Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

522 | Volume 6 Nomor 1 2024

Analisis Kebijakan dan Strategi Bisnis
PT Avo Inovation Technology

Dra. Sonja Andarini, M.S
1, Maharani Ikaningtyas, S.E., M.AB.
2,
Cynarawita Firjatullah
3, Dewi Candra Wulan
4
1,2,3,4Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
[email protected]
1

ABSTRACT
The development of the digital era is growing rapidly until now. Digitalization has
spread to various fields, especially in the business sector. Almost all companies, from small to
large, use digitalization as their marketing policy and strategy. This study aims to analyze the
influence of the digital era on company business policies and strategies. The research method
used is descriptive qualitative. The researcher conducted an analysis referring to the relevant
data. Examines the theory with the influence between variables from data collected from journals
and articles for the last five years. The results of this study indicate that the digital era has an
influence on the company's business policies and strategies.
Keywords : business, policy, strategy, avoskin.

ABSTRAK
Perkembangan era digital semakin berkembang pesat hingga saat ini. Digitalisasi
telah merebak hingga ke berbagai bidang, khususnya pada bidang bisnis. Hampir semua
perusahaan dari yang kecil hingga besar menggunakan digitalisasi sebagai kebijakan dan
strategi marketingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh era digital pada
kebijakan dan strategi bisnis perusahaan. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif
deskriptif. Peneliti melakukan analisis yang mengacu pada data yang relevan. Mengkaji teori
dengan pengaruh antar variabel dari data yang dikumpulkan dari jurnal dan artikel selama
lima tahun terakhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa era digital memiliki pengaruh
terhadap kebijakan dan strategi bisnis perusahaan.
Kata kunci : bisnis, kebijakan, strategi, avoskin.

PENDAHULUAN
PT Avo Innovation Technology merupakan salah satu perusahaan yang
bergerak di bidang kecantikan yang berada di Indonesia. Terdapat 3 brand
kecantikan yang dinaungi oleh PT Avo Innovation Technology, diantaranya Avoskin,
Lacoco, dan Looke. Pada artikel ini ini, penulis akan fokus membahas brand
kecantikan Avoskin. Brand Avoskin merupakan brand kecantikan yang terbilang
masih baru di negara Indonesia. Meskipun kehadirannya masih belum lama, brand
tersebut memiliki peminat yang setiap tahunnya semakin meningkat.
Brand Avoskin hadir di tahun 2014 dan berkembang hingga saat ini. Di awal
kehadirannya, perusahaan hanya memiliki beberapa pegawai dan pada saat itu tidak
terlalu banyak hal yang harus dilakukan dikarenakan tantangan di awal berdirinya
perusahaan tidak sebanyak sekarang yang sudah semakin berkembang. Selama
hadirnya brand Avoskin sampai detik ini, brand tersebut telah menerapkan berbagai

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

523 | Volume 6 Nomor 1 2024

strategi branding. Dengan berbagai strategi branding yang telah dilakukan membuat
Avoskin di terima dengan baik oleh target pasar kecantikan dan produk perawatan
kulit. Hal tersebut dapat dilihat melalui antusiasme konsumen pada saat menantikan
produk baru dari Avoskin. Pertumbuhan brand Avoskin semakin terasa pada tahun
2018, dimana produk Avoskin selalu habis dengan cepat hanya dalam waktu
beberapa jam saja. Avoskin memiliki target akan selalu meluncurkan produk-produk
baru yang sangat bermanfaat setiap tahunnya.
Brand Avoskin menjadi produk local yang banyak diganduringi oleh masyarakat, baik
dari kalangan remaja maupun dewasa. Selain kualitas brand Avoskin yang
memuaskan, harga dari produk brand Avoskin juga affordable banget sebagai produk
lokal. Pada tahun 2020, brand Avoskin berkomitmen untuk menciptakan produk
skincare dengan konsep clean beauty yang bebas dari alcohol, SLS, paraben, silikon,
pewangi, dan tidak diuji pada hewan atau cruelty free.
Brand Avoskin mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan brand kecantikan
atau skincare lainnya. Berbagai macam produk skincare sudah banyak di luar sana.
Namun, brand Avoskin selalu menerapkan green beauty concept pada setiap
produknya. Semua produk Avoskin yang di produksi selalu konsisten untuk
menggunakan bahan-bahan alami. Produk-produk dari Avoskin bukan produk yang
tidak bisa ditemukan pada brand lain. Namun, Avoskin selalu berinovasi di setiap
produk yang dikeluarkannya, salah satu contohnya ialah Perfect Hydrating Treatment
Essence (PHTE) dari Avoskin yang telah menyita banyak perhatian karena kualitas
dan manfaatnya, serta kini menjadi produk andalan Avoskin.

TINJAUAN LITERATUR
Cristensen Andrews, Bower, dan lain-lain (Djamhur danzainul, 2015: 1.10),
kebijakan merupakan prinsip-prinsip keseluruhan yang diikuti oleh pihak yang
berada dalam organisasi saat memutuskan atau menjalankan sebuah keputusan.
Sesuai definisi ini, kebijakan merupakan sekumpulan aturan yang dilanjutkan dalam
suatu asosiasi untuk mencapai tujuan bersama.
Cristensen, Andrews, dan Grove menyebut ini sebagai bagian dari organisasi
bisnis (Djamhur dan Zainul, 2015: 1.2) bahwa Investigasi strategi bisnis mengelola
isu-isu yang mempengaruhi orang dan hasil organisasi secara keseluruhan dan
pekerjaan dan kewajiban pemimpin atau perintis secara keseluruhan. Di dalam
sebuah bisnis, masalah kebijakan akan mencakup berbagai kegiatan, misalnya dalam
memilih tujuan organisasi, membuat karakteratau identities organisasi, memilah apa
yang harus dilakukan atau diselesaikan, serta memobilisasi sumber daya organisasi
untuk mencapai tujuan secara kompetitif.
Sebagai salah satu aspek dalam administrasi bisnis menurut Cristensen,
Andrews, dan Bower (Djamhur dan zainul, 2015:1.2) kebijakan bisnis merupakan
suatu studi tentang fungsi dan tanggung jawab pemimpin umum perusahaan serta
problema yang mempengaruhi karakter dan keberhasilan perusahaan secara
keseluruhan. Permasalahan kebijakan dalam bisnis akan menyangkut beberapa
kegiatan (aktivitas), misalnya aktivitas pemilihan tujuan, pembentukan karakter
organisasi, penentuan apa yang perlu dikerjakan, mobilisasi sumber daya untuk

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

524 | Volume 6 Nomor 1 2024

mencapai tujuan dalam situasi persaing. Berikut beberapa definisi strategi menurut
para ahli:
Strategi merupakan sebuah terobosan atau tindakan yang masuk akal
langkah-langkah yang akan dilakukan organisasi dalam memenuhi semua target
sesuai misi sebelumnya (Rangkuti, 2013: 183). Sementara itu, menururt Pearce dan
Robinson (2008: 2) strategi merupakan rencana oraganisasi dalam jangka panjang
yang dibuat untuk berinterkasi dengan keadaan persaingan bisnis demi mencapai
tujuan organisasi.
Menurut Pearce dan Robinson (2008: 2) strategi merupakan rencana berskala
besar, dengan orientasi masa depan, guna berinteraksi dengan kondisi persaingan
untuk mencapai tujuan. Strategi merupakan perencanaan induk yang komprehensif,
yang menjelaskan bagaimana perusahaan akan mencapai semua tujuan yang telah
ditetapkan berdasarkan misi yang telah ditetapkan sebelumnya (Rangkuti, 2013:
183).
Menurut Kotler dalam Hariyanti dan Wirapraja (2018: 138), strategi
pemasaran merupakan sebuah proses yang melibatkan customer, menjalin hubungan
baik, dan mampu memberikan nilai bagi customer, sehingga organisasi atau
perusahaan akan mendapatkan umpan balik untuk mendapatkan keuntungan dan
meningkatkan jumlah customer.

METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti
melakukan analisis yang mengacu pada data yang relevan. Mengkaji teori dengan
pengaruh antar variabel dari data yang dikumpulkan dari jurnal, artikel, dan buku.
Data yang digunakan adalah data 5 tahun terakhir. Pada penelitian yang
menggunakan metode kualitatif, kajian pustaka harus digunakan secara konsisten
dengan asumsi-asumsi metodologis. Metode kualitatif bersifat eksploratif, maka dari
itu, peneliti menggunakan metode tersebut.

HASIL DAN PEMBAHASAN
PT AVO Innovation Technology merupakan sebuah perusahaan yang
bergerak di industry kecantikan asli di Indonesia. Berdiri sejak 10 Oktober 2014 di
Yogyakarta. PT AVO Innovation Technology didirikan oleh Anugrah Pakerti, salah
satu pengusaha muda yang masuk daftar forbes 30 under 30 Asia 2020 dan telah
mengeluarkan beberapa produk kecantikan yang berkelas dengan label avoskin yang
terkenal menggunakan bahan-bahan alami, yakni minyak esensial. Kemajuan pesat
yang dialami PT AVO Innovation Technology tidak terlepas dari budaya organisasi
yang diterapkan di dalam perusahaan. Menurut PT AVO Innovation Technology,
budaya organisasi dipandang sebagai salah satu keunggulan dalam bersaing dengan
perusahaan lainnya, karena budaya organisasi menjadi salah satu faktor yang
menentukan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Perusahaan juga menyadari
bahwa dalam membangunbudaya perushaan yang kuat diperlukan proses. Proses-
proses tersebut diantaranya adalah:
1. Aware, memastikan karyawan tahu dan sadar budaya sebuah organisasi.

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

525 | Volume 6 Nomor 1 2024

2. Understanding, karyawan memahami lebih dalam mengenai budaya.
3. Buy-in, karyawan mengetahui bahwa budaya tersebut adalah sesuatu yang
baik bagi dirinya.
4. Owner, bagaimana karyawan meyakini bahwa budaya tersebut menjadi
pedoman kinerja yang baik merek.

Kebijakan Perusahaan PT Avo Innovation Technology
PT AVO Innovation Technology memiliki tujuan bersama sebagai langkah
perusahaan untuk berkembang dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas
serta sumber daya manusia yang siap bersaing, agar menjadi yang terbaik khususnya
pada industri kecantikan dan produk perawatan kulit. Adapun Visi dan Misi PT AVO
Innovation Technology adalah sebagai berikut:
a. Visi: Menjadi pemimpin di industri kecantikan yang dapat memberdayakan
wanita menjadi lebih percaya diri dan berani.
b. Misi: Mendistribusikan produk yang berkualitas, aman dan nyaman, menciptakan
inovasi produk secara berkala melalui research and development yang matang,
meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan organisasi yang solid,
memberikan edukasi dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi
kepuasan pelanggan.
PT AVO Innovation Technology memiliki kebijakan agar visi misi tersebut
dapat terwujud. Visi Misi tersebut :
1. Pengungkapan dan Penggunaan Data
Brand Avoskin tidak akan mengungkapkan informasi pribadi pelanggan kepada
pihak lain, kecuali hal tersebut menjadi bagian dari pemberian pelayanan Avoskin
kepada pelanggan.
2. Perubahan Persyaratan Penggunaan
Brand Avoskin mempunyai kebijakan untuk memodifikasi, mengubah,
menambah atau mengganti salah satu dari data-data yang dimasukkan tanpa
pemberitahuan terlebih dahulu, apabila diperlukan. Pada beberapa kasus,
Avoskin akan menggumumkan notifikasi kepada para pelanggan mengenai
perubahan yang terjadi pada akun pribadi.
3. Penghapusan Konten Pelanggaran
Avoskin mempunyai hak untuk menghapus atau mengembalikan konten yang
pelanggan posting, jika hal tersebut melanggar pedoman Avoskin.
4. Lisensi Hak Cipta
Penyusunan semua konten yang dibuat oleh Avoskin merupakan eksklusif milik
Avoskin dan dilindungi oleh undang-undang hak cipta yang berlaku.
5. Akun Pelanggan
Pelanggan setuju untuk bertnggung jawab menjaga kerahasiaan akun dan atas
semua aktivitas yang terjadi di dalam akun atau password.
6. Situs Pihak Ketiga dan Situs Terkait
Situs Avoskin mungkin berisi link ke situs pihak ketiga lainnya. Artinya, Avoskin
tidak mengontrol atau mengoperasikan salah satu situs terkait tersebut, dan

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

526 | Volume 6 Nomor 1 2024

pelanggan setuju bahwa Avoskin tidak bertanggung jawab atas isi dan
penggunaan situs terkait tersebut.
7. Batasan Tanggung Jawab
Konten yang ditampilkan pada situs Avoskin disediakan tanpa jaminan, kondisi,
atau pun garansi.
8. Hukum yang Berlaku
Adapun kebijakan mendasar mengenai ketentuan penggunaan akan diatur sesuai
dengan hukum Indonesia, tanpa mempengaruhi prinsip-prinsip konflik hukum.
9. Ganti Rugi
Dengan adanya kebijakan privasi ini, pelanggan mengerti dan menyetujui bahwa
pelanggan secara pribadi bertanggung jawab atas perilaku menggunakan website
Avoskin. Artinya pelanggan setuju untuk mengganti kerugian yang terjadi atas
ketidakmampuan menggunakan situs ini sebagaimana mestinya.
10. Kepemilikan Merek Dagang, Nama, Gambar Orang, Hak Cipta Pihak Ketiga
Brand Avoskin secara tegas menyatakan bahwa situs Avoskin memiliki perizinan
yang resmi untuk menampilkan merek dagang, nama, gambar orang, serta hak
cipta pihak ketiga.
11. Mempertahankan Hak
Jika pelanggan melanggar apapun tentang Ketentuan Penggunaan ini dan Avoskin
tidak mengambil tindakan, maka pihak Avoskin dapat mempertahankan semua
hak Avoskin dalam situasi lain untuk mengusut pelanggaran yang terjadi.

Strategi Pemasaran PT Avo Innovation Technology
Menurut Kurniawan (2017), konsep AISAS menggambarkan perilaku yang
umum ketika konsumen akan membuat keputusan atas pembelian produk. Tahapan
yang akan dilalui konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk ialah
tahapan aware - appeal - ask - act - advocate. M enc a r i i nf o r m a s i m e ng e na i
p r o d u k memiliki dampak yang signifikan terhadap kepercayaan pada sebuah
produk (Hidayanto, dkk, 2017). Kepercayaan selaras terhadap pembelian produk.
Jadi, semakin khalayak percaya pada produk makan semakin memperbesar
terjadinya pembelian produk. Berikut urutan konsep AISAS pada produk Avoskin :
a) Attention
Attention merupakan tahap awal pada AISAS, dimana khalayak akan terpapar dan
memperhatikan stimulus yang berupa iklan dari media konvensional maupun
digital. Pada produk Avoskin, iklan atau terpaan informasi berupa Youtube ads,
maupun Instagram ads Avoskin terhadap review produk atas kelebihan dan efek
produk Avoskin akan menimbulkan kesadaran khalayak untuk memperhatikan
produk Avoskin.

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

527 | Volume 6 Nomor 1 2024


Gambar 4.1 Komentar warganet yang ditanggapi Admin Avoskin
Sumber : TikTok Avoskin Beauty

b) Interest
Pada tahap selanjutnya, khalayak akan mengalami ketertarikan untuk mencoba
menelusuri lebih lanjut pada produk Avoskin sebagai bentuk respon atas pesan
yang diterima.
c) Search
Khalayak akan secara aktif mencoba menelusuri lebih lanjut informasi mengenai
produk Avoskin melalui berbagai channel.
d) Action
Setelah mendapatkan banyak informasi mengenai produk Avoskin maka
tindakan publik pada tahap ini ialah terkait dengan pengambilan keputusan
tentang pembelian, adopsi, atau pembatalan keputusan tentang pembelian
produk Avoskin.
e) Share
Share merupakan tindakan konsumen dalam membagi informasi dan
pengalamannya mengenai produk Avoskin. Bentuk dari model sharing ini dapat
berupa word of mouth atau e-WoM, melakukan ulasan pada halaman e-
Commerce, atau membuat posting di akun media sosial.

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

528 | Volume 6 Nomor 1 2024



















Gambar 4.2 Review produk Avoskin
Sumber : TikTok
Pada tahun 2020, produk Miraculous Refining Toner dari brand Avoskin
mampu mencapai penjualan Rp. 279.278.140 dengan 2.384 transaksi dalam
seminggu. Data tersebut diperoleh dari compass.co.id yang menganalisa penjualan
produk avoskin pada periode 29 Oktober 2020 – 5 November 2020.
Pada data beautynesia tanggal 18 September 2021, produk Miraculous
Refining Toner juga masuk kedalam 5 produk skincare paling laris dari Avoskin. Dari
data tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa produk miraculous refining
toner merupakan salah satu dari produk Avoskin yang mampu menyumbang
penjualan tertinggi. Namun tidak hanya produk miraculous refining toner saja yang
menyumbang penjualan pada brand Avoskin. Berikut 5 produk Avoskin yang paling
laris pada tahun 2021, yaitu :
1. Avoskin Hydrating Treatment Essence
2. Avoskin Miraculous Refining Toner
3. Avoskin Miraculous Retinol Toner
4. Avoskin Your Skin Bae Series
5. Avoskin the Great Shield Sunscreen

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

529 | Volume 6 Nomor 1 2024


Gambar 4.5 Grafik 10 Top Brand Toner Terbaik
Sumber : compass.co.id
Pada tahun 2022, toner Avoskin menduduki peringkat pertama dari 10 brand
skincare. Data ini didapatkan selama periode 1-15 September 2022 dari data
compass.co.id. Brand Avoskin mampu menjual lebih dari 10 ribu produk dalam dua
minggu dengan total penjualan Avoskin yang tembus hingga Rp. 1,8 miliar. Secara
market share, Brand Avoskin meraih angka 15,97%.
Indonesia menduduki urutan kedua sebagai negara pengguna aktif TikTok
terbanyak di dunia dengan jumlah pengguna 99 juta. Banyak masyarakat Indonesia
yang membagikan review produk Avoskin melalui video pendek yang di unggah di
media sosial TikTok. Tidak hanya video review produk Avoskin saja yang diunggah
oleh customer Avoskin. Adapun video tata cara menggunakan produk Avoskin, video
tips memilih produk Avoskin yang cocok untuk wajah, dan masih banyak video
lainnya.

Analisis SWOT produk Avoskin
a. Strenghts (Kekuatan)
- Harga relative terjangkau
- Mengandung bahan-bahan alami
- Memiliki desain packaging yang elegan
b. Weakness (Kelemahan)
- Sulit ditemukan di toko offline
- Memiliki bau yang kurang harum karena menggunakan bahan alami
c. Opportunity (Peluang)
- Memiliki pasar yang luas karena mempunyai produk yang berkualitas
dan berteknologi
- Memiliki banyak reviewer sehingga dapat meningkatkan peluang
penjualan.

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

530 | Volume 6 Nomor 1 2024

d. Threats (Ancaman)
- Semakin naiknya nama produk maka rawan terjadinya pemalsuan
produk oleh oknum tidak bertanggung jawab
Masuknya produk skincare luar negeri yang berteknologi lebih canggih.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kebijakan yang diterapkan PT AVO Innovation Technology agar visi dan misi
dapat terwujud yaitu kebijakan pengungkapan dan penggunaan data, kebijakan
perubahan persyaratan pengguna, kebijakan penghapusan konten pelanggaran,
kebijakan lisensi hak cipta, kebijakan akun pelanggan, kebijakan situs pihak ketiga
dan situs terkait, kebijakan batasan tanggung jawab, kebijakan hukum yang berlaku,
kebijakan ganti rugi, kebijakan kepemilikan merek dagang, nama, gambar orang, hak
cipta pihak ketiga, dan kebijakan mempertahankan hak cipta.
Avoskin menerapkan AISAS yaitu Attention, Interest dimana konsumen
merasa tertarik dengan produk dan ada rasa ingin untuk membeli dan mencoba
produk tersebut, Search dimana konsumen akan mencari tahu tentang produk, Action
tahap di mana konsumen merasa informasi tentang produk yang diinginkan sudah
cukup dan jelas untuk konsumen membuat keputusan akan membeli produk atau
tidak. Pada tahapan ini baik atau buruknya review sebuah produk sangat
mempengaruhi keputusan membeli, yang terkahir Share yaitu pengalaman
konsumen atas produk yang digunakan sangat penting dan berpengaruh atas review
yang akan ditulis. Sehingga AISAS dapat disimpulkan sebagai rantai komunikasi
pemasaran yang saling berkesinambungan antara tahapan satu dan lainnya.

DAFTAR PUSTAKA
Pustaka yang berupa jurnal ilmiah:
Humaira, N. (2021). ISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) Model of
Cosmetics Marketing Communication on Online Beauty Forum (Case- Study:
Avoskin Marketing on Sociolla). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1),
186-200.
Kristiyanto, N. P., & Ulfa, N. S. (2022). Pengaruh Citra Merek Green And Clean Beauty
Dan Terpaan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Di Twitter Terhadap Tingkat
Keterlibatan Dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Produk
Kecantikan Lokal Avoskin. Interaksi Online, 10(3), 748-757.
Kusumawati, A., & Tiarawati, M. (2022). Pengaruh Green Perceived Risk dan Green
Packaging terhadap Green Purchase Intention Pada Produk Skincare Avoskin:
Studi pada konsumen terhadap niat beli produk Avoskin. Sibatik Journal:
Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan
Pendidikan, 1(10), 2071-2084.
MENTARI INOVA PUTRI, E. V. E. (2017). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS
AVOSKIN BEAUTY DALAM MEM BANGUN BRAND AWARENESS KONSUMEN
(Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).
Pratama, R. E., & Santosa, S. B. (2021). MENINGKATKAN MINAT PEMBELIAN ULANG
DENGAN MELAKUKAN PROMOSI PENJUALAN DI INSTAGRAM MELALUI

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Vol 6 No 2 (2024) 522 - 531 P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351
DOI: 10.47467/alkharaj.v6i1.3429

531 | Volume 6 Nomor 1 2024

KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada pengguna pr oduk Avoskin di kota
Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(6).
Ramadhan, F. (2020). Penerapan Strategi Influencer Marketing Produk Avoskin
Melalui Media Sosial di PT Avo Innovation Yogyakarta.
Saputra, Nopriadi. (2020). Manajemen Strategis dalam Bisnis.
Sari, D. M. F. P., & Febriani, P. D. (2022). DETERMINANTS OF PURCHASE INTENTION
PRODUK AVOSKIN BEAUTY DI BALI. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis,
7(1), 50-62.

Pustakan dari Media Online
Avoskin Beauty. 2020. Syarat dan Kebijakan. Diunduh tanggal 5 Januari 2023,
https://www.avoskinbeauty.com/id/terms-policies/.
Bagusmana. 2023. Bagus mana Avoskin atau Elsheskin. Diunduh tanggal 5 Januari
2023, https://bagusmana.id/bagus-mana-avoskin-atau-elsheskin/.
Compas.co.id. 2020. Data Penjualan Skincare Lokal Tembus 600 Juta Seminggu.
Diunduh tanggal 6 Januari 2023, https://compas.co.id/article/penjualan-
skincare-lokal-seminggu/.
Haya, Zeyra. 2021. 5 Produk Skincare Paling Laris dari Avoskin, Wah… Harganya
Affordable Banget Lho!. Diunduh tanggal 6 Januari 2023.
Orami. 2022. Review Toner Avoskin Miraculous Refining Toner oleh Moms Orami,
Memberikan Efek Instan. Diunduh tanggal 5 Januari 2023,
https://www.orami.co.id/magazine/review-toner-avoskin-miraculous-
refining-toner.
Suatiani, Lia. 2022. 10 Top Brand Toner Terbaik di E-commerce, Penjualan Avoskin
Secerah Manfaat Produknya. Diunduh tanggal 6 Januari 2023,
https://compas.co.id/article/brand-toner-terbaik/.