RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
UNIVERSITAS DIPONEGORO

SPMI-UNDIP RPS S1.SK-FT-UNDIP 012

Revisi ke 1
Tanggal 5 Juli 2022
Dikaji Ulang Oleh Ketua Program Studi Teknik Komputer
Dikendalikan Oleh GPM Teknik Komputer
Disetujui Oleh Dekan Fakultas Teknik













UNIVERSITAS
DIPONEGORO
SPMI-UNDIP/RPS/S1.SK-FT-UNDIP/012
Disetujui Oleh
Revisi ke Tanggal Dekan Fak. Teknik
1 5
Juli 2022
Rencana Pembelajaran
Semester

UNIVERSITAS DIPONEGORO
FAKULTAS TEKNIK
DEPARTEMEN TEKNIK KOMPUTER
PROGRAM SARJANA

SPMI-UNDIP/RPS/S1.SK-
FT-UNDIP/012
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE RUMPUN MK BOBOT SEMESTER
TANGGAL
PENYUSUNAN
Algoritma
dan
Pemrogra
man
PTSK6208 Umum T=2 P=0 2
5 Juli 2022
OTORISASI/PENGESAHAN DOSEN PENGEMBANG RPS
Koordinator
RMK
KaPRODI

CAPAIAN PEMBELAJARAN CPL yang dibebankan pada MK
CPL 3 Memiliki pemahaman keilmuan dan penguasaan keterampilan di bidang
teknik komputer, meliputi sistem tertanam dan robotika, jaringan dan
keamanan komputer, rekayasa perangkat lunak, multimedia, game, dan
kecerdasan buatan yang ditopang oleh profesionalitas, pengetahuan
sains dasar dan rekayasa yang kuat.
CPL 5 Mampu menganalisis permasalahan yang dihadapi secara kritis serta
mampu merancang solusi dengan menerapkan metode dan alat yang
tepat untuk menghasilkan solusi sistem yang andal berdasarkan
eksperimen baku dengan memperhatikan aspek kebutuhan teknis,
ekonomis, sosial, hukum, dan kelestarian lingkungan.
CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah)
CPL 3-1 Mahasiswa dapat memahami pilar konsep algoritma dalam
menyelesaikan masalah
CPL 5-1 Mahasiswa dapat menggunakan pilar konsep algoritma dalam
menganalisis masalah dan mengaplikasikannya pada pemrograman
Deskripsi Singkat Mata kuliah ini berisi tentang konsep dan logika berpikir komputer, cara perancangan
dan analisis masalah, yang kemudian dipecahkan dengan menggunakan komputer
menggunakan algoritma dan pemrograman terstruktur.
Bahan Kajian
Materi Pembelajaran
1. Pendahuluan Algoritma
2. Dasar Algoritma
3. Pendekatan Pemrograman Modular
4. Sorting dan Searching
5. Algoritma Greedy
6. Algoritma Divide and Conquer
7. Pemrograman Dinamis
8. Algoritma Paralel
9. Kompleksitas Algoritma

Pustaka 1. Enem, S. Graph Algorithms, Computer Science Press, Inc, 1999
2. Kruth, D.E. : Fundamental Algorithms, Addison-Esley, 1975.
3. La Budda, K : Structure Programming Concepts. Mc. Graw – Hill.
4. Parsons, T.W : Introductional to Algorithms in PASCAL
5. Quin, M.J. Designing Efficient Algoritms for Parallel Computers, Mc. Graw Hill.
1987
Pengampu Team Pengajar Algoritma dan Pemrograman
Prasyarat -
Media Pembelajaran Papan Tulis, LCD Projector, Laptop, dan Power Point
Bentuk
pembelajaran;

Mg
ke-
Sub-CPMK
(sebagai
kemampuan akhir
yang diharapkan)
Penilaian
Metode
Pembelajaran;
Penugasan;
[Estimasi Waktu]

Materi
Pembelajaran

Bobot
(%)

Indikator, Kriteria, dan Bentuk
Tatap
Muka/Luri
ng

Dari
ng
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1 Mahasiswa mampu
mampu memahami
definisi dan notasi
algoritma.
• Dapat memahami Definisi
algoritma
• Dapat memahami Notasi
matematis algoritma
• Dapat memahami Tahapan
algoritma (Proses
Pemrograman)
• Ceramah
• Diskusi

2x50”

• Pendahuluan
Algoritma
• Definisi Algoritma
• Notasi Matematis
• Tahapan
Algoritma (Proses
Pemrograman)

2 Mahasiswa mampu
memahami teknik
algoritma.
• Dapat menjelaskan
penulisan algoritman dengan
pseudocode
• Dapat memahami masalah
analisis algoritma
• Dapat memahami masalah
komputasi
• Discover
Learning
• Diskusi

2x50”

• Dasar Algoritma
• Penulisan
algoritma dengan
pseudocode
• Masalah analisis
algoritma
• Masalah
komputasi

3 Mahasiswa mampu
menggunakan
pemrograman modular
(tahap pertama)
• Dapat menjelaskan model
top down
• Dapat memahami Algoritma
Prim
• Dapat memahami Algoritma
Bouruvka
• Ceramah
• Diskusi

2x50”

• Pendekatan
permrograman
modular
• Model top down
• Algoritma Prim
• Algoritma
Bouruvka

4 Mahasiswa mampu
menggunakan
pemrograman modular
(tahap kedua)
• Dapat menjelaskan model
top down
• Dapat memahami Algoritma
Prim
• Dapat memahami Algoritma
Bouruvka
• Ceramah
• Diskusi

2x50”

• Pendekatan
permrograman
modular
• Model top down
• Algoritma Prim
• Algoritma
Bouruvka

5 Mahasiswa mampu
memahami metode
sorting dan searching
dalam menyelesaikan
algoritma
• Dapat menjelaskan
penggunaan metode Bubble
Sort
• Dapat memahami
penggunaan metode
Selection sort
• Dapat memahami
menggunaan metode
Insertion Sort
• Dapat memahami
penggunaan metode Shell
sort
• Dapat memahami
penggunaan metode Merge
sort
• Dapat memahami
penggunaan metode Quick
sort
• Ceramah
• Diskusi

2x50”

• Sorting dan
searching
• Bubble sort
• Selection sort
• Insertion sort
• Shell sort
• Merge Sort
• Quick sort

6 Mahasiswa mampu
mengunakan dan
mengaplikasikan
algoritma greedy
dalam menyelesaikan
masalah algoritma
(tahap pertama)
• Dapat memahami Definisi
Algoritma Greedy
• Dapat memahami Skema
umum algoritma greedy
• Dapat menjelaskan
Minimisasi Waktu di dalam
Sistem (Penjadwalan)
• Dapat memahami
Pemecahan masalah
dengan algoritma Greedy
• Dapat memahami
Penggunaan Pohon
merentang minimum
• Dapat memahami
Kompleksitas algoritma:
O(n2)
• Simulasi
• Diskusi

2x50”

• Algoritma Greedy
• Definisi Algoritma
Greedy
• Skema umum
Algoritma Greedy
• Minimalisasi
waktu di dalam
system
(penjadwalan)
• Pemecahan
masalah dengan
algoritma Greedy
• Pohon merentang
minimum
• Kompleksitas
algoritma: O(n2)

7 Mahasiswa mampu
mengunakan dan
mengaplikasikan
algoritma greedy
dalam menyelesaikan
masalah algoritma
(tahap kedua)
• Dapat memahami Definisi
Algoritma Greedy
• Dapat memahami Skema
umum algoritma greedy
• Dapat menjelaskan
Minimisasi Waktu di dalam
Sistem (Penjadwalan)
• Dapat memahami
Pemecahan masalah
dengan algoritma Greedy
• Dapat memahami
Penggunaan Pohon
merentang minimum
• Dapat memahami
Kompleksitas algoritma:
• Simulasi
• Diskusi

2x50”

• Algoritma Greedy
• Definisi Algoritma
Greedy
• Skema umum
Algoritma Greedy
• Minimalisasi
waktu di dalam
system
(penjadwalan)
• Pemecahan
masalah dengan
algoritma Greedy
• Pohon merentang
minimum
• Kompleksitas
algoritma: O(n2)

O(n2)
8 UTS 40
9 Mahasiswa mampu
mengggunakan dan
mengaplikasikan
algoritma divide and
conquer (tahap
pertama)
• Dapat memahami Definisi
algoritma divide and conquer
• Dapat memahami Skema
umum algoritma divide and
conquer
• Dapat memahami
Penyelesaian masalah
dengan algoritma divide and
conquer
• Dapat memahami
Kompleksitas waktu
algoritma
• Dapat memahami Algoritma
pengurutan dengan divide
and conquer
• Simulasi
• Diskusi

2x50”

• Algoritma Divide
and Conquer
• Definisi Algoritma
Divide and
Conquer
• Skema umum
algoritma divide
and conquer
• Penyelesaian
masalah dengan
algoritma divide
and conquer
• Kompleksitas
waktu algoritma
• Algoritma
pengurutan
dengan divide
and conquer

10 Mahasiswa mampu
mengggunakan dan
mengaplikasikan
algoritma divide and
conquer (tahap kedua)
• Dapat memahami Definisi
algoritma divide and conquer
• Dapat memahami Skema
umum algoritma divide and
conquer
• Dapat memahami
Penyelesaian masalah
dengan algoritma divide and
conquer
• Dapat memahami
Kompleksitas waktu
algoritma
• Dapat memahami Algoritma
pengurutan dengan divide
and conquer
• Simulasi
• Diskusi

2x50”

• Algoritma Divide
and Conquer
• Definisi Algoritma
Divide and
Conquer
• Skema umum
algoritma divide
and conquer
• Penyelesaian
masalah dengan
algoritma divide
and conquer
• Kompleksitas
waktu algoritma
• Algoritma
pengurutan
dengan divide
and conquer

11 Mahasiswa mampu
menyelesaikan
permasalahan dengan
pemrograman dinamis
• Dapat memahami Prinsip
optimalitas
• Dapat memahami
Karakteristik persoalan
program dinamis
• Dapat memahami
Penyelesaian dengan
pemrograman dinamis
• Dapat memahami Contoh
persoalan program dinamis
• Cooperativ
e Learning

2x50”

• Pemrograman
Dinamis
• Prinsip
optimalitas
• Karakteristik
persoalan
program dinamis
• Penyelesaian
dengan
pemrograman
dinamis
• Contoh persoalan

program dinamis
12 Mahasiswa mampu
mengaplikasikan
algoritma parallel pada
masalah komputasi
• Dapat memahami Model
komputasi parallel
• Dapat memahami Teknik
dasar algoritma paralel
• Dapat memahami Evaluasi
parallel
• Dapat memahami Parallel
sorting
• Contextual
instruction

2x50”

• Algoritma parallel
• Model komputasi
parallel
• Teknik dasar
algoritmam
parallel
• Evaluasi parallel
• Parallel sorting

13 Mahasiswa mampu
menghitung
kompleksitas sebuah
algoritma
• Dapat memahami Definisi
kompleksitas
• Dapat memahami Reduksi
linear
• Dapat memahami
Kompleksitas beberapa
algoritma
• Dapat memahami
Persamaan kompleksitas
• Problem
based
learning

• Kompleksitas
algoritma
• Definisi
kompleksitas
• Reduksi linear
• Kompleksitas
beberapa
algoritma
• Persamaan
kompleksitas

16 UAS