5





UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
F A K U L T A S PE T ERNAK AN

P R O G RAM S T U D I PETERNAKAN

R EN C A N A P E M B E L A J AR A N S E M E S T E R ( R P S ) / BLOK (RPB)
N ama Ma t a K u li ah/Blok K o de
MK/Blok
Bo b o t (s k s ) Seme st er T g l Pe n y u s u n an
KEPEMIMPINAN
PTP 1202

2 ( 1 .1) II 5 Oktober 202 1
Ot o r i s a s i

N ama K oo rd i na t o r Pe n g emba n g
R PS
K o o rd i na t o r B i da n g

K etua
Prodi/ Jurusan
D r.Ir. Krismiwati Muatip, M.Si




Dr.Ir. Krismiwati Muatip,
M.Si
.

Imbang Har yoko
S.Pt, MP
C apa i an Pembe l a j aran ( C P)

Sikap
1. M enjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan
agama,moral, dan etika;

6

2. B erkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermas yarakat, berbangsa,
bernegara, dan kemajuan .
3. B ekerja sama dan memil iki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat
dan lingkungan;
4. M enunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keah liann ya secara
mandiri
Pengetahuan
1. Mampu menerapkan kaidah - kaidah ilmiah
2. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi .

Kemampuan Umum
1. M ampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
keahliann ya.
Kemampuan Khusus
1. Mampu mengembangkan diri
2. Mampu memahami dinamika sosial masyarakat

C PMK ( C apa i an P e mb e l a j aran Ma t a K u li ah)
C P M K 1
Mahasiswa mampu mengukur secara ob yektif kemampuan pemimpin dalam
menjalankan tugas kepemimpinan
Dis kr i p s i S i n g kat
MK
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada semester genap yang membahas teori - teori
kepemimpinan, ga ya - gaya kepemimpinan serta syarat - s yarat yang harus dimiliki seorang
pemimpin untuk menjalankan fungsi dan peranannya sebagai pemberi motivasi, penyel esai

7

konflik, negosiator yang ulung juga memiliki sifat yang baik serta mampu penempatan bawahan
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga tercipta pemimpin yang berkarakter.
B ahan K a ji an /
Ma t eri
Pembe l a j aran

1. Kontrak Pembelajaran dan Pendahuluan
2. T eori - teori kepemimpinan
3. Tugas, peran, fungsi dan syarat Pemimpin
4. Kepemimpinan dalam kelompok
5. P emimpin sukses Versus efektif
6. Kemampuan pemimpin dalam men yelesaikan konflik .
7. Kemampuan pemimpin dalam bernegosiasi
8. M embangun kinerja anggota dengan memotivasi diri
9. M embangun kinerja anggota melalui hubungan yang efektif
10. M embangun kinerja anggota/kar yawan melalui perubahan dalam organisasi
D af t ar R efe r en s i U t ama:

As - Suwaidan, T.M., 2005. Melahirkan pemimpin masa depan. Gema Insani. Jakarta

Danim, S. 2004. Motivasi, Kepemimpinan, dan Efektivitas Kelompok. Renika Cipta. Jakarta.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi . Bumi Aksara.
Jakarta.

Margono, S. 200 3 . Kelompok, Organisasi dan Kepemimpinan. IP B press.

8

Mualldin, I., IP, S. and P A, M., 2019. Kepemimpinan Transformasional: Dalan Kajian Terotik
Dan Empiris (pp. 6 - 13). Working Papers hasil penelitian Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Brawija ya tahun 2013.

Nawawi . 2006. “Kepemimpinan yang efektif”. UGM Press. Yogyakarta

Putri, F. I 2014. Hubungan Motivasi Kerja dengan Komitmen Kerja Kar yawan di Balai Pendidikan
dan Pelatihan Sosial. Jurnal Administrasi Pendidikan. 2 ( 1 ) .

Rivai, V. 2002. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Rivai, V. 2 004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktek,
Grafindo Persada . Jakarta

Robbins, Stephen P, dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi ke-12, Salemba Empat.
Jakarta.

Siagian, T.S. and Khair, H., 2018. Pengaruh Ga ya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja
Terhadap Kinerja Kar ya wan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel
Intervening. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), pp.59 - 70.

Sunarta dan Endah P. 2009 . memilih - pemimpin - dalam - praktik - kepemimpi.
https://media .neliti.com/media/publications/113581 - ID.

Yuniarti, D. and Suprianto, E., 2020. Pengaruh gaya kepemimpinan dan tingkat Pendidikan
terhadap kinerja kar yawan pada direktoreat operasi/produksi PT. X. Jurnal Industri Elektro
dan Penerbangan, 4(2).

9




Yudiaatmaja, F., 2013. Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karaktern ya. Media Komunikasi
FPIPS, 12(2).
Pendukung

N ama D o s en
Pe n g ampu

1. Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
2. Ir. Oentoeng Eddy Dj atmiko, MP
3. Ir. Alief Einstein, M.Hum
4. Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D

10


M g
ke
Sub - CPMK
(Kemampua
n akhir yang
direncanaka
n)

Bahan kajian
(Materi
Pembelajaran
)

Bentuk dan
Metode
pembelajara
n
(Media &
Sumber
Belajar)
Estimasi
Waktu
(Menit)
Pengalaman
belajar
mahasiswa
Penilaian
K r i t er i a & B en t uk Ind i ka t o r Bobot
(%)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
I
Mahasiswa
dapat
menyetujui dan
menjelaska n
ulang rua ng
lingkup
pembelaj aran
mata kuliah
Kepe mimpina n
Kontrak
P embelajaran
dan P endahuluan
Ceramah dan
Diskusi
Daring:
M ateri: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet
5 0
 Menyusun
Strategi Belaj ar
 Menyusun
kontra k
pembelaj aran
 Sharing
pengeta hua n
dan
m enge muka ka n
pendapat
Kriteria:
 Kesepakata n belaj ar
 Menge mukaka n
pendapat
Bentuk: Ma h asiswa
diminta untuk
me mbaca &
me maha mi materi
sebelum pe mbelaj aran
dimulai
 Partisipasi
aktif
berargume n
dala m diskusi
 Pengua saan
literatur dan
arah
pembelaj aran
5 %
II - III
Menjelaska n
secara detail
tentang teori -
teori
kepe mimpinan

T eori - teori
kepe mimpinan

Ceramah dan
Diskusi
Daring:
M ateri: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet
50
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Sharing
pengeta hua n
dan
menge muka ka n
pendapat
 T anya ja wab
tentang teori -
teori
Kepe mimpina n

Kriteria:
 Menja wab
pertanyaa n lisa n
 Menge mukaka n
pendapat
 Mendeskripsika n
denga n detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif , berar -
gume n dala m
diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
mendiskripsik
an tentang
teori - teori
kepe mimpinan
10 %
50

11

IV -
V
Menguraikan
tentang T ugas,
peran, fungsi
dan syarat
Pemimpin

T ugas, peran,
fungsi dan syarat
Pemimpin

Ceramah dan
Diskusi
Daring:
M ateri: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet

50
 Melakuka n
wa wa n - cara
dgan pe mimpin
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Sharing penge -
tahua n dan
menge muka ka n
pendapat
 Paparan
 Kerjasama T im
 Mendapatka n
ga mbara n tugas,
peran dan
fungsi
pemimpin
Kriteria:
 Merangkum hasil
wa wa ncara
 Menulis laporan
 Me mpresentasikan
hasil praktikum
Bentuk:
 Power point paparan
 Diskusi kelo mpok
 Praktikum

 Partisipasi
aktif berargu -
men dala m
diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
menja wab
pertanyaa n
dan berargu -
mentasi
 Ke ma mp ua n
mendiskripsik
an T ugas,
peran, fungsi
pemimpin
1 5 %

50
VI -
VII
Menjelaska n
fungsi
pemimpin
dala m
kelo mpok da n
proses
pencarian
pemimpin

Kepe mimpina n
dala m kelo mpo k
Ceramah dan
Diskusi
Daring:
M ateri: Eldiru
Penjelasan dan
diskusi: Google
meet
50
 Melakuka n
wa wa ncara
denga n
pemimpin
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Sharing penge -
tahua n dan
ke mukaka n
pendapat
 Paparan
 Kerjasama T im
 Mendapatka n
ga mbara n
munc ulnya
pemimpin
Kriteria:
 Merangkum hasil
wa wa ncara
 Menulis laporan
 Me mpresentasikan
hasil praktikum
Bentuk:
 Power point paparan
 Diskusi kelo mpok
 Praktikum
 Partisipasi aktif
berargume n
dala m diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
menja wab
pertanyaa n dan
berargume ntasi
 Ke ma mp ua n
menjabarkan
tentang proses
munc ulnya
seorang
pemimpin

2 0
%
50

12

UJIAN TENGAH SEMESTER
VIII
Me mbedaka n
pemimpin
sukse s dan
efektif
Pemimpin
sukse s Versus
efektif
P aparan dan
Diskusi
Daring:
M ateri: Eldiru
(Scroom);
power point
mahasiswa
P aparan dan
diskusi : Google
meet
50
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Sharing
pengeta hua n
dan me nge mu -
kaka n pendapat
 T anya ja wab
tentang
pemimpin
sukse s Vs
efektif
Kriteria:
 Menja wab
pertanyaa n lisa n
 Menge mukaka n
pendapat
 Mendeskripsika n
denga n detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif
berargume n
dala m diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
mendiskripsik
an pe mimp in
sukse s Vs
efektif
5 %
50
IX
Menjelaska n
jenis konflik,
penyebab dan
cara
menge ndalika n
konflik
Ke ma mp ua n
pemimpin dala m
menyele saikan
konflik
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
po wer point
maha sis wa
Paparan dan
diskusi :
Google meet
50
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Penyusuna n
materi belaj ar
 Sharing
pengeta hua n dan
menge muka ka n
pendapat
 Pemaparan
 Kerjasama T im
 Mendapatka n
ga mbara n
penyele saian
konflik
Kriteria:
 Menja wab
pertanyaa n
langsung
 Menge mukaka n
pendapat
 Me maparka n
denga n jelas dan
benar
Bentuk:
 T ugas terstruktur
 Power point paparan
 Kerjasama tim
 Diskusi kelo mpok
 Partisipasi
aktif
berargume n
dala m diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
menja wab
pertanyaa n
 Ke ma mp ua n
menjelaska n
secara runut
dan benar
10 %
X
M e ma ha mi
cara - cara
bernegosiasi

Ke ma mp ua n
pemimpin dala m
bernegosiasi
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
50
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Penyusuna n
materi belaj ar
Kriteria:
 Menja wab
pertanyaa n
langsung
 Partisipasi
aktif
berargume n
dala m diskusi
10%

13

po wer point
maha sis wa
Paparan dan
diskusi :
Google meet
 Sharing
pengeta hua n dan
menge muka ka n
pendapat
 Mendapatka n
ga mbara n cara -
cara
bernegoisasi
 Menge mukaka n
pendapat
 Me maparka n
denga n jelas dan
benar
Bentuk:
kuis
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
menja - wab
pertanyaa n

XI
Menyeb utkan
ke mbali upa ya
pemimpin
dala m
m e mba ngun
kinerja anggota
denga n
me motiva si
diri

Me mbangun
kinerja anggota
denga n
m e motiva si diri
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Scroom);
po wer point
maha sis wa
Paparan dan
diskusi :
Google meet
50
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Penyusuna n
materi belaj ar
 Sharing
pengeta hua n dan
menge muka ka n
pendapat
 Mendapatka n
ga mbara n
me motiva si diri
anggota
Kriteria:
 Menja wab
pertanyaa n lisa n
 Menge mukaka n
pendapat
 Mendeskripsika n
denga n detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif
berargume n
dala m diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
menja wab
pertanyaa n
 Ke ma mp ua n
menjelaska n
secara runut
dan benar
10%
XII
Menjelaska n
uapa ya
pemimpin
dala m
me mba ngun
kinerja anggota
melalui
hub unga n ya ng
efektif

Me mbangun
kinerja anggota
melal ui
hub unga n ya ng
efektif
Paparan dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
(Sc room);
po wer point
maha sis wa
Paparan dan
diskusi :
Google meet
50
 interne t
 Penyusuna n
materi belaj ar
 Sharing
pengeta hua n dan
menge muka ka n
pendapat
 Mendapatka n
ga mbara n
tentang hubunga
n ya ng efe ktif
Kriteria:
 Menja wab
pertanyaa n lisa n
 Menge mukaka n
pendapat
 Mendeskripsika n
denga n detail dan
jelas
Bentuk:
 Pertanyaan
langsung dari dosen
 Partisipasi
aktif
berargume n
dala m diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
men - ja wab
pertanyaa n
 Ke ma mp ua n
menjelaska n
5%

14

secara runut
dan benar
XIII
-
XIV
Menjelaska n
uapa ya
pemimpin
dala m
me mba ngun
kinerja
anggota/kar ya
wa n me lalui
perubahan
dala m
organisa si

Me mbangun
kinerja
anggota/kar ya wa
n mela lui
perubahan
dala m organisasi

Cera ma h dan
Diskusi
Daring:
Materi: Eldiru
Penjelasan
dan diskusi :
Google meet
50
 T elusur ilmiah
melal ui internet
 Sharing
pengeta hua n
 dan
menge muka ka n
pendapat
 ke ma mp uan
me mba ngun
kinerja
anggota/kar ya w
an mela lui
perubahan
dala m organisasi
Kriteria:
 Menja wab
pertanyaa n
 Menge mukaka n
pendapat
 Medeskripsikan
scr jelas dan benar
Bentuk:
 T ugas terstruktur
 Power point paparan
 Diskusi kelo mpok

 Partisipasi
aktif
berargume n
dala m
diskusi
 Pengua saan
literature
 Ke ma mp ua n
menja wab
pertanyaa n
 Ke ma mp ua n
menjelaska n
secara detail
1 0 %
50
UIJAN AKHIR SEMESTER

15

VII. Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi prestasi mahasis wa dilakukan melalui beberapa ko mponen yaitu kehadiran,
tugas terstruktur, praktikum, u jian t engah s emester (UTS) dan u jian a khir s emester (UAS).
Soal ujian baik kuis, UTS maupun UAS dibuat dengan memperhatikan proporsi
pe mahaman mahasiswa yaitu rendah/sedang/ pandai.
Adapun perhitungan nil ai akhir mahasiswa dilakukan de ngan ketentuan sebagai
berikut:
 Case Based Learning (CBL) : 50%
 Praktikum : 10%
 Kuis : 5%
 Tugas Terstruktur : 5%
 UTS : 15%
 UAS : 15%
Penilaian seluruh hasil belajar dilakukan berdasarkan Penilaian Acuan Patokan
(PAP) dengan ketentuan sebagai berikut :
 Nilai Mutu A untuk nilai ≥ 80
 Nilai Mutu AB untuk nilai antara 75,00 - 79,99
 Nilai Mutu B untuk nilai antara 70,00 - 74,99
 Nilai Mutu BC untuk nilai antara 65,00 - 69,99
 Nilai Mutu C untuk nilai antara 60,00 - 64,99
 Nilai Mutu CD untuk nilai antara 56,00 - 59,99
 Nilai Mutu D untuk nilai antara 46,00 – 55,99
 Nilai Mutu E untuk nilai < 46

16

VIII. Lembar Kegiatan Mahasiswa Pembelajaran Berbasis Kasus


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
F A K U L T A S PE T E R NA KA N
-
P R O G RAM STUDI PETERNAKAN
Alamat: Jl. Dr. Soeparno Utar 60, Grendeng, Purwokerto Utara 53123.
(0281) 638792
Webiste: www.fapet.unsoed.ac.id

LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA
MATA KULIAH KEPEMIMP INAN
KODE
PTP 1202 SKS 2 ( 1 .1) Semester I I
DOSEN PENGAMPU
1. Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
2. Ir. Oentoeng Eddy Dj atmiko, MP
3. Ir. Alief Einstein, M.H um
4. Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D
BENTUK Studi Kasus (Kelompok)
WAKTU KEGIATAN 1 Maret - 11 April 202 2
JUDUL STUDI KASUS
Menilai kemampuan seorang pemimpin dalam melaksanakan t ugas, f ungsi dan p eran serta
menjelaskan proses munculnya seorang pemimpin
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
 Mahasiswa mampu menggali informasi tentang kepemimpinan melalui wawancara
dengan pemimpin
 Mahasiswa mampu menjelaskan secara detail teori munculnya seorang pemimpin yang
diwawancarai
 Mahasiswa mampu menilai kemampuan pemimpin dalam menjalankan tugas, fungsi,
dan peran yang dijalankan pemimpin
 Mahasiswa mampu men yusun laporan praktikum
 Mahasiswa mampu melakukan presentasi, dis k usi dan berargumentasi
POKOK BAHASAN YANG HARUS DIPELAJARI
 Teori - teori kepemimpinan
 Tugas, fungsi, peran dan syarat kepemimpinan

17

 Kepemimpinan dalam kelompok

DISKRIPSI KERJA
Kasus:
- Kepemimpinan dapat muncul karena keturunan, bakat, pendidikan, kesempatan, dipilih
atau kombinasi dari seluruhnya . Setelah memimpin, seorang pemimpin memiliki gaya
untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi karena pemimpin memiliki tugas, peran dan
fungsi sesuai dengan organisasi atau kelompok yang dipimpinnya
Pokok P ermasalahan yang harus dipecahkan:
 T entukan teori yang sesuai dengan kemunculan pemimpin yang diwanwancarai
 Tentukan ga ya kepemimpinan untuk menyelesaikan masalah yang timbul.
 Lakukan identifikasi tugas, fungsi dan peran yang telah dijalankan pemimpin
 Lakukan presentasi

METODE PENGERJAAN
1. Ketua kelas mengkoordinir pembagian kelompok dalam kelas , 1 kelompok beranggotakan
8 - 10 mahasiswa
2. Masing - masing kelompok diberikan waktu 2 minggu (Minggu ke 10 dan 11 ) untuk:
 Mendiskusikan tokoh - tokoh/pemimpin yang akan diwawancarai
 Melakukan wawancara
 Mencari literatur pendukung
 Menyimpulkan hasil wawancara dengan dukungan yang logis analitis berdasarkan
literatur yang ada
 Menyusun makalah
3. Masing - masing kelompok membuat power point untuk dipresentasikan berdasarkan
makalah yang disusun dari hasil diskusi kelompok atas kasus yang diberikan pada minggu
ke 12 - 13
4. Minggu ke 14 akan dilakukan presentasi.
5. Presentasi dilakukan dengan kelompok dari kelas yang berbeda, yaitu grup 1 terdiri atas
kelompok 1 dari masing - masing kelas (A,B,C, dan D).
6. Masing - masing group melakukan presentasi dan diskusi didampingi oleh dosen
pengampu melalui google meet.
BENTUK DAN FORMAT LUARAN

18

a. Objek Garapan
Wawancara dilakukan pada pemimpin di lingkungan mahasiswa atau tokoh masyarakat
b. Bentuk Luaran
1. Makalah
Struktur makalah terdiri atas: Pendahuluan, Anali sis masalah, kesimpulan dan daftar
pustaka; Makalah di keti k dalam Ms. Word dengan margin 2,5 all, Font Times new
romat 12, spasi 1,5; soft file tugas dikirimkan ke [email protected] paling
lambat Tanggal 1 Juni 2022
2. File Paparan
File paparan dapat berupa power point, video animasi, prezi atau lainnya.
INDIKATOR, KRITERIA DAN BOBOT PENILAIAN
a. Kinerja Kelompok (bobot 20%)
(form self - assesment ada dalam lembar terlampir)
b. MAKALAH HASIL DISKUSI KASUS (30%)
1. Ketepatan dalam menjawab pertan yaan /kasus
2. Kedalaman analisis, keluasan referensi.
3. Kesesuaian hasil kajian kasus dengan teori;
4. Kerapian format sajian makalah hasil studi kasus yang dikumpulkan;
c. Penyusunan Slide Presentasi (bobot 20%)
Jelas dan konsisten, Sedehana & inovative, menampilkan gambar & blok sistem,tulisan
menggunakan font yang mudah dibaca, jika diperlukan didukung dengan gambar dan video
clip yang relevant.
d. Presentasi (bobot 30% )
Bahasa komunikatif, penguasaan materi, penguasaan audiensi, pengendali an waktu (15
menit presentasi + 5 menit diskusi), kejelasan & ketajaman paparan, penguasaan media
presentasi.
JADWAL PELAKSANAAN
Pembagian Kelompok Minggu ke 10
Pengumpulan makalah dan media paparan Minggu ke 13

19

Diskusi grup (Masing - masing) Minggu ke 14
Pemaparan Minggu ke 14
DAFTAR RUJUKAN
As - Suwaidan, T.M., 2005. Melahirkan pemimpin masa depan. Gema Insani. Jakarta

Danim, S. 2004. Motivasi, Kepemimpinan, dan Efektivitas Kelompok. Renika Cipta. Jakarta.

Hasibuan, S.P. Mala yu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi . Bumi Aksara.
Jakarta.

Margono, S. 200 3 . Kelompok, Organisasi dan Kepemimpinan. IP B press.

20

Evaluasi Proses Pembelajaran Berbasis Kasus

EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS KASUp
Mata kuliah : Kepemimpinan
Sks : 2 ( 1 .1)
Nama Dosen : Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
Tahun akademik : 202 1 /202 2
Semester : II
Hari/tgl :

Identitas Responden
NAMA/NIM :
KELOMPOK :
# Beri tanda √ pada nilai yang sesuai pendapat Anda #
No PERNYATAAN
Jawaban
Sangat
Tidak Setuju
(bobot= 1)
Tidak
Setuju
(bobot=2)
Setuju

(bobot=3)
Sangat
Setuju
(bobot =4)
Penilaian Terhadap Persiapan dan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kasus
1 Dosen menyiapkan kasus yang akan
dibahas dengan didasarkan pada CP
yang akan dicapai.

2 Dosen memberi penekanan kepada
mahasiswa keterkaitan pembelajaran
kasus dengan Capaian Pembelajaran
Mata Kuliah .

3 KASUS sudah dideskripsikan dalam
lembar kegiatan mahasiswa dengan
jelas dan mudah dipahami

4 Dosen menjelaskan jenis
pembelajaran berbasis STUDI
KASUS apakah kasus yang faktual
atau by designed.

5 Dosen sudah menjelaskan prosedur
pembahasan studi kasus, apakah akan
dianalisis secara individual atau
dalam kelompok, dan waktu yang
disediakan untuk membahas kasus
dalam kelompok.

6 Kuliah didukung oleh fasilitas/ sarana
prasana penunjang yang memadai
(referensi pendukung, bahan ajar-
handout, modul, copy chapter ,
jaringan internet)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
PROGRAM STUDI PRODUKSI TERNAK
Jl.dr Soeparno no.60 TELP (0281) 638792 PURWOKERTO
website:www.fapet.unsoed.ac.id

21

Penilaian Terhadap Proses Pembelajaran Berbasis Kasus
7 D o s e n t el a h m e m p e r l a k uk a n
maha s i s w a d an g a g as a n mahasiswa
d e n g an h o r m at,sehingga maha s i s w a
m e r a s a a m an u n t u k m e n y u a r a k a n
g a g a s an n y a

8 Dosen m e n g el o la p e r i od e d i s k us i
s e d e m i k i a n r u p a s e h i n g g a ma mpu
m endor on g a n ali s is k r i ti s maha s i s w a
te r h a d ap m asal a h k e h i d u p an n y ata
d e n g an m e m b ia r k an mahasiswa
m e m b u at m a kn a n y a s e n d iri.






9 Dosen m e m perj e l as a p a y a ng t e l a h
d i p elaj ari ke l o m pok dan b e r t a n y a
k ep a da k e l o m pok t e n t ang k e sannya
terhadap proses dan hasil belajar

10 Do s en m er a ngk u m d an
m e n y i mpu l kan h a sil be l ajar.

11 Makalah hasil kegiatan pembelaj aran
kasus dievaluasi & dikembalikan oleh
dosen.

12 Terdapat kejelasan sistem penilaian
hasil belajar (komposisi nilai dan
bobot nilai)

13 Pada akhir kegiatan pembelaj aran
kasus dosen memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk
mengevaluasi pembelaj aran dengan
form yang tersedia




Kuesioner ini tidak akan mempengaruhi penilaian pembelajaran mahasiswa; apabila terdapat hal - hal yang
ingin disampaikan demi penyempurnaan pembelajaran berbasis kasus ini bisa ditulis dalam kolom berikut:
.......................................................................................... .......................................................... ......................
............................................................................................................................. .............................................
................................................................ ....................................................................................................

Terimakasih atas partisipasi anda.


Tim teaching
Tim Gugus Kendali Mutu Program Studi Peternakan

22

Form Penilaian Kinerja Individu Dalam Kelompok
Pembelajaran Berbasis Kasus


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
PROGRAM STUDI PETERNAKAN
Jl. Dr. Suparno No 60 TELP (0281)638792 PURWOKERTO
Website : www.fapet.unsoed.ac.id
FORM PENILAIAN KINERJA INDIVIDU DALAM KELOMPOK
PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS
Nama :
NIM :
Kelompok :
Judul Studi Kasus :
Mata Kuliah/kode/sks :
Dosen Pengampu :
Waktu Kegiatan :


No


Nama Anggota
Kelompok

NIM
Komponen Penilaian (Beri Nilai 1s.d.5)

Makalah
Individu
Penguasaan Materi Penggunaan
Keterampilan
Komitmen
dan
tanggung
Jawab
Keikutsertaan
kerja
kelompok
Prakarsa
/Inisitaif
Pengambilan
Keputusan
1
2
3
4
5
6
7
8

23


Form Penilaian Presentasi Kegiatan Kelompok Dalam Pembelajaran Berbasis Kasus
FORM PENILAIAN PRESENTASI KEGIATAN KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS


Fakultas : PETERNAKAN
Program studi : PETERNAKAN
Tahun akademik : 2021/2022
Semester : 2
Mata kuliah/ Kode : Kepemimpinan/ PTP 1202
SKS : 3 (2.1)
Pengampu : Dr. Ir. Krismiwati Muatip, M.Si
Ir. Oentoeng Eddy Djatmiko, MP
Ir. Alief Einstein, M.Hum
Novie Andri Setianto, S.Pt, M.Sc, Ph.D
Waktu Kegiatan :

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SODIRMAN
FAKULTAS PETERNAKAN
PROGRAM STUDI PRODUKSI TERNAK
PURWOKERTO
2021

24



FORM PENILAIAN PRESENTASI HASIL STUDI KASUS KELOMPOK:...............


MATA KULIAH :......................................(1)

SEMESTER :.......................................(2)


KELOMPOK :...........................................(3)


STANDAR MUTU
HASIL PENILAIAN

CATATAN PERBAIKAN
BAIK SEDANG KURANG
No ( 4 ) ( 5) ( 6 ) ( 7 ) ( 8 )
1 Kemampuan mendiskripsi tugas,
fungsi dan peran pemimpin

2 Teori yang digunakan untuk
membahas kemunculan seorang
pemimpina


3



Kolompok hadir pada saat
dipanggil/mendapat giliran presentasi




4



Kelengkapan dan kesiapan presentasi



5


Kekompakan kelompok dalam
presentasi ( saling men dukung, ada
pembagian peran dan adil dalam
pembagian peran)

25

6



Kualitas isi materi presentasi
( ketepatan jawaban, kedalaman
analisis, kelengkapan referensi )


7 Kemampuan menjelaskan materi
presentasi


8

Kemampuan menjawab pertanyaan
audiens


9



Kuali tas panyajian presentasi

10 Etika di dalam pengelolaan presentasi
11 Kecakapan dalam mengoperasikan
media penyuluhan

1 2 Kesiapan di dalam men g -handle
situasi kritis ( listrik mati, laptop
error,Ppt.ngadat dll.)

Purwokerto, ..........................(9)

Dosen ...........................(10)

Td. Tg. ketua kelas/wakil:.....................(11)

26

R encana Kegiatan Praktikum

TM
mgg ke
Acara Substansi Metode
pembelajaran
Waktu Media
pemebelajaran
Kriteria penilaian Proporsi
nilai
1
Persiapan
Kuesioner
Menyiapkan
kuesioner untuk
wawancara
- 1 mgg - -
-
1
Pendaftaran
praktikum dan
Pembuatan
Group Online
Praktikum
Mengetahui jumlah
peserta serta
mengkoordinasi
kegiatan praktikum
- 1 mgg -
Kedisiplinan dalam
pendaftaran praktikum
-
2
Asistensi

Penjelasan dan tata
cara praktikum
Arahan
asisten
1 jam Google Meet
Kedisiplinan dalam
kehadiran dan
pemahaman
-
3
Wawancara
Melakukan
wawancara dengan
pemimpin
berdasarkan kuesioner
dan pengamatan
langsung di lapangan
Wawancara
dan
pengamatan
Pemimpin
8 jam Kuesioner
Kedisiplinan ,
partisipasi aktif, dan
ketelitian pengamatan
1 5 %
Diskusi
Kelompok
Merangkum hasil
wawancara
Diskusi
kelompok
dibawah
bimbingan
asisten
3 jam
Isian
kuesioner
Kreatifitas, partisipasi
aktif dan kelengkapan
informasi
15%

27

4
Menyusun
laporan
Mencari referensi
untuk menyusun
laporan
Mencari
referensi
diberbagai
sumber
3 jam Google meet
Kedisiplinan ,
partisipasi aktif, dan
keterlibatan
1 5 %
5
Membuat
Power poin
Membuat power poin
Kerja
kelompok
dan
partisipatif
6 jam Google meet
Kedisiplinan ,
partisipasi aktif, dan
keterlibatan
10 %
6 Presentasi Melakukan presentasi
Kerja
kelompok
dan diskusi
aktif,
partsisipatif
3 jam Google meet
Kedisiplinan ,
partisipasi aktif, dan
keterlibatan
2 5 %
8 Responsi
Mengetahui
pemahaman
m a h a s iswa tentang
semua aspek
praktikum y an g telah
diterima
Mengerjakan
soal
3 jam
Form soal dan
LJU
Disiplin , tertib , dan
mampu menjawab
pertan yaan
20%

28

Evaluasi/Monitoring Pembelajaran
Kegiatan monitoring proses pembelajaran dimaksudkan untuk mengetahui apakah
proses belajar berlangsung dengan baik. Monitoring dilakukan oleh dosen pengampu , program
Studi ataupun fakultas . Monitoring yang dilakukan dosen han ya men yangkut aspek utama
yang dilakukan ketika pelaksanaan kuis pada setiap sesi pertemuan , sedangkan monitoring
yang dilakukan Program Studi, selain aspek utama juga men yangkut beberapa aspek tambahan .
Monitoring Program Studi dilaksanakan pada pertengahan dan akhir perkuliahan, sedangkan
monitoring yang dilakukan oleh akultas dilaksanakan pada akhir masa perkuliahan. Adapun
bentuk kuisioner monitoring yang dilakukan dosen pengampu adalah sebagai berik ut :

29





















FORM ULIR PENILAIAN
KINERJA DOSEN DA LAM PROSES PEM BELAJARA N (KULIAH)

(Diisi oleh mahasiswa pada kelas bersangkutan)
Fakultas
Program Studi
Nama Dosen
Matakuliah
Kelas
Gunakan skor penilaian berikut dan beri tanda √
4. Sangat Setuju 3. Setuju 2. Tidak Setuju 1.Sangat Tidak Setuju
TENTANG DOSEk
1 Dosen menguasai materi matakuliah sesuai isi SAP 1 O P 4
O
Dosen menyediakan buku teks, bahan ajar, hand out atau
sej enisnya
1 O P 4
P
Dosen mengaj arkan materi dengan metode yang efektif dengan
memberi contoh konkrit
1 O P 4
4
Dosen sangat komunikatif dan mampu menciptakan suasana
yang menyenangkan
1 O P 4
5
Dosen memperlihatkan sikap menghor mati mahasiswa dan
mendorong/memotivasi mahasiswa
1 O P 4
6 Dosen memberi penilaian yang obj ektif 1 O P 4
T
Dosen selalu mengembalikan hasil tes / tugas dengan catatan /
komentar
1 O P 4
8
Dosen menyediakan waktu untuk mendiskusikan materi kuliah
di luar kelas
1 O P 4
9
Dosen terampil menggunakan sarana teknologi modern dalam
memberi kuliah
1 O P 4
10
Dosen memberikan pesan nilai moral dan etika selain tentang
materi matakuliah
1 O P 4
TENTANG MATAKULIAH DAN BAHAN AJAo
1
Materi matakuliah telah sesuai dengan perkembangan IPTEKS
terbaru
1 O P 4
O Isi SAP sangat j elas dan membantu anda memaha mi matakuliah 1 O P 4
P
Materi tugas tes, dan ujian sesuai dengan materi matakuliah dan
selaras dengan isi SAP
1 O P 4
4 Materi bahan ajar mudah dipahami 1 O P 4
5
Materi bahan ajar memuat hasil penelitian dosen yang
bersangkutan
1 O P 4

Berikan komentar untuk dosen yang bersangkutan
..………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………

30

Butir Soal

SOAL UTS
MATA KULIAH KEPEMIMPINAN (PTP1202/PTP1203)
Waktu: 60 menit

I. Bacalah pernyataan di bawah ini, kemudian berilah TANDA SILANG huruf B jika
pernyataan BETUL dan TANDA SILANG pada huru f S jika pernyataan SALAe

1. B – S Salah satu sifat pemimpin yang baik adalah ambisius.
Jawaban: S
2. B – S Salah satu teori kepemimpinan adalah teori sifat atau teori genetik. Teori ini
menjelaskan bahwa eksistensi seorang pemimpin dapat diwariskan berdasarkan
sifat- sifat sejak lahir.
Jawaban: B
3. B – S Pemimpin tidak perlu mempunyai kapasitas moral yang lebih tinggi dalam mengatasi
berbagai dilema.
Jawaban:S
4. B – S Teori yang menunjukkan bahwa kedudukan dan kesempatan yang sama dimiliki oleh
semua orang adalah teori kejiwaan.
Jawaban: S
5. B – S Teori kepemimpinan yang merupakan hasil dari kombinasi waktu, situasi, tempat,
dan kondisi tertentu merupakan teori sosial.
Jawaban: S
6. B – S Setiap orang bisa menjadi pemimpin melalui proses pendidikan dan pengalaman.
Jawaban: B
7. B – p Teori yang merupakan perpaduan antara teori sosial dan teori genetis adalah teori
kontingensi yaitu jika Ia dilahirkan sebagai pemimpin dan memperoleh pendidikan
dan pengalaman akan menjadi pemimpin.
Jawaban: S
8. B – S Teori tiga dimensi dipengaruhi oleh dua faktor saja yaitu bakat kepemimpinan dan
Pengalaman, pendidikan.
Jawaban: S
9. B – S Seseorang dapat menjadi pemimpin jika memiliki bakat, lingkungan yg
Membentuknya, kesempatan dan kepribadian, motivasi dan minat, merupakan
pengertian teori serba kemungkinan.
Jawaban: B
10. B – S Menurut Ordway Tead munculnya seorang pemimpin ditunjuk dari atas artinya yang
menjadi pemimpin karena dipercaya dan disetujui pihak atasannya.
Jawaban: B

31


11. B. - S Pemimpin yang mampu menjalin kerjasama dg baik memberikan manfaat positif,
dimana setiap karyawan akan saling bekerjasama men yelesaikan pekerjaan dengan
lancar dan merasa nyaman.
Jawaban : B
12. B. - S Pemimpin adalah seseorang yang b ertanggung jawab untuk mewujudkan
banyak hal bagi yang dipimpinnya.
Jawaban : B
13. B. - S Prestasi seseorang pemimpin dalam mencapai suatu keberhasilan merupakan
prestasi yang diperoleh atas kerjan ya sendiri tanpa campur tangan orang lain
Ja waban : S
14. B - .S Perilaku yang memiliki keperdulian pada anggotanya, maka tugas seseorang
pemimpin harus bersikap hangat dan mendukung terhadap para pengikutn ya.
Jawaban : B
15. B. - S Peran utama kepemimpinan adalah memusatkan perhatian oran g - orang
pada sesuatu yang terbaik bagi pelanggan dan bagi organisasi.
Jawaban : B

II. P ili h lah SATU jawaban yang anda anggap paling tepat

1). Perbedaan antara teori Genetis dan teori sifat adalah
A. Penggagasn ya (penemunya)
B. Sosialisasi
C. Keturunan
D. Sifat Pemimpin
Jawaban: B

2) Menurut Teori Sosial, lahirnya pemimpin perlu didukung dengan
A. Pelatihan
B. Keka yaan
C. Kewibawaan
D. Kecerdasan
Jawaban: A

3) Bung Karno seorang orator ulung yang bisa mengobarkan semangat pemuda Indone sia,
sehingga sangat pas munculnya Kepemimpinan Bung Karno di era perjuangan, merupakan
contoh teori:
A. Sifat
B. Kewibawaan
C. Lingkungan

32

D. Kelompok
Jawaban: C

4) Seorang anak pemimpin yang memiliki pendidikan tinggi dan menjadi pemimpin di beberapa
berorganisasi, merupakan contoh lahirn ya teori:
A. Kewibawaan
B. Ekologis
C. Sifat
D. Genetik
Jawaban: B

5) P emimpin yang menerapkan perilaku taat prosedur bukan han ya unt uk dirinya tapi juga
Bawahann ya ,
A. Otokatrif
B. Birokratif
C. Direktif
D. Instruktif
Jawaban: B

6) Atasan meminta pendapat kepada bawahan mengenai keputusan yang akan diambilnya ,
Namun, keputusan tetap berada di tangan pemi mpin
A. Ga ya Kepemimpinan Otokratif
B. Ga ya Kepemimpinan Situasional
C. Ga ya Kepemimpinan Egaliter
D. Ga ya Kepemimpinan Konsultatif
Jawaban: D

7) K ecendrungan perilaku seorang pemimpin yg menggambarkan hubungan akrab dengan
bawahan
A. Struktur Inisiasi
B. Konsiderasi
C. Egaliter
D. Parternalistis
Jawaban: B

8) Pemimpin visioner yang mengajak sumber daya manusia organisasi bergerak menuju visi
kelompok/organisasi
A. Transaksional
B. Birokrasi
C. Transformasional

33

D. Konsultatif
Jawaban: C

9) Menurut Blanchard, memimpin melimpahkan seluruh wewenang dan tanggung jawabnya
kepada bawahan saat menjadi delegasi kelompok/organisasi
A. Gaya Kepemimpinan Delegating
B. Gaya Kepemimpinan Supporting
C. Gaya Kepemimpinan Konsultatif
D. Gaya Kepemimpinan Konsiderasi
Jawaban: A

10) Ciri-ciri Teori Kelompok, kecuali:
A. Ketika anggota tidak mampu melaksanakan pekerjaan secara baik, pemimpin
cenderung menekankan pada struktur pengambil inisiatif
B. Ketika anggota mampu melaksanakan pekerjaan secara baik maka pemimpin
menaikkan penekanannya
C. Hubungannya harmonis
D. Menghasilkan pemimpin baru
Jawaban: C

11) Tugas-tugas Kepemimpinan yang harus dikerjakan berikut ini, kecuali:
A. Membangkitkan kepercayaan dan loyalitas bawahan
B. Mengkomunikasikan gagasan kepada perusahaan lain.
C. Mempengaruhi orang lain
D Mampu mengejawantahkan tujuan organisasi
Jawaban : B.

12) Menyalakan semangat pekerjaan dengan tujuan individunya disebut
A. Allowing
B. Aligning
C. Alighting
D. Alright.
Jawaban : C.

13) Pernyataan mana yang tidak benar
A. Pemimpin dapat menjalankan roda organisasi dengan mengefektifkan
manajemen kepemimpinan
B. Memimpin adalah kemampuan berempati dan simpati kpd pihak yg kurang
beruntung .
C. Salah satu kriteria menilai efektifitas kepemimpinan adalah kemampuan dalam

34

mengambil keputusan
D. Salah satu karakter pemimpin yang luhur adalah mampu meniliai diri sendiri
secara jujur
Jawaban : B.

14) Yang termasuk dalam Peran Kepemimpinan dalam M anajemen Mutu adalah?
A. Pengukuran mutu
B. Ada ukuran baku
C. Bangkitkan kesadaran mutu
D. Menghitung bia ya.
Jawaban : B.

1 5) Dasar konpetensi pemimpin, kecuali:
A. Memiliki Visi
B. Berpendidikan formal.
C. Perca ya diri
D Memiliki ket e rampilan membuat rencana
Jawaban : B.

16). Memiliki rasa empati dan toleransi adalah salah satu...
A. Dasar kompetensi pimpinan (jawaban)
B. S yarat pemimpin ideal
C. S yarat pemimpin
D. Penyebab hilangn ya kekuatan
Jawaban : A.

17. Membangkitkan keperca yaan dan lo yalitas bawahan, termasuk
A. Peran pemimpin
B.Tugas pemimpin
C. Kewajiban pemimpin
D. Fungsi pemimpin
Jawaban : B.

III. Isilah titik - titik dengan jawaban yang tepat dan singkat (Bobot 40)
1. Teori garis keturunan adalah ………………………….………………………..…………..
……………………..……………………………………………………………………………
……………………………..……………………………………………………………………
2. Apakah teori garis keturunan masih relevan pada saat ini? Jelaskan ......................................
...............................................................................................................................................

35

............................................................................................................................. ....................
............................................................................................................................. ....................
.............................................................................................................. ..................................
……………………………………………………………………………………………….
3. Pemimpin karismatik ……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
4. Ada beberapa gaya kepemimpinan. Pada saat mana gaya kepemimpinan tersebut diterapkan.
Otokratis digunaan saat ………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………….
Demokratis digunakan saat ……………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………
Kendali bebas digunakan saat …………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
M.K. KEPEMIMPINAk
Waktu: 75 Menit

1. Kepemimpinan merupakan seni untuk menciptakan kesesuaian paham. Jelaskan (Bobot 5)
2. Apakah perlu seorang pemimpin memiliki kemampuan teknik berkaitan dengan komunitas
yang dipimpinnya? Jelaskan jawaban anda (Bobot 5)
3. Kapan sebaiknya pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan (Bobot 10)
- Konsiderasi
- Inisiasi
4. Bagaimana kepemimpinan menurut Teori Situasi? (Bobot 5)
5. Apa kelemahan dan kelebihan pemimpin yang positif dan negatif (Bobot 10)
6. Jelaskan fungsi pemimpin sebagai Alighting, Aligning, dan Allowing (Bobot 10)
7. Sebut dan jelaskan dasar-dasar pertimbangan memilih seorang pemimpin (Bobot 15)
8. Bagaimana proses pencarian pemimpin yang baik menurut anda? (Bobot 10)
9. Sebutkan 5 indikator/ukuran pemimpin yang sukses (Bobot 10)

36

10. Ada 3 keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer. Keterampilan apa yang paling
sulit anda kuasai, bagaim ana cara anda mengatasi kekurangan anda te rsebut (Bobot 10)
11. Bagaimana cara anda memotivasi bawahan/anggota/kar yawan anda dengan Model
Hubungan Antar Manusia (Bobot 10)