FORMULIR RPS



No. PMA.339/RPS/PRODI S1 KEP/IX/2022





PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI TAHUN AJARAN 2022/2023
Nama Mata Kuliah :

Keperawatan Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respirato ri dan Hematologi Prasyarat: -
Kode dan SKS :

PMA.339 / 4 SKS (3 T, 1 P) = (40 X 2 = 80 JAM) Jumlah Jam Belajar:
80 Jam
Semester :

3 – Ganjil Dosen : Ns. M. Nurman, M.Kep
(2 SKS = 1,5 T, 0,5 P)
Ns. Putri Eka, M.Kep (2 SKS =
1,5 T, 0,5 P)
Deskripsi Mata Kuliah :

Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pemenuhan kebutuhan
oksigenasi, sirkulasi dan hematologi. Pemberian asu han keperawatan pada kasus gangguan pernapasan,
kardiovaskuler,dan hematologi berdasarkan proses ke perawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik sepe rti
biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, pa tofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu p enyakit
dalam, farmakologi,nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan system tersebut meliputi gangguan perada ngan,
kelainan degenerative, keganasan dan trauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regio nal,
nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai d ari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhad ap
klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Mod alitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk t erapi
komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Be lajar
Berdasarkan Masalah (BDM),dan praktik laboratorium.
Capaian Pembelajaran :

Capaian Pembelajaran:

Bila diberi data/kasus/artikel mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan tentang konsep dan ruang lingkup kepera watan meedikal bedah, peran perawatn medik
al bedah,
dan standar pelayanan keperawatan medikal bedah
2. Melakukan simulasi asuhan keperawatan dengan kasus gangguan sistem
pernafasan, kardiovaskuler dan
hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan a spek legal dan etis.
3. Melakukan simulasi pendidikan kesehatan dengan kasu s gangguan sistem pernafasan, kardi
ovaskuler dan
hematologi pada klien dewasa dengan memperhatikan a spek legal dan etis.
4. Mengintegrasikan hasil-
hasil penelitian kedalam asuhan keperawatan dalam mengatasi masalah sistem
pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi
5. Melakukan simulasi pengelolaan
asuhan keperawatan pada sekelompok klien dengan gangguan sistem
pernafasan, kardiovaskuler dan hematologi pada klie n dewasa dengan memperhatikan aspek legal dan etis
6. Melaksanakan fungsi advokasi dan komunikasi pada kasus dengan gangguan sistem pernafasan
,
kardiovaskuler dan hematologipada klien dewasa
7.
Mendemonstrasikan intervensi keperawatan pada kasu s dengan gangguan sistem
pernafasan, kardiovaskuler
dan hematologi pada klien dewasa sesuai dengan stan dar yang berlaku dengan berfikir kreatif dan inovat if

sehingga menghasilkan pelayanan yang efisien dan ef ektif.

Bobot Nilai :

Kehadiran: 5%; Kuis: 5%; Tugas: 20%; UTS: 30%; UAS: 40%
Referensi :

1. Ackley, B. J. & Ladwig, G. B. (2013). Nursing Diagn osis Handbook: An Evidence-Based Guide to Planning
Care, 10e. Mosby elsevier.
2. Barber B, Robertson D, (2012).Essential of Pharmaco logy for Nurses, 2nd edition, Belland Bain Ltd,
Glasgow
3. Bulechek, G. M. & Butcher, H. K. McCloskey Dochter man, J. M. & Wagner, C. (2012). Nursing
Interventions Classification (NIC), 6e. Philladelph ia: Mosby Elsevier
4. Dudek,S. G. (2013). Nutrition Essentials for Nursin g Practice, 7th. Lippincott: William Wilkins
5. Johnson, M., Moorhead, S., Bulechek, G. M., Butcher , H. K., Maas, M. L. & Swanson, S. (2011). NOC and
NIC Linkages to NANDA-I and Clinical Conditions: Su pporting Critical Reasoning and Quality Care, 3e.
Philladelphia: Mosby Elsevier
6. Lewis S.L, Dirksen S. R, Heitkemper M.M, Bucher L, Harding M. M, (2014). Medical Surgical Nursing,
Assessment and Management of Clinical Problems. Can ada: Elsevier.
7. Lynn P. (2011). Taylor's Handbook of Clinical Nursi ng Skill, China: Wolter Kluwer Health

8. Madara B, Denino VP, (2008). Pathophysiology; Quick Look Nursing, 2nd ed. Jones and Barklet Publisher,
Sudbury
9. McCance, K.L. & Huethe, S. E. (2013). Pathophysiolo gy: The Biologic Basis for Disease in Adults and
Children, 7e. Elsevier
10. Moorehead, S., Johnson, M., Maas, M.L. & Swanson, E . (2012). Nursing Outcomes Classification (NOC):
Measurement of Health Outcomes, 5e. Mosby Elsevier.
11. Nanda International. (2014). Nursing Diagnoses 2015 -17: Definitions and Classification (Nanda
International). Philladelphia: Wiley Blackwell
12. Silverthorn, D. U. (2012). Human Physiology: An Int egrated Approach (6th Edition)
13. Skidmore-Roth, Linda (2009). Mosby's 2009 nursing d rug reference Toronto : Mosby
N
o
Tujuan Mata Kuliah Bahan Kajian Dosen Alokasi
Waktu
Pengalaman Belajar Media Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8
1 Menjelaskan tentang konsep
dan ruang lingkup
keperawatan medikal bedah,
peran perawat medikal
bedah, dan standar
pelayanan keperawatn
medikal bedah
Konsep dan ruang lingkup
keperawatan medikal bedah,
peran perawat medikal bedah, dan
standar pelayanan keperawatn
medikal bedah
Nurman
5 x 100
menit
Case study, SGD, Project
Based learning
(PjBL),Discovery learning
(DL)
OHP
Multi
Media
White
Board
Kuis
Tugas
UTS
UAS
2 Melakukan simulasi asuhan
keperawatan dengan kasus
gangguan sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan
hematologi pada klien
dewasa dengan
memperhatikan aspek legal
dan etis.
1. Anatomi, fisiologi, kimia,
fisika dan biokimia terkait
sistem perrnafasan,
kardiovaskular dan
hematologi
2. Patofisiologi, farmakologi
dan terapi diet pada
gangguan sistem:
Nurman
dan Putri
Eka



10 x
100
menit
Case study, SGD, Project
Based learning
(PjBL),Discovery learning
(DL)
OHP
Multi
Media
White
Board
Kuis
Tugas
UTS
UAS

a. Pernafasan (TB Paru,
kanker paru, asma,
pneumonia, PPOK, dan
covid 19)
b. Kardiovaskuler
(hipertensi, penyakit
jantung coroner, gagal
jantung)
c. Hematologi (anemia,
leukemia, DHF)

3. Asuhan keperawatan
(pengkajian, analisa data,
diagnosis keperawatan,
intervensi, implementasi dan
evaluasi secara komprehensif
meliputi bio-psiko-sosio-
spiritual) sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan
hematologi
Putri
Eka


Nurman

Nurman

Nurman
dan Putri
Eka



3 Melakukan simulasi
pendidikan kesehatan
dengan kasus gangguan
sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan
hematologi pada klien
dewasa dengan
memperhatikan aspek legal
dan etis

1. Pendidikan kesehatan pada
masalah gangguan sistem
pernafasan, kardiovaskuler dan
hematologi
2. Pencegahan primer, sekunder
dan tersier pada masalah
gangguan sistem pernafasan,
kardiovaskular dan hematologi

3. Persiapan, pelaksanaan dan
paska pemeriksaan diagnostik
Nurman
dan Putri
Eka

Nurman
dan Putri
Eka

3 x 100
menit
SGD, Project Based learning
(PjBL), Lab skills
OHP
Multi
Media
White
Board
Kuis
Tugas
UTS
UAS

dan laboratorium
4 Mengintegrasikan hasil-hasil
penelitian kedalam asuhan
keperawatan dalam
mengatasi masalah sistem
pernafasan, kardiovaskuler
dan hematologi
1. Hasil-hasil penelitian tentang
penatalaksnaan gangguan
sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan hematologi
2. Trend dan issue terkait
gangguan sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan hematologi


Nurman
dan Putri
Eka
Nurman
dan Putri
Eka
2 x 100
menit
SGD, Discovery learning (DL),
Telaah jurnal,
OHP
Multi
Media
White
Board
Kuis
Tugas
UTS
UAS
5 Melakukan simulasi
pengelolaan asuhan
keperawatan pada
sekelompok klien dengan
gangguan sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan
hematologi pada klien
dewasa dengan
memperhatikan aspek legal
dan etis

Manajemen kasus padagangguan
sistem pernafasan, kardiovaskuler
dan hematologi
Nurman
dan Putri
Eka

2 x 100
menit
Case study, SGD OHP
Multi
Media
White
Board
Kuis
Tugas
UTS
UAS
6 Melaksanakan fungsi
advokasi dan komunikasi
pada kasus dengan
gangguan sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan
hematologipada klien
dewasa
Peran dan fungsi perawat : fungsi
advokasiperawat pada kasus
dengan gangguan sistem
pernafasan, kardiovaskuler dan
hematologi
Nurman
dan Putri
Eka

2 x 100
menit
Case study,
Discovery Learning (DL),
SGD,
OHP
Multi
Media
White
Board
Kuis
Tugas
UTS
UAS
7 Mendemonstrasikan
intervensi keperawatan pada
Intervensi keperawatan pada
sistem pernafasan,
Nurman
dan Putri
16 x 100
menit
Case study,
Discovery Learning (DL)
OHP
Multi
Kuis
Tugas

kasus dengan gangguan
sistem pernafasan,
kardiovaskuler dan
hematologi pada klien
dewasa sesuai dengan
standar yang berlaku dengan
berfikir kreatif dan inovatif
sehingga menghasilkan
pelayanan yang efisien dan
efektif.
kardiovaskuler dan hematologi:
1. Pemasangan infus
2. Terapi intra vena
3. Perekaman dan interpretasi
EKG
4. Nebulisasi/inhalasi
5. Teknik fisioterapi dada
6. Teknik postural drainage
7. Prosedur suctioning
8. Terapi O
2

9. Perawatan WSD
10. Teknik pengambilan darah
arteri dan interpretasi Analisa
Gas Darah
11. Perawatan trakheostomi
12. Tourniquet test
13. Transfusi
Eka
Nurman
dan Putri
Eka

Demontrasi, Lab skills Media
White
Board
UTS
UAS