Departemen Ekonomika Dan Bisnis
i

Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
PANDUAN TUGAS AKHIR
2020




.






DEPARTEMEN EKONOMIKA DAN BISNIS
SEKOLAH VOKASI
UNIVERSITAS GADJAH MADA

ii Panduan Tugas Akhir 2019

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
iii
DAFTAR ISI

Halaman
DAFTAR ISI ............................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................... 1
1.1 Latar Belakang ...................................................................................... 1
1.2 Tujuan Penyusunan Tugas Akhir .......................................................... 1
BAB II PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR .......................... 3
2.1 Pengajuan Tugas Akhir ......................................................................... 3
2.2 Pembimbingan Tugas Akhir ................................................................. 4
2.3 Pengujian TA .............................................................................................................. 4
2.3.1 Syarat Ujian TA ................................................................................................ 5
2.3.2 Tata Tertib Sidang Tugas Akhir .......................................................... 5
2.3.3 Dewan Penguji ................................................................................... 6
2.3.4 Kriteria Penilaian ............................................................................... 6
2.3.5 Sistematika Pengumuman Kelulusan Sidang Tugas Akhir ................ 7
BAB III PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR ................................ 8
3.1 Pedoman Pengetikan ............................................................................. 8
3.2 Bagian-Bagian Tugas Akhir .................................................................. 9
3.2.1 Bagian Awal....................................................................................................... 9
3.2.2 Halaman Inti ..................................................................................... 11
3.2.3 Bagian Akhir .................................................................................... 13
3.3 Cara Pengacuan dan Pengutipan ......................................................... 13
3.3.1 Kutipan Langsung dalam TA ..................................................................... 14
3.3.2 Kutipan Tidak Langsung dalam TA ......................................................... 14
3.4 Penyusunan Daftar Pustaka ................................................................. 15
3.5 Perangkat Lunak untuk Referensi atau Sitasi...................................... 15
3.6 Penyerahan TA .................................................................................................. 16
LAMPIRAN ............................................................................................. 17

iv Panduan Tugas Akhir 2019

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
1
BAB I:
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tugas akhir (TA) merupakan karya ilmiah yang disusun secara
sistematik menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa
Indonesia di bawah pengawasan dosen pembimbing agar memenuhi kriteria
kualitas yang ditetapkan sesuai dengan bidang keilmuan. Tugas akhir ini
disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan proses perkuliahan di
lingkup Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas
Gadjah Mada. Untuk itu, diperlukan pedoman bagi mahasiswa dalam
penyusunan TA agar karya ilmiah yang dihasilkan sesuai dengan standar yang
telah ditetapkan.
Proses penyusunan TA juga ditujukan untuk memenuhi tujuan dari
pelaksanaan pendidikan Diploma yang menjadi ruang lingkup Departemen
Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Selain itu,
penyusunan TA menjadi ajang pelatihan bagi mahasiswa untuk menuangkan
gagasannya dalam bentuk sebuah karya ilmiah. Proses penyusunan TA
dilakukan dengan pembimbingan dari dosen pembimbing yang ditunjuk untuk
mengarahkan mahasiswa agar memenuhi standar kualitas TA yang ditetapkan.
Hasil karya mahasiswa berupa TA ini akan menjadi bagian dari koleksi
Perpustakaan Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas
Gadjah Mada. Dalam upaya pendokumentasian TA tersebut, diperlukan
‘Pedoman Penyusunan Tugas Akhir’ yang digunakan di lingkup Departemen
Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.

1.2 Tujuan Penyusunan Tugas Akhir
Tujuan penyusunan TA di lingkup Departemen Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada adalah sebagai berikut:
a. Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah
secara ilmiah, sesuai dengan standar keilmuan di lingkup Departemen
Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.
b. Untuk menilai keterampilan dan kemampuan mahasiswa dalam
menerapkan metode penelitian dan penulisan secara benar.
c. Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam melakukan penalaran secara
logis.

2 Panduan Tugas Akhir 2020
Mahasiswa harus mengikuti dan mentaati norma-norma akademik
dalam penilaian karya ilmiah, yaitu:
a. Keaslian
Mahasiswa dapat menghargai setiap hasil karya, baik karya pribadi
maupun orang lain, sehingga mahasiswa mampu menghargai hak cipta
secara umum.
b. Keterpaduan
Mahasiswa mampu memahami keterpaduan ilmu yang diperoleh selama
kuliah dan menuangkannya ke dalam suatu gagasan ide.
c. Kedalaman
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan dalam suatu bidang ilmu
dan memberikan solusi bagi permasalahan tersebut.
d. Kemanfaatan
Mahasiswa dapat memberikan kontribusi dalam hal ilmu praktis di lingkup
Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah
Mada bagi masyarakat. Kontribusi TA merupakan cara atau bagaimana
manfaat TA dapat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan
pelaksanaan pembangunan dalam arti yang lebih luas. Terdapat tiga macam
kontribusi penelitian, yaitu praktis, teoretis, dan kebijakan. Kontribusi
praktis menunjukkan bagaimana manfaat TA dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari atau bagaimana manfaat TA dapat memperbaiki
praktik yang ada. Kontribusi teoretis menunjukkan bagaimana temuan
TA memberikan sumbangsih terhadap pengembangan teori yang ada.
Kontribusi kebijakan menunjukkan bagaimana hasil TA bermanfaat dalam
proses pembuatan kebijakan bagi kepentingan masyarakat luas.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
3
BAB II
PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR

Secara umum, proses penyusunan TA akan melalui tiga tahap, yaitu:
i) Pengajuan TA; ii) Pembimbingan TA; dan iii) Sidang TA. Ketiga hal tersebut
akan diatur lebih lengkap di bagian lain dalam Pedoman Penyusunan Tugas
Akhir ini.

2.1 Pengajuan Tugas Akhir
Mahasiswa diwajibkan untuk memenuhi standar minimal dalam
mengajukan TA, yaitu:
a. Mahasiswa sudah harus lulus minimal jumlah SKS saat pengajuan TA.
- Diploma Tiga (D3): 110 SKS
- Diploma Empat (D4): 138 SKS untuk Prodi Akuntansi Sektor Publik,
138 SKS untuk Prodi Manajemen dan Penilaian Properti, 139 SKS
untuk Prodi Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, 139 SKS untuk
Prodi Perbankan
b. Telah lulus semua mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK), mata
kuliah keahlian berkarya (MKB), mata kuliah perilaku berkarya (MPB),
dan mata kuliah berkehidupan bersama (MBB) yang disyaratkan di
masing-masing konsentrasi studi.
c. Telah lulus mata kuliah Metodologi Penulisan Ilmiah.
d. Tidak sedang dalam masa cuti dan/atau skorsing akademik pada semester
yang bersangkutan.
e. Memiliki nilai IPK (indeks prestasi kumulatif) lebih dari 2.50 dan tidak
mengandung lebih dari 6 SKS dengan nilai D atau di bawahnya.

Setelah mahasiswa memenuhi semua persyaratan, maka langkah
berikutnya adalah:
a. Mahasiswa mendaftarkan mata kuliah TA di Sistem Informasi Akademik
Program Studi.
b. Mahasiswa melakukan verifikasi di bagian akademik dengan menyertakan
topik TA yang akan diajukan.
c. Bagian akademik mengecek semua persyaratan dan menentukan Dosen
Pembimbing Tugas Akhir (DPTA) bagi mahasiswa, disetujui oleh Ketua
Program Studi. Penentuan DPTA berdasarkan topik yang akan ditulis oleh
mahasiswa. Penentuan DPTA juga dapat diajukan oleh mahasiswa kepada

4 Panduan Tugas Akhir 2020
bagian Akademik setelah disetujui oleh DPTA yang diusulkan dan Ketua
Program Studi yang diajukan dengan bukti proposal yang disetujui oleh
DPTA.
d. Mahasiswa diberikan Kartu Bimbingan TA oleh bagian Akademik.
e. Mahasiswa menemui DPTA untuk melakukan proses penulisan TA.

2.2 Pembimbingan Tugas Akhir
Dalam proses penulisan TA, mahasiswa dibimbing oleh seorang
dosen pembimbing tugas akhir. Ketentuan dosen pembimbing tugas akhir
(DPTA) adalah sebagai berikut:
a. DPTA adalah dosen tetap, baik PNS maupun non-PNS, di lingkup
Departemen Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah
Mada.
b. Jumlah DPTA bagi masing-masing mahasiswa adalah 1 (satu) orang.
c. Dosen pembimbing tugas akhir (DPTA) adalah dosen yang bertanggung
jawab untuk membimbing mahasiswa dalam proses penyusunan tugas
akhir hingga dinyatakan lulus.
d. DPTA dapat merupakan dosen pembimbing magang (DPM) mahasiswa
pada kegiatan magang.
e. DPTA juga bertanggung jawab untuk membimbing mahasiswa apabila
terdapat revisi setelah sidang tugas akhir.

Tugas DPTA dalam proses penyusunan tugas akhir adalah:
a. Membimbing mahasiswa merumuskan topik dan permasalahan dalam
penyusunan TA.
b. Mengarahkan mahasiswa dalam hal metodologi penelitian dan penulisan
ilmiah.
c. Mengarahkan mahasiswa untuk mendapatkan acuan materi maupun data
yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir.
d. Memberikan persetujuan untuk mengikuti ujian TA
e. Menguji dan memberikan penilaian akhir untuk TA yang diujikan.

2.3 Pengujian TA
Pengujian TA adalah ujian yang harus dilakukan oleh mahasiswa
secara verbal/oral/presentasi sebagai syarat akhir untuk kelulusan tugas akhir.
Pengujian TA bertujuan untuk mempertanggungjawabkan TA berdasarkan
bimbingan dari DPTA.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
5
Hal yang menjadi perhatian utama dalam sidang tugas akhir adalah sebagai
berikut:
a. Syarat ujian TA
b. Tata tertib ujian TA;
c. Ketentuan ujian komprehensif;
d. Dewan penguji;
e. Kriteria penilaian; dan
f. Sistematika pengumuman kelulusan sidang tugas akhir.

Berikut rincian dari masing-masing perhatian utama dalam sidang tugas akhir:

2.3.1 Syarat Ujian TA
a. Mendapat persetujuan dari DPTA bersangkutan yang ditunjukkan dari
tanda tangan pengajuan sidang TA oleh DPTA pada kartu bimbingan TA
dan laporan TA.
b. Mahasiswa menyerahkan kartu bimbingan tugas akhir dan 2 (dua)
eksemplar naskah TA yang telah ditandatangani DPTA serta hasil uji
plagiasi naskah TA dengan menggunakan software uji plagiasi (contoh
software uji plagiasi: Turnitin) yang dapat dilakukan di perpustakaan
Departemen Ekonomika dan Bisnis. Hasil persentase kemiripan tidak
melebihi 30 (tiga puluh) persen.

2.3.2 Tata Tertib Sidang Tugas Akhir
a. Tata tertib sidang tugas akhir bagi mahasiswa:
1. Mahasiswa harus hadir paling lambat 15 (lima belas) menit sebelum
pelaksanaan sidang tugas akhir.
2. Berpakaian rapi dan sopan:
a. Bagi putra harus memakai atasan putih berlengan panjang,
celana bahan berwarna hitam, berdasi, berkaos kaki putih dan
bersepatu hitam.
b. Bagi putri harus memakai atasan putih berlengan panjang, rok
panjang berwarna hitam, berkaos kaki putih dan bersepatu
hitam. Bagi putri yang berjilbab dapat tetap mengenakan jilbab
berwarna gelap dengan mengikuti aturan sebelumnya.
b. Tata tertib pelaksanaan TA:
1. Ujian TA dilaksanakan berdasarkan persetujuan dari Ketua Program
Studi, yang dibuktikan dengan semua kelengkapan syarat pelaksanaan

6 Panduan Tugas Akhir 2020
ujian TA.
2. Ujian TA dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan
oleh bagian akademik.
3. Ujian TA dihadiri oleh dewan penguji yang terdiri dari 3 (tiga) orang,
yaitu ketua dan anggota penguji. Salah seorang anggota dewan
penguji adalah DPTA yang bersangkutan.
4. Ujian TA dilaksanakan dengan durasi paling lama 45 menit, dengan
pengaturan waktu sebagai berikut:
a. Presentasi mahasiswa 15 (lima belas) menit.
b. Tanya jawab 30 (tiga puluh) menit.
5. Ujian TA bersifat tertutup yang hanya dihadiri oleh pihak yang
bersangkutan (mahasiswa dan dewan penguji).

2.3.3 Dewan Penguji
a. Dewan penguji tugas akhir terdiri atas 3 (tiga) orang penguji yang
telah ditentukan oleh Ketua Program Studi.
b. Dewan penguji adalah DPTA ditambah 2 (dua) orang dosen tetap
UGM yang sesuai bidangnya.
c. Ketua dewan penguji adalah dosen tetap UGM dan bukan DPTA.

2.3.4 Kriteria Penilaian
a. Penilaian ujian TA dilakukan oleh masing-masing penguji pada
formulir penilaian yang telah disediakan oleh bagian akademik.
b. Bobot penilaian untuk masing-masing item adalah 0 – 10.
c. Komponen peniliaian ujian TA dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 1. Komponen Penilaian Sidang Tugas Akhir
Aspek Penilaian TA Nilai Keterangan
1 Penyajian Presentasi

2 Pemaparan

3 Sistematika Penulisan

4 Penguasaan Permasalahan dan Analisis

5 Cara Menyampaikan dan Argumentasi

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
7
Kriteria kelulusan dari hasil ujian TA adalah sebagai berikut:
a. 135 – 150 untuk nilai ‘A’ dan ‘Lulus’.
b. 120 – 134 untuk nilai ‘A-‘ dan ‘Lulus’.
c. 105 – 119 untuk nilai ‘B+’ dan ‘Lulus’.
d. 90 – 104 untuk nilai ‘B’ dan ‘Lulus’.

Kriteria kelulusan untuk laporan TA berdasarkan catatan dewan penguji:
a. Lulus tanpa revisi.
b. Lulus dengan revisi/perbaikan tugas akhir dengan batas waktu maksimal
1 (satu) bulan. Revisi/perbaikan TA harus mendapat persetujuan dari
masing-masing anggota dewan penguji.
c. Tidak lulus dan dengan perbaikan TA
d. Tidak lulus dan mengulang TA
e. Apabila revisi/perbaikan melebihi batas waktu yang telah ditentukan,
mahasiswa diwajibkan mengulang ujian TA dengan nilai maksimal ‘B’
dengan DPTA dapat menolak untuk menjadi anggota dewan penguji.
f. Mahasiswa dapat mengikuti ujian ulang pada jadwal ujian TA berikutnya
yang ditentukan oleh bagian akademik dan mendapatkan persetujuan dari
Ketua Program Studi.
g. Ujian ulang dapat dilakukan oleh mahasiswa maksimal sebanyak 3 (tiga)
kali. Apabila mahasiswa tidak lulus dalam sidang ulang, maka mahasiswa
diwajibkan untuk mengulang TA.

2.3.5 Sistematika Pengumuman Kelulusan Sidang Tugas Akhir
Hasil ujian TA diumumkan oleh bagian akademik setelah Dewan Penguji
menyerahkan seluruh hasil akhir ujian TA kepada bagian akademik. Dewan
Penguji menyerahkan lembar penilaian seperti tercantum pada Lampiran yang
berisi status kelulusan dan nilai TA (dalam bentuk huruf) yang diperoleh pada
saat sidang TA.

8 Panduan Tugas Akhir 2020
BAB III
PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR

3.1 Pedoman Pengetikan
Pengetikan laporan TA harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
a. Penulisan TA dilakukan dengan menggunakan kertas HVS ukuran A4
dengan marjin atas dan kiri adalah 4 cm, sedangkan marjin bawah dan
kanan adalah 3 cm.
b. Naskah TA diketik dengan menggunakan jenis huruf ‘Times New Roman’
dan ukuran 12.
c. Spasi untuk naskah TA adalah 2 (dua) spasi, kecuali untuk halaman judul,
keterangan gambar, grafik, tabel, lampiran, daftar isi, daftar tabel, daftar
gambar, daftar grafik, daftar lampiran, abstrak/intisari, dan daftar pustaka
adalah satu spasi.
d. Jarak antar-alinea maupun jarak antara akhir judul sub-bab dengan awal
kalimat berikutnya adalah 2 (dua) spasi. Jarak antara judul bab dengan
awal kalimat adalah 2 (dua) ketuk untuk 2 (dua) spasi.
e. Awal alinea diketik 1 (satu) ketukan ‘tab’ dari batas kiri bidang
pengetikan, termasuk di dalamnya adalah alinea baru untuk sub-bab.
Setelah penggunaan tanda baca (.), (,), (;), dan (:) harus diberi satu spasi
kosong dalam paragraf.
f. Judul bab diketik pada batas atas bidang pengetikan yang disusun secara
simetrik (berbentuk trapezium sama kaki terbalik) menggunakan huruf
kapital, di posisi tengah dan diketik tebal (bold). Nomor bab harus
menggunakan angka romawi (I, II, III, …, dst.).
g. Judul sub-bab dan anak sub-bab diketik pada batas kiri dan menggunakan
huruf tebal (bold). Nomor sub-bab harus menggunakan angka romawi (I,
II, III, ..., dst.).
h. Masing-masing bab diawali pada halaman terpisah dari halaman terakhir
bab sebelumnya.
i. Bagian awal tugas akhir diberi nomor dengan angka romawi kecil (i, ii, iii,
…, dst.), sedangkan bagian inti dan lampiran diberi nomor dengan angka
latin (1, 2, 3, …, dst.). Nomor halaman dicantumkan di bagian kanan
bawah.
j. Catatan kaki adalah catatan yang memberikan keterangan tambahan yang
tidak hanya berasal dari sumber pustaka, misalnya keterangan penjelas
yang dibuat oleh penulis yang diperoleh dari hasil pengamatan pribadi.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
9
Penulisan catatan kaki dilakukan dengan memberikan nomor di belakang
titik atau huruf akhir dari sebuah pernyataan dan kemudian menuliskan
penjelasan di bagian bawah suatu halaman dengan bentuk tulisan ‘Times
New Roman’ ukuran 10 pt.
k. Ukuran huruf dalam tabel sebesar 10 pt.
l. Kaidah penggunaan Bahasa Indonesia secara umum dapat dilihat langsung
di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
m. Kata penghubung seperti sehingga dan sedangkan tidak boleh dipakai
untuk memulai kalimat.
n. Kata depan pada sering dipakai tidak pada tempatnya, misalnya diletakan
di depan subjek (merusak susunan kalimat).
o. Kata dimana dan dari kerap kurang tepat pemakaiannya dan diperlakukan
seperti kata where dan of dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia
bentuk yang demikian tidaklah baku dan tidak dipakai dalam tulisan
akademik.
p. Awalan ke dan di harus dibedakan dengan kata depan ke dan di.
q. Tanda baca harus dipergunakan dengan tepat.

3.2 Bagian-Bagian Tugas Akhir
Format tugas akhir dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yang disusun atas: i)
Bagian Awal; ii) Bagian Inti; iii) Bagian Akhir. Masing-masing bagian akan
berisi hal-hal berikut:

3.2.1 Bagian Awal
a. Halaman Sampul
Halaman ini merupakan bagian terluar dari tugas akhir yang berisi
informasi umum mengenai judul tulisan yang ditulis dalam Bahasa
Indonesia dan Bahasa Inggris, nama pembimbing, nama penulis, nama
institusi, dan tahun pembuatan.
1. Judul TA
Judul dibuat singkat, jelas, menunjukkan dengan tepat topik masalah
yang hendak diteliti, dan tidak membuka peluang penafsiran yang
beraneka ragam, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
2. Nama Pembimbing
3. Lambang UGM
Lambang ditempatkan di tengah halaman dengan diameter sebesar 4,5
cm.
4. Nama Mahasiswa

10 Panduan Tugas Akhir 2020
5. Cantumkan nomor mahasiswa di bawah nama mahasiswa.
6. Nama Prodi, Departemen, Fakultas, Universitas
7. Tahun Pembuatan
b. Halaman Persetujuan
Halaman ini memuat informasi dasar mengenai tugas akhir (judul, nama
mahasiswa, NIM, dan program studi) dan pengesahan dari dewan penguji.
c. Halaman Pernyataan Orisinalitas
Halaman ini berisi pernyataan mahasiswa mengenai keaslian penelitian
dan tanggung jawab atas TA yang telah dibuat.
d. Halaman Kata Pengantar
Halaman ini ditujukan sebagai ucapan terima kasih dari penulis TA untuk
pihak-pihak yang telah membantu penyelesaian TA.
e. Halaman Daftar Isi
Halaman ini berisi informasi mengenai isi TA dan letak halaman untuk
masing-masing bagian TA.
f. Halaman Daftar Tabel (jika ada)
Halaman ini berisi informasi mengenai tabel yang digunakan dalam TA
dan letak halaman untuk masing-masing tabel.
g. Halaman Daftar Gambar/Grafik (jika ada)
Halaman ini berisi informasi mengenai gambar/grafik yang digunakan
dalam TA dan letak halaman untuk masing-masing gambar/grafik.
h. Halaman Daftar Lampiran (jika ada)
Halaman ini berisi informasi mengenai lampiran yang terdapat di dalam
TA dan letak halaman untuk masing-masing lampiran.
i. Halaman Glosarium/Daftar Istilah (jika ada)
Halaman ini menjelaskan secara singkat mengenai singkatan maupun
istilah yang digunakan dalam TA.
j. Halaman Intisari
Halaman ini merupakan intisari dari TA yang disertai dengan kata kunci
(urut secara abjad) dan ditulis dalam Bahasa Indonesia. Isi intisari meliputi
tujuan, metode dan hasil.
k. Halaman Abstract
Halaman ini merupakan intisari dari TA yang disertai dengan kata kunci
(urut secara abjad) dan ditulis dalam Bahasa Inggris. Isi abstract meliputi
tujuan, metode dan hasil.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
11
3.2.2 Halaman Inti
Bagian inti terdiri dari 5 Bab; yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II
Gambaran Umum Penelitian, Bab III Metodologi Penelitian, Bab IV Analisis
dan Pembahasan, Bab V Kesimpulan. Bagian-bagian tersebut adalah sebagai
berikut:
a. Bab I Pendahuluan
Bab ini berisi tentang:
1. Latar Belakang Masalah: Bagian ini memuat informasi mengenai hal
yang mendasari pengambilan topik tugas akhir. Hal ini mencakup
apa, mengapa, kapan, dan bagaimana suatu topik menjadi ide dasar
penelitian.
2. Rumusan Masalah: Bagian ini merupakan intisari dari masalah yang
mendasari pengambilan topik tugas akhir. Rumusan masalah diikuti
dengan pertanyaan penelitian yang sama dengan tujuan
3. Tujuan Penelitian: Bagian ini berisi tujuan mahasiswa melakukan
penelitian yang mencakup hal-hal teknis penelitian. Tujuan penelitian
sesuai dengan pertanyaan penelitian.
4. Kerangka Penelitian: Bagian ini menjelaskan kerangka penelitian
secara umum yang dapat disertai dengan grafik untuk membantu
pemahaman.
b. Bab II Gambaran Umum Penulisan
Bab II dapat dirinci sebagai berikut:
1. Kondisi Umum (state of the art)/Deskripsi Topik Penulisan: Bagian
ini menjelaskan secara detail mengenai aktivitas umum dari topik
penelitian. Termasuk di dalamnya adalah kondisi dahulu dan kondisi
terkini dari topik penelitian.
2. Tinjauan Pustaka/Kajian Sebelumnya: Bagian ini merangkum
secara umum tentang penelitian-penelitian yang terkait dengan topik
penelitian.
3. Keaslian Penelitian
Keaslian penelitian menjelaskan persamaan dan perbedaan dengan
penelitian sebelumnya yang dapat disajikan dalam tabel.
4. Hipotesis (jika ada)
Hipotesis adalah pernyataan singkat yang disimpulkan dari landasan
teori tentang jawaban sementara terhadap suatu masalah. Hipotesis
dikembangkan berdasarkan: (1) teori-teori yang relevan, (2) logika
kausal yang didasarkan pada teori yang ada, dan (3) penelitian
sebelumnya. Pembuatan hipotesis yang ilmiah hendaknya dilakukan

12 Panduan Tugas Akhir 2020
dengan cermat, teliti, terarah secara logis, dan dapat diuji. Terdapat
dua macam pengujian hipotesis: pengujian hipotesis satu arah dan
pengujian hipotesis dua arah. Uji hipotesis satu arah digunakan
untuk menguji hipotesis yang sudah diketahui arahnya, misal sudah
diketahui bahwa suatu variabel mempengaruhi variabel lain secara
positif. Uji hipotesis dua arah digunakan untuk menguji hipotesis
yang belum diketahui arahnya.
c. Bab III Metodologi Penelitian
Bagian ini menjelaskan secara detail mengenai cara yang akan digunakan
oleh mahasiswa dalam menganalisis topik penelitian. Bab ini berisi
tentang:
1. Desain penelitian. Fungsi dari desain penelitian adalah sebagai
acuan strategi penelitian agar peneliti dapat memperoleh data dan
alat penelitian yang valid sesuai dengan karateristik dan tujuan
penelitian. Desain penelitian merupakan arahan yang digunakan
untuk menghubungkan antara pertanyaan penelitian dengan metode
penelitian. Bagian ini juga memuat penjelasan singkat tentang metode
yang diambil untuk menjawab pertanyaan penelitian. Terdapat
tiga desain penelitian paling umum digunakan, yaitu eksplorasi,
deskripsi, dan eksplanatori.
2. Jenis dan/atau Sumber Data. Bagian ini menjelaskan secara rinci
jenis data yang digunakan mengacu pada sifat data dan sumber data
dalam penelitian.
3. Teknik pengumpulan data. Bagian ini menjelaskan tentang
bagaimana data dikumpulkan dan mencakup langkah-langkah
pengumpulan data, waktu pelaksanaan pengumpulan data, dan
teknik yang digunakan.
4. Sampel. Sampel adalah bagian kecil dari populasi yang merupakan
unit analisis dari penelitian. Sampel harus akurat dan presisi. Akurat
berarti relevan dan tidak bias. Presisi berarti jumlah sampel harus
mencukupi dan/atau sesuai dengan statistika.
5. Definisi operasional variabel. Bagian ini menjelaskan tentang
definisi operasional variabel. Penegasan istilah yang dipakai dalam
penelitian perlu ditampilkan agar tidak timbul perbedaan pengertian
atau kesalahpahaman makna. Istilah yang perlu diberikan penegasan
adalah istilah-istilah yang berhubungan dengan konsep-konsep
pokok dalam penelitian.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
13
6. Teknik analisis data. Bagian ini menjelaskan teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian dan alasan mengapa jenis analisis
data tersebut digunakan dalam penelitian. Pemilihan jenis analisis
data ditentukan dari kebutuhan penelitian dan tetap searah dengan
tujuan penelitian yang ingin dicapai.
d. Bab IV Analisis dan Pembahasan
Bab IV tentang Analisis dan Pembahasan TA dapat berisi tentang:
1. Analisis (deskripsi dan inferensi): Bagian ini mencakup seluruh
analisis dalam tugas akhir, termasuk di dalamnya berisi tabel dan
grafik hasil analisis. Analisis dalam tugas akhir diharapkan akan
memuat unsur deskripi dan inferensi mengacu pada topik penulisan.
2. Interpretasi dan Pembahasan: Bagian ini berisi pembahasan
mengenai hasil analisis yang didapatkan sebelumnya. Dalam hal
ini, mahasiswa diharapkan untuk mampu menginterpretasikan hasil
analisis secara sistematik.
Bab IV dapat dibagi lagi menjadi beberapa sub bab sesuai dengan analisis
secara sistematik yang diperlukan.
e. Bab V Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan dan saran merupakan bab terakhir dari bagian isi pada tugas
akhir. Kesimpulan menjawab tujuan penelitian, sedangkan saran bersifat
tentatif yaitu dapat dimunculkan apabila mahasiswa mampu memberikan
saran ataupun rekomendasi melalui hasil penulisan.

3.2.3 Bagian Akhir
a. Daftar Pustaka/Referensi: Bagian ini berisi seluruh bacaan ataupun
referensi yang terkait dalam penyusunan tugas akhir.
b. Lampiran: Bagian ini berisi hal-hal yang dirasa perlu menjadi
informasi dalam tugas akhir tetapi tidak perlu untuk dimunculkan
pada bagian isi tugas akhir.

3.3 Cara Pengacuan dan Pengutipan
TA harus dilengkapi dengan acuan pada sumber informasi yang
digunakan dalam penyusunan TA. Sumber informasi tersebut harus dihimpun
dalam daftar pustaka yang merupakan bagian akhir dari TA. Pengutipan
pustaka dalam penyusunan TA dapat menggunakan metode kutipan langsung
maupun kutipan tidak langsung. Aturan mengenai kutipan langsung maupun
kutipan tidak langsung adalah sebagai berikut:

14 Panduan Tugas Akhir 2020
3.3.1 Kutipan Langsung dalam TA
a. Segala sumber yang menjadi acuan dalam penyusunan TA dapat
dicantumkan secara langsung melalui hasil wawancara dengan
menyebutkan nama penulis yang bersangkutan dan tanggal wawancara.
- Contoh: (Prasojo, Hasil Wawancara, 5 April 2010)
b. Penyusunan TA juga memungkinkan untuk mengambil bagian dari
penelitian lain secara langsung. Terdapat dua cara dalam hal ini, yaitu
kutipan langsung untuk maksimal 40 (empat puluh) kata dan kutipan
langsung untuk lebih dari 40 (empat puluh) kata. Untuk kutipan langsung
maksimal 40 (empat puluh) kata dapat dituliskan di dalam paragraf yang
sama. Untuk kutipan langsung lebih dari 40 (empat puluh) kata harus
dituliskan dalam paragraf tersendiri. Kedua kutipan langsung ini harus
dituliskan dengan mencantumkan tanda kutip (“…”) yang diikuti nama
pengarang dan tahun penerbitan.
- Contoh:
Definisi dari alat ukur adalah “suatu indikator yang dihasilkan dari data
yang akurat dan memiliki validitas dan reliabilitas yang bagus” (Beams,
2000).
Aswicahyono (2011) menyatakan bahwa:
“Stok minyak dunia yang tipis, akibat penawaran yang lebih rendah
dibanding permintan, bersamaan dengan kebijakan negara-negara
produsen minyak bumi di Timur Tengah yang sengaja mempertahankan
harga minyak dunia yang tinggi guna menutup anggaran belanja negara
akibat krisis politik saat ini, membuat gejolak tingginya harga minyak
dunia saat ini diperkirakan masih akan terus berlangsung hingga akhir
tahun dan beberapa tahun ke depan”.

3.3.2 Kutipan Tidak Langsung dalam TA
a. Kutipan tidak langsung ditulis sendiri oleh penyusun TA dengan
menyarikan dari tulisan lain. Penulisan kutipan tidak langsung ini tidak
perlu disertai dengan tanda kutip (“…”) di dalam sebuah kalimat, tetapi
tetap perlu mencantumkan nama penulis dan tahun penerbitan.
- Contoh:
Hartanto (1990) menyebutkan bahwa laporan keuangan konsolidasi
perusahaan induk sudah harus disiapkan dari anak perusahaan terkait.
Biaya dari kegiatan mencari informasi, membuat kontrak, dan melakukan
transaksi menimbulkan insentif bagi munculnya suatu pasar dan lembaga

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
15
keuangan (Levine, 2004).
b. Bila kutipan langsung disarikan dari beberapa sumber, maka penulisan akan
menggunakan cara kedua dari contoh sebelumnya dengan menambahkan
tanda titik koma (;) untuk jeda setiap penulis dan tahun penerbitan.
Contoh: Peraturan formal untuk mengatur sistem finansial sangat
diperlukan karena sektor ini merupakan sektor yang rentan akan terjadinya
kecurangan (fraud) dan penyalahgunaan (Santoso, 2011; Fadare, 2010;
Haekens, 2009).

3.4 Penyusunan Daftar Pustaka
Berbagai sumber informasi yang menjadi acuan dalam penyusunan TA
harus dicantumkan ke dalam bagian Daftar Pustaka. Acuan yang diperbolehkan
dalam penyusunan TA adalah sebagai berikut:
a. Buku.
b. Jurnal periodik, makalah, artikel, dan working paper.
c. Penelitian ilmiah yang tidak dipublikasikan (tugas akhir, skripsi,
tesis, disertasi).
d. Laporan resmi suatu institusi.
e. Majalah dan artikel populer.
f. Hasil kajian dari sumber internet.
g. Undang-undang dan peraturan resmi lainnya.

Penulisan kutipan dan daftar pustaka dapat menggunakan aturan
American Psychological Association (APA Styles), Modern Language
Association (MLA Styles) atau Chicago dan Turabian Styles. Gunakan salah
satu gaya penulisan kutipan dan daftar pustaka secara konsisten. Contoh salah
satu gaya penulisan kutipan dan daftar pustaka (APA Styles) dapat dilihat
dalam lampiran.

3.5 Perangkat Lunak untuk Referensi atau Sitasi
Pengaturan penulisan sitasi dalam teks dan penulisan daftar pustaka
dapat menjadi lebih mudah jika menggunakan pengaturan dalam perangkat
lunak (software), seperti Mendeley atau Zotero. Jika menggunakan Microsoft
Word, dapat memanfaatkan menu References untuk membantu dalam
menuliskan sitasi dan daftar pustaka.

16 Panduan Tugas Akhir 2020
3.6 Penyerahan TA
Untuk dapat mengikuti wisuda yang diselenggarakan oleh UGM,
mahasiswa yang telah dinyatakan lulus diwajibkan untuk menyerahkan TA
yang telah disetujui dan ditandatangani oleh dosen pembimbing sebanyak 2
(dua) buah ke Akademik DEB UGM. Sampul berwarna putih. Penyerahan
harus telah dilakukan paling lambat pada hari batas waktu pendaftaran wisuda
sehingga mahasiswa yang telah lulus ujian dapat diwisuda.
File PDF diserahkan ke bagian akademik bersamaan dengan
penyerahan TA yang telah dijilid. Penamaan file yaitu Nama Program_NIM
Lengkap. Semua file disimpan dalam satu buah CD-R.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
17
LAMPIRAN
Lampiran 1. Bentuk Penulisan Tugas Akhir
Halaman Judul


TUGAS AKHIR
[JUDUL TA dengan Bahasa Indonesia]
[JUDUL TA dengan Bahasa Inggris]

Disusun untuk memenuhi persyaratan mencapai gelar Ahli Madya
Dosen Pembimbing:
[Nama Dosen Pembimbing]




Oleh:
[Nama Mahasiswa]
[NIM]





[NAMA PROGRAM STUDI]
DEPARTEMEN EKONOMIKA DAN BISNIS
SEKOLAH VOKASI
UNIVERSITAS GADJAH MADA
[TAHUN]

18 Panduan Tugas Akhir 2020
Halaman Pengesahan


(JUDUL TA)
> Langsung ditulis judulnya dengan huruf kapital dan tebal, Times New
Roman ukuran 12 pt.



TUGAS AKHIR
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar Ahli Madya/
Sarjana Terapan pada Program Studi… ............ , Departemen Ekonomika dan
Bisnis, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada


Diterima dan disetujui,

Penguji II Penguji I
Merangkap Dosen Pembimbing Tugas Akhir Merangkap Ketua Penguji
(……DPTA..….) (….PENGUJI….)

Penguji III
Merangkap Anggota Penguji


(….PENGUJI….)

Mengetahui,
Ketua Departemen



(…..…………….)

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
19
Halaman Pernyataan Keaslian Tugas Akhir

UNIVERSITAS GADJAH MADA
SEKOLAH VOKASI
DEPARTEMEN EKONOMIKA DAN BISNIS
PROGRAM STUDI EKONOMIKA TERAPAN

PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR

Dengan ini saya menyatakan bahwa Tugas Akhir dengan judul:

ANALISIS PERBANDINGAN KETIMPANGAN PEMBANGUNAN
WILAYAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI D.I.YOGYAKARTA
TAHUN 2005-2015

yang diajukan untuk diuji pada 17 Januari 2017 adalah hasil karya saya pribadi.

Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan sesungguhnya tidak terdapat
keseluruhan atau sebagian tulisan orang lain yang saya ambil dengan cara
menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol yang
menunjukkan gagasan atau pendapat atau pemikiran dari penulis lain, yang
saya aku seolah-olah sebagai tulisan saya sendiri, dan atau tidak terdapat
bagian atau keseluruhan tulisan yang saya salin, tiru, atau yang saya ambil dari
tulisan orang lain tanpa memberikan pengakuan pada penulis aslinya.

Apabila saya melakukan hal tersebut di atas, baik sengaja ataupun tidak,
dengan ini saya menyatakan menarik Tugas Akhir yang saya ajukan sebagai
tulisan saya sendiri. Apabila di kemudian hari terbukti bahwa saya ternyata
melakukan tindakan menyalin atau meniru tulisan orang lain yang seolah-olah
adalah hasil pemikiran saya sendiri, berarti saya bersedia untuk melepaskan
semua hak yang telah diberikan oleh Universitas Gadjah Mada.

Yogyakarta, Tanggal Bulan Tahun
Yang menyatakan,
Materai 6000

Nama Mahasiswa
NIM.

20 Panduan Tugas Akhir 2020
Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
[Kata pengantar ditulis maksimum 1 (satu) halaman dengan font “Times
New Roman” ukuran 12 dan 2 (dua) spasi ketik].

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
21
Daftar Isi
DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ................................................................................. i
HALAMAN PERSETUJUAN .................................................................. ii
HALAMAN PERNYATAAN ................................................................................ iii
KATA PENGANTAR .....................................................................................iv
DAFTAR ISI .............................................................................................. v
DAFTAR TABEL ............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR ................................................................................. vii
DAFTAR LAMPIRAN .............................................................................. viii
DAFTAR ISTILAH ................................................................................... ix
INTISARI .................................................................................................. x
ABSTRACT .............................................................................................. xi
I. PENDAHULUAN .................................................................................. 1
I.1. Latar Belakang .................................................................................... 1
I.2. Rumusan Masalah ............................................................................... 3
I.3. Tujuan Penelitian ................................................................................. 3
I.4. Manfaat Penelitian ............................................................................... 3
II. GAMBARAN UMUM ......................................................................... 8
II.1. Kondisi Umum Penulisan .................................................................. 8
II.2. Tinjauan Pustaka ................................................................................ 9
II.3. Hipotesis ............................................................................................ 10
II.4. Keaslian Penelitian ............................................................................. 11
III. METODOLOGI PENELITIAN .......................................................... 12
III.1. Desain Penelitian .............................................................................. 12
III.2. Jenis dan Sumber Data ...................................................................... 13
III.3. Teknik Pengumpulan Data ................................................................ 13
III.4. Sampel .............................................................................................. 14
III.5. Definisi Operasional Variabel ..............................................................14
III.6. Teknik Analisis Data ......................................................................... 15
IV. HASIL DAN PEMBAHASAN ............................................................ 16
IV.1. Analisis.............................................................................................. 16
IV.2. Pembahasan ...................................................................................... 19
V. KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................. 22

22 Panduan Tugas Akhir 2020
V.1. Kesimpulan ........................................................................................ 22
V.2. Saran .................................................................................................. 23
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................................... 27
LAMPIRAN .............................................................................................. 30
Daftar Tabel
DAFTAR TABEL
Tabel
Halaman
IV.1. Rata-rata Penyaluran Kredit BPR pada Tahun 2014 ......................... 11
IV.2. Jenis Kredit BPR pada Tahun 2014 .................................................. 12
IV.3. Pangsa Pasar Kredit BPR pada Tahun 2014 ...................................... 13
IV.4. Indikator Efisiensi Keuangan BPR Tahun 2014 ................................ 14

Daftar Gambar
DAFTAR GAMBAR

Gambar
Halaman
IV.1. Persentase Masing-Masing Jenis Kredit BPR Tahun 2014 ................. 12
IV.2. Persentase Penghimpunan DPK BPR Tahun ......................................... 13
Daftar Lampiran
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Halaman
1. Kuesioner Mengenai Persepsi Kinerja BPR Tahun 2014 ......................... 27
2. Laporan Keuangan BPR Tahun 2013 ....................................................... 26

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
23
Daftar Istilah
DAFTAR ISTILAH

BI Bank Indonesia
BPR Bank Perkreditan Rakyat
BPD Bank Pembangunan Daerah


Intisari
INTISARI
[Intisari ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan font “Times New Roman”
ukuran 12, 1 (satu) spasi ketik, dan dituliskan paling banyak dalam 300
(tiga ratus) kata].

Abstract
ABSTRACT
[Abstract ditulis dalam Bahasa Inggris dengan font “Times New Roman”
ukuran 12, 1 (satu) spasi ketik, dan dituliskan paling banyak dalam 300
(tiga ratus) kata].

24 Panduan Tugas Akhir 2020
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA

[Ditulis dengan font “Times New Roman” ukuran 12 dan 1 (satu) spasi
ketik. Penulisan kutipan dan daftar pustaka dapat menggunakan aturan
American Psychological Association (APA Styles), Modern Language
Association (MLA Styles) atau Chicago dan Turabian Styles. Gunakan
salah satu gaya penulisan kutipan dan daftar pustaka secara konsisten.
Contoh salah satu gaya penulisan kutipan dan daftar pustaka (APA Styles)
adalah sebagai berikut:]

Referensi Tipe Ref-
erensi
Penulisan dalam Teks Penulisan Daftar
Pustaka
Buku 1 penulis
(author)
Teknik pemahaman secara
mendalam dibutuhkan un-
tuk mendapatkan informasi
(Berkman 1994); ATAU
Berkman (1994, p. 25) me-
nyebutkan bahwa …; ATAU
Berkman (1994, pp. 30-35)
setuju bahwa …
Berkman, R.I. (1994).
Find it fast: How to
uncover expert infor-
mation on any subject.
New York: Harper
Perennial.
2 penulis
(author)
… dalam perspektif mekani-
ka (Cengel & Boles, 1994)
ATAU Cengel dan Boles
(1994) menyatakan bahwa
….
Cengel, Y.A., &
Boles, M. A. (1994).
Thermodynamics: An
engineering approach,
2
nd
edn. London: Mc-
Graw Hill.
3 - 5
penulis
(author)
Kutipan pertama:
… seperti yang telah dijelas-
kan (Reid, Parsons & Green,
1989)

Kutipan kedua dan seterus-
nya:
seperti yang telah dijelaskan
(Reid, et al., 1989)
Reid, D.H., Parsons,
M.B. & Green, C.W.
(1989). Staff man-
agement in human
servies: Behavioral
research and appli-
cation. Springfield:
Charles C. Thomas.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
25

Referensi Tipe Ref-
erensi
Penulisan dalam Teks Penulisan Daftar
Pustaka
Prosiding
Konferensi
Prosiding
terpub-
likasi
Bourassa (1999) menekank-
an …
Bourassa, S. (1999).
Effects of childcare
on young children.
Prosiding dalam 3
rd
Annal Meeting of the
International Society
for Child Psychology.
Atlanta, Georgia: In-
ternational Society for
Child Psychology.
Prosiding
tidak ter-
publikasi
… yang menunjukkan hal
tersebut (Bowden dan Fair-
ley, 1996)
Bowden, F.J. & Fair-
ley, C. K. (1996).
Endemic STDs in the
Northern territory:
Estimations of effec-
tive rates of partner
change. Dipresenta-
sikan dalam Royal
Australian College of
Phisician, Darwin, 24-
25 Juni.
Artikel Ju-
rnal
Jurnal pe-
riodik
Huffman (1996) menekank-
an teori …; ATAU
… penggunaan protein
dalam sus sapi (Huffman,
1996)
Huffman, L.M.
(1996). Processing
whey protein for use
as a food ingredient.
Food Technology.
Vol. 50, No. 2. Hlm.
49-52.

26 Panduan Tugas Akhir 2020

Referensi Tipe Ref-
erensi
Penulisan dalam Teks Penulisan Daftar
Pustaka

Jurnal
elektronik
(dengan
nomor
halaman)
… perubahan dalam manaje-
men sumber daya (Daniel,
2009)
Daniel, T.T. (2009).
Learning from simpler
times. Risk Manage-
ment. Vol. 56, No. 1.
Hlm. 40-44. Diakses
30 Januari 2009 dari
http://proquest.umi.
com/.
Jurnal
elektronik
(tanpa no-
mor hala-
man)
… yang merupakan disiplin
dalam ilmu sejarah seni (Do-
nahue-Wallace & Chanda,
2005)
Donahue-Wallace, K.
& Chanda, J. (2005).
A case study in inte-
grating the best prac-
tices of face-to-face
art history and online
teaching. Interactive
Multimedia Electronic
Journal of Computer-
Enhanced Learning.
Vol. 7 No. 1. Diakses
30 Januari 2009 dari
http:imej.wfu.edu/
articles/2005/1.
Tugas
Akhir
Skripsi/
Tesis/
Disertasi
Exelby (1997) setuju bahwa

Exelby, H. R. A.
(1997). Aspects of
gold and mineral
liberation (Disertasi
doktoral tidak dipub-
likasi). University of
Queensland, Brisbane.

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
27

Referensi Tipe Ref-
erensi
Penulisan dalam Teks Penulisan Daftar
Pustaka
Laporan Edisi ce-
tak
… di area Queensland (Mor-
timer & Cox, 1999)
Mortimer, M. & Cox,
M. (1999). Contami-
nation in mud crabs
and sediments from
Maroochy River.
Environment Techni-
cal Report No. 25,
Queensland Depart-
ment of the Environ-
ment, Brisbane.
Edisi ele-
ktronik
… yang dilakukan di sekolah
usia dini (Rathbun, West &
Hausken, 2003)
Rathbun, A. H.,
West, J. & Hausken,
E. G. (2003). Young
children’s access
to computers in the
home and at school in
1999 and 200, NCES-
2003-036. National
Center for Education
Statistics, Washing-
ton DC. Diakses 4
November 2003 dari
http://nces.ed.gov/
pubs2003/2003036.
pdf
Koran dan
Majalah
Artikel
cetak
… seperti yang ditunjuk-
kan dalam proses privatisasi
(Simpson, 1997)
Simpson, L. (1997, 13
Oktober). Tasmania’s
railway goes private.
Australian Financial
Review. Hlm. 10.
Artikel
elektronik
… pemerintah yang bertang-
gung jawab atas hal ini (Por-
teous, 2007)
Porteous, C. (2007,
15 Agustus). Rudd
blamed for drought.
Courier Mail. Diakses
27 Februari 2009 dari
http://global.factiva.
com/

28 Panduan Tugas Akhir 2020

Referensi Tipe Ref-
erensi
Penulisan dalam Teks Penulisan Daftar
Pustaka
Halaman
Web
Penulis
personal
… perjanjian tersebut (Alba-
nese, 2009)
Albanese, A. (2009).
Fairer compensa-
tion for air travelers.
Diakses 30 Januari
2009 dari http://www.
minister.infrastruc-
ture.gov.au/aa/re-
leases/2009/January/
AA007_2009.htm.
Penulis
organisasi
… yang merupakan subyek
panduan (University of
Queensland Library, 2009)
University of
Queensland Library.
(2009). Mechanical
engineering subject
guide. Diakses 6 Feb-
ruari 2009 dari http://
www.library.uq.edu.
au/
Tanpa
tanggal
publikasi
… hal ini merupakan argu-
mentasi melalui intelejensi
emosional (Bliss, n.d.)
Bliss, S. E. (n.d). The
effect of emotional
intelligence on a
modern organizational
leader’s ability to
make effective deci-
sions. Diakses 10 Feb-
ruari 2008 dari http://
eqi.org/mgtpaper.htm
Komunika-
si Personal
Wawan-
cara
Melalui wawancara pada 15
Juni 1995, Dr. Peter Jones
menyebutkan bahwa…;
ATAU
Hal ini telah dikonfirmasi
secara verbal (P. Jones, ko-
munikasi personal, 15 Juni
1995)
Tidak masuk dalam
daftar referensi

Departemen Ekonomika Dan Bisnis
Sekolah Vokasi | Universitas Gadjah Mada
29

Referensi Tipe Ref-
erensi
Penulisan dalam Teks Penulisan Daftar
Pustaka
Peraturan
Resmi
Pemerintah
Undang-
Undang/
PP/Kep-
pres/
Perpres/
Kepmen/
Permen/
dll.
… yang menjadi kewenan-
gan kepala daerah terkait
(UU 33/2004)
Pemerintah Indone-
sia. Undang-Undang
tentang Perimbangan
Keuangan antara
Pemerintah Pusat dan
Pemerintahan Daerah
(UU No. 33 tahun
2004). Jakarta: Penu-
lis.

Lampiran
LAMPIRAN

[Ditulis dengan font “Times New Roman” ukuran 12 dan 1 (satu) spasi ketik.
Contoh Lampiran adalah sebagai berikut:]
Lampiran 1. Kuesioner untuk Informasi Dasar BMT
1. Nama BMT:
2. Alamat:
3. Tanggal Pendirian:
4. Mayoritas Sektor Usaha Peminjam Tahun 2011:
a. .................
b. .................
c. .................
5. Struktur Organisasi:


Lampiran 2. Lembar Penilaian Ujian TA
Aspek Penilaian TA Nilai Keterangan
1 Penyajian Presentasi

2 Pemaparan

3 Sistematika Penulisan

4 Penguasaan Permasalahan dan Analisis

5 Cara Menyampaikan dan Argumentasi

30 Panduan Tugas Akhir 2020