RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)






MATA KULIAH : MEKANIKA KUANTUM
SEMESTER : GANJIL
BOBOT : 3 SKS
DOSEN/TIM DOSEN
PENGAMPU
: 1. Dr. Achmad Ridwan, M.Si
2. Dr. Afrizal, M.Si

PROGRAM STUDI KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

1



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

Universitas : Universitas Negeri Jakarta
Fakultas : MIPA
Program Studi : Kimia
Mata Kuliah : Ikatan Kimia
Bobot sks : 3 sks
Kode Mata Kuliah : 33250093
Kode Seksi :
Bentuk/Sifat : (1) Teori (2) Seminar (3) Praktikum*)
Pra-Syarat (jika ada) : Termaodinamika dan Praktikum; Kinetika dan
Praktikum
Semester : 5
Periode Kuliah : Maret-Juni
Jumlah Pertemuan : 16/24/32 pertemuan*) x 150 menit
Jadwal Kuliah : [Hari], [Jam]
Ruang Kuliah :
*) coret yang tidak perlu
A. DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah Ikatan Kimia berfokus pada kajian teori-teori dasar dalam proses
pembentukan ikatan kimia. Berdasarkan pemahaman defenisi ikatan kimia yang
telah dipelajari pada beberapa matakuliah sebelumnya, maka pada matakuliah
ini pendekatannya melalui aplikasi konsep mekanika kuantum untuk memahami
konsep ikatan kimia tersebut. Aplikasi konsep mekanika kuantum tersebut dalam
beberapa literatur dikenal dengan istilah kimia kuantum. Sehingga kajian utama
pada matakuliah ini adalah eksplorasi teori-teori yang terdapat dalam kimia
kuantum tersebut. Adapun topik-topik utama pada kajian kimia kuantum

2

meliputi : analisis teori atom klasik sampai teori atom modern yang puncaknya
direpresentasikan melalui persamaan schrodinger. Selanjutnya melalui
persamaan schrodinger tersebut kita dapat menemukenali karakteristik sebuah
atom secara mandiri maupun bagaimana setiap atom membentuk ikatan kimia
untuk menjadi sebuah molekul tertentu. Pembahasan interaksi inti dan elektron
membentuk molekul akan dibahas berdasarkan atas perlakuan mekanika
kuantum terhadap sistem diatomik dan poliatomik melalui pendekatan
kuantitatif dan kualitatif.




B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) YANG DIBEBANKAN
DALAM MATAKULIAH
Ranah Capaian Pembelajaran Lulusan
Pengetahuan
1. Mampu menguasai pengetahuan ilmu kimia (Kimia organic,
anorganik, analitik, fisik dan biokimia) yang meliputi struktur,
sifat, fungsi, perubahan, energi dan dinamika, identifikasi,
pemisahan, karakterisasi, transformasi, dan sintesis bahan
kimia mikromolekul serta terapannya




C. BAHAN KAJIAN/POKOK BAHASAN
BAHAN KAJIAN/
POKOK BAHASAN
SUB- BAHAN KAJIAN
/SUB-POKOK BAHASAN
1. Sifat-sifat partikel dan
gelombang
a. Kegagalan mekanika klasik
b. Mekanika kuantum
c. Sifat dualitas gelombang-partikel
2. Postulat-postulat
mekanika kuantum
a. Fungsi gelombang : Persamaan schrodinger
b. Prinsip mekanika kuantum : postulat mekanika
kuantum, operator
3. Tingkat energi pada
harmonik oskilator
mekanika kuantum
a. Fungsi gelombang translasi : partikel dalam kotak
Fungsi gelombang vibrasi : tingkat energi
b. Fungsi gelombang vibrasi : tingkat energi
4. Persamaan gelombang
Schrodinger pada
Sistem Partikel dalam
kotak sistem tiga
dimensi
a. Persamaan gelombang Schrodinger pada Sistem
Partikel dalam kotak sistem tiga dimensi

b. Fungsi gelombang rigid rotator dan Persamaan
Schrodinger untuk Sistem Atom Hidrogen

3

5. Metode dasar
aproksimasi, Teori
gangguan, dan Metode
Variasi dan SCF



a. Macam-macam metode dasar aproksimasi 5.2 Teori
gangguan dan metode variasi dan SCF
6.Mekanika kuantum
pada Struktur dan
spectra atom hidrogen
dan struktur atom
banyak electron.
a. Persamaan schrodinger pada struktur dan spectra
atom hydrogen atom hidrogen, orbital atom dan
tingkat energinya. Transisi spektroskopi
6.2 Persamaan schrodinger pada struktur atom banyak
elektron : aproksimasi orbital, Self consisten field
orbital, keadaan singlet dan triplet dan prinsip term
symbol dan aturan seleksi
6.3 Persamaan schrodinger pada struktur atom banyak
elektron : aproksimasi orbital, Self consisten field
orbital, keadaan singlet dan triplet dan prinsip term
symbol dan aturan seleksi
7. Proses pembentukan
molekul yang berasal
dari inti dan elektron
berdasarkan atas
perlakuan mekanika
kuantum terhadap
sistem diatomik dan
poliatomik
Metoda penyelesaian secara kualitatif untuk struktur
molekul dan keadaan elektron molekul dan metoda
orbital molekul Huckel

8. Prinsip-prinsip dasar
kimia kuantum pada
reaksi kimia yang
didasarkan pada fungsi-
fungsi elektron
Prinsip-prinsip dasar kimia kuantum pada reaksi kimia
yang didasarkan pada fungsi-fungsi 3elektron
9. Simetri molekul

Molekul sesuai dengan simetri dan sifat-sifat molekul
berdasarkan simetrinya


D. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
1. Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan dengan pendekatan student centre. Para
mahasiswa didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan memperoleh
kemampuan yang diharapkan, baik pengetahuan, keterampilan maupun sikap
2. Metode yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah:
a. Ceramah (presentasi dosen)
b. Diskusi kelas berbasis kelompok

4

c. Penugasan
d. Portofolio


E. MEDIA PEMBELAJARAN
Tuliskan media pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah ini.

Perangkat Keras Perangkat Lunak
1. …
contoh: proyektor, komputer, TV
1. …
contoh: LMS, Zoom, Google
Classroom, Google Meet, Microsoft
Teams
2. … 2. …
3. … 3. …

F. TUGAS (TAGIHAN)
Ada dua tugas utama yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama perkuliahan satu
semester, yaitu :
1. Menganalisis soal-soal yang ditentukan dosen
2. Presentasi topik-topik yang terkait materi ikatan kimia
1. Komponen dan bobot penilaian dalam persentase:
(Nilai Total = 10% A + 20% B + 35% C + 35% D
1. Kehadiran (minimal 80%, maksimal 3 kali tdk hadir) = A
2. Tugas presentasi = B
3. UTS = C
4. UAS = D


2. Strategi penilaian:
a. Tes (tuliskan penilaian berdasarkan tes).
b. Non-tes (tuliskan penilaian non-tes, misalnya produk akademik/portofolio
seperti tertulis pada butir F, observasi, survei, partisipasi, dan presentasi).

Strategi
Penilaian
Aspek yang Dinilai
Sikap
Keterampilan
Umum
Keterampilan
Khusus
Pengetahuan
Tes prestasi
(Achievement
test)
○ ◑ ● ●

5

Penilaian
Kinerja
◑ ● ● ●
Portofolio ◑ ● ◑ ◑
Observasi ● ◑ ◑ ◑
Survei ● ◑ ○ ○
Data
Longitudinal
◑ ● ● ○
Data
Administratif
◑ ● ● ○
Review
Eksternal
○ ● ○ ○
Esdal, Lars. Defining & Measuring Student-Centered Outcomes. Education Evolving, 2018, pp. 19.
Keterangan:
○ Tidak digunakan dalam penilaian
◑ Kadang digunakan dalam dalam kasus penilaian tertentu
● Sering digunakan untuk menilai keterampilan yang dimaksud

- Sikap (mencakup Keterampilan Abad ke-21 yang sesuai dengan komponen dari
Permendikbud: Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative
thinking, Computational logic, Compassion dan civic responsability)
- Keterampilan Umum (Mencakup Keterampilan Abad ke-21 dan Literasi digital)
- Strategi penilaian disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan mahasiswa dalam
matakuliah.

3. Instrumen: Lembar penilaian perkuliahan

Rubrik merupakan panduan atau pedoman penilaian yang menggambarkan kriteria
yang diinginkan dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil kinerja belajar
mahasiswa. Rubrik terdiri dari dimensi atau aspek yang dinilai dan kriteria
kemampuan hasil belajar mahasiswa ataupun indikator capaian belajar mahasiswa.

Tujuan penilaian menggunakan rubrik:
• Memperjelas dimensi atau aspek dan tingkatan penilaian dari capaian
pembelajaran mahasiswa;
• dapat menjadi pendorong atau motivator bagi mahasiswa untuk mencapai
capaian pembelajarannya.

Rubrik dapat bersifat menyeluruh atau berlaku umum dan dapat juga bersifat
khusus atau hanya berlaku untuk suatu topik tertentu atau suatu capaian
pembelajaran tertentu.

Portofolio merupakan instrument/dokumen penilaian hasil belajar yang didasarkan
pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan pencapaian CPL

6

mahasiswa dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya
mahasiswa dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik atau karya mahasiswa
yang menunjukan perkembangan kemampuannya untuk mencapai capaian
pembelajaran.

4. Kriteria penilaian/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus mata kuliah ini apabila memiliki nilai akhir
minimal C berdasarkan rentang penilaian berikut ini:

Tingkat Penguasaan
(%)
Huruf Angka Keterangan
86 – 100 A 4 Lulus
81 – 85 A- 3.7 Lulus
76 – 80 B+ 3.3 Lulus
71 – 75 B 3.0 Lulus
66 – 70 B- 2.7 Lulus
61 – 65 C+ 2.3 Lulus
56 – 60 C 2.0 Lulus
51 – 55 C- 1.7 Belum Lulus
46 – 50 D 1 Belum Lulus
0 – 45 E 0 Belum Lulus



G. KEBIJAKAN PERKULIAHAN

a. Kehadiran : Mahasiswa yang tidak hadir, baik dengan pemberitahuan
atau tidak, lebih dari 20% dari total pertemuan dianggap
tidak lulus dan mendapat nilai E.
b
.
Keterlambatan :
• Keterlambatan masuk kelas selama menit diizinkan
mengikuti perkuliahan, bila kelas dimulai pukul 8.
• Keterlambatan masuk kelas lebih dari 1-15 menit tidak
diizinkan mengikuti perkuliahan, bila kelas dimulai
pukul 9 dan seterusnya.
• Keterlambatan penyerahan tugas selama 1-7 hari dari
tenggat waktu yang ditetapkan akan mendapat
pengurangan nilai sebanyak 20 poin dari total 1-100
poin.
• Keterlambatan penyerahan tugas selama lebih dari 7
hari dari tenggat waktu yang ditetapkan akan
mendapatkan nilai 0.

7

c. Tidak
mengikuti
ujian/tidak
menyerahkan
tugas
: Mahasiswa yang tidak mengikuti ujian atau tidak
menyerahkan tugas tanpa pemberitahuan akan diberikan
nilai D pada ujian/tugas tersebut.
d
.
Kecurangan
akademik
: Mahasiswa wajib mematuhi standar aturan dan kebijakan
tentang kejujuran akademik dan menghindari tindakan
plagiarisme dan kecurangan dalam ujian. Tindakan
plagiarisme dan kecurangan dalam ujian akan diberikan
nilai E pada ujian tersebut.
e. Etika di dalam
kelas luring
:
• Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian
yang memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
• Mahasiswa tidak menggunakan alat komunikasi untuk
keperluan yang tidak terkait dengan pembelajaran.
• Mahasiswa tidak membuat kegaduhan yang
mengganggu ketertiban pembelajaran.

f. Etika di dalam
kelas daring
:
• Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian
yang memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
• Mahasiswa wajib menampilkan identitas diri dalam
bentuk tulisan, citra, atau video.


H. SUMBER (REFERENSI)
Referensi Utama:
1. Physical Chemistry Ed 9. P.W. Atkins
2. Quantum Chemistry. Donald Mc. Query
3. Rencana Perkuliahan Semester (RPS)

8





UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH (MK) KODE MATAKULIAH BOBOT (SKS) SEMESTER TANGGAL PENYUSUNAN
MEKANIKA KUANTUM

33250093 3 SKS GANJIL
DOSEN PENGAMPU
MATAKULIAH


(Dr. Achmad Ridwan, M.Si)
KOORDINATOR
PROGRAM STUDI KIMIA

(Dr. Fera Kurniadewi, M.Si)
OTORISASI/PENGAWASAN/
GPJM FAKULTAS


(Dra. Tritiyatma, M.Si)
WAKIL DEKAN I



(Dr. Esmar Budi, M.T)
TANGGAL REVISI
Capaian Pembelajaran
CPL-Program Studi yang Dibebankan pada Matakuliah (tuliskan CPL yang relevan dengan matakuliah saja)
CPL-1 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
CPL-2 Mampu memformulasikan hubungan struktur materi dengan sifat-sifat dinamis, kereaktifan, energi serta fungsi dalam
berbagai perubahan fisika dan kimia (P5)
CPL-3 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi
ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya (KU1)
CPL-4 Memahami dan menguasai penggunaan metode matematika dan numerik yang digunakan dalam kimia (KK7)
Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK)
CPMK-1 Mengkategorikan sifat-sifat partikel dan gelombang
CPMK-2 Menganalisis postulat-postulat mekanika kuantum
CPMK-3 Menentukan Tingkat energi pada harmonik oskilator mekanika kuantum
CPMK-4 Menelaah persamaan gelombang Schrodinger pada Sistem Partikel dalam kotak sistem tiga dimensi
CPMK-5 Menelaah Metode dasar aproksimasi, Teori gangguan, dan Metode Variasi dan SCF
CPMK-6 Mengaplikasikan mekanika kuantum pada Struktur dan spectra atom hidrogen dan struktur atom banyak electron.

9

CPMK-7 Memerinci Proses pembentukan molekul yang berasal dari inti dan elektron berdasarkan atas perlakuan mekanika
kuantum terhadap sistem diatomik dan poliatomik
CPMK-8 Mengimplementasikan prinsip-prinsip dasar kimia kuantum pada reaksi kimia yang didasarkan pada fungsi-fungsi
elektron
CPMK-9 Mengklasifikasikan molekul sesuai dengan simetri dan bagaimana menggunakan klasifikasi ini untuk membahas sifat-
sifat molekul properti. simetri integral, kita melihat bahwa adalah mungkin untuk menurunkan aturan seleksi yang
mengatur transisi spektroskopi.
Sub-Capaian Pembelajaran Matakuliah (Sub-CPMK) (uraian dari CPMK berbasis pertemuan/tatap muka)
Sub-CPMK-1.1 Memahami kegagalan mekanika klasik
Sub-CPMK-1.2 Memahami prinsip Mekanika kuantum
Sub-CPMK-1.3 Memahami sifat dualitas gelombang-partikel
Sub-CPMK-2.1 Fungsi gelombang : Persamaan schrodinger
Sub-CPMK-2.2 Prinsip mekanika kuantum : postulat mekanika kuantum, operator
Sub-CPMK-3.1 Fungsi gelombang translasi : partikel dalam kotak
Fungsi gelombang vibrasi : tingkat energi
Sub-CPMK-3.2 Menghitung konstanta distribusi
Sub-CPMK-4.1 Menemukenali persamaan gelombang Schrodinger pada Sistem Partikel dalam kotak sistem tiga dimensi
Sub-CPMK-4.2 Mengintepretasikan Fungsi gelombang rigid rotator dan Persamaan Schrodinger untuk Sistem Atom Hidrogen
Sub-CPMK-5.1 Menjelaskan macam-macam metode dasar aproksimasi
Sub-CPMK-5.2 Menjelaskan teori gangguan dan metode variasi dan SCF
Sub-CPMK-6.1 Menggunakan persamaan schrodinger pada struktur dan spectra atom hydrogen atom hidrogen, orbital atom dan
tingkat energinya. Transisi spektroskopi
Sub-CPMK-6.2 Menggunakan persamaan schrodinger pada struktur atom banyak elektron : aproksimasi orbital, Self consisten field
orbital, keadaan singlet dan triplet dan prinsip term symbol dan aturan seleksi
Sub-CPMK-6.3 Menggunakan persamaan schrodinger pada struktur atom banyak elektron : aproksimasi orbital, Self consisten field
orbital, keadaan singlet dan triplet dan prinsip term symbol dan aturan seleksi
Sub-CPMK-7.1 Metoda penyelesaian secara kualitatif untuk struktur molekul dan keadaan elektron molekul dan metoda orbital
molekul Huckel
Sub-CPMK-8.1 Menyebutkan Prinsip-prinsip dasar kimia kuantum pada reaksi kimia yang didasarkan pada fungsi-fungsi 9electron
Sub-CPMK-8.2 Menjelaskan Teori orbital tentang kereaktifan
Sub-CPMK-8.3 Membandingkan Reaksi penambahan siklik dan pertukaran ikatan kimia, Selektivitas dan efek substitusi dalam reaksi
kimia
Sub-CPMK-9.1 Menyebutkan nama-nama molekul sesuai dengan simetri dan sifat-sifat molekul berdasarkan simetrinya
Korelasi CPMK dan Sub-CPMK (beri tanda  atau arsiran)

10


Sub
-
CPMK
-
1
.1

Sub
-
CPMK
-
1.2

Sub
-
CPMK
-
1.3

Sub
-
CPMK
-
2.1

Sub
-
CPMK
-
2.2

Sub
-
CPMK
-
3.1

Sub
-
CPMK
-
3.2

Sub
-
CPMK
-
4.1

Sub
-
CPMK
-
4.2

Sub
-
CPMK
-
5.1

Sub
-
CPMK
-
5.2

Sub
-
CPMK
-
6.1

Sub
-
CPMK
-
6.2

Sub
-
CPMK
-
6.3

Sub
-
CPMK
-
7.1

Sub
-
CPMK
-
8.1

Sub
-
CPMK
-
8.2

Sub
-
CPMK
-
8.3

Sub
-
CPMK
-
9.1


CPMK-1 V V V
CPMK-2 V V
CPMK-3 V V
CPMK-4 V V
CPMK-5 V V
CPMK-6 V V V
CPMK-7 V
CPMK-8 V V V
CPMK-9 V

11


RINCIAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Peka
n ke-
Sub CPMK Indikator Materi Materi
Perkuliahan/
Pokok Bahasan
Bentuk/Metode
Pembelajaran
Moda
Pembelajaran
Alokasi
waktu
Penilaian Referensi
Daring Luring Strategi Kriteria
dan Bubrik
1-2 Mengkategorikan
sifat-sifat partikel
dan gelombang















-
Mengklasifik
asikan sifat-sifat
partikel dan
gelombang
- Membandingkan
sifat-sifat partikel
dengan sifat-sifat
gelombang
-
Mendiferensi
asikan persamaan
gelombang
1. Kegagalan
mekanika
klasik
2. Mekanika
kuantum
3. sifat dualitas
gelombang-
partikel

Ceramah dan
Diskusi
300 RPS,
Laptop,
LCD, power
point
3-4
Menganalisis
postulat-postulat
mekanika kuantum
-
Mendiferensiasika
n persamaan
gelombang pada
persamaan
Schrodinger
- Memerinci
postulat-postulat
1. Fungsi
gelombang :
Persamaan
schrodinger
2. Prinsip
mekanika
kuantum :
postulat
mekanika
Ceramah dan
Diskusi

12

mekanika
kuantum
- Menggunakan
operator
mekanika
kuantum yang
terdapat pada
postulat mekanika
kuantum
kuantum,
operator
5








Menentukan
Tingkat energi pada
harmonik oskilator
mekanika kuantum
1. Menemukenali
harmonik
oskilator menurut
hukum Hook
2. Menginterpretasi
kan Tingkat
energi pada
harmonik
oskilator
mekanika
kuantum
3. Mengimplementa
sikan Fungsi
gelombang
harmonik
oskilator
menggunakan
polynomial
hermit
1. Fungsi
gelombang
translasi :
partikel dalam
kotak
2. Fungsi
gelombang
vibrasi :
tingkat energi

Ceramah dan
Diskusi



150

RPS,
Laptop,
LCD, power
point

13

6
Menelaah
persamaan
gelombang
Schrodinger pada
Sistem Partikel
dalam kotak sistem
tiga dimensi
Menemukenali
persamaan
gelombang
Schrodinger pada
Sistem Partikel
dalam kotak
sistem tiga
dimensi

Fungsi
gelombang
rotasi : system
dua dimensi
dan system
tiga dimensi
Ceramah dan
Diskusi

150


7
Menelaah
persamaan
gelombang
Schrodinger pada
Sistem Partikel
dalam kotak sistem
tiga dimensi
1. Mengintepretasi
kan Fungsi
gelombang rigid
rotator
2. Mengimplement
asikan
Persamaan
Schrodinger
untuk Sistem
Atom Hidrogen
Persamaan
Schrodinger
pada fungsi
gelombang rigid
rotator

150


8
9 Menelaah Metode
dasar aproksimasi,
Teori gangguan,
dan Metode Variasi
dan SCF
1. Menjelaskan
macam-macam
metode dasar
aproksimasi
2. Menjelaskan
teori gangguan
3. Membandingkan
metode variasi
dan SCF
Teori
peturbasi
Ceramah,
Diskusi, dan
presentasi
150



RPS,
Laptop,
LCD

14

10-11
Mengaplikasikan
mekanika kuantum
pada Struktur dan
spectra atom
hidrogen dan
struktur atom
banyak electron.
- Menggunakan
persamaan
schrodinger pada
struktur dan
spectra atom
hydrogen atom
hidrogen, orbital
atom dan tingkat
energinya.
Transisi
spektroskopi
- Menggunakan
persamaan
schrodinger pada
struktur atom
banyak elektron :
aproksimasi
orbital, Self
consisten field
orbital, keadaan
singlet dan triplet.
- Menjelaskan
prinsip term
symbol dan aturan
seleksi
1. Fungsi
gelombang
atom
hidrogen
2. Prinsip Term
symbol dan
aturan
seleksi

Ceramah,
Diskusi, dan
presentasi

300

RPS,
Laptop,
LCD
12 Memerinci Proses
pembentukan
molekul yang
berasal dari inti dan
elektron
berdasarkan atas
perlakuan
mekanika kuantum
terhadap sistem
diatomik dan
poliatomik
- Metoda
penyelesaian
secara kualitatif
untuk struktur
molekul dan
keadaan elektron
molekul.
- Metoda orbital
molekul Huckel
1. Teori orbital
molekul
2. Teori orbital
molekul
poliatomik :
teori Huckel
dan
i. 1
Ceramah,
Diskusi, dan
presentasi

150 RPS,Laptop
, LCD

15

13-14
Mengimplementasi
kan prinsip-prinsip
dasar kimia
kuantum pada
reaksi kimia yang
didasarkan pada
fungsi-fungsi
elektron
- Menyebutkan
Prinsip-prinsip
dasar kimia
kuantum pada
reaksi kimia yang
didasarkan pada
fungsi-fungsi
15lectron
- Menjelaskan Teori
orbital tentang
kereaktifan
- Membandingkan
Reaksi
penambahan siklik
dan pertukaran
ikatan kimia,
Selektivitas dan
efek substitusi
dalam reaksi kimia
Prinsip-prinsip
Unsur simetri

.
Ceramah,
Diskusi, dan
presentasi
300 RPS,
Laptop,
LCD
15 Mengklasifikasikan
molekul sesuai
dengan simetri dan
bagaimana
menggunakan
klasifikasi ini untuk
membahas sifat-
sifat molekul
properti. simetri
integral, kita
melihat bahwa
adalah mungkin
untuk menurunkan
aturan seleksi yang
- Menyebutkan
nama-nama
molekul sesuai
dengan simetri
- Menjelaskan sifat-
sifat molekul
berdasarkan
simetrinya
Simetri molekul

Ceramah,
Diskusi, dan
presentasi
150

RPS,
Laptop,
LCD, power
point

16

mengatur transisi
spektroskopi.

16

TM : Tatap Muka
BT : Belajar Terstruktur
BM : Belajar Mandiri



LAMPIRAN RPS

1. Perkuliahan berbasis hasil penelitian dan/atau P2M

Setelah memasukkan satu bagian dalam RPS tentang relevansi mata kuliah dengan hasil penelitian dan/atau P2M (bila ada), kemudian jelaskan:

1) Beberapa bahasan MK ini diambil dari penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana tercantum dalam tabel C-Materi)
yang tertuang pada pokok bahasan pada pekan …, yaitu : … .
2) Bentuk pembelajaran yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari hasil penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana
tercantum dalam tabel J-Rincian Rencana Kegiatan), yaitu model pembelajaran … .
3) Instrumen penilaian/evaluasi yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana
tercantum dalam bagian G-Penilaian), yaitu: … .
4) dll, jika ada.

2. Tabel Revisi/Catatan Perubahan RPS
Tanggal Penyusunan Tanggal Revisi Tim Perevisi Isi Revisi

17

3. Peta konsep
4. Materi Ajar (buku, salindia, dll)
5. Skenario Implementasi Metode Pembelajaran
6. Rincian Tugas
7. Kisi-kisi dan Instrumen Penilaian

28



Catatan :
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh
melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian
konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-
pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri