Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl
Penyusunan
Pengantar Ekonomi Mikro 8722003078 Mata Kuliah
Wajib Program
Studi
T=3P=0ECTS=4.77 1 5 Juni 2023
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Nurul Hanifa, S.E., M.Si. Dr. Lucky Rachmawati, S.E.,
M.Si.
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang
keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Mampu menganalisis konsep teoritis ekonomi secara keseluruhan
CPL-7 Mampu berkomunikasi secara efektif secara lisan dan tertulis di bidang ekonomi
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar teori ekonomi mikro mencakup permasalahan pokok ekonomi,
sumberdaya, pelaku ekonomi, mekanisme pasar dan struktur pasar sebagai dasar analisis permasalahan ekonomi
dalam kehidupan sehari-hari disertai dengan penggunaan pendekatan matematika dan grafis yang sederhana..
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-3 CPL-4 CPL-5 CPL-7
CPMK-1 ✔ ✔ ✔ ✔
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 910111213141516
CPMK-1 ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔ ✔
Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang mengantarkan mahasiswa tingkat awal kepada pemahaman tentang Teori Ekonomi
Mikro. Secara umum mata kuliah membahas beberapa topik besar, yaitu konsep dasar ilmu ekonomi, permintaan, penawaran, dan pasar
barang (output)..Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, analisis studi kasus, dan presentasi.
Pustaka Utama :
1.Samuelson, Paul & William Nordhaus. 2012. Eeconomics 19th Edition. McGraw Hill
Pendukung :
1.Case, Karl E. & Fair Ray C. 2007.Prinsip-prinsip Ekonomi Mikro: Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Indeks kelompok Gramedia.
2.Frank, Robert H. 2010.Microeconomicsand Behavior:8th edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
3.Nicholson, Walter. 2002.Mikroekonomi intermediate dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.
4.Pindyck Robert S. & Rubinfield Daniel L. 2018. Microeconomics.Ninth Edition. England: Perason Education LImitied
5.Mankiw Gregory N. 2016, Principles of Economics, 8e, Thomson. South Western, USA (B)
Dosen
Pengampu
Prof. Dr. Jun Surjanti, S.E., M.Si.
Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si.
Dr. Prayudi Setiawan Prabowo, S.E., M.E.
Dr. Mohammad Wasil, S.Pd., M.E.
Ruth Eviana Hutabarat, S.E., M.E.
Nurul Hanifa, S.E., M.Si.
Wenny Restikasari, S.E., M.S.E.

Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & BentukLuring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Mendeskripsikan
konsep dasar teori
ekonomi mikro
1.Menjelaskan
kedudukan
ekonomi Mikro
2.Mengidentifikasi
ruang lingkup
Teori Ekonomi
Mikro
3.Menjelaskan
asumsi teori
ekonomi mikro
4.Menyebutkan
Alat analisis
Teori Ekonomi
Mikro
5.Membedakan
ekonomi positif
dan ekonomi
normatif
Kriteria:
sesuai pedoman
penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 1. Ekonomi
Mikro dalam kerangka
ilmu ekonomi 2.
Ruang lingkup teori
ekonomi mikro 3.
Asumsi ekonomi
makro 4. Alat analisis
teori ekonomi mikro 5.
Perbedaan Ekonomi
positif dan normatif
Pustaka: Samuelson,
Paul & William
Nordhaus. 2012.
Eeconomics 19th
Edition. McGraw Hill
3%
2
Minggu ke 2
Mampu menganalisis
timbulnya masalah
ekonomi
1.Menganalisis
Kelangkaan
2.Menjelaskan
opprtunity cost
3.
Mendeskripsikan
kurva
kemungkinan
Produksi
4.
Mendeskripsikan
tiga masalah
pokok ekonomi
Kriteria:
sesuai pedoman
penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: Pengertian
kelangkaan,
Pengertian
Opportunity Cost,
Pengertian kurva
kemungkinan
produksi, dan
Pengertian tiga
masalah pokok
ekonomi
Pustaka: Samuelson,
Paul & William
Nordhaus. 2012.
Eeconomics 19th
Edition. McGraw Hill
4%
3
Minggu ke 3
Mampu
mendeskripsikan
kegiatan Ekonomi
1.
Mendeskripsikan
proses kegiatan
produksi,
distribusi
2.Mengidentifikasi
pelaku-pelaku
kegiatan
ekonomi
3.Mengidentifikasi
pelaku-pelaku
kegiatan
ekonomi
4.
Mendeskripsikan
alur dan proses
dalam circular
flow
Kriteria:
Pedoman
Pensokran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: Proses
kegiatan produksi,
distribusi, dan
konsumsi, Pelaku
kegiatan ekonomi,
circular Flow
Pustaka: Case, Karl
E. & Fair Ray C.
2007.Prinsip-prinsip
Ekonomi Mikro: Edisi
Kedelapan. Jakarta:
PT Indeks kelompok
Gramedia.
4%
4
Minggu ke 4
Menganalisis
permintaan dan
penawaran
1.
Mendeskripsikan
permintaan
2.Menjelaskan
Hukum
permintaan
3.Menjelaskan
faktor-faktor
yang
mempengaruhi
permintaan
Kriteria:
Pedoman
Pensokran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
6 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: Pengertian
permintaan, Hukum
permintaan, Faktor-
faktor yang
mempengaruhi
permintaan
Pustaka: Mankiw
Gregory N. 2016,
Principles of
Economics, 8e,
Thomson. South
Western, USA (B)
3%
5
Minggu ke 5
Menganalisis
permintaan dan
penawaran
1.Membuat Tabel
Permintaan
2.Membuat kurva
permintaan
3.Menghitung
Fungsi
Permintaan
Kriteria:
Pedoman
Pensokran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
6 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: Tabel
permintaan, kurva
permintaan, dan
Fungsi permintaan
Pustaka: Mankiw
Gregory N. 2016,
Principles of
Economics, 8e,
Thomson. South
Western, USA (B)
3%

6
Minggu ke 6
Menganalisis
permintaan dan
penawaran
1.
Mendeskripsikan
penawaran
2.Menjelaskan
Hukum
penawaran
3.Menjelaskan
faktor-faktor
yang
mempengaruhi
penawaran
4.Membuat tabel
penawaran
5.Membuat kurva
penawaran
6.Menghitung
fungsi
penawaran
Kriteria:
Pedoman
Pensokran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 1 Pengertian
penawaran 2 Hukum
permintaan 3 Faktor-
faktor yang
mempengaruhi
permintaan 4 Tabel
penawaran 5 kurva
penawaran 6 Fungsi
penawaran
Pustaka: Mankiw
Gregory N. 2016,
Principles of
Economics, 8e,
Thomson. South
Western, USA (B)
4%
7
Minggu ke 7
Menganalisis
mekanisme
pembentukan harga
pasar
1.Menganalisis
pembentukan
harga pasar jika
keadaan cateris
paribus.
2.
Menggambarkan
proses
pembentukan
harga pasar jika
terjadi exess
demand atau
excess supply.
3.
Mendeskripsikan
pembentukan
harga pasar jika
terjadi
perubahan
kondisi.
4.
Mendeskripsikan
dengan gambar
proses
pembentukan
harga pasar jika
dimasukkan
jangka waktu
penawaran.
Kriteria:
sesuai pedoman
penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 1
Pembentukan harga
pasar jika keadaan
cateris paribus. 2
Proses pembentukan
harga pasar jika
terjadi exess demand
atau excess supply. 3
Pembentukan harga
pasar jika terjadi
perubahan kondisi. 4
Proses pembentukan
harga pasar melalui
gambar jika
dimasukkan jangka
waktu penawaran.
Pustaka: Mankiw
Gregory N. 2016,
Principles of
Economics, 8e,
Thomson. South
Western, USA (B)
4%
8
Minggu ke 8
Ujian Tengah
Semester (UTS)
Dapat mengerjakan
soal dengan baik
dan benar
Kriteria:
sesuai pedoman
penskoran
Bentuk Penilaian :
Tes
tes
tertulis
3 X 50
Materi: materi 1-7
Pustaka: Samuelson,
Paul & William
Nordhaus. 2012.
Eeconomics 19th
Edition. McGraw Hill
20%

9
Minggu ke 9
Kemampuan
menentukan berbagai
koefisien elastisitas
serta mendeteksi
jenis barang
berdasarkankoefisien
elastisitas
1.Menghitung
koefisien
elastisitas
permintaan
dengan berbagai
konsep.
2.
Mendeskripsikan
faktor-faktor
yang
menentukan
elastisitas
permintaan
barang.
3.Menghitung
koefisien
elastisitas
penawaran
dengan berbagai
konsep.
4.
Mendeskripsikan
faktor-faktor
yang
menentukan
elastisitas
penawaran
5.Menghitung
koefisien
elastisitas
permintaan
silang untuk
mendeteksi
hubungan
antara dua
barang.
6.Menghitung
koefisien
elastisitas
pendapatan
untuk
mendeteksi sifat
barang
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
6 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 9.1 koefisien
elastisitas permintaan
dengan berbagai
konsep. 9.2 faktor-
faktor yang
menentukan
elastisitas permintaan
barang. 9.3 koefisien
elastisitas penawaran
dengan berbagai
konsep. 9.4 faktor-
faktor yang
menentukan
elastisitas penawaran
10.1 koefisien
elastisitas permintaan
silang untuk
mendeteksi hubungan
antara dua barang.
10.2 koefisien
elastisitas
pendapatan untuk
mendeteksi sifat
barang
Pustaka: Nicholson,
Walter.
2002.Mikroekonomi
intermediate dan
Aplikasinya. Jakarta:
Erlangga.
Materi: 9. koefisien
elastisitas permintaan
dengan berbagai
konsep. 9. faktor-
faktor yang
menentukan
elastisitas permintaan
barang. 9. koefisien
elastisitas penawaran
dengan berbagai
konsep. 9. faktor-
faktor yang
menentukan
elastisitas penawaran
10. koefisien
elastisitas permintaan
silang untuk
mendeteksi hubungan
antara dua barang.
10. koefisien
elastisitas
pendapatan untuk
mendeteksi sifat
barang
Pustaka: Nicholson,
Walter.
2002.Mikroekonomi
intermediate dan
Aplikasinya. Jakarta:
Erlangga.
4%

10
Minggu ke 10
Kemampuan
menentukan berbagai
koefisien elastisitas
serta mendeteksi
jenis barang
berdasarkankoefisien
elastisitas
1.Menghitung
koefisien
elastisitas
permintaan
dengan berbagai
konsep.
2.
Mendeskripsikan
faktor-faktor
yang
menentukan
elastisitas
permintaan
barang.
3.Menghitung
koefisien
elastisitas
penawaran
dengan berbagai
konsep.
4.
Mendeskripsikan
faktor-faktor
yang
menentukan
elastisitas
penawaran
5.Menghitung
koefisien
elastisitas
permintaan
silang untuk
mendeteksi
hubungan
antara dua
barang.
6.Menghitung
koefisien
elastisitas
pendapatan
untuk
mendeteksi sifat
barang
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
6 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 9. koefisien
elastisitas permintaan
dengan berbagai
konsep. 9. faktor-
faktor yang
menentukan
elastisitas permintaan
barang. 9. koefisien
elastisitas penawaran
dengan berbagai
konsep. 9. faktor-
faktor yang
menentukan
elastisitas penawaran
10. koefisien
elastisitas permintaan
silang untuk
mendeteksi hubungan
antara dua barang.
10. koefisien
elastisitas
pendapatan untuk
mendeteksi sifat
barang
Pustaka: Nicholson,
Walter.
2002.Mikroekonomi
intermediate dan
Aplikasinya. Jakarta:
Erlangga.
4%
11
Minggu ke 11
Menganalisis
penetapan kebijakan
harga pemerintah
1.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijaksanaan
penetapan
harga eceran
terendah
2.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijakan
penetapan
harga eceran
tertinggi
3.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijakan Quota
internasional
4.
Mendeskripsikan
kurva kebijakan
Pajak
5.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijaksanaan
Subsidi
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 11.1
Kebijaksanaan
penetapan harga
eceran terendah 11.2
kebijakan penetapan
harga eceran tertinggi
11.3 kebijakan Quota
internasional 12
kebijakan Pajak 13
kebijaksanaan
Subsidi
Pustaka: Pindyck
Robert S. & Rubinfield
Daniel L. 2018.
Microeconomics.Ninth
Edition. England:
Perason Education
LImitied
4%

12
Minggu ke 12
Menganalisis
penetapan kebijakan
harga pemerintah
1.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijaksanaan
penetapan
harga eceran
terendah
2.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijakan
penetapan
harga eceran
tertinggi
3.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijakan Quota
internasional
4.
Mendeskripsikan
kurva kebijakan
Pajak
5.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijaksanaan
Subsidi
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 11.1
Kebijaksanaan
penetapan harga
eceran terendah 11.2
kebijakan penetapan
harga eceran tertinggi
11.3 kebijakan Quota
internasional 12
kebijakan Pajak 13
kebijaksanaan
Subsidi
Pustaka: Pindyck
Robert S. & Rubinfield
Daniel L. 2018.
Microeconomics.Ninth
Edition. England:
Perason Education
LImitied
3%
13
Minggu ke 13
Menganalisis
penetapan kebijakan
harga pemerintah
1.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijaksanaan
penetapan
harga eceran
terendah
2.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijakan
penetapan
harga eceran
tertinggi
3.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijakan Quota
internasional
4.
Mendeskripsikan
kurva kebijakan
Pajak
5.
Mendeskripsikan
dengan kurva
kebijaksanaan
Subsidi
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: 11.1
Kebijaksanaan
penetapan harga
eceran terendah 11.2
kebijakan penetapan
harga eceran tertinggi
11.3 kebijakan Quota
internasional 12
kebijakan Pajak 13
kebijaksanaan
Subsidi
Pustaka: Pindyck
Robert S. & Rubinfield
Daniel L. 2018.
Microeconomics.Ninth
Edition. England:
Perason Education
LImitied
3%
14
Minggu ke 14
Mengidentifikasi
macam - macam
pasar
1.Mengidentifikasi
ciri-ciri pasar
2.
Mendeskripsikan
macam-macam
pasar
3.Membedakan
jenis pasar
menurut
strukturnya
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
ceramah interaktif,
diskusi, dan case study
Materi: Ciri-ciri pasar,
macam-macam pasar
dan jenis pasar
menurut strukturnya
Pustaka: Mankiw, M.
Gregory.
2004.Pengantar
Ekonomi Mikro.Edisi
Jakarta: Salemba
Empat.
Materi: Ciri-ciri pasar,
macam-macam pasar
dan jenis pasar
menurut strukturnya
Pustaka: Samuelson,
Paul & William
Nordhaus. 2012.
Eeconomics 19th
Edition. McGraw Hill
Materi: Ciri-ciri pasar,
macam-macam pasar
dan jenis pasar
menurut strukturnya
Pustaka: Mankiw
Gregory N. 2016,
Principles of
Economics, 8e,
Thomson. South
Western, USA (B)
4%

15
Minggu ke 15
Menganalisis biaya
produksi
1.menjelaskan
pengertian biaya
produksi
2.menjelaskan
komponen-
komponen biaya
produksi
Kriteria:
Pedoman
Penskoran
Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah
interaktif,
diskusi,
dan case
study
3 X 50
Materi: konsep biaya
produksi dan
komponen biaya
produksi
Pustaka: Nicholson,
Walter.
2002.Mikroekonomi
intermediate dan
Aplikasinya. Jakarta:
Erlangga.
3%
16
Minggu ke 16
UAS Dapat mengerjakan
soal dengan baik
dan benar
Kriteria:
sesuai pedoman
penskoran
Bentuk Penilaian :
Tes
Tes
tertulis
3 X 50
Materi: 9-15
Pustaka: Samuelson,
Paul & William
Nordhaus. 2012.
Eeconomics 19th
Edition. McGraw Hill
30%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 50%
2.Tes 50%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh
melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan
bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian
konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik
Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-
pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
RPS ini telah divalidasi pada tanggal
Koordinator Program Studi S1
Ekonomi
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.
NIDN 0024097803
UPM Program Studi S1 Ekonomi
NIDN
File PDF ini digenerate pada tanggal 21 September 2024 Jam 16:25 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa