  utang,  dan  ekuitas  dalam 
pelaporan  finansial  berbasis  akrual,  serta  mengakui 
pendapatan,  belanja,  dan  pembiayaan  dalam  pelaporan 
pelaksanaan  anggaran  berdasarkan  basis  yang 
ditetapkan dalam APBN/APBD.  
9. SAP  Berbasis  Kas  Menuju  Akrual  adalah  SAP  yang 
mengakui pendapatan, belanja, dan pembiayaan berbas is 
kas,  serta  mengakui  aset,  utang,  dan  ekuitas  dana 
berbasis akrual. 
10. Komite  Standar  Akuntansi  Pemerintahan,  yang 
selanjutnya  disingkat  KSAP,  adalah  komite  sebagaimana 
dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 
tentang  Keuangan  Negara  dan  Undang-Undang  Nomor  1 
Tahun  2004  tentang  Perbendaharaan  Negara  yang 
bertugas menyusun SAP.  
11. Sistem  Akuntansi  Pemerintahan  adalah  rangkaian 
sistematik  dari  prosedur,  penyelenggara,  peralatan,  dan 
elemen  lain  untuk  mewujudkan  fungsi  akuntansi  sejak 
analisis transaksi sampai dengan pelaporan keuangan di 
lingkungan organisasi pemerintah. 
 
Pasal 2 
 
(1) SAP dinyatakan dalam bentuk PSAP. 
(2) SAP  dilengkapi  dengan  Kerangka  Konseptual  Akuntansi 
Pemerintahan.  
 
Pasal 3 
 
(1) PSAP  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  2  ayat  (1) 
dapat  dilengkapi  dengan  IPSAP  dan/atau  Buletin  Teknis 
SAP. 
 
 
(2)   IPSAP . . . 
Comment [B1]: Dari PP 8/2006
tentang pelaporan keuangan dan kinerja
instansi pemerintah

- 4 -
(2) IPSAP  dan  Buletin  Teknis  SAP  sebagaimana  dimaksud 
pada  ayat  (1)  disusun  dan  diterbitkan  oleh  KSAP  dan 
diberitahukan  kepada  Pemerintah  dan  Badan  Pemeriksa 
Keuangan. 
(3) Rancangan  IPSAP  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (2) 
disampaikan  kepada  Badan  Pemeriksa  Keuangan  paling 
lambat  14  (empat  belas)  hari  kerja  sebelum  IPSAP 
diterbitkan. 
 
 
BAB II 
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN  
 
 
Pasal 4 
 
(1) Pemerintah menerapkan SAP Berbasis Akrual. 
(2) SAP  Berbasis  Akrual  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat 
(1) dinyatakan dalam bentuk PSAP. 
(3) SAP  Berbasis  Akrual  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat 
(1)  dilengkapi  dengan  Kerangka  Konseptual  Akuntansi 
Pemerintahan. 
(4) PSAP sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan Kerangk a 
Konseptual  Akuntansi  Pemerintahan  sebagaimana 
dimaksud  pada  ayat  (3)  sebagaimana  tercantum  dalam 
Lampiran  I  yang  tidak  terpisahkan  dari  Peraturan 
Pemerintah ini. 
 
Pasal 5 
 
(1) Dalam  hal  diperlukan  perubahan  terhadap  PSAP 
sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  4  ayat  (2), 
perubahan  tersebut  diatur  dengan  Peraturan  Menteri 
Keuangan  setelah  mendapat  pertimbangan  dari  Badan 
Pemeriksa Keuangan. 
(2) Rancangan  perubahan  PSAP  sebagaimana  dimaksud 
pada  ayat  (1)  disusun  oleh  KSAP  sesuai  dengan 
mekanisme yang berlaku dalam penyusunan SAP. 
 
(3)  Rancangan . . . 

- 5 -
(3) Rancangan  perubahan  PSAP  sebagaimana  dimaksud 
pada  ayat  (2)  disampaikan  oleh  KSAP  kepada  Menteri 
Keuangan. 
(4) Menteri  Keuangan  menyampaikan  usulan  rancangan 
perubahan  PSAP  sebagaimana  dimaksud  pada  ayat  (3) 
kepada  Badan  Pemeriksa  Keuangan  untuk  mendapat 
pertimbangan. 
 
Pasal 6 
 
(1) Pemerintah  menyusun  Sistem  Akuntansi  Pemerintahan 
yang mengacu pada SAP. 
(2) Sistem  Akuntansi  Pemerintahan  pada  Pemerintah  Pusat 
diatur  dengan  Peraturan  Menteri  Keuangan  yang 
mengacu  pada  pedoman  umum  Sistem  Akuntansi 
Pemerintahan. 
(3) Sistem Akuntansi Pemerintahan pada pemerintah daera h 
diatur  dengan  peraturan  gubernur/bupati/walikota  yang 
mengacu  pada  pedoman  umum  Sistem  Akuntansi 
Pemerintahan.  
(4) Pedoman  umum  Sistem  Akuntansi  Pemerintahan 
sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) diatur 
dengan  Peraturan  Menteri  Keuangan  setelah 
berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri. 
 
Pasal 7 
 
(1) Penerapan  SAP  Berbasis  Akrual  sebagaimana  dimaksud 
dalam  Pasal  4  ayat  (1)  dapat  dilaksanakan  secara 
bertahap  dari  penerapan  SAP  Berbasis  Kas  Menuju 
Akrual menjadi penerapan SAP Berbasis Akrual. 
(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai penerapan SAP Berbasis 
Akrual secara bertahap sebagaimana dimaksud pada ay at 
(1)  pada  pemerintah  pusat  diatur  dengan  Peraturan 
Menteri Keuangan. 
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai penerapan SAP Berbasis 
Akrual secara bertahap sebagaimana dimaksud pada ay at 
(1)  pada  pemerintah  daerah  diatur  dengan  Peraturan 
Menteri Dalam Negeri. 
 
 
Pasal 8 . . . 

- 6 -
Pasal 8 
 
(1) SAP Berbasis Kas Menuju Akrual sebagaimana dimaksud  
dalam Pasal 7 dinyatakan dalam bentuk PSAP. 
(2) SAP Berbasis Kas Menuju Akrual sebagaimana dimaksud  
pada  ayat  (1)  dilengkapi  dengan  Kerangka  Konseptual 
Akuntansi Pemerintahan. 
(3) PSAP sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan Kerangk a 
Konseptual  Akuntansi  Pemerintahan  sebagaimana 
dimaksud  pada  ayat  (2)  adalah  sebagaimana  tercantum 
dalam Lampiran II yang tidak terpisahkan dari Peraturan 
Pemerintah ini. 
 
 
BAB III 
KETENTUAN PENUTUP 
 
 
Pasal 9 
 
Pada saat Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku: 
 
1. Peraturan  Pemerintah  Nomor  24  Tahun  2005  tentang 
Standar  Akuntansi  Pemerintahan  (Lembaran  Negara 
Republik  Indonesia  Tahun  2005  Nomor  49,  Tambahan 
Lembaran  Negara  Republik  Indonesia  Nomor  4503) 
dicabut dan dinyatakan tidak berlaku; dan 
 
2. Peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai  
penyelenggaraan  akuntansi  pemerintahan  sepanjang 
belum  diubah  dan  tidak  bertentangan  dengan  Peraturan 
Pemerintah ini, dinyatakan tetap berlaku. 
 
 
Pasal 10 
 
 
Peraturan  Pemerintah  ini  mulai  berlaku  pada  tanggal  
diundangkan. 
 
 
 
Agar . . . 
 

- 7 -
 
Agar  setiap  orang  mengetahuinya,  memerintahkan 
pengundangan  Peraturan  Pemerintah  ini  dengan 
penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indone sia. 
 
 
 
  Ditetapkan di Jakarta 
pada tanggal 22 Oktober 2010 
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, 
                       
                      ttd 
 
DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO 
 
Diundangkan di Jakarta 
pada tanggal 22 Oktober 2010 
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA          
REPUBLIK INDONESIA, 
 
ttd 
 
                     PATRIALIS AKBAR 
 
 
 
 
LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2010 NOMOR  123    0 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Salinan sesuai dengan aslinya 
SEKRETARIAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA  
Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan 
Bidang Perekonomian dan Industri, 
 
 
 
 
SETIO SAPTO NUGROHO

PENJELASAN  
ATAS 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA  
NOMOR 71 TAHUN 2010 
TENTANG  
STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN 
 
 
I. UMUM 
 
Undang-Undang  Nomor  17  Tahun  2003  tentang  Keuangan  Negara  dalam 
Pasal  32  mengamanatkan  bahwa  bentuk  dan  isi  laporan  
pertanggungjawaban  pelaksanaan  APBN/APBD  disusun  da n  disajikan 
sesuai  dengan  Standar  Akuntansi  Pemerintahan.  Stand ar  akuntansi 
pemerintahan  tersebut  disusun  oleh  Komite  Standar  A kuntansi 
Pemerintahan  yang  independen  dan  ditetapkan  dengan  Peraturan 
Pemerintah  setelah  terlebih  dahulu  mendapat  pertimbangan  dari  Badan 
Pemeriksa Keuangan. 
Penyusunan  SAP  Berbasis  Akrual  dilakukan  oleh  KSAP melalui  proses 
baku  penyusunan  (due  process).  Proses  baku  penyusunan  SAP    tersebut 
merupakan  pertanggungjawaban  profesional  KSAP  yang  secara  lengkap 
terdapat dalam Lampiran III.  
Penyusunan  PSAP  dilandasi  oleh  Kerangka  Konseptual  Akuntansi 
Pemerintahan,  yang  merupakan  konsep  dasar  penyusuna n  dan 
pengembangan  Standar  Akuntansi  Pemerintahan,  dan  merupakan  acuan 
bagi  Komite  Standar  Akuntansi  Pemerintahan,  penyusu n  laporan 
keuangan,  pemeriksa,  dan  pengguna  laporan  keuangan dalam  mencari 
pemecahan  atas  sesuatu  masalah  yang  belum  diatur  dalam  Pernyataan 
Standar Akuntansi Pemerintahan. 
Sesuai  dengan  amanat  Undang-Undang  Keuangan  Negara  tersebut, 
Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah No mor 24 Tahun 2005 
tentang  Standar  Akuntansi  Pemerintahan.  Standar  Aku ntansi 
Pemerintahan tersebut menggunakan basis kas untuk p engakuan transaksi 
pendapatan,  belanja  dan  pembiayaan,  dan basis akrual  untuk pengakuan 
aset, kewajiban, dan ekuitas dana. 
 
Penerapan . . . 
 

- 9 -
Penerapan  Peraturan  Pemerintah  Nomor  24  Tahun  2005 masih  bersifat 
sementara  sebagaimana  diamanatkan  dalam  Pasal  36  ayat  (1)  Undang-
Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara  yang menyatakan 
bahwa  selama  pengakuan  dan  pengukuran  pendapatan  da n  belanja 
berbasis  akrual  belum  dilaksanakan,  digunakan  penga kuan  dan 
pengukuran  berbasis  kas.  Pengakuan  dan  pengukuran  pendapatan  dan 
belanja berbasis akrual menurut Pasal 36 ayat (1) Undang-Undang Nomor 
17 Tahun 2003 dilaksanakan paling lambat 5 (lima) tahun. Oleh karena itu, 
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 perlu diganti. 
Lingkup  pengaturan  Peraturan  Pemerintah  ini  meliputi  SAP  Berbasis 
Akrual dan SAP Berbasis Kas Menuju Akrual. SAP Berbasis Akrual terdapat 
pada  Lampiran  I  dan  berlaku  sejak  tanggal  ditetapkan  dan  dapat segera 
diterapkan  oleh  setiap  entitas.  SAP  Berbasis  Kas  Menuju  Akrual  pada 
Lampiran  II  berlaku  selama  masa  transisi  bagi  entitas  yang  belum  siap 
untuk menerapkan SAP Berbasis Akrual.  
Penerapan  SAP  Berbasis  Kas  Menuju  Akrual  ini  dilaksanakan  sesuai 
dengan  jangka  waktu  sebagaimana  tercantum  dalam  Lam piran  II. 
Selanjutnya,  setiap  entitas  pelaporan,  baik  pada  pemerintah  pusat  
maupun  pemerintah  daerah  wajib  melaksanakan  SAP  Ber basis  Akrual. 
Walaupun  entitas  pelaporan  untuk  sementara  masih  di perkenankan 
menerapkan  SAP  Berbasis  Kas  Menuju  Akrual,  entitas  pelaporan 
diharapkan dapat segera menerapkan SAP Berbasis Akr ual. 
Laporan  keuangan  yang  dihasilkan  dari  penerapan  SAP  Berbasis  Akrual 
dimaksudkan  untuk  memberi  manfaat  lebih  baik  bagi  para  pemangku 
kepentingan,  baik  para  pengguna  maupun  pemeriksa  laporan  keuangan 
pemerintah, dibandingkan dengan  biaya yang  dikeluarkan. Hal  ini  sejalan 
dengan  salah satu prinsip akuntansi  yaitu  bahwa  biaya  yang  dikeluarkan 
sebanding dengan manfaat yang diperoleh.  
Selain  mengubah  basis  SAP  dari  kas  menuju  akrual  menjadi  akrual, 
Peraturan Pemerintah ini mendelegasikan perubahan terhadap PSAP diatur 
dengan  Peraturan  Menteri  Keuangan.  Perubahan  terhadap  PSAP  tersebut 
dapat  dilakukan  sesuai  dengan  dinamika  pengelolaan keuangan  negara. 
Meskipun  demikian,  penyiapan  pernyataan  SAP  oleh  KSAP  tetap  harus 
melalui  proses  baku  penyusunan  SAP  dan  mendapat  pertimbangan  dari 
BPK. 
 
 
II.  PASAL DEMI PASAL 
 
Pasal 1 
Cukup jelas. 
 
 
Pasal 2 . . . 

- 10 - 
Pasal 2 
Cukup jelas. 
 
Pasal 3 
Ayat (1) 
IPSAP  dimaksudkan  untuk  menjelaskan  lebih  lanjut  topik  tertentu 
guna menghindari salah tafsir pengguna PSAP. 
Buletin  Teknis  SAP  dimaksudkan  untuk  mengatasi  masalah  teknis 
akuntansi  dengan  menjelaskan  secara  teknis  penerapa n  PSAP 
dan/atau IPSAP. 
Ayat (2) 
Cukup jelas. 
Ayat (3) 
Cukup jelas. 
 
Pasal 4 
Cukup jelas. 
 
Pasal 5 
Ayat (1) 
Yang  dimaksud  dengan  “perubahan”  adalah  penambahan,  
penghapusan,  atau penggantian satu atau lebih PSAP. 
Ayat (2) 
Cukup jelas. 
Ayat (3) 
Cukup jelas. 
Ayat (4) 
Cukup jelas. 
 
Pasal 6 
Ayat (1) 
Cukup jelas. 
Ayat (2) 
Pedoman  umum  Sistem  Akuntansi  Pemerintahan  diperlukan  dalam 
rangka  mewujudkan  konsolidasi  fiskal  dan  statistik keuangan 
Pemerintah secara nasional. 
Ayat (3) 
Selain  mengacu  pada  pedoman  umum  Sistem  Akuntansi 
Pemerintahan,  dalam  menyusun  Sistem  Akuntansi  Pemer intahan 
pada  pemerintah  daerah,  gubernur/bupati/walikota  mengacu  pula 
pada  peraturan  daerah  dan  ketentuan  peraturan  perun dang-
undangan mengenai pengelolaan keuangan daerah. 
Ayat (4) . . . 

- 11 - 
Ayat (4) 
Cukup jelas. 
 
Pasal 7 
  Ayat (1) 
Penerapan  SAP  Berbasis  Akrual  secara  bertahap  dilakukan  dengan 
memperhatikan urutan persiapan dan ruang lingkup laporan. 
Ayat (2) 
Cukup jelas. 
Ayat (3) 
Cukup jelas. 
 
Pasal 8 
Cukup jelas. 
 
Pasal 9  
Angka 1 
Cukup jelas. 
Angka 2 
Peraturan  perundang-undangan  yang  masih  relevan  dan   tidak 
bertentangan dengan SAP Berbasis Akrual dinyatakan  tetap berlaku. 
Peraturan  perundang-undangan  yang  bertentangan  haru s  dicabut 
dan/atau disesuaikan.  
IPSAP  dan  Buletin  Teknis  SAP  yang  disusun  oleh  KSAP  sepanjang 
tidak bertentangan dengan Peraturan Pemerintah ini dinyatakan tetap 
berlaku.  Jika  terdapat  IPSAP  dan  Buletin  Teknis  SAP   yang 
bertentangan  dengan  Peraturan  Pemerintah  ini  harus  dicabut 
dan/atau disesuaikan. 
 
Pasal 10 
  Cukup jelas. 
 
 
 
TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 165