Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl
Penyusunan
Telaah Kurikulum Sekolah 8821002204 Mata Kuliah Wajib
Program Studi
T=2P=0ECTS=3.18 3 23
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Drs. Imam Zaini, M.Pd., Dra. Siti
Mutmainah, M.Pd.
....................................... Fera Ratyaningrum, S.Pd.,
M.Pd.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi perkembangan kurikulum pendidikan seni di Indonesia
CPMK - 2 Mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran inovatif berbasis kurikulum pendidikan seni di Indonesia
yang up to date
CPMK - 3 Mahasiswa mampu merancang media pembelajaran inovatif berbasis kurikulum pendidikan seni di Indonesia yang
up to date dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat
Matrik CPL - CPMK

CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
Deskripsi
Singkat MK
Matakuliah ini berisi tentang hakekat kurikulum, komponen kurikulum, Kompetensi Standar/Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar,
serta pengembangan kurikulum secara aplikatif dalam pembelajaran, terutama tentang tujuan, isi, bahan, metode dan teknik
pengukuran keberhasilan pembelajaran dengan diskusi dan penelusuran pustaka.
Pustaka Utama :
1.Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
2.Nasution. 2010. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
3.Soehardjo, AJ. 2005. Pendidikan Seni: Dari Konsep Sampai Program. Malang: Balai Kajian seni dan Desain
4.Tim. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
5.Lampiran Permendikbud RI No.38 tahun. 2016. tentang KI-KD SMP/M.Ts Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Menengah
6.Lampiran Permendikbud RI No.48 tahun. 2016. tentang KI-KD SMA/SMK Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Dra. Siti Mutmainah, M.Pd.
Pungki Siregar, S.Pd., M.A.

Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Memahami Kontrak
Perkuliahan
Memahami Konsep
Kurikulum
1.1. Dapat
menjelaskan
isi kontrak
perkuliahan
2.2. Dapat
menjelaskan
pengertian
kurikulum
3.3. Dapat
menjelaskan
fungsi
kurikulum
Kriteria:
menjelaskan dengan
benar pengertian dan
fungsi kurikulum
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
Memahami
Kontrak
Perkuliahan
dan Memahami
Konsep
Kurikulum
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
2%
2
Minggu ke 2
Memahami Landasan
Pengembangan
Kurikulum
Dapat
menjelaskan
landasan
kurikulum
ditinjau dari
aspek fisiologis,
sosiologis,
psikologis,
pembangunan,
Ipteks
Kriteria:
dapat
mendeskripsikan
denganbenar
landasan kurikulum
ditinjau dari aspek
fisiologis, sosiologis,
psikologis,
pembangunan, Ipteks
Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
landasan
kurikulum
ditinjau dari
aspek fisiologis,
sosiologis,
psikologis,
pembangunan,
Ipteks
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
3%
3
Minggu ke 3
Memahami
Komponen-
komponen
Pengembangan
Kurikulum
Dapat
menjelaskan
berbagai
komponen
pengembangan
kurikulum,
yakni: tujuan,
materi, metode,
organisasi,
evaluasi
Kriteria:
menjelaskan dengan
benar berbagai
komponen
pengembangan
kurikulum, yakni:
tujuan, materi,
metode, organisasi,
evaluasi
Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
berbagai
komponen
pengembangan
kurikulum,
yakni: tujuan,
materi, metode,
organisasi,
evaluasi
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
5%

4
Minggu ke 4
Memahami
Perkembangan
Kurikulum Sekolah di
Indonesia
Dapat
menjelaskan
Perkembangan
Kurikulum
Sekolah di
Indonesia dari
era Orla-
Reformasi.
Kriteria:
mendeskripsikan
Perkembangan
Kurikulum Sekolah di
Indonesia dari era
Orla-Reformasi.
Bentuk Penilaian :
Tes
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
Perkembangan
Kurikulum
Sekolah di
Indonesia
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Materi:
Perkembangan
Kurikulum
Sekolah di
Indonesia
Pustaka:
Nasution. 2010.
Kurikulum dan
Pengajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Materi:
Perkembangan
Kurikulum
Sekolah di
Indonesia
Pustaka:
Soehardjo, AJ.
2005.
Pendidikan
Seni: Dari
Konsep Sampai
Program.
Malang: Balai
Kajian seni dan
Desain
Materi:
Perkembangan
Kurikulum
Sekolah di
Indonesia
Pustaka: Tim.
2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta:
Rajawali Pers
10%
5
Minggu ke 5
Memahami Kurikulum
2013
Dapat
menjelaskan
Rasional
perubahan,
Elemen
Perubahan, dan
Struktur K-13
Kriteria:
menjelaskan dengan
benar Perkembangan
Kurikulum Sekolah di
Indonesia dari era
Orla-Reformasi.
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
Perkembangan
Kurikulum
Sekolah di
Indonesia dari
era Orla-
Reformasi.
Pustaka:
Nasution. 2010.
Kurikulum dan
Pengajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
0%
6
Minggu ke 6
Memahami Kurikulum
2013
Dapat
menjelaskan
Rasional
perubahan,
Elemen
Perubahan, dan
Struktur K-13
Kriteria:
mendeskripsikan
Rasional perubahan,
Elemen Perubahan,
dan Struktur K-13
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,
diskusi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
Rasional
perubahan,
Elemen
Perubahan, dan
Struktur K-13
Pustaka:
Soehardjo, AJ.
2005.
Pendidikan
Seni: Dari
Konsep Sampai
Program.
Malang: Balai
Kajian seni dan
Desain
5%

7
Minggu ke 7
UTS Materi
pertemuan 1
sampai 6
Kriteria:
mendeskripsikan
dengan benar materi
pertemuan 1-6
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Tes
2 X 50
Materi:
Memahami
Konsep
Kurikulum
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Materi:
Memahami
Landasan
Pengembangan
Kurikulum
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Materi:
Memahami
Komponen-
komponen
Pengembangan
Kurikulum
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Materi:
Memahami
Perkembangan
Kurikulum
Sekolah di
Indonesia
Pustaka:
Soehardjo, AJ.
2005.
Pendidikan
Seni: Dari
Konsep Sampai
Program.
Malang: Balai
Kajian seni dan
Desain
Materi:
Memahami
Kurikulum 2013
Pustaka:
Soehardjo, AJ.
2005.
Pendidikan
Seni: Dari
Konsep Sampai
Program.
Malang: Balai
Kajian seni dan
Desain
10%
8
Minggu ke 8
Memahami Isi
Kurikulum 2013 SMP
Dapat
menganalisis isi
K-13 (SMP)
aspek KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Kriteria:
menganalisis dengan
benar isi K-13 (SMP)
aspek KI, KD,
Indikator, tujuan,
Materi pelajaran
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi: isi K-13
(SMP) aspek
KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Pustaka: Tim.
2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta:
Rajawali Pers
5%

9
Minggu ke 9
Memahami Isi
Kurikulum 2013 SMP
Dapat
menganalisis isi
K-13 (SMP)
aspek KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Kriteria:
menganalisis dengan
benar isi K-13 (SMP)
aspek KI, KD,
Indikator, tujuan,
Materi pelajaran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi: isi K-13
(SMP) aspek
KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Pustaka:
Lampiran
Permendikbud
RI No.38 tahun.
2016. tentang
KI-KD
SMP/M.Ts
Kurikulum 2013
Pendidikan
Dasar dan
Menengah
Materi: isi K-13
(SMP) aspek
KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Pustaka:
Lampiran
Permendikbud
RI No.48 tahun.
2016. tentang
KI-KD
SMA/SMK
Kurikulum 2013
Pendidikan
Dasar dan
Menengah
5%
10
Minggu ke 10
Memahami Isi
Kurikulum 2013 SMP
Dapat
menganalisis isi
K-13 (SMP)
aspek KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Kriteria:
menganalisis dengan
benar isi K-13 (SMP)
aspek KI, KD,
Indikator, tujuan,
Materi pelajaran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi: isi K-13
(SMP) aspek
KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Pustaka:
Lampiran
Permendikbud
RI No.38 tahun.
2016. tentang
KI-KD
SMP/M.Ts
Kurikulum 2013
Pendidikan
Dasar dan
Menengah
Materi: isi K-13
(SMP) aspek
KI, KD,
Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Pustaka:
Lampiran
Permendikbud
RI No.48 tahun.
2016. tentang
KI-KD
SMA/SMK
Kurikulum 2013
Pendidikan
Dasar dan
Menengah
5%
11
Minggu ke 11
Memahami Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Dapat
menganalisis isi
K-13 aspek KI,
KD, Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Kriteria:
menganalisis dengan
benar isi K-13 aspek
KI, KD, Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran (SMK)
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
Memahami Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Pustaka: Tim.
2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta:
Rajawali Pers
5%

12
Minggu ke 12
Memahami Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Dapat
menganalisis isi
K-13 aspek KI,
KD, Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Kriteria:
menganalisis dengan
benar isi K-13 aspek
KI, KD, Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran (SMK)
Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
Memahami Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Pustaka: Tim.
2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta:
Rajawali Pers
10%
13
Minggu ke 13
Memahami Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Dapat
menganalisis isi
K-13 aspek KI,
KD, Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran
Kriteria:
menganalisis dengan
benar isi K-13 aspek
KI, KD, Indikator,
tujuan, Materi
pelajaran (SMK)
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi:
Memahami Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Pustaka: Tim.
2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta:
Rajawali Pers
10%
14
Minggu ke 14
Memahami Garis
besar Rencana
Pembelajaran
Dapat
menyusun garis
besar rencana
pembelajaran
Kriteria:
menyusun dengan
bena rgaris besar
rencana
pembelajaran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi: garis
besar rencana
pembelajaran
Pustaka: Tim.
2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta:
Rajawali Pers
5%
15
Minggu ke 15
Memahami Garis
besar Rencana
Pembelajaran
Dapat
menyusun garis
besar rencana
pembelajaran
Kriteria:
menyusun dengan
bena rgaris besar
rencana
pembelajaran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif,
Penilaian Portofolio
Presentasi,
tanya
jawab
2 X 50
Materi: garis
besar rencana
pembelajaran
Pustaka: Tim.
2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta:
Rajawali Pers
5%

16
Minggu ke 16
UAS Materi
pertemuan 8
sampai 15
Kriteria:
membuat rancangan
pembelajaran dengan
benar dam
mempresentasikan
hasil rancangan
pembelajaran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
2 X 50
Materi: Garis
besar Rencana
Pembelajaran
Pustaka:
Hamalik,
Oemar. 2012.
Kurikulum dan
Pembelajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Materi: Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Pustaka:
Nasution. 2010.
Kurikulum dan
Pengajaran.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Materi: Isi
Kurikulum 2013
SMA/SMK
Pustaka:
Lampiran
Permendikbud
RI No.48 tahun.
2016. tentang
KI-KD
SMA/SMK
Kurikulum 2013
Pendidikan
Dasar dan
Menengah
Materi: Isi
Kurikulum 2013
SMP
Pustaka:
Lampiran
Permendikbud
RI No.38 tahun.
2016. tentang
KI-KD
SMP/M.Ts
Kurikulum 2013
Pendidikan
Dasar dan
Menengah
15%
Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 42%
2.Penilaian Portofolio 35%
3.Tes 23%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur
atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik
terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.

8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
RPS ini telah divalidasi pada tanggal 4 Februari 2024
Koordinator Program Studi S1
Pendidikan Seni Rupa
Fera Ratyaningrum, S.Pd.,
M.Pd.
NIDN 0005027911
UPM Program Studi S1
Pendidikan Seni Rupa
Ika Anggun Camelia, S.Pd.,
M.Pd.
NIDN 0024019104
File PDF ini digenerate pada tanggal 23 September 2024 Jam 08:27 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa