TelaahKurikulumPendidikan
MatematikaSekolah
Menengah
Design by
FaridaNurhasanah
2012

Kajian
DokumenSI
Kajian
Pelaksanaan
SI
Kajian
Kurikulum
Pendidikan
Matematika
HasilKajianKebijakanKurikulumPendidikan
MatematikadiIndonesia
•Sebagianbesargurubelummemahamibahkan
memilikidokumenSI
•Kepadatanmatericukuptinggi,tidak
tertampungolehalokasiwaktu(gurumasih
mengacupadamenghabiskanmateribukanKD
danSK
A.Aspekpenyusunanprogram:
•Guru kesulitanmerumuskan indikator
berdasarkanSKdanKD
•gurukesulitanmenyusunsilabus
•gurukesulitanmenjabarkanSK/KDmenjadi
materidanbahanajar
B.AspekPelaksanaanKBM
•Materihanyadiambildaribukupegangan
•ProsesKBMmasihkonvensional
•Penilaiandanpelaporanketigaranahbelajarkurag
cocokuntukmatematika
•penilaiantidaksesuaiKDkrnmengambilsoal-soal
daribuku
•belummemanfaatkanICTdanlingkungan
•siswatidakterampilmenggunakanmediadanalat
peraga
•tidakadatenagakompetenyangbisamembantu
menyelesaikanmasalahKTSP

•BenahiketrampilandalammenjabarkanSKdanKDmenjadi
indikator
•Bekalitenagapendidik/calonpendidikmatematikadengan
pengetahuandanketrampilanmenggunakanstartegi
mengajaryangvariatifdanberhubungandengankonteks
•Bekalitenagapendidik/calonpendidikdenganpengetahuan
menggunakanmediapembelajaranmatematika
BerdasarHasilKajianKebijakanKurikulum
PendidikanMatematikadiIndonesia
Bekalicalontenagapendidikmatematika
dengankonsepyang benar

BerpikirAljabar
MenurutKaput (1999); terdapat5 bentuk
logikaaljabar:
1.Generalisasidariaritmatikadanpola
2.Pemanfaatansimbol
3.Pembelajarantentangstruktursistem
bilangan
4.Pembelajarantentangpoladanfungsi
5.Pemodelanmatematis

Bagaimanamengembangkankemampuan
berpikiraljabarsejakdini?
A.GeneralisasidalamBilangandanOperasi
•Simbolisme
•Variabeldalampersamaan
B. MemperjelasStrukturdalamSistemBilangan
•Membuatdanmembuktikandugaan
•Pola-polaberulang
•Bagandanpolabilangan
•Polayang berkembang-pengenalanfungsi
•pernyataanumumfungsidaripola
•Membuatgrafikdaripola

Bagaimanamengembangkankemampuan
berpikiraljabarsejakdini?
C. KonsepdanRepresentasiFungsi
•5 representasifungsi
•membuathubunganantarrepresentasifungsi
D. EksplorasidenganHubunganFungsional
•Hubungandidunianyata
•situasi-situasiproporsional
•fungsidanpengukuran
•Fungsidaridiagram pencar

Bagaimanamengembangkankemampuan
berpikiraljabarsejakdini?
E. GeneralisasitentangFungsi
•Analisistentanglajuperubahan
•Klasifikasiberbagaijenisfungsiberdasarkangrafik
ataupersamaannya
F. PemodelanMatematika

SimbolismedanVariabeldalamPersamaan
•Konsepvariabeldansimbolismedikembangkansecarabersamaan
Artitanda“=“
1.Siswaperlumengetahuidanmemahamihubungandalamsistem
bilangan
2.Biasanyasiswaakanmenemuitandatersebutpadasoal-soaldalam
bentukeskpresialjabar
1.Kenalkandengankalimat/pernyataanterbukadanpernyataan
benar/salah
2.Arahkankepadakemampuanberpikirrelasional

Contoh
•KalimatTerbuka
1.5 + 2 = 7 + □
2.12 -□= 15 –6
3.20 x 48 = □x 24
4.□: 4 = 15 : 3
5.81 : 9 = □: 7
•KalimatBenar/Salah
1.4 + 5 = 8 +1
2.6 –3 = 7 –4
3.674 –389 = 664 –379
4.5 x 84 = 10 x 42
5.64 : 14 = 32 : 28
Selesaikanpermasalahantersebutdenganmenggunakan
strategiberpikirrelasional!

KonsepVariabel
•VariabelsebagaiKuantitas
yang bervariasi
1.a+12=20–b
2.Jikasalahsatuvariabel
berubahmakavariabellain
jugaberubahbukankarena
keduavariabelituberbeda
sehinganilainyaberbeda
3.Manfaatkankontekspada
situasiketikavariabel
bervariasi
Variabelsebagainilaiyang
tidakdiketahui
1.Dikenalkanpadakalimatterbuka
dengansimbol□
2.Mulaidengantanyakannilaiyang
seharusnyaadadlm□,lalu
lanjutkandenganpertanyaan
tentangbilanganygmemenuhi
3.□+□+□+5=□+19
4.Terdapatkonvensitentang
penggunaanvariabeljamak
Agar siswadapatbekerjadenganekspresiyang mengandungvariabeltanpahars
berpikirtentangbilangantertentuataubilanganyang diwakilkanolehhuruttertentu

PersamaanatauPertidaksamaan
ManfaatkanKonsepTimbangan
(3 x 2) + 6 3 x 15
2a –1 5(a+ 3)
2a 5a + 15 + 1
–3a 16
a -(16/3)
Cek!
2(-16/3) –1 5(-16/3 + 3)
-32/3 –3/3
-80/3 + 45/3

ManfaatkanKonsepTimbangan
13 21 14

1.Belajarfaktadasar
2.Belajarstrategiberhitung
3.Memeriksastrukturatausifatoperasiaritmetika
secaraeksplisit
4.Mengekspresikannyadengancarayangumum
MempelajariStrukturdiSistemBilangan
MembuatDugaandanmembutikanDugaan
(Membuktikansuatupernyataanitubenarmerupakaninti
darimengerjakanmatematika)

s
MembuktikaDugaan
Ajukanpertanyaan“apakahdugaantersebut
selalubenar?Bagaimanacarakita
membuktikannya?”
1.Siswamenggunakanargumentasi“gurusaya
dulubilangbegitu”
2.Siswamembuktikanmenggunakancontoh
3.Mencobamenggunakanbeberapabentuklogika
BandingkandenganSI danSKL padaSD, SMP ,
danSMA diIndonesia !

KeutamaandanKebijaksanaan
Tidakharussemuasiswadapat
membuatdugaan, namunyang terpenting
adalahpastikansemuasiswadapat
denganaktifmempertimbangkan
validitasataukebenarandarisemua
dugaanyang dibuat!
Membangunkemampuanberpikirlogis