Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S2 Teknologi Pendidikan
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Pengembangan Media dan Sumber
Belajar
8610302053 Mata Kuliah
Wajib Program
Studi
T=3P=0ECTS=6.72 3 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-5 Mampu menunjukkan sikap religious, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
berdasarkan agama, moral, dan etika berdasarkan agama, moral, dan etika
CPL-7 Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain,
pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan
pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan
desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
CPL-9 Mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan melalui kajian teknologi pendidikan/ pembelajaran secara
multidispliner dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial kultural, teknologi informasi
CPL-11 Mampu menguasai pengetahuan tentang teori penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan
kawasan atau paradigma teknologi pendidikan/pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-5 CPL-7 CPL-9 CPL-11
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
Deskripsi
Singkat MK
Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian, karakteristik, klasiļ¬kasi media, kriteria media pembelajaran, instrumen penilaian
media, analisis kebutuhan, langkah-langkah pengembangan media dan sumber belajar untuk keperluan pembelajaran melalui
pembelajaran project-based lerning. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara hybrid learning. Penilaian dilakukan dengan cara tes
tertulis dan tes kinerja.
Pustaka Utama :
1.Smaldino, S E, Lowther, D L, Russell, J. D, & Mims, C. 2008. Instructional technology and media for learning.
2.Seels, BB, & Richey, R C. 2012. Instructional technology: The definition and domains of the field. IAP.
3.Orey , Michael, McClendon , V J, Branch , Robert Maribe. 2017. Educational Media and Technology Yearbook. Springer
US.
4.Martin , Florence, Betrus , Anthony Karl. 2019. Digital Media for Learning. Springer International Publishing.
5.Branch , Robert Maribe, Lee , Hyewon, Tseng , Sheng Shiang. 2019. Educational Media and Technology Yearbook.
Springer International Publishing.
6.LIN , Tzu-Bin, Chen , Der Thanq Victor, CHAI , Ching Sing. 2015. New Media and Learning in the 21st Century.
Springer Singapore.
Pendukung :
Dosen
Pengampu
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.
Dr. Alim Sumarno, M.Pd.
Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & BentukLuring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Pemahaman tentang
media dan sumber
belajar
1.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
definisi media
dan sumber
belajar
2.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
manfaat media
dan sumber
belajar
3.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
karakteristik
media dan
sumber belajar
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Problem-
based
lerning
3 X 50
5%
2
Minggu ke 2
Pemahaman tentang
kriteria media
pembelajaran dan
instrumen penilaian
media pembelajaran
1.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
tentang kriteria
media
pembelajaran
2.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
instrumen
penilaian media
pembelajaran
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Problem-
based
learning
3 X 50
5%
3
Minggu ke 3
Pemahaman tentang
langkah-langkah
analisis kebutuhan
Mahasiswa mampu
mendeskripsikan
langkah-langkah
analisis kebutuhan
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Problem-
based
learning
3 X 50
5%
4
Minggu ke 4
Pemahaman tentang
media visual
1.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
Definisi media
visual
2.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
Manfaat media
visual
3.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
Bentuk-bentuk
media visual
4.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
Karakteristik
media visual
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Praktik / Unjuk
Kerja
Problem-
based
learning
3 X 50
5%

5
Minggu ke 5
Pemahaman tentang
media audio
pembelajaran
1.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
definisi media
audio
2.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
manfaat media
audio
3.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
karakteristik
media audio
4.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
kelebihan dan
kekurangan
media audio
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Praktik / Unjuk
Kerja
Problem-
based
learning
3 X 50
6%
6
Minggu ke 6
Pengembangan
Media Audio
Mahasiswa mampu
menerapkan
langkah-langkah
mengembangkan
media audio
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Project-
based
learning
3 X 50
5%
7
Minggu ke 7
Pemahaman tentang
media audio visual
1.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
definisi media
audio visual
2.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
manfaat media
audio visual
3.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
karakteristik
media audio
visual
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Praktik / Unjuk
Kerja
Problem-
based
learning
3 X 50
5%
8
Minggu ke 8
UTS
3 X 50
10%
9
Minggu ke 9
Pemahaman tentang
media audio visual
Mahasiswa mampu
mendeskripsikan
kelebihan dan
kekurangan media
audio visual
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Problem-
based
learning
3 X 50
10%
10
Minggu ke 10
Pemahaman tentang
multimedia
1.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
definisi
multimedia
2.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
manfaat
multimedia
3.Mahasiswa
mampu
mendeskripsikan
karakteristik
multimedia
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Praktik / Unjuk
Kerja
Problem-
based
learning
3 X 50
8%

11
Minggu ke 11
Pemahaman tentang
multimedia
Mahasiswa mampu
mendeskripsikan
jenis-jenis
multimedia
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Problem-
based
learning
3 X 50
5%
12
Minggu ke 12
Mahasiswa mampu
mengaplikasikan dan
mempraktikkan
konsep
pengembangan
media dan sumber
belajar
Mahasiswa mampu
mengembangkan
media dan sumber
belajar
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Project-
based
learning
3 X 50
5%
13
Minggu ke 13
Mahasiswa mampu
mengaplikasikan dan
mempraktikkan
konsep
pengembangan
media dan sumber
belajar
Mahasiswa mampu
mengembangkan
media dan sumber
belajar
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Project-
based
learning
3 X 50
5%
14
Minggu ke 14
Mahasiswa mampu
mengaplikasikan dan
mempraktikkan
konsep
pengembangan
media dan sumber
belajar
Mahasiswa mampu
mengembangkan
media dan sumber
belajar
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Praktik / Unjuk
Kerja
Project-
based
learning
3 X 50
5%
15
Minggu ke 15
Mahasiswa mampu
mengaplikasikan dan
mempraktikkan
konsep
pengembangan
media dan sumber
belajar
Mahasiswa mampu
mengembangkan
media dan sumber
belajar
Kriteria:
A : 85-100A- :
80-84B : 75-79B :
70-74B- : 65-69C
: 60-64
Bentuk Penilaian
:
Praktik / Unjuk
Kerja
Project-
based
learning
3 X 50
5%
16
Minggu ke 16
UAS
Bentuk Penilaian
:
Tes
3 X 50
11%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 38.33%
2.Penilaian Praktikum 3.33%
3.Praktik / Unjuk Kerja 37.33%
4.Tes 11%
89.99%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi)
yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan
umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata
kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur
atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik
terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.

6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg
setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional
dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
RPS ini telah divalidasi pada tanggal
Koordinator Program Studi S2
Teknologi Pendidikan
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.
NIDN 0016046402
UPM Program Studi S2
Teknologi Pendidikan
NIDN
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 14:44 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa