Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
sistem basis data: 6120906016 Mata Kuliah Wajib
Program Studi
T=0P=3ECTS=4.77 3 31 Maret
2022
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
Anita Safitri, S.Kom., M.Kom., Riska
Dhenabayu, S.Kom., M.M.
Riska Dhenabayu, S.Kom.,
M.M.
Hujjatullah Fazlurrahman,
S.E., MBA.
Model
Pembelajaran
Project Based Learning
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa
kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang
keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh
CPL-6 Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik
CPL-8 Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat
CPL-11 Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 C2. Mahasiswa mampu memahami konsep basis data. C2. Students are able to understand the concept of
algorithms and programming.
CPMK - 2 C3. Mahasiswa mampu merancang basis data. C3. Students are able to design database
CPMK - 3 C3. Mahasiswa mampu melakukan pemrograman database C3. Students are able to do database programming
CPMK - 4 C4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan basis data dalam proyek sistem. C4. Students are able to apply
database in system project
Matrik CPL - CPMK

CPMK CPL-2 CPL-3 CPL-4 CPL-5 CPL-6 CPL-8 CPL-11
CPMK-1 ✔ ✔ ✔ ✔
CPMK-2 ✔ ✔ ✔ ✔
CPMK-3 ✔ ✔ ✔
CPMK-4 ✔ ✔ ✔ ✔
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345 6 78910111213141516
CPMK-1 ✔✔✔
CPMK-2 ✔✔ ✔ ✔
CPMK-3 ✔ ✔ ✔ ✔
CPMK-4 ✔ ✔ ✔

Deskripsi
Singkat MK
Mata kuliah ini menggunakan metode project based learning. mempelajari tentang konsep sistem basis data, jenis-jenis pemodelan
basis data, perancangan basis data, Enitity Relationship Diagram (ERD) dan pemrograman basis data. Implementasi pemograman
basis data menggunakan structured query language (SQL) dan mengembangkan aplikasi menggunakan basis data. This course study
used a project-based learning method. the concepts of database systems, types of database modeling, database design, entity
relationship diagrams (ERD), and database programming. Implementation of database programming using a structured query
language (SQL) and developing applications using databases
Pustaka Utama :
1.Ramez and Shamkant B.Navathe. 2015, Fundamentals of Database Systems.7th Edition. Addison-Wesley
2.Taylor, Allen G. 2019. SQL for Dummies 9th Edition. Willey Publishing, Inc.
3.Raharjo, Budi. 2022. Belajar Otodidak MySQL Teknik Pembuatan dan Pengelolaan Database. Edisi Kedua. Informatika.
Pendukung :
1.Modul Praktikum Sistem Basis Data Bisnis Digital
Dosen
Pengampu
Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abbrori, S.T., M.T.I.
Riska Dhenabayu, S.Kom., M.M.
Anita Safitri, M. Kom.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
1.1.1. Mahasiswa
mampu memahami
pengertian dan
membedakan
antara data, basis
data, dan sistem
manajemen basis
data. 1.1. Students
are able to
understand the
meaning and
distinguish between
data, databases,
and database
management
systems
2.1.2. Mahasiswa
mampu memahami
aktor-aktor yang
berperan sistem
basis data. 1.2.
Students are able to
understand the
actors who play a
database system
3.1.3. Mahasiswa
mampu memahami
manfaat dari
penerapan sistem
basis data dalam
bisnis. 1.3. Students
are able to
understand the
benefits of
implementing
database systems in
business.
4.1.4. Mahasiswa
mampu memahami
tahapan-tahapan
dalam merancang
basis data. 1.4.
Students are able to
understand the
stages in designing
a database
Kriteria:
Kriteria: Rubrik
holistik Bentuk
non-tes
Bentuk Penilaian
:
Penilaian Hasil
Project / Penilaian
Produk, Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja, Tes
Diskusi,
Ceramah
3x50
Materi:
Sistem Basis
Data
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi:
Database
Management
System
(DBMS)
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi:
Perancangan
Basis Data
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
5%

2
Minggu ke 2
Memahami jenis-jenis
pemodelan basis data.
Understand the types
of database
modelling.
1.2.1. Mahasiswa
mampu memahami
pengertian dan
manfaat pemodelan
basis data
2.2.2. Mahasiswa
memahami
arsitektur aplikasi
database
3.2.3. Mahasiswa
mampu memahami
bentuk-bentuk
pemodelan basis
data: hirarki,
jaringan, relasional
dan berorientasi
objek
Kriteria:
Kriteria: Rubrik
holistik
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Ceramah,
Diskusi,
Presentasi
3x50
Materi:
Pemodelan
Basis Data
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi: Model
Relasional
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
5%
3
Minggu ke 3
Memodelkan data
menggunakan ERD
Model. Modeling data
using the ERD Model
1.3.1. Mahasiswa
mampu memahami
pengertian dan
manfaat ERD dalam
pemodelan basis
data
2.3.2. Mahasiswa
mampu memahami
definisi, jenis notasi
Entity
3.3.3. Mahasiswa
mampu memahami
definisi, jenis
attribute dan keys
4.3.4. Mahasiswa
mampu memahami
definisi, jenis notasi
relationship
Kriteria:
Kriteria: Rubrik
holistik
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Ceramah,
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
3x50
Materi: Model
Relasional
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi: Model
Entity
Relationship
Diagram
(ERD)
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
5%

4
Minggu ke 4
Memodelkan data
menggunakan ERD
Model. Modeling data
using the ERD Model
4.1 Mahasiswa mampu
memodelkan data ERD
menggunakan ERD
tool. 4.1 Students are
able to model ERD data
using the ERD tool
Kriteria:
Kriteria: Rubrik
holistik
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Ceramah,
Diskusi,
Presentasi,
Praktikum
3x50
Materi: Model
Relasional
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi: Model
Entity
Relationship
Diagram
(ERD)
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
5%
5
Minggu ke 5
Mampu merancang
basis data
menggunakan tabel
dan relasinya. Able to
design database using
tables and relations.
1.5.1. Mahasiswa
memahami konsep
pemodelan
relasional. 5.1.
Students
understand the
concept of relational
modeling
2.5.2. Mahasiswa
memahami
komponen-
komponen dalam
database relasional:
tabel, constraint,
index. 5.2. Students
understand the
components in a
relational database:
tables, constraints,
indexes
Kriteria:
Rubrik holistik
bentuk non-tes
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Ceramah,
Diskusi,
Praktikum
3x50
Materi: Model
Relasional
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi: Model
Entity
Relationship
Diagram
(ERD)
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
5%

6
Minggu ke 6
Mampu merancang
basis data
menggunakan tabel
dan relasinya. Able to
design database using
tables and relations.
1.6.1 Mahasiswa
mampu
menjelaskan definisi
normalisasi dan
aturan- aturan
normalisasi. 6.1
Students are able to
explain the
definition of
normalization and
normalization rules.
2.6.2 Mahasiswa
mengetahui bentuk-
bentuk normalisasi
data: unnormalized,
1NF, 2NF, 3NF,
BCNF. 6.2 Students
know the forms of
data normalization:
unnormalized, 1NF,
2NF, 3NF, BCNF
Kriteria:
Rubrik holistik
bentuk non-tes
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Ceramah,
Diskusi,
Praktikum
3x50
Materi: Model
Entity
Relationship
Diagram
(ERD)
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi:
Normalisasi
Basis Data
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
5%
7
Minggu ke 7
Mampu merancang
basis data
menggunakan tabel
dan relasinya. Able to
design database using
tables and relations.
7.1 Mahasiswa mampu
mentransformasi ERD
ke dalam bentuk model
relasional. 7.1 Students
are able to transform
ERD into a relational
model
Kriteria:
Rubrik holistik
bentuk non-tes
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Ceramah,
Diskusi,
Praktikum
3x50
Materi: Model
Entity
Relationship
Diagram
(ERD)
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi:
Normalisasi
Basis Data
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
10%

8
Minggu ke 8
Ujian Tengah
Semester
Ujian Tengah SemesterKriteria:
Rubrik Holistik
bentuk tes (UTS)
Ujian Tulis
3 x 50
Materi: SBD
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi: SQL
Pustaka:
Taylor, Allen
G. 2019. SQL
for Dummies
9th Edition.
Willey
Publishing,
Inc.
20%
9
Minggu ke 9
Mampu memahami
dan mengaplikasikan
Data Definition
Language (DDL). Able
to understand and
apply Data Definition
Language (DDL).
1.9.1 Mampu
memahami definisi
dan fungsi SQL
2.9.2 Mampu
memahami
klasifikasi SQL
berdasarkan
fungsinya.
3.9.3 Memahami
fungsi dan
mengaplikasikankan
perintah DDL
seperti: Create,
Drop, Alter dalam
basis data
4.9.4 Memahami
fungsi dan
mengaplikasikankan
perintah view dalam
basis data
Kriteria:
Rubrik holistik
bentuk non-tes
Bentuk Penilaian
:
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Ceramah,
Praktikum
3x50
Materi:
Structured
Query
Language
(SQL)
Pustaka:
Taylor, Allen
G. 2019. SQL
for Dummies
9th Edition.
Willey
Publishing,
Inc.
Materi:
Pemograman
Database
(SQL) -
Database
Definition
Language
(DDL)
Pustaka:
Taylor, Allen
G. 2019. SQL
for Dummies
9th Edition.
Willey
Publishing,
Inc.
10%
10
Minggu ke 10
Mampu memahami
dan mengaplikasikan
Data Definition
Language (DDL). Able
to understand and
apply Data Definition
Language (DDL).
10.1 Mampu
memahami dan
mangaplikasikan
perintah DML seperti:
insert, update, delete
dalam basis data. 10.1
Able to understand and
apply DML commands
such as: insert, update,
delete in database
Kriteria:
Rubrik Holistik
Bentuk Penilaian
:
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Ceramah,
Praktikum
3x50
Materi:
Pemograman
Database
(SQL) -
Database
Manipulation
Language
(DML)
Pustaka:
Taylor, Allen
G. 2019. SQL
for Dummies
9th Edition.
Willey
Publishing,
Inc.
10%

11
Minggu ke 11
Mampu memahami
dan mengaplikasikan
Data Definition
Language (DDL). Able
to understand and
apply Data Definition
Language (DDL).
11.1 Mampu
memahami dan
mangaplikasikan
perintah DQL seperti:
select dalam basis
data. 11.1 Able to
understand and apply
DQL commands such
as: select in the
database.
Kriteria:
Rubrik holistik
bentuk non-tes
Bentuk Penilaian
:
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Ceramah,
Praktikum
3x50
Materi: 11.
Database
Programming
(SQL) -
Database
Query
Language
(DQL)
Pustaka:
Taylor, Allen
G. 2019. SQL
for Dummies
9th Edition.
Willey
Publishing,
Inc.
10%
12
Minggu ke 12
Mampu
mengimplementasikan
basis data dalam
proyek sistem. Able to
implement database
in system project
12.1 Mampu
merancang basis data
dalam bentuk ERD.
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Presentasi,
Diskusi,
Praktikum
3x50
Materi:
Implementasi
basis data
dalam sistem
proyek
Pustaka:
Raharjo, Budi.
2022. Belajar
Otodidak
MySQL
Teknik
Pembuatan
dan
Pengelolaan
Database.
Edisi Kedua.
Informatika.
5%
13
Minggu ke 13
Mampu
mengimplementasikan
basis data dalam
proyek sistem. Able to
implement database
in system project
13.1 Mampu
merancang basis data
dalam bentuk model
relasional
Kriteria:
Rubrik Holistik
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian
Praktikum
Presentasi,
Diskusi,
Praktikum
3x50
Materi:
Implementasi
basis data
dalam sistem
proyek
Pustaka:
Raharjo, Budi.
2022. Belajar
Otodidak
MySQL
Teknik
Pembuatan
dan
Pengelolaan
Database.
Edisi Kedua.
Informatika.
5%
14
Minggu ke 14
Mampu
mengimplementasikan
basis data dalam
proyek sistem. Able to
implement database
in system project
14.1 Mampu membuat
basis data dengan
menggunakan Bahasa
pemrograman MySQL
Kriteria:
Rubrik holistik
bentuk non-tes
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian
Praktikum, Praktik
/ Unjuk Kerja
Presentasi,
Diskusi,
Praktikum
3x50
Materi:
Implementasi
basis data
dalam sistem
proyek
Pustaka:
Raharjo, Budi.
2022. Belajar
Otodidak
MySQL
Teknik
Pembuatan
dan
Pengelolaan
Database.
Edisi Kedua.
Informatika.
10%

15
Minggu ke 15
Mampu
mengimplementasikan
basis data dalam
proyek sistem. Able to
implement database
in system project
15.1 Mampu
mengaplikasikan
perintah-perintah query
language untuk
menyajikan informasi
pada sistem
Kriteria:
Rubrik holistik
bentuk non-tes
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif,
Penilaian
Praktikum
Presentasi,
Diskusi,
Praktikum
3x50
Materi:
Implementasi
basis data
dalam sistem
proyek
Pustaka:
Raharjo, Budi.
2022. Belajar
Otodidak
MySQL
Teknik
Pembuatan
dan
Pengelolaan
Database.
Edisi Kedua.
Informatika.
10%
16
Minggu ke 16
Ujian Akhir Semester .
Final Exam
Ujian Akhir SemesterKriteria:
Rubrik Holistik
bentuk tes (UAS)
Diskusi,
Presentasi
Materi:
Sistem Basis
Data
Pustaka:
Ramez and
Shamkant
B.Navathe.
2015,
Fundamentals
of Database
Systems.7th
Edition.
Addison-
Wesley
Materi: SQL
Pustaka:
Taylor, Allen
G. 2019. SQL
for Dummies
9th Edition.
Willey
Publishing,
Inc.
Materi:
mySQL
Pustaka:
Raharjo, Budi.
2022. Belajar
Otodidak
MySQL
Teknik
Pembuatan
dan
Pengelolaan
Database.
Edisi Kedua.
Informatika.
25%
Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 37.5%
2.Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 1.25%
3.Penilaian Praktikum 33.75%
4.Praktik / Unjuk Kerja 26.25%
5.Tes 1.25%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh
melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan
bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.

4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar
penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-
pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan
tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
RPS ini telah divalidasi pada tanggal 13 Agustus 2024
Koordinator Program Studi S1
Bisnis Digital
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E.,
MBA.
NIDN 0723108603
UPM Program Studi S1 Bisnis
Digital
Muhammad Fajar Wahyudi
Rahman, S.E., M.M.
NIDN 0029109601
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 18:27 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa