UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
Kode DokumenRevisi
RPS/TI-FIK/A.206/
2020
3
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks)SEMESTERTgl Penyusunan
Algortima Pemrograman II 3PPA206 Algopritma dan Kompleksitas
(AL)
T=2P=1 2 8 Februari 2020
OTORISASI
SPMI, Ketua Senat Fakultas
Pengembang RPS Koordinator RMK Ketua PRODI
Lutfi Budi Ilmawan Lutfi Budi Ilmawan Tasrif Hasanuddin
Capaian Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL1 Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai
solusi (PP).
CPL2 Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsepsentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang,
menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah(KK).
CPL3 Menganalisis, merancang, dan menerapkan suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah yang
menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek (KK).
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK Mampu menerapkan preprocessor, konsep OOP, exception, dynamic memory, vector, namespace, template, multithreading, algoritma
rekursif, dan algoritma pencarian pada C++.
CPL⇒Sub-CPMK
CPMK-1 Mahasiswa dapat menerapkan penggunaan preprocessor pada C++
CPMK-2 Mahasiswa dapat menerapkan konsep OOP pada C++
CPMK-3 Mahasiswa dapat menerapkan Exception pada C++
CPMK-4 Mahasiswa dapat menerapkan dynamic memory pada C++
CPMK-5 Mahasiswa dapat menerapkan penggunaan class vector pada C++
CPMK-6 Mahasiswa dapat menerapkan algoritma rekursif
CPMK-7 Mahasiswa dapat menerapkan algoritma pencarian
Deskripsi Singkat MKMata kuliah ini membahas tentang preprocessor, konsep OOP, exception, dynamic memory, vector, namespace, template, multithreading, algoritma
rekursif, dan algoritma pencarian pada C++.

Bahan Kajian / Materi
Pembelajaran
1. Preprocessor
2. Object Oriented Programming
- Konsep OOP
- Inheritance
- Polymorphism
- Abstraction
3. Exception
4. Dynamic Memory
- Alokasi memori dinamis pada array
- Alokasi memori dinamis pada object
5. C++ Vector
6. Algoritma Rekursif
7. Algoritma Pencarian
- Sequential Search
- Interval Search
Pustaka Utama:
1. Rinaldi Munir. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal, C, Dan C++ Edisi Keenam. Penerbit: Informatika. 2016.
2. Abdul Kadir. Algoritma & Pemrograman Menggunakan C & C++. Penerbit:Andi Publisher. Yogyakarta: 2012.
3. Cipta Ramadhani. Algoritma Pemrograman dan Struktur Data Menggunakan C++. Penerbit: Andi Publisher. Yogyakarta: 2018
4. R.H. Sianipar, Satria Utama I.K. Wiryajati. Teori Dan Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan C++. Penerbit: Andi Publisher.
Yogyakarta: 2013.
Pendukung :
1. https://www.javatpoint.com/cpp-tutorial
2. https://www.tutorialspoint.com/cplusplus
3. https://www.youtube.com/user/mycodeschool
4. http://www.cplusplus.com/doc/tutorial
Dosen Pengampu 1.
2.
Matakuliah syarat- Algoritma Pemrograman I
- Struktur Data
Mg Ke-
Sub-CPMK
(Kemampuan akhir tiap
tahapan belajar)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
2

Indikator Kriteria & Bentuk Luring (offline) Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1- Mahasiswa dapat
memahami struktur
perkuliahan, aturan
pengerjaan tugas, UTS,
dan UAS.
- Mahasiswa mampu
memahami kewajiban
dan hak mahasiswa
selama perkuliahan.
Ketuntasan
menjelaskan
kemampuan yang
diperoleh dan
mengetahui aktifitas
yang harus dilakukan
mahasiswa selama
menjalani proses
perkuliahan
Menunjukkan tahapan
aktifitas untuk
mencapai CPMK
Bentuk: Kuliah
Metode: Ceramah
Waktu:
Teori: [1x(2x50”)]
Kontrak kuliah, RPS, CPMK,
Dokumen KKNI, Peraturan
Akademik UMI.
2 Mahasiswa dapat
menerapkan penggunaan
preprocessor pada C++
Ketepatan menerapkan
penggunaan
preprocessor pada C++
10: dapat menerapkan
penggunaan
preprocessor pada C++
5: dapat menjelaskan
penggunaan
preprocessor pada C++
Bentuk: Kuliah
Metode: PBL
Waktu:
Teori: [1x(2x50”)]
Praktikum: [1x(2x50”)]
Utama: 1,2
Pendukung: 2,4
10
3,4,5,6Mahasiswa dapat
menerapkan OOP pada
C++
Ketepatan menerapkan
OOP pada C++
40: dapat menerapkan
konsep OOP pada C++
20: dapat menjelaskan
konsep OOP pada C++
Bentuk: Kuliah
Metode: Ceramah dan PBL
Waktu:
Teori: [4x(2x50”)]
Praktikum: [5x(2x50”)]
Utama: 4
Pendukung: 1,2,4
40
7Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengan Semester
8 Mahasiswa menerapkan
penggunaan fasilitas
Exception pada C++
Ketepatan menerapkan
penggunaan fasilitas
Exception pada C++
10: dapat menerapkan
penggunaan fasilitas
Exception pada C++
5: dapat menjelaskan
tentang Exception pada
C++
Bentuk: Kuliah + Praktikum
Metode: PBL
Waktu:
Teori: [1x(2x50”)]
Praktikum: [1x(2x50”)]
Utama: 1,2,4
Pendukung: 1,2,4
10
9 Mahasiswa dapat
menerapkan dynamic
memory pada C++
Ketepatan dalam
menerapkan dynamic
memory pada C++
10: dapat menerapkan
dynamic memory pada
C++
Bentuk: Kuliah + Praktikum
Metode: PBL
Utama: 1,2
Pendukung: 1,2,3,4
10
3

5: dapat menjelaskan
konsep memori
dinamis pada C++
Waktu:
Teori: [1x(2x50”)]
Praktikum: [2x(2x50”)]
10Mahasiswa menerapkan
penggunaan class vector
pada C++
Ketepatan dalam
menerapkan
penggunaan class
vector pada C++
10: dapat menerapkan
penggunaan class
vector pada C++
5: dapat menjelaskan
kegunaan class vector
pada C++
Bentuk: Kuliah + Praktikum
Metode: PBL
Waktu:
Teori: [1x(2x50”)]
Praktikum: [1x(2x50”)]
Utama: 1,2,4
Pendukung: 2,4
10
11Mahasiswa dapat
menerapkan algoritma
rekursif
Ketepatan dalam
menerapkan algoritma
rekursif
10: dapat menerapkan
algoritma rekursif
5: dapat menjelaskan
cara kerja algoritma
rekursif
Bentuk: Kuliah + Praktikum
Metode: PBL
Waktu:
Teori: [1x(2x50”)]
Praktikum: [1x(2x50”)]
Utama: 1,2,3
Pendukung: 3
10
12,13Mahasiswa dapat
menerapkan menerapkan
algoritma pencarian
Ketepatan dalam
menerapkan algoritma
pencarian
10: dapat menerapkan
algoritma pencarian
5: dapat menjelaskan
cara kerja algoritma
pencarian
Bentuk: Kuliah + Praktikum
Metode: PBL
Waktu:
Teori: [1x(2x50”)]
Praktikum: [1x(2x50”)]
Utama: 1,2,3
Pendukung: 3
10
14Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
Catatan :
1.Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI)adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakaninternalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan
ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliahadalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata
kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khususdan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK)adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankanpada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi
pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK)adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukuratau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan
pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4

5.Indikator penilaiankemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar
mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaianadalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaianpembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telahditetapkan.
Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian:tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran:Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat
dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran:Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning,Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning,
Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaranadalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaianadalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Praktikum
Tabel Metode Pembelajaran
NoMetode Pembelajaran MahasiswaKode
1Small Group Discussion SGD
2Role-Play & Simulation RPS
3Discovery Learning DL
4Self-Directed Learning SDL
5Cooperative Learning CoL
6Collaborative Learning CbL
7Contextual Learning CtL
8Project Based Learning PjBL
9Problem Based Learning & InquiryPBL
10Atau metode pembelajaran lain, yang
dapat secara efektif memfasilitasi
pemenuhan capaian pembelajaran
lulusan.
5

LOGO
PT
PT
Fakultas……………………
Departemen/Program Studi…………………
SILABUS SINGKAT
MATA KULIAH
Nama …
Kode …
Kredit ….
Semester….
6

DESKRIPSI MATA KULIAH
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)
1
2
3
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (Sub-CPMK)
1
2
3
4
7
8
MATERI PEMBELAJARAN
1
2
3
4
5
6
PUSTAKA
PUSTAKA UTAMA
1.
PUSTAKA PENDUKUNG
PRASYARAT (Jika ada)
7

…..
LOGO
PT
PT
Fakultas……………………
Departemen/Program Studi…………………
RENCANA TUGAS MAHASISWA
MATA KULIAH……….
KODE …….. sks…SEMESTER….
DOSEN
PENGAMPU
…..
BENTUK TUGAS WAKTU PENGERJAAN TUGAS
8

……. ……
JUDUL TUGAS
…….
SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
.......
DISKRIPSI TUGAS
......
METODE PENGERJAAN TUGAS
1.
BENTUK DAN FORMAT LUARAN
a. Obyek Garapan:.......
b. Bentuk Luaran:
1.
INDIKATOR, KRETERIA DAN BOBOT PENILAIAN
JADWAL PELAKSANAAN
LAIN-LAIN
DAFTAR RUJUKAN
Pengertian 1 sks dalam BENTUK PEMBELAJARAN Ja
m
aKuliah, Responsi, Tutorial
Tatap Muka Penugasan Terstruktur Belajara Mandiri
50 menit/minggu/semester60 menit/minggu/semester60 menit/minggu/semester2,83
bSeminar atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis
9

Tatap muka Belajar mandiri
100 menit/minggu/semester 70 menit/minggu/semester 2,83
cPraktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada
masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara
170 menit/minggu/semester 2,83
10