RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)






MATA KULIAH : KIMIA ANALISIS INSTRUMEN
SEMESTER : GANJIL
BOBOT : 3 SKS
DOSEN/TIM DOSEN
PENGAMPU
: 1. Dra. Tritiyatma H., M.Si
2. Dr. Moersilah, M.Si
3. Prof. Dr. Erdawati
4. Yussi Pratiwi, M.Sc

PROGRAM STUDI KIMIA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

1



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
(RPS)

Universitas : Universitas Negeri Jakarta
Fakultas : MIPA
Program Studi : Kimia
Mata Kuliah : Kimia Analisis Instrumen
Bobot sks : 3 sks
Kode Mata Kuliah :
Kode Seksi :
Bentuk/Sifat : (1) Teori (2) Seminar (3) Praktikum*)
Pra-Syarat (jika ada) : Kimia Dasar I dan II, Kimia Analisis Kualitatif
dan Kuantitatif, Kimia Pemisahan
Semester : Ganjil
Periode Kuliah : September-Desember
Jumlah Pertemuan : 16/24/32 pertemuan*) x 150 menit
Jadwal Kuliah : [Hari], [Jam]
Ruang Kuliah :
*) coret yang tidak perlu
A. DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah Kimia Analisis Instrumen ini merupakan mata kuliah lanjutan yang wajib
diikuti oleh mahasiswa program studi kimia dan pendidikan kimia. Perkuliahan ini
bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dasar-dasar analisis instrumental,
prinsip kerja instrumentasi dan komponen utamanya, serta melatih
menginterpretasikan data hasil analisis instrumental. Lingkup materi perkuliahan
meliputi teknik-teknik analisis dan aplikasi spektroskopi molekul (UV-VIS, IR, NMR,
MS), maupun spektroskopi atom (AAS, AES, AFS, ICPES) dan teknik analisis
terpadu (HPLC/HPLC-AAS, GC/GC-MS). Perkuliahan ini disajikan dalam bentuk
diskusi, presentasi, dan simulasi dengan memanfaatkan fasilitas ICT (Information
Communication Technology).

2


B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) YANG DIBEBANKAN
DALAM MATAKULIAH
Ranah Capaian Pembelajaran Lulusan
Pengetahuan 1. Mampu menguasai pengetahuan ilmu kimia (Kimia
organik, anorganik, analitik, fisik dan biokimia) yang
meliputi struktur, sifat, fungsi, perubahan, energi dan
dinamika, identifikasi, pemisahan, karakterisasi,
transformasi, dan sintesis bahan kimia mikromolekul serta
terapannya (CPL 6)
2. Memahami pengetahuan operasional tentang fungsi, cara
mengoperasikan instrumen kimia, serta analisis data dan
informasi dari instrumen tersebut (CPL 8)


C. BAHAN KAJIAN/POKOK BAHASAN
BAHAN KAJIAN/
POKOK BAHASAN
SUB- BAHAN KAJIAN
/SUB-POKOK BAHASAN
a. Pengantar Analisis
secara Instrumentasi
1. Klasifikasi teknik dan metode analisis instrumen
2. Validasi metode analisis instrumen
3. Jenis dan sumber kesalahan pada analisis instrumen
b. Spektrofotometri UV-
VIS
1. Radiasi Elektromagnet dan interaksinya dengan
materi
2. Konsep Dasar Spektroskopi
3. Dasar Teori Spektrometri UV VIS
4. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen
5. Analisis Secara Kualitatif dan Kuantitatif
6. Aplikasi metode spektrometri UV VIS
c. Spektrofotometri
Serapan Atom
1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen (FAAS;
HGAAS; CVAAS; GFAAS)
3. Analisis Secara Kuantitatif
4. Aplikasi metode spektrometri Serapan Atom
d. Spektrofotometri
Emisi Atom
1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen (AES,
ICPES)
3. Analisis Secara Kuantitatif
4. Aplikasi ICPES
e. Spektroskopi IR 1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen IR
3. Analisis Secara Kualitatif
4. Aplikasi IR
f. Spektroskopi NMR 1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen NMR

3

3. Analisis Secara Kualitatif
4. Aplikasi NMR
g. Mass Spektrometri 1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen MS
3. Analisis Secara Kualitatif
4. Aplikasi MS
h. Kromatografi Gas 1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen KG
3. Analisis Secara Kualitatif
4. Aplikasi Kromatografi Gas
i. Kromatografi Cair
Kinerja Tinggi
1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen KCKT
3. Analisis Secara Kualitatif dan Kuantitatif
4. Aplikasi KCKT
j. Kromatografi Super
Kritik
1. Dasar Teori
2. Instrumentasi dan prinsip kerja instrumen SFC
3. Analisis Secara Kualitatif dan Kuantitatif
4. Aplikasi SFC


D. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
1. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan meliputi paparan materi oleh dosen, tanya-
jawab, diskusi, dan presentasi mahasiswa.
2. Metode yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah case-based learning (CBL).
Kegiatan pembelajaran diawali dengan paparan materi yang sesuai dengan RPS
mata kuliah. Selama memberikan paparan dosen juga memberikan contoh soal
dan menwarkan kepada mahasiswa untuk mengerjakan. Setelah itu dosen
memberikan kasus soal yang bersifat analisa soal (soal yang bersifat HOT).
Mahasiswa diharapkan membaca kasus soal dalam kelompok, mendiskusikan,
dan menjawab pertanyaan. Pada tahap ini, mahasiswa berperan aktif dalam
berdiskusi untuk mengungkapkan ide-idenya secara eksplisit. Sedangkan, peran
dosen adalah memberikan pengaturan kelompok dan menghindari memberikan
jawaban langsung atas pertanyaan pembelajaran berbasis kasus selama diskusi
kelompok.

Bentuk Pembelajaran Case-based Learning
• Kasus yang dibahas adalah: penyelesaian soal-soal matematika kimia yang sesuai
dengan topik yang telah dipaparkan.
• Langkah-langkah pembelajarannya adalah:
a. Dosen membentuk kelompok-kelomok kecil yang terdiri dari dua atau tiga
mahasiswa. Kelompok-kelompok tersebut dibentuk berdasarkan distribusi prestasi
dan gender. Kemudian, dosen mengumumkan bahwa mahasiswa akan mempelajari
kimia dengan metode baru yang disebut instruksi berbasis kasus.
b. Teks dan pertanyaan dibagikan kepada seluruh kelompok

4

c. Mahasiswa membaca teks tersebut dan mendiskusikan dengan rekan dalam
kelompok. Mahasiswa dalam kelompok kecil menganalisis kasus yang diberikan dan
menjawab pertanyaan terkait.
d. Mahasiswa diminta menuliskan jawaban mereka di kertas dengan mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan di akhir teks secara berkelompok. Setelah setiap kelompok
menjawab pertanyaan, dosen meminta mereka untuk menyampaikan jawaban mereka
dan berdiskusi dengan rekan. Setelah itu, anggota kelompok membagikan gagasan
mereka kepada seluruh kelas dan diskusi kelas dimulai. Diskusi dilanjutkan sampai
jawaban yang masuk akal ditemukan untuk pertanyaan kasus. Sementara itu, dosen
membimbing mahasiswa dengan mengajukan pertanyaan terbuka dan menantang
serta mendorong pemikiran lebih lanjut.
e. Salah satu anggota kelompok menulis jawabannya. Setelah setiap kelompok
selesai menuliskan jawaban mereka, jawaban yang diberikan oleh semua kelompok
atas pertanyaan tersebut kemudian diambil satu per satu secara bergiliran untuk
kemudian dibahas di dalam kelas. Seluruh diskusi kelas berlanjut hingga tercapai
mufakat di bawah bimbingan dosen

E. MEDIA PEMBELAJARAN
Perangkat Keras Perangkat Lunak
1.Proyektor (LCD) 1. Zoom
2. Laptop 2. Ms. Teams

F. TUGAS (TAGIHAN)
Tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama perkuliahan satu semester,
terbagi dalam tugas individu dan kelompok. Tugas tersebut antara lain:
1. membuat slide (ppt) dan mempresentasikannya (kelompok),
2. mengerjakan soal (individu) serta membuat poster dan,
3. mempresentasikan poster (kelompok).

1. Komponen dan bobot penilaian dalam persentase:
(Komponen dan bobot penilaian terkait dengan CPMK yang ada dalam butir B).
a. Tugas 1 10%
b. Tugas 2 10%
c. UTS 40%
d. UAS 40%
-

2. Strategi penilaian:
a. Tes (UTS dan UAS).

5

b. Pemilaian kinerja (presentasi, partisipasi dalam diskusi dan perkuliahan)
(tuliskan penilaian non-tes, misalnya produk akademik/portofolio seperti
tertulis pada butir F, observasi, survei, partisipasi, dan presentasi).

Strategi
Penilaian
Aspek yang Dinilai
Sikap
Keterampilan
Umum
Keterampilan
Khusus
Pengetahuan
Tes prestasi
(Achievement
test)
○ ◑ ● ●
Penilaian
Kinerja
◑ ● ● ●
Portofolio ◑ ● ◑ ◑
Observasi ● ◑ ◑ ◑
Survei ● ◑ ○ ○
Data
Longitudinal
◑ ● ● ○
Data
Administratif
◑ ● ● ○
Review
Eksternal
○ ● ○ ○
Esdal, Lars. Defining & Measuring Student-Centered Outcomes. Education Evolving, 2018, pp. 19.
Keterangan:
○ Tidak digunakan dalam penilaian
◑ Kadang digunakan dalam dalam kasus penilaian tertentu
● Sering digunakan untuk menilai keterampilan yang dimaksud

- Sikap (mencakup Keterampilan Abad ke-21 yang sesuai dengan komponen dari
Permendikbud: Communication, Collaboration, Critical thinking, Creative
thinking, Computational logic, Compassion dan civic responsability)
- Keterampilan Umum (Mencakup Keterampilan Abad ke-21 dan Literasi digital)
- Strategi penilaian disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan mahasiswa dalam
matakuliah.

3. Instrumen: tuliskan jenis tes (misalnya pilihan ganda atau esai), instrumen dan
rubrik penilaian produk akademik/portofolio yang digunakan. (Lampirkan
instrumen dan rubrik penilaian dalam dokumen RPS ini).

Rubrik merupakan panduan atau pedoman penilaian yang menggambarkan kriteria
yang diinginkan dalam menilai atau memberi tingkatan dari hasil kinerja belajar

6

mahasiswa. Rubrik terdiri dari dimensi atau aspek yang dinilai dan kriteria
kemampuan hasil belajar mahasiswa ataupun indikator capaian belajar mahasiswa.

Tujuan penilaian menggunakan rubrik:
• Memperjelas dimensi atau aspek dan tingkatan penilaian dari capaian
pembelajaran mahasiswa;
• dapat menjadi pendorong atau motivator bagi mahasiswa untuk mencapai
capaian pembelajarannya.

Rubrik dapat bersifat menyeluruh atau berlaku umum dan dapat juga bersifat
khusus atau hanya berlaku untuk suatu topik tertentu atau suatu capaian
pembelajaran tertentu.

Portofolio merupakan instrument/dokumen penilaian hasil belajar yang didasarkan
pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan pencapaian CPL
mahasiswa dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya
mahasiswa dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik atau karya mahasiswa
yang menunjukan perkembangan kemampuannya untuk mencapai capaian
pembelajaran.

4. Kriteria penilaian/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus mata kuliah ini apabila memiliki nilai akhir
minimal C berdasarkan rentang penilaian berikut ini:

Tingkat Penguasaan
(%)
Huruf Angka Keterangan
86 – 100 A 4,0 Lulus
81 – 85 A- 3,7 Lulus
76 – 80 B+ 3,3 Lulus
71 – 75 B 3,0 Lulus
66 – 70 B- 2,7 Lulus
61 – 65 C+ 2,3 Lulus
56 – 60 C 2,0 Lulus
51 – 55 C- 1,7 Belum Lulus
46 – 50 D 1,0 Belum Lulus
0 – 45 E 0,0 Belum Lulus


G. KEBIJAKAN PERKULIAHAN

a. Kehadiran : Mahasiswa yang tidak hadir, baik dengan pemberitahuan
atau tidak, lebih dari 20% dari total pertemuan dianggap
tidak lulus dan mendapat nilai E.
b
.
Keterlambatan : • Keterlambatan masuk kelas selama menit diizinkan
mengikuti perkuliahan, bila kelas dimulai pukul 8.

7

• Keterlambatan masuk kelas lebih dari 1-15 menit tidak
diizinkan mengikuti perkuliahan, bila kelas dimulai
pukul 9 dan seterusnya.
• Keterlambatan penyerahan tugas selama 1-7 hari dari
tenggat waktu yang ditetapkan akan mendapat
pengurangan nilai sebanyak 20 poin dari total 1-100
poin.
• Keterlambatan penyerahan tugas selama lebih dari 7
hari dari tenggat waktu yang ditetapkan akan
mendapatkan nilai 0.)
c. Tidak
mengikuti
ujian/tidak
menyerahkan
tugas
: Mahasiswa yang tidak mengikuti ujian atau tidak
menyerahkan tugas tanpa pemberitahuan akan diberikan
nilai D pada ujian/tugas tersebut.

d
.
Kecurangan
akademik
: Mahasiswa wajib mematuhi standar aturan dan kebijakan
tentang kejujuran akademik dan menghindari tindakan
plagiarisme dan kecurangan dalam ujian. Tindakan
plagiarisme dan kecurangan dalam ujian akan diberikan
nilai E pada ujian tersebut.

e. Etika di dalam
kelas luring
: • Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian
yang memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
• Mahasiswa tidak menggunakan alat komunikasi untuk
keperluan yang tidak terkait dengan pembelajaran.
• Mahasiswa tidak membuat kegaduhan yang
mengganggu ketertiban pembelajaran.

f. Etika di dalam
kelas daring
: Mahasiswa tidak diperkenankan mengenakan pakaian yang
memperlihatkan aurat (ketat/transparan).
• Mahasiswa wajib menampilkan identitas diri dalam
bentuk tulisan, citra, atau video.


H. SUMBER (REFERENSI)
1. Buku
2. Jurnal
3. Internet

8





UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM STUDI KIMIA

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATAKULIAH (MK) KODE MATAKULIAH BOBOT (SKS) SEMESTER TANGGAL PENYUSUNAN
KIMIA ANALISIS INSTRUMEN

3 SKS GANJIL
DOSEN PENGAMPU
MATAKULIAH


(Dra. Tritiyatma H., M.Si)
KOORDINATOR
PROGRAM STUDI


(Dr. Fera Kurniadewi, M.Si)
OTORISASI/PENGAWASAN/
GPJM FAKULTAS


(nama lengkap)
WAKIL DEKAN I



(nama lengkap)
TANGGAL REVISI
Capaian Pembelajaran
CPL-Program Studi yang Dibebankan pada Matakuliah (tuliskan CPL yang relevan dengan matakuliah saja)
CPL 6 Mampu menguasai pengetahuan ilmu kimia (Kimia organik, anorganik, analitik, fisik dan biokimia) yang
meliputi struktur, sifat, fungsi, perubahan, energi dan dinamika, identifikasi, pemisahan, karakterisasi,
transformasi, dan sintesis bahan kimia mikromolekul serta terapannya
CPL 8 Memahami pengetahuan operasional tentang fungsi, cara mengoperasikan instrumen kimia, serta analisis data
dan informasi dari instrumen tersebut
Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK)
CPMK-1 Mampu mengevaluasi kualitas suatu metode berdasarkan data eksperimen.
CPMK-2 Mampu memililih metode analisis kualitatif & kuantitatif berdasarkan karakteristik sampel secara instrumentasi
CPMK-3 Mampu nenentukan rumus struktur dan rumus molekul suatu zat berdasarkan hasil analisis spectranya
Sub-Capaian Pembelajaran Matakuliah (Sub-CPMK) (uraian dari CPMK berbasis pertemuan/tatap muka)
Sub-CPMK-1.1 Mampu menjelaskan parameter-parameter yang harus dipertimbangkan dalam memilih suatu metode (validasi metode)
Sub-CPMK-1.2 Mampu mendeskripsikan kesalahan pada analisis instrumen dan cara mengatasinya
Sub-CPMK-2.1 Mampu mendeskripsikan fenomena interaksi radiasi elektromagnetik dengan materi sebagai dasar analisis spketroskopi
Sub-CPMK-2.2 Mampu mendeskripsikan dasar teori, instrumentasi, dan prinsip kerja spektrofotometer UV/Visibel, serta teknik
analisis, cara pengolahan data, dan aplikasinya

9

Sub-CPMK-2.3 Mampu mendeskripsikan dasar teori, instumentasi dan prinsip kerja Spektrofotometer Serapan Atom, serta teknik
analisis, cara pengolahan data, dan aplikasinya
Sub-CPMK-2.4 Mampu menjelaskan dasar teori, instrumentasi, dan prinsip kerja Kromatografi Gas, teknik analisis, cara pengolahan
data, dan aplikasinya
Sub-CPMK-2.5 Mampu menjelaskan dasar teori, instrumentasi, dan prinsip kerja Kromatografi Cair Kinerja Tinggi, teknik analisis, cara
pengolahan data, dan aplikasinya
Sub-CPMK-2.6 Mampu menjelaskan dasar teori, instrumentasi, dan prinsip kerja Kromatografi Super Kritik, teknik analisis, cara
pengolahan data, dan aplikasinya.
Sub-CPMK-3.1 Mampu menjelaskan dasar teori, instrumentasi, dan prinsip kerja Spektrometer Infra Merah, teknik analisis, cara
menganalisis spektra, dan aplikasinya.
Sub-CPMK-3.2 Mampu menjelaskan dasar teori, instrumentasi, dan prinsip kerja Spektrometer Massa, teknik analisis, cara menganalisis
spektra, dan aplikasinya.
Sub-CPMK-3.3 Mampu menjelaskan dasar teori, instrumentasi, dan prinsip kerja instrumen Magnetic Resonance (NMR), teknik analisis,
cara menganalisis spektra, dan aplikasinya.
Korelasi CPMK dan Sub-CPMK (beri tanda  atau arsiran)

Sub
-
CPMK
-
1
.1

Sub
-
CPMK
-
1.2

Sub
-
CPMK
-
2.1

Sub
-
CPMK
-
2.2

Sub
-
CPMK
-
2.3

Sub
-
CPMK
-
2.4

Sub
-
CPMK
-
2.5

Sub
-
CPMK
-
2.6

Sub
-
CPMK
-
3.1

Sub
-
CPMK
-
3.2

Sub
-
CPMK
-
3.3


CPMK-1 V V
CPMK-2 V V V V V V
CPMK-3 V V V

10

RINCIAN RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pekan
ke-
Sub CPMK Indikator Materi Materi
Perkuliahan/
Pokok Bahasan
Bentuk/Metode
Pembelajaran
Moda
Pembelajaran
Alokasi
waktu
Penilaian Referensi
Daring Luring Strategi Kriteria dan
Bubrik
1-2 Mampu
mengevaluasi
kualitas suatu
metode
berdasarkan data
eksperimen.

A. Mampu
menjelaskan
parameter-
parameter
yang harus
dipertimbangk
an dalam
memilih suatu
metode



B. Mampu
mendeskripsik
an kesalahan
pada analisis
instrumen dan
cara
mengatasinya







1. Mengelompokkan
jenis-jenis instrumen
berdasarkan jenis
signal analitiknya
2. Menjelaskan
parameter validasi
suatu metode (akurasi,
presisi, linieritas, limit
deteksi, sensitivitas,
selektivitas


1. Menjelaskan jenis
kesalahan dalam
analisis secara
instrumen dan cara
mengatasinya







Pengantar
Analisis secara
Instrumentasi
a. Klasifikasi
teknik dan
metode
analisis
instrumen
b. Validasi
metode
analisis
instrumen
c. Jenis
Kesalahan
pada analisis
instrumen

1. Mempelajari
dan
mendiskusikan
Jenis-jenis
Instrumen yang
sering
digunakan
dalam analisis
kimia
2. Mencari 5
artikel,
kemudian
mengidentifikas
i teknik dan
metode
instrumen yang
digunakan
dalam artikel
tersebut.
3. Mempelajari
jenis-jenis
kesalahan
dalam analisis
instrumen, dan
mengetahui
sumber-
sumber
kesalahan
tersebut
Metode:
RPS,
Laptop,
LCD
TM: 150
BT: 120
BM: 120

11

Ceramah, diskusi,
tanya jawab
3-5 Mampu memililih
metode analisis
kualitatif &
kuantitatif
berdasarkan
karakteristik
sampel secara
instrumentasi


A. Mampu
mendeskripsikan
interaksi radiasi
elektromagnetik
dengan materi
sebagai dasar
analisis
spektroskopi

B. Mampu
mendeskripsikan
dasar teori ,
instrumentasi,
dan prinsip kerja
spektrofotometer
UV/Visibel, serta
teknik analisis,
cara pengolahan
data, dan
aplikasinya











1. Mendiskripsikan Sifat-
sifat Radiasi
Elektromagnet
2. Menganalisis Interaksi
antara REM dengan
Materi sebagai dasar
analisis spektroskopi



1. Mendeskripsikan
prinsip dasar analisis
menggunakan
spektrometri UV-Vis.
2. Menjelaskan
keterbatasan Hukum
Lambert-Beer
3. Menyebutkan cara kerja
komponen-komponen
dasar spektrometer UV-
Vis, serta menjelaskan
fungsi nya
4. Menghitung lamda max
suatu senyawa










a. Radiasi
Elektromagnet
dan
interaksinya
dengan materi

b. Konsep Dasar
Spektroskopi


a. Dasar Teori
Spektrometri
UV VIS
b. Instrumentasi
dan prinsip
kerja
instrumen
c. Analisis Secara
Kualitatif dan
Kuantitatif
d. Aplikasi
metode
spektrometri
UV VIS











1. Mempelajari
dan
mendiskusikan
Sifat-sifat radiasi
elektromagnet
dan interaksinya
dengan materi.
2. Mempelajari
prinsip dasar
Spektroskopi

1. Mempresentasik
an hasil
kajiannya
tentang
komponen dasar
instrumentasi
UV VIS dan
prinsip kerjanya.
2. Mempelajari
metode analisis
secara
kuantitatif dan
kualitatif

TM: 450
BT: 360
BM: 360

12

berdasarkan kaidah
woodward
5. Menghitung
konsentrasi suatu analit

3. Memprensentas
ikan poster hasil
kajian suatu
artikel tentang
aplikasi metode
spektrometri
UV Vis

Metode:
Ceramah, diskusi,
presentasi (TSTS),
tugas
6-7 C. Mampu
mendeskripsikan
dasar teori,
instumentasi dan
prinsip kerja
Spektrofotometer
Serapan Atom,
serta teknik
analisis, cara
pengolahan data,
dan aplikasinya.
1. Menjelaskan prinsip
dasar analisis
menggunakan
spektrometri Serapan
Atom
2. Menyebutkan
komponen-komponen
dasar SSA, serta
fungsinya
3. Menjelaskan tahap-
tahap proses atomisasi
4. Menjelaskan prisip kerja
analisis pada SSA Nyala
Api, HGAAS, CVAAS, dan
GFAAS
5. Memilih jenis analisis
SSA berdasarkan sifat
sampel
6. Menjelaskan jenis
interferensi pada SSA
Dasar Teori
b. Instrumentasi
dan prinsip
kerja instrumen
(FAAS; HGAAS;
CVAAS; GFAAS)
c. Interferensi
pada SSA dan
cara
penanggulangg
annya
d. Analisis Secara
Kuantitatif
e. Aplikasi
metode
spektrometri
Serapan Atom

1. Mempresentasi
kan hasil
kajiannya
tentang
komponen
dasar
instrumentasi
SSA dan prinsip
kerjanya.
2. Mempelajari
metode
analisis secara
kuantitatif dan
kualitatif
3. Memprensenta
sikan poster
hasil kajian
suatu artikel
tentang
aplikasi
metode
spektrometri
SSA
Metode:
Ceramah, diskusi,
presentasi (TSTS)
TM: 300
BT: 240
BM: 240

13

8
UTS
9-11
D. Mampu
menjelaskan
dasar teori,
instrumentasi,
dan prinsip kerja
Kromatograf Gas,
teknik analisis,
cara pengolahan
data, dan
aplikasinya.









E. Mampu
menjelaskan
dasar teori,
instrumentasi,
dan prinsip kerja
Kromatograf Cair
Kinerja Tinggi,
teknik analisis,
cara pengolahan
data, dan
aplikasinya.





1. Menjelaskan prinsip
dasar analisis
menggunakan
kromatografi gas
2. Menyebutkan
komponen-komponen
dasar KG, serta
fungsinya
3. Menganalisis
kromatogram hasil
kromatograf gas
4. Menghitung konsentrasi
analit






1. Menjelaskan prinsip
dasar analisis
menggunakan
kromatografi cair
kinerja tinggi
2. Menyebutkan
komponen-komponen
dasar KCKT, serta
fungsinya
3. Memilih jenis kolom
berdasarkan sifat
sampel
4. Menganalisis
kromatogram hasil
kromatograf cair kinerja
tinggi
5. Menghitung konsentrasi
analit
b. Dasar Teori
Kromatografi
gas
c. Instrumentasi
dan prinsip a.
kerja instrumen
d. Analisis Secara
Kualitatif dan
Kuantitatif
e. Aplikasi metode
kromatografi gas









a. Dasar Teori
Kromatografi
Cair Kinerja
Tinggi
b. Instrumentasi
dan prinsip kerja
instrumen
c. Analisis Secara
Kualitatif dan
Kuantitatif
d. Aplikasi metode
KCKT





1.Mempresentasik
an hasil kajiannya
tentang
komponen dasar
instrumentasi KG
dan prinsip
kerjanya.
2. Mempelajari
metode analisis
secara kuantitatif
dan kualitatif
3.Memprensentasi
kan poster hasil
kajian suatu
artikel tentang
aplikasi metode
KG
1. Mempresentasi
kan hasil
kajiannya
tentang
komponen
dasar
instrumentasi
KCKT dan
prinsip
kerjanya.
2. Mempelajari
metode analisis
secara
kuantitatif dan
kualitatif
3. Memprensenta
sikan poster
hasil kajian

TM: 600
BT: 480
BM: 480

14




F. Mampu
menjelaskan
dasar teori,
instrumentasi,
dan prinsip kerja
Kromatografi
Super Kritik,
teknik analisis,
cara pengolahan
data, dan
aplikasinya.



1. Menjelaskan prinsip
dasar analisis
menggunakan
kromatografi Super
Kritik
2. Menyebutkan
komponen-komponen
dasar SFC, serta
fungsinya
3. Menganalisis
kromatogram
4. Menghitung konsentrasi
analit




a. Dasar Teori
Kromatografi
Super Kritik
b. Instrumentasi
dan prinsip
kerja
instrumen
c. Analisis Secara
Kualitatif dan
Kuantitatif
d. Aplikasi
metode
Kromatografi
Super Kritik
suatu artikel
tentang
aplikasi KCKT

1. Mempresentasi
kan hasil
kajiannya
tentang
komponen
dasar
instrumentasi
Kromatografi
Super Kritik dan
prinsip
kerjanya.
2. Mempelajari
metode analisis
secara
kuantitatif dan
kualitatif
3. Memprensenta
sikan poster
hasil kajian
suatu artikel
tentang
aplikasi metode
Kromatografi
Super Kritik
Metode:
Ceramah, diskusi,
presentasi (TSTS)

15

12 Mampu
menentukan
rumus struktur
dan rumus
molekul suatu zat
berdasarkan hasil
analisis
spectranya

A. Mampu
menjelaskan
dasar teori,
instrumentasi,
dan prinsip kerja
Spektrometer
Infra Merah,
teknik analisis,
cara pengolahan
data, dan
aplikasinya.










1. Menjelaskan prinsip
dasar analisis
menggunakan IR
2. Menyebutkan
komponen-komponen
dasar IR, serta fungsinya
Menentukan gugus fungsi
berdasarkan spektra yang
dihasilkan











a. Dasar Teori IR
b. Instrumentasi
dan prinsip kerja
instrumen
c. Analisis Secara
Kualitatif dan
Kuantitatif
Aplikasi metode
IR










1. Mempelajari
prinsip-prinsip
spektrometri IR
2. Mengingat
kembali
komponen-
komponen
dalam
spectrometer
UV-Vis,
kemudian
membanding-
kan dengan
komponen-
komponen
pada
spektrometer
IR
3. Mendiskusikan
dan
menganalisis
spectra
senyawa
organik
Metode:
Ceramah, diskusi,
presentasi (TSTS)

TM: 150
BT: 120
BM: 120


14-15 B. Mampu
menjelaskan
dasar teori,
1. Menjelaskan prinsip
dasar analisis
1. Dasar Teori
2. Instrumentasi
dan prinsip kerja
1. Mencari dan
mengkaji jurnal
tentang
TM: 150
BT: 120

16

instrumentasi,
dan prinsip kerja
Spektrometer
Massa, teknik
analisis, cara
pengolahan data,
dan aplikasinya.

C. Mampu
menjelaskan
dasar teori,
instrumentasi,
dan prinsip kerja
Nuclear Magnetic
Resonance
(NMR), teknik
analisis, cara
pengolahan data,
dan aplikasinya.
menggunakan
Spektrometri Massa
2. Menyebutkan
komponen-komponen
dasar Spektrometer
Massa, serta fungsinya.



1. Menjelaskan prinsip
dasar analisis
menggunakan Nuclear
Magnetic Resonance
(NMR),
2. Menyebutkan
komponen-komponen
dasar NMR, serta
fungsinya
3. Menjelaskan aplikasi
NMR
instrument
Spektrometer
Massa
3. Analisis Secara
Kualitatif dan
Kuantitatif
4. Aplikasi metode
Spektrometri
Massa

1. Dasar Teori
2. Instrumentasi
dan prinsip kerja
instrumen
3. Analisis Secara
Kualitatif dan
Kuantitatif
4. Aplikasi metode
NMR
spektrometri
massa.
2. Mendiskusikan
prinsip dasar
analisis dengan
spektrometer
massa.
3. Berlatih
menginterpreta
sikan spectra

1. Mendiskusikan
prinsip-prinsip
spektroskopi
NMR.
2. Membuat
makalah
tentang NMR
dan
mepresentasika
nnya.
Metode:
Ceramah, diskusi,
presentasi (TSTS)
BM: 120
16
UAS

TM : Tatap Muka
BT : Belajar Terstruktur
BM : Belajar Mandiri



LAMPIRAN RPS

1. Perkuliahan berbasis hasil penelitian dan/atau P2M

17


Setelah memasukkan satu bagian dalam RPS tentang relevansi mata kuliah dengan hasil penelitian dan/atau P2M (bila ada), kemudian jelaskan:

1) Beberapa bahasan MK ini diambil dari penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana tercantum dalam tabel C-Materi)
yang tertuang pada pokok bahasan pada pekan …, yaitu : … .
2) Bentuk pembelajaran yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari hasil penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana
tercantum dalam tabel J-Rincian Rencana Kegiatan), yaitu model pembelajaran … .
3) Instrumen penilaian/evaluasi yang digunakan dalam MK ini diadopsi dari penelitian/P2M pada tahun … dengan judul … (sebagaimana
tercantum dalam bagian G-Penilaian), yaitu: … .
4) dll, jika ada.

2. Tabel Revisi/Catatan Perubahan RPS
Tanggal Penyusunan Tanggal Revisi Tim Perevisi Isi Revisi





3. Peta konsep
4. Materi Ajar (buku, salindia, dll)
5. Skenario Implementasi Metode Pembelajaran
6. Rincian Tugas
7. Kisi-kisi dan Instrumen Penilaian

28



Catatan :
1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh
melalui proses pembelajaran.
2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang
digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum,
ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah,
dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau
diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap
materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang
mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian
berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian
konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel,
Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-
pokok bahasan.
11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat
kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri