UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
FAKULTAS ILMU KESEHATAN DAN SAINS
PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTER Tgl Penyusunan
Keperawatan Anak KEP1026 Kelompok MK
Keperawatan Klinik
3 SKS IV 9 Maret 2021
OTORISASI Dosen Pengembang RPS Ketua Program Studi






Siti Aizah, S.Kep., Ns., M.Kes.






Muhammad Mudzakkir, M.Kep.
Capaian Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI Yang Dibebankan pada MK
CP.P.12 Menguasai konsep, prinsip dan teknik komunikasi terapeutik.
CP.S.10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
CP-MK
CP.P.09 Menguasai konsep asuhan keperawatan klien dalam rentang sehat-sakit pada berbagai tingkat usia.
CP.KK.01 Mampu memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, dan kelompok baik sehat, sakit, dan
kegawatdaruratan dengan memperhatikan aspek bio, psiko, sosial kultural, dan spirirual yang emnjamin keselamatn klien
sesuai standar asuhan keperawatan.
CP.KK.02 Mampu mengelola asuhan keperawatan sesuai kewenangan klinis.
CP.KU.01 Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dengan menganalisi data serta metode yang sesuai dan dipilih dari beragam
metode yang sudah baku maupun belum baku dan menganalisi data.
CP.KU.02 Menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
Diskripsi Singkat MK Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep dan teori serta praktek/aplikasi asuhan keperawatan anak pada rentang sehat dan sakit
sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang aman dan efektif melalui pendekatan
proses asuhan keperawatan.

Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan
1. Konsep dasar keperawatan anak.
2. Konsep keperawatan anak sehat.
3. Konsep neonates esensial.
4. Konsep asuhan keperawatan anak sakit.
5. Konsep asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit patologis dari system
perkemihan, pencernaan dan vaskuler.
6. Konsep asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi patologis dari sistem pencernaan dan
metabolik endokrin.
7. Konsep asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan kebutuhan aktivitas patologis dari sistem persarafan dan muskuloskletal.
8. Konsep asuhan keperawatan pada anak dengan gangguan kebutuhan aman dan nyaman patalogis dari sistem termoregulasi dan
imun.
9. Konsep asuhan keperawatan pada bayi resiko tinggi.
10. Konsep asuhan keperawatan pada anak dengan kebutuhan khusus.
11. Konsep asuhan keperawatan pada bayi dan anak dengan gangguan kebutuhan eliminasi patologis dari sistem pencernaan dan
kemih/kelainan kongenital/peri operatif care.
12. Konsep manajemen terpadu balita sakit (MTNS) di tatanan pelayanan kesehatan.


Utama:
1. Family centre health care of infant and children (Whaley and Wong)
2. Pengkajian pediatrik (Joice Engel)
3. Pertumbuhan dan perkembangan anak (Sutjiningsih)
4. Manual pediatric nursing (Whaley and Wong)
5. Pediatric nursing (Jane W.Ball & Ruth C.B)
6. Perinatologi (Abdurrahman Sukadi)
7. Prinsip Keperawatan Pediatrik (Rosa Sacharin)
8. Undang-undang Perlindungan Anak
9. Perawatan Bayi Resiko Tinggi (Asrining Surasmi, dkk)
10. Manajemen Terpadu Balita Sakit (Depkes)
11. DDTK (Depkes)
12. Program kesehatan ibu dan anak (Depkes)
13. Ilmu kesehatan anak (Nelson)
14. Nursing care of children (Ashwil & droske)
15. Keperawatan pediatrik (Cecily Betz & Linda A Sowden)

16. Keperawatan Pediatrik (Mary E Muscary)
17. Buku Ajar Konsep Keperawatan Anak (Yupi)
18. Keperawatan keluarga (Friedman)
Pendukung:
1. Sumber lain: Artikel dalam jurnal yang relevan dengan pokok bahasan mata kuliah.
Media Pembelajaran 1. Hardware: LCD, Notebook, Buku.
2. Software: Microsoft Power Point.
Team Teaching Siti Aizah, S.Kep., Ns., M.Kes.
Matakuliah syarat -

Perte-
muan
Ke-
Kemampuan akhir
yang diharapkan
(sub-CPMK)
Materi
Pembelajaran
Bentuk dan Metode
Pembelajaran
(Estimasi Waktu)
Pengalaman Belajar Penilaian
Offline Online
Teknik Indikator
Bobot
(%) Sinkron Asinkron
1

Mahasiswa mampu
menguasai konsep
dasar keperawatan
anak
1. Kontrak kuliah
2. Konsep dasar
keperawatan
anak:
a. Filosofi dan
paradigm
keperawata
n anak
b. Prinsip-
prinsip
keperawata
n anak
c. Peran
perawat
anak

Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
melakukan:
1. Diskusi
tentang
kontrak
kuliah.
2. Menyampaik
an materi
dan
melakukan
tanya jawab
tentang
materi .
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
konsep dasar
keperawatan
anak
0,85
2 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
Konsep tumbuh
kembang anak
Kuliah tatap muka
dengan metode
- - Melalui media
aplikasi google
Tes tulis Mahasiswa
dapat
0,85

keperawatan anak
sehat
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang
materi .
menjelaskan
kembali
konsep
tumbuh
kembang
anak
3 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
keperawatan anak
sehat
Konsep bermain

Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang materi
.
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
konsep
bermain
0,85
4 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
keperawatan anak
sehat
Komunikasi
pada anak

Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang materi
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
materi
komunikasi
pada anak
0,85

merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
.
5 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
keperawatan anak
sehat
Konsep
anticipatory
guidance
(keamanan dan
pencegahan
kecelakaan
pada anak)

Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang materi
.
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
konsep
anticipatory
guidance.
0,85
6 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
keperawatan anak
sehat
Imunisasi

Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang materi
.
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
imunisasi.
0,85
7 Mahasiswa mampu Konsep Kuliah tatap muka - - Melalui media Tes tulis Mahasiswa 0,85

menguasai konsep
neonates esensial
neonates
esensial dan
prosedur
pelaksanaan
asuhan
keperawatan
pada bayi
berdasarkan
neonates
essensial
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
aplikasi google
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang materi
.
dapat
menjelaskan
kembali
konsep dan
prosedur
neonates
essensial.
8 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
neonates esensial
Prosedur
screening
tumbuh
kembang anak
Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang materi
.
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
konsep dan
prosedur
screening
tumbuh
kembang
anak.
0,85
9 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
anak sakit
Konsep
hospitalisasi
Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
konsep
hospital
pada anak.
0,85

terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
tentang materi
.
10 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
anak sakit
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan asma,
pneumonia, dan
bronchiolitis.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
asma,
pneumonia,
dan
bronchiolitis.
0,85
11 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
anak sakit
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan difteri
dan pertussis.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
difteri dan
pertusis.
0,85

12 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
anak sakit
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan difteri
dan pertussis.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
difteri dan
pertusis.
0,85
13 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
anak sakit
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan PJB
(penyakit
jantung
bawaan) dan
leukemia.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
PJB dan
leukemia.
0,85
14 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
anak sakit
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan
thalasemia,
hemofilia dan
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
0,85

anemia. Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
anak dengan
thalassemia,
hemofilia,
dan anemia.
Ujian Tengan Semester (Tes Tulis)
15 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
gangguan
pemenuhan
kebutuhan cairan
dan elektrolit
patologis dari sistem
perkemihan,
pencernaan dan
vaskuler
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan diare,
DHF, dan
nefrotik
syndrome.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
daire, DHF,
dan nefrotik
syndrome.
0,85
16 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
gangguan
pemenuhan
kebutuhan nutrisi
patologis dari sistem
pencernaan dan
metabolic endokrin
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan
kekurangan
kalori protein
(KKP), thypoid,
dan DM
juvenile.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
KKP, thypoid,
dan DM
juvenile.
0,85

Belajar Mandiri
(3x60’)
materi
17 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
gangguan kebutuhan
aktivitas patologis
dari sistem
persarafan dan
muskuloskletal
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan serebral
palsy dan
hydrochepalus.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
serebral
palsy dan
hydrochepal
us.
0,85
18 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
gangguan kebutuhan
aktivitas patologis
dari sistem
persarafan dan
muskuloskletal
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan
poliomyelities
dan CTEV.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
poliomyelitie
s dan CTEV.
0,85
19 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan kejang
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
- Melalui
media
aplikasi
zoom
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
0,85

gangguan kebutuhan
aman dan nyaman
patologis dari sistem
termoregulasi dan
imun
demam an
campak.
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
tentang
askep pada
anak dengan
kejang
demam dan
campak.
20 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada bayi resiko
tinggi
Asuhan
keperawatan
pada bayi
dengan berat
badan lahir
rendah (BBLR)
dan
hiperbilirubin.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
bayi dengan
BBLR dan
hiperbilirubi
n.
0,85
21 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
kebutuhan khusus
Asuhan
keperawatan
pada a nak
dengan
retardasi
mental, down
syndrome dan
autis
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
retardasi
mental,
down
0,85

Belajar Mandiri
(3x60’)
tentang
materi
syndrome
dan autis
22 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
gangguan kebutuhan
eliminasi patologis
dari sistem
pencernaan dan
kemih/kelainan
congenital/peri
operatif care
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan
hisprung dan
atresia ani.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
hisprung dan
atresia ani.
0,85
23 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada anak dengan
gangguan kebutuhan
eliminasi patologis
dari sistem
pencernaan dan
kemih/kelainan
congenital/peri
operatif care
Asuhan
keperawatan
pada anak
dengan
labiopalatoschiz
is dan
hipospadia.
Kuliah tatap muka
dengan metode
diskusi, dan tanya
jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
- Melalui
media
aplikasi
zoom
menyampai
kan materi
dan
melakukan
tanya
jawab
tentang
materi
- Penugasan
dan tes
tulis
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
kembali
tentang
askep pada
anak dengan
labiopalatosc
hizis dan
hipospadia .
0,85
24 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
manajemen terpadu
Manajemen
terpadu balita
sakit di tatanan
Kuliah tatap muka
dengan metode
ceramah, dan tanya
- - Melalui media
aplikasi google
classroom
Tes tulis Mahasiswa
dapat
menjelaskan
0,85

balita sakit (MTBS) di
tatanan pelayanan
kesehatan
pelayanan
kesehatan

jawab
(3x50’)

Penugasan
terstruktur:
merangkum materi
(3x60’)

Belajar Mandiri
(3x60’)
menyampaika
n materi dan
melakukan
tanya jawab
tentang materi
.
kembali
konsep
MTBS
25 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
neonates esensial
Prosedur
screening
tumbuh
kembang anak:
1. menimbang
BB,
mengukur
TB, LK, LILA,
IMT.
2. Screening
tumbuh
kembang
dengan
menggunaka
n KPSP dan
Denver II.

Praktikum (170’)

Praktikum di lab
keperawatan
anak
- - Unjuk kerja Mahasiswa
dapat
melakukan
screening
tumbuh
kembang
anak.
0,14
26 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
keperawatan anak
sehat
Imuninasi Praktikum (170’)

Praktikum di lab
keperawatan
anak
- - Unjuk kerja Mahasiswa
dapat
melakukan
imunisasi
pada anak.
0,14

27 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
asuhan keperawatan
pada bayi resiko
tinggi
Perawatan bayi
dalam
incubator,
perawatan bayi
dengan
fototerapi,
perawatan dan
pemberian
nutrisi melalui
OGT, feeding
drip an cawan.
Praktikum (170’)

Praktikum di lab
keperawatan
anak
- - Unjuk kerja Mahasiswa
dapat
melakukan
perawatan
bayi dalam
incubator,
perawatan
bayi dengan
fototerapi,
perawatan
dan
pemberian
nutrisi
melalui OGT,
feeding drip
an cawan.
0,14
28 Mahasiswa mampu
menguasai konsep
manajemen terpadu
balita sakit (MTBS) di
tatanan pelayanan
kesehatan
MTBS Praktikum (170’)

Praktikum di lab
keperawatan
anak
- - Unjuk kerja Mahasiswa
dapat
melakukan
MTBS.
0,14
Minggu Tenang
Ujian Akhir Semester
Evaluasi Akhir Semester: melakukan validasi penilaian akhir dan menentukan kelulusan mahasiswa
Kriteria penilaian:
UTS 25%, UAS 30%, Penugasan 20% , dan Praktikum 25%.