Nama Perguruan Tinggi
:
Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Hidayatullah Balikpapa n
Fakultas
:
Syariah
Jurusan
:
Muamalah
Program Studi
:
Hukum Ekonomi Syariah
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
SKS
Semester
Tanggal Penyusunan
Tafsir Ahkam 3 (Muamalah) HES 1235 2 V 10 Agustus 2020
Otorisasi
Dosen Pengampu
Wakil Dekan Bidang Akademik &
Pengembangan
Ketua

Program Studi
Siti Solekhah, S.H.I., M.M. M. Rizky Kurnia Sah, S.H.I., M.E. Herianto, S.H.I., M.E.I.
Capaian Pembelajaran (CP)
CPL-Prodi (Capaian Pembelajaran Lulusan Program Stu di) Yang Dibebankan Pada Mata Kuliah Profil Lulusan

1.
2. -
3. –

Sikap
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalank an tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan berm asyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban
berdasarkan Pancasila;
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggu ngjawab pada
negara dan bangsa;
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisin al orang
lain;
6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kep edulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarak at dan bernegara;
8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan d i bidang keahliannya secara mandiri; dan
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahan;

Pengetahuan

1. Mahasiswa mampu meneliti dan menemukan data berkenaan dengan tafsir ayat-ayat ekonomi sesuai dengan te ma
pembahasan.
2. Mahasiswa memahami kandungan dan tafsir ayat-ayat t entang ekonomi; produksi, distribusi, konsumsi, dan lain-lain.

Penguasaan Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistemati s dan inovatif dalam konteks pengembangan atau impl ementasi ilmu
pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliannya;
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan ter ukur.
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlianny a berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah da lam rangka
menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik se ni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya da lam bentuk skripsi atau
laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akh ir, dan mengunggahnya
dalam laman perguruan tinggi;
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek s penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdas arkan hasil
analisis informasi dan data;
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam mau pun di
luar lembaganya;
7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terha dap
penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada peker ja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
8. Mampu melakukan proses evaluasi terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu
mengelola pembelajaran secara mandiri;
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan
mencegah plagiasi;
10. Mampu mengkomunikasikan dan mempublikasikan ide, ga gasan, usulan dan laporan kegiatan sesuai dengan ke tentuan dan
gaya selingkung yang berlaku.

Penguasaan Keterampilan Khusus
1. Terampil memilih dan menetapkan kitab rujukan dan a yat-ayat yang berkaiatan dengan pokok dan sub pokok bahasan
berkaitan dengan tafsir ayat-ayat ekonomi.
2. Terampil menerapkan penafsiran ayat-ayat ekonomi da lam menjawab persoalan ekonomi masa kini.

CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) Agar mahasiswa dapat memahami
tafsir
ayat
-
ayat yang menjadi landasan hukum thaharah, shalat, puasa, zakat, haji dan umrah
.

Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Mata kuliah ini menekankan pada tafsir terhadap
ayat
-
ayat hukum terkait dengan ibadah. Ayat
-
ayat hukum yang menjadi materi
mata kuliah ini merupakan ayat-ayat yang menjadi la ndasan hukum thaharah, shalat, puasa, zakat, haji d an umrah.
Dengan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memili ki pemahaman tentang landasan hukum bidang ibadah d an pernikahan serta
mampu memahami tafsir terhadap ayat-ayat hukum peri badatan, mulai dari thaharah, shalat, puasa, zakat, sampai pada haji dan
umrah.

Materi Pembelajaran/ Pokok Bahasan
1.

Konsep dan metodologi tafsir ayat ahkam

2.
Definisi thaharah dan ketentuannya

3. Sholat
4. Puasa
5. Zakat
6. Strategi dakwah ekonomi islam dalam QS. As-Shaff 1- 4
7. Riba dan implikasi hukumnya bagi ekonomi islam
8. Hukum harta anak yatim dan hal-hal terkait dengan n afkah
9. Memahami ayat-ayat tentang konsep harta dalam islam dan menjelaskan dalil tentang pencatatan hutang
Konsep harta dalam
islam.


Pustaka
Utama 1.

Ash
-
Shabuni, Muhammad Ali (t.th.)
Rawa’iu


Al
-
Bayan Tafsiru Ayati
Al
-
Ahkam min Al
-
Qur’an
, Kulliyatu Asy
-
Syari’ah wa Ad
-
Dirasat
Al-Islamiyah, Makkah Al-Mukarramah
2. Al-Faizin, Abdul Wahid, Tafsir Ekonomi Kontemporer (2018) cet 1 gema insani, Jakarta.

Pendukung Katsir, Ibnu, Al
-
Hafidz Imaduddin Abu Al
-
Fida’ Ismail Al
-
Qursyi Ad
-
Dimasqi (1994)
Tafsir Al
-
Qur’an Al
-
Adzim
, Damaskus
.

Media Pembelajaran
Perangkat Lunak
Perangkat Keras
PPT Presentasi LCD Projector dan Papan Tulis
Mata Kuliah Syarat -
Minggu
Ke-
Sub CP-MK
Bahan Kajian Materi
Pembelajaran
Bentuk dan
Metode
Pembelajaran

Estimasi
Waktu
Pengalaman Belajar
Mahasiswa
Penilaian

Kriteria dan
Bentuk Penilaian
Indikator
Bobot
Penilaian
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
1

Mampu menjelaskan
1.

Kontrak belajar

Ceramah,
100

Mahasiswa bisa menangkap
Ketepatan
a.

Ketepatan
5%

Minggu
Ke-
Sub CP-MK
Bahan Kajian Materi
Pembelajaran
Bentuk dan
Metode
Pembelajaran

Estimasi
Waktu
Pengalaman Belajar
Mahasiswa
Penilaian

Kriteria dan
Bentuk Penilaian
Indikator
Bobot
Penilaian
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
materi yang akan diajarkan.
2.

P
engantar
Tafsir
Ahkam.

3. Membahas tujuan,
materi, strategi,
evaluasi, tugas
dalam perkuliahan

diskusi

gambaran pembelajaran kedepan
penjelasan, kerjasama dan
kemampuan
komunikasi
menjelaskan jatidiri masing-
masing
b. Ketepatan
dalam
menjelaskan
materi yang
akan diajarkan.
2

Mampu menjelaskan

k
onsep dan
metodologi tafsir
ayat ahkam

Konsep dan metodologi tafsir ayat ahkam
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan tentang
k
onsep dan metodologi
tafsir ayat ahkam
.
Ketepatan penjelasan,
kerjasama dan
kemampuan
komunikasi
Ketepatan menjelaskan tentang
k
onsep dan
metodologi tafsir
ayat ahkam.

5%

3

Mampu menjelaskan serta mendefinisikan thaharah dan
ketentuannya.

Definisi thaharah dan ketentuannya
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan serta
mendefinisikan
thaharah dan
ketentuannya
.
Ketepatan penjelasan,
kerjasama dan
kemampuan
komunikasi
Ketepatan menjelaskan serta
mendefinisikan
thaharah dan
ketentuannya.

5 %

4

Mampu menjelaskan

sholat (perintah
sholat, makna
iqomah, arah kiblat
dan sholat ma’zur).
Shol
at

1. Perintah Sholat
2. Makna iqomah
3. Arah kiblat
4. Sholat ma’zur
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan tentang sholat
(perintah sholat, makna
iqomah, arah kiblat dan
sholat ma’zur).
Ketepatan penjelasan,
kerjasama dan
kemampuan
komunikasi
Ketepatan menjelaskan tentang
sholat (perintah
sholat, makna
iqomah, arah kiblat
dan sholat ma’zur).
5%

5

Mampu menjelaskan

ketentuan sholat
jum’at dan lafzh
adzan
Sholat Jum’at

1. Ketentuan
2. Lafazh adzan
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan ketentuan
sholat jum’at dan lafzh
adzan.
Ketepatan penjelasan,
kerjasama dan
kemampuan
komunikasi
Ketepatan menjelaskan
ketentuan sholat
jum’at dan lafzh
adzan.
5%

6

Mampu menjelaskan

sholat safar dan
sholat khauf
Shalat

1. Shalat Safar
2. Shalat Khauf
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan sholat safar
dan sholat khauf.
Ketepatan penjelasan,
kerjasama dan
kemampuan
komunikasi
Ketepatan menjelaskan sholat
safar dan sholat
khauf.
5%

7

Mampu menjelaskan

ayat-ayat puasa
Puasa

1.
Ayat-ayat puasa
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan ayat-ayat
Ketepatan penjelasan,
Ketepatan menjelaskan ayat-
5%

Minggu
Ke-
Sub CP-MK
Bahan Kajian Materi
Pembelajaran
Bentuk dan
Metode
Pembelajaran

Estimasi
Waktu
Pengalaman Belajar
Mahasiswa
Penilaian

Kriteria dan
Bentuk Penilaian
Indikator
Bobot
Penilaian
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
dan fidyah.

2.

Fidyah

puasa
dan fidyah.

kerjasama dan kemampuan
komunikasi
ayat puasa dan fidyah.
8

UTS








9

Mampu menjelaskan

zakat : nishab dan
kadarnya.
Zakat

1. Nishab zakat
2. Kadar zakat
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan zakat : nishab
dan kadarnya.
Ketepatan penjelasan,
kerjasama dan
kemampuan
komunikasi
Ketepatan menjelaskan zakat :
nishab dan
kadarnya.
5%

10

Mampu menjelaskan

asnaf zakat.
Zakat

1. Asnaf zakat
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan asnaf zakat.
Ketajaman analisis,
kemampuan
komunikasi dan
kerjasama
Ketepatan menjelaskan asnaf
zakat.
5%

11

Mampu menjelaskan

strategi dakwah
ekonomi islam
dalam QS. As-Shaff
1-4
Strategi
dakwah ekonomi
islam dalam QS. As-
Shaff 1-4
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan strategi
dakwah ekonomi islam
dalam QS. As-Shaff 1-4.
Kriteria: Ketajaman
analisis,
kemampuan
komunikasi dan
kerjasama
Ketepatan dalam menjelaskan strategi
dakwah ekonomi
islam dalam QS. As-
Shaff 1-4.
5%

12

Mampu menjelaskan

Riba dan implikasi
hukumnya bagi
ekonomi islam.
Riba dan implikasi hukumnya bagi ekonomi
islam QS Al-Baqarah :
275-281
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan Riba dan
implikasi hukumnya bagi
ekonomi islam.
Ketajaman analisis,
kemampuan
komunikasi dan
kerjasama
Ketepatan menjelaskan tentang
Riba dan implikasi
hukumnya bagi
ekonomi islam.
5%

13

Mampu menjelaskan

Hukum harta anak
yatim dan hal-hal
terkait dengan
nafkah.
Hukum harta anak yatim dan hal-hal terkait
dengan nafkah QS. An-
Nisaa’ : 1-5
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan Hukum harta
anak yatim dan hal-hal
terkait dengan nafkah.
Ketajaman analisis,
kemampuan
komunikasi dan
kerjasama
Ketepatan menjelaskan Hukum
harta anak yatim
dan hal-hal terkait
dengan nafkah.
5%

14

Mampu menjelaskan

ayat-ayat tentang
konsep harta dalam
islam dan
menjelaskan dalil
tentang pencatatan
Memahami ayat
-
ayat
tentang konsep harta
dalam islam dan
menjelaskan dalil tentang
pencatatan hutang QS.
Al-Baqarah : 282
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan ayat-ayat
tentang konsep harta dalam
islam dan menjelaskan dalil
tentang pencatatan hutang.
Ketajaman analisis,
kemampuan
komunikasi dan
kerjasama
Ketepatan menjelaskan ayat-
ayat tentang konsep
harta dalam islam
dan menjelaskan
dalil tentang
5%

Minggu
Ke-
Sub CP-MK
Bahan Kajian Materi
Pembelajaran
Bentuk dan
Metode
Pembelajaran

Estimasi
Waktu
Pengalaman Belajar
Mahasiswa
Penilaian

Kriteria dan
Bentuk Penilaian
Indikator
Bobot
Penilaian
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
hutang.

pencatatan hutang
.
15

Mampu menjelaskan

Konsep harta dalam
islam.

Konsep harta dalam islam
- QS. Al-Kahfi : 46
- QS. Al-Qashash : 26
- QS. At-Taubah : 60
Ceramah dan diskusi
100’

Mahasiswa

dapat

menerangkan
Konsep harta
dalam islam.

Ketajaman analisis,
kemampuan
komunikasi dan
kerjasama
Ketepatan menjelaskan
Konsep
harta dalam islam.

5%

16

UAS









TUGAS MAHASISWA DAN PENILAIAN
Minggu
Ke-
Bahan Kajian/ Materi
Pembelajaran
Tugas
Waktu (Menit)

Penilaian
Indikator
Bobot
(%)
1
-
8

Topik pertemuan 2


7

Mahasiswa membuat kelompok

dan
berdiskusi sesuai dengna topik yang
diberikan oleh dosen mengenai tafsir
ayat-ayat hukum.
100’

Sesuai rublik penilaian
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan tentang:
a.
Konsep dan metodologi tafsir ayat
ahkam

b.
Definisi thaharah dan ketentuannya

c. Sholat
d. Puasa
e. Zakat
f. Strategi dakwah ekonomi islam dalam
QS. As-Shaff 1-4
g. Riba dan implikasi hukumnya bagi
ekonomi islam
h. Hukum harta anak yatim dan hal-hal
terkait dengan nafkah
i. Memahami ayat-ayat tentang konsep
harta dalam islam dan menjelaskan dalil
tentang pencatatan hutang
j. Konsep harta dalam islam

10%

9
-
16

Topik pertemuan 9


15

Mahasiswa secara berkelompok melakukan presentasi paper sesuai
topik yang ditentukan
Durasi video

5’ – 15’

PENILAIAN
Aspek Penilaian
Bobot Penilaian
Tugas/Presentasi 30% Ujian Tengah Semester 35% Ujian Akhir Semester 35%

NILAI AKHIR
80 <= NA <= 100 A
70 <= NA < 80 B 60 <= NA < 70 C
NA < 60 E



Mengetahui: Balikpapan, 10 Agustus 2020
Ketua Program Studi, Dosen Pengampu/Penanggungjawab MK,






Herianto, S.H.I., M.E.I. Siti Solekhah, S. H.I., M.M.
NIDN. 2101099001 NIDN. 2118028301