103

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
PEMANFAATAN BIG DATA DAN CONTENT MARKETING DALAM
MENARIK MINAT PENGUNJUNG WISATA PANTAI DI DESA
TOLUTU, KECAMATAN TOMINI, BOLAANG
MONGONDOW SELATAN

Sudarsono
1


1
Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Mandiri
Gorontalo, Indonesia

E-mail: [email protected]


Abstrak

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah saat ini sangat
dirasakan dampaknya oleh sejumlah pengelola tempat wisata di Desa Tolutu, Kecamatan
Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Masyarakat
mengalami kesulitan dalam menarik minat pengunjung di daerah wisata tersebut. Meskipun
saat ini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berada pada PPKM Level 3 namun minat
masyarakat untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Desa Tolutu masih
rendah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi atas
permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Tolutu, Kecamatan Tomini, Kabupaten
Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, khususnya pada masyarakat pengelola daerah
wisata yang terdampak PPKM akibat dari menyebarnya penularan Covid-19 di Sulawesi
Utara. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pendampingan
dan pelatihan dalam pemanfaatan big data dan content marketing dalam menarik minat
pengunjung untuk berwisata di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini. Kegiatan ini dilaksanakan
selama dua bulan kepada pengelola daerah wisata di Desa Tolutu. Pada bulan pertama,
masyarakat diberikan pengetahuan, pelatihan dan keterampilan terkait pemanfaatan big data
dan content marketing melalui berbagai platform media sosial yang digunakan oleh
masyarakat. Selanjutnya, pada bulan kedua, masyarakat diberikan pendampingan dan edukasi
keberlanjutan agar masyarakat mampu menciptakan konten kreatif yang dapat menarik minat
masyarakat untuk berkunjung di Desa Wisata Tolutu, Kecamatan Tomini.

Kata Kunci: Big Data, Content Marketing, Minat Pengunjung

A. Pendahuluan
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari tiga tugas utama
setiap dosen. Menurut Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan
ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan
mencerdaskan kehidupan bangsa. Sejalan dengan hal tersebut maka dilaksanakan kegiatan

104

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
pengabdian kepada masyarakat bebasis problem society yang pelaksanaannya dilakukan di
Desa Tolutu, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara.
Upaya pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat agribisnis meliputi tiga aspek,
yaitu sebagai regulator, kapasitor dan fasilitator dalam mengatur kebijakan yang mendukung
pengembangan bisnis mereka, dan dinamis dalam bertindak melalui penyediaan insentif dan
pembinaan yang efektif, adanya arahan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan
kawasan wisata. Oleh karena itu perlu adanya pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan
untuk meningkatkan keterampilan khusus agar dapat memanfaatkan dan mengelola kawasan
wisata dengan memaksimalkan potensi yang ada, sehingga dapat memberikan multiplier
effect yang positif bagi agribisnis dan komunitas lingkungan (Edy et al., 2019).
Desa Tolutu merupakan salah satu dari 8 desa yang ada di Kecamatan Tomini,
Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Desa Tolutu dapat di akses melalui perjalanan
darat dari Kota Gorontalo melalui lintas selatan jalan trans Sulawesi yang berjarak 170
Kilometer ke arah timur sepanjang pesisir Teluk Tomini menuju Kota Manado. Masyarakat
Desa Tolutu umumnya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, pedagang dan petani
kebun. Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh wilayah yang ada di Indonesia memaksa
pemerintah untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)
hampir di semua daerah, termasuk Desa Tolutu sehingga dampaknya sangat dirasakan oleh
seluruh masyarakat khususnya pengelola daerah wisata yang ada di daerah tersebut.
Masyarakat yang berada di pesisir pantai, umumnya menggantungkan hidupnya dari objek
wisata pantai yang ada di daerah tersebut. Rendahnya minat pengunjung saat ini menjadi
masalah serius bagi pengelola desa wisata di daerah tersebut.
Sementara itu saat pandemi Covid-19 banyak ide dan kreativitas yang muncul. Salah
satunya adalah penggunaan media sosial (Hermawan et al., 2021). Dalam rangka
meningkatkan minat pengunjung untuk berwisata kembali di Desa Tolutu pada masa pandemi
saat ini dan sejalan dengan tujuan pembangunan desa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6
Tahun 2014 tentang Desa yaitu upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk
sebesar-besarnya kesejahteraan masayarakat desa maka perlu adanya strategi yang
digunakan dan salah satunya adalah memanfaatkan teknologi big data dalam membuat
content marketing yang kreatif dan menarik untuk memberikan edukasi dan informasi kepada
seluruh masyarakat pengguna internet terkait konten yang disajikan. Big data merupakan data
yang tersebar di internet yang memungkinkan menjadi dasar pertimbangan konsumen dalam

105

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
mengambil keputusan pembelian secara online (Sudarsono, 2020). Keputusan pengunjung
tentunya tidak hanya didasarkan pada data dan infomasi yang ada di internet dalam bentuk
big data namun diperlukan juga dengan tersedianya konten yang menarik, relevan dan
bermanfaat bagi pengunjung untuk menyesuaikan dengan kebutuhan akan tempat wisata yang
diharapkan. Content marketing sendiri merupakan suatu strategi pemasaran dimana kita
merencanakan, mendistribusikan, dan membuat konten yang mampu menarik audiens yang
tepat sasaran lalu mendorong mereka menjadi customer (Huda, Karsudjono, & Darmawan,
2021). Hal tersebut sejalan dengan argumen (Milhinhos, 2015) bahwa content marketing
merupakan teknik untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai, relevan,
dan konsisten guna menarik dan memperoleh audiens yang jelas dengan tujuan mendorong
minat pelanggan yang menguntungkan. Rendahnya minat pengunjung saat ini disebabkan
karena belum adanya informasi yang menarik dan relevan terkait destinasi wisata yang ada di
Desa Tolutu, Kecamatan Tomini. Hal tersebut diperparah dengan pembatasan kegiatan
masyarakat hampir di semua wilayah. Pergerakan masyarakat tidak optimal dalam mencari
informasi sehingga paradigma lama terkait pencarian informasi secara offline tidak lagi
mendukung situasi saat ini. Perlu adanya tersobosan baru yang mampu mendorong
pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Berbagai bentuk informasi dapat digabungkan,
informasi dapat di simpan dan di ambil secara instan dari seluruh dunia pada akhirnya
memberikan akses instan ke banyak informasi yang di catat oleh peradaban manusia (Nizar &
Sholeh, 2021). Pemilihan strategi pemasaran yang berbasis internet dan dilakukan secara
online merupakan pilihan yang sangat tepat namun yang perlu dipahami juga bahwa tidak
hanya berbasis online namun juga memilih media yang tepat yang sering dikunjungi oleh
pelanggan sasaran kemudian memberikan postingan yang positif dan mendidik sehingga
masyarakat terstimuli untuk melakukan tindakan dengan memberi respon atas konten yang
disajikan dalam bentuk partisipasi dan kunjungan pada lokasi wisata yang diinginkan. Di
mana pemasaran dengan menggunakan strategi content marketing akan mendorong minat beli
konsumen (Muzaki, 2021). Dalam rangka membangun kesadaran pelanggan potensial untuk
datang dan berkunjung di Desa Tolutu maka infrastruktur, sarana dan prasarana yang
memadai juga perlu dipersiapkan oleh pemerintah desa. Peningkatan wawasan dan
keterampilan masyarakat dalam memberikan layanan terbaik kepada pengunjung juga perlu
dipersiapkan. Pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola dan
mengembangkan daerah wisata tersebut juga perlu disiapkan dan salah satu solusi yang harus

106

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
diperhitungkan adalah dengan mengadakan pelatihan, edukasi, sosialisasi dan pendampingan
dalam pemberdayaan masyarakat desa pengelola destinasi wisata yang ada di Desa Tolutu,
Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.
Pelatihan dan edukasi tersebut dilaksanakan dalam kerangka pengabdian kepada msayarakat.
Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan
setiap dosen dan pada kesempatan ini, kegiatan pengabdian dilaksanakan di Desa Tolutu,
Kecamatan Tomini dilaksanakan dengan tujuan:
a. Meningkatkan pendapatan masyarakat ditengah terpuruknya ekonomi melalui
pemberdayaan masyarakat Desa Tolutu Kecamatan Tomini dalam mengembangkan
destinasi wisata yang ada di Desa Tolutu secara konsisten dan berkelanjutan pada tingkat
nasional dan internasional
b. Meningkatkan partisipasi dosen dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang dimiliki sesuai dengan bidang ilmu dengan melibatkan mahasiswa sebagai
agen perubahan dalam kerangka membangun desa dengan bersinergi dengan masyarakat
yang ada di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini.

B. Masalah
Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk terus bertahan dalam kondisi yang
sangat kritis. Banyaknya usaha-usaha masyarakat yang di paksa tutup karena tidak mampu
lagi bertahan untuk menjalankan usahanya karena melambatnya perputaran ekonomi. Usaha
yang di bangun masyarakat di sekitar lokasi wisata sudah tidak mampu untuk bertahan
disebabkan karena tidak adanya pengunjung di tempat wisata tersebut.

C. Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tolutu dibagi
dalam dua tahap yaitu:
1. Sosialisasi, edukasi dan pelatihan dalam pemanfaatan big data dan content marketing bagi
pengelola daerah wisata di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang
Mongondow Selatan.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diawali dengan melakukan observasi selama
dua hari di tiga dusun yang memiliki daerah wisata pantai yang ada di Desa Tolutu,
selanjutnya dilakukan komunikasi dan wawancara secara tidak terstruktur dengan

107

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
masyarakat pengelola daerah wisata dalam rangka menggali potensi dan informasi terkait
permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat selama merebaknya pandemi
Covid-19 di Indonesia khusunya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.








Gambar 1. Pelaksanaan Kegiatan Observasi Potensi Desa dan Permasalahannya

Selanjutnya disusunlah rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka
mengembangkan potensi yang ada dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh
masyarakat desa khususnya pengelola wisata tersebut. Langkah pertama yang dilakukan
setelah melakukan observasi adalah melakukan sosialisasi melalui pembinaan kepada
masyarakat (Dewi, 2020), dan edukasi kepada pengelola daerah wisata di Desa Tolutu
terkait pentingnya pemanfaatan teknologi dalam memberikan informasi kepada seluruh
masyarakat dan atau pengunjung destinasi wisata yang ada di Desa Tolutu. Sosialisasi dan
edukasi tersebut dilakukan selama sekitar satu minggu lamanya dibeberapa lokasi di Desa
Tolutu agar bisa maksimal dan dihadiri langsung oleh masyarakat yang bersentuhan
langsung dengan pengunjung.








Gambar 2. Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pada Masyarakat Desa Tolutu

108

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
Setelah sosialisasi dan edukasi dilaksanakan, selanjutnya dilakukan pelatihan dalam
mengasah keterampilan untuk membuat content marketing melalui pengembangan konten-
konten kreatif berbasis platform media sosial baik dalam bentuk gambar, video pendek,
maupun teks yang tujuannya adalah dapat menstimuli pengunjung untuk datang
berkunjung atau berwisata di Desa Tolutu. Content marketing dilakukan dengan tujuan
membangun basis audiens yang turut membangun bisnis dan menciptakan hal yang
dilakukan oleh konsumen yang memberikan keuntungan bagi perusahaan (Ramadhayanti,
2021).








Gambar 3. Kegiatan Pelatihan Pembuatan Content Marketing Pada Masyarakat

Selama hampir tiga minggu lamanya dalam memberikan pelatihan dan keterampilan
kepada masyarakat terkait pembuatan content marketing, kemudian memanfaatkan
teknologi big data dalam mendistribusikan konten-konten yang telah di buat oleh
masyarakat Desa Tolutu. Dalam mengimplementasikan teknologi big data pada suatu
lembaga maka dibutuhkan empat elemen penting yaitu data, teknologi, proses dan sumber
daya manusia (Solihin, 2021).
2. Pendampingan dan pemberdayaan masyarakat Desa Tolutu dalam mengembangkan
potensi destinasi wisata yang ada di daerah tersebut.
Pada bulan kedua pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tolutu,
Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, diadakan pendampingan
dalam rangka pemberdayaan masyarakat Desa Tolutu dalam mengembangkan portensi
destinasi wisata di Desa Tolutu. Pendampingan tersebut melibatkan organisasi masyarakat,
karang taruna dan tokoh masyarakat. Kegiatan diikuti oleh sekitar 60 peserta dari seluruh
kalangan pada setiap sesi dan tersebar di tiga dusun yang memiliki daerah wisata.
Kegiatan tersebut di dukung juga oleh aparat pemerintah desan dan pemerintah kecamatan

109

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
yang turut serta sekaligus memantau pelaksanan kegiatan. Pendampingan yang sifatnya
fun education, membuat peserta tidak jenuh dalam mengikuti pendampingan. Antusiasme
masyarakat dapat di lihat dari jumlah peserta yang selalu konsisten dari pertama kegiatan
dilaksanakan hingga akhir.








Gambar 4. Peresmian Destinasi Wisata Baru di Desa Tolutu oleh Sangadi Tolutu

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan selama empat minggu yang sasaran
utamanya adalah melakukan revitalisasi atau peremajaan beberapa lokasi yang kemudian
digunakan sebagai area atau spot-spot yang menarik dalam pembuatan video content
kemudian mendistribusikan diberbagai portal (media komunikasi masyarakat) di platform
media sosial Facebook atau media-media diskusi lainnya.

D. Pembahasan
Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tolutu mulai dilaksanakan pada
awal Juli 2021 dengan melakukan perjalanan dari Kota Gorontalo selama 4 jam perjalanan
darat menyusuri jalan trans Sulawesi bagian selatan sepanjang Teluk Tomini. Kondisi jalan
cukup baik namun berliku dan menyusuri pesisir pantai dan pegunungan di sekitar kawasan
hutan lindung Bogani Warta Bone. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang berbatasan
langsung dengan Provinsi Gorontalo merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam
kategori daerah terluar dan terdalam yang perlu mendapat perhatian khususnya bagi
pemerintah dan juga bagi para peneliti untuk memotret potensi dan kehidupan sosial
masyarakat lebih dekat. Salah satu potensi yang dimiliki daerah ini adalah keindahan pantai
dengan keanekaragaman hayati hidup didalamnya. Desa Tolutu merupakan salah satu desa
yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memiliki potensi pantai yang cukup
menarik. Keindahan laut sepanjang pesisir pantai merupakan daya tarik yang luar biasa dan

110

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
layak untuk dikembangkan. Keterbatasan kemampuan berpikir masyarakat dan kurangnya
pengetahuan untuk mengembangkan potensi desa menjadi salah satu alasan pentingnya
perguruan tinggi dalam mendistribusikan kemampunnya untuk memberdayakan masyarakat
yang ada. Sejalan dengan hal tersebut maka setiap dosen berdasarkan kompetensinya masing-
masing memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat dalam mengoptimalkan potensi
desa melalui pengabdian kepada masyarakat.
Salah satu wujud dari pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan adalah
mengembangkan potensi desa sesuai bidang ilmu masing-masing dosen. Oleh karena itu
dalam rangka mengaktualisasikan kemampuan berdasarkan disiplin ilmu maka kegiatan
pengabdian yang berbasis problem society saat ini mengangkat fokus pengabdian pada
pemanfaatan big data dan content marketing dalam menarik minat pengunjung daerah wisata
di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Pemanfaatan big data dan content marketing sebagai media publikasi dan komunikasi
masyarakat saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif. Masyarakat
umumnya memiliki lebih dari satu smartphone di setiap rumah dan aksesibilitas internet
umumnya semakin masif, setiap menit, setiap jam dan setiap harinya. Mulai dari kalangan
anak-anak hingga generasi tua tidak terlepas dari adanya media sosial (Risnawati, 2021).
Umumnya masyarakat telah menghabiskan lebih banyak waktunya untuk mengamati
berbagai data dan informasi yang didistribusikan oleh pengguna media sosial yang lain dalam
bentuk postingan, komentar, dan sebagainya. Umumnya masyarakat mengakses aplikasi-
aplikasi yang popular saat ini yaitu: WhatsApp, Facebook, Tiktok, dan Instagram. Konten
yang direkomendasikan kepada pelanggan lain secara umum adalah konten yang relevan
dengan minat pelanggan (Fadillah, 2021). Tersedianya konten yang menarik dan relevan
ternyata mampu menarik minat masyarakat untuk mengambil keputusan termasuk keputusan
untuk mengunjungi destinasi wisata tertentu. Masyarakat Desa Tolutu perlu memanfaatkan
big data untuk menyebar informasi-informasi dan konten-konten kreatif yang menarik terkait
destinasi wisata di Desa Tolutu. Sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat maka
dilakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat operasional dalam rangka memberikan solusi atas
permasalahan yang dialami masyarakat Desa Tolutu terhadap dampak yang ditimbulkan oleh
Covid-19.
Dalam memecahkan permasalahan yang ada di Desa Tolutu, maka dilakukan
pengabdian kepada masyarakat Desa Tolutu dalam bentuk pemberian pelatihan dan edukasi

111

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
dalam rangka pemanfaatan big data dan content marketing sebagai salah satu bentuk dalam
menarik minak pengunjung untuk berwisata di Desa Tolutu, Kecamatan Tomini, Kabupaten
Bolaang Mongondow Selatan. Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat dan
di dukung oleh pemerinta desa. Kegiatan yang dilakukan melibatkan beberapa mahasiswa
dan tenaga administrasi yang membantu dalam penanganan administrasi, dokumentasi dan
pengorganisasian data pengabdian kepada masyarakat. Diawali dengan melakukan observasi
langsung yang disertai dengan wawancara mendalam selama dua hari pertama berada di
lokasi maka di susun program kegiatan selanjutnya yaitu melakukan pelatihan dan edukasi
kepada masyarakat terutama pada pengelola tempat wisata yang ada di Desa Tolutu,
Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara. Kegiatan
pelatihan dan edukasi tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu satu minggu di beberapa
daerah wisata yang ada di Desa Tolutu. Apresiasi diperoleh dari pemerintah desa bahwa
selama sekitar 7 hari pelatihan dilaksanakan, masyarakat telah memiliki wawasan yang
cukup, dalam membuat konten kreatif dan bermanfaat dalam mempromosikan spot-spot
wisata pantai yang ada di Desa Tolutu. Masyarakat yang umumnya telah memiliki
pengetahuan yang cukup dan sudah lancar menggunakan media sosial untuk berinteraksi dan
berkolaborasi dengan sesama pengguna media sosial, tidak mengalami kesulitan yang sangat
berarti dalam membuat konten-konten yang menarik guna mempromosikan destinasi wisata
yang ada di Desa Tolutu. Jaringan internet masih menjadi permasalahan di beberapa desa
penyangga yang ada di sekitar Desa Tolutu maka strategi content marketing yang
dilaksanakan dalam bentuk poster, brosur dan word of mouth. Word of mouth merupakan
komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang didistribusikan dari sender ke
receiver. Informasi word of mouth dapat diterima seseorang melalui percakapan sehari-hari,
diskusi baik secara formal maupun informal, dan rekomendasi yang diberikan oleh orang lain
(Willy, Loisa, & Aulia, 2021). Word of mouth sangat efektif bagi desa-desa yang tidak
memiliki jaringan internet yang cukup memadai. Pelatihan pembuatan content marketing
yang dilakukan selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan ternyata cukup
bermanfaat. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan.
Banyak masyarakat telah memiliki akun media sosial sejak lama dan hanya digunakan
sebagai saran hiburan semata dan tidak memahami bahwa ternyata ada yang dapat digunakan
untuk menyebarkan konten yang menarik guna menstimuli pengguna media sosial yang lain

112

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
untuk dapat berkunjung di Desa Tolutu yang memiliki beberapa objek wisata pantai yang
sangat indah.
Namun keberlanjutan dari kegiatan ini masih perlu terus dikembangkan terutama
dalam hal pelatihan dan pendampingan masyakat dalam meningkatkan literasi dan
pengetahuannya terkait bahasa internasional. Hal ini penting untuk dapat mempromosikan
potensi desa wisata yang ada di Desa Tolutu pada dunia internasional dan tidak hanya bersifat
lokal atau nasional semata.

E. Kesimpulan
Strategi pemasaran desa wisata melalui pemanfaatan big data dalam menyebarluaskan
content marketing yang kreatif, menarik dan relevan dengan kebutuhan masyarakat ternyata
memiliki potensi yang cukup baik untuk menarik minat pengunjung yang secara offline
aksesibilitasnya tidak dapat dijangkau oleh tim marketing. Komunikasi word of mouth positif
yang di bangun oleh masyarakat pengguna media sosial sangat membantu dalam menstimuli
pengguna lainnya untuk dapat memiliki minat mengunjungi desa wisata yang lagi viral
dibicarakan. Desa Tolutu yang awalnya merupakan desa wisata dengan market share yang
terbatas namun mampu meningkatkan pengunjungnya di tengah keterpurukan ekonomi akibat
pandemi Covid-19. Hal tersebut juga di dukung oleh seluruh stakeholder dan shareholder
yang ada di daerah tersebut.

F. Ucapan Terima Kasih
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tolutu, Kecamatan
Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara yang dilakukan tidak
terlepas dari partisipasi semua pihak sehingga ucapan terima kasih disampaikan kepada:
1. Rektor Universitas Bina Mandiri Gorontalo yang telah memberikan pendanaan sehingga
program pengabdian kepada masyarakat Batch III Tahun 2021 ini dapat dilaksanakan
dengan baik.
2. Pemerintah Desa Tolutu, Bapak Hensi Dali selaku Sangadi Desa Tolutu dan seluruh
masyarakat yang telah bekerjasama dalam mendukung kegiatan ini selama dua bulan
lamanya bersama tim pelaksana di lokasi pengabdian.

113

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
3. Seluruh mahasiswa yang terlibat dalam mendukung kegiatan ini: a) Silvani Urvin Sini, b)
Aprilia Putri Efendi, c) Christiawati Sapii, d) Della Fatimi Modeong, e) Nuryanti Antukai,
dan e) Sri Sutrisna Ismet Aji.

DAFTAR PUSTAKA

Dewi, I. K. (2020). Organizing Waste Through Community Participation in Napa Village.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(1), 107–114.
https://doi.org/10.35326/pkm.v4i1.633.

Edy, S., Ajo, A., Alzarliani, W. O. D., Hardin, Wardana, Suriadi, Darwis, & Situmorang, F.
C. (2019). Agribusiness community empowerment in the management Nirwana Beach
tourism area in City of Baubau. IOP Conference Series: Earth and Environmental
Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012140.

Fadillah, Syifa Nurul dan Retno Setyorini. (2021). Analisis Implementasi Strategi Content
Marketing dalam Menciptakan Customer Engagement di Media Sosial Instagram
Wakaf Daarut Tauhiid Bandung. Menara Ilmu. Vol. XV, No. 2, Januari 2021.

Hermawan, S., Rochmaniah, A., & Yani, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Content
Creator di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI , 5(1), 301–309.

Huda, Isra Ul., Antonius J. Karsudjono dan Ryan Darmawan. (2021). Pengaruh Content
Marketing dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Kecil Menengah di
Media Sosial. Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen. Vol. 8, No. 1, Januari 2021.

Milhinhos, Patricia Raquel Vasques. (2015). The Impact of Content Marketing on Attitudes
and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case of Videos & Tutorials and User
Generated Content. FGV EBAPE, Escola Brasileira De Administracao Publica De
Empresas. Brazil.

Muzaki, Naufal. (2021). Pengaruh Content Marketing Instagram terhadap Minat Beli di Masa
Pandemik Covid-19 (Studi Kasus pada sawara.co). e-Proceeding of Applied Science.
Vol. 7, No. 1, Februari 2021.

Nizar, Nefo Indra dan Achmad Nur Sholeh. (2021). Peran Ekonomi Digital terhadap
Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi selama Pandemi Covid-19. Jurnal Madani:
Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Humaniora. Vol. 4, No. 1, Maret 2021. pp. 87-99.

Ramadhayanti, Ana. 2021. Pengaruh Komunikasi Content Marketing dan Kualitas Layanan
Online terhadap Motivasi Pembelian. Akuntabel. Vol. 18, No. 1, 2021. pp. 72-81.

Risnawati, Novita. (2021). Peran Media Sosial di Masa Pandemi untuk Kemajuan
Perekonomian di Masyarakat. Jurnal Simki Economic, Vol. 4, Issue 1, 2021, pp. 35-46.
Available at: https://jiped.org/index.php/JSE.

114

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
MEMBANGUN NEGERI
Vol. 5 No.2 Oktober 2021

ISSN: 2548-8406 (print)
ISSN: 2684-8481 (online)
Solihin, Olih. (2021). Implementasi Big Data pada Sosial Media sebagai Strategi Komunikasi
Krisis Pemerintah. Jurnal Common. Vol 5, No. 1 Juni 2021. Available at:
http://doi.org/10.34010/common.v5i1.5123.

Sudarsono, S. (2020, July). Pengaruh Big Data, Content Marketing, Artificial Neural
Networks Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Secara Online di Indonesia.
In Seminar Nasional Kepariwisataan (SENORITA) 2020.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Willy, Riris Loisa, dan Sisca Aulia. (2021). Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan
Pembelian La Madame Florist. Prologia. Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Hal. 142-147. E-
ISSN: 2598-0777.